Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

21 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pembelajaran matematika s1 PGSD ini memberikan contoh bagaimana pembelajaran berawal dari masalah-masalah yang dekat dengan siswa atau hal-hal yang konkret pada diri siswa. Pada materi pecahan dan desimal ini memang materi yang baru untuk anak SD kelas 2 sehingga sangat perlu digunakan media-media yang dekat dengan siswa dan mengarahkan siswa untuk benar-benar memahami pecahan dan desimal. Karena ada banyak siswa kelas 6 SD yang sering Saya temui, mereka kesulitan mengartikan suatu pecahan. Hal ini salah satu nya karena sejak awal siswa memang belum paham benar apa itu pecahan. Oleh karena itu penting sekali bagi guru untuk dapat memilih metode, model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan siswa, materi, dan kondisi lingkungan. Sehingga pembelajaran yang terjadi akan lebih kondusif, siswa dapat aktif dikelas sebagai salah satu cara memahami materi, dan yang paling penting adalah tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pembelajaran matematika S1 PGSD memberi motivasi bagi guru-guru yang lainnya. Siswa SD merupakan dasar dari pendidikan formal. Dimana mereka masih harus diajarakan melalui hal-hal yang nyata dan mudah dipahami. Hal-hal tersebut bisa berkaitan dengan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja seperti bilangan pecahan yang dihubungkan dengan potongan-potongan pizza ataupun dengan cara yang lainnya. Hal ini tentu akan terasa lebih nyata dan mudah untuk dipahami sebelum mereka beranjak pada sesuatu yang lebih abstrak. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih metode-metode yang sesuai untuk diterapkan dalam kelas pembelajaran tersebut. Jika metode yang digunakan sudah sesuai tentu akan mempermudah siswa untuk memahami materi tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan baik jika guru mengetahui bagaimana karakter dari siswanya. Untuk itu, perlu adanya kejelian dan kepekaan guru terhadap siswanya utuk dapat memutuskan metode apa yang dapat digunakan dalam setiap pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Matematika aspek yang penting. Itulah mengapa matematika sudah dibekali sejak sekolah dasar. Seharusnya memang dari sekolah dasar itulah siswa sudah diajarkan mengenai bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, berasal dari masalah-masalah yang dekat dengan siswa sehingga siswa lebih mudah untuk membangun pengetahuannya sendiri dan sudah terbiasa dengan memecahkan masalah.

    ReplyDelete
  4. Mohon maaf Prof.,
    Saya kesulitan mendapatkan link data lampiran jadi tidak dapat memberikan komentar yang baik.

    Namun demikian, merujuk pada judul saya coba sangat bangga dengan capaian PGSD UNY dengan prestasinya.

