Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

46 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Suatu hal yang menjadi acuan motivasi menjadi pendidik yang inovatif dan sangat termotivasi untuk lebih kreatif dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran matematika. Pembuktian dari para anak bangsa untuk terus mengembangkan potensi mereka dan terus bersaing dengan dunia luar. Bukti bahwa kita juga bisa maksud kegiatan pembelajaran tersebut adalah untuk dapat membentuk konsep matematika yang dapat menciptakan konsep ingatan jangka panjang. Tim ini berusaha menciptakan pembelajaran yang seru bagi siswa agar tidak bosan selama pembelajaran. Membuat belajar menjadi menyenangkan. Sangat kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sebagai seorang calon pendidik seharusnya terus berkaraya dan meningkatkan kemampuan di bidang pembelajaran. Seperti yang dikembangkan pada pembelajaran S1 pendidikan matematika PGSD Wates Go Internasional Menjadi satu hal yang cukup membanggakan. Pembelajaran terlihat inovatif dan memacu motivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang dilakukan. Dengan praktek pembelajaran dari simposium ini harapannya akan mampu menginspirasi para praktisi pendidikan untuk mampu membangun pembelajaran yang inovatif. Dan semoga kedepannya dapat memberikan motivasi yang lebih baik dan memberikan yang lebih baik bagi pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Semoga hal ini dapat menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi para guru, amhasiswa, dan pembaca untuk dapat ikut serta memajukan pendidikan di Indonesia agar kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat menjadi lebih baik lagi. Dengan ditayangkan pada symposium menambah rasa bangga dan motivasi untuk mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Peran serta dari semua pihak dalam bidang pendidikan akan sangat membantu perkembangan pendidikan di Indonesia. Semoga itu menjadi salah satu pemicu semangat kaum muda untuk melanjutkan cita – cita bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan agar lebih maju lagi dan semakin banyak prestasi yang diraih.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof, semoga dapat menambah motivasi saya dalam meningkatkan pembelajaran dan saya ucapkan selamat serta apresiasi atas Pembelajaran Matematika S1 PGSD Wates Go Internasional. Semoga kita dapat mengikuti jejaknya. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode yang bervariasi dan selalu melibatkan siswa(siswa yang lebih aktif) akan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Apalagi kalau didukung dengan guru yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini akan menjadikan pembelajaran tersebut menjadi contoh yang baik dan dapat ditiru.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Seorang guru yang baik adalah guru yang tidak hanya ADA, tetapi juga MENGADA dan menjadi PENGADA. Artinya bahwa seorang guru juga harus selalu melakukan perubahan atau inovasi dalam pembelajaran. Setiap tahun, siswa yang diajar selalu berganti. Dan kita ketahui bahwa karakter setiap manusia pasti berbeda-beda. Jika seoarng guru mengajarkan hal yang sama dan dengan cara yang sama pula setiap tahunnya, maka guru tersebut dapat dikatakan TIDAK ADA. Bagaimana bisa mengajar dengan cara yang sama padahal karakter siswa berbeda. Berarti guru tersebut tidak memperhatikan kebutuhan siswanya. Sebagai calon guru, tentunya harus mengetahui hal tersebut. Karya-karya yang telah diraih ketika masih di bangku perkuliahan tentunya sangat diharapkan dapat diimplementasikan ketika terjun secara langsung yakni ketika menjadi seorang guru. Tentunya hal ini tidaklah mudah, karena kenyataan belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan. Meskipun demikian, setidaknya kita memiliki modal bahwa kita mampu untuk terus berinovasi. Seirig berjalannya waktu dan seiring bertambahnya pengalaman dalam dunia pendidikan, tentunya karya-karya tersebut dapat digunakan secara maksimal.

    ReplyDelete
  7. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Apresiasi tinggi perlu kita lakukan dalam pembelajaran matematika S1 PGSD FIP UNY tersebut, yang membanggakan karena pola ajar yang menurut saya sangat baik. Semoga dari hal tersebut menjadi cambuk untuk guru yang lain untuk berbuat serupa. Guru memeiliki peran yang sangat esensial dalam menentukan kesuksesan pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Selalu berinovasi lah dalam suatu pendidikan karena dengan inovasi kita dapat melakukan apa yang kita inginkan. Dengan adanya inovasi amka setia hari dan seterusnya kita akan selalau berpikir apalagi yang harus kita lakukan sehingga mamapu membuat kita berpikir kritis dan mampu melatih otak kita untuk berpikir, karena memang seharusnya otak itu digunakan untuk berpikir. Sebagaimana pendidikan matematika S! PGSD yang Go international dalam masalah pemebalajran matematika. Sehingga dengan adanaya karya anak negeri ini kita bisa menaikan grade indonesia dimata dunia.

