Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

38 comments:

  1. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dengan melihat foto-foto pembelajaran tersebut membuat saya berfikir betapa menariknya dunia matematika untuk pembelajaran di sekolah dasar. Jika penerapannya seperti itu saya yakin siswa akan sangat tertarik dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika melalui tahap demi tahap. Pembelajaran contekstual memberikan retensi dalam melakukan penanaman konsep di dalam pola berfikir dan bernalar untuk anak-anak sekolah dasar. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu membawa imaginasi matematika anak ke dalam dunia nyata yang di implemetasikan dalam bentuk pengajaran.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas sharing pengalamannya bapak, semoga melalui foto-foto tersebut bisa menginspirasi banyak para pendidik dan guru untuk mengajar dengan menggunakan variasi media pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan, bermanfaat bagi siswa.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Foto Kegiatan pembelajaran matematika SD tersebut merupakan salah satu kegiatan inovatif yang memang seharusnya dilakukan selama proses pembelajaran. Dengan adanya observasi oleh orang profesional adalah suatu kebanggaan untuk pendidikan di negara ini. Kita bisa menunjukkan bahwa negara kita masih bisa berkembang untuk memperbaiki pendidikan yang ada di negara ini.

    ReplyDelete
  4. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing fotonya. Dari foto-foto tersebut saya melihat pembelajaran yang berlangsung telah mempertimbangkan perbedaan konsep matematika dewasa dan matematika anak-anak. Ini dapat menjadi bahan acuan terutama bagi guru matematika SD untuk menggunakan contoh benda-benda konkrit dalam pembelajaran matematika sehingga anak memiliki landasan matematika yang kuat sejak dini. Di samping itu, pembelajaran matematika yang sesuai dengan pola pikir anak akan mendukung minat positif anak terhadap pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari foto yang ditampilkan terlihat bagaimana para mahasiswa belajar melakukan kegiatan pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Terlihat bahwa pembelajaran dilakukan dengan berbagai aktivitas yang melibatkan siswa aktif dengan mengamati benda-benda konkrit, mengeksplorenya, kemudian menulis apa yang mereka dapatkan. Hal ini sebagaimana teori perkembangan kognitif bahwa siswa pada level anak-anak belajar dari yang konkrit menuju abstrak. Siswa belajar dari segala sesuatu yang nyata yang dekat dengan kesehariannya dan sesuatu yang dapat diindra. Semoga para mahasiswa yang nantinya akan mengajar di SD ini atau secara umum untuk semua mahasiswa calon guru, nantinya dapat benar-benar menerapkan strategi pembelajaran yang baik sebagaimana yang mereka pelajari di bangku kuliah. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Materi pecahan merupakan salah satu materi yang sulit untuk diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar, terutama pada operasinya seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Biasanya guru mengalami kesulitan bagaiman mengubah hal yang empiris tersebut dalam bentuk operasi pecahan. Tentu saja apabila guru mau seenaknya dengan langsung memberi tahu cara perhitungannya tanpa merepresentasikan dalam bentuk empiris siswa akan sulita untuk memaknainya dan menjadikan operasi pecahan tersebut sebagai hafalan. Namun dari gambar yang diupload saya dapat menyimpulkan bahwa kegiatan diskusi dapat dilakukan untuk mereprentasikan yang empiris tersebut ke dalam simbolisasi matematika.

    ReplyDelete
  7. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    P Mat A

    Foto-foto yang ditautkan pada artikel di atas merupakan potret pembelajaran matematika sekolah yang inovatif. Hal ini ditunjukkan oleh kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengetahui konsep pecahan melalui benda-benda konkret. Pada beberapa foto tersebut memuat potret perbandingan berat dan panjang menggunakan konsep pecahan.

