Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

32 comments:

  1. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidian Matematika A 2014 (S1)

    Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan menarik dan inovatif. Seorang guru harus bisa menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif supaya siswa merasa senang dan dapat berperan aktif sehingga mereka dapat mudah memahami materi yang sedang dipelajari.

    ReplyDelete
  2. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan. Bagi guru SD mengelola pembelajaran memang suatu hal yang perlu diperhatikan, karena matematika SD adalah suatu kegiatan, maka dari itu dalam membelajarkan matematika pada siswa dilakukan dengan kegiatan oleh siswa dan bukan tentang definisi-definisi.

    ReplyDelete
  3. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Foto-foto tersebut juga menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media guna mendukung proses pembelajaran pecahan di SD. Penggunaan media akan membantu siswa dalam memahami suatu materi/kompetensi jadi sangat disarankan adanya penggunaan dan variasi media pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Febrian Luthfi
    13301241062
    Pendidikan Matematika

    Terimakasih pak telah membagi foto foto tentang penggunaan media, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Presentasi yang dihasilkan sangat menarik dan tidak hanya berupa tulisan-tulisan saja. Untuk siswa SD, media sebaiknya dibuat dengan kreatifitas dan se menarik mungkin karena pada umurnya siswa SD masih sangat tertarik dengan sesuatu yang unik, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mengingat materi. Pengalaman saya ketika SD, guru di sekolah menggunakan media permainan serupa domino untuk materi pecahan, sehingga sangat membekas di ingatan saya.

    ReplyDelete
  6. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan poto-poto kegiatan pembelajaran matematika mengenai simulasi pembelajaran pecahan untuk SD sangat bermanfaat sekali dan begitu menginspirasi, kegiatan belajar berkelompok kemudian membuat media pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk memperkenalkan pecahan kepada anak SD itu akan lebih memudahkan siswa SD dalam memahami pecahan, ini sangat sesuai dengan perkembangan mental anak yang lebih mudah memahami sesuatu yang lebih konkret.

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    terimakasih Prof, berdasarkan foto pada link tersebut, saya melihat bahwa sebenarnya pembelajaran seperti inilah yang cocok untuk pembelajaran pada siswa SD, karena pada anak usia SD mereka cenderung lebih aktif dan senang melakukan kegiatan yang tidak hanya berpikir tapi juga bergerak. Penggunaan media membuat siswa "doing mathematics" bukan hanya "thunking mathematics" dimana diharapkan pembelajaran tersebut lebih bermakna untuk siswa.

    ReplyDelete
  8. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan foto-foto tentang simulasi pembelajaran pecahan untuk siswa SD pada link tersebut sangat menginspirasi. Selain itu melalui media pembelajaran yang konkret seperti yang dibuat oleh mahasiswa tersebut bisa dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi oleh guru SD dalam mengajarkan pecahan. Dengan guru menghadirkan contoh konkret yang menarik seperti media pembelajaran untuk seusia siswa kelas II SD dapat dilihat secara langsung dan direkam oleh siswa. Sehingga siswa lebih mudah untuk mengingat materi pelajaran.

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Foto-foto kegiatannya menarik. Pembelajaran pecahan menggunaakan gabus yang dipotong-potong lalu di tempel dan kemudian diberi keterangan ½ , 1/3 , ¼ , dan seterusnya. Memang begitulah seharusnya pembelajaran dilakukan semenarik mungkin. Guru tidak lagi menjelaskan materi dengan metode ceramah, tetapi peserta didik lebih aktif dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu kegiatan kelompok (cooperative learning) sangat diperlukan untuk melatih kemandirian berfikir.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    17706251065
    PM C

    Foto yang sangat menarik dan bisa menjadi pendorong dan inspirasi bagi praktisi di dunia pendidikan. Media pembelajaran yang konkret sudah semestinya digunakan dalam proses pembelajarn di tingkat SD. Disisi lain, inovasi harus senantiasa dilakukan demi memajukan pendidikan di Indonesia terlepas dari baik atau buruknya sistem pendidikan yang sudah menjadi warisan dan sulit untuk dihilangkan.

