Mar 10, 2013

Mathematics and Language 5



@ David: My very short response that I am interested with your succinctly description of Ernest works. Further, I will say that I am witnessing the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics. The instantly outcome: possibly YES; but the long-term architecturing creativities: clearly NO.

25 comments:

  1. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Actually the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics if they give definitions too early or too quickly. because it will make students first confused and have difficulty understanding it. but if they do it with the right approach, then a pure mathematician can be a determinant for students in applying mathematics appropriately

    ReplyDelete
  2. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bahasa yang digunakan dalam matematika haruslah diterjemahkan kedalam bahasa biasa agar bisa dipahami oleh masyarakat luas dan juga bahasa masyarakat perlu ditranslate ke dalam matematika mempermudah perhitungan.

    ReplyDelete
  3. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dari postingan ini hal yang dapat saya pahami adalah dalam menyatukan antara matematika dan pendidikan matematika yaitu adanya kolaborasi antara kedua praktisi tesebut. Karena saya setuju dengan pernyataan Pak Marisgit, “ I did not mean they should be separated in general” sehingga keduanya dapat mengadakan kolaborasi. Kemudian dalam kolabrasi tersebut matematika murni dapat menyampaikan konsep materi yang mendalam kepada guru hal ini agar materi dan soal yang diberikan oleh guru bukanlah materi yang sangat dasar namun lebih mendalam karena akan adanya variasi soal yang lebih baik, dan harapannya siswa lebih menjadi seornga yang problem solver. Selanjutnya para pendidik dapat merepresentasikan pengetahuan matematika murni tersbeut ke dalam pendidikan matematika agar mudah dipahami oleh siswanya.

    ReplyDelete
  4. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Pure mathematics differs from mathematics education. Pure mathematics does not pay attention to space and time while maathematics education takes care of space and time. Pure mathematics only thinks for herself while mathematics education thinks of students. Pure mathematics for adults while mathematics education for ana-child. Thus, it is important to devote the teaching of mathematics to adults or to children.

    ReplyDelete
  5. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Menurut saya, memang benar bahwa matematika murni dan pendidikan matematika merupakan dua hal yang berbeda namun memiliki fungsi yang saling berkaitan. Matematika murni mempelajari matematika dengan lebih spesifik dan detail. Sementara pendidikan matematika mempelajari matematika dan juga mempelajari metode pengajaran agar mereka dapat melaksanakan tugas sebagai seorang pendidik. Dalam setiap sudut kehidupan kita selalu membutuhkan aplikasi dari matematika murni, namun seorang matematikawan murni tidak selalu mampu memberikan pengajaran matematika, mereka mungkin tidak tahu tentang bagaimana cara mengajar, sehingga dibutuhkannya seorang pendidik matematika.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Sebenarnya kita tidak perlu memisahkan atau mendikotomikan antara pure mathematics dan matematika pendidik. Karena pada dasarnya matematika pendidik tetap menggunakan matematika murni hanya dengan penyampaian yang sesuai karaktersitik anak didik. Konsep-konsep matematika tetap sama, karena matematika memang ilmu yang universal. Matematika pendidik lebih ramah terhadap anak didik atau siswa, baik dalam substansi maupun penyampaiannya.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dalam kegiatan pembelajaran, peranan guru sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswanya. Hal itu tergantung pada bagaimana guru menggunakan metode yang bagaimana dalam mengajar. Metode tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik siswa atau materi pembelajaran sehingga metode dapat mempermudah siswa dalam memahami materi matematika yang diberikan. Selain itu, dalam menggunakan metode harus bersifat inovatif dan kreatif sehingga siswa tidak bosan dan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan ini membahas mengenai keterlibatan guru dalam menyampaikan konsep kepada siswanya. Menurut saya memang benar dalam pendidikan matematika saat guru akan menyampiakan materi maka guru akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukandan berdiskusi secara berkelompok. Namun bukan berrti dalam student center ini guru tidak memiliki peran sama sekali. Peran guru adalah mengkonfirmasi hasil diskusi tersebut agar tidak terjadi kesalahan konsep berjamaah. Selain itu guru juga memiliki tugas sebagai fasilitator dengan memoersiiapkan modul menggunakan komunikasi yang mudah dipahami ssiswa. Dan saat proses diskusi guru juga dapat melakukan proses scaffolding untuk membantu siswa saat berdiskusi.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C
    17709251065

