Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

29 comments:

  1. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Negara Indonesia memiliki sumber daya yang cukup berkompeten pada dunia pendidikan apabila terus dilatih untuk bisa berkembang. Dengan diadakannya kegiatan seperti ini merupakan salah satu sarana untuk pendidik bisa menjadi lebih profesional lagi dan benar-benar bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan baik dan efisien sehingga tujuan dari pembelajaran pun bisa tercapai. Dan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang unggul untuk negara ini.

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mengikuti seminar atau symposium adalah hal yang positif bagi mahasiswa. Hal ini di samping melatih kemampuan menulis juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk terbiasa menjadi researcher, serta meningkatkan kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia. Melalui diskusi-diskusi dalam seminar/symposium akan mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman yang lebih luas tentang pendidikan, sehingga mahasiswa kependidikan akan tumbuh sebagai calon pendidik yang memahami cara siswa berpikir dalam pembelajaran serta pembelajaran seperti apa yang mendukung hal tersebut.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari materi yang disampaikan dalam link tersebut, yang dapat saya simpulkan adalah kegiatan pembelajaran pada anak-anak dilakukan melalui berbagai aktivitas yang melibatkan siswa ~ activity-based to build undertanding. Aktivitas atau kegiatan yang dilakukan disusun dengan berbagai model dan strategi, artinya tidak monoton hanya satu aktivitas sejenis saja. Setiap aktivitas juga mempertimbangkan bagaimana aktivitas tersebut dapat membuat anak-anak nyaman dan senang, namun juga mampu membangun konsep matematis. Bagi siswa SD, pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan lebih tertanam dalam benaknya sehingga ilmu yang didapat akan melekat.

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Hal yang dapat saya maknai dari postingan ini, bahwa dengan adanya keikhlasan maka keberkahan akan mengikutinya. Maksudnya adalah saat kita benar-benar ikhlas dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tentu saja ikhlas bahwa pembelajaran yang dilakukan adalah untuk keberhasilan siswa maka bonus-bonus lain akan mengikutinya. Contohnya saja dalam postingan ini usaha untuk memberikan ilmu bagaimana cara mengajar dalam kurikulum 2013, diapersepsi oleh orang lain untuk disampaikan ke halayak lebih luas lagi, yang nantinya ilmu kita akan lebih luas dan semakin banyak orang yang akan mengetahui kebermanfaatan dari kurikulum 2013, bukankah ini merupakan penyebaran ilmu yang lebh luas dan lebih efektif apalagi disampaikan dalam forum ilmiah sepeeti seminar.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sebelumnya kami ucapkan pada S1 PGSD Wates yang mendapatkan apresiasi dengan di tayangkannya dalam Internasional Kayes Symposius. Hal ini merupakan kesempatan langka yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Dengan dipresentasikannya hasil PBM mahasiswa S1 PGSD merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan kemampuan para mahasiswa PGSD pada khususnya dan kualitas pendidikan UNY pada umumnya. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain ataupun prodi lain untuk terus produktif, aktif, dan inovatif dalam bidangnya masing-masing. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Guru dituntut agar mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menfasilitasi siswa. Penerapan suatu model, metode maupun strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model, metode maupun strategi tersebut diharapkan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pembelajaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kegiatan proses belajar mengajar memang sebaiknya selalu direncanakan dan dilakukan dengan metode yang sesuai dengan materi dan keadaan siswa. Metode yang sesuai akan mendukung bagaimana siswa mengkonstruk pengetahuannya dan keberhasilan proses pembelajaran. Sebenarnya, sudah banyak model-model pembelajaran inovatif yang dikembangkan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga, semuanya tergantung dengan kondisi guru dan keadaan sekolah apakah memungkinkan model-model pembelajaran tersebut diterapkan.

    ReplyDelete
  8. Metia Novianti
    17709251021
    P Mat A

    Kegiatan Pbm yang ditampilkan tersebut dapat menjadi inspirasi dalam melaksanakan pembelajaran ke depannya. Kita harus mengapresiasi usaha-usaha seperti ini agar dapat menjadi trigger dan bermanfaat bagi yang lain. Ada banyak pilihan metode atau model pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik sebagai usaha dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan berkualitas.