    ReplyDelete
  11. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Foto-foto tsb sangat menginspirasi, bagaimana seharusnya pembelajaran matematika di SD. Semoga bisa terealisasi penerapannya dengan baik dengan siswa SD yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  12. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Menarik dan hidup. Memang sudah sewajarnya pembelajaran SD dibuat semenarik dan sehidup mungkin. Dengan media belajar yang seperti ini, siswa akan lebih mudah menangkap materi pembelajaran, karena yang mereka dapatkan tidak hanya konsepnya saja, melainkan aplikasinya juga. Benar-benar guru adalah luar biasa.

    ReplyDelete
  13. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bpk sudah membagikan pengalaman mahasiswa S1 PGSD ini pada saat Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II dalam bentuk foto-foto. Saya sangat tertarik sekali dengan foto-foto tersebut. Menurut saya, foto-foto tersebut menggambarkan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif. Mereka membuat alat peraga pembelajaran matematika untuk menjelaskan materi pecahan SD kelas II. Alat peraga pecahan ini sangat menarik. Alat peraga ini menggambarkan contoh pecahan dalam beberapa dimensi. Mulai dari pecahan dalam panjang, luas, volume, dan berat. Menurut saya, seperti inilah seharusnya pembelajaran matematika yang diterapkan di SD, menarik dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Foto-foto tersebut memberikan inspirasi pada para guru dalam membelajarkan materi pecahan pada siswa SD. Mengingat materi pecahan bukanlah sesuatu yang mudah diterima begitu saja oleh siswa bila guru langsung memberikan materi dalam bentuk simbol-simbol (angka). Dengan diberikannya alat peraga seperti sedotan, kertas, dan gabus seperti dalam simulasi tersebut, siswa akan bisa lebih memaknai belajarnya. Selain memberikan inspirasi, foto tersebut juga memberikan tantangan bagi para guru, khususnya guru di tingkat sekolah dasar untuk menghadirkan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi konkret bagi siswa. Banyak sekali obyek yang bisa diangkat oleh guru sebagai bahan pelajaran, terutama obyek-obyek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terima kasih Pak, foto yang menginspirasi untuk mempersiapkan pembelajaran SD.
    Pembelajaran matematika untuk SD yang menarik apabila menggunakan alat peraga dengan berbagai macam bahan dan warna warni. Selain anak-anak belajar matematika anak juga dapat mengenal tentang berbagai macam bahan yang digunakan dan kombinasi-kombinasi warna yang menarik. Belajar sebagai aktivitas dan kegiatan merupakan hak anak SD. Dengan aktivitas dan kegiatan tersebut pasti juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Mereka akan semangat belajar.

    ReplyDelete
  17. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih pak. Foto-foto yang sangat menarik sekaligus inspiratif. Dalam proses pembelajaran, berhadapan dengan anak usia SD memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan tahap berpikir anak yang masih dalam tahap kongkret. Maka dari itu, pendidik dituntut memiliki kreativitas yang lebih agar bahasa matematis yang dikenal kompleks dapat diterjemahkan ke bahasa anak-anak yaitu bahasa kongkret. Selain kongkret, anak-anak SD yang umumnya aktif secara motorik. Maka dari itu, selain kongkret, media pembelajaran akan lebih baik jika dirancang secara interaktif dengan siswa. Foto-foto yang ditampilkan menggugah motivasi dan menjadi inspirasi saya untuk lebih berinovasi dalam memfasilitasi anak SD.

    ReplyDelete
  18. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.
    Melihat bebarapa tayangan foto dari link yang dibagikan, terlihat jelas para mahasiswa sangat antusias dalam belajar.Dan para observer yang dihadirkan oleh Bapak dari luar negeri tidak kalah seriusnya dalam melakukakan observasi.Menariknya para observer berjalan dengan memegang buku dan pulpen sebagai bahan catatan.Foto-foto tersebut dapat menjadi sebuah dokumen penting untuk dijadikan contoh dalam pembelajaran juga dapat dijadikan sebagai sebuah cendra mata atau kenangan.

