Feb 26, 2011

Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1




Oleh Marsigit

Fungsi:
Wahai variabel x, operator sama dengan, dan bilangan satu. Engkau semua saya panggil kemari karena saya ingin mengadakan pertunjukkan perihal fungsi x sama dengan satu. Oleh karena itu saya ingin mengetahui persiapanmu semua. Engkau juga saya silahkan untuk mengenalkan dirimu masing-masing serta tugas-tugasmu. Silahkan.

Variabel x:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah variabel. Khususnya namaku adalah variabel x. Fungsiku adalah sebagai rumah semua bilangan. Penghuniku bisa bilangan kontinu, bilangan diskret, bilangan pecah, bilangan realPost Options, bilangan rasional, bilangan kompleks, dst. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Operator sama dengan:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah operator sama dengan. Lambangku adalah “=”. Fungsiku adalah mengidentikan semua yang ada di sebelah kiriku dan di sebelah kananku. Aku juga mengidentikan sebelum dan sesudahku. Tiadalah dapat terbebas dari hukumku, jika telah aku pasang lambangku. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Bilangan satu:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah bilangan satu. Aku mempunyai beberapa sifat sekaligus. Bilangan satu itu adalah bilangan ganjil. Aku juga bilangan pertama dari membilang. Aku adalah bilangan rasional. Aku juga bilangan bulat. Aku juga bilangan positif.

Fungsi:
Wahai varfiabel x, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah rumah dari semua bilangan. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau tidak lagi hanya berfungsi sebagai rumah bilangan, tetapi engkau akan aku beri tugas sebagai rumah dari segala hal. Segala hal yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiranmu dan dalam hatimu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai operator sama dengan, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau berfungsi menyamakan apapun yang ada di sebelah kirimu dan di sebelah kananmu. Engkau juga berfungsi menyamakan sebelum dan sesudahmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat.
Tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai bilangan satu, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah bilangan satu dengan semua sifat-sifatmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau akan aku beri tugas sebagai penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai variabel x, telah aku tetapkan bahwa engkau adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan. Maka kewajibanmu adalah selalu bertanya kepada operator sama dengan tentang penunjukkan dari semua dirimu.
Wahai operator sama dengan, telah aku tetapkan bahwa tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Maka sadarkanlah semuanya itu.
Wahai bilangan satu, engkau adalah penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai semuanya kita adalah fungsi x sama dengan satu. Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Nya. Maka cukup jelaslah kiranya, bahwa tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendak Nya.

17 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Sebenarnya kita hidup di dunia ini ibarat Fungsi X yang mana fungsi tersebut dapat menentukan kita nanti kedepannya beserta variabel-variabel yang mendukung. Dimana variabel-variabel itu selalu melengkapi suatu fungsi itu. F(x)=1 berarti tujuan kita hanya satu yaitu mengarapkan ridho Allah SWT. Dan Angka satu adalah Allah yang Esa. Dapat dikatakan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Segala perbuatan yang kita lakukan di dunia ini, sengaja atau tidak sengaja, besar atau kecil, benar atau salah, semuanya akan kita pertanggungjawabkan di akhirat. Oleh karena itu, kita harus berusaha melakukan kebaikan – kebaikan, meningkatkan iman dan taqwa kepada Nya, dan menghindari segala keburukan. Jadilah manusia yang selalu berusaha meningkatkan dimensinya. Hal ini dilakukan semata hanya untuk menggapai “f(x) = 1” yaitu menggapai Rahmat dan Hidayah Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dalam kehidupan,fungsi f(x) = 1 dapat ditafsirkan sebagai semua perbuatan manusia (sebagai salah satu pengganti variabel x) harus selalu berorientasi untuk menggapai Ridhlo dari yang 1, yaitu Sang Pencipta, Allah SWT. Secara umum, untuk menggapai Ridhlo dari Allah SWT kita harus selalu berusaha untuk melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dengan penuh keihlasan.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dalam fungsi f (x) = 1, menarik sekali ketika mengetahui bahwa terdapat nilai spiritual di dalamnya. Hal tersebut bisa diketahui karena kita menggunakan akal pikiran dan hati nurani kita untuk memaknainya dan tidak lain juga karena kita telah memandangnya dengan kaca mata filsafat yang mengarah pada bentuk refleksi diri dan segala perbuatan ditujukan hanya untuk menggapai ridha Allah. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi x sama dengan satu (ditulis dengan lambang, f (x) = 1 ): “x” berarti segala perbuatan dan pikiran manusia yang ada dan yang mungkin ada ; “=” berarti kesadaran manusia ketika hendak melakukan perbuatan dan pemikiran-pemikiran ; “1” berarti bahwa segalanya hanya ditujukan kepada yang Maha Esa yaitu Allah.

    ReplyDelete
  5. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Fungsi ini menggambarkan kekuatan absolut yang menguasai kehidupan ini. Telah dijelaskan bahwa x adalah variabel yang bisa di sisi dengan apa saja. Bisa bilangan besar. Bisa bilangan yang rumit. Yang komplek. Segala bilangan yang ada dan mungkin ada. Jika kita analogikan dengan kehidupan. Maka variabel x bisa di isi dengan apa saja juga. Bisa hal – hal yang mempunyai kekuatan besar. Manusia yang mempunyai kekuasaan, pangkat tinggi atau golongan yang high class. Tapi lihatlah, dengan apapun variabel itu di isi, hasilnya akan sama. Akan kembali ke satu keesaan yang maha Esa. Itulah Alloh SWT.