    ReplyDelete
  9. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Perkembangan teknologi akan semakin pesat ketika manusia melakukan inovasi-inovasi baru terhadap ilmu pengetahuan. Inovasi juga dapat dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Inovasi tersebut berkaitan dengan metode mengajar yang dilakukan oleh guru. Dewasa ini, proses pembelajaran tidak lagi sekedar transfer of knowledge dari guru ke siswa, namun lebih dari itu. Siswa diminta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Hal ini dapat dilihat melalui link yang Prof. berikan pada ulasan ini. Inovasi dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh mahasiswa S1 PGSD Wates tersebut dapat dijadikan inspirasi bagi guru di Indonesia khususnya untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete

  10. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mendapat apresiasi dan kesempatan tampil dalam jenjang internasional merupakan kesempatan berharga yang belum tentu bisa di capai oleh semua orang. Harapannya dengan kesempatan seperti ini dapat memacu semangat mahasiswa untuk terus berinovasi terutama dalam hal pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga dapat memberi sumbangan kepada dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Hal yang saya dapat dari tayangan postingan tersebut adalah bahwa sanya usia SD adalah usia dimana anak memiliki intuisi dan imajinasi yang sedang berkembang. Untuk belajar, intuisi dan imajinasi membtuhkan aktivitas pembelajaran yang menarik dan bervariasi, pembelajaran melalui berbagai aktivitas yang dirancang dalam suatu kegiatan. Usia ini belum saatnya untuk dikenalkan hal-hal formal, seperti definisi, rumus, dsbnya. Sangat bagus apa yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk memberikan dan menyebarkan pengetahuan ke seluruh pelosok bahkan sampai ke luar negeri, untuk dapat dimanfaatkan bersama.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Matematika yang sesuai diterapkan kepada ana sekolah dasar adala matematika anak. Matematika ana adalah kegiatan mempelajari matematika yang dikaitkan dengan aktivitas nyata serta dengan penuh suka cita. Tentu saja hal tersebut menjadi tugas guru untuk dapat melaksanakannya. Caranya ialah guru harus mampu memahami karakter siswanya dan mencari metode yang bervariasi serta tepat bagi siswanya dalam pembelajaran matematika. Misalnya anak diajarkan materi penjumlahan dan pengurangan dengan memisalnya benda-benda di sekitarnya sebagai angka. Atau dengan kegiatan siswa melakukan praktek di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian maka matematika yang diterima akan lebih bermakna dan sesuai dengan kemampuan berpikirnya.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    PM C

    Hal yang penting mengenai proses belajar mengajar di negara berkembang dan negara maju dijelaskan secara sistematik; mulai dari strategi pembelajaran dan metodenya serta motivasi yang diberikan. Pembelajaran pgsd di UNY yang dilakukan seperti itu terlihat sangat menarik. Harapannya hal ini mampu menginspirasi universitas-universitas lain, sehingga dapat dikembangkan program serupa.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas Ilmu yang diberikan. Dari bacaan yang di link kan oleh Bapak ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan. Pertama, berkaitan tentang pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Pembelajaran berdasarkan masalah yaitu belajar berawal dari masalah untuk memahami konsep suatu masalah. Model atau pendekatan ini cocok pada pembelajaran SD karena siswa bisa praktik langsung dalam pembelajarannya. Dalam pembelajaran yang penting juga meliputi persiapan oleh guru, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian seorang guru perlu meluruskan miskonsepsi yang ada berkaitan dengan materi. Dalam artikel tersebut dicontohkan miskonsepsi yang sering terjadi pada anak yaitu miskonsepsi pecahan. Dalam pembelajaran evalusai juga meliputi evaluasi pemikiran siswa

    ReplyDelete
  15. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Nilai matematka siswa Indonesia berdasarkan PISA masih rendah. Rendahnya nilai ini dapat kita jadikan evaluasi sekaligus motivasi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun, jangan sampai kita hanya berfokus pada hasil. Terlebih tes PISA bukanlah suatu tes yang dapat dikerjakan dengan cara-cara singkat, melainkan butuh pemahaman yang baik. Pembelajaran yang dipaparkan oleh profesor Stacey merupakan pembelajaran matematika yang menuntut siswa untuk berpikir kritis serta menggunakan intuisi. Intuisi yang digunakan di sini adalah intuisi mengenai panjang. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika, kita sebaiknya menggunakan intuisi agar lebih mudah dipahami siswa sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan intuisi tersebut

    ReplyDelete
  16. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Salah satu upaya untuk menuju proses yang lebih baik ialah kemauan untuk terbuka dan menerima masukan yang membangun dari para professional. Dengan getol melakukan publikasi dan dengan menggalakkan transparansi baik dalam proses pembelajaran maupun manajemen yang dilakukan akan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam institusi tersebut. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  17. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kontribusi siswa dalam pembelajaran merupakan hal penting yang harus kita perhatikan. Siswa tidak bisa terus menerus pasif dan mendengarkan penjelasan dari guru. Karena pembelajaran yang baik ialah pembelajaran yang mampu membuat siswa ikut terlibat aktif didalamnya, sehingga ia bisa membentuk pengetahuannya secara mandiri. Untuk menjaga kondisi kelas dan siswa agar tidak merasa jenuh, kita bisa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tentunya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi kelas. Jika memungkinkan bisa melakukan pembelajaran diluar, maksudnya siswa mengobservasi lingkungan sekitar. Pembelajaran seperti ini telah diterapkan oleh kurikulum 2013. Harapannya siswa tidak jenuh dan mampu membentuk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Go internasional merupakan tujuan yang diimpikan oleh setiap orang. Dengan menginjakkan kaki dikancah internasional maka peluang unutk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda budaya dan bahasa menjadi lebih terbuka. Hal ini dapat digunkan unutk mengasah kemapuan kita, baik itu soft skill mapun hard skill. Alangkah baiknya jika kita semua mampu mencapai taraf tersebut.

