Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

70 comments:

  1. Setiap bangsa mempunyai karakteristik masing-masing dalam budaya dan cara hidup. Pembelajaran yang dilakukan di suatu negara menyesuaikan dengan karakter yang dimiliki oleh suatu bangsa. Pembelajaran internasional menurut saya tidak hanya dengan menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar dalam pembelajaran tetapi lebih kepada inovasi dan kreasi dalam pembelajaran. Inovasi dan kreasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya pembelajaran berkualitas tersebut didiskusikan bersama dengan negara lain. Hal-hal positif dan sesuai dengan budaya bangsa tersebut dapat diadopsi sedangkan yang kurang sesuai tetap dipelajari untuk melihat kelebihan dan kekurangannya.

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penerapan metode/pendekatan/strategi yang tepat tentu saja sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan pembelajaran yang interaktif salah satunya maka dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, sehingga pembelajaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai sasaran pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Bagi siswa SD, pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan lebih tertanam dalam benaknya sehingga ilmu yang didapat akan melekat. Pembelajaran matematika SD yang kreatif dan inovatif butuh media dan alat peraga, karena kemampuan kognitif anak SD masih dalam tahap berpikir konkret. Hal tersebut akan membantu siswa dalam memahami konsep matematika dan membantu membangun pengetahuan matematika dalam dirinya.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan selalu melibatkan siswa (siswa yang lebih aktif) akan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Apalagi jika didukung dengan guru yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini akan menjadikan pembelajaran tersebut menjadi contoh yang baik dan dapat ditiru.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan go internasionalnya Pembelajaran matematika PGSD semoga dapat menginspirasi yang lain untuk senantiasa berusaha untuk memperbaiki Pembelajaran matematika agar dapat meraih pencapaian yang sama. Untuk siswa SD pembelajaran Matematika membutuhkan media yang kongkrit. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi pemahaman siswa yang maaih pada tahap enaktif. Selain itu media konkrit juga dapat meningkatkan minat siswa dikarenakan siswa diminta untuk melakukan aktivitas motorik sehingga berpotensi mengurangi kejenuhan.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sebagai guru kita harus terus meningkatkan kualitas kita sebagai guru, terus belajar sehingga kita mampu untuk menghadirkan atau bahkan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk siswa agar siswa mampu memahami konsep yang kita ajarkan. Semoga hal ini mampu memotivasi guru-guru di luar sana untuk terus mengembangkan kualitas mengajarnya sehingga pendidikan di Indonesia bisa terus membaik.

    ReplyDelete
  7. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hal tersebut sangat memotivasi saya, atau lebih umumnya adalah universitas karena pencapaian itu pastilah membanggakan. Saat pencapaian itu dilakukan dengan baik dan bersungguh-sungguh maka akan setimpal balasannya

    ReplyDelete
  8. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari file yang diunggah oleh pak Prof dijelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran S1 PGSD kepada siswa SD mengenai bilangan desimal. Proses berfikir siswa mengenai pembelajaran bilangan desimal mula-mula didiagnosis kesalahpahamannya, lalu dianalisis dan akhirnya dibantu oleh guru dalam membenarkan miskonsepsinya dengan caranya sendiri (siswa). Pembelajaran menekankan kepada metode yang sesuai dengan kemampuan kognisi anak, dimana membutuhkan model konkrit dalam pembelajaran, juga siswa diarahkan untuk menjalani pembelajaran bermakna, sehingga tercapai pembelajaran yang baik

    ReplyDelete
  9. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Semoga dengan adanya contoh seperti ini, dapat memicu semangat para calon pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan media-media yang dapat membantu peserta didik belajar matematika dengan senang, gembira, dan mudah melekat dalam benak mereka. Sehingga, seiring berjalannya waktu, matematika bukan lagi merupakan mata pelajaran yang membosankan bahkan menakutkan, melainkan matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pembelajaran matematika S1 PGSD dengan berdasarkan pada penelitian Kaye Stacey mengenai pemikiran matematis siswa dan pelatihan guru di Indonesia. Pembelajaran matematika dengan menggunakan diagnosis kesalahpahaman yang akan membuat siswa belajar untuk lebih paham, analisis pemikiran siswa dan penggunaan model dalam kehidupan sehari-hari atau kongkret pada awal pembelajaran. Dalam proses pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah sehari-hari materi desimal, siswa terlihat aktif dalam pembelajaran baik dalam diskusi maupun presentasinya di depan kelas. Nah inilah yang harusnya dilakukan oleh pendidik di Indonesia agar pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran dua arah.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Pada umumnya siswa SD masih berpikir sederhana belum mampu merefleksikan lebih jauh dari pemahamannya. Daya kritis anak-anak merupakan daya kritis yang sederhana. Pembelajaran PGSD Wates diatas diharapkan dapat dijadikan contoh oleh sekolah-sekolah lain, dalam setiap pembelajaran seorang guru harus memahami tahap perkembangan siswa, terutama tahap perkembangan kognitifnya. karena hal tersebut akan mempengaruhi pemahaman siswa. Oleh karena itu pembelajaran matematika untuk anak SD sebaiknya dikemas dengan menggunakan contoh-contoh konkrit.

