Feb 26, 2011

Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1




Oleh Marsigit

Fungsi:
Wahai variabel x, operator sama dengan, dan bilangan satu. Engkau semua saya panggil kemari karena saya ingin mengadakan pertunjukkan perihal fungsi x sama dengan satu. Oleh karena itu saya ingin mengetahui persiapanmu semua. Engkau juga saya silahkan untuk mengenalkan dirimu masing-masing serta tugas-tugasmu. Silahkan.

Variabel x:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah variabel. Khususnya namaku adalah variabel x. Fungsiku adalah sebagai rumah semua bilangan. Penghuniku bisa bilangan kontinu, bilangan diskret, bilangan pecah, bilangan realPost Options, bilangan rasional, bilangan kompleks, dst. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Operator sama dengan:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah operator sama dengan. Lambangku adalah “=”. Fungsiku adalah mengidentikan semua yang ada di sebelah kiriku dan di sebelah kananku. Aku juga mengidentikan sebelum dan sesudahku. Tiadalah dapat terbebas dari hukumku, jika telah aku pasang lambangku. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Bilangan satu:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah bilangan satu. Aku mempunyai beberapa sifat sekaligus. Bilangan satu itu adalah bilangan ganjil. Aku juga bilangan pertama dari membilang. Aku adalah bilangan rasional. Aku juga bilangan bulat. Aku juga bilangan positif.

Fungsi:
Wahai varfiabel x, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah rumah dari semua bilangan. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau tidak lagi hanya berfungsi sebagai rumah bilangan, tetapi engkau akan aku beri tugas sebagai rumah dari segala hal. Segala hal yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiranmu dan dalam hatimu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai operator sama dengan, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau berfungsi menyamakan apapun yang ada di sebelah kirimu dan di sebelah kananmu. Engkau juga berfungsi menyamakan sebelum dan sesudahmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat.
Tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai bilangan satu, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah bilangan satu dengan semua sifat-sifatmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau akan aku beri tugas sebagai penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai variabel x, telah aku tetapkan bahwa engkau adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan. Maka kewajibanmu adalah selalu bertanya kepada operator sama dengan tentang penunjukkan dari semua dirimu.
Wahai operator sama dengan, telah aku tetapkan bahwa tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Maka sadarkanlah semuanya itu.
Wahai bilangan satu, engkau adalah penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai semuanya kita adalah fungsi x sama dengan satu. Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Nya. Maka cukup jelaslah kiranya, bahwa tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendak Nya.

27 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari elegi di atas Saya menyimpulkan bahwa F(x) = 1 merupakan perjalanan hidup manusia yang sudah seharusnya ditujukan semata-mata untuk mengharap Sang Maha Esa. Variabel x menujukan berbagai kegiatan manusia sedangkan F(x) adalah hati dan pikiran manusia atau sebagai wadah. “=” artinya niat kita. Dan 1 menunjukan bahwa semuanya harus ditujukan kepada Alloh SWT.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Matematika itu ilmu pasti tidak akan berubah dan tetap akan sepert itu. Matematika itu mencakup segala hal bahkan tidak hanya pengetahuan saja, namun bisa berkaitan dengan dunia, budaya, alam, atau apapun itu. Fungsi f(x) = 1 seolah-olah dibuat dengan keterkaitannya dengan Tuhan. Bawah Tuhan itu sifatnya esa, satu, tunggal, tidak lebih dari satu. Oleh karenanya, segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini harus berlandaskan dengan agama dan diniatkan karena Allah.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan 
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Pemahaman saya dalam elegi diatas adalah fungsi f(x)= 1 menjelaskan tentang konsep yang ada dan mungkin ada dalam hidup tetapi tetap berfokus pada satu, penyimbolan atau penggunaan sama dengan menunjukkan bahwa hidup harus seimbang antara satu sisi dengan sisi yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kita dapat belajar dari persamaan atau simbol-simbol matematika yang dapat kita maknai dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Dalam matematika, f(x)=1 berarti bahwa berapapun nilai "x", maka "f(x)" selalu bernilai 1. Seperti kita ketahui bahwa kita dapat belajar filsafat dari apa pun, termasuk dari matematika. Dalam filsafat, f(x)=1 berarti bahwa apapun bentuk "x", maka "f(x)" selalu terjadi atas kehendak Allah SWT. Tanpa kehendak-Nya, kita tidak dapat memperoleh apa yang kita cita-citakan. Untuk itu, marilah menggapai cita dengan berusaha dan selalu berdoa kepada-Nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Simbol dalam matematika ini merupakan kesepakatan, dan filsafat berusaha menjelaskan apa arti f(x) = 1 jika dipandang dari segi filsafat. Di dalam f(x) = 1 terdapat empat symbol yaitu f yang disebut fungsi dalam matematika,x yang disebut variabel x, = yang disebut sama dengan dan 1 yang disebut bilangan atau angka 1. Di sini fungsi bertugas memberi perintah sedangkan variabel x adalah segala sesuatu yang belum diketahui, dan dalam kehidupan ini bisa dimaknai sebagai segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada dan yang mungkin ada itu banyak sekali macamnya karena mencakup segala hal yang ada dihati dan pikiran kita.Namun demikian semua hal yang ada dan yang mungkin ada dari fungsi f tadi adalah sama dengan 1 yaitu semua adalah ciptaan Tuhan. Hal ini adalah pandangan yang tertinggi dalam filsafat yaitu pandangan secara spiritual. Jadi jika kita lihat kembali dalam kaitanya dengan matematika justru ini sangat bagus jika seorang guru dapat menyampaikan dan menjelaskan kepada siswa makna f(x) = 1. Sehingga siswa dapat memaknai arti simbol matematika itu dalam kehidupan yang nyata dan tidak abstrak.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Melalui elegi menggapai fungsi f(x) = 1 semakin menyadarkan saya bahwa seluruh kehidupan manusia bisa diibaratkan sebagai fungsi x sama dengan satu. Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendakNya. Maka cukup jelaslah kiranya, bahwa tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendakNya.
    Kita sendiri yang dapat menentukan x (semua yang ada dan yang mungkin ada) seperti apa yang akan kita masukkan ke dalam fungsi (hidup kita). Semoga kita dapat memperoleh nilai x (semua yang ada dan yang mungkin ada) yang baik dan positif sehingga bermanfaat bagi diri kita sendiri bahkan orang lain. Karena ini adalah salah satu bentuk pertanggung jawaban kita sebagai ciptaanNya.