    ReplyDelete
  8. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Foto-foto yang disajikan menjadikan kami iri untuk ikut serta menimba ilmu dengan metode pembelajaran seperti itu. Alangkah senangnya ketika para siswa SD diajak untuk belajar melalui kegiatan belajar seperti yang disajikan dalam foto. Karena melalui foto diatas kami mencoba menguraikan bahwa belajar bukan soal duduk fokus dan mendengarkan guru menjelaskan materi. Namun, merencang pembejaran agar siswa aktif dan melalukan berbagai kegiatan fisik maupun pikiran akan membuat materi yang dipelajari siswa terserap lebih banyak. Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Foto-foto yang ada dalam situs yang Prof. share menggambarkan bahwa pembelajaran yang inovatif itu dapat melatih kerjasama dan kreativitas siswa. Hal ini juga dapat menginspirasi kami untuk terus berusaha mengembangkan pembelajaran inovatif yang berkualitas. Terima kasih banyak Prof.

    ReplyDelete
  10. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih atas foto-foto yang Prof. bagikan kepada kami. Ada hal menarik dari foto-foto tersebut yaitu sebagian besar pembelajarannya dilakukan dengan learning by doing. Penyajian materi dari hal yang konkret akan memudahkan siswa memahami materi. Selain itu, siswa akan tertarik pada pembelajaran dan terlibat aktif dengan kegiatan pembelajaran . Sehingga peran guru dalam pembalajaran adalah sebagai fasilitator. Melalui foto tersebut dapat menjadi inspirasi bagii guru-guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  11. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Prof atas share info yang berupa foto ini sehingga kami bisa melihat langsung gambaran dari pembelajaran matematika SD yang sering kita sebut sebagai kegiatan bermatematika siswa SD. Gambar menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar memang memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan kegiatan sehingga dapat mengkonstruk ilmu matematika mereka sendiri.

    ReplyDelete
  12. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Sangat menarik melihat foto-ffoto pembelajaran matematika tersebut, terlihat begitu antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pecahan yang dalam matematika sudah termasuk abstrak, apalgi jika sudah masuk operasi pecahan, adalah tantangan sendiri bagi para guru. Jika tahap awal pembelajaran pecahan seperti ini, diharapkan siswa memahami konsep pecahan, sehingga ketika lanjut ke tingkat atas, siswa tidak bingung dan masih teringat konsep pecahan yang dipelajari.

    ReplyDelete
  13. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba merefleksikan sedikit yang saya ketahui dari melihat dan mencermati foto kegiatan simulasi belejar mengajar siswa sekolah dasar tersebut. ada beberapa poin menarik terkait pelaksanaan pembelajaran tersebut. Pertama, media yang digunakan berfariatif dan nyata sehingga cocok diterapkan untuk pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada materi pecahan. Karena materi ini baru bagi siswa dan cukup abstrak untuk dibayangkan atau dipahami apabila tidak dibelajarkan menggunakan alat peraga nyata. Yang kedua, siswa berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan memraktekan media belajarnya serta berdiskusi dengan temannya. Hal ini dapat menjadi inspirasi bai guru sekolah dasar karena dapat menjadi fariasi mengajar selain metode ceramah. Sehingga siswa akan merasa termotivasi megikuti pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi antar siswa.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    PM C

    Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat baik materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari . Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika. Media pembelajaran membuat anak belajar secara mandiri, dan kebebesan dalam belajar sehingga anak bekerja dengan penuh konsentrasi sehingga terciptanya pembelajar yang aktif.

    ReplyDelete
  15. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari foto yang ditayangkan tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran tersebut sangatlah inovatif sekali, dimana siswa sebagai subyek pembelajaran, berpusat pada siswa. Siswa secara berkelompok membahas dan menemukan secara mandiri agar apa yang mereka peroleh itu bermakna. Pada materi pecahan tersebut digunakan dengan berbagai pendekatan yaitu dengan luas dan berat. Yang disini peran guru yaitu sebagai fasilitator. Pembelajaran seperti ini di SD akan sangat bermakna bagi siswa, maka calon pendidik harus belajar dan belajar mulai dari sekarang untuk mempersiapkannya.