    ReplyDelete
  12. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ini salah satu bukti bahwa kegiatan pembelajaran di Indonesia bisa disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai kualitas yang tidak diragukan. Hal ini terlihat dari kegaitan pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang dihadirkan pada acara Internasional Kayes Symposium Melbourne tanggal 8 Juli 2013. Awal yang baik untuk bisa membawa pendidikan Indonesia go internasional tanpa lupa untuk memperbaiki dan terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimkasih prof atas pengetahuan yang saya dapat dari paparan link yang prof berikan tentang pembelajaran S1 pendidikan matematika PGSD Wates Go Internasional, saya mengapresiasi sekali pada S1 PGSD UNY ini, ini menjadikan saya untuk berinovasi dalam pembelajaran kelak.

    ReplyDelete
  14. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru kita harus menghargai cara berpikir siswa. Memahami cara berpikir matematika siswa dapat dilakukan dengan mendiagnosis miskonsepsi yang sering dilakukan siswa pada umumnya, menganalisis pikiran siswa setelah dijelaskan, membantu siswa untuk berhati-hati agar tidak terjadi miskonsepsi, serta menggunakan model konsentrasi pada tahap awal pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Programme for International Student Assessment (PISA) pertama kali dilakukan pada tahun 2000 dan diulang setiap tiga tahun sekali. PISA bertujuan untuk meningkatkan kebijakan dan hasil pendidikan di suatu negara. PISA akan berdampak pada naiknya mutu pendidikan suatu negara. Berdasarkan hasil PISA, kita dapat memahami apa yang menyebabkan perbedaan prestasi di seluruh negara sehingga pendidik dapat mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia. PISA tahun 2009 menempatkan Indonesia pada peringkat bawah 10 besar, dari 65 negara. Dari hasil survei tersebut terlihat jelas bahwa prestasi peserta didik di Indonesia masih tertinggal.

    ReplyDelete
  16. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Selamat kepada PGSD Matematika. semoga prestasi yang diraih akan terus meningkat. Terimakasih Prof. Marsigit atas link presentasi yang diberikan. Sangat inspiratif. Semoga pendidikan di Indonesia senantiasa maju dan diapresiasi dunia.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Tulisan tersebut sangat memacu motivasi mahasiswa dari program studi, khususnya diri saya untuk bisa go internasional seperti program studi PGSD. Selain go internasional, kita juga perlu visit internasional. Seorang guru saya pernah menasehati saya, jika ingin bisa mengelola sebuah kecamatan, kita harus berpikiran minimal tingkat kecamatan. Jika kita ingin mengelola sebuah kabupaten, kita harus berpikiran minimal tingkat kabupaten. Jika ingin mengelola negara, kita harus berpikiran tingkat nasional. Jika ingin mengelola dunia, kita harus berpikiran tingkat internasional. Untuk bisa meningkatkan dimensi berpikir, kita harus berada dilingkungan orang-orang yang berpikiran lebih tinggi dari kita. Maka visit internasional penting untuk dapat go internasional.

    ReplyDelete
  18. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Nilai matematka siswa Indonesia berdasarkan PISA masih rendah. Rendahnya nilai ini dapat kita jadikan evaluasi sekaligus motivasi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun, jangan sampai kita hanya berfokus pada hasil. Terlebih tes PISA bukanlah suatu tes yang dapat dikerjakan dengan cara-cara singkat, melainkan butuh pemahaman yang baik. Pembelajaran yang dipaparkan oleh profesor Stacey merupakan pembelajaran matematika yang menuntut siswa untuk berpikir kritis serta menggunakan intuisi. Intuisi yang digunakan di sini adalah intuisi mengenai panjang. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika, kita sebaiknya menggunakan intuisi agar lebih mudah dipahami siswa sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  19. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    dari artikel yang Bapak berikan yang berjudul pbm mat s1 pgsd wates go internasional, dapat menjadikan saya dan mahasiswa pendidikan matematika lainnya termotivasi agar nantinya dapat menciptakan karya karya yang bisa bersaing di tingkat internasional juga.