    ReplyDelete
  7. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Elegi ini menggambarkan tentang ketunggalan Tuhan, bahwa Tuhan itu satu. Semua fungsi dengan padanan variabel x akan menunjuk pada Tuhan yang satu. Variabel x menggambarkan tentang manusia yang mempunyai banyak sekali perbedaan, dan 1 mempunyai arti bahwa semua manusia memiliki 1 tujuan yang sama yaitu sama-sama menyembah Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fungsi f(x)=1 pada elegi diatas memiliki makna semua yang ada dan mungkin ada di dunia ini merupakan kehendak Allah. Manusia boleh saja berencana tetapi Allah lah yang Maha Berkehendak. Manusia hanya dapat berusaha semaksimal mungkin kemudia berikhtiar. “Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya (QS. Al-Buruj [85] : 16).

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Sebenar-benarnya fungsi filsafat (f) adalah berfikir kritis terhadap segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada (x) agar kita bisa sadar (=) betapa besar keEsaan (1) ALLAH SWT.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Elegi fungsi f(x) = 1 memberikan kita informasi bahwa semua yang kita lakukan didunia ini hanya bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Karena semua yang ada dan yang mungkin ada ialah atas kehendak dari Allah SWT. Semua akhlak, kemampuan, kekuatan, daya pikir yang kita miliki merupakan atas kehendak dari Allah SWT. Pada akhirnya segala sesuatu tersebut akan kembali kepada Allah SWT. Kita sebagai makhluknya hanya bisa mempersiapkan diri kita untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Elegi tersebut menggambarkan bahwa hidup seperti sebuah fungsi f(x)=1. X adalah variabel bebas, yang dapat kita isi dengan segala kegiatan/aktivitas dan 1 menunjukkan bahwa segala aktivitas yang kita lakukan harus semata-mata karena Allah. Oleh karena itu dalam melakukan segala sesuatu harus dilandasi atas niat ikhlas yang hanya mengharap ridha dari Allah. Dan setiap langkah yang kita ambil harus senantiasa berpedoman pada aturan Allah yang terdapat dalam Al Quran.

