Mar 10, 2013

Mathematics and Language 5



@ David: My very short response that I am interested with your succinctly description of Ernest works. Further, I will say that I am witnessing the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics. The instantly outcome: possibly YES; but the long-term architecturing creativities: clearly NO.

53 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Yang dapat saya simpulkan adalah matematika ada dua macam matematika murni dan matematika pendidikan. Matematika murni membahas ucapan-ucapan dan logika matematikawan murni, sedangkan matematika pendidikan perlu dibedakan menjadi matematika sekolah dasar dan menengah. Dalam penyampaiannya matematika murni lebih kepada abstraksi dan pembuktian suatu dalil atau teorema, sedangkan matematika pendidikan lebih diartikan sebagai matematika sekolah yang di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan, memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan berbagai cara, mendorong siswa untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengekompokan dsb, Mendorong siswa menarik kesimpulan umum, membantu siswa memahami dan menemukan hubungan antara pengertian satu dengan lainnya. Sedangkan matematika pendidikan adalah matematika yang dipelajari di sekolah, baik tingkatan sekolah dasar maupun tingkatan sekolah menengah. Melalui pendidikan matematika inilah lahir guru – guru yang ditugaskan memberikan pengajaran matematika di sekolah – sekolah dan karena guru – guru ini memiliki dasar matematika pendidikan maka pengajaran matematika di sekolah seharusnya juga memiliki dasar matematika pendidikan bukan merupakan maatematika murni yang hanya berisi rumus kemudian diberikan masalah yang diminta untuk diselesaikan begitu saja

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Matematikawan murni merupakan matematika yang lebih mengutamakan hasil dalam pembelajarannya sedangkan matematika sekolah adalah matematika yang memberikan perkembangan kreativitas secara berkelanjutan. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa matematika murni membahayakan pelajar muda matematika. Karena ketika pelajar muda dewasa maka dianggapan mereka matematika itu hanya menginginkan jawaban konkret bukan kemampuan keterampilan dalam kehidupan sehari hari, sehinga efeknya mereka akan menjauhi matematika.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang benar bahwa matematika pendidikan itu pasti tidak terlepas dari matematika murni, karena meraka berdua hampir sama walaupun objeknya saja yang berbeda. Kita juga tahun bagian dari metamatika murni terdapat, definisi, aksioma, teorema, lemma dan sebagainya seperti kalkulus, aljabar, dan yang lainnya juga. Dan memanag benar juga matematika murni membantu dalam pendidikan matematika. Seperti dua mata sisi uang logam yang mana mereka itu satu akan tetapi berbeda.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Antara matematika dan pendidikan matematika ini saling berhubungan erat. Matematika murni memang bagian daripada pendidikan matematika. Yang menjadi problem adalah ketika seorang pengajar atau guru mengajarkan pendidikan matematika yang hanya matematikanya saja. Dalam hal untuk pencapaian hasil atau nilai atau outcome memang lah OKE, tetapi jika ditekankan pada aspek pembentukan kreativitas siswa sangatlah kurang. Oleh karena itu, dalam mendidik sebaiknya guru tidak hanya memberikan secara instan tentang konten matematika, tetapi yang lebih penting adalah unsur pedagogi nya yaitu bagaimana siswa dapat memperoleh pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pendidikan matematika itu merupakan modifikasi dari matematika murni. Matematika murni yang sebelumnya tidak bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari kemudian dimodifikasi menjadi pendidikan matematika yang dapat diterapkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, matematika murni dan pendidikan matematika jelas berbeda.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun keduanya juga memiliki perbedaan sesuai dengan fungsinya. Matematika murni merupakan matematika beserta teori-teorinya yang mendetail, mendalam dan spesifik sedangkan pendidikan matematika merupakan matematika yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Pendidikan matematika mempersiapkan seseorang untuk menjadi pendidik profesional (guru) dalam bidang matematika. Selain itu, dalam pendidikan matematika juga mempelajari ilmu kependidikan dan strategi pembelajaran yang dipakai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, seorang lulusan pendidikan matematika diharapkan dapat menerapkan pembelajaran matematika inovatif dan kreatif di kelas agar siswa merasa nyaman dan menyenangkan saat belajar serta dapat memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pembedaan antara matematika murni dan pendidikan matematika telah diungkap pada sumber di atas. Yang berbeda antara keduanya terletak pada ontologi, epistimologi dan aksiologinya. Ontologi matematika adalah konsep matematika yang ada. Epistimologi matematika adalah tentang bagaimana memperoleh matematika yaitu dengan akal/logika, pengalaman, dan intuisi. Sedangkan untuk pendidikan matematika berbeda. Ontologi pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri. Epistimologinya adalah metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa. Dari penjelasan ini, lebih jelas perbedaan antara keduanya.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Matematika murni berisi tentang definisi, teorema, lemma, dll yang berhubungan dengan rumus-rumus matematika. Matematika mempunyai tingkatan, mulai dari konkret sampai dengan abstrak. Siswa SD belum bisa memahami matematika abstrak, siswa SMP pun juga belum bisa secara penuh memahami matematika abstrak, siswa SMA sudah mulai memahami matematika abstrak, mahasiswa harus sudah bisa memahami matematika abstrak. Tidak mudah mengajarkan atau mengubah matematika murni menjadi matematika yang dapat dipahami oleh siswa. Oleh karenanya pembelajaran untuk SD, SMP, SMA bisa mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari atau benda-benda konkret, sehingga siswa mampu untuk membayangkan penerapan konsep matematika murni yang diajarkan.