    ReplyDelete
  19. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih atas share pengalaman melalui foto-foto pada link terkait Bapak. Melihat foto-foto tersebut, tergambar kegiatan pembelajaran matematika yang inovatif dan memberikan aktivitas yang bermakna bagi siswa-siswanya. Karena sejatinya dunia anak-anak itu adalah aktivitas maka matematika anak-anak pun juga berupa aktivitas matematika.

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya,Prof. Rasanya, saya ingin sekali turut bergabung di dalam kegiatan tersebut. Memang pelajaran pecahan mudah bagi orang dewasa, tetapi sangat sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar. Butuh teknik khusus untuk penyampaiannya. Agar siswa dapat memahami dengan mudah materi pecahan dibutuhkan media pembelajaran/atau alat peraga khusus untuk menginterpretasikan materi tersebut. Dengan adanya alat peraga yang bersifat konkrit seperti pada foto-foto yang bapak unggah, siswa dengan mudah dapat memahami materi pecahan.

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan foto-foto pembelajaran Matematika SD yang Bapak bagikan pada link diatas, dimana merupakan kegiatan simulasi pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, sangat menginspirasi terutama bagi guru dan calon guru matematika. Dari foto tersebut terlihat penerapan penggunaan media pembelajaran dalam mengajarkan materi pecahan. Pembelajaran seperti itulah yang memang seharusnya diterapkan terhadap siswa SD ketika mempelajari materi matematika. Dengan menyajikan materi melalui media, maka diharapkan siswa dengan mudah menerima dan memahami materi dengan baik. Sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Semoga pembelajaran seperti demikian bisa benar-benar diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  22. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Karena siswa SD memiliki sifat yang realistis dan lebih apa adanya, maka dari itu diperlukan suatu media pembalajaran yang menarik dan asik tanpa terlepas dari tujuan suatu materi tersebut. Kreativitas dan inovasi yang tinggi diperlukan oleh pendidik SD maupun diatasnya untuk dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan sulit untuk dilupakan bagi siswanya itu sendiri. Semua materi sebenarnya bisa menggunakan alat peraga maupun media, hanya saja mungkin pengalaman dan pengetahuan kita yang masih kurang. Ya maka dari itu baca baca dan baca sembari berdo’a kepada Allah agar dimudahkan dalam memberikan ilmunya kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  23. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melihat foto-foto yang Bapak share, saya menjadi teringat akan metode pembelajaran matematika saat di bangku SMP. Saya dan teman-teman diberi tugas secara berkelompok untuk membuat mind mapping di kertas karton agar mudah dalam memahami materi pembelajaran matematika. Melihat foto-foto tersebut membuat saya merasa terbawa suasana dalam belajar di bangku SMP. Saya merasa sangat cocok jika hal seperti itu diterapkan pada anak-anak usia Sekolah Dasar. Tentunya, foto-foto tersebut dapat membuat anak-anak merasa senang dan mudah mengikuti materi yang diajarkan. Ini juga mengasah kreativitas anak dalam belajar. Namun, terpikir dalam benak saya, apakah itu dapat dikatakan sebagai jalan pintas dalam belajar? Bagaimana Bapak menanggapi cara belajar dengan menggunakan mind mapping? Terima kasih Pak atas ilmu yang sudah diberikan melalui postingan ini.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Waalaikumsalam Wr.Wb
    Terimakasih Pak sudah membagikan inspirasi yang menarik. Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa media yang harus digunakan untuk pembelajaran di SD dengan benda-benda yang konkrit atau nyata. Seperti inilah pembelajaan di SD yang semestinya, dimulai dari mencoba dan memperagakan (menggerakkan atau menggunakan media yang digunakan), maka konsep materinya dengan sendiri akan muncul dalam pikiran siswa dengan tidak terlepas dari bimbingan guru. Dengan begitu, siswa akan merasa senang dan nyaman, karena selain belajar mereka juga seperti bermain dengan adanya alat peraga atau media. Inilah pentingnya media yang konkrit, kreatif, dan inovatif.

    ReplyDelete
  25. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terimakasih Prof, dalam foto-foto yang disajikan terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan sangat menarik. Penggunaan media dalam pembelajaran lebih menarik minat siswa SD dalam belajar dan tentunya siswa lebih mudah menerima materi yang diberikan. Menurut saya, memang seharusnya dalam pembelajaran untuk siswa SD, dikaitkan dengan hal-hal langsung benda-benda yang ada disekitarnya, termasuk media, agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih membekas. Dan materi yang diberikan dapat bertahan lama dibenaknya.

