The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Jul 2, 2013
Foto Pembelajaran Matematika SD
Dear all,
Ass Wr Wb.
Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.
Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.
Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.
Untuk melihat foto silahkan akses di:
http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/
Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin
Yogyakarta, 1 Juli 2013
Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Janu Arlinwibowo
ReplyDelete18701261012
PEP 2018
Pembelajaran yang ada dalam foto tampak sangat menarik dan kontekstual. Menurut saya mendesain pembelajaran demikian di lapangan tidaklah mudah karena guru harus memiliki kreatifitas dalam menyediakan media ataupun rencana-rencana pemanfaatan berbagai material yang ada di lingkungan. Dalam pepatah jawa, jer basuki mawa bea, dibalik kesulitan proses pembelajaran demikian dapat memberikan pemahaman yang lebih pada siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih ideal, student centre, sesuai dengan perkembangan kurikulum yang bertujuan untuk membekali berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa.
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dari foto-foto yang ada terlihat sedang adanya proses pembelajaran dengan menggunakan media seperti majalah dinding yang memuat tentang setiap sub topik yang dibicarakan. Terlihat sekali sangat menarik jika akan diterapkan pada siswa sehingga siswa bisa merasa lebih termotivasi untuk belajar matematika karena selama ini pelajaran matematika selalu menjadi momok di masyarakat jika matematika itu sulit dan semacamnya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Dari foto foto di atas, tampak bahwa pembelajaran matematika SD membutuhkan alat peraga sebagai alat bantu untuk mengenalkan ‘matematika’ pada anak. Hal tersebut sangat tepat, karena anak di tingkat SD mempunyai tingkat pemikiran kognitif yang memerlukan bantuan dari objek nyata atau konkret untuk memahami sesuatu yang bersifat abstrak. Demikian lah matematika yang syarat akan symbol dan konsep abstrak diajarkan pada tingkat SD. Oleh karena itu, alat peraga digunakan sebagai alat bantu dalam membentuk konsep dan mengabstraksikan matematika di tingkat SD
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika 2018
Proses pembelajaran pada foto-foto diatas terlihat sangat menarik dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam membelajarkan konsep kepada siswa. Siswa mendapatkan gambaran konsep dari alat peraga yang disediakan. Selain itu, bentuk, warna, dan kegiatan yang dilakukan melalui alat peraga tersebut dapat menarik siswa untuk belajar lebih serius.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Foto-foto tersebut memberikan inspirasi pada para guru dalam membelajarkan materi pecahan pada siswa SD. Mengingat materi pecahan bukanlah sesuatu yang mudah diterima begitu saja oleh siswa bila guru langsung memberikan materi dalam bentuk simbol-simbol (angka). Dengan diberikannya alat peraga seperti sedotan, kertas, dan gabus seperti dalam simulasi tersebut, siswa akan bisa lebih memaknai belajarnya. Selain memberikan inspirasi, foto tersebut juga memberikan tantangan bagi para guru, khususnya guru di tingkat sekolah dasar untuk menghadirkan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi konkret bagi siswa. Banyak sekali obyek yang bisa diangkat oleh guru sebagai bahan pelajaran, terutama obyek-obyek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Dari foto di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di SD harus lah menjadi pembelajaran yang menarik. Pembelajaran di SD bukan pembelajaran yang hanya bertumpu pada teori saja tetapi pada pcontoh konkrit. Dengan media seperti itu, maka, siswa akan bisa mengkonstruk ilmu pengetahuan.
Totok Victor Didik Saputro
ReplyDelete18709251002
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Selamat siang Prof.
