Mar 10, 2013

Mathematics and Language 5



@ David: My very short response that I am interested with your succinctly description of Ernest works. Further, I will say that I am witnessing the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics. The instantly outcome: possibly YES; but the long-term architecturing creativities: clearly NO.

37 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dalam matematika murni, itu terkait untuk mengetahui pemikiran logis, bukti sesuatu, teorema, aksioma, kalkulus sehingga kita bisa memahaminya sendiri, tetapi dalam pendidikan matematika, itu terkait untuk mengetahui bagaimana mengajar atau penjelasan bahan atau materi matematika murni untuk siswa atau orang lain sehingga mereka dapat memahami dengan jelas. Dalam pendidikan matematika itu juga terkait dengan metode proses belajar mengajar, sehingga siswa dalam pendidikan matematika yang diajarkan metode inovatif untuk mengajar matematika yang menarik dan mudah.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Seperti mata uang logam yang memiliki dua sisi tak terpisahkan maka ketika berbicara matematika perlu juga berbicara pendidikan matematika, ketika berbicara tentang logika maka logika tidak dapat terpisahkan dengan cara siswa berpikir, ketika berbicara tentang kalkulus maka kalkulus tidak dapat terpisahkan dengan aturan-aturan pemecahan masalah. Jadi, kembali lagi bahwa ibarat seni, matematika itu indah, indah karena memiliki bagian-bagian yang tak terpisahkan.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika namun keduanya juga memiliki perbedaan sesuai dengan fungsinya. Matematika murni lebih menitik beratkan pada ilmu mutlak yang bersifat analitik sedangkan pendidikan matematika merupakan ilmu yang mempelajari pola hubungan dengan lingkungan dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Seperti yang diuraikan pada elegi sebelumnya bahwa Pendidikan matematika dan matematika murni adalah dual hal yang tampak sama tapi berbeda namun saling berkaitan. Matematika murni lebih mengarah bagaimana membangun dan mempelajari konsep matematika yang sifatnya abstrak seperti teorema, aksioma, prinsip, rumus, dll serta mempelajari tentang pemahaman logika. Hal ini (matematika murni atau matematika dewasa) apabila langsung dibelajarkan kepada peserta didik tentunya akan membuat peserta didik bingung dan tidak termotivasi untuk belajar matematika. Sedangkan pendidikan matematika lebih mengarah kepada bagaimana membelajarkan matematika agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Matematika dihubungkan dengan hal-hal yang konkret atau yang berhubungan dengan sekitar siswa. Hal ini tentunya sesuai dengan pemikiran anak khususnya di tingkat SD.Dalam hal ini tentunya dibutuhkan inovasi guru untuk membuat matematika meyenangkan sehingga siswa tertarik. Maka dari itu dalam pembelajaran pendidikan matematika secara langsung ataupun tidak langsung telah dibangun pemikiran siswa tentang matematika murni.