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Berdasarkan diskusi di atas dapat disimpulkan bahwa matematika dapat dibedakan menjadi dua yaitu, matematika murni dan pendidikan matematika. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pendidikan murni lebih bersifat abstrak dan tidak mementingkan tujuan praktisnya sama sekali. Matematika murni ini melepaskan dirinya dari kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematia murni mempelajari matematika lebih spesifik. Sehingga jika matematika murni diterapkan pada siswa sekolah, maka siswa pun tidak akan tertarik dan cenderung merasa kesulitan. Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa sebaiknya matematika murni jangan diterapkan pada siswa sekolah. Sedangkan pendidikan matematika lebih menitik beratkan pada mempersiapkan pendidik yang pada akhirnya melakukan proses pembelajaran di kelas. Pendidikan matematika mempelajari matematika yang dikaitkan dengan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan cenderung bersifat praktis. Walaupun keduanya berbeda, namun keduanya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

    ReplyDelete
  11. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ada tiga tingkatan kemapuan dala perbedaan karakter dan kemampuan mewarnai kondisi siswa dibanyak sekolah yaitu kemampuan relatif rendah, sedang dan tinggi. Di level lain kita mengenal siswa dengan kemampuan jauh diatas rata-rata. Ketika menemukan potensi ini seorang guru tentu memperlakukan siswa itu tidak sama dengan siswa lainnya. Harus ada perlakuan berbeda dalam hal mengajarkan materi kepada siswa tersebut, tanpa harus bersikap objektif yang berlebihan. Itulah salah satu bentuk fungsi guru sebagai fasilitator yang dapat melihat segala potensi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  12. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Sebelum seseorang menjadi matematikawan, ia adalah siswa yang belajar matematika dengan memanfaatkan pendidikan matematika. Matematika dan pendidikan matematika tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan untuk mengembangkan matematika dan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut pandangan pak Marsigit, matematika murni tidak untuk anak-anak. Namun dari pendapat David, matematika murni sangat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam matematika. Namun, menurut pak Marsigit, kemampuan tersebut tidak dapat meningkatkan kreativitas anak dalam matematika. Sehingga anak hanya bisa sebagai pengguna matematika. Seperti dalam pandangan mekanistik.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan matematika, yang dalam konteks ini disebut dengan matematika sekolah adalah matematika yang umumnya diajarkan di jenjang pendidikan formal dari SD sampai dengan tingkat SMA. Tidak termasuk tingkat perguruan tinggi karena di perguruan tinggi matematika didefinisikan dalam konteks matematika sebagai ilmu (matematika murni). Dalam dunia pendidikan, matematika yang dipandang sebagai ide dalam pikiran adalah matematika murni, atau matematika sebagai ilmu. Sedangkan matematika dengan objek di luar pikiran adalah matematika sekolah. Matematika sekolah jelas berkaitan dengan anak didik yang menjalani proses perkembangan kognitif dan emosional masing-masing. Secara khusus dapat dikatakan bahwa dalam matematika sekolah perlu memperhatikan aspek teori psikologi khususnya teori psikologi perkembangan. Mereka memerlukan tahapan belajar sesuai dengan perkembangan jiwa dan kognitifnya. Potensi yang ada pada diri anak pun berkembang dari tingkat rendah ke tinggi, dari sederhana ke kompleks.