Feb 26, 2011

Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1




Oleh Marsigit

Fungsi:
Wahai variabel x, operator sama dengan, dan bilangan satu. Engkau semua saya panggil kemari karena saya ingin mengadakan pertunjukkan perihal fungsi x sama dengan satu. Oleh karena itu saya ingin mengetahui persiapanmu semua. Engkau juga saya silahkan untuk mengenalkan dirimu masing-masing serta tugas-tugasmu. Silahkan.

Variabel x:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah variabel. Khususnya namaku adalah variabel x. Fungsiku adalah sebagai rumah semua bilangan. Penghuniku bisa bilangan kontinu, bilangan diskret, bilangan pecah, bilangan realPost Options, bilangan rasional, bilangan kompleks, dst. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Operator sama dengan:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah operator sama dengan. Lambangku adalah “=”. Fungsiku adalah mengidentikan semua yang ada di sebelah kiriku dan di sebelah kananku. Aku juga mengidentikan sebelum dan sesudahku. Tiadalah dapat terbebas dari hukumku, jika telah aku pasang lambangku. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Bilangan satu:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah bilangan satu. Aku mempunyai beberapa sifat sekaligus. Bilangan satu itu adalah bilangan ganjil. Aku juga bilangan pertama dari membilang. Aku adalah bilangan rasional. Aku juga bilangan bulat. Aku juga bilangan positif.

Fungsi:
Wahai varfiabel x, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah rumah dari semua bilangan. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau tidak lagi hanya berfungsi sebagai rumah bilangan, tetapi engkau akan aku beri tugas sebagai rumah dari segala hal. Segala hal yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiranmu dan dalam hatimu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai operator sama dengan, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau berfungsi menyamakan apapun yang ada di sebelah kirimu dan di sebelah kananmu. Engkau juga berfungsi menyamakan sebelum dan sesudahmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat.
Tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai bilangan satu, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah bilangan satu dengan semua sifat-sifatmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau akan aku beri tugas sebagai penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai variabel x, telah aku tetapkan bahwa engkau adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan. Maka kewajibanmu adalah selalu bertanya kepada operator sama dengan tentang penunjukkan dari semua dirimu.
Wahai operator sama dengan, telah aku tetapkan bahwa tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Maka sadarkanlah semuanya itu.
Wahai bilangan satu, engkau adalah penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai semuanya kita adalah fungsi x sama dengan satu. Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Nya. Maka cukup jelaslah kiranya, bahwa tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendak Nya.

18 comments:

  1. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dari elegi menggapai fungsi f(x)=1 ini saya menagkap bahwa ternyata kuasa kehendak tuhan dapat dijelaskan menggunakan bahasa matematika. hal ini berarti matematika mampu menerangkan ranah spiritual. Tidak hanya melulu tentang soal permasalahan sehari hari yang biasa diselesaikan oleh siswa namun juga mampu menjelaskan tentang kuasa tuhan.

    ReplyDelete
  2. Muh Wildanul Firdaus
    17709251057
    Pendidikan Matematika S2 Kelas C

    Fungsi f(x)=1 menjelaskan bahwa segala hal yang ada dan mungkin ada adalah merupakan kehendak dari Yang Maha Esa. Segalanya hanya milik Yang Maha Satu. Dan KepadaNya lah segala ha yang ada dan yang mungkin ada itu kembali.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hal yang dapat saya pelajari dari elegi ini adalah bahwa semua hal yang ada dan yang mungkin ada selalu bermuara kepada-Nya. Semua diciptakannya dan akan kembali kepada-Nya. Bahwasannya apapun yang kita lakukan pada akhirnya akan kembali kepada-Nya. Sebesar apapuk kekuatan yang kita miliki, namun kekuatan itu hanya satu, yaitu kekuatan-Nya. Tuhanlah pemilik semuanya, yang melekat pada diri kita. Seberapa luas ilmu yang kita miliki, namun ilmu yang luas itu hanya satu, yaitu ilmu-Nya yang meliputi alam semesta. Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete

  4. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Matematika merupakan ilmu yang universal. Seperti artikel ini merupakan bukti bahwa matematika dapat mencakup ranah spiritual. Saya menganggap nilai x disini merupakan analogi dari manusia , apapun yang dilakukan pada akhirnya hanya membutuhkan ridho Allah.

    ReplyDelete
  5. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Fungsi ini menggambarkan kekuatan absolut yang menguasai kehidupan ini. Telah dijelaskan bahwa x adalah variabel yang bisa di sisi dengan apa saja. Bisa bilangan besar. Bisa bilangan yang rumit. Yang komplek. Segala bilangan yang ada dan mungkin ada. Jika kita analogikan dengan kehidupan. Maka variabel x bisa di isi dengan apa saja juga. Bisa hal – hal yang mempunyai kekuatan besar. Manusia yang mempunyai kekuasaan, pangkat tinggi atau golongan yang high class. Tapi lihatlah, dengan apapun variabel itu di isi, hasilnya akan sama. Akan kembali ke satu keesaan yang maha Esa. Itulah Allah SWT

    ReplyDelete
  6. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Banyak hal dalam matematika yang dapat kita ambil pelajaran untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya fungsi f(x)=1.x merupakan variabel dari segala sesuatu yang ada di dunia dan di akhirat, baik yang ada dan yang mungkin ada. = merupakan kesadaran kita tentang yang satu. 1 adalah penunjukan bahwa segala sesuatu itu tidaklah terlepas dari kehendak Tuhan. Artinya kita haruslah menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi merupakan kehendak Nya. Maka hendaklah kita menyingkirkan segala kesombongan yang kita miliki karena hakekatnya apa yang kita miliki hanyalah titipan.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Segala sesuatu akan kembali kepada Allah SWT, dan segala sesuatu harus berpusat kepada yang satu yaitu Allah SWT. Elegi ini menurut saya mengungkapkan nilai religius dalam matematika. f(x)=1 apapun itu fungsinya, apapun itu yang disubtitusi ke dalam fungsi ia akan menjadi 1, kembali 1.

