Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

22 comments:

  1. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Pembelajaran yang ada dalam foto tampak sangat menarik dan kontekstual. Menurut saya mendesain pembelajaran demikian di lapangan tidaklah mudah karena guru harus memiliki kreatifitas dalam menyediakan media ataupun rencana-rencana pemanfaatan berbagai material yang ada di lingkungan. Dalam pepatah jawa, jer basuki mawa bea, dibalik kesulitan proses pembelajaran demikian dapat memberikan pemahaman yang lebih pada siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih ideal, student centre, sesuai dengan perkembangan kurikulum yang bertujuan untuk membekali berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa.

    ReplyDelete
  2. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari foto-foto yang ada terlihat sedang adanya proses pembelajaran dengan menggunakan media seperti majalah dinding yang memuat tentang setiap sub topik yang dibicarakan. Terlihat sekali sangat menarik jika akan diterapkan pada siswa sehingga siswa bisa merasa lebih termotivasi untuk belajar matematika karena selama ini pelajaran matematika selalu menjadi momok di masyarakat jika matematika itu sulit dan semacamnya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dari foto foto di atas, tampak bahwa pembelajaran matematika SD membutuhkan alat peraga sebagai alat bantu untuk mengenalkan ‘matematika’ pada anak. Hal tersebut sangat tepat, karena anak di tingkat SD mempunyai tingkat pemikiran kognitif yang memerlukan bantuan dari objek nyata atau konkret untuk memahami sesuatu yang bersifat abstrak. Demikian lah matematika yang syarat akan symbol dan konsep abstrak diajarkan pada tingkat SD. Oleh karena itu, alat peraga digunakan sebagai alat bantu dalam membentuk konsep dan mengabstraksikan matematika di tingkat SD

    ReplyDelete
  4. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Proses pembelajaran pada foto-foto diatas terlihat sangat menarik dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam membelajarkan konsep kepada siswa. Siswa mendapatkan gambaran konsep dari alat peraga yang disediakan. Selain itu, bentuk, warna, dan kegiatan yang dilakukan melalui alat peraga tersebut dapat menarik siswa untuk belajar lebih serius.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Foto-foto tersebut memberikan inspirasi pada para guru dalam membelajarkan materi pecahan pada siswa SD. Mengingat materi pecahan bukanlah sesuatu yang mudah diterima begitu saja oleh siswa bila guru langsung memberikan materi dalam bentuk simbol-simbol (angka). Dengan diberikannya alat peraga seperti sedotan, kertas, dan gabus seperti dalam simulasi tersebut, siswa akan bisa lebih memaknai belajarnya. Selain memberikan inspirasi, foto tersebut juga memberikan tantangan bagi para guru, khususnya guru di tingkat sekolah dasar untuk menghadirkan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi konkret bagi siswa. Banyak sekali obyek yang bisa diangkat oleh guru sebagai bahan pelajaran, terutama obyek-obyek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dari foto di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di SD harus lah menjadi pembelajaran yang menarik. Pembelajaran di SD bukan pembelajaran yang hanya bertumpu pada teori saja tetapi pada pcontoh konkrit. Dengan media seperti itu, maka, siswa akan bisa mengkonstruk ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  7. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Terima kasih atas dokumentasi pembelajarannya Prof. Terlihat bahwa guru sungguh mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin. Terdapat beberapa alat peraga yang digunakan sehingga terlihat siswa aktif berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Terima kasih. Dalam konteks ini, guru adalah dosen yang memberikan pembelajaran dan siswa adalah mahasiswa. Mahasiswa menjadi tahu dan merasakan secara langsung proses pembelajaran yang diberikan sehingga mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat menerapkan metode yang sama atau metode lainnya ketika melakukan pembelajaran di kelas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Pembelajaran yang menggunakan media alat peraga merupakan salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat lebih menarik perhatian siswa untuk menyimak materi yang diajarkan oleh guru. Alat peraga yang menarik dan inovatif bisa digunakan guru untuk mempermudah penyampaian materi yang sedikit rumit agar tersaji lebih sederhana dan dapat membantu siswa dalam pembentukan suatu konsep materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Terimakasih kepada pak Marsigit yang telah membagi link tersebut. Foto-foto tersebut sangat memberikan inspirasi kepada kita untuk memberikan pembelajaran menarik untuk para siswa. pembelajaran jangan hanya mentransfer ilmu tetapi memberikan pembelajaran bermakna dan mengkonstruksi konsepnya dalam benak siswa. sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sangat perlu untuk dilakukan guru.