    ReplyDelete
  5. Matematika murni terfokus pada materi matematika beserta konsepnya. Pendidikan matematika berfokus bagaimana cara siswa belajar matematika dengan membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bagaimana menyelenggarakan pembelajaran matematika agar siswa dapat memahami dan menguasai konsep dan materi matematika. matematika murni adalah isi dan pendidikan matematika adalah wadah.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Ketika kita membedakan antara matematika murni dengan matemtika sekolah bukan berarti keduanya berbeda secara umum atau menyeluruh. Maksudnya adalah agar kita tau batasan-batasan mana yang matematika murni dan mana yang matematika sekolah. Sebagaimana filosofi gunung es, bahwa matematika sekolah merupakan pondasinya atau bagian kaki gunung, sedangkan matematika murni merupakan puncaknya. Agar pengetahuan tentang matematika seseorang itu baik sehingga dapat mempelajari matematika murni dengan mudah, tentunya kita harus menguatkan pondasinya terlebih dahulu, yaitu matematika sekolahnya. Jika siswa memahami konsep dasar matematika dengan baik sehingga membentuk sebuah skema yang tidak cacat. Maka siswa akan mudah memahami matematika murni ketika kelak di perguruan tinggi. Oleh karenanya, menjadi pekerjaan yang sangat penting bagi guru sekolah dasar maupun menengah. Sehingga siswa-siswanya terjamin akan pengetahuan tentang matematika.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Perbedaan yang sangat terlihat dari matematika murni dan matematika dalam pendidikan yaitu terletak pada porsi yang dipelajari dan dikaji. Dimana matematika murni lebih mendalam dalam mempelajarinya yaitu dengan menganalisis. Matematika dalam pendidikan sangat cocok sekali untuk diterapkan pada siswa SD, SMP, dan SMA. Jika pada tingkatan anak yang masih pelajar, sangatlah tidak baik jika diberikan matematika murni, karena belum ada konsep yang terbentuk dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sebagaimana yang dipikirkan oleh para Filsuf bahwa berpikir forndationalisme akan menghasilkan berpikir formal, dimana kita akan menemukan aliran formalisme yang berusaha membangun pengetahuan secara deduksi, yang dimulai dengan landasan menetapkan definisi-definisi, kemudian membuat Aksioma dan Teorema, serta membangun strukturnya dengan berusaha tidak melakukan inkonsistensi. Maka, matematika murni merupakan ilmu yang bersifat deduksi yang umumnya dipelajari oleh orang dewasa, atau oleh para mahasiswa di Perguruan tinggi atau oleh para Matematikawan. Sedangkan matematika sekolah merupakan ilmu yang umumnya dipelajari pada jenjang formal dan non formal dimana masih bersifat konkrit yang ada dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Perbincangan kali ini mengenai matematika dan pendidikan matematika. Menurut saya pendidikan matematika memuat matematika. Namun di dalam matematika tidak terdapat pendidikan matematika. Dalam matematika hanya mengutamakan hasil akhir serta proses untuk menemukan hasil akhirnya. Sedangkan di dalam pendidikan matematika tidak hanya hasil akhir dan proses yang diperoleh, namun arah bernalar, berkomunikasi, kretivitas, kerja sama dan segala aspek afektif lain yang dapat mengubah pola pikir dan pribadi seseorang menjadi lebih baik lagi sebagai bekal untuk masa depannya kelak.

    ReplyDelete
  10. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Matematika murni dan pendidikan matematika memang berbeda, namu kedua hal ini saling berkaitan karena sama-sama mempelajari ilmu matematika. Perbedaannya yaitu terletak pada keluasan materi pembelajaran, yaitu sejauh mana ilmu matematika yang dipelajari atau dikaji. Pembelajaran matematika murni yaitu mengkaji ilmu matematika secara mendalam beserta teori dan dalil-dalilnya, sedangkan pendidikan matematika mengkaji ilmu matematika yang diperuntukkan bagi siswa pelajar. Salah satu tujuan pendidikan matematika ialah untuk mempersiapkan seorang guru. Diharapkan guru tersebut ialah menjadi guru profesional dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dalam pendidikan matematika juga mempelajari mengenai ilmu kependidikan dan metode-metode pembelajaran yang dipakai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  11. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Setelah membaca tulisan di atas , saya memikirkan bagaimana menemukan perbedaan antara matematika murni dengan pendidikan matematika. Tetapi, keduanya, matematika murni dan pendidikan matematika memiliki hubungan. Matematika murni membantu menerangkan secara jelas di pendidikan matematika. Tetapi ketika membicarakan tentang keduanya, kita tetap harus memisahkannya karena keduanya membahas dua hal yang berbeda namun saling berkomplemen.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari pembicaraan ini, saya bisa tahu bahwa dalam matematika murni dengan pendidikan matematika itu berbeda. Dapat dikatakan bahwa dalm pendidikan matematika merupakan hasil modifikasi dari matematika murni. Kenapa demikian? Dalam matematika murni sering kita jumpai bahwa tidak bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena dimodifikasi menjadi pendidikan matematika maka matematika tersebut dapat diterapkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa pendidikan matematika harus memunculkan/menunjukkan kelebihan ini dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Matematika murni dan pendidikan matematika adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama – sama membahas tentang matematika tetapi cakupannya berbeda. Tentunya dalam mengajarkan matematika memerlukan metode yang tepat. Itu termasuk dalam pendidikan matematika. Tetapi dalam matematika murni hal itu mungkin dirasa belum terlalu perlu, karena matematika murni lebih mendalami bagaimana dan seperti apa matematika itu. Intinya bahwa walaupun kedua berbeda namun keduanya diperlukan dalam kehidupan sehari – hari.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Yang dapat saya simpulkan adalah matematika ada dua macam matematika murni dan matematika pendidikan. Matematika murni membahas ucapan-ucapan dan logika matematikawan murni, sedangkan matematika pendidikan perlu dibedakan menjadi matematika sekolah dasar dan menengah. Dalam penyampaiannya matematika murni lebih kepada abstraksi dan pembuktian suatu dalil atau teorema, sedangkan matematika pendidikan lebih diartikan sebagai matematika sekolah yang di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan, memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan berbagai cara, mendorong siswa untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengekompokan dsb, Mendorong siswa menarik kesimpulan umum, membantu siswa memahami dan menemukan hubungan antara pengertian satu dengan lainnya. Sedangkan matematika pendidikan adalah matematika yang dipelajari di sekolah, baik tingkatan sekolah dasar maupun tingkatan sekolah menengah. Melalui pendidikan matematika inilah lahir guru – guru yang ditugaskan memberikan pengajaran matematika di sekolah – sekolah dan karena guru – guru ini memiliki dasar matematika pendidikan maka pengajaran matematika di sekolah seharusnya juga memiliki dasar matematika pendidikan bukan merupakan maatematika murni yang hanya berisi rumus kemudian diberikan masalah yang diminta untuk diselesaikan begitu saja

