Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

99 comments:

  1. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    foto-foto kegiatan tersebut sangat menginspirasi, menjadi contoh bagi para guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa, sehingga siswa tidak hanya menghafal rumus tetapi juga dapat mengeskplorasi dan mengatur intuisi siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  2. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    salah satu proses belajar yang sangat menyenangkan bagi para siswa nya, hal ini patut menjadi contoh bagi para pendidik lain agar bisa lebih baik dalam merancang sebuah pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  3. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    foto-foto yang sangat asli dan menginspirasi. sebagai seorang siswa hendaknya meminta kepada guru tentang apa yang mereka akan lakukan, juga meminta kegiatan pembelajaran yang lebih kritis.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  4. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Maju terus pendidikan matematika, pendidikan matematika yang dimulai sejak dini dari tinggkat SD akan sangat membantu pengembangan matematika di tingkat selanjutnya. Semoga segala usaha untuk memasyarakatkan pendidikan matematika sejak dini menjadikan generasi penerus bangsa ini menjadi pribadi-pribadi yang cerdas dan kritis dalam pembangunan Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran matematika di SD dibutuhkan media yang kreatif dan berinovasi. Media yang kreatif ini akan menarik minat siswa dalam pembelajaraN. Media yang digunakan dalam pembelajaran SD biasanya menggabungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari hari agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dan pembelajaran menjadi bermakna.

    ReplyDelete
  6. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan foto-foto tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat dikemas secara kreatif dan menarik apalagi untuk siswa SD. Selain itu terlihat bahwa siswa turut aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat mengkonstruksi konsep matematika sendiri tanpa harus menghafalnya. Semoga foto tersebut menginspirasi guru-guru agar bisa lebih inovatif dalam mengajar.

    ReplyDelete
  7. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan foto-foto yang saya amati, saya merasa siswa akan merasa antusias karena siswa belajar dengan menggunakan berbagai media yang berbeda. Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Semoga dengan pembelajaran yang inovatif tersebut memberi inspirasi kepada pendidik yang sekarang sudah mengampu di kelas mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk kelas 2 SD yang terdapat dalam foto sangat menarik. Terlihat dalam foto metode yang digunakan ialah metode penemuan. Alat-alat peraga digunakan untuk membantu siswa lebih memahami makna yang terkadung dalam pecahan. Dengan alat peraga siswa akan lebih dapat memaknai pembelajaran yang dilakukannya,

    ReplyDelete
  9. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam foto-foto tersebut ada wanita berambut putih dan sekelompok anak-anak remaja. Saya menduga remaja tersebut telah selesai bersekolah di SMA. Mungkin remaja tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi. Foto tersebut memang seperti yang bapak tuliskan dalam tulisan ini. Dalam foto tersebut saya melihat pembelajaran yang dilakukan dengan mengelompokkan siswa. Materi yang sedang mereka pelajari adalah materi pecahan.

    ReplyDelete
  10. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dari foto-foto tersebut kita dapat belajar tentang pembelajaran yang aktif sehingga membuat siswa juga aktif dalam kelas.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Pada foto tersebut, profesor Stacey sedang membelajarkan materi mengenai volume, pecahan, dan luas yang dilakukan dengan menggunakan intuisi. Untuk membelajarkan mengenai pecahan 1/3 dan 1/4 beliau menggunakan gabus yang mempresentasikan pecahan tersebut. Pecahan 1/3 lebih luas dari pada pecahan 1/4. Pembelajaran seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa SD daripada hanya dijelaskan mengenai pecahan, karena melalui pembelajran ini siswa melakukan aktivitas matematika secara langsung serta intuisi siswa diberdayakan.

    ReplyDelete
  12. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidian Matematika A 2014 (S1)

    Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan menarik dan inovatif. Seorang guru harus bisa menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif supaya siswa merasa senang dan dapat berperan aktif sehingga mereka dapat mudah memahami materi yang sedang dipelajari.

    ReplyDelete
  13. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan. Bagi guru SD mengelola pembelajaran memang suatu hal yang perlu diperhatikan, karena matematika SD adalah suatu kegiatan, maka dari itu dalam membelajarkan matematika pada siswa dilakukan dengan kegiatan oleh siswa dan bukan tentang definisi-definisi.

    ReplyDelete
  14. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Foto-foto tersebut juga menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media guna mendukung proses pembelajaran pecahan di SD. Penggunaan media akan membantu siswa dalam memahami suatu materi/kompetensi jadi sangat disarankan adanya penggunaan dan variasi media pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Febrian Luthfi
    13301241062
    Pendidikan Matematika

    Terimakasih pak telah membagi foto foto tentang penggunaan media, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Presentasi yang dihasilkan sangat menarik dan tidak hanya berupa tulisan-tulisan saja. Untuk siswa SD, media sebaiknya dibuat dengan kreatifitas dan se menarik mungkin karena pada umurnya siswa SD masih sangat tertarik dengan sesuatu yang unik, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mengingat materi. Pengalaman saya ketika SD, guru di sekolah menggunakan media permainan serupa domino untuk materi pecahan, sehingga sangat membekas di ingatan saya.

    ReplyDelete
  17. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan poto-poto kegiatan pembelajaran matematika mengenai simulasi pembelajaran pecahan untuk SD sangat bermanfaat sekali dan begitu menginspirasi, kegiatan belajar berkelompok kemudian membuat media pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk memperkenalkan pecahan kepada anak SD itu akan lebih memudahkan siswa SD dalam memahami pecahan, ini sangat sesuai dengan perkembangan mental anak yang lebih mudah memahami sesuatu yang lebih konkret.

    ReplyDelete
  18. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    terimakasih Prof, berdasarkan foto pada link tersebut, saya melihat bahwa sebenarnya pembelajaran seperti inilah yang cocok untuk pembelajaran pada siswa SD, karena pada anak usia SD mereka cenderung lebih aktif dan senang melakukan kegiatan yang tidak hanya berpikir tapi juga bergerak. Penggunaan media membuat siswa "doing mathematics" bukan hanya "thunking mathematics" dimana diharapkan pembelajaran tersebut lebih bermakna untuk siswa.