    ReplyDelete
  16. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pada foto tersebut, Prof. Dr. Kaye Stacey sedang membelajarkan materi mengenai volume, pecahan, dan luas yang dilakukan dengan menggunakan intuisi. Untuk membelajarkan mengenai pecahan 1/3 dan 1/4 beliau menggunakan gabus yang mempresentasikan pecahan tersebut. Pecahan 1/3 lebih luas dari pada pecahan 1/4. Pembelajaran seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa SD daripada hanya dijelaskan mengenai pecahan, karena melalui pembelajran ini siswa melakukan aktivitas matematika secara langsung serta intuisi siswa diberdayakan

    ReplyDelete
  17. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dokumentasi pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar tersebut menggambarkan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Pembelajaran tersebut menggunakan beragam alat peraga yang bagi siswa hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pembelajaran tersebut kaya akan presentasi calon guru mengenai suatu materi matematika SD, terlihat ada semacam poster atau gambar yang menjelaskan hubungan pecahan satu dengan pecahan lainnya. Materi semacam ini kemungkinan besar telah ada pada lembar kerja siswa, namun dengan menampilkan highlight seperti dalam foto tersebut siswa akan termotivasi untuk mengingat dan memperhatikan dengan lebih seksama, Gambar-gambar lucu juga dipakai dalam alat peraganya sehingga besar kemungkinan anak kecil akan tertarik, hal ini dimaksudkan untuk menarik attensi siswa dalam proses pembelajaran. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  18. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Siswa sekolah dasar merupakan anak-anak yang masih berada pada tahap perkembangan operasional kongkrit, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika menyajikan bendad secara langsung maupun mneggunakan semacam simulasi yang melibatkan sisa dan mengkonstruksi pemahaman siswa bahwa apa yang mereka pelajari aialah apa yang sering mereka temui dalam keseharian mereka. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran matematika, siswa tidak bisa diberikan materi secara abstrak, pembelajaran berdasarkan definisi, aksioma, teorema, dan sebagainya melainkan pembealajaran yang dilakukan haruslah pembelajaran minimal kontekstual, akan lebih baik pembelajaran realistik. dalam foto kegiatan pembelajaran tersebut, simulasi materi matematika menggunakan alat peraga yang berbeda-beda dengan kombinasi warna yang menarik perhatian siswa, sehingga saat siswa terpincut dan mengarahkan perhatian kepada pembelajaran diharapkan pemahaman siswa mengenai materi yang ada bukan lagi hanya wacana. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  19. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pemebelajaran mateamtika SD tersebut merupakan terbosan inovatif yang dapat guru SD lakukan. Dengan adanya inovasi seperti ini, mampu menumbuh kan minat siswa dalam mempelajari matematika.. tidak hanya itu, siswa juga mengikuti pembelajran yang bermakna. Dengan demikian ilmu yang telah diperolehnya tidak adakan mudah lupa.

    ReplyDelete
  20. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Agar pembelajaran menjadi sesuatu yang bermakna bagi siswa maka siswa harus ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Bukan lagi guru yang menjadi pusat pembelajaran. Apalagi bagi siswa SD. Matematika bagi siswa SD seharunsya adalah sebuah aktivitas. Melibatkan aktivitas di dalam pembelajaran. Sehingga jika tidak ada aktivitas dalam pembelajaran matematika berarti tidak ada proses pembelajaran. Sebaiknya guru melibatkan panca indera untuk membelajarkan matematika. Karena siswa SD sangat membutuhkan praktik langsung dengan benda-benda konkrit karena memang dalam perkembangannya masih dalam operasional kongkrit. Sehingga dengan adanya pembelajaran yang bermakna itu siswa dapat mengembangkan dan membangun pengetahuannya sendiri untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Dari foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan. Bagi guru SD mengelola pembelajaran memang suatu hal yang perlu diperhatikan, karena matematika SD adalah suatu kegiatan, maka dari itu dalam membelajarkan matematika pada siswa dilakukan dengan kegiatan oleh siswa dan bukan tentang definisi-definisi.