    ReplyDelete
  10. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Foto-foto pembelajaran matematika di SD yang dimaksud pada gambar merupakan Kegiatan Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh para mahasiswa. Pada foto terlihat bahwa dalam belajar tentang pecahan untuk SD kelas II maka kita dapat menggunakan cara yang dilakukan pada foto. Dalam matematika sekolah mempelajari matematika untuk kelas II SD dengan tingkat SMP dan SMA tentulah berbeda caranya. Matematika yang dipelajari di jenjang SD adalah matematika aktivitas. Artinya akan lebih baik mempelajari matematika dengan kegiatan-kegiatan langsung yang bisa benar-benar dilakukan oleh siswa. Dengan demikian maka siswa akan benar-benar mengerti, memahami, dan teringat pada proses, makna, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  11. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada foto-foto yang ditampilkan tersebut, pembelajaran materi pecahan dilakukan melalui aktivitas, dimana siswa diminta memperoleh perbandingan nilai pecahan. Contohnya, siswa diminta untuk mencari tahu nilai manakah yang lebih besar anatara pecahan (1/2) dan (1/3)? Nah, untuk memperoleh jawabannya siswa diminta melakukan pembuktian dengan batang-batang sedotan yang panjangnya sama, masing-masing sedotan itu kemudian ada yang dipotong menjadi 2 bagian sama panjang dan ada yang dipotong menjadi 3 bagian sama panjang.

    ReplyDelete
  12. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Selanjutnya siswa diminta mengamati 1 bagian dari sedotan yang dipotong menjadi 2 bagian sama panjang dan mengamati 1 bagian dari sedotan yang dipotong menjadi 3 bagian sama panjang. Setelah melakukan pemubtian dan pengamatan maka siswa dapat memperoleh hasil bahwa (1/2) bagian sedotan lebih panjang dari (1/3) bagian sedotan. Artinya (1/2) nilainya lebih besar dibanding (1/3). Selain menerapkan pembuktian pecahan melalui satuan panjang, pada foto juga dilakukan menerapkan pembuktian pecahan melalui satuan luas, volume, dan berat.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setelah melihat foto foto mengenai proses pembelajaran tersebut, saya menyadari bahwa kita harus selalu berinovasi dalam pembelajaran. Foto-foto tersebut dapat menjadi sebuah referensi bagi kita dalam mengajarkan sebuah materi ke anak SD. Dimana penyampaian materi kepada anak SD harus disampaikan sekreatif mungkin melalui hal-hal yang nyata sehingga anak-anak tertarik atau termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Terimakash prof atas postingannya yang menginspirasi kami sebagai calon pendidik dalam mendidik anak bangsa. Foto-foto tersebut terlihat menyenangkan dalam proses pembelajaran dikarenakan metode dan media pembelajaran yang mampu menarik para siswa ketika sedang belajar matematika. Seharusnya setiap guru memiliki pikiran yang kreatif terutama guru dibagian sekolah dasar yang mana harus mengenalkan kepada siswa nya mengenai matematika. Dengan metode dan media belajar yang beraneka ragam, siswa tidak merasa bosan untuk belajar matematika dibandingkan hanya mendengarkan dan membaca materi yang ada di dalam buku pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Pada kumpulan tersebut, terlihat proses pembelajaran matematika yang dilakukan menggunakan beberapa alat peraga. Sungguh menarik, pembelajaran seperti itulah yang seharusnya dilakukan oleh siswa. Pembelajaran dimana ia membuktikan dan menemukan sendiri pengetahuannya. Dalam pembelajaran pecahan misalnya, dalam kumpulan foto tersebut untuk mengenalkan konsep pecahan siswa dapat membuktikan bahwa setengah lebih panjang dari pada seperempat dengan menggunakan sedotan yang dipotong sesuai dengan bagiannya misalnya seperempat dan setengah, kemudian anak membandingkan sendiri bagian mana yang lebih panjang. Dengan pembelajaran seperti itu siswa jauh lebih tertarik dan mungkin juga jauh lebih mudah dipahami oleh siswa. Pembelajaran yang dilakukan sendiri oleh siswa proses pembuktiannya akan menjadikan proses belajar tersebut menjadi lebih bermakna dan melekat dibenak anak.