    ReplyDelete
  9. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sangat membanggakan jika pembelajaran di Indonesia dilihat oleh luar negeri,serta menjadi contoh warga internasional. semoga ke depannya lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Adanya prestasi ini kita patut merasa bangga, namun tidak hanya sebatas itu saja. Lebih mengembangkan diri sebagai guru atau pengajar sehingga pendidikan Indonesia kembali diapresiasi oleh orang luar negeri. Karena dengan ini, kita bisa lebih percaya diri bahwa kita mampu bersaing, mampu menciptakan hal yang menarik bagi orang lain. Dan manfaatnya juga dapat dirasakan siswa kita sendiri, ketika pembelajaran yang dilakukan baik dan menarik siswa menjadi senang belajar. Mungkin saat ini PBM Mat S1 PGSD Wates yang go Internasional. Mungkin di kemudian hari Mat S1 yang lain. Aamiiin...

    ReplyDelete
  11. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Apresiasi yang setinggi-tingginya saya berikan dalam pengembangan pembelajaran oleh Pembelajaran Matematika S1 PGSD Wates Go Internasional. Ini menajadi kebanggaan sekaligus cambukan bagi kita semua calon pendidik, agar lebih ikhlas dalam mengajar. Pembelajaran inovatif yang seperti inilah yang dirindukan oleh siswa. Seperti yang disebutkan di elegi blog ini bahwa kerinduan yang sebenarnya adalah rindu milik siswa dimana siswa merasa nyaman jika dalam pelajaran menggunakan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  12. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Suatu prestasi yang membanggakan Indonesia dapat terlibat di dalam pendidikan internasional. Semoga prestasi ini tidak hanya berhenti sampai di sini, namun dapat berkembangkan pada aspek lainnya. Semua itu tak terlepas dari inovasi – inovasi yang terus dilakukan dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Setiap bangsa mempunyai karakteristik masing-masing dalam budaya dan cara hidup. Pembelajaran yang dilakukan di suatu negara menyesuaikan dengan karakter yang dimiliki oleh suatu bangsa. Pembelajaran internasional menurut saya tidak hanya dengan menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar dalam pembelajaran tetapi lebih kepada inovasi dan kreasi dalam pembelajaran. Inovasi dan kreasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya pembelajaran berkualitas tersebut didiskusikan bersama dengan negara lain. Hal-hal positif dan sesuai dengan budaya bangsa tersebut dapat diadopsi sedangkan yang kurang sesuai tetap dipelajari untuk melihat kelebihan dan kekurangannya.

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penerapan metode/pendekatan/strategi yang tepat tentu saja sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan pembelajaran yang interaktif salah satunya maka dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, sehingga pembelajaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai sasaran pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Bagi siswa SD, pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan lebih tertanam dalam benaknya sehingga ilmu yang didapat akan melekat. Pembelajaran matematika SD yang kreatif dan inovatif butuh media dan alat peraga, karena kemampuan kognitif anak SD masih dalam tahap berpikir konkret. Hal tersebut akan membantu siswa dalam memahami konsep matematika dan membantu membangun pengetahuan matematika dalam dirinya.

    ReplyDelete
  16. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan selalu melibatkan siswa (siswa yang lebih aktif) akan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Apalagi jika didukung dengan guru yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini akan menjadikan pembelajaran tersebut menjadi contoh yang baik dan dapat ditiru.

    ReplyDelete
  17. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan go internasionalnya Pembelajaran matematika PGSD semoga dapat menginspirasi yang lain untuk senantiasa berusaha untuk memperbaiki Pembelajaran matematika agar dapat meraih pencapaian yang sama. Untuk siswa SD pembelajaran Matematika membutuhkan media yang kongkrit. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi pemahaman siswa yang maaih pada tahap enaktif. Selain itu media konkrit juga dapat meningkatkan minat siswa dikarenakan siswa diminta untuk melakukan aktivitas motorik sehingga berpotensi mengurangi kejenuhan.

    ReplyDelete
  18. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sebagai guru kita harus terus meningkatkan kualitas kita sebagai guru, terus belajar sehingga kita mampu untuk menghadirkan atau bahkan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk siswa agar siswa mampu memahami konsep yang kita ajarkan. Semoga hal ini mampu memotivasi guru-guru di luar sana untuk terus mengembangkan kualitas mengajarnya sehingga pendidikan di Indonesia bisa terus membaik.