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah dan matematika murni bukanlah dua hal yang saling asing apalagi saling kontradiksi. Karena pada dasarnya, matematika sekolah adalah matematika sebagai dirinya sendiri (ilmu pengetahuan) yang memiliki objek konkret sebagai bentuk suatu contoh masalah. Salah satu bentuk peleburan batas antara matematika murni dan matematika sekolah adalah jika obyek yang dipelajari berada di wilayahnya matematika murni, atau berupa objek abstrak dalam pikiran, maka para matematika sekolah harus menyesuaikan diri. Penyesuaian tersebut yakni dengan melakukan mathematical research . Sebaliknya, jika obyek yang dipelajari berada di wilayah matematika sekolah, maka matematika murni perlu menyelami, mempelajari dan terlibat di dalam pengembangan matematika sekolah.

    ReplyDelete
  16. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Agar memahami mengenai matematika, perlu dikaji tentang teori belajar. Mengapa? Agar kita bisa membedakan matematika murni dan pendidikan matematika. Sebab matematika murni untuk anak-anak tentu berbahaya. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstrak dan formal. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, dimana siswa diajarkan dari benda-benda konkrit atau matematika non formal kemudian menuju matematika formal.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Memang jika dirasa dalam matematika dan pendidikan matematika adalah dua hal yag tidak isa disamakan. Matematika murni membantu matematika pendidikan, sehingga dalam matematika pendidikan tidak melulu membicarakan hal-hal dalam matematika murni. Dalam proses matematika pendidikan pun berusaha mengajarkan bagaimana siswa bisa mengenal proses pencapaian dalam matematika murni.

    ReplyDelete
  18. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Apa yang dapat saya pahami dari artikel ini, bahwa matematika murni dibedakan dengan pendidikan matmatika. Hal ini dikarenakan, apabila matematika murni yang diajarkan kepada siswa-siswa disekolah atau orang-orang yang hanya menguasai matematika murni tanpa mengetahui cara mengajarkan matematika mengajar matematika artinya para matematikawan mengajarkan matematika kepada siswa. Hal ini dikhawatirkan hanya akan memberikan siswa rumus-rumus matematika yang cepat untuk menyelesaikan permasalaahn matematika, karena para matematikawan memang lebih kuat dalam teori matematikanya sehingga mereka lebih mahir dalam konsep dan teori-teori matematika, tetapi yang dapat membahayakan adalah pemberian teknik atau rumus-rumus cepat kepada siswa tersebut dapat menjadikan siswa kurang dalam pengembangan kemampuan bermatematisnya seperti berpikir kreatif dan berpikir kritis karena mereka sudah terlebih dahulu diajarkan rumus-rumus cepat tanpa mengetahui makna dari rumus tersebut.

