Mar 10, 2013

Mathematics and Language 5



@ David: My very short response that I am interested with your succinctly description of Ernest works. Further, I will say that I am witnessing the pure mathematicians are endangering the younger learner of mathematics. The instantly outcome: possibly YES; but the long-term architecturing creativities: clearly NO.

10 comments:

  1. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Agar memahami mengenai matematika, perlu dikaji tentang teori belajar. Mengapa? Agar kita bisa membedakan matematika murni dan pendidikan matematika. Sebab matematika murni untuk anak-anak tentu berbahaya. Mengapa? Karena matematika murni yang biasanya menggunakan matematika abstrak dan formal. Siswa lebih cocok untuk menggunakan pendidikan matematika, dimana siswa diajarkan dari benda-benda konkrit atau matematika non formal kemudian menuju matematika formal.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Memang jika dirasa dalam matematika dan pendidikan matematika adalah dua hal yag tidak isa disamakan. Matematika murni membantu matematika pendidikan, sehingga dalam matematika pendidikan tidak melulu membicarakan hal-hal dalam matematika murni. Dalam proses matematika pendidikan pun berusaha mengajarkan bagaimana siswa bisa mengenal proses pencapaian dalam matematika murni.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Apa yang dapat saya pahami dari artikel ini, bahwa matematika murni dibedakan dengan pendidikan matmatika. Hal ini dikarenakan, apabila matematika murni yang diajarkan kepada siswa-siswa disekolah atau orang-orang yang hanya menguasai matematika murni tanpa mengetahui cara mengajarkan matematika mengajar matematika artinya para matematikawan mengajarkan matematika kepada siswa. Hal ini dikhawatirkan hanya akan memberikan siswa rumus-rumus matematika yang cepat untuk menyelesaikan permasalaahn matematika, karena para matematikawan memang lebih kuat dalam teori matematikanya sehingga mereka lebih mahir dalam konsep dan teori-teori matematika, tetapi yang dapat membahayakan adalah pemberian teknik atau rumus-rumus cepat kepada siswa tersebut dapat menjadikan siswa kurang dalam pengembangan kemampuan bermatematisnya seperti berpikir kreatif dan berpikir kritis karena mereka sudah terlebih dahulu diajarkan rumus-rumus cepat tanpa mengetahui makna dari rumus tersebut.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika tidak bisa terpisahkan dengan pendidikan matematika, begitu pula pendidikan matematika tidak bisa terpisahkan dengan matematika. Keduanya saling berkaitan dan tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan secara filosofis. Matematika (pure mathematics) bersifat tunggal, konsisten, absolut, koheren, sedangkan pendidikan matematika (school mathematics) bersifa plural, kontradiktif, relatif, koresponden. Ketidaksesuaian diantara keduanya memiliki dampak hebat bagi pendidikan matematika. Jika matematika yang diajarkan di sekolah adalah pure mathematics maka pendidikan matematika (school mathematics) tidak bisa berkembang.

    ReplyDelete
  5. I think mathematics and mathematics education is little bit different, but it has some similarities too. Mathematics more concern in numeric, symbolizes, theorema, and concept, Mathematics is for who experts it. Mathematics education is needed for studying mathematics. Exactly, both mathematics and mathematics education are same. We can not say that mathematics does not load mathematics education because mathematics need ways to transfer by mathematics education.
    Mathematics education does too. it is used too transfer about mathematics and the value of mathematics. So, in general, we can not differ much between mathematics and mathematics education because there are relationships both of them.
    Consciously or not, the logic is required in mathematics. We can not go against that logic helps us or other students in learning mathematics. so, logic and math are related.
    This time, students are not only exposed to independence. However, mathematics is a history of previous scientists. Students also need to be taught mathematical concepts they have found. So, they can expand as needed.

    ReplyDelete
  6. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Perbedaan matematika murni (formal) dengan pendidikan matematika ada pada subyek dan materi yang diajarkan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan matematika ada karena matematika ada. Di sisi lain, pendidikan matematika yang dekat dengan kehidupan lah yang telah berjasa mengembangkan matematika sampai jadi seperti sekarang

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dalam diskusi tersebut Prof. Dr. Marsigit, MA. menyatakan bahwa matematika murni membahayakan siswa sekolah dalam belajar matematika. Siswa yang dihadapkan pada matematika murni akan kesulitan dalam memahaminya. Mungkin dalam jangka pendek, matematika murni dapat diterima oleh siswa. Namun dalam proses belajar jangka panjangnya, matematika murni tidak akan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Maka seorang guru tidak bisa berperan selayaknya matematikawan yang menggunakan matematika murni di dalam pembelajarannya. Matematika yang lebih sesuai untuk siswa adalah aktivitas penemuan, bukan dimulai dari definisi, aksioma, teorema, dan lain-lain. Dari aktivitas penemuan tersebut nantinya siswa akan sampai pada matematika murni.

    ReplyDelete
  8. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Melalui artikel ini saya memahami bahwa matematika dan pendidikan matematika masih dalam percampuran konsep yang pastinya memberi dampak bagi pendidikan matematika. Matematika murni dengan pendidikan matematika semestinya dipisahkan, bukan berarti dipisahkan secara utuh, melainkan dipisahkan dalam tatanan praktis. Seperti contoh penerapan pembelajaran matematika dalam pendidikan tidak seharusnya disamakan dengan pemebelajaran matematika pada ilmu murni.

    ReplyDelete

  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Cinta hadir karena sering bersama.Itulah ungkapan saya tentang postingan ini.Untuk memahami matematika, saya sangat setuju dengan Pak prof butuh waktu yang panjang .Matematika itu adalah sebuah proses.Matematika tidak dapat digunakan dengan menggunakan sistem kebut semalam dengan tujuan meraih hasil yang memuaskan.Posisi generasi muda sekarang berada pada ambang bahaya.Suguhan –suguhan yang melenakan tapi memberikan ketidakpuasan dan ketaknyamanan pada diri anak.Betapa anak harus menahan diri untuk bermetafora karena terlanjur dintimidasi oleh sebuah praduga umum yang telah dianggap benar.

    ReplyDelete
  10. Anisa Safitri
    17701251-38
    PEP B

    Matematika murni dan pendidikan matematika memiliki akar yang sama yaitu matematika. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu matematika. Namun memiliki fungsi berbeda.Matematika dikatakan murni apabila masih dalam pikiran. Tetapi apabila sudah dikomunikasikan, maka matematika tidak murni lagi tetapi kontradiktif. Itulah pendidikan matematika. sehingga komunikasi yang utama adalah penggunaan bahasa agar dapat dimengerti oleh orang lain serta mempelajari suatu ilmu dengan rasa cinta butuh prosesn lama dan panjang dalam mempelajarinya.

    ReplyDelete