    ReplyDelete
  19. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan foto-foto tentang simulasi pembelajaran pecahan untuk siswa SD pada link tersebut sangat menginspirasi. Selain itu melalui media pembelajaran yang konkret seperti yang dibuat oleh mahasiswa tersebut bisa dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi oleh guru SD dalam mengajarkan pecahan. Dengan guru menghadirkan contoh konkret yang menarik seperti media pembelajaran untuk seusia siswa kelas II SD dapat dilihat secara langsung dan direkam oleh siswa. Sehingga siswa lebih mudah untuk mengingat materi pelajaran.

    ReplyDelete
  20. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Foto-foto kegiatannya menarik. Pembelajaran pecahan menggunaakan gabus yang dipotong-potong lalu di tempel dan kemudian diberi keterangan ½ , 1/3 , ¼ , dan seterusnya. Memang begitulah seharusnya pembelajaran dilakukan semenarik mungkin. Guru tidak lagi menjelaskan materi dengan metode ceramah, tetapi peserta didik lebih aktif dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu kegiatan kelompok (cooperative learning) sangat diperlukan untuk melatih kemandirian berfikir.

    ReplyDelete
  21. Junianto
    17706251065
    PM C

    Foto yang sangat menarik dan bisa menjadi pendorong dan inspirasi bagi praktisi di dunia pendidikan. Media pembelajaran yang konkret sudah semestinya digunakan dalam proses pembelajarn di tingkat SD. Disisi lain, inovasi harus senantiasa dilakukan demi memajukan pendidikan di Indonesia terlepas dari baik atau buruknya sistem pendidikan yang sudah menjadi warisan dan sulit untuk dihilangkan.

    ReplyDelete
  22. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Foto-foto tsb sangat menginspirasi, bagaimana seharusnya pembelajaran matematika di SD. Semoga bisa terealisasi penerapannya dengan baik dengan siswa SD yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  23. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Menarik dan hidup. Memang sudah sewajarnya pembelajaran SD dibuat semenarik dan sehidup mungkin. Dengan media belajar yang seperti ini, siswa akan lebih mudah menangkap materi pembelajaran, karena yang mereka dapatkan tidak hanya konsepnya saja, melainkan aplikasinya juga. Benar-benar guru adalah luar biasa.

    ReplyDelete
  24. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bpk sudah membagikan pengalaman mahasiswa S1 PGSD ini pada saat Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II dalam bentuk foto-foto. Saya sangat tertarik sekali dengan foto-foto tersebut. Menurut saya, foto-foto tersebut menggambarkan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif. Mereka membuat alat peraga pembelajaran matematika untuk menjelaskan materi pecahan SD kelas II. Alat peraga pecahan ini sangat menarik. Alat peraga ini menggambarkan contoh pecahan dalam beberapa dimensi. Mulai dari pecahan dalam panjang, luas, volume, dan berat. Menurut saya, seperti inilah seharusnya pembelajaran matematika yang diterapkan di SD, menarik dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  25. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Foto-foto tersebut memberikan inspirasi pada para guru dalam membelajarkan materi pecahan pada siswa SD. Mengingat materi pecahan bukanlah sesuatu yang mudah diterima begitu saja oleh siswa bila guru langsung memberikan materi dalam bentuk simbol-simbol (angka). Dengan diberikannya alat peraga seperti sedotan, kertas, dan gabus seperti dalam simulasi tersebut, siswa akan bisa lebih memaknai belajarnya. Selain memberikan inspirasi, foto tersebut juga memberikan tantangan bagi para guru, khususnya guru di tingkat sekolah dasar untuk menghadirkan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi konkret bagi siswa. Banyak sekali obyek yang bisa diangkat oleh guru sebagai bahan pelajaran, terutama obyek-obyek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  26. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terima kasih Pak, foto yang menginspirasi untuk mempersiapkan pembelajaran SD.
    Pembelajaran matematika untuk SD yang menarik apabila menggunakan alat peraga dengan berbagai macam bahan dan warna warni. Selain anak-anak belajar matematika anak juga dapat mengenal tentang berbagai macam bahan yang digunakan dan kombinasi-kombinasi warna yang menarik. Belajar sebagai aktivitas dan kegiatan merupakan hak anak SD. Dengan aktivitas dan kegiatan tersebut pasti juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Mereka akan semangat belajar.

    ReplyDelete
  27. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih pak. Foto-foto yang sangat menarik sekaligus inspiratif. Dalam proses pembelajaran, berhadapan dengan anak usia SD memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan tahap berpikir anak yang masih dalam tahap kongkret. Maka dari itu, pendidik dituntut memiliki kreativitas yang lebih agar bahasa matematis yang dikenal kompleks dapat diterjemahkan ke bahasa anak-anak yaitu bahasa kongkret. Selain kongkret, anak-anak SD yang umumnya aktif secara motorik. Maka dari itu, selain kongkret, media pembelajaran akan lebih baik jika dirancang secara interaktif dengan siswa. Foto-foto yang ditampilkan menggugah motivasi dan menjadi inspirasi saya untuk lebih berinovasi dalam memfasilitasi anak SD.

    ReplyDelete
  28. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.
    Melihat bebarapa tayangan foto dari link yang dibagikan, terlihat jelas para mahasiswa sangat antusias dalam belajar.Dan para observer yang dihadirkan oleh Bapak dari luar negeri tidak kalah seriusnya dalam melakukakan observasi.Menariknya para observer berjalan dengan memegang buku dan pulpen sebagai bahan catatan.Foto-foto tersebut dapat menjadi sebuah dokumen penting untuk dijadikan contoh dalam pembelajaran juga dapat dijadikan sebagai sebuah cendra mata atau kenangan.

    ReplyDelete
  29. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih atas share pengalaman melalui foto-foto pada link terkait Bapak. Melihat foto-foto tersebut, tergambar kegiatan pembelajaran matematika yang inovatif dan memberikan aktivitas yang bermakna bagi siswa-siswanya. Karena sejatinya dunia anak-anak itu adalah aktivitas maka matematika anak-anak pun juga berupa aktivitas matematika.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya,Prof. Rasanya, saya ingin sekali turut bergabung di dalam kegiatan tersebut. Memang pelajaran pecahan mudah bagi orang dewasa, tetapi sangat sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar. Butuh teknik khusus untuk penyampaiannya. Agar siswa dapat memahami dengan mudah materi pecahan dibutuhkan media pembelajaran/atau alat peraga khusus untuk menginterpretasikan materi tersebut. Dengan adanya alat peraga yang bersifat konkrit seperti pada foto-foto yang bapak unggah, siswa dengan mudah dapat memahami materi pecahan.