    ReplyDelete
  22. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Pak karena telah sharing foto-foto kegiatan pbm ini. Melihat foto-foto tersebut menyadarkan kita bahwa betapa seru, menariknya pbm mtk jika dilakukan dengan berorientasi pada pengalaman/aktivitas. Pbm yang inovatif, yang student centered, yang bersifat construktivisme akan menjadi pbm yang menarik siswa, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar/berpikir, kemudian beraktivitas dalam pbm sehingga pengetahuan yang diperolehnya pun menjadi lebih bermakna. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  23. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk kelas 2 SD yang terdapat dalam foto sangat menarik. Terlihat dalam foto metode yang digunakan ialah metode penemuan. Alat-alat peraga digunakan untuk membantu siswa lebih memahami makna yang terkadung dalam pecahan. Dengan alat peraga siswa akan lebih dapat memaknai pembelajaran yang dilakukannya,

    ReplyDelete
  24. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Matematika murid sekolah dasar adalah matematika kongkret. Pada foto-foto tersebut terlihat alat peraga pembelajaran dengan bahan-bahan keseharian tetapi dapat menjelaskan materi mengenai pecahan. Foto tersebut dapat menginspirasi para guru untuk berkreasi dan berinovasi membuat alat peraga pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    terimakasih Prof, berdasarkan foto pada link tersebut, saya melihat bahwa sebenarnya pembelajaran seperti inilah yang cocok untuk pembelajaran pada siswa SD, karena pada anak usia SD mereka cenderung lebih aktif dan senang melakukan kegiatan yang tidak hanya berpikir tapi juga bergerak. Penggunaan media membuat siswa "doing mathematics" bukan hanya "thinking mathematics" dimana diharapkan pembelajaran tersebut lebih bermakna untuk siswa, sebagaimana pada usia anak SD pengetahuan adalah kegiatan.

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang dapat saya lihat dari foto tersebut adalah wajah semua siswa terlihat senang dan gembira saat belajar. Sama sekali tidak ada raut terpaksa belajar yang ditunjukan oleh siswa. Sehingga saya belajar bahwa, untuk menjadi guru yang baik adalah dengan menciptakan pembelaajaran yang menyenangkan bagi siswa dan tidak memaksakan siswa untuk belajar

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dari foto tersebut terlihat bagaimana kegiatan mahasiswa ketika belajar secara berkelompok untuk membuat media pembelajaran tentang pecahan bagi pembelajaran matematika untuk anak sekolah dasar. Matematika di sekolah dasar memerlukan benda konkrit untuk membantu siswa untuk belajar serta memahami bagaimana matematika yang abstrak bagi mereka, dengan mempertimbangan perkembangan kognitif siswa maka perlu media pembelajaran untuk hal itu. Selain itu, matematikanya anak sekolah dasar adalah aktivitas maka learning by doing merupakan pilihan yang tepat ketika mengajar natenatika untuk anak sekolah dasar.

    ReplyDelete
  28. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Menarik sekali melihat foto-foto yang ada di link tersebut, melihat siswa yang ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mengembangkan kreativitas mereka. dan hasil dari pekerjaan mereka yang ditempel-tempel di dinding itu terlihat menarik dan kreatif. saya yakin siswa akan merasa lebih betah didalam kelas yang di desain seperti itu, dengan mengkondisikan kelas seperti laboratorium tempat mereka mengembangkan pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  29. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Setelah melihat foto-foto pembelajaran tersebut membuat saya berfikir betapa menariknya dunia matematika untuk pembelajaran di sekolah dasar. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu membawa intuisi matematika anak ke dalam dunia nyata yang di implemetasikan dalam bentuk pengajaran. Dengan adanya foto-foto tersebut, dapat menjadi referensi kepada guru-guru khususnya guru SD agar lebih kreatif dalam menyampaikan materi matematika kepada siswa. Hanya satu materi, yaitu pecahan saja dapat dikonkritkan dalam berbagai macam cara.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  30. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    foto-foto tersebut sangat menarik dan menginspirasi metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak sekolah dasar. dengan metode terssebut siswa pastinya ikut aktif dalam mengumpulkan informasi-informasi sehingga anak akan merasa puas karena dapat menggali dan menemukan informasi sendiri