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat sore Prof.
    Setelah membaca cerita diatas, saya dapat menyimpulkan sesuatu hal. Cerita diatas sangatlah kaya akan pesan, pesan yang ingin disampaikan dengan subuah perumpamaan matematika dengan pendekatan sebuah fungsi. Suatu fungsi f(x) = 1 mengartikan jika berapapun nilai x dalam suatu fungsi maka fungsi tersebut akan bernilai satu. Namun, dalam perumpamaan tersebut terdapat hal yang ingin disampaikan lebih dari itu. Semua simbol matematika yang mendukung adanya f(x) = 1 pada dasarnya memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Variabel x dapat diibaratkan adalah rumah dengan segala isi yang ada dan mungkin ada, fungsi f diibaratkan sebagai suatu kegunaan atau fungsi dari variabel f sendiri, tanda sama dengan diibaratkan bahwa fungsi dengan variabel yang ada tersebut akan selalu menuju hal yang pasti yaitu bilanga satu dimana bilangan satu ini tak lain dan tak bukan adalah kehendak Nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1 merupakan elegi yang menarik. Elegi ini menceritakan tentang manusia yang dapat berpikiran tentang semuanya dimuka bumi ini. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa manusia harus selalu mengingat Tuhannya. Tuhan pemilik semua yang ada dimuka bumi ini.

    ReplyDelete
  14. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Secara mateamtika, jika f(x) = 1 digambarkan, maka akan terbentuk suatu grafik persamaan garis lurus yang membentuk garis horisontal. Elegi tersebut menggambarkan kehidupan manusia yang datar diamana terdapat dunia atas dan dunia bawah. Dimana setiap orang berlomba-lomba menuju ke dimensi yang lebih tinggi tapi ada juga yang terlena dalam dunia dan hanya terus bergelut dibawah tanpa melihat adanya dunia atas yang lebih tinggi dan lebih kuat tingkatannya
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Fungsi f(x) = 1 ternyata mengandung makna yang begitu amat dalam bahkan takpernah singgah dalam benak saya sekalipun. Fungsi f(x) = 1 mengingatkan kepada kita bahwa sebanyak apapun x maka hasilnya akan tetap sama yaitu 1. Variabel x dalam elegi tersebut digambarkan sebagai segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada meliputi hati dan pikiran. Sedangkan fungsi operator sama dengan adalah mengindetifikasi segala yang ada disebelah kiri dan kanan, sama dengan menunjukkan kepastian bahwa apapun yang ada disebelah kiri maka yang disebelah kanan tetaplah 1. Dan 1 disini adalah berarti adalah lambang dari Sang Pemilik ada dan yang mungkin ada yaitu Allah SWT. Jadi fungsi f(x) = 1 mengingatkan kepada kita bahwa apapun yang ada dan yang mungkin ada yang meliputi hati dan pikiran merupakan akibat dari kehendak dan tak pernah lepas dari yang Maha Satu. Hal tersebut berarti bahwa sebuah ketetapan bahwa apapun yang kita lakukan hendaknya selalulah ingat Yang Satu, apakah yang dilakukan merupakan sesuatu yang direstui atau malah sesuatu yang dimurkai, pertimbangkanlah itu.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Dimanapun dan kapanpun, kita hanya berharap dan menggantungkan hidup kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita yang meliputi ujian, cobaan, anugerah, nikmat harus kita hadapi dan kita jalani. Dalam menghadapi dan menjalani hidup ini, kita harus senantiasa dalam keadaan sadar bahwa kita manusia biasa yang membutuhkan pertolongan Sang Pencipta. Tidak ada hal yan terlepas dari kuasa-Nya. Hanya Allah tempat manusia bergantung, bersandar, dan kepada-Nya kita kembali.

    ReplyDelete
  17. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dalam elegi menggapai fungsi f(x)=1 tersebut dijelaskan bahwa manusia dapat belajar mengenai ilmu spiritual. Dimana semua yang ada di dunia ini tidak bisa lepas dari kehendak Allah swt. Allah yang memberikan kehidupan, cobaan, dan kehancuran bagi alam semesta. Oleh karena kita sebagai makhluk-Nya sudah sepantasnya menjadikan Allah sebagai tujuan hidup.

    ReplyDelete
  18. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sesungguhnya segala hal yang ada di dunia ini tidak akan pernah terlepas dari kuasa-Nya. Fungsi f(x) = 1 ini menginatkan kita bahwa segala hal, pada akhirnya akan kembali kepada-Nya. Segala sesuatu yang terjadi tidak akan pernah terlepas dari kuasa-Nya. Oleh karena itu, libatkan Allah dalam segala situasi dan kondisi. Agar kita tidak tersesat dalam menjalani kehidupan menuju kepulangan yang abadi.