Terima kasih atas dokumentasi pembelajarannya Prof. Terlihat bahwa guru sungguh mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin. Terdapat beberapa alat peraga yang digunakan sehingga terlihat siswa aktif berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Terima kasih. Dalam konteks ini, guru adalah dosen yang memberikan pembelajaran dan siswa adalah mahasiswa. Mahasiswa menjadi tahu dan merasakan secara langsung proses pembelajaran yang diberikan sehingga mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat menerapkan metode yang sama atau metode lainnya ketika melakukan pembelajaran di kelas. Terima kasih.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Pembelajaran yang menggunakan media alat peraga merupakan salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat lebih menarik perhatian siswa untuk menyimak materi yang diajarkan oleh guru. Alat peraga yang menarik dan inovatif bisa digunakan guru untuk mempermudah penyampaian materi yang sedikit rumit agar tersaji lebih sederhana dan dapat membantu siswa dalam pembentukan suatu konsep materi pembelajaran.
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, wr, wb.
Terimakasih kepada pak Marsigit yang telah membagi link tersebut. Foto-foto tersebut sangat memberikan inspirasi kepada kita untuk memberikan pembelajaran menarik untuk para siswa. pembelajaran jangan hanya mentransfer ilmu tetapi memberikan pembelajaran bermakna dan mengkonstruksi konsepnya dalam benak siswa. sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sangat perlu untuk dilakukan guru.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Foto-foto pembelajaran matematika di SD yang dimaksud pada gambar merupakan Kegiatan Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh para mahasiswa. Pada foto terlihat bahwa dalam belajar tentang pecahan untuk SD kelas II maka kita dapat menggunakan cara yang dilakukan pada foto. Dalam matematika sekolah mempelajari matematika untuk kelas II SD dengan tingkat SMP dan SMA tentulah berbeda caranya. Matematika yang dipelajari di jenjang SD adalah matematika aktivitas. Artinya akan lebih baik mempelajari matematika dengan kegiatan-kegiatan langsung yang bisa benar-benar dilakukan oleh siswa. Dengan demikian maka siswa akan benar-benar mengerti, memahami, dan teringat pada proses, makna, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Pada foto-foto yang ditampilkan tersebut, pembelajaran materi pecahan dilakukan melalui aktivitas, dimana siswa diminta memperoleh perbandingan nilai pecahan. Contohnya, siswa diminta untuk mencari tahu nilai manakah yang lebih besar anatara pecahan (1/2) dan (1/3)? Nah, untuk memperoleh jawabannya siswa diminta melakukan pembuktian dengan batang-batang sedotan yang panjangnya sama, masing-masing sedotan itu kemudian ada yang dipotong menjadi 2 bagian sama panjang dan ada yang dipotong menjadi 3 bagian sama panjang.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Selanjutnya siswa diminta mengamati 1 bagian dari sedotan yang dipotong menjadi 2 bagian sama panjang dan mengamati 1 bagian dari sedotan yang dipotong menjadi 3 bagian sama panjang. Setelah melakukan pemubtian dan pengamatan maka siswa dapat memperoleh hasil bahwa (1/2) bagian sedotan lebih panjang dari (1/3) bagian sedotan. Artinya (1/2) nilainya lebih besar dibanding (1/3). Selain menerapkan pembuktian pecahan melalui satuan panjang, pada foto juga dilakukan menerapkan pembuktian pecahan melalui satuan luas, volume, dan berat.
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Setelah melihat foto foto mengenai proses pembelajaran tersebut, saya menyadari bahwa kita harus selalu berinovasi dalam pembelajaran. Foto-foto tersebut dapat menjadi sebuah referensi bagi kita dalam mengajarkan sebuah materi ke anak SD. Dimana penyampaian materi kepada anak SD harus disampaikan sekreatif mungkin melalui hal-hal yang nyata sehingga anak-anak tertarik atau termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Terimakash prof atas postingannya yang menginspirasi kami sebagai calon pendidik dalam mendidik anak bangsa. Foto-foto tersebut terlihat menyenangkan dalam proses pembelajaran dikarenakan metode dan media pembelajaran yang mampu menarik para siswa ketika sedang belajar matematika. Seharusnya setiap guru memiliki pikiran yang kreatif terutama guru dibagian sekolah dasar yang mana harus mengenalkan kepada siswa nya mengenai matematika. Dengan metode dan media belajar yang beraneka ragam, siswa tidak merasa bosan untuk belajar matematika dibandingkan hanya mendengarkan dan membaca materi yang ada di dalam buku pembelajaran.
