Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

14 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Foto-foto menunjukkan bahwa kegiatan simulasi pembelajaran pecahan untuk siswa SD sangat menarik. Alat peraga dari pembelajaran tersebut tidak hanya satu tetapi banyak ada yang menggunakan kertas untuk menuliskan rumus-rumus penting, ada yang menggunakan sterofoam yang membahas materi pecahan dalam berat, panjang dan volume. Semua terlihat aktif dalam pembuatan maupun presentasinya. Ini yang harusnya diterapkan guru dalam pembelajaran matematika disekolah bahwa semua siswa diminta aktif dan ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran seperti pada foto di atas.

    ReplyDelete
  2. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Foto-foto tersebut menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru untuk mengajarkan siswa tetang pecahan yaitu menggunakan metode discovery learning (metode penemuan). Terlihat dari beberapa alat peraga yang digunakan oleh siswa untuk menemukan konsep pecahan. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk membahas tentang panjang, berat, volume, luas, dll. Hal itu untuk membandingkan bahwa nilai pecahan tersebut konstan serta siswa dapat mengetahui pecahan mana yang terkecil dan mana yang terbesar melalui pengalaman langsung. Metode discovery adalah suatu metode di mana dalam proses belajar mengajar guru memperkenankan siswa-siswanya menemukan sendiri informasi yang selama ini secara tradisional biasa diberitahukan atau diceramahkan saja (Suryosubroto, 2008: 192). Metode ini memiliki manfaat untuk siswa dalam jangka panjang. Karena siswa menemukan sendiri konsep tentang pecahan, maka akan lebih membekas dalam benak siswa dan siswa lebih mudah mengingatnya. Namun, kelemahan dari metode ini yaitu membutuhkan manajemen waktu yang baik karena pembelajaran yang berlangung akan membutuhkan banyak waktu.

    ReplyDelete
  3. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Foto tersebut memperlihat pembelajaran matematika di SD yang menggunakan alat peraga. Alat peraga seperti pada foto tersebut ialah seorang guru yang inovatif dan kreatif. Alat peraga yang menarik tersebut dapat memancing minat siswa untuk belajar matematika. Adanya alat peraga berpengaruh terhadap mood siswa agar lebih memperhatikan dan mempermudah memahami pelajaran.

    ReplyDelete
  4. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2104

    Proses pembelajaran yang dilaksanakan sangat menarik dan inovatif. Siswa diajak untuk berdiskusi, membuat alat peraga dan mempraktekkannya. Hal tersebut dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar matematika dan akan menghilangkan kesan matematika yang menyeramkan. Dalam proses pembelajaran siswa SD memang harus diberikan contoh dan bukan contoh secara nyata, tidak hanya mendengarkan dan mencatat saja.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari foto-foto pembelajaran, terlihat kegiatan pembelajaran pada suatu materi yang menggunakan alat peraga yang sederhana, yang dapat membangun konsep matematika di dalamnya. Pada tingkatan SD khususnya untuk kelas rendah, penggunaan alat peraga memang sangat membantu guru untuk menyampaikan suatu konsep kepada siswa, dan siswa pun akan lebih cepat memahaminya karena cara berpikir mereka adalah dengan melihat benda konkretnya kemudian pengetahuannya dibangun atau dihubungkan dengan benda-benda yang menyerupainya, termasuk dengan penggunaan alat peraga.
    Alat peraga dalam pemebelajaran matematika pada siswa tingkat dasar sangat membantu pemahaman konsep mereka. Karena dengan adanya bantuan alat peraga dalam proses pembelajaran, fungsi indera penglihatan dan pendengaran siswa berfungsi secara optimal untuk menerima pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pada kegiatan Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II terlihat foto-foto menemukan konsep luas, volume, berat dengan menggunakan alat-alat peraga sederhana dari sterofoam dan kertas yang dipajang di white board. Pembelajaran tersebut menunjukkan keaktifan serta kreatifitas dalam menemukan serta membangun konsepnya sendiri. Dengan menemukan dan membangun konsep sendiri mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut bermakna dan dapat memberikan pengalaman serta kesan bagus yang dapat bertahan lama.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pend. Matematika Kelas C 2016