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Matematikawan murni merupakan matematika yang lebih mengutamakan hasil dalam pembelajarannya sedangkan matematika sekolah adalah matematika yang memberikan perkembangan kreativitas secara berkelanjutan. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa matematika murni membahayakan pelajar muda matematika. Karena ketika pelajar muda dewasa maka dianggapan mereka matematika itu hanya menginginkan jawaban konkret bukan kemampuan keterampilan dalam kehidupan sehari hari, sehinga efeknya mereka akan menjauhi matematika.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang benar bahwa matematika pendidikan itu pasti tidak terlepas dari matematika murni, karena meraka berdua hampir sama walaupun objeknya saja yang berbeda. Kita juga tahun bagian dari metamatika murni terdapat, definisi, aksioma, teorema, lemma dan sebagainya seperti kalkulus, aljabar, dan yang lainnya juga. Dan memanag benar juga matematika murni membantu dalam pendidikan matematika. Seperti dua mata sisi uang logam yang mana mereka itu satu akan tetapi berbeda.

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Antara matematika dan pendidikan matematika ini saling berhubungan erat. Matematika murni memang bagian daripada pendidikan matematika. Yang menjadi problem adalah ketika seorang pengajar atau guru mengajarkan pendidikan matematika yang hanya matematikanya saja. Dalam hal untuk pencapaian hasil atau nilai atau outcome memang lah OKE, tetapi jika ditekankan pada aspek pembentukan kreativitas siswa sangatlah kurang. Oleh karena itu, dalam mendidik sebaiknya guru tidak hanya memberikan secara instan tentang konten matematika, tetapi yang lebih penting adalah unsur pedagogi nya yaitu bagaimana siswa dapat memperoleh pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pendidikan matematika itu merupakan modifikasi dari matematika murni. Matematika murni yang sebelumnya tidak bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari kemudian dimodifikasi menjadi pendidikan matematika yang dapat diterapkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, matematika murni dan pendidikan matematika jelas berbeda.

    ReplyDelete
  19. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun keduanya juga memiliki perbedaan sesuai dengan fungsinya. Matematika murni merupakan matematika beserta teori-teorinya yang mendetail, mendalam dan spesifik sedangkan pendidikan matematika merupakan matematika yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Pendidikan matematika mempersiapkan seseorang untuk menjadi pendidik profesional (guru) dalam bidang matematika. Selain itu, dalam pendidikan matematika juga mempelajari ilmu kependidikan dan strategi pembelajaran yang dipakai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, seorang lulusan pendidikan matematika diharapkan dapat menerapkan pembelajaran matematika inovatif dan kreatif di kelas agar siswa merasa nyaman dan menyenangkan saat belajar serta dapat memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pembedaan antara matematika murni dan pendidikan matematika telah diungkap pada sumber di atas. Yang berbeda antara keduanya terletak pada ontologi, epistimologi dan aksiologinya. Ontologi matematika adalah konsep matematika yang ada. Epistimologi matematika adalah tentang bagaimana memperoleh matematika yaitu dengan akal/logika, pengalaman, dan intuisi. Sedangkan untuk pendidikan matematika berbeda. Ontologi pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri. Epistimologinya adalah metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa. Dari penjelasan ini, lebih jelas perbedaan antara keduanya.

    ReplyDelete
  21. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Matematika murni berisi tentang definisi, teorema, lemma, dll yang berhubungan dengan rumus-rumus matematika. Matematika mempunyai tingkatan, mulai dari konkret sampai dengan abstrak. Siswa SD belum bisa memahami matematika abstrak, siswa SMP pun juga belum bisa secara penuh memahami matematika abstrak, siswa SMA sudah mulai memahami matematika abstrak, mahasiswa harus sudah bisa memahami matematika abstrak. Tidak mudah mengajarkan atau mengubah matematika murni menjadi matematika yang dapat dipahami oleh siswa. Oleh karenanya pembelajaran untuk SD, SMP, SMA bisa mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari atau benda-benda konkret, sehingga siswa mampu untuk membayangkan penerapan konsep matematika murni yang diajarkan.

