Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

73 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Foto-foto menunjukkan bahwa kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk siswa SD sangat menarik. Alat peraga dari pembelajaran tersebut tidak hanya satu tetapi banyak ada yang menggunakan kertas untuk menuliskan rumus-rumus penting, ada yang menggunakan sterofoam yang membahas materi pecahan dalam berat, panjang dan volume. Semua terlihat aktif dalam pembuatan maupun presentasinya. Ini yang harusnya diterapkan guru dalam pembelajaran matematika disekolah bahwa semua siswa diminta aktif dan ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran seperti pada foto di atas.

    ReplyDelete
  2. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Foto-foto tersebut menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru untuk mengajarkan siswa tetang pecahan yaitu menggunakan metode discovery learning (metode penemuan). Terlihat dari beberapa alat peraga yang digunakan oleh siswa untuk menemukan konsep pecahan. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk membahas tentang panjang, berat, volume, luas, dll. Hal itu untuk membandingkan bahwa nilai pecahan tersebut konstan serta siswa dapat mengetahui pecahan mana yang terkecil dan mana yang terbesar melalui pengalaman langsung. Metode discovery adalah suatu metode di mana dalam proses belajar mengajar guru memperkenankan siswa-siswanya menemukan sendiri informasi yang selama ini secara tradisional biasa diberitahukan atau diceramahkan saja (Suryosubroto, 2008: 192). Metode ini memiliki manfaat untuk siswa dalam jangka panjang. Karena siswa menemukan sendiri konsep tentang pecahan, maka akan lebih membekas dalam benak siswa dan siswa lebih mudah mengingatnya. Namun, kelemahan dari metode ini yaitu membutuhkan manajemen waktu yang baik karena pembelajaran yang berlangung akan membutuhkan banyak waktu.

    ReplyDelete
  3. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Foto tersebut memperlihat pembelajaran matematika di SD yang menggunakan alat peraga. Alat peraga seperti pada foto tersebut ialah seorang guru yang inovatif dan kreatif. Alat peraga yang menarik tersebut dapat memancing minat siswa untuk belajar matematika. Adanya alat peraga berpengaruh terhadap mood siswa agar lebih memperhatikan dan mempermudah memahami pelajaran.

    ReplyDelete
  4. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2104

    Proses pembelajaran yang dilaksanakan sangat menarik dan inovatif. Siswa diajak untuk berdiskusi, membuat alat peraga dan mempraktekkannya. Hal tersebut dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar matematika dan akan menghilangkan kesan matematika yang menyeramkan. Dalam proses pembelajaran siswa SD memang harus diberikan contoh dan bukan contoh secara nyata, tidak hanya mendengarkan dan mencatat saja.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari foto-foto pembelajaran, terlihat kegiatan pembelajaran pada suatu materi yang menggunakan alat peraga yang sederhana, yang dapat membangun konsep matematika di dalamnya. Pada tingkatan SD khususnya untuk kelas rendah, penggunaan alat peraga memang sangat membantu guru untuk menyampaikan suatu konsep kepada siswa, dan siswa pun akan lebih cepat memahaminya karena cara berpikir mereka adalah dengan melihat benda konkretnya kemudian pengetahuannya dibangun atau dihubungkan dengan benda-benda yang menyerupainya, termasuk dengan penggunaan alat peraga.
    Alat peraga dalam pemebelajaran matematika pada siswa tingkat dasar sangat membantu pemahaman konsep mereka. Karena dengan adanya bantuan alat peraga dalam proses pembelajaran, fungsi indera penglihatan dan pendengaran siswa berfungsi secara optimal untuk menerima pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pada kegiatan Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II terlihat foto-foto menemukan konsep luas, volume, berat dengan menggunakan alat-alat peraga sederhana dari sterofoam dan kertas yang dipajang di white board. Pembelajaran tersebut menunjukkan keaktifan serta kreatifitas dalam menemukan serta membangun konsepnya sendiri. Dengan menemukan dan membangun konsep sendiri mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut bermakna dan dapat memberikan pengalaman serta kesan bagus yang dapat bertahan lama.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pend. Matematika Kelas C 2016

    Dari foto yang di share oleh Bapak dapat dilihat bahwa saat ini sudah mulai banyak pembelajaran matematika yang dilakukan untuk menarik minta dan motivasi siswa untuk memahami matematik. Tidak hanya dirancang agar menarik minat siswa dalam pembelajaran namun juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa dan juga dapat mengasah kemampuan komunikasi , motorik dan kerjasama siswa dalam tim. Semoga pembelajaran-pembelajaran seperti ini dapat diterapkan di banyak sekolah di Indonesia