    ReplyDelete
  20. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran seorang guru yang go internasional sangat memotivasi terutama untuk diri saya sendiri. Dengan go internasionalnya Pbm amat S1 menandakan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan sesuatu untuk siswa dan sangat baik dalam pembelajaran. Semoga kelak dapat mencontoh dan menginspirasi bagi kalangan pendidik yang lainnya.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Pembelajaran tersebut dilaksanakan secara hidup dan interaktif. Dalam proses belajar, siswa dilibatkan melalui interaksi dengan benda-benda konkret yang dekat dengan kehidupannya. Pembelajaran matematika tersebut mampu memfasilitas proses berpikir matematika siswa. Siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri hingga konsep yang dibangunnya benar-benar bermakna. Pembelajaran ini perlu diapresiasi dan dicontoh oleh guru-guru yang lain. Contoh disini dapat diartikan secara luas, yakni mencontoh untuk turut mengembangkan inovasi pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru-guru dapat saling bekerja sama dalam mewujudkannya.

    ReplyDelete
  22. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat Prof, saya turut bangga dengan ditayangkannya pembelajaran matematika oleh S1 PGSD Wates pada Internatonal Kayes Symposium di Melbourn. Ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu bergerak maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan teruma di pendidikan dasar, karena pendidikan dasar adalah pondasi utama seseorang untuk menuju di jenjang pendidikan-pendidikan selanjutnya.

    ReplyDelete
  23. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada teman-teman S1 PGSD Wates, FIP UNY atas diapresiasinya pembelajaran matematika yang diselenggarakan dan bahkan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium di Melbourne. Dari tayangan slide terlihat pembelajaran yang diterapkan menggunakan media benda-benda konkret. Melalui pembelajaran yang demikian, dapat memfasilitasi siswa dalam mempelajari matematika dan membangun proses berpikir kritis siswa. Pembelajaran seperti ini patut diapresiasi dan dicontoh bagi guru maupun calon guru terutama pada tingkat pendidikan dasar, karena pada pendidikan dasar inilah siswa membangun pondasi bagi pengetahuannya untuk materi pada tingkatan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih Pak sudah bersedia membagikan hasil presentasi Internasional ini, tak lupa juga saya ucapkan selamat kepada S1 PGSD UNY, Pak Marsigit, dan juga Dr Wanty. Suatu prestasi yang membanggakan, proses pembelajaran matematikanya ditayangkankan pada Internasinonal Kayes Symposium Melbourne. Ini artinya proses pembelajaran yang telah berjalan tersebut merupakan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat dijadikan contoh untuk proses pembelajaran para guru, calon guru, dosen, maupun calon dosen. Dari presentasi tersebut terlihat bahwa penggunaan benda-benda konkrit disajikan dengan begitu apiknya. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali menimbang ini adalah pembelajaran untuk anak-anak, karena pembelajaran untuk anak-anak harus dimulai dari pengalaman ataupun benda-benda nyata/konkret.

    ReplyDelete
  25. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Assalamualaikum, terimakasih Prof, artikel ini sangat menginspirasi.
    Dari artikel ini saya mendapatkan, bahwa dengan kondisi pembelajaran yang interaktif, dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa diajak langsung berinteraksi dengan benda-benda yang ada disekitarnya, hal ini dapat memfasilitasi siswa untuk mendapatkan proses belajar yang lebih bermakna. Kebermaknaan proses pembelajaran sangat menguntungkan bagi siswa, karena dengan itu materi yang diajarkan lebih dapat tertanam didalam benaknya. Saya rasa pembelajaran seperti ini perlu dicontoh oleh para guru, agar lebih banyak siswa yang mempunyai pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dan tentunya dengan demikian tujuan pembelajaran akan lebih tercapai.

    ReplyDelete
  26. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia juga harus menyadari bahwa Indonesia aware akan perubahan-perubahan dan isu pendidikan, agar tidak dipandang sebelah mata sebagai negara berkembang. Walaupun masih tidak merata, namun pembelajaran bermakna yang mulai diterapkan di Indonesia. Kita tidak menutup mata terhadap isu pendidikan yang tengan menjadi pembicaraan hebat di dunia. Semoga suatu hari kita akan menjadi trendsetter yang menciptakan inovasi-inovasi pendidikan dan diikuti oleh dunia.

    ReplyDelete
  27. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Munculnya kesalahpahaman terhadap materi desimal adalah karena pengetahuan tentang dasar-dasar bilangan yang belum terintegrasi. Benar bahwa menguasai konsep dasar sangat diperlukan untuk fondamen dalam mengembangkan pengetahuan. Pada slide power point juga terdapat cara agar siswa memahami konsep dasar bilangan desimal, yaitu dengan diskusi kelompok dan menemukan sendiri mengapa bilangan disebut bilangan desimal.

    ReplyDelete
  28. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Yang saya baca adalah

    Pembelajaran Matematika Berbantuan Kalkulator: Studi Kasus Penggunaan Kalkulator Texas Instrument TI 89 pada PBM Matematika di SMK MUHAMMADIYAH IV YOGYAKARTA.