Eka Puspita Sari
ReplyDelete18709251035
S2 PM B 2018
Pada kumpulan tersebut, terlihat proses pembelajaran matematika yang dilakukan menggunakan beberapa alat peraga. Sungguh menarik, pembelajaran seperti itulah yang seharusnya dilakukan oleh siswa. Pembelajaran dimana ia membuktikan dan menemukan sendiri pengetahuannya. Dalam pembelajaran pecahan misalnya, dalam kumpulan foto tersebut untuk mengenalkan konsep pecahan siswa dapat membuktikan bahwa setengah lebih panjang dari pada seperempat dengan menggunakan sedotan yang dipotong sesuai dengan bagiannya misalnya seperempat dan setengah, kemudian anak membandingkan sendiri bagian mana yang lebih panjang. Dengan pembelajaran seperti itu siswa jauh lebih tertarik dan mungkin juga jauh lebih mudah dipahami oleh siswa. Pembelajaran yang dilakukan sendiri oleh siswa proses pembuktiannya akan menjadikan proses belajar tersebut menjadi lebih bermakna dan melekat dibenak anak.
Seftika Anggraini
ReplyDelete18709251016
S2 PM A 2018
Media yagn digunakan pada pembelajaran dalam foto-foto tersebut sangat menarik dan menurut saya media seperti itu sangat cocok untuk siswa-siswa SD. Dunia SD masih dunia bermain dan menyukai hal-hal yang lucu sehingga melalui media yang dibentuk dengan lucu dan sangat dekat dengan dunia anak akan mampu menarik perhatian anak untuk belajar.
Terima kasih
Endah Kusrini
ReplyDelete18709251015
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Pecahan termasuk materi yang sulit bagi siswa SD. Pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan pembelajaran tentang topic pecahan. Dalam foto yang ditampilkan oleh Prof Marsigit tampak bahwa pembelajaran terkesan hidup. Belajar matematika khususnya materi pecahan terlihat seperti bermain-main. Hal tersebut sangat cocok dengan dunia anak-anak SD yakni dunia bermain. Foto-foto tersebut juga memotivasi para guru agar benar-benar memfasilitasi siswa dan dapat berinovasi dalam setiap pembelajaran.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Mohon maaf pak prof, sayang sekali saya tidak dapat melihat foto atau visual dari link yang bapak berikan sehingga saya tidak bisa mengambil maknanya dan mengomentari isi fotonya. Foto-foto terlampir pastilah bercerita tentang pembelajaran matematika SD yang menyenangkan sekaligus bermakna. satu catatan penting yang dapat diambil dari sini adalah abadikan atau dokumentasikan kegiatan pembelajaran kita itu penting untuk bahan refleksi juga dapat di share kepada khalayak untuk saran dan perbaikan pembelajaran. Semoga saya diberikan kemudahan untuk dapat mengakses link foto tersebut. terimakasih
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Dari foto-foto pembelajaran matematika SD pada link yang telah tersedia diatas, menunjukkan keadaan atau situasi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Terlihat sekali proses pembelajaran tersebut merupakan student-centre, dimana anak-anak yang yang mengembangkan kretaivitasnya dengan memanfaatkan media –media pembelajaran ataupun alat peraga yang telah disediakan. Peran guru dalam mendesain pembelajaran sangat menentukan keberhasilan bagi peserta didiknya, sehingga guru dituntut untuk harus selalu mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Kartianom
ReplyDelete18701261001
S3 PEP 2018
Simulasi pembelajaran di atas sangat perlu dilakukan. Terlebih lagi simulasi tersebut bekerja sama dengan pihak luar. Tentunya akan banyak sekali pelajaran yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Semoga melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.