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini tidak terlepas dari kehendak dan kuasa Tuhan. Apapun yang terjadi tidak mungkin terjadi jika Tuhan menghendakiNya maka akan terjadi. Jadi sekeras dan sekuat apapun usaha yang kita lakukan, jangan pernah berhenti untuk berdoa. Jangan pernah berhenti untuk meminta pertolongan dan petunjuk Tuhan.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dalam menggapai fungsi f(x)=1, manusia dapat belajar mengenai ilmu spiritual. Dimana semua yang ada di dunia ini tidak bisa lepas dari kehendak Allah swt. Allah yang memberikan kehidupan, cobaan, dan kehancuran bagi alam semesta. Oleh karena kita sebagai makhluk-Nya sudah sepantasnya menjadikan Allah sebagai tujuan hidup.

    ReplyDelete
  10. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs P. Mat C
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Fungsi f(x)=1. x merupakan variabel dari segala sesuatu yang ada di dunia dan di akhirat, baik yang ada dan yang mungkin ada. = merupakan kesadaran kita tentang yang satu. 1 adalah penunjukan bahwa segala sesuatu itu tidaklah terlepas dari kehendak Tuhan. Sehingga kita perlu menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini sudah merupakan kehendak Allah SWT. Dengan demikian, tak sepantasnya kita berlaku sombong karena semua yang kita miliki hanyalah titipannya.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Elegi ini mengajarkan pada kita, bahwa bentuk persamaan pun bisa mendekatkan diri kita pada Allah. Dimana semua yang ada dan yang mungkin ada ini merupakan kehendak dari-Nya. Tiadalah ada dan yang mungkin ada bila tanpa kehendak-Nya. Dan bila Tuhan telah berkehendak, jangankan yang ada, yang tidak ada pun bisa diadakan, hanya dengan mengatakan “kun fayakun (jadi, maka jadilah)”. Sekali lagi elegi ini membuktikan bahwa matematika pun bisa mengantarkan kita agar menjadi pribadi yang lebih beriman, dimana kita tidak memisahkan antara agama dan kehidupan dunia, khususnya dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  12. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Fungsi menggambarkan suatu input, proses, dan output yang meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Semuanya bermula dari hati dan pikiran yang diproses kemudian dihasilkan dalam bentuk perilaku didunia yang akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Elegi menggapai fungsi f(x)=1.
    X disini tergantung ruang dan waktunya.
    =adalah kesadaran kita tentang yang satu(1)
    Dalam konsep matematika berapapun x nya fungsi tersebut bernilai Satu.
    Hal ini juga menunjukkan bahwa semua hal yang ada dinuia ini tidak terlepas dari yang Maha Satu Maha Esa yaitu Allah SWT

    ReplyDelete
  14. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Fungsi f(x)=1 dapat diandaikan sebagai suatu fungsi dalam kehidupan kita. Fungsi tersebut bermakna bahwa segala sesuatu yang kita jalani yang ada dan yang mungkin ada akan bermuara atau kembali ke yg ‘1” . 1 yang dimaksud dalam fungsi tersebut adalah ALLAH SWT. Hanya Dia yang Maha Esa. Segala sesuatu yang ada dan mungkin ada itu meliputi hati dan pikiran kita.

    ReplyDelete
  15. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini, semua kemungkinan yang terjadi, selalu merujuk kepada satu hal yaitu Allah. Semua yang ada dan yang mungkin ada selalu ada dalam kuasa-Nya karena Allah lah pemilik alam semesta.

    ReplyDelete
  16. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Rencana yang diberikan oleh manusia semaksimal mungkin, tidak akan terjadi jika rencana tersebut tidak dikehendaki oleh Tuhan yang menciptakan dunia ini untuk dilaksanakan. Sehingga, apa yang terjadi di dunia ini mulai dari yang ada dan yang mungkin ada merupakan kehendak dari Tuhan. Jadi, setelah memiliki rencana usahakan untuk bertawakkal agar rencana yang kita inginkan itu dapat diridhoi oleh Tuhan sehingga rencana yang kita inginkan berjalan dengan baik.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  17. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Filsafat dapat merangkau berbagai ilmu, misalnya matematika. Dengan filsafat ilmu yang tadinya sangat abstrak akan coba dijelaskan dengan semudah-mudahnya kepada orang lain, seperti yang telah dicontohkan dalam elegi ini.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  18. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. hidup dapat dianalogikan seperti fungsi konstan f(x)=1. fungsi ini berarti nilai x dapat disubstitusi atau diganti dengan segala yang ada dan mungkin ada, namun akan menghasilkan 1. artinya semua yang ada an mungkin ada di dunia ini adalah berasal dan akan kembali kepada satu, Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete