Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    dari artikel yang Bapak berikan yang berjudul pbm mat s1 pgsd wates go internasional, dapat menjadikan saya dan mahasiswa pendidikan matematika lainnya termotivasi agar nantinya dapat menciptakan karya karya yang bisa bersaing di tingkat internasional juga.

    ReplyDelete
  2. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran seorang guru yang go internasional sangat memotivasi terutama untuk diri saya sendiri. Dengan go internasionalnya Pbm amat S1 menandakan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan sesuatu untuk siswa dan sangat baik dalam pembelajaran. Semoga kelak dapat mencontoh dan menginspirasi bagi kalangan pendidik yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Pembelajaran tersebut dilaksanakan secara hidup dan interaktif. Dalam proses belajar, siswa dilibatkan melalui interaksi dengan benda-benda konkret yang dekat dengan kehidupannya. Pembelajaran matematika tersebut mampu memfasilitas proses berpikir matematika siswa. Siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri hingga konsep yang dibangunnya benar-benar bermakna. Pembelajaran ini perlu diapresiasi dan dicontoh oleh guru-guru yang lain. Contoh disini dapat diartikan secara luas, yakni mencontoh untuk turut mengembangkan inovasi pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru-guru dapat saling bekerja sama dalam mewujudkannya.

    ReplyDelete
  4. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat Prof, saya turut bangga dengan ditayangkannya pembelajaran matematika oleh S1 PGSD Wates pada Internatonal Kayes Symposium di Melbourn. Ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu bergerak maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan teruma di pendidikan dasar, karena pendidikan dasar adalah pondasi utama seseorang untuk menuju di jenjang pendidikan-pendidikan selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada teman-teman S1 PGSD Wates, FIP UNY atas diapresiasinya pembelajaran matematika yang diselenggarakan dan bahkan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium di Melbourne. Dari tayangan slide terlihat pembelajaran yang diterapkan menggunakan media benda-benda konkret. Melalui pembelajaran yang demikian, dapat memfasilitasi siswa dalam mempelajari matematika dan membangun proses berpikir kritis siswa. Pembelajaran seperti ini patut diapresiasi dan dicontoh bagi guru maupun calon guru terutama pada tingkat pendidikan dasar, karena pada pendidikan dasar inilah siswa membangun pondasi bagi pengetahuannya untuk materi pada tingkatan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  6. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih Pak sudah bersedia membagikan hasil presentasi Internasional ini, tak lupa juga saya ucapkan selamat kepada S1 PGSD UNY, Pak Marsigit, dan juga Dr Wanty. Suatu prestasi yang membanggakan, proses pembelajaran matematikanya ditayangkankan pada Internasinonal Kayes Symposium Melbourne. Ini artinya proses pembelajaran yang telah berjalan tersebut merupakan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat dijadikan contoh untuk proses pembelajaran para guru, calon guru, dosen, maupun calon dosen. Dari presentasi tersebut terlihat bahwa penggunaan benda-benda konkrit disajikan dengan begitu apiknya. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali menimbang ini adalah pembelajaran untuk anak-anak, karena pembelajaran untuk anak-anak harus dimulai dari pengalaman ataupun benda-benda nyata/konkret.

    ReplyDelete
  7. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Assalamualaikum, terimakasih Prof, artikel ini sangat menginspirasi.
    Dari artikel ini saya mendapatkan, bahwa dengan kondisi pembelajaran yang interaktif, dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa diajak langsung berinteraksi dengan benda-benda yang ada disekitarnya, hal ini dapat memfasilitasi siswa untuk mendapatkan proses belajar yang lebih bermakna. Kebermaknaan proses pembelajaran sangat menguntungkan bagi siswa, karena dengan itu materi yang diajarkan lebih dapat tertanam didalam benaknya. Saya rasa pembelajaran seperti ini perlu dicontoh oleh para guru, agar lebih banyak siswa yang mempunyai pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dan tentunya dengan demikian tujuan pembelajaran akan lebih tercapai.

    ReplyDelete
  8. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia juga harus menyadari bahwa Indonesia aware akan perubahan-perubahan dan isu pendidikan, agar tidak dipandang sebelah mata sebagai negara berkembang. Walaupun masih tidak merata, namun pembelajaran bermakna yang mulai diterapkan di Indonesia. Kita tidak menutup mata terhadap isu pendidikan yang tengan menjadi pembicaraan hebat di dunia. Semoga suatu hari kita akan menjadi trendsetter yang menciptakan inovasi-inovasi pendidikan dan diikuti oleh dunia.