    ReplyDelete
  5. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore, Prof.
    Sebenarnya saya mengalami kesulitan dalam mengakses data melalui link yang diberikan. Sehingga, saya tak mampu memberikan komentar yang sesuai dengan konteksnya. Namun, izinkan saya sedikit berkomentar tentang matematika di SD.
    Saya sangat meyakini bahwa matematika itu magic. Matematika bukan hanya tentang rumus dan perhitungan, namun matematika adalah tentang pola pikir. Bagaimana siswa mampu mengolah pemikirannya. Buah dari itu adalah, siswa mampu menganalisis yang menjadikannya problem solver yang baik, kritis, kreatif, dan reflektif. Kemampuan ini justru digunakan dalam segala aspek kehidupan siswa. Urgensinya adalah matematika harus diajarkan dengan metode yang baik sejak SD.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya saya mengalami kendala dalam mendapatkan artikel yang dimaksuda karena saat saya mengakses link yang diberikan, justru membawa saya pada link academia Pak Marsigit dengan seluruh artikel yang ada. Tapi kemudian saya mencari pada kolom pencarian dengan kata kunci dari judul postingan diatas dan saya mendapatkan artikelnya. Alhamdulillah dapat dibuka tetapi sayangnya artikel yang ditampilkan tidak landscape sehingga sulit untuk dibaca. Akhirnya saya memutuskan untuk mendownloadnya dan di rotate sehingga lebih mudah untuk dibaca.
    Garis besar yang dapat saya tangkap dari artikel yang ada adalah tentang "Jejak hasil penelitian Kaye Stacey tentang pemikiran matematika siswa dan pelatihan guru di Indonesia". Pembelajaran dilakukan karena masih banyaknya salah konsep dari siswa sehingga tidak mendukung pemahaman konsep dengan benar. Dalam pembelajaran yang dilakukan adalah untuk melihat kesalahan konsep tentang bilangan desimal dan dididapatkan hasil bahwa masih ada siswa yang mengalami kesulitan menggunakan bantuan garis bilangan untuk mendapatkan bilangan desimal. Selain untuk menumbuhkan konsep, pembelajaran juga dilakukan untuk membuat suasana kelas menjadi lebih interakti lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pembelajaran PGSD wates sangat menginspirasi kita khususnya bagi sarjana pendidikan untuk lebih menghargai ilmu agar mampu memberikan hikmah di masa depan. Khususnya mata pelajaran matematika pada tingkat SD dituntut untuk mengeksplor kemampuan siswa dengan memperbanyak kegiatan. Penelitian dalam artikel yang ditulis diatas adalah tentang diagnosis kesalahan dalam pemahaman konsep siswa pada penempatan nilai bilangan desimal. Didalam penelitian tersebut siswa diajak untuk menemukan sendiri dan guru hanya berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa memecahkan masalah. Penggunaan alat peraga/ model matematika yang digunakan membantu siswa yang mengalami miskonsepsi pada bilangan.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Kita patut berbangga atas pencapaian tersebut. Dalam pembelajaran matematika tingkat SD di Indonesia pengetahuan sudah diberikan lebih banyak pada tahap pengenalan dibandingkan dengan Negara Negara lain. Meskipun demikian, siswa pun mampu dalam mengemban banyaknya pengetahuan dan materi tersebut. Dalam kaitannya di atas yang menggambarkan pembelajaran pengenalan desimal sangat bagus dalam penerapannya namun akan lebih baik jika guru selalu menekankan kepada siswa bahwa matematika itu menyenangkan. Dengan adanya minat dan motivasi pada siswa diharapkan akan mendorong siswa untuk mempunyai rasa ingin tahu yang lebih dan kemandirian belajar yang meningkat. Sebenarnya guru sebagai fasilitator juga meliputi aspek afektif pula. Kita akan optimis jika pendidikan di Indonesia akan dapat terealisasi sepenuhnya dengan pembelajaran yang menyenangkan dan mempunyai keaktifan pada kedua sisi (guru dan siswa)

    ReplyDelete
  9. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pembelajaran tersebut dilaksanakan secara hidup dan interaktif. Dalam proses belajar, siswa dilibatkan melalui interaksi dengan benda-benda konkret yang dekat dengan kehidupannya. Pembelajaran matematika tersebut mampu memfasilitas proses berpikir matematika siswa. Siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri hingga konsep yang dibangunnya benar-benar bermakna. Pembelajaran ini perlu diapresiasi dan dicontoh oleh guru-guru yang lain. Contoh disini dapat diartikan secara luas, yakni mencontoh untuk turut mengembangkan inovasi pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru-guru dapat saling bekerja sama dalam mewujudkannya.

    ReplyDelete
  10. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya turut bangga atas pencapaian S1 PGSD UNY. Semoga ini menjadi inspirasi bagi jurusan lain.