    ReplyDelete
  19. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Pembelajaran seorang guru yang go internasional sangat memotivasi terutama untuk diri saya sendiri. Dengan go internasionalnya Pembelajaran menandakan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan sesuatu untuk siswa dan sangat baik dalam pembelajaran. Semoga kelak dapat mencontoh dan menginspirasi bagi kalangan pendidik yang lainnya.

    ReplyDelete
  20. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    "Benih dari semua prestasi adalah kemauan, bukan harapan atau impian." (Napoleon Hiil). Apa yang dikatakan Napoleon Hill itu setidaknya tercermin pada warga Indonesia termasuk PGSD S1 FIP UNY yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Semoga ini dapat menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pembelajaran Matematika yang baik adalah yang memberikan kesempatan kepada siswa nya untuk belajar. Guru tidak boleh bersifat tidak adil pada siswa dengan menutupi haknya tersebut. Sehingga seperti dari link ada pada postingan ini, dalam pbm matematika siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pemikirian dan pengetahuannya. Guru mendengarkan pemikiran dan pengetahuan yang disampaikan oleh siswa dan kemudian memberikan feedback. Sehingga pbm yang terlaksana pun akan lebih bermakna karena siswa dapat memperoleh ilmu secara konktruktivis dan pengetahuannya pun akan lebih menjadi berarti karena siswa paham mengenai konsep yang diberikan bukan hanya sebatas definisinya saja. Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Selamat kepada PGSD Matematika. semoga prestasi yang diraih akan terus meningkat. Terimakasih Prof. Marsigit atas link presentasi yang diberikan. Sangat inspiratif. Semoga pendidikan di Indonesia senantiasa maju dan diapresiasi dunia.

    ReplyDelete
  23. 4 tahun telah berlalu semenjak kesuksesan pbm mat s1 pgsd. Semoga pada jurusan-jurusan lain di UNY banyak yang mengukir kesuksesan yang sama atau bahkan lebih dari mereka. Ayo persiapkan diri sendiri untuk mencetak generasi yang bisa menjadi kebanggan universitas tercinta kita.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  24. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    dengan di tayangkannya Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates ini pada Internasional Kayes Symposium Melbourne, semoga bisa menjadi bahan acuan bagi kita semua terutama yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk terus melakukan inovasi untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena karya anak bangsanya bisa tampil di ajang internasional. Seminar atau symposium adalah hal yang positif bagi, anak bangsa khususnya mahasiswa. Hal ini di samping melatih kemampuan menulis juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk terbiasa menjadi researcher, serta meningkatkan prestasi Indonesia di mata dunia. Melalui diskusi-diskusi dalam seminar atau symposium akan mengantarkan kita pada pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang pendidikan, sehingga calon pendidik akan tumbuh menjadi pendidik yang memahami cara siswa berpikir dalam pembelajaran serta pembelajaran seperti apa yang efektif diterapkan kepada siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  26. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sebelumnya saya ucapkan selamat kepada S1 PGSD Wates yang telah membanggakan Indonesia dengan menembus level Internasional. sekarang ini pemerintah sedang menggalakkan pendekatan saintifik yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, dengan pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Selamat kepada S1 PGSD UNY yang telah membawa nama baik UNY dAN Indonesia pada tingkat internasional. Prestasi ini menunjukkan bahwa tidak hanya prestasi dalam ilmu eksak saja tetapi juga ilmu bidang sosial kita mampu bersaing dengan negara lain. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan oleh generasi penerusnya.

    ReplyDelete
  28. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih atas segala sumber informasi yang disajikan, Harapannya hal ini mampu menginspirasi universitas-universitas lain, sehingga juga dikembangkan program serupa sehingga mamu mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten dan mampu menjadi pendidik yang profesional nantinya.

    ReplyDelete
  29. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mohon maaf Prof, mungkin saya terlambat membuka link. Link yang Prof Marsigit lampirkan tidak secara spesifik masuk dalam laman mengenai PMB Mat S1 PGSD Wates Go Internasional, melainkan masuk dalam laman yang berisi tulisan-tulisan Prof Marsigit secara umum

    ReplyDelete