    ReplyDelete
  31. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan foto-foto pembelajaran Matematika SD yang Bapak bagikan pada link diatas, dimana merupakan kegiatan simulasi pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, sangat menginspirasi terutama bagi guru dan calon guru matematika. Dari foto tersebut terlihat penerapan penggunaan media pembelajaran dalam mengajarkan materi pecahan. Pembelajaran seperti itulah yang memang seharusnya diterapkan terhadap siswa SD ketika mempelajari materi matematika. Dengan menyajikan materi melalui media, maka diharapkan siswa dengan mudah menerima dan memahami materi dengan baik. Sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Semoga pembelajaran seperti demikian bisa benar-benar diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  32. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Karena siswa SD memiliki sifat yang realistis dan lebih apa adanya, maka dari itu diperlukan suatu media pembalajaran yang menarik dan asik tanpa terlepas dari tujuan suatu materi tersebut. Kreativitas dan inovasi yang tinggi diperlukan oleh pendidik SD maupun diatasnya untuk dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan sulit untuk dilupakan bagi siswanya itu sendiri. Semua materi sebenarnya bisa menggunakan alat peraga maupun media, hanya saja mungkin pengalaman dan pengetahuan kita yang masih kurang. Ya maka dari itu baca baca dan baca sembari berdo’a kepada Allah agar dimudahkan dalam memberikan ilmunya kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melihat foto-foto yang Bapak share, saya menjadi teringat akan metode pembelajaran matematika saat di bangku SMP. Saya dan teman-teman diberi tugas secara berkelompok untuk membuat mind mapping di kertas karton agar mudah dalam memahami materi pembelajaran matematika. Melihat foto-foto tersebut membuat saya merasa terbawa suasana dalam belajar di bangku SMP. Saya merasa sangat cocok jika hal seperti itu diterapkan pada anak-anak usia Sekolah Dasar. Tentunya, foto-foto tersebut dapat membuat anak-anak merasa senang dan mudah mengikuti materi yang diajarkan. Ini juga mengasah kreativitas anak dalam belajar. Namun, terpikir dalam benak saya, apakah itu dapat dikatakan sebagai jalan pintas dalam belajar? Bagaimana Bapak menanggapi cara belajar dengan menggunakan mind mapping? Terima kasih Pak atas ilmu yang sudah diberikan melalui postingan ini.

    ReplyDelete
  34. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Waalaikumsalam Wr.Wb
    Terimakasih Pak sudah membagikan inspirasi yang menarik. Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa media yang harus digunakan untuk pembelajaran di SD dengan benda-benda yang konkrit atau nyata. Seperti inilah pembelajaan di SD yang semestinya, dimulai dari mencoba dan memperagakan (menggerakkan atau menggunakan media yang digunakan), maka konsep materinya dengan sendiri akan muncul dalam pikiran siswa dengan tidak terlepas dari bimbingan guru. Dengan begitu, siswa akan merasa senang dan nyaman, karena selain belajar mereka juga seperti bermain dengan adanya alat peraga atau media. Inilah pentingnya media yang konkrit, kreatif, dan inovatif.

    ReplyDelete
  35. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terimakasih Prof, dalam foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan sangat menarik. Penggunaan media dalam pembelajaran lebih menarik minat siswa SD dalam belajar dan tentunya siswa lebih mudah menerima materi yang diberikan. Menurut saya, memang seharusnya dalam pembelajaran untuk siswa SD, dikaitkan dengan hal-hal langsung benda-benda yang ada disekitarnya, termasuk media, agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih membekas. Dan materi yang diberikan dapat bertahan lama dibenaknya.

    ReplyDelete
  36. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk foto-foto yang telah Bapak bagikan. Melihat foto-foto tersebut, saya menjadi teringat dengan pelajaran matematika sewaktu SD. Mungkin jika pembelajaran matematika sewaktu SD semenarik itu, pandangan saya tentang matematika akan berubah. Dari foto tersebut terlihat jelas bahwa media pembelajaran matematika SD yang digunakan sangat menarik. Siswa sekolah dasar yang notabene anak-anak akan lebih menyukai matematika dengan media pembelajaran yang menarik dan berwarna.

    ReplyDelete
  37. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Foto-foto pada link tersebut menggambarkan sebuah workshop pembuatan media pembelajaran untuk siswa SD dengan media yang menarik, baik dari segi warna dan bentuknya. Karena siswa SD pada dasarnya suka pada pembelajaran yang menggunakan media yang menarik dan memanfaatkan benda-benda yang melekat pada lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  38. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Matematika pada tingkat sekolah dasar adalah matematika pada tahapan berpikir konkret sehingga dalam pembelajarannya siswa perlu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan materi agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  39. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Pembelajaran di tingkat SD dengan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dan alat peraga dalam memudahkan siswa untuk mendapatkan konsep matematika sangat baik. Didalam foro-foto tersebut, terdapat ide-ide yang sangat bagus dalam membantu siswa untuk mendapatkan dan membangun konsep matematika secara nyata. Karena pada dasarnya siswa SD lebih menyukai pembelajaran yang siswa tersebut terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran tersebut dan siswa SD juga menyukai pembelajaran matematika secara realistik. Media-media tersebut sangat membantu dalam memperagakan konsep-konsep matematika.

    ReplyDelete
  40. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Foto-foto yang cukup menarik. Belajar tentang panjang ya dengan sungguh-sungguh mengukur. Nampaknya mudah, namun butuh waktu cukup panjang untuk mengajari seorang anak kelas 2 untuk menggunakan penggaris untuk mengukur panjang dengan benar. Demikian pula dengan berat, juga waktu. Anak-anak belajar dengan beraktifitas secara aktif. Maka semua inderanya akan mengingat pembelajarannya. Indera peraba mengingat bagaimana memegang penggaris dan menggoreskannya, indera penglihatan mengamati angka nol dan angka penunjuk panjang, indera pendengaran menyimak berapa panjang yang diminta guru, dst.
    Experience is the best teacher.
    Foto, menjadi dokumen yang baik sebagai perekam pembelajaran dan hasil-hasilnya.