    Mungkin bukan ini yang dimaksud, namun yang membuat saya tertarik adalah judul artikel ini, tentang pembelajaran dari wates yang go internasional.

    Saya setuju bahwa para guru hendaknya percaya diri dengan apa yang mereka geluti di kelas. Mereka punya sedemikian banyak data, kesempatan bereksperimen, dan juga kesempatan untuk berbagi, baik secara nasional maupun internasional.
    Saya baru sekali mensharekan hasil pembelajaran saya dalam sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan di UNY. Saya melihat sedemikian banyak kalangan dosen dan mahasiswa pascasarjana, sedangkan saya adalah sangat minoritas, yaitu guru SD. Namun rupanya apa yang saya sharekan juga bermanfaat bagi banyak dari mereka. Rupanya mereka belajar praktek yang nyata, bukan sekedar teori atau riset yang masih perlu diujicobakan lagi. Apa yang dibawa dari sekolah basisnya jelas dan bercerita tentang praktek. Semoga ada semakin banyak guru sekolah juga punya kesempatan untuk share dalam konferensi semacam itu, agar mereka lebih percaya diri, bahwa praktek yang mereka lakukan itu berharga, bisa banyak belajar, berbai, dan menyeimbangkan juga antara teori dengan praktek.

    ReplyDelete
  29. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Yang saya baca adalah

    Pembelajaran Matematika Berbantuan Kalkulator: Studi Kasus Penggunaan Kalkulator Texas Instrument TI 89 pada PBM Matematika di SMK MUHAMMADIYAH IV YOGYAKARTA.

    Mungkin bukan ini yang dimaksud, namun yang membuat saya tertarik adalah judul artikel ini, tentang pembelajaran dari wates yang go internasional.

    Saya setuju bahwa para guru hendaknya percaya diri dengan apa yang mereka geluti di kelas. Mereka punya sedemikian banyak data, kesempatan bereksperimen, dan juga kesempatan untuk berbagi, baik secara nasional maupun internasional.
    Saya baru sekali mensharekan hasil pembelajaran saya dalam sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan di UNY. Saya melihat sedemikian banyak kalangan dosen dan mahasiswa pascasarjana, sedangkan saya adalah sangat minoritas, yaitu guru SD. Namun rupanya apa yang saya sharekan juga bermanfaat bagi banyak dari mereka. Rupanya mereka belajar praktek yang nyata, bukan sekedar teori atau riset yang masih perlu diujicobakan lagi. Apa yang dibawa dari sekolah basisnya jelas dan bercerita tentang praktek. Semoga ada semakin banyak guru sekolah juga punya kesempatan untuk share dalam konferensi semacam itu, agar mereka lebih percaya diri, bahwa praktek yang mereka lakukan itu berharga, bisa banyak belajar, berbai, dan menyeimbangkan juga antara teori dengan praktek.

    ReplyDelete
  30. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit yang telah share artikel, ini sangat memotivasi saya untuk menjadi lebih baik. Memotivasi untuk membentuk konsep di benak siswa dan merancang pembelajaran yang membuat siswa berfikir kritis. Konsep menjadi dasar untuk anak berfikir. Pada level berikutnya anak harus bisa menggabungkan beberapa konsep menjadi konsep baru. Di dalam proses memahami konsep diperlukan rancangan pembelajaran yang matang. Rancangan yang membuat siswa tertarik dengan pembelajaran sehingga memacu siswa untuk berfikir kritis. Oleh karena itu, guru harus mengedepankan kreativitas di dalam menyusun rancangan pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Junianto
    17709251065
    PM C

    Pembelajaran yang dilaksanakan sangatlah menarik sehingga menarik perhatian dunia ineternasional juga. Pembelajaran yang inovatif dan mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan cara ini, siswa bisa berperan sebagai subjek belajar sedangkan gurun hanyalah sebagai fasilitator saja. Selain itu, guru juga harus kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, agar siswa juga tidak bosan dan lebih aktif dalam belajar serta membangun konsep mereka sendiri.

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mencoba menelisk artikel di dalamnya mengenai struktur dunia.Dari bacaan tersebut sebagaimana yang tertera dalam artikel bahwa pengetahuan atas kombinasi pengalaman dan logika.Jika pengetahuan hanya dibangun dari pengalaman saja maka itu hanya separuh pengetahuan ,maka untuk membangun pengetahuan yang utuh harus menyisipkan di antara keduanya.Berfilsafat adalah berpikir.Berusaha merepresentasikan pengalaman ke dalam pikiran agar suatu ilmu terbentuk.Sebab ilmu yang kita dapat dapat dari pengalaman diadasarkan pada pengetahuan sebelumnya.Oleh karenanya untuk menguji esensi dari kebenaran tersebut kita perlu melibatkan logika untuk berpikir dalam memahami gejala -gejala yang timbul.