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Kesimpulan saya dari foto-foto yang tersebut adalah dalam mempelajari materi pecahan di tingkat SD guru hendaknya bisa menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Alat peraga tidak hanya dibuat oleh guru saja tetapi dengan bantuan guru sebagai fasilitator siswa juga dapat mengambil bagian dalam membuat sendiri gambar-gambar sehingga konsep siswa tentang bilangan bisa terbentuk. Dengan alat peraga siswa tentunya bisa lebih memahami tentang pecahan.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Sebagai seorang pendidik yang profesional kita harus meluangkan waktu untuk berfikir bagaimana cara penguatan materi matematika yang baik pada anak didik dan bagaimana meningkatkan rangsangan motivasi belajar. Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diterapkan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memakai konsep dasar matematika maka anak akan memiliki bekal untuk menguak perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat harapannya adalah siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan dan siswa juga memperoleh pengalaman dengan kegiatan pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dari poto yang Prof share, terlihat bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan merupakan salah satu contoh pembelajaran matematika yang sangat inovatif. Pembelajaran matematika yang menggunakan media yang interaktif. Guru adalah seseorang yang mengelola pembelajaran dan memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif merupakan salah satu sarana belajar yang akan membuat siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, siswa juga diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka dapatkan.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat foto-foto tersebut sungguh sangat menarik ketika kelas rendah (2 SD) diajarkan oleh seorang profesor. Banyak hal yang bisa diambil pelajaran disana dimana pembelajaran dapat dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan sehingga anak usia SD dapat terlihat sangat menikmati pembelajaran matematika yang disimulasikan.

    ReplyDelete
  12. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1. Pendidikan Matematika A 2014

    Foto foto yang tersemat pada link tersebut sangat menginspirasi para calon guru maupun guru yang melihatnya. Pembelajaran kreatif inovatif dengan berbagai aktifitas yang menarik (apalagi bagi siswa SD). Siswa SD belum mampu membayangkan hal-hal abstrak, maka perlulah guru menunjukkan matematika dalam wujud konkret seperti dengan kegiatan-kegiatan di atas. Dari kegiatan tersebut akhirnya siswa dapat memahami dengan pemahamannya sendiri melalu kegiatan yang dilakukan sendiri, yaang mana hal tersebut umumnya lebih melekat pada benak siswa.

    ReplyDelete

  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Foto-foto tersebut sangat menarik untuk dilihat bagaimana pembalajarn matematika SD yang pada saat itu materinya pecahan. Alat peraga yang dugunakan juga sangat menarik sekali, tenatang panjang, volume dan itu sangat cocok sekali dugunakan pada siswa SD kdengan colorful nya mendia itu atau alat peraga itu jadi membuat siswa senang. Akrena fungsi alat peraga adalah unetuk memeudahkan siswa dalam menerima materi.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pembelajaran seperti ini merupakan salah satu contoh pembelajaran yang menarik dan bermakna,pembelajaran bermakna sangat penting karena dapat menunjang pemahaman siswa terhadap apa yang diajarkan. pembelajaran bermakna juga memudahkan siswa dalam mengingat suatu konsep, karena ia membangun konsep itu sendiri sehingga tak mudah untuk dilupakan.

    ReplyDelete
  15. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Kelas C 2016