    ReplyDelete
  41. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Foto-foto yang cukup menarik. Belajar tentang panjang ya dengan sungguh-sungguh mengukur. Nampaknya mudah, namun butuh waktu cukup panjang untuk mengajari seorang anak kelas 2 untuk menggunakan penggaris untuk mengukur panjang dengan benar. Demikian pula dengan berat, juga waktu. Anak-anak belajar dengan beraktifitas secara aktif. Maka semua inderanya akan mengingat pembelajarannya. Indera peraba mengingat bagaimana memegang penggaris dan menggoreskannya, indera penglihatan mengamati angka nol dan angka penunjuk panjang, indera pendengaran menyimak berapa panjang yang diminta guru, dst.
    Experience is the best teacher.
    Foto, menjadi dokumen yang baik sebagai perekam pembelajaran dan hasil-hasilnya.

    ReplyDelete
  42. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Belajar dengan alat peraga tentu sangat menarik bagi siswa sd. Dengan alat peraga matematika, tidak harus mahal namun sederhana saja bisa, maka siswa akan memahami konsep matematika dengan jelas. Artinya pembelajaran tidak dimulai dengan definisi maupun hal yang abstrak, sehingga mungkin akan bagus pula jika pembelajaran dengan alat peraga matematika dikolaborasikan dengan model pembelajaran kontekstual.

    ReplyDelete
  43. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Melihat dari foto-foto tersebut pelaksanaan pembelajaran sangat menarik. Pembelajaran terlihat menjadi sangat nyata, dengan membuat alat peraga untuk memperlihatkan kedudukan pecahan. Siswa tidak hanya percaya pada teori saja. Namun, pada pembelajaran tersebut dituntut untuk membuktikannya. Salah satu contohnya, membuktikan bahwa 1 lebih besar dari 1/2. Jika kita hanya mengatakan 1 lebih besar dari 1/2 maka kebenaran atas pernyataan kita dipertanyakan. Namun, jika kita membuktikan dengan alat peraga maka orang lain akan lebih percaya. Salah satu contoh yang perlu di terapkan dalam pembelajaran di kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakam alat peraga. Ini bertujuan agar siswa dapat menemukam konsep, mengalami pengalaman yang nyata, siswa dapat saling membantu satu dengan yang lain (dikerjakan secara kelompok), siswa belajar untuk memgungkapkan pendapat, dan siswa belajar untuk berfikir kritis.

    ReplyDelete
  44. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Dari foto-foto tersebut terlihat pelaksanaan dalam pembelajaran yang dilakukan sangat menarik dan inovatif. Seorang guru harus bisa menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif dan kreatif supaya siswa diajarkan senang dan dapat berperan aktif. jadi dengan sendirinya mereka dapat mudah memahami materi yang sedang disampaikan ketika pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  45. Junianto
    17709251065
    PM C

    Anak-anak SD adalah anak-anak yang membutuhkan benda-benda konkret untuk belajar. Benda-benda yang bisa mereka lihat, pegang dan terkadang bisa mereka gunakan untuk bermain. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia mereka adalah bermain. Adanya simulasi dalam belajar matematika menggunakan benda-benda konkret sangat membantu mereka dalam memahami materi sambil mereka bermain. Ini juga merupakan salah satu manfaat dari alat peraga yang bisa membantu siswa dalam memahami materi. Pemanfaatan alat peraga juga menjadi salah satu alternatif agar pembelajaran di kelas menajdi lebih menarik dan siswa juga menjadi antusias dalam belajar.

    ReplyDelete
  46. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Matematika yang diajarkan ditingkat SD merupakan matematika yang harus bersifat konkrit. Hal ini dikarenakan pemikiran siswa di SD masih merujuk dan menganalisa hal-hal yang konkrit. Maka dalam mengajar matematika di sekolah dasar sangat patutlah mengajarkan dengan benda-benda yang konkrit serta dengan mengunakan kresfitas dan pemahaman guru, dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sehingga pemahaman murid dapat meningkat.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  47. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Pembelajaran dapat dikreasikan sedemikian rupa sehingga anak anak aktif dalam pembelajaran. Apalagi Anak anak SD lebih suka dengan hal hal yang konkret baik dengan pembelajaran alat peraga, foto maupun media lainnya. Mereka akan antusias dan lebih mudah untuk memahami materi. Warna, bentuk yang lucu semakin membuat mereka semangat. Perkembangan siswa SD yang membutuhkan hal yang berbentul real atau konkrit dalam pembelajaran dan bukan dalam bentuk abstrak.

    ReplyDelete
  48. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Menarik sekali pak media pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan pecahan pada anak SD. Guru memang dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran. Media tersebut akan membantu siswa dalam membentuk konsep-konsep matematika. Seperti yang pernah bapak katakan bahwa matematika untuk anak SD adalah aktivitas, sehingga gutu dituntut untuk membuat media pembelajaran yang memfasilitasi siswa melakukan aktivitas matematika.

    ReplyDelete
  49. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dengan melihat foto-foto pembelajaran tersebut membuat saya berfikir betapa menariknya dunia matematika untuk pembelajaran di sekolah dasar. Jika penerapannya seperti itu saya yakin siswa akan sangat tertarik dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika melalui tahap demi tahap. Pembelajaran contekstual memberikan retensi dalam melakukan penanaman konsep di dalam pola berfikir dan bernalar untuk anak-anak sekolah dasar. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu membawa imaginasi matematika anak ke dalam dunia nyata yang di implemetasikan dalam bentuk pengajaran.

    ReplyDelete
  50. Terimakasih atas sharing pengalamannya bapak, semoga melalui foto-foto tersebut bisa menginspirasi banyak para pendidik dan guru untuk mengajar dengan menggunakan variasi media pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan, bermanfaat bagi siswa.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  51. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Foto Kegiatan pembelajaran matematika SD tersebut merupakan salah satu kegiatan inovatif yang memang seharusnya dilakukan selama proses pembelajaran. Dengan adanya observasi oleh orang profesional adalah suatu kebanggaan untuk pendidikan di negara ini. Kita bisa menunjukkan bahwa negara kita masih bisa berkembang untuk memperbaiki pendidikan yang ada di negara ini.