    ReplyDelete
  11. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Tantangan terbesar guru dimulai dari menjadi pendidik untuk anak-anak SD. Mengapa demikian? Hal ini karena pada jenjang sekolah dasar anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dan mulai mengenal serta menerapkan pemikiran yang baru tentang lingkungan sekitarnya. Fokus anak bisa saja terbagi karena anak pada jenjang ini sangat proaktif mencari hiburan duniawi. Guru mempunyai peran yang besar sebagai orang tua kedua yang mengajarkan anak-anak terkhusus berkaitan dengan matematika. Konsep awal yang diberikan haruslah kuat dan benar sehingga anak mendapatkan kesan yang baik selama pelajaran. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Matematika merupakan salah satu pelajaran yang selalu dianggap sulit oleh siswa. Anggapan atau persepsi terhadap matematika tersebut biasanya muncul sejak kecil dimulai dari pembelajaran matematika di SD. Sehingga peranan guru matematika SD sangat penting dalam membuat persepsi yang baik terhadap matematika agar nantinya siswa menyenangi matematika. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru adalah menciptakan suatu pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
  13. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Semoga prestasi yang dicapai PBM 1 Wates dapat menjadi contoh bagi kita semau tentang bagaimana pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada siswa kita sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebelumnya selamat dan turut berbangga atas pencapaian yang telah berhasil diperoleh tersebut. Pembelajaran matematika di SD memang sangat penting karena ini merupakan dasar pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Penanaman konsep matematika pada siswa SD harus benar-benar hati-hati. Pemahaman siswa SD baru berada pada tahap dimana mereka memahami sesuatu bermula dari segala yang konkit. Guru haruslah lebih selektif dalam memilih contoh yang diberikan dalam pembelajaran dan menguatkan konsep tersebut melalui pemberian-pemberian yang termasuk non contohnya.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Matematika SD merupakan matematika dasar dalam belajar matematika. Seorang pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar SD memerlukan metode ataupun teknik dalam mengajar, dimana para siswa baru mencoba mengenal, memahami dan belajar berpikir matematika. Seorang pendidik SD juga harus lebih hati-hati dalam memberikan pelajaran yang menjadi dasar bagi siswa hingga perjalanan menuju tingkat pembelajaran yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  16. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Suatu capaian yang sangat membanggakan apa yang telah diraih oleh S1 PGSD Wates, semoga kami semua dapat mengikutinya. Pembelajaran di sekolah dasar merupakan pembelajaran yang masih dalam tahap konkret. Seorang guru tentunya harus membawakan semua materi yang diajarkan melalui hal-hal yang konkret, dimana hal-hal tersebut adalah sesuatu yang dekat dengan kehidupan nyata atau kehidupan siswa sendiri. Namun seorang guru juga harus mempersiapkan perencanaan pembelajar yang baik seperti model dan metode yang akan digunakan di kelas. Hal ini bertujuan untuk mendukung proses berpikir yang dilakukan oleh siswa dalam memahami konsep yang dipelajari.

    ReplyDelete
  17. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Artikel tersebut membahas tentnag penelitian tentang proses berpikir siswa. Penelitian seperti ini sangat penting dan perlu untuk dilakukan karena akan berguna untuk penyusunan metode/strategi pembelajaran. Dengan mengetahui proses berpikir siswa, guru juga akan mengetahui miskonsepsi apa saja yang terjadi sehingga dapat dilakukan perbaikan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mohon maaf pak prof saya kesulitan untuk mengakses link tersebut sehingga tidak dapat mengomentari sesuai dengan isi yang ada di link tersebut. Pertama saya bangga terhadap pencapaian Mat S1 PGSD turut memberikan selamat. Namun pencapaian tersebut tentunya dilakukan dengan perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan yang baik dan maksimal. Perlu untuk dijadikan sebagai motivasi untuk berkarya bahwa semua bisa dicapai dengan usaha yang maksimal dan didukungpula dengan kerja yang maksimal. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Suatu hal yang menjadi acuan motivasi untuk dapat lebih maju lagi dan menjadi pendidik yang inovatif dan sangat termotivasi untuk lebih kreatif dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran matematika. Tujuan dari kegiatan pembelajaran tersebut adalah untuk dapat membentuk konsep matematika yang dapat mengakar pada diri siswa dan menciptakan pembelajaran yang berupa kegiatan bagi siswa, sehingga bukan lagi pembelajaran yang tradisonal yang dilakukan di Indonesia tetapi pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Terima kasih atas link yang Bapak berikan. Tentunya hal ini menjadi hal yang patut dibanggakan. Dan semoga dengan adanya apresisasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    Go internasional, semoga bisa membanggakan pendidikan Indonesia secara umum dan membanggakan UNY pada khususnya. saya mencoba membuka link file presentasi yang dimaksud tetapi mohon maaf saya belum bisa menemukan file presentasinya di dalam link tersebut
    .

    ReplyDelete