    ReplyDelete
  19. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hal tersebut sangat memotivasi saya, atau lebih umumnya adalah universitas karena pencapaian itu pastilah membanggakan. Saat pencapaian itu dilakukan dengan baik dan bersungguh-sungguh maka akan setimpal balasannya

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari file yang diunggah oleh pak Prof dijelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran S1 PGSD kepada siswa SD mengenai bilangan desimal. Proses berfikir siswa mengenai pembelajaran bilangan desimal mula-mula didiagnosis kesalahpahamannya, lalu dianalisis dan akhirnya dibantu oleh guru dalam membenarkan miskonsepsinya dengan caranya sendiri (siswa). Pembelajaran menekankan kepada metode yang sesuai dengan kemampuan kognisi anak, dimana membutuhkan model konkrit dalam pembelajaran, juga siswa diarahkan untuk menjalani pembelajaran bermakna, sehingga tercapai pembelajaran yang baik

    ReplyDelete
  21. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Semoga dengan adanya contoh seperti ini, dapat memicu semangat para calon pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan media-media yang dapat membantu peserta didik belajar matematika dengan senang, gembira, dan mudah melekat dalam benak mereka. Sehingga, seiring berjalannya waktu, matematika bukan lagi merupakan mata pelajaran yang membosankan bahkan menakutkan, melainkan matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  22. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pembelajaran matematika S1 PGSD dengan berdasarkan pada penelitian Kaye Stacey mengenai pemikiran matematis siswa dan pelatihan guru di Indonesia. Pembelajaran matematika dengan menggunakan diagnosis kesalahpahaman yang akan membuat siswa belajar untuk lebih paham, analisis pemikiran siswa dan penggunaan model dalam kehidupan sehari-hari atau kongkret pada awal pembelajaran. Dalam proses pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah sehari-hari materi desimal, siswa terlihat aktif dalam pembelajaran baik dalam diskusi maupun presentasinya di depan kelas. Nah inilah yang harusnya dilakukan oleh pendidik di Indonesia agar pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran dua arah.

    ReplyDelete
  23. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Pada umumnya siswa SD masih berpikir sederhana belum mampu merefleksikan lebih jauh dari pemahamannya. Daya kritis anak-anak merupakan daya kritis yang sederhana. Pembelajaran PGSD Wates diatas diharapkan dapat dijadikan contoh oleh sekolah-sekolah lain, dalam setiap pembelajaran seorang guru harus memahami tahap perkembangan siswa, terutama tahap perkembangan kognitifnya. karena hal tersebut akan mempengaruhi pemahaman siswa. Oleh karena itu pembelajaran matematika untuk anak SD sebaiknya dikemas dengan menggunakan contoh-contoh konkrit.

    ReplyDelete
  24. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ini salah satu bukti bahwa kegiatan pembelajaran di Indonesia bisa disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai kualitas yang tidak diragukan. Hal ini terlihat dari kegaitan pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang dihadirkan pada acara Internasional Kayes Symposium Melbourne tanggal 8 Juli 2013. Awal yang baik untuk bisa membawa pendidikan Indonesia go internasional tanpa lupa untuk memperbaiki dan terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimkasih prof atas pengetahuan yang saya dapat dari paparan link yang prof berikan tentang pembelajaran S1 pendidikan matematika PGSD Wates Go Internasional, saya mengapresiasi sekali pada S1 PGSD UNY ini, ini menjadikan saya untuk berinovasi dalam pembelajaran kelak.

    ReplyDelete
  26. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru kita harus menghargai cara berpikir siswa. Memahami cara berpikir matematika siswa dapat dilakukan dengan mendiagnosis miskonsepsi yang sering dilakukan siswa pada umumnya, menganalisis pikiran siswa setelah dijelaskan, membantu siswa untuk berhati-hati agar tidak terjadi miskonsepsi, serta menggunakan model konsentrasi pada tahap awal pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Programme for International Student Assessment (PISA) pertama kali dilakukan pada tahun 2000 dan diulang setiap tiga tahun sekali. PISA bertujuan untuk meningkatkan kebijakan dan hasil pendidikan di suatu negara. PISA akan berdampak pada naiknya mutu pendidikan suatu negara. Berdasarkan hasil PISA, kita dapat memahami apa yang menyebabkan perbedaan prestasi di seluruh negara sehingga pendidik dapat mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia. PISA tahun 2009 menempatkan Indonesia pada peringkat bawah 10 besar, dari 65 negara. Dari hasil survei tersebut terlihat jelas bahwa prestasi peserta didik di Indonesia masih tertinggal.