    ReplyDelete
  22. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Berdasarkan diskusi di atas dapat disimpulkan bahwa matematika dapat dibedakan menjadi dua yaitu, matematika murni dan pendidikan matematika. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pendidikan murni lebih bersifat abstrak dan tidak mementingkan tujuan praktisnya sama sekali. Matematika murni ini melepaskan dirinya dari kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematia murni mempelajari matematika lebih spesifik. Sehingga jika matematika murni diterapkan pada siswa sekolah, maka siswa pun tidak akan tertarik dan cenderung merasa kesulitan. Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa sebaiknya matematika murni jangan diterapkan pada siswa sekolah. Sedangkan pendidikan matematika lebih menitik beratkan pada mempersiapkan pendidik yang pada akhirnya melakukan proses pembelajaran di kelas. Pendidikan matematika mempelajari matematika yang dikaitkan dengan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan cenderung bersifat praktis. Walaupun keduanya berbeda, namun keduanya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ada tiga tingkatan kemapuan dala perbedaan karakter dan kemampuan mewarnai kondisi siswa dibanyak sekolah yaitu kemampuan relatif rendah, sedang dan tinggi. Di level lain kita mengenal siswa dengan kemampuan jauh diatas rata-rata. Ketika menemukan potensi ini seorang guru tentu memperlakukan siswa itu tidak sama dengan siswa lainnya. Harus ada perlakuan berbeda dalam hal mengajarkan materi kepada siswa tersebut, tanpa harus bersikap objektif yang berlebihan. Itulah salah satu bentuk fungsi guru sebagai fasilitator yang dapat melihat segala potensi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Sebelum seseorang menjadi matematikawan, ia adalah siswa yang belajar matematika dengan memanfaatkan pendidikan matematika. Matematika dan pendidikan matematika tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan untuk mengembangkan matematika dan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut pandangan pak Marsigit, matematika murni tidak untuk anak-anak. Namun dari pendapat David, matematika murni sangat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam matematika. Namun, menurut pak Marsigit, kemampuan tersebut tidak dapat meningkatkan kreativitas anak dalam matematika. Sehingga anak hanya bisa sebagai pengguna matematika. Seperti dalam pandangan mekanistik.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan matematika, yang dalam konteks ini disebut dengan matematika sekolah adalah matematika yang umumnya diajarkan di jenjang pendidikan formal dari SD sampai dengan tingkat SMA. Tidak termasuk tingkat perguruan tinggi karena di perguruan tinggi matematika didefinisikan dalam konteks matematika sebagai ilmu (matematika murni). Dalam dunia pendidikan, matematika yang dipandang sebagai ide dalam pikiran adalah matematika murni, atau matematika sebagai ilmu. Sedangkan matematika dengan objek di luar pikiran adalah matematika sekolah. Matematika sekolah jelas berkaitan dengan anak didik yang menjalani proses perkembangan kognitif dan emosional masing-masing. Secara khusus dapat dikatakan bahwa dalam matematika sekolah perlu memperhatikan aspek teori psikologi khususnya teori psikologi perkembangan. Mereka memerlukan tahapan belajar sesuai dengan perkembangan jiwa dan kognitifnya. Potensi yang ada pada diri anak pun berkembang dari tingkat rendah ke tinggi, dari sederhana ke kompleks.

    ReplyDelete
  29. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah dan matematika murni bukanlah dua hal yang saling asing apalagi saling kontradiksi. Karena pada dasarnya, matematika sekolah adalah matematika sebagai dirinya sendiri (ilmu pengetahuan) yang memiliki objek konkret sebagai bentuk suatu contoh masalah. Salah satu bentuk peleburan batas antara matematika murni dan matematika sekolah adalah jika obyek yang dipelajari berada di wilayahnya matematika murni, atau berupa objek abstrak dalam pikiran, maka para matematika sekolah harus menyesuaikan diri. Penyesuaian tersebut yakni dengan melakukan mathematical research . Sebaliknya, jika obyek yang dipelajari berada di wilayah matematika sekolah, maka matematika murni perlu menyelami, mempelajari dan terlibat di dalam pengembangan matematika sekolah.