    ReplyDelete
  19. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika tidak bisa terpisahkan dengan pendidikan matematika, begitu pula pendidikan matematika tidak bisa terpisahkan dengan matematika. Keduanya saling berkaitan dan tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan secara filosofis. Matematika (pure mathematics) bersifat tunggal, konsisten, absolut, koheren, sedangkan pendidikan matematika (school mathematics) bersifa plural, kontradiktif, relatif, koresponden. Ketidaksesuaian diantara keduanya memiliki dampak hebat bagi pendidikan matematika. Jika matematika yang diajarkan di sekolah adalah pure mathematics maka pendidikan matematika (school mathematics) tidak bisa berkembang.

    ReplyDelete
  20. I think mathematics and mathematics education is little bit different, but it has some similarities too. Mathematics more concern in numeric, symbolizes, theorema, and concept, Mathematics is for who experts it. Mathematics education is needed for studying mathematics. Exactly, both mathematics and mathematics education are same. We can not say that mathematics does not load mathematics education because mathematics need ways to transfer by mathematics education.
    Mathematics education does too. it is used too transfer about mathematics and the value of mathematics. So, in general, we can not differ much between mathematics and mathematics education because there are relationships both of them.
    Consciously or not, the logic is required in mathematics. We can not go against that logic helps us or other students in learning mathematics. so, logic and math are related.
    This time, students are not only exposed to independence. However, mathematics is a history of previous scientists. Students also need to be taught mathematical concepts they have found. So, they can expand as needed.

    ReplyDelete
  21. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Perbedaan matematika murni (formal) dengan pendidikan matematika ada pada subyek dan materi yang diajarkan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan matematika ada karena matematika ada. Di sisi lain, pendidikan matematika yang dekat dengan kehidupan lah yang telah berjasa mengembangkan matematika sampai jadi seperti sekarang

    ReplyDelete
  22. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dalam diskusi tersebut Prof. Dr. Marsigit, MA. menyatakan bahwa matematika murni membahayakan siswa sekolah dalam belajar matematika. Siswa yang dihadapkan pada matematika murni akan kesulitan dalam memahaminya. Mungkin dalam jangka pendek, matematika murni dapat diterima oleh siswa. Namun dalam proses belajar jangka panjangnya, matematika murni tidak akan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Maka seorang guru tidak bisa berperan selayaknya matematikawan yang menggunakan matematika murni di dalam pembelajarannya. Matematika yang lebih sesuai untuk siswa adalah aktivitas penemuan, bukan dimulai dari definisi, aksioma, teorema, dan lain-lain. Dari aktivitas penemuan tersebut nantinya siswa akan sampai pada matematika murni.

    ReplyDelete
  23. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Melalui artikel ini saya memahami bahwa matematika dan pendidikan matematika masih dalam percampuran konsep yang pastinya memberi dampak bagi pendidikan matematika. Matematika murni dengan pendidikan matematika semestinya dipisahkan, bukan berarti dipisahkan secara utuh, melainkan dipisahkan dalam tatanan praktis. Seperti contoh penerapan pembelajaran matematika dalam pendidikan tidak seharusnya disamakan dengan pemebelajaran matematika pada ilmu murni.

    ReplyDelete

  24. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Cinta hadir karena sering bersama.Itulah ungkapan saya tentang postingan ini.Untuk memahami matematika, saya sangat setuju dengan Pak prof butuh waktu yang panjang .Matematika itu adalah sebuah proses.Matematika tidak dapat digunakan dengan menggunakan sistem kebut semalam dengan tujuan meraih hasil yang memuaskan.Posisi generasi muda sekarang berada pada ambang bahaya.Suguhan –suguhan yang melenakan tapi memberikan ketidakpuasan dan ketaknyamanan pada diri anak.Betapa anak harus menahan diri untuk bermetafora karena terlanjur dintimidasi oleh sebuah praduga umum yang telah dianggap benar.