SUHERMI
ReplyDelete18709251007
S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A
Materi pecahan merupakan materi dasar dalam matematika yang sangat penting dikuasai peserta didik, karena kompetensi siswa dalam materi ini akan mempengaruhi kompetensi siswa pada materi lain dan pada tingkat lanjut. Awal materi ini diberikan yaitu pada jenjang sekolah dasar. Pada foto-foto tersebut, terlihat kreatifitas mahasiswa calon guru dalam upaya menciptakan alat peraga yang efektif untuk digunakan pada materi pecahan sehingga diharapkan, ketika alat peraga tersebut dibawa kedalam kelas dan digunakan dalam pembelajaran, kompetensi siswa untuk menguasai materi pecahan dapat tercapai.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Pembelajaran kreatif dapat diciptakan oleh guru. Guru mengkreasikan media sedemikian rupa sehingga anak anak aktif dalam pembelajaran. Apalagi Anak anak SD lebih suka dengan hal hal yang konkret baik dengan pembelajaran alat peraga, foto maupun media lainnya dalam mengkonstruk pengetahuan. Mereka akan antusias dan lebih mudah untuk memahami materi. Warna, bentuk yang lucu semakin membuat mereka semangat. Perkembangan siswa SD yang membutuhkan hal yang berbentul real atau konkrit dalam pembelajaran dan bukan dalam bentuk abstrak.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
dalam link tersebut dapat ditemui beberapa foto proses pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar. seperti yang telah Bapak sampaikan pada postingan yang lain bahwa pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar merupakan pembelajaran keaktifan yang menuntut kegiatan secara langsung atau kegiatan motorik siswa. pada foto-foto tersebut dapat dilihat bahwa siswa sedang melakukan visualisasi dari bidang datar yang sedang mereka pelajari. siswa secara aktif melakukan visualisasi menggunakan sedotan, kertas warna, juga sterofom sehingga dapat membantu mereka lebih memahami apa yang mereka pelajari pada materi bidang datar. kegiatan belajar yang seperti ini patut dicontoh oleh guru-guru pada tingkat sekolah dasar agar menarik minat dan perhatian siswa dalam belajar sehingga pembelajaran tidak monoton atau membosankan.
Wassalamu'alaikum wr wb
Lovie Adikayanti
ReplyDelete19709251068
S2 Pendidikan Matematika D
Assalamualaikum wr.wb
Membelajarkan matematika sekolah itu berarti memberikan faÅŸilitas kepada siswa untuk melakukan kegiatan berupa menemukan pola dan keterhubungan dari pola yang ada, memecahkan masalah, melakukan penelitian/investigasi terhadap fenomena matematika dalam kehidupan sehari- hari, dan berkomunikasi dengan siswa lain dan juga berkomunikasi dengan guru. Salah satu cara yang dapat guru lakukan untuk memfasilitasi siswa tersebut adalah dengan memanfaatkan alat peraga matematika yang ada.
Lovie Adikayanti
ReplyDelete19709251068
S2 Pendidikan Matematika D
Assalamualaikum wr.wb
Guru memiliki peran dalam memfasilitasi siswa untuk belajar secara optimal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan alat peraga matematika. Dalam memilih, mendesain, dan menggunakan alat mempertimbangkan berbagai hal, termasuk tujuan dan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai serta meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa.
Dhamar Widya Safitri
ReplyDelete19701251009
S2 PEP A 2019
Assalamualaikum.
Seperti yang kita ketahui, masa SD adalah masa dimana pendidikan dasar mulai dibangun. Dasar yang menjadi penting untuk pendidikan selanjutnya. Maka, diciptakannya media pembelajaran yang menarik sangat perlu dilakukan. Membuat siswa SD tidak takut dengan pelajaran matematika adalah satu hal yang wajib dilakukan.
Terimakasih
Alfiana Dewi
ReplyDelete19701251005
S2 PEP A 2019
Pembelajaran matematika SD adalah dasar untuk menamkan pemahaman konsep dasar-dasar matematika, dalam foto tersebut anak-anak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, sehingga mampu mengkonstruksi ide kreatif siswa dalam bermatematika.