    ReplyDelete
  30. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Matematika dan pendidikan matematika jelas berbeda menurut saya. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pola berpikir logis mengenai ide-ide berupa simbol yang didefinisikan secara cermat, jelas dan akurat. Matematika juga merupakan ilmu pengetahuan deduktif yang berarti pengerjaan masalah matematika bersifat deduktif juga, hal ini mengakibatkan matematika tidak menerima generalisasi berdasarkan pengamatan (induktif), tetapi harus berdasarkan pembuktian. Sedangkan pendidikan matematika meliputi matematika yang diterapkan berbagai aspek kehidupan yang dapat dikembangkan melalui proses belajar dan pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  31. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Matematika murni berbahaya bagi para pembelajar matematika, terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstak, formal, sangatlah tidak sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Sangatlah tidak tepat ketika membelajarkan matematika yang abstrak, formal, kepada siswa. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, matematika sebagai kegiatan. Dalam kaitannya dengan berpikir logis, saya rasa siswa memang diajarkan untuk berpikir logis, namun hal ini tidak berarti proses pembelajarannya menggunakan matematika formal.

    ReplyDelete
  32. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki keterkaitan satu sama lain, keduanya konsen kepada bagaimana belajar matematika namun pada matematika murni pembelajarannya lebih analitis dan tidak berorientasi kepada kehidupan sehari-hari sedangkan pada pendidikan matematika disana lebih keberlanjutannya dan berorientasi kepada kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  33. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Menurut Prof. Marsigit para matematikawan murni membahayakan para siswa jika memaksakan matematika murni untuk dipelajari para siswa tingkat sekolah. Mungkin untuk hasil yang secara langsung seprti perhitungan dan lain sebagainya mungkin berhasil tetapi jika untuk jangka panjang seperti kemampuan kreativitas dan lain-lain akan suah karena siswa pada awalnya sudah terbebani dengan materi yang belum saatnya mereka pelajari.

    ReplyDelete
  34. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Agar memahami mengenai matematika, perlu dikaji tentang teori belajar. Mengapa? Agar kita bisa membedakan matematika murni dan pendidikan matematika. Sebab matematika murni untuk anak-anak tentu berbahaya. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstrak dan formal. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, dimana siswa diajarkan dari benda-benda konkrit atau matematika non formal kemudian menuju matematika formal.

    ReplyDelete
  35. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Memang jika dirasa dalam matematika dan pendidikan matematika adalah dua hal yag tidak isa disamakan. Matematika murni membantu matematika pendidikan, sehingga dalam matematika pendidikan tidak melulu membicarakan hal-hal dalam matematika murni. Dalam proses matematika pendidikan pun berusaha mengajarkan bagaimana siswa bisa mengenal proses pencapaian dalam matematika murni.

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Apa yang dapat saya pahami dari artikel ini, bahwa matematika murni dibedakan dengan pendidikan matmatika. Hal ini dikarenakan, apabila matematika murni yang diajarkan kepada siswa-siswa disekolah atau orang-orang yang hanya menguasai matematika murni tanpa mengetahui cara mengajarkan matematika mengajar matematika artinya para matematikawan mengajarkan matematika kepada siswa. Hal ini dikhawatirkan hanya akan memberikan siswa rumus-rumus matematika yang cepat untuk menyelesaikan permasalaahn matematika, karena para matematikawan memang lebih kuat dalam teori matematikanya sehingga mereka lebih mahir dalam konsep dan teori-teori matematika, tetapi yang dapat membahayakan adalah pemberian teknik atau rumus-rumus cepat kepada siswa tersebut dapat menjadikan siswa kurang dalam pengembangan kemampuan bermatematisnya seperti berpikir kreatif dan berpikir kritis karena mereka sudah terlebih dahulu diajarkan rumus-rumus cepat tanpa mengetahui makna dari rumus tersebut.

    ReplyDelete
  37. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika tidak bisa terpisahkan dengan pendidikan matematika, begitu pula pendidikan matematika tidak bisa terpisahkan dengan matematika. Keduanya saling berkaitan dan tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan secara filosofis. Matematika (pure mathematics) bersifat tunggal, konsisten, absolut, koheren, sedangkan pendidikan matematika (school mathematics) bersifa plural, kontradiktif, relatif, koresponden. Ketidaksesuaian diantara keduanya memiliki dampak hebat bagi pendidikan matematika. Jika matematika yang diajarkan di sekolah adalah pure mathematics maka pendidikan matematika (school mathematics) tidak bisa berkembang.

    ReplyDelete