    ReplyDelete
  25. Anisa Safitri
    17701251-38
    PEP B

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun memiliki fungsi berbeda.Matematika dikatakan murni apabila masih dalam pikiran. Tetapi apabila sudah dikomunikasikan, maka matematika tidak murni lagi tetapi kontradiktif. Itulah pendidikan matematika. sehingga komunikasi yang utama adalah penggunaan bahasa agar dapat dimengerti oleh orang lain serta mempelajari suatu ilmu dengan rasa cinta butuh prosesn lama dan panjang dalam mempelajarinya.

    ReplyDelete
  26. Junianto
    PM C
    17709251065

    Matematika murni dan matematika sekolah merupakan dua hal yang berbeda. Matematika murni atau matematika formal diajarkan di tingkat universitas karena kandungan materi yang bersifat abstrak. Untuk tingkat sekolah dasar dan menengah diajarkan matematika sekolah. Materi dalam matematika formal mempunyai objek yang hampir tidak ada dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  27. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pelajaran yang berbasis matematika murni sangat membantu di dalam pendidikan matematika. Karena, hal tersebut membantu guru di dalam melakukan pemecahan masalah terhadap matematika itu sendiri. Selain itu, matematika murni juga membantu guru dan peneliti di dalam melakukan perhitungan matematis yang bersifat inferensi. Dengan bantuan matematika murni guru lebih mudah dalam berlogika dan dalam menentukan identitas maupun kontradiksi dari suatu teorema, aksioma, ataupun lema-lema dari pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  28. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Actually the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics if they give definitions too early or too quickly. because it will make students first confused and have difficulty understanding it. but if they do it with the right approach, then a pure mathematician can be a determinant for students in applying mathematics appropriately

    ReplyDelete
  29. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bahasa yang digunakan dalam matematika haruslah diterjemahkan kedalam bahasa biasa agar bisa dipahami oleh masyarakat luas dan juga bahasa masyarakat perlu ditranslate ke dalam matematika mempermudah perhitungan.

    ReplyDelete
  30. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dari postingan ini hal yang dapat saya pahami adalah dalam menyatukan antara matematika dan pendidikan matematika yaitu adanya kolaborasi antara kedua praktisi tesebut. Karena saya setuju dengan pernyataan Pak Marisgit, “ I did not mean they should be separated in general” sehingga keduanya dapat mengadakan kolaborasi. Kemudian dalam kolabrasi tersebut matematika murni dapat menyampaikan konsep materi yang mendalam kepada guru hal ini agar materi dan soal yang diberikan oleh guru bukanlah materi yang sangat dasar namun lebih mendalam karena akan adanya variasi soal yang lebih baik, dan harapannya siswa lebih menjadi seornga yang problem solver. Selanjutnya para pendidik dapat merepresentasikan pengetahuan matematika murni tersbeut ke dalam pendidikan matematika agar mudah dipahami oleh siswanya.

    ReplyDelete
  31. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Pure mathematics differs from mathematics education. Pure mathematics does not pay attention to space and time while maathematics education takes care of space and time. Pure mathematics only thinks for herself while mathematics education thinks of students. Pure mathematics for adults while mathematics education for ana-child. Thus, it is important to devote the teaching of mathematics to adults or to children.

    ReplyDelete
  32. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Menurut saya, memang benar bahwa matematika murni dan pendidikan matematika merupakan dua hal yang berbeda namun memiliki fungsi yang saling berkaitan. Matematika murni mempelajari matematika dengan lebih spesifik dan detail. Sementara pendidikan matematika mempelajari matematika dan juga mempelajari metode pengajaran agar mereka dapat melaksanakan tugas sebagai seorang pendidik. Dalam setiap sudut kehidupan kita selalu membutuhkan aplikasi dari matematika murni, namun seorang matematikawan murni tidak selalu mampu memberikan pengajaran matematika, mereka mungkin tidak tahu tentang bagaimana cara mengajar, sehingga dibutuhkannya seorang pendidik matematika.