    ReplyDelete
  28. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Selamat kepada PGSD Matematika. semoga prestasi yang diraih akan terus meningkat. Terimakasih Prof. Marsigit atas link presentasi yang diberikan. Sangat inspiratif. Semoga pendidikan di Indonesia senantiasa maju dan diapresiasi dunia.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Tulisan tersebut sangat memacu motivasi mahasiswa dari program studi, khususnya diri saya untuk bisa go internasional seperti program studi PGSD. Selain go internasional, kita juga perlu visit internasional. Seorang guru saya pernah menasehati saya, jika ingin bisa mengelola sebuah kecamatan, kita harus berpikiran minimal tingkat kecamatan. Jika kita ingin mengelola sebuah kabupaten, kita harus berpikiran minimal tingkat kabupaten. Jika ingin mengelola negara, kita harus berpikiran tingkat nasional. Jika ingin mengelola dunia, kita harus berpikiran tingkat internasional. Untuk bisa meningkatkan dimensi berpikir, kita harus berada dilingkungan orang-orang yang berpikiran lebih tinggi dari kita. Maka visit internasional penting untuk dapat go internasional.

    ReplyDelete
  30. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Nilai matematka siswa Indonesia berdasarkan PISA masih rendah. Rendahnya nilai ini dapat kita jadikan evaluasi sekaligus motivasi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun, jangan sampai kita hanya berfokus pada hasil. Terlebih tes PISA bukanlah suatu tes yang dapat dikerjakan dengan cara-cara singkat, melainkan butuh pemahaman yang baik. Pembelajaran yang dipaparkan oleh profesor Stacey merupakan pembelajaran matematika yang menuntut siswa untuk berpikir kritis serta menggunakan intuisi. Intuisi yang digunakan di sini adalah intuisi mengenai panjang. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika, kita sebaiknya menggunakan intuisi agar lebih mudah dipahami siswa sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  31. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Luar biasa, sangat memotivasi saya untuk meningkatkan kemampuan mengajar saya sehingga dapat menerapkan pembelajaran inovatif yang efektif.

    ReplyDelete
  32. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada dasarnya anak SD menginginkan belajar sambil bermain, sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi anak SD, untuk itu dengan penggunaan media pembelajaran dengan benda konkrit, maka anak SD akan menyukainya, mereka akan tertarik dan akan memahami makna dari pembelajaran matematika tersebut.

    ReplyDelete
  33. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Sungguh suatu prestasi yang membanggakan, apabila pembelajaran matematika yang ada di negeri ini juga ternyata diakui dan dihargai oleh negara-negara lain secara internasional. Hal ini menunjukkan bahwa di tengah banyaknya berita-berita yang tidak mengenakkan mengenai masalah pendidikan di Indonesia, ternyata masih ada harapan bahwa sebenarnya kita mampu bersaing dan menjadi salah satu negara yang dapat dijadikan panutan oleh negara-negara lain dalam hal pendidikan. Siswa Indonesia yang selalu mendapatkan predikat siswa yang tidak terlalu pandai karena posisinya yang selalu berada di ranking bawah dunia menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh lembaga internasional ternyata tidak menggambarkan secara utuh kondisi siswa Indonesia yang sebenarnya secara keseluruhan. Oleh karena itu, hasil tersebut janganlah dijadikan suatu acuan utama kita dalam melihat kondisi siswa Indonesia, jadikanlah hasil tersebut sebagai pecutan atau dorongan bahwa pendididikan di Indonesia bisa lebih baik dari itu semua.

    ReplyDelete
  34. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai seorang guru sepatutnya kita harus mempersiapkan secara matang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Bagi guru maupun calon guru jangan sampai menganggap bahwa siswa itu sama sekali tidak memiliki pengetahuan. Tpi seharusnya guru maupun calon guru tanamkan bahwa siswa itu memiliki ribuan ide kreatif dan tugas guru maupun calon guru adalah menjadi fasilitator agar mereka bisa mengeluarkan ide-ide kreatif mereka.