    Seharusnya potret pembelajaran seperti ini menjadi "potret" pembelajaran yang sebenarnya di Indonesia. Untuk ukuran anak kelas 2 SD yang notabene memang membutuhkan penanaman konsep dasar yang mendalam harus dengan pembelajaran seperti yang digamabrkan dalam foto ini. Melalui penemuan terbimbing, siswa mengkonstruk pengetahuannya dan menuangkannya dalam bentuk karya portofolio dalam suatu lembar kerja, yang kemudian ditindaklanjuti dengan adanya presentasi oleh siswa. Dengan pembelajaran seperti ini, konsep akan tertanam lebih lama dan melekat pada pengetahuan siswa. Media yang digunakan dalam pembelajaran pun sangat memotivasi siswa dalam pembelajaran, misalnya menggnunakan bentuk-bentuk unik dan warna yang mencolok untuk anak SD.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Foto – foto tersebut menunjukkan bahwa guru menyusun pembelajaran dengan kreatif yaitu dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang digunakan juga disesuaikan dengan materi ajar dan kebutuhan siswa. Foto tersebut juga dapat mendorong guru – guru lain untuk dapat mengembangkan media pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah menerima pelajaran dan memahami materi yang disampaikan. Dengan adanya media yang sesuai maka siswa dapat belajar dengan baik. Untuk peraga yang disusun hendaknya disesuaikan juga dengan kebutuhan siswa, misalnya yang ada pada foto tersebut menggunakan warna – warna yang bagus dan bervariasi agar menarik minat siswa SD dalam mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Siswa sekolah dasar tidak seharusnya belajar tanpa melakukan aktivitas dan hanya mendapatkan informasi dari guru semata. Di dalam foto – foto tersebu menggambarkan aktivitas siswa di kelas. Mereka mendapatkan pengetahuan dari proses dan hasil aktivitas mereka sendiri. Sementara siswa sibuk dengan aktivitas yang dilakukannya, disitulah guru juga sibuk dalam mengontrol jalannya pembelajaran tanpa harus terlibat secara langsung sepenuhnya, disertai dengan evaluasi proses aktivitas siswa.

    ReplyDelete
  18. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi lebih kreatif dan inovstif. Hal ini mendorong ketertarikan siswa dalam belajar sehingga tidak menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam belajar terutama mempelajari matematika. Pembelajaran yang tidak monoton dan enuh variasi dapat menjadi tips untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam bermatematika.

    ReplyDelete
  19. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pembelajaran di tingkat dasar merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang teramat penting dalam kehidupan kita. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwasanya pembelajaran di tingkat dasar tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan individu selanjutnya. Sehingga pendidikan di sekolah dasar haruslah menjadi bahan perhatian yang lebih intensif karena menentukan keberhasilan peserta didik nantinya.

    ReplyDelete
  20. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru perlu untuk diamati oleh guru lain atau dosen dengan tujuan untuk menampilkan kinerja yang terbaik dalam mengajar, langsung atau tidak langsung jika pembelajaran diperhatikan oleh orang lain maka akan memberikan yang terbaik. Kinerja dengan menampilkan segala upaya dimulai dengan perencanaan, alat peraga serta pengajaran yang berkualitas. Setelah penampilan dalam pembelajaran juga ada semacam diskusi sehingga mengetahui letak kekurangan dan kelebihan, mengenai cara bicara, cara membimbing, konsep yang harus diperbaiki, istilah yang digunakan serta konteks pembelajaran yang diberikan.

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Proses pembelajaran yang terjadi hendaklah proses pembelajaran yang bermakna, agar siswa dapat mengerti dan paham makna mereka belajar materi tersebut. Pembelajaran akan menjadi bermakna jika pembelajaran tersebut dapat masuk dalam pikiran dan diri siswa, serta pikiran siswa dan mengikutinya untuk membangun skema pengetahuannya sendiri. Untuk mewujudkan pembelajaran bermakna, tidak lah mudah, perlu persiapan dan pengalaman didalamnya. Jika proses pembelajaran bermakna terjadi maka efek nya akan terlihat pada jangka panjang, materi yang telah dipelajari akan diserap lebih baik oleh siswa dan siswa tidak akan gampang lupa dengan materi yang telah dipelajari.

    ReplyDelete
  22. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru matematika harus kreatif dan inovatif merancang pembelajaran. Terutama pembelajaran siswa tingkat SD, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Materi matematika cenderung abstrak sehingga perlu visualisasi apalagi bagi siswa SD. Penggunakan media maupun alat peraga akan sangat membantu. Selain membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, juga dapat melibatkan siswa agar aktif belajar.

    ReplyDelete
  23. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    foto tersebut memperlihatkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran, pembelajaran seperti itu sangat inovatif dan menarik bagi siswa, siswa dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang dikemas dengan apik dan menyenangkan, hal ini cocok untuk pembelajaran anak SD yang cenderung masih suka bermain.