    ReplyDelete
  33. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Sebenarnya kita tidak perlu memisahkan atau mendikotomikan antara pure mathematics dan matematika pendidik. Karena pada dasarnya matematika pendidik tetap menggunakan matematika murni hanya dengan penyampaian yang sesuai karaktersitik anak didik. Konsep-konsep matematika tetap sama, karena matematika memang ilmu yang universal. Matematika pendidik lebih ramah terhadap anak didik atau siswa, baik dalam substansi maupun penyampaiannya.

    ReplyDelete
  34. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dalam kegiatan pembelajaran, peranan guru sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswanya. Hal itu tergantung pada bagaimana guru menggunakan metode yang bagaimana dalam mengajar. Metode tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik siswa atau materi pembelajaran sehingga metode dapat mempermudah siswa dalam memahami materi matematika yang diberikan. Selain itu, dalam menggunakan metode harus bersifat inovatif dan kreatif sehingga siswa tidak bosan dan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan ini membahas mengenai keterlibatan guru dalam menyampaikan konsep kepada siswanya. Menurut saya memang benar dalam pendidikan matematika saat guru akan menyampiakan materi maka guru akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukandan berdiskusi secara berkelompok. Namun bukan berrti dalam student center ini guru tidak memiliki peran sama sekali. Peran guru adalah mengkonfirmasi hasil diskusi tersebut agar tidak terjadi kesalahan konsep berjamaah. Selain itu guru juga memiliki tugas sebagai fasilitator dengan memoersiiapkan modul menggunakan komunikasi yang mudah dipahami ssiswa. Dan saat proses diskusi guru juga dapat melakukan proses scaffolding untuk membantu siswa saat berdiskusi.

    ReplyDelete
  36. Junianto
    PM C
    17709251065

    Matematika sekolah mengandung materi yang masih bersifat konkret, meskipun objek matematika pada umunya adalah benda pikiran. Ilmuwan murni sebenarnya bisa membantu dalam pembelajaran di sekolah,namun dari segi ketrampilan penyampaian materi tentu akan lebih menguasai guru/ pendidik. Oleh karena itu, kerja sama antar keduanya sebenarnya bisa memudahkan pembelajaran. Di sinilah letak perbedaan peran matematikawan dan akademisi dimana masing-masing mempunyai keahlian dibidangnya.

    ReplyDelete
  37. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika siswa sekolah dasar belajar matematika dengan rasa senang atau tertarik dengan matematika karena penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari dianggap penting, maka tida demikian dengan siswa yang sudah dewasa. Ada kalanya siswa mulai mempelajari materi matematika tanpa harus diberi informasi dari guru keguanannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika siswa mulai dewasa maka matematika yang ia pelajari mulai kompleks dan abstrak. Contohnya materi kalkulus, tida mungkin siswa akan merasa kalkulus itu bermanfaat bagi kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, pada usia ini perlu adanya kesadaran dari diri siswa bahwa materi matematika itu penting ia pelajari sekaipun ia tida dapat melihat secara langsung penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  38. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun keduanya juga memiliki perbedaan sesuai dengan fungsinya. Matematika murni lebih menitik beratkan pada ilmu mutlak yang bersifat analitik. sedangkan pendidikan matematika merupakan ilmu yang mempelajari pola hubungan dengan lingkungan dan pemecahan masalah. Pendidikan matematika biasanya dipakai untuk mendidik siswa dalam memberi pelajaran di sekolah. Jika matematika murni ilmunya lebih mutlak, berbeda dengan pendidikan matematika yang memiliki 2 komponen pengalaman dan logika atau disebut sintetik a posteriori. Dalam pendidikan matematika keduanya harus saling berhubungan dan seimbang sehingga menghasilkan bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendidik siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Memisahkan model pengajaran materi matematika murni dan matematika sekolah bukan dimaksudkan untuk menghadirkan jarak dan pertentangan antara keduanya. Namun, hal itu bermaksud untuk memberikan treatmen bagi pembelajar sesuai dengan ruang dan waktunya. Oleh karena itu, baik bagi kita untuk memahami hal ini. Terima Kasih