    ReplyDelete
  52. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing fotonya. Dari foto-foto tersebut saya melihat pembelajaran yang berlangsung telah mempertimbangkan perbedaan konsep matematika dewasa dan matematika anak-anak. Ini dapat menjadi bahan acuan terutama bagi guru matematika SD untuk menggunakan contoh benda-benda konkrit dalam pembelajaran matematika sehingga anak memiliki landasan matematika yang kuat sejak dini. Di samping itu, pembelajaran matematika yang sesuai dengan pola pikir anak akan mendukung minat positif anak terhadap pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  53. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari foto yang ditampilkan terlihat bagaimana para mahasiswa belajar melakukan kegiatan pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Terlihat bahwa pembelajaran dilakukan dengan berbagai aktivitas yang melibatkan siswa aktif dengan mengamati benda-benda konkrit, mengeksplorenya, kemudian menulis apa yang mereka dapatkan. Hal ini sebagaimana teori perkembangan kognitif bahwa siswa pada level anak-anak belajar dari yang konkrit menuju abstrak. Siswa belajar dari segala sesuatu yang nyata yang dekat dengan kesehariannya dan sesuatu yang dapat diindra. Semoga para mahasiswa yang nantinya akan mengajar di SD ini atau secara umum untuk semua mahasiswa calon guru, nantinya dapat benar-benar menerapkan strategi pembelajaran yang baik sebagaimana yang mereka pelajari di bangku kuliah. Aamiin.

    ReplyDelete
  54. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Materi pecahan merupakan salah satu materi yang sulit untuk diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar, terutama pada operasinya seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Biasanya guru mengalami kesulitan bagaiman mengubah hal yang empiris tersebut dalam bentuk operasi pecahan. Tentu saja apabila guru mau seenaknya dengan langsung memberi tahu cara perhitungannya tanpa merepresentasikan dalam bentuk empiris siswa akan sulita untuk memaknainya dan menjadikan operasi pecahan tersebut sebagai hafalan. Namun dari gambar yang diupload saya dapat menyimpulkan bahwa kegiatan diskusi dapat dilakukan untuk mereprentasikan yang empiris tersebut ke dalam simbolisasi matematika.

    ReplyDelete
  55. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    P Mat A

    Foto-foto yang ditautkan pada artikel di atas merupakan potret pembelajaran matematika sekolah yang inovatif. Hal ini ditunjukkan oleh kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengetahui konsep pecahan melalui benda-benda konkret. Pada beberapa foto tersebut memuat potret perbandingan berat dan panjang menggunakan konsep pecahan.

    ReplyDelete
  56. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Foto-foto yang disajikan menjadikan kami iri untuk ikut serta menimba ilmu dengan metode pembelajaran seperti itu. Alangkah senangnya ketika para siswa SD diajak untuk belajar melalui kegiatan belajar seperti yang disajikan dalam foto. Karena melalui foto diatas kami mencoba menguraikan bahwa belajar bukan soal duduk fokus dan mendengarkan guru menjelaskan materi. Namun, merencang pembejaran agar siswa aktif dan melalukan berbagai kegiatan fisik maupun pikiran akan membuat materi yang dipelajari siswa terserap lebih banyak. Terima Kasih

    ReplyDelete
  57. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Foto-foto yang ada dalam situs yang Prof. share menggambarkan bahwa pembelajaran yang inovatif itu dapat melatih kerjasama dan kreativitas siswa. Hal ini juga dapat menginspirasi kami untuk terus berusaha mengembangkan pembelajaran inovatif yang berkualitas. Terima kasih banyak Prof.

    ReplyDelete
  58. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih atas foto-foto yang Prof. bagikan kepada kami. Ada hal menarik dari foto-foto tersebut yaitu sebagian besar pembelajarannya dilakukan dengan learning by doing. Penyajian materi dari hal yang konkret akan memudahkan siswa memahami materi. Selain itu, siswa akan tertarik pada pembelajaran dan terlibat aktif dengan kegiatan pembelajaran . Sehingga peran guru dalam pembalajaran adalah sebagai fasilitator. Melalui foto tersebut dapat menjadi inspirasi bagii guru-guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  59. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Prof atas share info yang berupa foto ini sehingga kami bisa melihat langsung gambaran dari pembelajaran matematika SD yang sering kita sebut sebagai kegiatan bermatematika siswa SD. Gambar menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar memang memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan kegiatan sehingga dapat mengkonstruk ilmu matematika mereka sendiri.

    ReplyDelete
  60. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Sangat menarik melihat foto-ffoto pembelajaran matematika tersebut, terlihat begitu antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pecahan yang dalam matematika sudah termasuk abstrak, apalgi jika sudah masuk operasi pecahan, adalah tantangan sendiri bagi para guru. Jika tahap awal pembelajaran pecahan seperti ini, diharapkan siswa memahami konsep pecahan, sehingga ketika lanjut ke tingkat atas, siswa tidak bingung dan masih teringat konsep pecahan yang dipelajari.

    ReplyDelete
  61. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mencoba merefleksikan sedikit yang saya ketahui dari melihat dan mencermati foto kegiatan simulasi belejar mengajar siswa sekolah dasar tersebut. ada beberapa poin menarik terkait pelaksanaan pembelajaran tersebut. Pertama, media yang digunakan berfariatif dan nyata sehingga cocok diterapkan untuk pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada materi pecahan. Karena materi ini baru bagi siswa dan cukup abstrak untuk dibayangkan atau dipahami apabila tidak dibelajarkan menggunakan alat peraga nyata. Yang kedua, siswa berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan memraktekan media belajarnya serta berdiskusi dengan temannya. Hal ini dapat menjadi inspirasi bai guru sekolah dasar karena dapat menjadi fariasi mengajar selain metode ceramah. Sehingga siswa akan merasa termotivasi megikuti pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi antar siswa.

    ReplyDelete
  62. Latifah Fitriasari
    PM C

    Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat baik materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari . Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika. Media pembelajaran membuat anak belajar secara mandiri, dan kebebesan dalam belajar sehingga anak bekerja dengan penuh konsentrasi sehingga terciptanya pembelajar yang aktif.

