Mar 20, 2013

Mathematics and Language 12



@David: My exchange with you is about dimension of communication. For me, there was no contradiction of my previous statement. You are still in the stage of formal thinking (math way) to translate language phenomena. If you wish to understand the life better by translating language of life, so you need to improve (lift up) your dimension of communication i.e. go into the normative stage. It was very clear, in my perspective, from normative dimension, that technology is the product of adults, however we should be wise to use them to facilitate the younger learner. In the case of interaction with the adults' product, the younger should have their own determination, effort, creativity in the scheme of constructing their life (math). Finish.
Further, still about the term 'contradiction', I will say that as other phenomena, this also has its dimension. The mathematical contradiction is different with the normative contradiction. The contradiction in mathematics means 'inconsistency'; but in the normative dimension, it means not in accord with the Identity rule.

9 comments:

  1. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Setelah membaca artikel di atas, saya teringat ketika mengikuti kuliah bersama Mr. Mitree bahwa dalam mengajarkan matematika tidak perlu mengajarkan hasil dari penjumlahan 2+2. Namun bagaimana siswa membangun pemahamannya sendiri mengenai bagaimana pola dari 2+2 itu. Jadi, guru hanya sebatas sebagai fasilitator dan siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terjadinya kontradiksi dalam matematika adalah hal yang normatif, yang artinya adalah tidak sebenar-benarnya kontradiksi. Pada dimensi ini bahasa akan membantu kita dalam usaha untuk mencapai matematika yang bisa diterjemahkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mateatika bisa dipahami dengan mudah tanpa megalami kesulitan. Dan dapat mengerti secara langsung guna dari matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Memanfaat teknologi sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika memang baik untuk dilakukan. Tetapi bagaimana media pembelajaran dengan berbasis teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran tergantung bagaimana guru merancang model pembelajaran yang dia gunakan. Karena sekali lagi, apabila guru masih hanya meneerapkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan dirinya tanpa memperhatikan kemampuan siswanya, maka media sebagus dan sebaik apapun yang akan digunakan oleh guru dalam pembeljaran mereka tidak akan dapat berfungsi secara maksimal

    ReplyDelete
  4. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Setelah membaca bagian diskusi di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa matematika adalah bahasa. Matematika adalah bahasa yang khusus dan unik karena disampaikan dalam bentuk angka dan konsep. Namun, orang perlu memahami bahasa matematika. Kita tahu bahasa yang dapat dikembangkan dan kebenaran tidak mutlak. Begitu juga matematika. Siswa perlu belajar matematika untuk membuktikannya. Selain itu, bahasa adalah alat komunikasi. Dalam hal ini, matematika serta sebagai alat komunikasi yang diperlukan untuk memahami ilmu ilmu yang lain. Disadari atau tidak, matematika juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak bisa membayangkan jika tidak ada matematika di masyarakat, misalnya: bagaimana seseorang dapat membedakan 3x4 = 12 dan 3x4 = 1000 (berasal dari harga mencetak foto 3x4). Hebat bukan ?

    ReplyDelete
  5. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan guru dalam membelajarkan matematika pada siswa ialah dengan menggunakan teknologi. Namun, penggunaan teknologi tidak hanya sembarang menggunakan, tetapi harus memperhatikan banyak hal. Diantaranya, kita harus memastikan bahwa teknologi tersebut dapat benar-benar mengkomunikasikan matematika pada siswa. Komunikasi yang diciptakan ialah komunikasi yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan siswa. Meski demikian, siswa perlu berusaha dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengkonstruksi matematika.

    ReplyDelete
  6. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Technology is a prominent feature of many mathematics classrooms. The preparation of tomorrow’s teachers to use technology is one of the most important issues facing today’s teacher education programs. Appropriate and integrated use of technology impacts every aspect of mathematics education what mathematics is taught, how mathematics is taught and learned, and how mathematics is assessed.

    ReplyDelete
  7. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Artikel yang sangat menarik Prof, setelah membaca artikel tersebut saya memiliki pandangan bahwa bahasa dan matematika memiliki hubungan yang erat. Hanya saja bahasa menggunakan konsep verbal, sementara matematika menggunakan konsep angka. Hanya saja, yang menarik dari konsep ‘berbahasa matematis’ adalah kompleksitasnya istilah-istilah yang diciptakan oleh ilmuwan murni dan diadopsi dalam pendidikan anak-anak. Tentu hal tersebut merupakan langkah yang keliru karena pada dasarnya anak-anak dapat dengan mudah memahami pola berpikir matematis, namun sering kali kesulitan dalam memahami istilah matematis.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Teknologi memiliki peranan yang cukup besar sebagai sumber belajar matematika yang berbasis digital learning. Dengan IT sajian materi akan terlihat lebih menarik sehingga siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Namun ada hal lain yang juga tidak kalah penting dari teknologi yaitu kemampuan komunikasi guru dalam menggunakan bahasa, baik bersifat matematis maupun tidak. Dengan menggunakan bahasa yang baik dan sederhana maka akan membantu mempermudah siswa ketika memahami materi yang sedang diajarkan guru. Selain itu, dengan kemampuan berbahasa yang baik dan sistematis maka siswa akan mencoba berfikir sendiri di dalam memahami konteks materi yang sedang dipelajari sehingga guru akan sangat terbantu di dalam menerapkan pendekatan yang berpusat kepada siswa.

    ReplyDelete
  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Merujuk pada postingan sebelumnya dan sekarang, matematika baru dapat dikatakan menjadi sebuah ilmu jika menyelipkan kedua unsur yaitu unsur identitas dan unsur kontradikasi.Namun matematika murni sering memposisikan dirinya menjadi yang terbaik lantas kemudian mengabaikan keberadaan unsur identitas.Ini menurut saya suatu kesalahan .Saya kembali teringat denga petuah-petuah yang berisi nasehat di dalam elegi .Saya mengidentifikasi ada rasa ego yang perlu diredam karena hal tersebut dapat mengabaikan atau menutupi keberadan yang lainnya .

    ReplyDelete