Mar 17, 2013

Mathematics and Language 7



@ Marty, very great and astonishing works on a widely interdisciplinary modeler of human cognitive behavior. Looking at Figure 3. In your model, I then try myself to behave as if I was a data and flowed in the Flowchart; while on the other hand, as a very new and stranger to your work, I strived to examine every single step of my position, using my prior knowledge and experiences of communication. First I felt rather inconvenience due to the model was something very new with also the new criteria; so I strive to fit myself in order to maintain flowing in the model. Next, I felt I lost something i.e. my intuitions and my habitual logic as well as my framework of consciousness and understanding. I found I felt inconvenience with your input and output system, due to my prior experiences have no single pattern of getting input to my communication as the data. My pattern is not a pattern; so in my communication I have a huge un-pattern zed input of data. I prefer to use intention rather than notice; and before knowledge I found my concept. In this stage I also lost my habit of abstracting and idealizing the ideas. I prefer to use perception than recognition. In the next step i.e. the box of decision, again I lost my intuition and I feel strange with the term of decision. I prefer to use judgment than decision; because the first is deeper than the second, while the second tend to be more mechanical. In your decision step I still looking for my something contingent and logical and intuition as well. So too many things for me to suit to your models because I also found that one part and other parts to some extent not in the rule of if-then pattern as you did. I found something holographic and not in a certain pattern; however, it depends of the context, culture and a greater dimensional of communication. In line with my experiences, I also found that there are a lot of unpredictable notions or actions of the younger learner in doing communication. In sum, I found your model be more mechanical and formal rather than psychological, anthropological and philosophical. I found in my life that our communication sometimes enter to normative and even spiritual dimension of communication. Further, I saw a little bit dangerous following your scheme i.e. simplification of communication or life; it leads to elimination of some aspects of human life. As you know I always confront to the case. I am an adult who try to be aware of every single step of communication as it is in your model; I then can not imagine if there are the younger learner who just follow the adults without any considerations. So apologize for my perceiving the model sometimes can be a trap of communication. This is my very early trying to understand of your model; however, I do very appreciate of your great works.

51 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Komunikasi penting peranannya dalam penyampaian informasi dari guru ke murid ataupun sebaliknya. Komunikasi yang baik akan berimbas pada pemahaman siswa yang juga baik mengenai informasi yang mereka tangkap sehingga tujuan dari pembelajaran pun akan tercapai dengan optimal. Dalam pendidikan matematika, komunikasi merupakan sesuatu yang esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika. Komunikasi yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran hendaknya komunikasi dua arah yang memungkinkan ada partisipasi aktif pada siswa untuk mengemukakan pendapat, bukan hanya satu arah dan terpusat pada guru sementara siswa dibiarkan mematuhi apapun yang guru perintahkan. Dengan adanya peranan aktif siswa dan kebebasan berkomunikasi secara efektif, maka pembelajaran matematika tentu akan benar-benar memberikan efek pada siswa, siswa akan dengan mudah belajar menyelami konsep secara mendasar sehingga tidak akan terjadi kesulitan-kesulitan dalam menghadapi masalah-masalah matematika dalam berbagai versi.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Komunikasi memiliki dimensinya tersendiri, dimensi komunikasi dapat berupa dimensi normatif maupun dimensi spritual komunikasi. Saya setuju ketika Prof menyebutkan bahwa komunikasi bukan suatu skema yang dapat disederhanakan dalam kehidupan, yang kemudian disamakan komunikasi kepada pelajar dewasa dan pelajar muda. Saya lebih setuju ketika terdapat perbedaan cara komunikasi kepada pelajar muda dan dewasa, yang mana harus sesuai dengan dimensi masing-masing.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita sebagai guru seharusnya tahu model dan metode apa yang cocok untuk digunakan pada saat mengajar, karena tidak semua model dan metode itu cocok digunakan pada materi yang akan di sampaikan. Dengan adanya model dan metode pembelajaran kita dapat dengan mudah berkomunikasi kepada siswa atau dengan mudah kita membahasakan matematika itu saat kita mengajar .