    ReplyDelete
  33. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Untuk mencapai Go Internasional, pembelajaran memang harus menciptakan banyak inovasi. Kalau pembelajaran hanya mengandalkan metode ceramah yang sangat tradisional, tentu tidak memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Siswa menjadi tidak bisa menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki, baik dari aspek daya pikir, daya kreatif, bahkan daya saing. Untuk itu, akan lebih baik jika sejak dini, siswa dilatih untuk melakukan penelitian. KIR (Karya Ilmiah Remaja) menjadi aktivitas yang sangat krusial yang tidak hanya sekadar ekstrakurikuler. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan penemuan-penemuan yang baru, unik, dan bermanfaat untuk masyarakat baik nasional, maupun internasional.

    ReplyDelete
  34. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Negara Indonesia memiliki sumber daya yang cukup berkompeten pada dunia pendidikan apabila terus dilatih untuk bisa berkembang. Dengan diadakannya kegiatan seperti ini merupakan salah satu sarana untuk pendidik bisa menjadi lebih profesional lagi dan benar-benar bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan baik dan efisien sehingga tujuan dari pembelajaran pun bisa tercapai. Dan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang unggul untuk negara ini.

    ReplyDelete
  35. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mengikuti seminar atau symposium adalah hal yang positif bagi mahasiswa. Hal ini di samping melatih kemampuan menulis juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk terbiasa menjadi researcher, serta meningkatkan kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia. Melalui diskusi-diskusi dalam seminar/symposium akan mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman yang lebih luas tentang pendidikan, sehingga mahasiswa kependidikan akan tumbuh sebagai calon pendidik yang memahami cara siswa berpikir dalam pembelajaran serta pembelajaran seperti apa yang mendukung hal tersebut.

    ReplyDelete
  36. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari materi yang disampaikan dalam link tersebut, yang dapat saya simpulkan adalah kegiatan pembelajaran pada anak-anak dilakukan melalui berbagai aktivitas yang melibatkan siswa ~ activity-based to build undertanding. Aktivitas atau kegiatan yang dilakukan disusun dengan berbagai model dan strategi, artinya tidak monoton hanya satu aktivitas sejenis saja. Setiap aktivitas juga mempertimbangkan bagaimana aktivitas tersebut dapat membuat anak-anak nyaman dan senang, namun juga mampu membangun konsep matematis. Bagi siswa SD, pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan lebih tertanam dalam benaknya sehingga ilmu yang didapat akan melekat.

    ReplyDelete
  37. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Hal yang dapat saya maknai dari postingan ini, bahwa dengan adanya keikhlasan maka keberkahan akan mengikutinya. Maksudnya adalah saat kita benar-benar ikhlas dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tentu saja ikhlas bahwa pembelajaran yang dilakukan adalah untuk keberhasilan siswa maka bonus-bonus lain akan mengikutinya. Contohnya saja dalam postingan ini usaha untuk memberikan ilmu bagaimana cara mengajar dalam kurikulum 2013, diapersepsi oleh orang lain untuk disampaikan ke halayak lebih luas lagi, yang nantinya ilmu kita akan lebih luas dan semakin banyak orang yang akan mengetahui kebermanfaatan dari kurikulum 2013, bukankah ini merupakan penyebaran ilmu yang lebh luas dan lebih efektif apalagi disampaikan dalam forum ilmiah sepeeti seminar.

    ReplyDelete
  38. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sebelumnya kami ucapkan pada S1 PGSD Wates yang mendapatkan apresiasi dengan di tayangkannya dalam Internasional Kayes Symposius. Hal ini merupakan kesempatan langka yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Dengan dipresentasikannya hasil PBM mahasiswa S1 PGSD merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan kemampuan para mahasiswa PGSD pada khususnya dan kualitas pendidikan UNY pada umumnya. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain ataupun prodi lain untuk terus produktif, aktif, dan inovatif dalam bidangnya masing-masing. Terima Kasih

    ReplyDelete
  39. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Guru dituntut agar mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menfasilitasi siswa. Penerapan suatu model, metode maupun strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model, metode maupun strategi tersebut diharapkan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pembelajaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  40. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kegiatan proses belajar mengajar memang sebaiknya selalu direncanakan dan dilakukan dengan metode yang sesuai dengan materi dan keadaan siswa. Metode yang sesuai akan mendukung bagaimana siswa mengkonstruk pengetahuannya dan keberhasilan proses pembelajaran. Sebenarnya, sudah banyak model-model pembelajaran inovatif yang dikembangkan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga, semuanya tergantung dengan kondisi guru dan keadaan sekolah apakah memungkinkan model-model pembelajaran tersebut diterapkan.