    ReplyDelete
  19. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari elegi ini saya memahami bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada didunia dan akhirat semua tidak terlepas dari kehendak-Nya. Semua yang terjadi dan yang mungkin akan terjadi adalah kuasa-Nya. Jika "=" dalam fungsi f(x) = 1 adalah kesadaran kita, maka tanda "tidak =" itu adalah kesombongan kita. f(x) tidak = 1 adalah bentuk kesombongan manusia yang tidak mengakui kuasa-Nya dan tidak menyadari atau pura-pura tidak sadar bahwa segala bentuk kepemilikan dan pencapaian yang diperoleh adalah karena-Nya. Sebenar-benar kesombongan adalah ketidaksadaran akan Kuasa-Nya. orang yang berada pada fungsi f(x) = 1 itulah mereka orang-orang yang lebih meyakini kekuatan Allah disegala aktivitasnya sedangkan mereka yang berada di fungsi f(x) tidak = 1 ialah mereka yang lebih meyakini kekuatan diluar daripada kekuatan Allah. Kekuatan diluar kekuatan Allah itu banyak bentuknya seperti kekuatan diri sendiri,kekuatan orang lain,kekuatan kekuasaan,kekuatan kekayaan,kekuatan kecerdasan,kekuatan tekhnologi,dst.

    ReplyDelete
  20. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Subhanallah, ternyata makna f(x) = 1 begitu menyentuh hati saya dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada, = adalah kesadaran kita semua tentang yang satu. 1 adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Allah SWT. Andaikan tidak ada kehendak Allah SWT dalam segala sesuatu, pasti kita tidak dapat mengerjakan atau mewujudkan sesuatu, meskipun kita telah bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Sebab, kehendak kita terkait erat dengan kehendak Allah SWT. Apa pun yang telah dikehendaki oleh Allah SWT, maka pasti akan terwujud, dan Allah tidak mungkin ditanya tentang apa yang Dia lakukan, serta Dia tidak akan meminta pendapat dari siapa pun untuk melakukan kehendakNya. Jika Dia menghendaki sesuatu, pasti Dia akan melakukan. Seperti dalam sebuah hadis berikut ini, “Apa yang dihendaki oleh Allah pasti akan terjadi, dan apa yang tidak dihendaki oleh Allah, maka tidak akan terjadi. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  21. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    f(x)=1 pun dapat difilsafatkan. X artinya meliputi ada dan mungkin ada, = adalah kesadaran manusia dan 1 artinya kehendak yang Maha Esa yaitu Allah SWT. Maksudnya manusia harus sadar bahwa segala hal meliputi yang ada dan mungkin ada merupakan kehendak Allah SWT.

    ReplyDelete
  22. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Penjelasan mengenai apa itu fungsi, variabel dan operator merupakan kualitas pertama dari matematika itu sendiri. Masih terdapat hal-hal yang tersembunyi dibalik fungsi tersebut. Misalnya, bagaimana jika f(x) bukan sama dengan 1, atau x diganti dengan 0 dan lain sebagaianya. Semua contoh-contoh tersebut dapat mengandung filsafat yang lain.

    ReplyDelete
  23. Samsul Arifin/18701261007/S3 PEP

    Dalam elegi ini dapat disimpulkan bahwa kehidupan tak ubahnya seperti fungsi f(x)=1. Fungsi tersebut dalam matematika memiliki arti bahwa fungsi f dengan variable x berapapun akan tetap bernilai 1. Sama seperti kehidupan, f diibaratkan hidup kita dengan variable x yang diibaratkan segala probabiitas, kegiatan, perilaku, dll semua akan bermuara terhadap Allah SWT.

    ReplyDelete
  24. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Fungsi f (x) = 1 menggambarkan keesaan Tuhan. Pada dasarnya, manusia hanya memiliki satu Tuhan yang sama, tetapi mengadopsi persepsi yang berbeda dengan spiritualitas (iman) yang dianut oleh semua orang. Manusia yang digambarkan oleh x, memiliki banyak perbedaan. Di antara perbedaan agama, sifat, perasaan yang disebabkan oleh hati, dan cara berpikir yang disebabkan oleh pikiran manusia bekerja. Sebaliknya, manusia memiliki satu cara hidup yaitu Tuhan sendiri. Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha besar, arahan kehidupan manusia melalui ajaran agama.

    ReplyDelete
  25. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Menggapai fungsi x yang berartikan 1 bagi saya adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia telah diformulakan pasti oleh Allah dan akan selalu kembali kepada Allah. Karena sesungguhnya manusia adalah entitas yang berasal, berjalan, dan bermuara hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Fungsi f(x)=1 memiliki arti yang menarik. X diartikan yang ada dan yang mungkin ada, = adalah kesadaran manusia. Dengan adanya ada yang mungkin ada dan kesadaran manusia maka semua akan menuju Allah sebagai pencipta yang ditunjukkan dengan angka 1.
    Terimakasih

    ReplyDelete