    ReplyDelete
  26. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk foto-foto yang telah Bapak bagikan. Melihat foto-foto tersebut, saya menjadi teringat dengan pelajaran matematika sewaktu SD. Mungkin jika pembelajaran matematika sewaktu SD semenarik itu, pandangan saya tentang matematika akan berubah. Dari foto tersebut terlihat jelas bahwa media pembelajaran matematika SD yang digunakan sangat menarik. Siswa sekolah dasar yang notabene anak-anak akan lebih menyukai matematika dengan media pembelajaran yang menarik dan berwarna.

    ReplyDelete
  27. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Foto-foto pada link tersebut menggambarkan sebuah workshop pembuatan media pembelajaran untuk siswa SD dengan media yang menarik, baik dari segi warna dan bentuknya. Karena siswa SD pada dasarnya suka pada pembelajaran yang menggunakan media yang menarik dan memanfaatkan benda-benda yang melekat pada lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  28. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Matematika pada tingkat sekolah dasar adalah matematika pada tahapan berpikir konkret sehingga dalam pembelajarannya siswa perlu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan materi agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  29. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Pembelajaran di tingkat SD dengan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dan alat peraga dalam memudahkan siswa untuk mendapatkan konsep matematika sangat baik. Didalam foro-foto tersebut, terdapat ide-ide yang sangat bagus dalam membantu siswa untuk mendapatkan dan membangun konsep matematika secara nyata. Karena pada dasarnya siswa SD lebih menyukai pembelajaran yang siswa tersebut terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran tersebut dan siswa SD juga menyukai pembelajaran matematika secara realistik. Media-media tersebut sangat membantu dalam memperagakan konsep-konsep matematika.

    ReplyDelete
  30. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Foto-foto yang cukup menarik. Belajar tentang panjang ya dengan sungguh-sungguh mengukur. Nampaknya mudah, namun butuh waktu cukup panjang untuk mengajari seorang anak kelas 2 untuk menggunakan penggaris untuk mengukur panjang dengan benar. Demikian pula dengan berat, juga waktu. Anak-anak belajar dengan beraktifitas secara aktif. Maka semua inderanya akan mengingat pembelajarannya. Indera peraba mengingat bagaimana memegang penggaris dan menggoreskannya, indera penglihatan mengamati angka nol dan angka penunjuk panjang, indera pendengaran menyimak berapa panjang yang diminta guru, dst.
    Experience is the best teacher.
    Foto, menjadi dokumen yang baik sebagai perekam pembelajaran dan hasil-hasilnya.

    ReplyDelete
  31. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Foto-foto yang cukup menarik. Belajar tentang panjang ya dengan sungguh-sungguh mengukur. Nampaknya mudah, namun butuh waktu cukup panjang untuk mengajari seorang anak kelas 2 untuk menggunakan penggaris untuk mengukur panjang dengan benar. Demikian pula dengan berat, juga waktu. Anak-anak belajar dengan beraktifitas secara aktif. Maka semua inderanya akan mengingat pembelajarannya. Indera peraba mengingat bagaimana memegang penggaris dan menggoreskannya, indera penglihatan mengamati angka nol dan angka penunjuk panjang, indera pendengaran menyimak berapa panjang yang diminta guru, dst.
    Experience is the best teacher.
    Foto, menjadi dokumen yang baik sebagai perekam pembelajaran dan hasil-hasilnya.

    ReplyDelete
  32. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Belajar dengan alat peraga tentu sangat menarik bagi siswa sd. Dengan alat peraga matematika, tidak harus mahal namun sederhana saja bisa, maka siswa akan memahami konsep matematika dengan jelas. Artinya pembelajaran tidak dimulai dengan definisi maupun hal yang abstrak, sehingga mungkin akan bagus pula jika pembelajaran dengan alat peraga matematika dikolaborasikan dengan model pembelajaran kontekstual.

    ReplyDelete