    ReplyDelete
  41. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Kegiatan Pbm yang ditampilkan tersebut dapat menjadi inspirasi dalam melaksanakan pembelajaran ke depannya. Kita harus mengapresiasi usaha-usaha seperti ini agar dapat menjadi trigger dan bermanfaat bagi yang lain. Ada banyak pilihan metode atau model pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik sebagai usaha dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan berkualitas.

    ReplyDelete
  42. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Perkembangan teknologi akan semakin pesat ketika manusia melakukan inovasi-inovasi baru terhadap ilmu pengetahuan. Inovasi juga dapat dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Inovasi tersebut berkaitan dengan metode mengajar yang dilakukan oleh guru. Dewasa ini, proses pembelajaran tidak lagi sekedar transfer of knowledge dari guru ke siswa, namun lebih dari itu. Siswa diminta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Hal ini dapat dilihat melalui link yang Prof. berikan pada ulasan ini. Inovasi dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh mahasiswa S1 PGSD Wates tersebut dapat dijadikan inspirasi bagi guru di Indonesia khususnya untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete

  43. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mendapat apresiasi dan kesempatan tampil dalam jenjang internasional merupakan kesempatan berharga yang belum tentu bisa di capai oleh semua orang. Harapannya dengan kesempatan seperti ini dapat memacu semangat mahasiswa untuk terus berinovasi terutama dalam hal pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga dapat memberi sumbangan kepada dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  44. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Hal yang saya dapat dari tayangan postingan tersebut adalah bahwa sanya usia SD adalah usia dimana anak memiliki intuisi dan imajinasi yang sedang berkembang. Untuk belajar, intuisi dan imajinasi membtuhkan aktivitas pembelajaran yang menarik dan bervariasi, pembelajaran melalui berbagai aktivitas yang dirancang dalam suatu kegiatan. Usia ini belum saatnya untuk dikenalkan hal-hal formal, seperti definisi, rumus, dsbnya. Sangat bagus apa yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk memberikan dan menyebarkan pengetahuan ke seluruh pelosok bahkan sampai ke luar negeri, untuk dapat dimanfaatkan bersama.

    ReplyDelete
  45. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Matematika yang sesuai diterapkan kepada ana sekolah dasar adala matematika anak. Matematika ana adalah kegiatan mempelajari matematika yang dikaitkan dengan aktivitas nyata serta dengan penuh suka cita. Tentu saja hal tersebut menjadi tugas guru untuk dapat melaksanakannya. Caranya ialah guru harus mampu memahami karakter siswanya dan mencari metode yang bervariasi serta tepat bagi siswanya dalam pembelajaran matematika. Misalnya anak diajarkan materi penjumlahan dan pengurangan dengan memisalnya benda-benda di sekitarnya sebagai angka. Atau dengan kegiatan siswa melakukan praktek di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian maka matematika yang diterima akan lebih bermakna dan sesuai dengan kemampuan berpikirnya.

    ReplyDelete
  46. Latifah Fitriasari
    PM C

    Hal yang penting mengenai proses belajar mengajar di negara berkembang dan negara maju dijelaskan secara sistematik; mulai dari strategi pembelajaran dan metodenya serta motivasi yang diberikan. Pembelajaran pgsd di UNY yang dilakukan seperti itu terlihat sangat menarik. Harapannya hal ini mampu menginspirasi universitas-universitas lain, sehingga dapat dikembangkan program serupa.

    ReplyDelete
  47. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas Ilmu yang diberikan. Dari bacaan yang di link kan oleh Bapak ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan. Pertama, berkaitan tentang pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Pembelajaran berdasarkan masalah yaitu belajar berawal dari masalah untuk memahami konsep suatu masalah. Model atau pendekatan ini cocok pada pembelajaran SD karena siswa bisa praktik langsung dalam pembelajarannya. Dalam pembelajaran yang penting juga meliputi persiapan oleh guru, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian seorang guru perlu meluruskan miskonsepsi yang ada berkaitan dengan materi. Dalam artikel tersebut dicontohkan miskonsepsi yang sering terjadi pada anak yaitu miskonsepsi pecahan. Dalam pembelajaran evalusai juga meliputi evaluasi pemikiran siswa

    ReplyDelete
  48. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Nilai matematka siswa Indonesia berdasarkan PISA masih rendah. Rendahnya nilai ini dapat kita jadikan evaluasi sekaligus motivasi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun, jangan sampai kita hanya berfokus pada hasil. Terlebih tes PISA bukanlah suatu tes yang dapat dikerjakan dengan cara-cara singkat, melainkan butuh pemahaman yang baik. Pembelajaran yang dipaparkan oleh profesor Stacey merupakan pembelajaran matematika yang menuntut siswa untuk berpikir kritis serta menggunakan intuisi. Intuisi yang digunakan di sini adalah intuisi mengenai panjang. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika, kita sebaiknya menggunakan intuisi agar lebih mudah dipahami siswa sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan intuisi tersebut