    ReplyDelete
  31. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Pada foto-foto tersebut tampak bahwa siswa memiliki antusias dalam belajar. Dengan alat-alat peraga yang unik dan menarik serta bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan dengan harga yang ekonomis. Hal ini membuktikan bahwa pelajaran matematika bukan suatu momok yang harus ditakuti siswa, tetapi pendidik yang kurang kreativitasnya dalam mengajar yang sebenarnya menjadikan matematika sebagai hal yang sangat ditakuti siswa. Terima kasih Prof atas sharing foto-foto pembelajaran yang inspiratif.

    ReplyDelete
  32. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Anak di jenjang Sekolah Dasar merupakan anak-anak yang baru memulai pengenalan terhadap proses belajar. Mereka belum mampu menerima pelajaraan yang bersifat abstrak. Diperlukan berbagai macam alat peraga yang bisa membantu mereka dalam memahami apa yang diberikan, dan alangkah baiknya apabila menggunakan alat peraga yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  33. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Oleh karena itu, para guru dituntut untuk bisa mengemas proses pembelajaran semenarik dan semenyenangkan mungkin untuk mengatasi kejenuhan siswa. Salah satu upaya yang dilakukan supaya siswa tidak merasa jenuh diantaranya dengan mengajak siswa turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  34. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih karena telah berbagai info tentang pengalaman pembelajaran matematika melalui foto-foto yang bapak cantumkan dalam link yang bapak sajikan. Melihat foto berarti menerka-nerka memori yang tergambar secara visual pada foto tersebut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  35. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bagi sebagian orang, foto hanyalah berfungsi sebagai pengingat atau kenang-kenangan. Namun bagi sebagian yang lain, melalui foto ia bisa memprediksi atau mengulas apa yang terjadi selama pembelajaran. Apakah siswa antusias mengikuti pelajaran, ataukah siswa terkesan tersiksa selama pelajaran berlangsung. Oleh karenanya foto atau dokumentasi bisa dijadikan sebagai metode pengumpulan data dalam suatu penelitian. Melalui foto, kita bisa menginterpretasi banyak hal. Dalam lampiran foto ini sendiri, saya melihat bahwa mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Mereka berhasil menciptakan sesuatu di akhir pelajaran. Tidak nampak wajah yang tersiksa selama pembelajaran berlangsung

    ReplyDelete
  36. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dari foto pembelajaran matematika sd diatas nampak bahwa anak-anak belajar sueuatu hal berdasarkan pengalaman. Saat dia mendapatkan ilmu dari pengalaman, konsep itu akan tertanam dengan baik dalam ingatannya sehingga akan mudah dalam mengaapai ilmu-ilmu yang lain. Namun saat ini tuntutan kurikulum yang tidak memberikan waktu yang leluasa agar guru bisa mengeksplore pembelajaran melalui pengalaman memaksa tidak semua guru menyampaikan materi berdasarkan pengalaman siswa.

    ReplyDelete
  37. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pembelajaran matematika yang menyenangkan sudah mulai banyak dilakukan untuk menarik minat dan motivasi siswa dalam memahami matematika. Tidak cuma dirancang agar menarik, pembelajaran ini selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif, namun juga dapat mengasah kemampuan komunikasi, motorik, dan kerjasama tim. Semoga pembelajaran ini bisa terlaksana dan dapat diterapkan di semua sekolah dasar yang ada.

    ReplyDelete
  38. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pembelajaran pada link tersebut adalah pembelajaran matematika pada Sekolah Dasar seputar pecahan. Saya sangat tertarik dengan potongan-potongan gabus yang digunakan sebagai peraga pecahan pembelajaran tersebut. Potongan gabus tersebut terdiri dari berbagai macam bagian yang merepresentasikan pecahan-pecahan tertentu. Ada yang setengah, seperempat, dan pecahan lainnya. Hal ini tentu memudahkan para siswa SD untuk memahami perbandingan pecahan dengan membandingkan besar potongan antar gabus.

    ReplyDelete