    ReplyDelete
  63. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari foto yang ditayangkan tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran tersebut sangatlah inovatif sekali, dimana siswa sebagai subyek pembelajaran, berpusat pada siswa. Siswa secara berkelompok membahas dan menemukan secara mandiri agar apa yang mereka peroleh itu bermakna. Pada materi pecahan tersebut digunakan dengan berbagai pendekatan yaitu dengan luas dan berat. Yang disini peran guru yaitu sebagai fasilitator. Pembelajaran seperti ini di SD akan sangat bermakna bagi siswa, maka calon pendidik harus belajar dan belajar mulai dari sekarang untuk mempersiapkannya.

    ReplyDelete
  64. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pada foto tersebut, Prof. Dr. Kaye Stacey sedang membelajarkan materi mengenai volume, pecahan, dan luas yang dilakukan dengan menggunakan intuisi. Untuk membelajarkan mengenai pecahan 1/3 dan 1/4 beliau menggunakan gabus yang mempresentasikan pecahan tersebut. Pecahan 1/3 lebih luas dari pada pecahan 1/4. Pembelajaran seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa SD daripada hanya dijelaskan mengenai pecahan, karena melalui pembelajran ini siswa melakukan aktivitas matematika secara langsung serta intuisi siswa diberdayakan

    ReplyDelete
  65. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dokumentasi pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar tersebut menggambarkan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Pembelajaran tersebut menggunakan beragam alat peraga yang bagi siswa hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pembelajaran tersebut kaya akan presentasi calon guru mengenai suatu materi matematika SD, terlihat ada semacam poster atau gambar yang menjelaskan hubungan pecahan satu dengan pecahan lainnya. Materi semacam ini kemungkinan besar telah ada pada lembar kerja siswa, namun dengan menampilkan highlight seperti dalam foto tersebut siswa akan termotivasi untuk mengingat dan memperhatikan dengan lebih seksama, Gambar-gambar lucu juga dipakai dalam alat peraganya sehingga besar kemungkinan anak kecil akan tertarik, hal ini dimaksudkan untuk menarik attensi siswa dalam proses pembelajaran. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  66. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Siswa sekolah dasar merupakan anak-anak yang masih berada pada tahap perkembangan operasional kongkrit, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika menyajikan bendad secara langsung maupun mneggunakan semacam simulasi yang melibatkan sisa dan mengkonstruksi pemahaman siswa bahwa apa yang mereka pelajari aialah apa yang sering mereka temui dalam keseharian mereka. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran matematika, siswa tidak bisa diberikan materi secara abstrak, pembelajaran berdasarkan definisi, aksioma, teorema, dan sebagainya melainkan pembealajaran yang dilakukan haruslah pembelajaran minimal kontekstual, akan lebih baik pembelajaran realistik. dalam foto kegiatan pembelajaran tersebut, simulasi materi matematika menggunakan alat peraga yang berbeda-beda dengan kombinasi warna yang menarik perhatian siswa, sehingga saat siswa terpincut dan mengarahkan perhatian kepada pembelajaran diharapkan pemahaman siswa mengenai materi yang ada bukan lagi hanya wacana. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  67. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pemebelajaran mateamtika SD tersebut merupakan terbosan inovatif yang dapat guru SD lakukan. Dengan adanya inovasi seperti ini, mampu menumbuh kan minat siswa dalam mempelajari matematika.. tidak hanya itu, siswa juga mengikuti pembelajran yang bermakna. Dengan demikian ilmu yang telah diperolehnya tidak adakan mudah lupa.

    ReplyDelete
  68. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Agar pembelajaran menjadi sesuatu yang bermakna bagi siswa maka siswa harus ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Bukan lagi guru yang menjadi pusat pembelajaran. Apalagi bagi siswa SD. Matematika bagi siswa SD seharunsya adalah sebuah aktivitas. Melibatkan aktivitas di dalam pembelajaran. Sehingga jika tidak ada aktivitas dalam pembelajaran matematika berarti tidak ada proses pembelajaran. Sebaiknya guru melibatkan panca indera untuk membelajarkan matematika. Karena siswa SD sangat membutuhkan praktik langsung dengan benda-benda konkrit karena memang dalam perkembangannya masih dalam operasional kongkrit. Sehingga dengan adanya pembelajaran yang bermakna itu siswa dapat mengembangkan dan membangun pengetahuannya sendiri untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

    ReplyDelete
  69. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Dari foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan. Bagi guru SD mengelola pembelajaran memang suatu hal yang perlu diperhatikan, karena matematika SD adalah suatu kegiatan, maka dari itu dalam membelajarkan matematika pada siswa dilakukan dengan kegiatan oleh siswa dan bukan tentang definisi-definisi.

    ReplyDelete
  70. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Pak karena telah sharing foto-foto kegiatan pbm ini. Melihat foto-foto tersebut menyadarkan kita bahwa betapa seru, menariknya pbm mtk jika dilakukan dengan berorientasi pada pengalaman/aktivitas. Pbm yang inovatif, yang student centered, yang bersifat construktivisme akan menjadi pbm yang menarik siswa, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar/berpikir, kemudian beraktivitas dalam pbm sehingga pengetahuan yang diperolehnya pun menjadi lebih bermakna. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  71. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk kelas 2 SD yang terdapat dalam foto sangat menarik. Terlihat dalam foto metode yang digunakan ialah metode penemuan. Alat-alat peraga digunakan untuk membantu siswa lebih memahami makna yang terkadung dalam pecahan. Dengan alat peraga siswa akan lebih dapat memaknai pembelajaran yang dilakukannya,

    ReplyDelete
  72. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Matematika murid sekolah dasar adalah matematika kongkret. Pada foto-foto tersebut terlihat alat peraga pembelajaran dengan bahan-bahan keseharian tetapi dapat menjelaskan materi mengenai pecahan. Foto tersebut dapat menginspirasi para guru untuk berkreasi dan berinovasi membuat alat peraga pendidikan.

    ReplyDelete
  73. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    terimakasih Prof, berdasarkan foto pada link tersebut, saya melihat bahwa sebenarnya pembelajaran seperti inilah yang cocok untuk pembelajaran pada siswa SD, karena pada anak usia SD mereka cenderung lebih aktif dan senang melakukan kegiatan yang tidak hanya berpikir tapi juga bergerak. Penggunaan media membuat siswa "doing mathematics" bukan hanya "thinking mathematics" dimana diharapkan pembelajaran tersebut lebih bermakna untuk siswa, sebagaimana pada usia anak SD pengetahuan adalah kegiatan.