    ReplyDelete
  49. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Salah satu upaya untuk menuju proses yang lebih baik ialah kemauan untuk terbuka dan menerima masukan yang membangun dari para professional. Dengan getol melakukan publikasi dan dengan menggalakkan transparansi baik dalam proses pembelajaran maupun manajemen yang dilakukan akan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam institusi tersebut. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  50. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kontribusi siswa dalam pembelajaran merupakan hal penting yang harus kita perhatikan. Siswa tidak bisa terus menerus pasif dan mendengarkan penjelasan dari guru. Karena pembelajaran yang baik ialah pembelajaran yang mampu membuat siswa ikut terlibat aktif didalamnya, sehingga ia bisa membentuk pengetahuannya secara mandiri. Untuk menjaga kondisi kelas dan siswa agar tidak merasa jenuh, kita bisa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tentunya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi kelas. Jika memungkinkan bisa melakukan pembelajaran diluar, maksudnya siswa mengobservasi lingkungan sekitar. Pembelajaran seperti ini telah diterapkan oleh kurikulum 2013. Harapannya siswa tidak jenuh dan mampu membentuk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  51. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Go internasional merupakan tujuan yang diimpikan oleh setiap orang. Dengan menginjakkan kaki dikancah internasional maka peluang unutk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda budaya dan bahasa menjadi lebih terbuka. Hal ini dapat digunkan unutk mengasah kemapuan kita, baik itu soft skill mapun hard skill. Alangkah baiknya jika kita semua mampu mencapai taraf tersebut.

    ReplyDelete
  52. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Pembelajaran seorang guru yang go internasional sangat memotivasi terutama untuk diri saya sendiri. Dengan go internasionalnya Pembelajaran menandakan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan sesuatu untuk siswa dan sangat baik dalam pembelajaran. Semoga kelak dapat mencontoh dan menginspirasi bagi kalangan pendidik yang lainnya.

    ReplyDelete
  53. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    "Benih dari semua prestasi adalah kemauan, bukan harapan atau impian." (Napoleon Hiil). Apa yang dikatakan Napoleon Hill itu setidaknya tercermin pada warga Indonesia termasuk PGSD S1 FIP UNY yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Semoga ini dapat menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya.

    ReplyDelete
  54. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pembelajaran Matematika yang baik adalah yang memberikan kesempatan kepada siswa nya untuk belajar. Guru tidak boleh bersifat tidak adil pada siswa dengan menutupi haknya tersebut. Sehingga seperti dari link ada pada postingan ini, dalam pbm matematika siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pemikirian dan pengetahuannya. Guru mendengarkan pemikiran dan pengetahuan yang disampaikan oleh siswa dan kemudian memberikan feedback. Sehingga pbm yang terlaksana pun akan lebih bermakna karena siswa dapat memperoleh ilmu secara konktruktivis dan pengetahuannya pun akan lebih menjadi berarti karena siswa paham mengenai konsep yang diberikan bukan hanya sebatas definisinya saja. Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  55. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Selamat kepada PGSD Matematika. semoga prestasi yang diraih akan terus meningkat. Terimakasih Prof. Marsigit atas link presentasi yang diberikan. Sangat inspiratif. Semoga pendidikan di Indonesia senantiasa maju dan diapresiasi dunia.

    ReplyDelete
  56. 4 tahun telah berlalu semenjak kesuksesan pbm mat s1 pgsd. Semoga pada jurusan-jurusan lain di UNY banyak yang mengukir kesuksesan yang sama atau bahkan lebih dari mereka. Ayo persiapkan diri sendiri untuk mencetak generasi yang bisa menjadi kebanggan universitas tercinta kita.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  57. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    dengan di tayangkannya Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates ini pada Internasional Kayes Symposium Melbourne, semoga bisa menjadi bahan acuan bagi kita semua terutama yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk terus melakukan inovasi untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  58. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena karya anak bangsanya bisa tampil di ajang internasional. Seminar atau symposium adalah hal yang positif bagi, anak bangsa khususnya mahasiswa. Hal ini di samping melatih kemampuan menulis juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk terbiasa menjadi researcher, serta meningkatkan prestasi Indonesia di mata dunia. Melalui diskusi-diskusi dalam seminar atau symposium akan mengantarkan kita pada pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang pendidikan, sehingga calon pendidik akan tumbuh menjadi pendidik yang memahami cara siswa berpikir dalam pembelajaran serta pembelajaran seperti apa yang efektif diterapkan kepada siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  59. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sebelumnya saya ucapkan selamat kepada S1 PGSD Wates yang telah membanggakan Indonesia dengan menembus level Internasional. sekarang ini pemerintah sedang menggalakkan pendekatan saintifik yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, dengan pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  60. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Selamat kepada S1 PGSD UNY yang telah membawa nama baik UNY dAN Indonesia pada tingkat internasional. Prestasi ini menunjukkan bahwa tidak hanya prestasi dalam ilmu eksak saja tetapi juga ilmu bidang sosial kita mampu bersaing dengan negara lain. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan oleh generasi penerusnya.