    ReplyDelete
  6. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Jika membahas berkenaan dengan filsafat. Maka segala macam bentuk dalam matematika pun dapat dipahami secara filsafat pula. Seperti hal nya fungsi x sama dengan 1 atau dapat ditulis f(x) = 1.Tinjauan filosofi dari fungsi f(x) = 1 sesungguhnya menyadarkan kita bahwa semua yang ada dan yang mungkin ada yaitu dunia dan akhirat tidak terlepas dari kehendak dan kuasa Tuhan. Sehingga sebagai seorang manusia yang ada di dunia ini tentu kita harus sadar bahwa kita salah satu dari bermilyar-milyar hal dari yang ada dan yang mungkin ada yang juga tidak luput dari kehendak dan kuasa Tuhan. Tuhan selalu mengawasi dan bersama dengan kita, maka hendaknya kita harus berbuat amal kebaikan sesuai dengan perintahNYA serta menjauhi segala keburukan yang menjadi laranganNYA

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fungsi “f(x)” adalah objek filsafat segala yang ada dan mungkin ada. Sedangkan “= 1” artinya kesadaran akan sesuatu tidak terlepas atas kehendak-Nya. Jadi, f(x) = 1 adalah kesadaran bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada terjadi atas kuasa dan kehendak-Nya.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Nya.
    Dari persamaan itu terlihat jelas bahwasannya yang ada di dunia tidak lepas dari kuasa dan kehendakNya. Sehingga sudah menjdi kkewajian setiap manusia untuk selalu ikhtiar dan bersyukur akan semua yang terjadi.

    ReplyDelete
  9. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Selama ini matematika menurut orang awam hanya identik dengan bilangan, simbol, rumus dan hal-hal yang abstrak, hanya sebatas itu. Namun siapa sangka jika dari salah satu bentuk fungsi yaitu f(x)=1 di dalamnya terkandung begitu banyak hal yang mampu digali dari segi spiritual. Hal tersebut lagi-lagi bergantung dari bagaimana kita mampu memaknainya. Makna dari f(x)=1 yaitu bahwa semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini maupun di akhirat tidaklah terlepas dari kehendakNya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia hendaknya terus berserah diri dan mencari ridho dariNya.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Segala sesuatu akan kembali kepada Allah SWT, dan segala sesuatu harus berpusat kepada yang satu yaitu Allah SWT. Elegi ini menurut saya mengungkapkan nilai religius dalam matematika. f(x)=1 apapun itu fungsinya, apapun itu yang disubtitusi ke dalam fungsi ia akan menjadi 1, kembali 1.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D

    Menurut saya elegi ini menggambarkan tentang ketunggalan Tuhan, bahwa Tuhan itu satu. Variabel x menggambarkan tentang manusia yang mempunyai banyak sekali perbedaan, dan 1 mempunyai arti bahwa semua manusia memiliki 1 tujuan yang sama yaitu sama-sama menyembah Tuhan.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Semua yang ada di dunia dan akhirat tak terlepas dari kehendak Nya. Sebaik apapun rencana manusia, itu hanyalah sebuah asa.
    Yang kita tahu ada kalanya asa dapat tercapai dan tidak tercapai.
    Ketercapaian inilah yang merupakan kehendakNya. Kehendak Yang Maha Kuasa yang tiada duanya.

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Elegi ini menggambarkan keesaan Tuhan. Esa berarti tunggal atau satu. x dipandang sebagai variabel bebas. Demikian juga, ada banyak cara manusia untuk merepresentasikan wujud Tuhan dengan bebas di dalam hidupnya, meskipun sebenarnya Tuhan itu hanya satu atau tunggal.

    ReplyDelete
  14. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Di dalam f(x) = 1 terdapat empat symbol yaitu f yang disebut fungsi dalam matematika, x yang disebut variabel x, = yang disebut sama dengan dan 1 yang disebut bilangan atau angka 1. Di sini fungsi bertugas memberi perintah sedangkan variabel x adalah segala sesuatu yang belum diketahui, dan dalam kehidupan ini bisa dimaknai sebagai segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada dan yang mungkin ada itu banyak sekali macamnya karena mencakup segala hal yang ada dihati dan pikiran kita.Namun demikian semua hal yang ada dan yang mungkin ada dari fungsi f tadi adalah sama dengan 1 yaitu semua adalah ciptaan Tuhan.


    ReplyDelete
  15. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    apa yang kita inginkan perlu usaha seperti teorema butuh dibuktikan dengan adanya definisi-definisi. apa yang kita lakukan, apa yang kita inginkan maka harus di usahakan. dan percaya sebuah usaha tidak mengkhianati sebuah hasil. dan setiap hasil itu adalah ketetap Allah SWT, dan pasti ketetapan itu absolut dan terbaik untuk hidup kita.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Elegi menggapai fungsi f(x) = 1 ini mengajarkan bahwa hidup ini meliputi semua yang ada dan mungkin ada yang tidak akan terlepas dari kehendak dan ridhoNya. Ketika x meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada, = meliputi semua kesadaran tentang yang satu dan 1 yang menunjukkan bahwa tiadalah segala sesuatu itu terlepas dari kehendakNya yang kesemuanya ini menandakan bahwa semua yang ada dan mungkin ada tidak ada yang terlepas dari genggamannya.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika seseorang mengetahui apa tujuan mengapa ia diciptakan maka ia akan selalu berhati – hati dalam mengambil tindakan, berusaha melaksanakan kebaikan – kebaikan walaupun banyak rintangan dalam melaksanakannya dan meninggalkan segala larangan walaupun banyak godaan yang menghampirinya.

    ReplyDelete