    ReplyDelete
  40. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Matematika yang dibedakan menjadi murni dan sekolah haruslah mamu saling mnerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan demikian matematika murni dan matematika sekolah mampu dengan harmonis berjaln beriringan tanpa ada perdebatan. Mastematika murni melengkapi matematika sekolah dan begituun juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  41. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Tentang matematika dan pendidikan matematika. Hal yang saya pahami bahwa matematika merupakan matematika murni dan formal atau matematika orang dewasa sedangkan pendidikan matematika adalah matematika sekolah atau matematika untuk siswa. Keduanya saling berkaitan, namun dalam penggunaannya harus berhati-hati dan dapat dibedakan. Hal tersebut karena matematika yang sesuai untuk anak adalah matematika sekolah, matematika yang merupakan aktivitas dan kegiatan. Sedangkan memberikan matematika murni kepada siswa merupakan hal yang tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Sehingga matematika dan pendidikan matematika hendaknya saling melengkapi dan dapat menempati sesuai peruntukannya masing-masing.

    ReplyDelete
  42. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Istilah-istilah matematika murni dan matematika pendidikan memang berbeda dalam pembahasannya masing-masing. Ketika berbicara seputar ilmu matematika mungkin akan terdapat kesamaan terms secara keseluruhan karena ilmu pengetahuan di antara keduanya adalah sama. Namun jika berbicara lebih intensif maka matematika murni memiliki batasan untuk memahami matematika sekolah atau pendidikan matematika, sehingga untuk beberapa kajian matematika sekolah tidak bisa diselesaikan dengan logika saja.

    ReplyDelete
  43. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Matematika murni dan pendidikan matematika memang berbeda, namun keduanya saling berkaitan karena sama-sama mempelajari ilmu matematika. Perbedaannya yaitu terletak pada keluasan materi pembelajaran, yaitu sejauh mana ilmu matematika yang dipelajari atau dikaji. Pembelajaran matematika murni yaitu mengkaji ilmu matematika secara mendalam beserta teori dan dalil-dalilnya. Matematika murni lebih membuktikan teori-teori dalam matematika. Sehingga matematika murni bersifat abstrak. Matematika murni merupakan ilmu yang ada di dalam pikiran. Sedangkan pendidikan matematika mengkaji ilmu matematika yang diperuntukkan bagi siswa pelajar. Salah satu tujuan pendidikan matematika ialah untuk mempersiapkan seorang guru. Diharapkan guru tersebut ialah menjadi guru profesional dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dalam pendidikan matematika juga mempelajari mengenai ilmu kependidikan dan metode-metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  44. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Sebelum seseorang menjadi matematikawan, ia adalah siswa yang belajar matematika dengan memanfaatkan pendidikan matematika. Matematika dan pendidikan matematika tidak dapat matematika. dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan untuk mengembangkan matematika dan pendidikan

    ReplyDelete
  45. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika murni yang dibawa ke sekolah akan sangat membahayakan bagi siswa tingkat dasar maupun menengah. Di sekolah, matematika sangat penting untuk mengembangkan intuisi. Matematika murni bukanlah hal yang bertujuan untuk mengembangkan intuisi. Selain itu, tingkat dan pola pikir siswa tidaklah cocok untuk matematika murni. Matematika murni adalah untuk pembelajar tingkat lanjut

    ReplyDelete
  46. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Matematika murni itu lebih condong ke arah matematika abstrak. Matematika abstrak akan membuat siswa kebingungan apabila diaplikasikan dalam pembelajaran sekolah menengah, apalagi sekolah dasar. Kemampuan matematika siswa dapat berkembang sesuai umur dan proses pembelajaran yang dilaluinya selama itu. Matematika sekolah dasar berada di tingkatan umur siswa yang kemampuannya belum berkembang seperti yang sudah di universitas. Jadi pembelajarannya lebih condong ke matematika konkret dibandingkan abstrak.