    ReplyDelete
  61. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih atas segala sumber informasi yang disajikan, Harapannya hal ini mampu menginspirasi universitas-universitas lain, sehingga juga dikembangkan program serupa sehingga mamu mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten dan mampu menjadi pendidik yang profesional nantinya.

    ReplyDelete
  62. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mohon maaf Prof, mungkin saya terlambat membuka link. Link yang Prof Marsigit lampirkan tidak secara spesifik masuk dalam laman mengenai PMB Mat S1 PGSD Wates Go Internasional, melainkan masuk dalam laman yang berisi tulisan-tulisan Prof Marsigit secara umum

    ReplyDelete
  63. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Terimaksih Prof untuk link yang diberikan. PGSD UNY memang sangat menarik seperti pada postingan foto-foto pembelajaran pecahan untuk kelas 2. Menginspirasi untuk universitas lain yang memiliki prodi yang serupa sehiingga bisa mencetak pendidik yang berkompeeten. Begitu juga menginspirasi kami untuk juga dapat mebgemban media atau alat peraga yang menarik pembelajaran yag inovatif.

    ReplyDelete
  64. ndar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Kegiatan pembelajaran yang baik harus direncanakan dengan baik pula agar tujuannya dapat tercapai dengan baik. Guru harus pandai memilih metode, strategi dan juga cara yang tepat agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selamat kepada PGSD Wates yang Go Internasional.

    ReplyDelete
  65. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Selamat kepada S1 PGSD Wates yang telah mendapatkan apresiasi dengan ditayangkannya pada International Kayes Symposius. Hal ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Harapannya, semoga dengan kesempatan seperti ini dapat memacu mahasiswa-mahasiswa calon pendidik untuk lebih semangat dalam mencari ilmu, serta mengembangkan potensi keterampilannya menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  66. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Selaku calon pendidik maupun pendidik perlu memperhatikan kontribusi dari diri sisw demi membangun konsep pengetahuannya. Dengan siswa mengembangkan dan aktif membangun konsep pengetahuannya, disana siswa secara tidak langsung belajar untuk memaknai apa yang sedang dia pelajari. Kontribusi tersebut juGa harus dijaga supaya siswa tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Sehingga, disinilah letak guru sebagai fasilitator, dimana guru harus menyediakan metode yang tepat agar siswa tidak merasa jenuh dan dapat meletakkan kontribusi siswa pada posisi yang tepat,

    ReplyDelete
  67. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sebelumnya selamat kepada S1 PGSD Wates atas prestasti yang telah dicapai, semoga pencapaian tersebut dapat memotivasi pendidik agar senantiasa mengembangkan kompetensi diri dan melakukan inovasi untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat dikatakan sebagai suatu pendekatan maupun model pembelajaran yang melibatkan permasalahan kontekstual yang dekat dengan keseharian siswa. Dari sini dapat dilihat bahwa PBM ini dapat diterapkan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika kepada anak SD. Dimana dengan melibatkan permasalahan yang dekat dengan keseharian siswa diharapkan mampu memudahkan siswa dalam belajar sekaligus memberikan pengalaman belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  68. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Saya ucapkan selamat pada S1 PGSD Wates UNY atas capaiannya. Semog menjadi langkah awal untuk ikut serta mewujudkan UNY sebagai world class university. Pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa mengontruksi pengetahuannya sendiri. Terkhusus bagi siswa SD yang masih melibatkan benda konkret. Guru dapat menyajikan masalah berdasarkan hal-hal yang dekat dengan kehidupan siswa

    ReplyDelete
  69. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada S1 PGSD Wates yang mendapat apresiasi pada Internasional Kayes Symposium. Merupakan suatu kebanggan tersendiri dan sangat luar biasa. Diketahui bahwa keberhasilan sesuatu itu tidak pernah lepas dari perjuangan. Sehingga untuk dapat mewujudkan pendidikan yang baik kita juga perlu untuk berjuang melaksanakan pembelajaran dengan baik pula.

    ReplyDelete
  70. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sebelumnya, saya ucapkan selamat kepada S1 PGSD Wates yang mendapat apresiasi pada Internasional Kayes Symposium. Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri. Dari sini dapat dilihat jika pbm dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Pbm seperti diatas dapat menjadi trigger untuk pembelajarn-pembelajaran ke depannya.

    ReplyDelete