    ReplyDelete
  9. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Munculnya kesalahpahaman terhadap materi desimal adalah karena pengetahuan tentang dasar-dasar bilangan yang belum terintegrasi. Benar bahwa menguasai konsep dasar sangat diperlukan untuk fondamen dalam mengembangkan pengetahuan. Pada slide power point juga terdapat cara agar siswa memahami konsep dasar bilangan desimal, yaitu dengan diskusi kelompok dan menemukan sendiri mengapa bilangan disebut bilangan desimal.

    ReplyDelete
  10. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Yang saya baca adalah

    Pembelajaran Matematika Berbantuan Kalkulator: Studi Kasus Penggunaan Kalkulator Texas Instrument TI 89 pada PBM Matematika di SMK MUHAMMADIYAH IV YOGYAKARTA.

    Mungkin bukan ini yang dimaksud, namun yang membuat saya tertarik adalah judul artikel ini, tentang pembelajaran dari wates yang go internasional.

    Saya setuju bahwa para guru hendaknya percaya diri dengan apa yang mereka geluti di kelas. Mereka punya sedemikian banyak data, kesempatan bereksperimen, dan juga kesempatan untuk berbagi, baik secara nasional maupun internasional.
    Saya baru sekali mensharekan hasil pembelajaran saya dalam sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan di UNY. Saya melihat sedemikian banyak kalangan dosen dan mahasiswa pascasarjana, sedangkan saya adalah sangat minoritas, yaitu guru SD. Namun rupanya apa yang saya sharekan juga bermanfaat bagi banyak dari mereka. Rupanya mereka belajar praktek yang nyata, bukan sekedar teori atau riset yang masih perlu diujicobakan lagi. Apa yang dibawa dari sekolah basisnya jelas dan bercerita tentang praktek. Semoga ada semakin banyak guru sekolah juga punya kesempatan untuk share dalam konferensi semacam itu, agar mereka lebih percaya diri, bahwa praktek yang mereka lakukan itu berharga, bisa banyak belajar, berbai, dan menyeimbangkan juga antara teori dengan praktek.

    ReplyDelete
  11. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Yang saya baca adalah

    Pembelajaran Matematika Berbantuan Kalkulator: Studi Kasus Penggunaan Kalkulator Texas Instrument TI 89 pada PBM Matematika di SMK MUHAMMADIYAH IV YOGYAKARTA.

    Mungkin bukan ini yang dimaksud, namun yang membuat saya tertarik adalah judul artikel ini, tentang pembelajaran dari wates yang go internasional.

    Saya setuju bahwa para guru hendaknya percaya diri dengan apa yang mereka geluti di kelas. Mereka punya sedemikian banyak data, kesempatan bereksperimen, dan juga kesempatan untuk berbagi, baik secara nasional maupun internasional.
    Saya baru sekali mensharekan hasil pembelajaran saya dalam sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan di UNY. Saya melihat sedemikian banyak kalangan dosen dan mahasiswa pascasarjana, sedangkan saya adalah sangat minoritas, yaitu guru SD. Namun rupanya apa yang saya sharekan juga bermanfaat bagi banyak dari mereka. Rupanya mereka belajar praktek yang nyata, bukan sekedar teori atau riset yang masih perlu diujicobakan lagi. Apa yang dibawa dari sekolah basisnya jelas dan bercerita tentang praktek. Semoga ada semakin banyak guru sekolah juga punya kesempatan untuk share dalam konferensi semacam itu, agar mereka lebih percaya diri, bahwa praktek yang mereka lakukan itu berharga, bisa banyak belajar, berbai, dan menyeimbangkan juga antara teori dengan praktek.

    ReplyDelete
  12. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit yang telah share artikel, ini sangat memotivasi saya untuk menjadi lebih baik. Memotivasi untuk membentuk konsep di benak siswa dan merancang pembelajaran yang membuat siswa berfikir kritis. Konsep menjadi dasar untuk anak berfikir. Pada level berikutnya anak harus bisa menggabungkan beberapa konsep menjadi konsep baru. Di dalam proses memahami konsep diperlukan rancangan pembelajaran yang matang. Rancangan yang membuat siswa tertarik dengan pembelajaran sehingga memacu siswa untuk berfikir kritis. Oleh karena itu, guru harus mengedepankan kreativitas di dalam menyusun rancangan pembelajaran.

    ReplyDelete