    ReplyDelete
  74. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang dapat saya lihat dari foto tersebut adalah wajah semua siswa terlihat senang dan gembira saat belajar. Sama sekali tidak ada raut terpaksa belajar yang ditunjukan oleh siswa. Sehingga saya belajar bahwa, untuk menjadi guru yang baik adalah dengan menciptakan pembelaajaran yang menyenangkan bagi siswa dan tidak memaksakan siswa untuk belajar

    ReplyDelete
  75. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dari foto tersebut terlihat bagaimana kegiatan mahasiswa ketika belajar secara berkelompok untuk membuat media pembelajaran tentang pecahan bagi pembelajaran matematika untuk anak sekolah dasar. Matematika di sekolah dasar memerlukan benda konkrit untuk membantu siswa untuk belajar serta memahami bagaimana matematika yang abstrak bagi mereka, dengan mempertimbangan perkembangan kognitif siswa maka perlu media pembelajaran untuk hal itu. Selain itu, matematikanya anak sekolah dasar adalah aktivitas maka learning by doing merupakan pilihan yang tepat ketika mengajar natenatika untuk anak sekolah dasar.

    ReplyDelete
  76. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Menarik sekali melihat foto-foto yang ada di link tersebut, melihat siswa yang ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mengembangkan kreativitas mereka. dan hasil dari pekerjaan mereka yang ditempel-tempel di dinding itu terlihat menarik dan kreatif. saya yakin siswa akan merasa lebih betah didalam kelas yang di desain seperti itu, dengan mengkondisikan kelas seperti laboratorium tempat mereka mengembangkan pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  77. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Setelah melihat foto-foto pembelajaran tersebut membuat saya berfikir betapa menariknya dunia matematika untuk pembelajaran di sekolah dasar. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu membawa intuisi matematika anak ke dalam dunia nyata yang di implemetasikan dalam bentuk pengajaran. Dengan adanya foto-foto tersebut, dapat menjadi referensi kepada guru-guru khususnya guru SD agar lebih kreatif dalam menyampaikan materi matematika kepada siswa. Hanya satu materi, yaitu pecahan saja dapat dikonkritkan dalam berbagai macam cara.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  78. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    foto-foto tersebut sangat menarik dan menginspirasi metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak sekolah dasar. dengan metode terssebut siswa pastinya ikut aktif dalam mengumpulkan informasi-informasi sehingga anak akan merasa puas karena dapat menggali dan menemukan informasi sendiri

    ReplyDelete
  79. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Pada foto-foto tersebut tampak bahwa siswa memiliki antusias dalam belajar. Dengan alat-alat peraga yang unik dan menarik serta bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan dengan harga yang ekonomis. Hal ini membuktikan bahwa pelajaran matematika bukan suatu momok yang harus ditakuti siswa, tetapi pendidik yang kurang kreativitasnya dalam mengajar yang sebenarnya menjadikan matematika sebagai hal yang sangat ditakuti siswa. Terima kasih Prof atas sharing foto-foto pembelajaran yang inspiratif.

    ReplyDelete
  80. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Anak di jenjang Sekolah Dasar merupakan anak-anak yang baru memulai pengenalan terhadap proses belajar. Mereka belum mampu menerima pelajaraan yang bersifat abstrak. Diperlukan berbagai macam alat peraga yang bisa membantu mereka dalam memahami apa yang diberikan, dan alangkah baiknya apabila menggunakan alat peraga yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  81. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Oleh karena itu, para guru dituntut untuk bisa mengemas proses pembelajaran semenarik dan semenyenangkan mungkin untuk mengatasi kejenuhan siswa. Salah satu upaya yang dilakukan supaya siswa tidak merasa jenuh diantaranya dengan mengajak siswa turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  82. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih karena telah berbagai info tentang pengalaman pembelajaran matematika melalui foto-foto yang bapak cantumkan dalam link yang bapak sajikan. Melihat foto berarti menerka-nerka memori yang tergambar secara visual pada foto tersebut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  83. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bagi sebagian orang, foto hanyalah berfungsi sebagai pengingat atau kenang-kenangan. Namun bagi sebagian yang lain, melalui foto ia bisa memprediksi atau mengulas apa yang terjadi selama pembelajaran. Apakah siswa antusias mengikuti pelajaran, ataukah siswa terkesan tersiksa selama pelajaran berlangsung. Oleh karenanya foto atau dokumentasi bisa dijadikan sebagai metode pengumpulan data dalam suatu penelitian. Melalui foto, kita bisa menginterpretasi banyak hal. Dalam lampiran foto ini sendiri, saya melihat bahwa mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Mereka berhasil menciptakan sesuatu di akhir pelajaran. Tidak nampak wajah yang tersiksa selama pembelajaran berlangsung

    ReplyDelete
  84. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dari foto pembelajaran matematika sd diatas nampak bahwa anak-anak belajar sueuatu hal berdasarkan pengalaman. Saat dia mendapatkan ilmu dari pengalaman, konsep itu akan tertanam dengan baik dalam ingatannya sehingga akan mudah dalam mengaapai ilmu-ilmu yang lain. Namun saat ini tuntutan kurikulum yang tidak memberikan waktu yang leluasa agar guru bisa mengeksplore pembelajaran melalui pengalaman memaksa tidak semua guru menyampaikan materi berdasarkan pengalaman siswa.

    ReplyDelete
  85. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pembelajaran matematika yang menyenangkan sudah mulai banyak dilakukan untuk menarik minat dan motivasi siswa dalam memahami matematika. Tidak cuma dirancang agar menarik, pembelajaran ini selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif, namun juga dapat mengasah kemampuan komunikasi, motorik, dan kerjasama tim. Semoga pembelajaran ini bisa terlaksana dan dapat diterapkan di semua sekolah dasar yang ada.