    ReplyDelete
  24. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dari foto-foto tersebut, saya dapat simpulkan antara lain dalam mempelajari materi pecahan di tingkat SD guru hendaknya bisa menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Alat peraga tidak hanya dibuat oleh guru saja tetapi dengan bantuan guru sebagai fasilitator siswa juga dapat mengambil bagian dalam membuat sendiri gambar-gambar sehingga konsep siswa tentang bilangan bisa terbentuk. Dengan bantuan alat peraga, siswa tentunya bisa lebih memahami tentang pecahan.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dalam foto tersebut terlihat pembelajaran sangat menarik dan tidak membosankan. Guru menggunakan alat peraga untuk membuat siswa memahami konsep yang diajarkan. Guru hanya menjadi fasilitator, siswa menjadi aktor utama dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Konsep diajarkan dengan metode penemuan. Siswa juga aktif dalam pembelajaran. Semoga dengan ini, bisa menjadi motivasi untuk guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  26. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Media yang digunakan dalam pembelajaran SD sangat menarik dan kreatif. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar matematika. Semula yang menganggap matematika itu dapat membuat siswa pusing, dengan model dan media pembelajaran seperti yang di foto menjadikan pembelajaran mtematika menyenangkan.

    ReplyDelete
  27. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Media pembelajaran yang digunakan sangat Menarik dan Menyenangkan, dapat menodorong minat belajar siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran tersebut sangat cocok digunakan dalam pembelajaran matematika tingkat SD karena dalam pemeblajaran tersebut berisi kegiatan-kegiatan yang menyenangkan untuk menggali materi yang dipelajari. Dalam pembelajaran tersebut siswa diberi kesempatan dalam membangun konsep mengenai pecahan bilangan.

    ReplyDelete
  28. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Foto-foto atau dokumentasi dari aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan ini merupakan upaya para guru untuk mengaktifkan siswa dalam mengajarkan materi pecahan. Dimana siswa mempunyai pengalaman sendiri karena melakukan sendiri untuk menemukan konsepnya. Itu yang membuat siswa senang dalam belajar matematika dan peran guru ialah sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Foto-foto kegiatan simulasi pembelajaran SD yang pak Prof berikan terlihat menyenangkan. Siswa dapat berkreasi dalam mengerjakan lembar kerja nya masing-masing. Terlihat juga variasi materi/pendekatan yang diberikan, yaitu perbedaan antara kelompok satu dengan yang lain mengenai pendekatan konsep pecahan. Siswa juga belajar menemukan konsep dan hubungan antara pecahan satu dengan yang lain. Siswa belajar secara aktif dan mandiri, juga berlatih kreatifitas dan bertambah motivasinya

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kegiatan pembelajaran seperti itulah yang diharapkan terjadi di tingkat SD. Siswa merasa senang belajar matematika dan secara tidak sadar mereka memahami suatu konsep tertentu. Guru yang inovatif sangat diharapkan dalam situasi tersebut. Dengan pemilihan lembar kerja siswa dan media yang akan digunakan secara tepat sangatlah mendukung terjadi pembelajaran tersebut

    ReplyDelete
  31. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Foto-foto tersebut memperlihatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk siswa SD yang dalam belajar masih membutuhkan contoh yang konkret. Media pembelajaran yang warna-warni dan disertai gambar-gambar lucu, diharapkan dapat membuat anak-anak tertarik untuk menggunakannya dalam proses belajar.

    ReplyDelete
  32. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan adanya contoh dari foto-foto di atas, diharapkan dapat menjadi inspirasi para calon guru untuk mampu membuat media pembelajaran matematika yang "friendly" untuk anak-anak. Sehingga selama belajar matematika, anak-anak tidak hanya mendengarkan penjelasan guru kemudian berlatih soal tetapi anak-anak dapat melakukan sesuatu hal dengan media yang dapat mereka lihat dan dapat mereka pegang, sehingga diharapkan anak-anak menjadi aktif selama pembelajaran.

    ReplyDelete
  33. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    saya terinspirasi dari foto pembelajaran diatas, pembelajaran terlihat dikemas dengan kreatif inovtif dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa takut untuk aktif, anak anak diajak untuk melihat memegang dan menggunakan media yang disediakan sehingga anak anak dapat lebih memahami materi. karena sesungguhnya pembelajaran itu bermakna ketika siswa dapat memahami materi dengan cara nya sendiri dan dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  34. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    foto-foto kegiatan tersebut sangat menginspirasi, menjadi contoh bagi para guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa, sehingga siswa tidak hanya menghafal rumus tetapi juga dapat mengeskplorasi dan mengatur intuisi siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  35. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    salah satu proses belajar yang sangat menyenangkan bagi para siswa nya, hal ini patut menjadi contoh bagi para pendidik lain agar bisa lebih baik dalam merancang sebuah pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  36. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    foto-foto yang sangat asli dan menginspirasi. sebagai seorang siswa hendaknya meminta kepada guru tentang apa yang mereka akan lakukan, juga meminta kegiatan pembelajaran yang lebih kritis.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  37. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Maju terus pendidikan matematika, pendidikan matematika yang dimulai sejak dini dari tinggkat SD akan sangat membantu pengembangan matematika di tingkat selanjutnya. Semoga segala usaha untuk memasyarakatkan pendidikan matematika sejak dini menjadikan generasi penerus bangsa ini menjadi pribadi-pribadi yang cerdas dan kritis dalam pembangunan Indonesia.