    ReplyDelete
  16. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Media yagn digunakan pada pembelajaran dalam foto-foto tersebut sangat menarik dan menurut saya media seperti itu sangat cocok untuk siswa-siswa SD. Dunia SD masih dunia bermain dan menyukai hal-hal yang lucu sehingga melalui media yang dibentuk dengan lucu dan sangat dekat dengan dunia anak akan mampu menarik perhatian anak untuk belajar.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pecahan termasuk materi yang sulit bagi siswa SD. Pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan pembelajaran tentang topic pecahan. Dalam foto yang ditampilkan oleh Prof Marsigit tampak bahwa pembelajaran terkesan hidup. Belajar matematika khususnya materi pecahan terlihat seperti bermain-main. Hal tersebut sangat cocok dengan dunia anak-anak SD yakni dunia bermain. Foto-foto tersebut juga memotivasi para guru agar benar-benar memfasilitasi siswa dan dapat berinovasi dalam setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mohon maaf pak prof, sayang sekali saya tidak dapat melihat foto atau visual dari link yang bapak berikan sehingga saya tidak bisa mengambil maknanya dan mengomentari isi fotonya. Foto-foto terlampir pastilah bercerita tentang pembelajaran matematika SD yang menyenangkan sekaligus bermakna. satu catatan penting yang dapat diambil dari sini adalah abadikan atau dokumentasikan kegiatan pembelajaran kita itu penting untuk bahan refleksi juga dapat di share kepada khalayak untuk saran dan perbaikan pembelajaran. Semoga saya diberikan kemudahan untuk dapat mengakses link foto tersebut. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dari foto-foto pembelajaran matematika SD pada link yang telah tersedia diatas, menunjukkan keadaan atau situasi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Terlihat sekali proses pembelajaran tersebut merupakan student-centre, dimana anak-anak yang yang mengembangkan kretaivitasnya dengan memanfaatkan media –media pembelajaran ataupun alat peraga yang telah disediakan. Peran guru dalam mendesain pembelajaran sangat menentukan keberhasilan bagi peserta didiknya, sehingga guru dituntut untuk harus selalu mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Simulasi pembelajaran di atas sangat perlu dilakukan. Terlebih lagi simulasi tersebut bekerja sama dengan pihak luar. Tentunya akan banyak sekali pelajaran yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Semoga melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  21. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Materi pecahan merupakan materi dasar dalam matematika yang sangat penting dikuasai peserta didik, karena kompetensi siswa dalam materi ini akan mempengaruhi kompetensi siswa pada materi lain dan pada tingkat lanjut. Awal materi ini diberikan yaitu pada jenjang sekolah dasar. Pada foto-foto tersebut, terlihat kreatifitas mahasiswa calon guru dalam upaya menciptakan alat peraga yang efektif untuk digunakan pada materi pecahan sehingga diharapkan, ketika alat peraga tersebut dibawa kedalam kelas dan digunakan dalam pembelajaran, kompetensi siswa untuk menguasai materi pecahan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  22. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pembelajaran kreatif dapat diciptakan oleh guru. Guru mengkreasikan media sedemikian rupa sehingga anak anak aktif dalam pembelajaran. Apalagi Anak anak SD lebih suka dengan hal hal yang konkret baik dengan pembelajaran alat peraga, foto maupun media lainnya dalam mengkonstruk pengetahuan. Mereka akan antusias dan lebih mudah untuk memahami materi. Warna, bentuk yang lucu semakin membuat mereka semangat. Perkembangan siswa SD yang membutuhkan hal yang berbentul real atau konkrit dalam pembelajaran dan bukan dalam bentuk abstrak.

    ReplyDelete