    ReplyDelete
  86. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pembelajaran pada link tersebut adalah pembelajaran matematika pada Sekolah Dasar seputar pecahan. Saya sangat tertarik dengan potongan-potongan gabus yang digunakan sebagai peraga pecahan pembelajaran tersebut. Potongan gabus tersebut terdiri dari berbagai macam bagian yang merepresentasikan pecahan-pecahan tertentu. Ada yang setengah, seperempat, dan pecahan lainnya. Hal ini tentu memudahkan para siswa SD untuk memahami perbandingan pecahan dengan membandingkan besar potongan antar gabus.

    ReplyDelete
  87. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof untuk link dari foto-foto pembelajaran pecahan untuk kelas 2 SD. Dari foto-foto yang ada terlihat bahwa pembelajaran pecahan dengan metode dan media seperti pada foto akan menarik bagi anak-anak SD. Karena dengan begitu siswa akan terlibat aktif untuk membentuk alat peraga (potongan gabus, potongan kertas, atau potongan sedotan) yang merepresentasikan nilai pecahan tersebut dan siswa juga dapat dengan mudah membandingkan nilai setiap pecahan sesuai dengan ukuran potonga-potongan tersebut. foto tersebut menginspirasi bagi kami clon pendidik untuk bisa berinovasi dan berkreasi membuat alat peraga yang menarik dan menyenagkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  88. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih atas sharing pengalamannya Pak. Foto-foto tersebut memberikan saya gambaran akan pembelajaran matematika inovatif di tingkat SD. Seperti pembelajaran pecahan dengan cara menyusun balok-balok pecahan hingga terbentuk gambar orang sedang mengangkat tangan dengan senyum gembira. Siswa akan jauh lebih semangat belajar ketika media pembelajaran yamg digunakan menarik. Setelah melihat foto-foto tersebut saya menjadi tertarik dengan pembelajaran inovatif matematika SD.

    ReplyDelete
  89. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof atas link yang dibagikan. Dari link tersebut saya memahami bagaimana media pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan matematika pada anak sekolah dasar. Penggunaan media yang bervariasi akan memudahaakna guru dalam menjelaskan materi dan juga membuat siswa lebih mudah memahami materi tentang pecahan.

    ReplyDelete
  90. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang sudah di share kepada kami. Dari link tersebut memberikan saya gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada peserta didik SD. Pada foto tersebut menggambarkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi. Dengan media pembelajaran yang bervariasi membuat peserta didik lebih cepat dalam memahami materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  91. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof. atas sharing foto-foto pengalamannya. Dari foto-foto tersebut saya dapat melihat bagaimana menarik serta inovatifnya pembelajaran yang dilakukan. Selain itu pembelajaran yang dilakukan juga menggunakan benda-benda koknret. Pembelajaran juga berpusat kepada siswa, sudah tidak lagi berpusat kepada guru. Dari foto-foto tersebut, semoga pada praktek pembelajaran di kelas guru dapat semakin berinovasi, dan kreatif dalam proses pembelajaran di kelas. Terimakasih.

    ReplyDelete
  92. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Kegiatan belajar mengajar pada materi pecahan kelas V SD dilakukan dengan metode diskusi untuk membuat suatu projek (PJBL). Dari gambar-gambar yang disajikan, kita dapat melihat bahwa pembelajaran pecahan di SD diajarkan melalui benda konkret yang memiliki maksud berbeda-beda. Contoh pada gambar tersebut antara lain sedotan=panjang, kertas=luas, volume=sterofoam. Pembelajaran 1/4 kurang dari 1/2 juga dilakukan dengan benda-benda konkret tersebut yang dilakukan dengan cara membandingkan benda yang merepresentasikan bilangan 1/4 dan 1/2. Pembelajaran yang demikian ini merupakan contoh pembelajaran intuitif atau belajar dari kegiatan yang dilakukan.

    ReplyDelete
  93. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih pak atas foto yang telah bapak berikan. Dari foto tersebut saya memahami bahwa selain metode-metode yang sudah dipelajari, ada metode yang terlupakan yaitu metode yang berasal dari kreatifitas seorang pendidik. Seperti foto di link tersebut, menunjukan kreatifitas pendidik dalam menyampaikan materi pecahan yang menurut saya hal tersebut sangat menarik dan sesuai dengan tingkat kognitif dari siswa SD

    ReplyDelete
  94. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika

    Membelajarkan matematika sekolah itu berarti memberikan fasilitas kepada siswa untuk melakukan kegiatan berupa menemukan pola dan keterhubungan dari pola yang ada, memecahkan masalah, melakukan penelitian/investigasi terhadap fenomena matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan berkomunikasi dengan siswa lain dan juga berkomunikasi dengan guru. Salah satu cara yang dapat guru lakukan untuk memfasilitasi siswa tersebut adalah dengan memanfaatkan alat peraga matematika yang ada.

    ReplyDelete
  95. Ibnu Rafi
    14301241053

    Guru memiliki peran dalam memfasilitasi siswa untuk belajar secara optimal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan alat peraga matematika. Dalam memilih, mendesain, dan menggunakan alat peraga matematika, guru perlu mempertimbangkan berbagai hal, termasuk tujuan dan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai serta meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa.

    ReplyDelete
  96. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Sungguh luar biasa aktivitas pembelajaran yang berlangsung seperti yang ditunjukkan pada foto-foto yang dimuat dalam https://www.flickr.com/photos/98353251@N08/. Foto-foto yang ada menunjukkan bahwa betapa mengasyikkannya jika pembelajaran matematika sekolah dibelajarkan dengan memanfaatkan alat peraga atau benda manipulatif untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika.

    ReplyDelete
  97. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih telah mebagikan foto-foto pembelajaran di SD. Foto tersebut menggambarkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Sangat bermanfaat bagi pendidik dan calon pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  98. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan foto-foto yang ada pada https://www.flickr.com/photos/98353251@N08/ bahwa salah satu cara yang dapat digunakan untuk membelajarkan pecahan secara mengasyikkan adalah dengan menggunakan alat peraga matematika. Kreativitas guru sangatlah diperlukan dalam mendesain dan memilih alat peraga atau benda manipulatif yang sesuai. Sebagaimana yang terlihat pada foto-foto tersebut bahwa guru dapat memfasilitas siswa untuk belajar pecahan melalui benda manipulatif dengan berbagai representasi pecahan, yaitu panjang, volume, luas dan berat.

    ReplyDelete