    ReplyDelete
  38. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran matematika di SD dibutuhkan media yang kreatif dan berinovasi. Media yang kreatif ini akan menarik minat siswa dalam pembelajaraN. Media yang digunakan dalam pembelajaran SD biasanya menggabungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari hari agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dan pembelajaran menjadi bermakna.

    ReplyDelete
  39. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan foto-foto tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat dikemas secara kreatif dan menarik apalagi untuk siswa SD. Selain itu terlihat bahwa siswa turut aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat mengkonstruksi konsep matematika sendiri tanpa harus menghafalnya. Semoga foto tersebut menginspirasi guru-guru agar bisa lebih inovatif dalam mengajar.

    ReplyDelete
  40. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan foto-foto yang saya amati, saya merasa siswa akan merasa antusias karena siswa belajar dengan menggunakan berbagai media yang berbeda. Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Semoga dengan pembelajaran yang inovatif tersebut memberi inspirasi kepada pendidik yang sekarang sudah mengampu di kelas mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  41. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk kelas 2 SD yang terdapat dalam foto sangat menarik. Terlihat dalam foto metode yang digunakan ialah metode penemuan. Alat-alat peraga digunakan untuk membantu siswa lebih memahami makna yang terkadung dalam pecahan. Dengan alat peraga siswa akan lebih dapat memaknai pembelajaran yang dilakukannya,

    ReplyDelete
  42. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam foto-foto tersebut ada wanita berambut putih dan sekelompok anak-anak remaja. Saya menduga remaja tersebut telah selesai bersekolah di SMA. Mungkin remaja tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi. Foto tersebut memang seperti yang bapak tuliskan dalam tulisan ini. Dalam foto tersebut saya melihat pembelajaran yang dilakukan dengan mengelompokkan siswa. Materi yang sedang mereka pelajari adalah materi pecahan.

    ReplyDelete
  43. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dari foto-foto tersebut kita dapat belajar tentang pembelajaran yang aktif sehingga membuat siswa juga aktif dalam kelas.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  44. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Pada foto tersebut, profesor Stacey sedang membelajarkan materi mengenai volume, pecahan, dan luas yang dilakukan dengan menggunakan intuisi. Untuk membelajarkan mengenai pecahan 1/3 dan 1/4 beliau menggunakan gabus yang mempresentasikan pecahan tersebut. Pecahan 1/3 lebih luas dari pada pecahan 1/4. Pembelajaran seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa SD daripada hanya dijelaskan mengenai pecahan, karena melalui pembelajran ini siswa melakukan aktivitas matematika secara langsung serta intuisi siswa diberdayakan.

    ReplyDelete
  45. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sangat menginspirasi bagi guru terutama saya calon pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar, meningkatkan kreatifitas siswa maupun guru dan menciptakan suasana yang aktif sehingga hakekat belajar dapat terpenuhi.

    ReplyDelete
  46. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penggunaan media pembelajaran menjadi tolak ukur suatu pembelajaran yang inovatif, terlihat jelas dalam foto-foto yang dibagikan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik, penuh warna, dan konkrit menjadikan psikologis belajar siswa menjadi baik, sehingga siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya dengan baik.

    ReplyDelete
  47. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran yang aktif, menarik dan inovatif merupakan pembelajaran yang sangat di idam idamnya oleh siswa. Karena dengan pembelajaran aktif menarik dan inovatif menjadikan siswa terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga tidak hanya duduk saja menerima pelajaran. Agar pembelajaran tersebut terwujud salah satu faktornya adalah pemilihan penggunaan media pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  48. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Postingan ini, termasuk foto-foto memberikan gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran matematika di SD merupakan hal yang penting karena pada usia tersebut pembelajaran harus berupa contoh dan non contoh yang bersifat nyata bukan abstrak. akan lebih baik lagi jika dapat mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan lebih bermakna lagi.