    Dari foto yang di share oleh Bapak dapat dilihat bahwa saat ini sudah mulai banyak pembelajaran matematika yang dilakukan untuk menarik minta dan motivasi siswa untuk memahami matematik. Tidak hanya dirancang agar menarik minat siswa dalam pembelajaran namun juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa dan juga dapat mengasah kemampuan komunikasi , motorik dan kerjasama siswa dalam tim. Semoga pembelajaran-pembelajaran seperti ini dapat diterapkan di banyak sekolah di Indonesia

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Kesimpulan saya dari foto-foto yang tersebut adalah dalam mempelajari materi pecahan di tingkat SD guru hendaknya bisa menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Alat peraga tidak hanya dibuat oleh guru saja tetapi dengan bantuan guru sebagai fasilitator siswa juga dapat mengambil bagian dalam membuat sendiri gambar-gambar sehingga konsep siswa tentang bilangan bisa terbentuk. Dengan alat peraga siswa tentunya bisa lebih memahami tentang pecahan.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Sebagai seorang pendidik yang profesional kita harus meluangkan waktu untuk berfikir bagaimana cara penguatan materi matematika yang baik pada anak didik dan bagaimana meningkatkan rangsangan motivasi belajar. Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diterapkan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memakai konsep dasar matematika maka anak akan memiliki bekal untuk menguak perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat harapannya adalah siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan dan siswa juga memperoleh pengalaman dengan kegiatan pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dari poto yang Prof share, terlihat bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan merupakan salah satu contoh pembelajaran matematika yang sangat inovatif. Pembelajaran matematika yang menggunakan media yang interaktif. Guru adalah seseorang yang mengelola pembelajaran dan memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif merupakan salah satu sarana belajar yang akan membuat siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, siswa juga diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka dapatkan.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat foto-foto tersebut sungguh sangat menarik ketika kelas rendah (2 SD) diajarkan oleh seorang profesor. Banyak hal yang bisa diambil pelajaran disana dimana pembelajaran dapat dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan sehingga anak usia SD dapat terlihat sangat menikmati pembelajaran matematika yang disimulasikan.

    ReplyDelete
  12. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1. Pendidikan Matematika A 2014

    Foto foto yang tersemat pada link tersebut sangat menginspirasi para calon guru maupun guru yang melihatnya. Pembelajaran kreatif inovatif dengan berbagai aktifitas yang menarik (apalagi bagi siswa SD). Siswa SD belum mampu membayangkan hal-hal abstrak, maka perlulah guru menunjukkan matematika dalam wujud konkret seperti dengan kegiatan-kegiatan di atas. Dari kegiatan tersebut akhirnya siswa dapat memahami dengan pemahamannya sendiri melalu kegiatan yang dilakukan sendiri, yaang mana hal tersebut umumnya lebih melekat pada benak siswa.

    ReplyDelete

  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Foto-foto tersebut sangat menarik untuk dilihat bagaimana pembalajarn matematika SD yang pada saat itu materinya pecahan. Alat peraga yang dugunakan juga sangat menarik sekali, tenatang panjang, volume dan itu sangat cocok sekali dugunakan pada siswa SD kdengan colorful nya mendia itu atau alat peraga itu jadi membuat siswa senang. Akrena fungsi alat peraga adalah unetuk memeudahkan siswa dalam menerima materi.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pembelajaran seperti ini merupakan salah satu contoh pembelajaran yang menarik dan bermakna,pembelajaran bermakna sangat penting karena dapat menunjang pemahaman siswa terhadap apa yang diajarkan. pembelajaran bermakna juga memudahkan siswa dalam mengingat suatu konsep, karena ia membangun konsep itu sendiri sehingga tak mudah untuk dilupakan.

    ReplyDelete