    Matematika sekolah mengandung materi yang masih bersifat konkret, meskipun objek matematika pada umunya adalah benda pikiran. Ilmuwan murni sebenarnya bisa membantu dalam pembelajaran di sekolah,namun dari segi ketrampilan penyampaian materi tentu akan lebih menguasai guru/ pendidik. Oleh karena itu, kerja sama antar keduanya sebenarnya bisa memudahkan pembelajaran. Di sinilah letak perbedaan peran matematikawan dan akademisi dimana masing-masing mempunyai keahlian dibidangnya.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika siswa sekolah dasar belajar matematika dengan rasa senang atau tertarik dengan matematika karena penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari dianggap penting, maka tida demikian dengan siswa yang sudah dewasa. Ada kalanya siswa mulai mempelajari materi matematika tanpa harus diberi informasi dari guru keguanannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika siswa mulai dewasa maka matematika yang ia pelajari mulai kompleks dan abstrak. Contohnya materi kalkulus, tida mungkin siswa akan merasa kalkulus itu bermanfaat bagi kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, pada usia ini perlu adanya kesadaran dari diri siswa bahwa materi matematika itu penting ia pelajari sekaipun ia tida dapat melihat secara langsung penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  11. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun keduanya juga memiliki perbedaan sesuai dengan fungsinya. Matematika murni lebih menitik beratkan pada ilmu mutlak yang bersifat analitik. sedangkan pendidikan matematika merupakan ilmu yang mempelajari pola hubungan dengan lingkungan dan pemecahan masalah. Pendidikan matematika biasanya dipakai untuk mendidik siswa dalam memberi pelajaran di sekolah. Jika matematika murni ilmunya lebih mutlak, berbeda dengan pendidikan matematika yang memiliki 2 komponen pengalaman dan logika atau disebut sintetik a posteriori. Dalam pendidikan matematika keduanya harus saling berhubungan dan seimbang sehingga menghasilkan bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendidik siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Memisahkan model pengajaran materi matematika murni dan matematika sekolah bukan dimaksudkan untuk menghadirkan jarak dan pertentangan antara keduanya. Namun, hal itu bermaksud untuk memberikan treatmen bagi pembelajar sesuai dengan ruang dan waktunya. Oleh karena itu, baik bagi kita untuk memahami hal ini. Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Matematika yang dibedakan menjadi murni dan sekolah haruslah mamu saling mnerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan demikian matematika murni dan matematika sekolah mampu dengan harmonis berjaln beriringan tanpa ada perdebatan. Mastematika murni melengkapi matematika sekolah dan begituun juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  14. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Tentang matematika dan pendidikan matematika. Hal yang saya pahami bahwa matematika merupakan matematika murni dan formal atau matematika orang dewasa sedangkan pendidikan matematika adalah matematika sekolah atau matematika untuk siswa. Keduanya saling berkaitan, namun dalam penggunaannya harus berhati-hati dan dapat dibedakan. Hal tersebut karena matematika yang sesuai untuk anak adalah matematika sekolah, matematika yang merupakan aktivitas dan kegiatan. Sedangkan memberikan matematika murni kepada siswa merupakan hal yang tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Sehingga matematika dan pendidikan matematika hendaknya saling melengkapi dan dapat menempati sesuai peruntukannya masing-masing.

    ReplyDelete
  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Istilah-istilah matematika murni dan matematika pendidikan memang berbeda dalam pembahasannya masing-masing. Ketika berbicara seputar ilmu matematika mungkin akan terdapat kesamaan terms secara keseluruhan karena ilmu pengetahuan di antara keduanya adalah sama. Namun jika berbicara lebih intensif maka matematika murni memiliki batasan untuk memahami matematika sekolah atau pendidikan matematika, sehingga untuk beberapa kajian matematika sekolah tidak bisa diselesaikan dengan logika saja.

    ReplyDelete
  16. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Matematika murni dan pendidikan matematika memang berbeda, namun keduanya saling berkaitan karena sama-sama mempelajari ilmu matematika. Perbedaannya yaitu terletak pada keluasan materi pembelajaran, yaitu sejauh mana ilmu matematika yang dipelajari atau dikaji. Pembelajaran matematika murni yaitu mengkaji ilmu matematika secara mendalam beserta teori dan dalil-dalilnya. Matematika murni lebih membuktikan teori-teori dalam matematika. Sehingga matematika murni bersifat abstrak. Matematika murni merupakan ilmu yang ada di dalam pikiran. Sedangkan pendidikan matematika mengkaji ilmu matematika yang diperuntukkan bagi siswa pelajar. Salah satu tujuan pendidikan matematika ialah untuk mempersiapkan seorang guru. Diharapkan guru tersebut ialah menjadi guru profesional dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dalam pendidikan matematika juga mempelajari mengenai ilmu kependidikan dan metode-metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Sebelum seseorang menjadi matematikawan, ia adalah siswa yang belajar matematika dengan memanfaatkan pendidikan matematika. Matematika dan pendidikan matematika tidak dapat matematika. dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan untuk mengembangkan matematika dan pendidikan