    ReplyDelete
  49. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada kenyataannya, penggunaan media pemebelajaran matematika di SD masih dirasa kurang maksimal. Perlu diadakannya pelatihan dan pembinaan terhadap guru guru agar lebih kreatif dalam pengembangan media pembelajaran matematika SD sehingga akan lebih variatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  50. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Foto-foto yang diperlihatkan merupakan foto-foto pembelajaran matematika SD yang terkait dengan pembelajaran pada materi pecahan. Konsep pecahan dikenalkan kepada siswa melalui alat atau media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep pecahan. Siswa SD masih perlu menggunakan alat-alat atau media pembelajaran sebagai fasilitas yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Hal ini dikarenakan pemikiran siswa SD yang masih sederhana. Mereka tidak akan mampu memahami dengan baik konsep matematika yang abstrak, siswa SD masih memerlukan benda-benda konkret atau nyata yang dapat menjelaskan keabstrakan konsep matematika tersebut menjadi hal yang konkret bagi mereka

    ReplyDelete
  51. Nita Latiah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari foto-foto di atas, foto-foto tersebut menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru untuk mengajarkan siswa tetang pecahan yaitu menggunakan metode discovery learning (metode penemuan). Pembelajaran tersebut diterapkan dengan cara menginstruksi siswa untuk berdiskusi, lalu membuat alat peraga dan mempraktekkannya.

    ReplyDelete
  52. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari postingan tersebut, dapat memberikan motivasi kita sebagai guru maupun calon guru untuk dapat berfikir kreatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran yang eektif dan bermakna. Apalagi pembelajaran untuk anak SD, model atau metode pembelajarannya yang diterapkan haruslah menggunakan benda-benda yang konkrit agar mudah dipahami siswa tersebut.

    ReplyDelete
  53. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Media yang digunakan dalam pembelajaran tersebut juga sangat menarik, efektif,dan juga inovatif. Sehingga dengan digunakannya media tersebut dalam pembelajaran untuk anak SD, diharapkan siswa rsebut dapat memahami makna dari pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  54. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Marsigit yang telah berkenan membagikan link di atas yang berisi tentang foto-foto pada kegiatan pembelajaran matematika SD. Dari foto-foto tersebut dapat terlihat bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SD tersebut menggunakan media yang menarik untuk siswa.

    ReplyDelete
  55. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kegiatan pembelajaran yang terlihat melalui foto-foto di link tersebut merepresentasikan bentuk pembelajaran yang sesuai dengan postingan-postingan Bapak Marsigit yaitu bahwa matematika untuk anak itu melalui aktivitas. Pada foto-foto tersebut, terlihat bahwa anak-anak sedang antusias melakukan aktivitas yang berhubungan dengan panjang dan sebagainya. Siswa tidak diperkenalkan apa itu panjang terlebih dahulu, tetapi diperkenalkan melalui aktivitas.

    ReplyDelete
  56. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link yang telah Bapak berikan. Foto-foto tersebut dapat menginspirasi calon guru maupun guru ketika melakukan pembelajaran sehingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  57. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah memberikan foto – foto tentang pembelajaran matematika SD. Melalui foto – foto di atas memberikan kami inspirasi tentang pembelajaran matematika untuk siswa SD. Terimakasih.

    ReplyDelete
  58. Dwi Kawuryani
    14301241049 (Pendidikan Matematika I 2014)
    Hakekat Matematika pada anak usia dini adalah aktivitas, sehingga bagi siswa SD, Matematika adalah aktivitas yang dapat dia lakukan. Foto-foto diatas menjadi salah satu contoh model pembelajaran yang sesuai diterapkan pada anak usia SD. Bagi Pada calon guru dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran dalam pengembangan model pembelajaran.

    ReplyDelete
  59. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Foto-foto pembelajaran matematika SD ini menyiratkan bahwa yang paling terpenting dalam sebuah proses pembelajaran adalah bagaimana membuta peserta didik nyaman dalam belajar matematika, hal itu terbukti dengan penggunaan alat peraga sebagai media menanamkan konsep kepada peserta didik sehingga mereka merasa lebih mudah dimengerti serta didukung oleh pendidik yang luar biasa inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  60. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sunggung sangat bagus sekali media yang dibuat yang disajikan dalam foto-foto di lampiran tersebut. Maka sesungguhnya guru yang baik itu menyiapkan variasi-variasi media untuk memfasilitasi siswa dalam merekonstruksi pengetahuan siswa sendiri. Sehingga siswa tidak akan bosan dengan satu media saja namun dengan berbagai media diharapkan muncul motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih dalam matematika.