    ReplyDelete
  35. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof telah mem-posting link tentang prestasi Pgsd S1 yang sudah go Internasional. Ini bisa menjadi motivasi saya juga orang lain yang mempunya profesi guru maupun yang akan menjadi guru. Dengan di share-nya postinya seperti ini, akan memancing agar termotivasi.

    ReplyDelete
  36. Dwi Kawuryani
    14301241049 (Pendidikan Matematika I 2014)

    Seorang guru memiliki perang sebagai fasilitator siswa, selain memiliki perang sebagai pengajar, guru juga memiliki peran sebagai pelajar karena tetap berkewajiban untuk belajar, mengembangkan kemampuan mengajarnya agar dapat terus lebih baik. Salah satu motivasi untuk belajar dapat berasa dari banyak hal, salah satunya dengan membaca artikel seperti diatas, membuat pembaca termotivasi agar tidak berhenti belajar.

    ReplyDelete
  37. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari file presentasi yang berjudul Imprints of Kaye Stacey’s research on students’ mathematical thinking and teacher training in Indonesia, setelah dilakukannya pembahasan terkait judul diatas diharapkan agar kedepannya meningkatkan penelitian tentang pemikiran siswa untuk menginformasikan pembelajaran matematika, lebih banyak penelitian logitudinal, mendukung penelitian yang berkembang secara internasional, memperluas eksposur untuk siswa, guru dan akademisi serta meningkatkan penelitian kolaboratif dan publikasi

    ReplyDelete
  38. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Pembelajaran PGSD Wates yang dilakukan seperti itu terlihat sangat menarik. Semoga mampu menginspirasi perguruan tinggi lainnya, sehingga juga dikembangkan program serupa sehingga mampu mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten dan mampu menjadi pendidik yang profesional kedepannya.

    ReplyDelete
  39. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematiak I 2014

    Terimakasih pak, benar-benar menginspirasi dan memotivasi untuk mengupgrade diri menjadi pendidik yang baik. Tidak hanya skala nasional namun juga internasional. Amiin

    ReplyDelete
  40. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematika memang sering menjadi momok, semboyan dari dulu hingga akhir mengenai matematika "Ketika kecil masalah kita hanya PR matematika" masih sering didengar bahkan sudah menjadi meme. Hal ini karena pembelajaran matematika SD masih belum ideal. Saya sering mendapat curhatan dari keluarga saya mengenai susahnya mendampingi anak SD dalam belajar matematika yang memang di daerha saya pembelajaran masih sangat tradisional yakni masih berpusat paada guru. Melihat link ini menjadikan saya termotivasi bagaimana dalam belajar mengajar siswa SD sehingga kesan matematika mulai bergeser menajdi sesuatu yang asik dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  41. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran matematika dalam ranah SD idealnya menekankan pada suatu kegiatan aktivitas. Selaras dengan apa yang di sampaikan oleh Prof. marsigit dalam perkuliahan. karena sejatinya pembelajaran matematika SD merupakann suatu kegiatan , aktivitas atupun identifikasi suatu permasalahan kontekstual.

    ReplyDelete
  42. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Melihat artikel yang Bapak berikan, saya mendapatkan motivasi bahwa pembelajaran itu bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Selain itu dari link yang Bapak berikan bisa dijadikan inspirasi dalam pembelajaran matematika di kelas. Bahwa ada alternatif lain untuk melakukan pembelajaran inovatif melalui variasi metode, variasi media dan lain - lain

    ReplyDelete
  43. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Kita perlu mengapresiasi pencapaian yang telah didapatkan oleh kampus FIP UNY Wates karena sudah dapat Go Internasional dimana pembelajaran matematika nya ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium.

    ReplyDelete
  44. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Semoga hal tersebut dapat memotivasi kita agar melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik agar kita juga dapat menyusul mengenalkan pembelajaran yang baik di luar negeri oleh banyak orang.

    ReplyDelete
  45. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    dari artikel yang Bapak berikan yang berjudul pbm mat s1 pgsd wates go internasional, dapat menjadikan saya dan mahasiswa pendidikan matematika lainnya termotivasi agar nantinya dapat menciptakan karya karya yang bisa bersaing di tingkat internasional juga.

    ReplyDelete
  46. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran seorang guru yang go internasional sangat memotivasi terutama untuk diri saya sendiri. Dengan go internasionalnya Pbm amat S1 menandakan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan sesuatu untuk siswa dan sangat baik dalam pembelajaran. Semoga kelak dapat mencontoh dan menginspirasi bagi kalangan pendidik yang lainnya.

    ReplyDelete