    ReplyDelete
  18. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Matematika murni yang dibawa ke sekolah akan sangat membahayakan bagi siswa tingkat dasar maupun menengah. Di sekolah, matematika sangat penting untuk mengembangkan intuisi. Matematika murni bukanlah hal yang bertujuan untuk mengembangkan intuisi. Selain itu, tingkat dan pola pikir siswa tidaklah cocok untuk matematika murni. Matematika murni adalah untuk pembelajar tingkat lanjut

    ReplyDelete
  19. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Matematika murni itu lebih condong ke arah matematika abstrak. Matematika abstrak akan membuat siswa kebingungan apabila diaplikasikan dalam pembelajaran sekolah menengah, apalagi sekolah dasar. Kemampuan matematika siswa dapat berkembang sesuai umur dan proses pembelajaran yang dilaluinya selama itu. Matematika sekolah dasar berada di tingkatan umur siswa yang kemampuannya belum berkembang seperti yang sudah di universitas. Jadi pembelajarannya lebih condong ke matematika konkret dibandingkan abstrak.

    ReplyDelete
  20. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Matematika murni berbahaya bagi para pembelajar matematika, terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstak, formal, sangatlah tidak sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Sangatlah tidak tepat ketika membelajarkan matematika yang abstrak, formal, kepada siswa. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, matematika sebagai kegiatan. Dalam kaitannya dengan berpikir logis, saya rasa siswa memang diajarkan untuk berpikir logis, namun hal ini tidak berarti proses pembelajarannya menggunakan matematika formal

    ReplyDelete
  21. Ketika matematika murni berusaha melibatkan diri dalam system pendidikan matematika, maka tentu saja para ahli matematika murni akan membawa dimensi matematika murninya ke dalam system pendidikan, yang mana mereka sesungguhnya kurang dalam aspek pengalaman mengenai karakteristik peserta didik yang akan menerima pengajaran matematika tersebut. Sudah seharusnya ahli matematika murni tersebut menyadari ada yang berbeda dengan keahlian mereka.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membahas sesuatu bersama seseorang yang memiliki latar belakang pemikiran,pemahaman maupun pendidikan yang berbeda perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu, sedangkan diskusi di atas kiranya kurang dalam memenuhi hal tersebut. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  23. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengomentari isi diskusi tersebut, bahwa dalam menyelaraskan antara matematika murni dan matematika pendidikan perlu kiranya memahami masing-masing subyek dan predikat yang melekat pada saat itu. Matematika murni yang sarat akan definisi, aksiona, teorema dan sebagainya kurang cocok jika secara langsung disampaikan kepada siswa, karena peluang siswa mengalami misunderstanding semakin besar. Olehkarena itu matematika pendidikan memerlukan matematika murni sebagai basic dalam memahamkan matematika kepada siswa, sedangkan matematika murni perlu mengkongkritkan onbyeknya jika berbicara dengan siswa sebagai semesta pembicaraan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  24. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Matematika dibedakan menjadi dua, yaitu matematika murni dan pendidikan matematika. Keduanya memang berbeda, akan tetapi keduanya saling berhubungan. Matematika (murni) tujuannya untuk mempelajari Matematika hingga menjadi ahli dalam Matematika selain itu Matematika murni lebih condong pada ilmu murninya beserta teori-teorinya. Sedangkan pendidikan Matematika ke bidang pendidikannya tujuannya untuk menjadikan seorang pendidik atau guru Matematika yang profesional dengan dibekali keterampilan dalam mengajar Matematika yang baik serta menghasilkan output sebagai pendidik matematika atau guru matematika yang berbakat dan berpengalaman dalam mengajarkan matematika kepada peserta didik secara professional dan aplikasinya mengajar matematika di sekolah. Matematika murni dan pendidikan matematika merupakan satu kesatuan dalam matematika.

    ReplyDelete
  25. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Perbedaan karakter dan kemampuan mewarnai kondisi siswa di banyak sekolah. Ada yang berkemampuan relatif rendah, sedang dan tinggi. Di level lain, kita mengenal siswa dengan kemampuan jauh di atas rata-rata. Ketika menemukan potensi besar seperti ini, seorang guru tentu tidak dapat memperlakukan siswa tersebut sama dengan teman-teman lainnya yang kemampuannya dibawah siswa tersebut. Harus ada perlakuan berbeda dalam hal mengajarkan materi kepada siswa tersebut, tanpa harus bersikap objektif yang berlebihan. Itulah salah satu bentuk fungsi guru sebagai fasilitator yang dapat melihat segala potensi siswa-siswanya.

    ReplyDelete