    ReplyDelete
  61. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah melihat foto – foto di atas, saya lebih memahami bahwa hakikatnya pembelajaran untuk siswa SD itu adalah aktivitas. Sehingga siswa dapat mengeksplore apa yang ia miliki. Selain itu juga, pembelajaran matematika SD lebih dikaitkan dengan kehidupa sehari – hari mereka. Serta menggunakan media – media pembelajaran yang menarik perhatian dan semangat siswa.

    ReplyDelete
  62. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah melihat postingan itu saya termotivasi untuk membuat media yang kreatif dan inovatif. Seperti yang dikatakan dosen pembimbing mikro saya untuk jenjang SD dan SMP baiknya guru memfasilitasi siswa dalam melakukan pembelajaran menggunakan benda-benda kongkret seperti dalam foto.

    ReplyDelete
  63. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seperti yang dikatakan pak Prof Marsigit dalam perkuliahan bahwa hakikat pembelajaran bagi anak jenjang SD merupakan suatu aktivitas. Dan hal ini linear dengan foto-foto yang terdapat pada link tersebut. Selain itu secara tidak langsung kreativitas siswa dalam hal ini juga diajarkan.

    ReplyDelete
  64. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Benar sekali bahwa pembelajaran matematika anak SD memang harusnya berupa aktivitas. Mereka akan lebih menyukai matematika jika diberikan matematika yang konkrit. Matematika anak SD berbeda dengan matematika orang dewasa yang penuh dengan teori yang abstrak.

    ReplyDelete
  65. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bisa dilihat bahwa, pembelajaran matematika sekolah untuk anak SD yang menyenangkan adalah pembelajaran yang bermakna bagi siwa. Hal ini disesuikan kedudukan subjek yang sedang melakukan pembelajaran matematika. Jika pada tingkat SD maka pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa.

    ReplyDelete
  66. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika pada tingkat SD atau untuk anak-anak maka pembelajaran matematika yang cocok adalah pembelajaran yang melibatkan aktivitas. Pembelajaran matematika yang hanya berbasis teori dan abstrak tidak cocok untuk anak kecil. Mereka perlu sesuatu yang nyata yang bisa diimajinasikan.

    ReplyDelete
  67. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, setelah melihat foto foto diatas, saya sepakat dengan aktivitas yang dilakukan. Maka memang yang seharusnya dilakukan pada pembelajaran untuk anak SD adalah suatu aktivitas. karena pada usia SD mereka memahami suatu pengetahuan ketika mereka mengalaminya sendiri di kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  68. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih Prof, Foto-foto tersebut sangat menarik dan dapat menginspirasi para guru, pendidik, maupun calon pendidik dalam menyusun kegiatan belajar untuk siswa SD.

    ReplyDelete
  69. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Dilihat dari usia dan tingkat kemampuannya, siswa SD memanglah membutuhkan pembelajaran yang inovatif dengan alat peraga yang konkret. Mereka tidak bisa dipaksa untuk menghafal apalagi belajar hal-hal yang bersifat abstrak.

    ReplyDelete
  70. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidian Matematika A 2014 (S1)

    Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan menarik dan inovatif. Seorang guru harus bisa menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif supaya siswa merasa senang dan dapat berperan aktif sehingga mereka dapat mudah memahami materi yang sedang dipelajari.

    ReplyDelete
  71. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan. Bagi guru SD mengelola pembelajaran memang suatu hal yang perlu diperhatikan, karena matematika SD adalah suatu kegiatan, maka dari itu dalam membelajarkan matematika pada siswa dilakukan dengan kegiatan oleh siswa dan bukan tentang definisi-definisi.

    ReplyDelete
  72. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Foto-foto tersebut juga menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media guna mendukung proses pembelajaran pecahan di SD. Penggunaan media akan membantu siswa dalam memahami suatu materi/kompetensi jadi sangat disarankan adanya penggunaan dan variasi media pembelajaran.

    ReplyDelete
  73. Febrian Luthfi
    13301241062
    Pendidikan Matematika

    Terimakasih pak telah membagi foto foto tentang penggunaan media, semoga bermanfaat

    ReplyDelete