    ReplyDelete
  47. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Matematika murni berbahaya bagi para pembelajar matematika, terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstak, formal, sangatlah tidak sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Sangatlah tidak tepat ketika membelajarkan matematika yang abstrak, formal, kepada siswa. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, matematika sebagai kegiatan. Dalam kaitannya dengan berpikir logis, saya rasa siswa memang diajarkan untuk berpikir logis, namun hal ini tidak berarti proses pembelajarannya menggunakan matematika formal

    ReplyDelete
  48. Ketika matematika murni berusaha melibatkan diri dalam system pendidikan matematika, maka tentu saja para ahli matematika murni akan membawa dimensi matematika murninya ke dalam system pendidikan, yang mana mereka sesungguhnya kurang dalam aspek pengalaman mengenai karakteristik peserta didik yang akan menerima pengajaran matematika tersebut. Sudah seharusnya ahli matematika murni tersebut menyadari ada yang berbeda dengan keahlian mereka.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  49. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membahas sesuatu bersama seseorang yang memiliki latar belakang pemikiran,pemahaman maupun pendidikan yang berbeda perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu, sedangkan diskusi di atas kiranya kurang dalam memenuhi hal tersebut. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  50. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengomentari isi diskusi tersebut, bahwa dalam menyelaraskan antara matematika murni dan matematika pendidikan perlu kiranya memahami masing-masing subyek dan predikat yang melekat pada saat itu. Matematika murni yang sarat akan definisi, aksiona, teorema dan sebagainya kurang cocok jika secara langsung disampaikan kepada siswa, karena peluang siswa mengalami misunderstanding semakin besar. Olehkarena itu matematika pendidikan memerlukan matematika murni sebagai basic dalam memahamkan matematika kepada siswa, sedangkan matematika murni perlu mengkongkritkan onbyeknya jika berbicara dengan siswa sebagai semesta pembicaraan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  51. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Matematika dibedakan menjadi dua, yaitu matematika murni dan pendidikan matematika. Keduanya memang berbeda, akan tetapi keduanya saling berhubungan. Matematika (murni) tujuannya untuk mempelajari Matematika hingga menjadi ahli dalam Matematika selain itu Matematika murni lebih condong pada ilmu murninya beserta teori-teorinya. Sedangkan pendidikan Matematika ke bidang pendidikannya tujuannya untuk menjadikan seorang pendidik atau guru Matematika yang profesional dengan dibekali keterampilan dalam mengajar Matematika yang baik serta menghasilkan output sebagai pendidik matematika atau guru matematika yang berbakat dan berpengalaman dalam mengajarkan matematika kepada peserta didik secara professional dan aplikasinya mengajar matematika di sekolah. Matematika murni dan pendidikan matematika merupakan satu kesatuan dalam matematika.

    ReplyDelete
  52. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Perbedaan karakter dan kemampuan mewarnai kondisi siswa di banyak sekolah. Ada yang berkemampuan relatif rendah, sedang dan tinggi. Di level lain, kita mengenal siswa dengan kemampuan jauh di atas rata-rata. Ketika menemukan potensi besar seperti ini, seorang guru tentu tidak dapat memperlakukan siswa tersebut sama dengan teman-teman lainnya yang kemampuannya dibawah siswa tersebut. Harus ada perlakuan berbeda dalam hal mengajarkan materi kepada siswa tersebut, tanpa harus bersikap objektif yang berlebihan. Itulah salah satu bentuk fungsi guru sebagai fasilitator yang dapat melihat segala potensi siswa-siswanya.

    ReplyDelete