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika adalah dirimu sendiri. Berdasarkan ungkapan tersebut maka jelas bahwa komunikasi, termasuk komunikasi matematika seseorang dengan orang lain bisa jadi berbeda, karena perbedaan dimensi yang menembus ruang dan waktu. Salah satu bentuk komunikasi nya adalah dengan menggunakan model, yang sebaiknya juga bersifat universal artinya bisa dipahami oleh orang lain.Guru memang harus melatih kemampuan komunikasi ini kepada siswa, baik secara tulisan maupun lisan. Komunikasi tertulis bisa dilatih dengan menggunakan metode pemecahan masalah, bahwa ada yang lebih bermakna daripada hanya sekedar jawaban, berupa langkah-langkah pengerjaan yang runtut dan menuntut komunikasi matematika secara tertulis. Sedangkan kemampuan komunikasi secara lisan yaitu bisa dengan pembelajaran kooperatif sehingga memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan mempresentasikan pemikirannya.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika dapat dipahami jika adanya komunikasi yang baik dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya komunikasi, guru akan mengetahui dan memahami kebutuhan belajar siswanya sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat mengembangkan pola pikirnya. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengeksplor pengetahuan yang dimilikinya sehingga ia memiliki pengalaman matematika. Dengan adanya pengalaman matematika maka siswa dapat mengembangkan intuisi yang sangat berguna untuk menghasilkan ide-ide atau strategi penyelesaian masalah.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Matematika adalah salah satu jenis model. Model matematika berupa konsep yang harus dipahami. Model-model ini perlu dikembangkan untuk memecahkan masalah dalam mengkomunikasikan matematika, terutama bagi pelajar yang lebih muda. Matematika harus dikomunikasikan dengan baik agar siswa lebih mudah memahaminya. Selain itu, kemampuan komunikasi matematika guru yang baik dapat membuat siswa lebih mudah memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Dengan kata lain, siswa akan lebih mudah menerima apa yang dimaksud guru ketika komunikasi matematikanya jelas.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pada dasarnya output siswa ditentukan pula oleh input dari guru.Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika siswa hanya meniru orang dewasa tanpa pertimbangan apapun. Oleh karena itu guru juga harusnya senantiasa memberikan hal-hal yang bersifat kesempatan bagi siswa untuk dapat memangun ide mereka sendiri agar apa yang didapatkan dari pembelajaran dapat lebih bermakna bagi mereka sendiri dan guru juga tidak boleh menutup siswa hanya pada pemikirannya karena dengan membiarkan siswa berpikiran terbuka, akan menjadikan siswa lebih kreatif dan kritis dalam belajar.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Komunikasi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Komunikasi di sini adalah komunikasi verbal, visual ataupun tulisan. Oleh karenanya guru harus bisa menentukan menggunakan komunikasi jenis apa yang tepat untuk mengajarkan suatu konsep tertentu. Misalnya saja untuk mengajarkan geometri, guru tidak bisa hanya menggunakan komunikasi tulisan saja, namun juga harus menggunakan komunikasi visual yang dijelaskan dengan menggunakan komunikasi verbal.

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kembali lagi bahwa pada hakikatnya siswa lah yang menjadi subjek pembelajaran. Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa salah satu unsur yang tak kalah penting dalam pembelajaran, yaitu adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Proses komunikasi dalam pembelajaran ini untuk menyampaikan pesan dari pendidik (guru) kepada peserta didik (siswa) dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Selain itu, komunikasi juga dapat berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan atau rasa takut siswa kepada guru. Saya Dengan demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Proses komunikasi dapat berlangsung satu arah dan dua arah. Komunikasi yang dianggap efektif adalah komunikasi yang menimbulkan arus informasi dua arah, yaitu dengan munculnya feedback dari pihak penerima pesan. Dengan kata lain, guru hendaknya mampu membangun komunikasi dengan kokoh. Ibarat sebuah bangunan, agar bangunan tersebut dapat seimbang dan kokoh, dibutuhkan semen yang berkualitas. Semen tersebut ialah komunikasi yang mampu menimbulkan umpan balik dari siswa. Sehingga, pada akhirnya siswa pun mampu aktif dan pemikirannya lebih berkembang.

    ReplyDelete
  11. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menjadi guru yang bijaksana bukanlah yang mudah. Guru yang bijaksana identik dengan guru yang mampu memahami karakteristik siswanya. Apa yang dibutuhkan siswa sehingga proses pembelajaran dikelas dapat efektif dan efisien? Dalam hal ini jangan sampai pembelajaran dikelas malah menjadi beban untuk siswa. Sebagai guru mengusahakanlah mmembuat iklim pembelajaran yang menyenangkan bagis siswa. Matematik adan bahasa adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, maka guru dalam hal ini harus mampu menyampaikan matematika secara baik, sistematis dan tidak ambigu.

    ReplyDelete
  12. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. komunikasi dalam bidang apapun memegang peran penting, termasuk dalam pendidikan matematika. dalam matematika model merupakan salah satu media untuk berkomunikasi. Komunikasi yang baik itu terjadi dengan adanya interaksi. Model matematika yang baik yang dapat menjadi media komunikasi yang didasarkan pada kesepakatan dan dapat dipahami oleh semua pihak.

    ReplyDelete
  13. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kegunaan dari diskusi diantaranya adalah saat berbagi referensi dan saling mengomentari dan menanggapinya. Karena tujuan dari diskusi adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan dari sudut pandang masing-masing orang. Jadi memang sulit untuk menyamakan sudut pandang, namun dengan pendapat masing-masing dapat diambil suatu jalan tengah yang adil untuk berbagai pihak

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Komunikasi terjadi antara guru dengan semua siswa dan di antara sesama siswa. Keuntungan yang diperoleh melalui komunikasi dua arah juga diperoleh dalam komunikasi ini. Lebih dari ini, model komunikasi ini mengatasi kelemahan kedua model komunikasi terdahulu yaitu keterbatasan guru. Keterbatasan guru dapat diatasi oleh terjadinya dua hubungan siswa dengan siswa yaitu kolaborasi dan kooperasi. Kolaborasi adalah berbagi (sharing) pengalaman dan gagasan diantara sesama siswa dengan kemampuan yang setara untuk mencapai keberhasilan bersama. Kooperasi adalah kerjasama antara siswa yang berbeda tingkat kemampuannya dengan mana siswa yang memiliki kemampuan rendah. Dalam kooperasi siswa yang memiliki kemampuan justru akan lebih memantapkan pemahamannya tentang materi yang diajarkannya kepada temannya.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kemampuan komunikasi matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pesan yang dialihkan berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah. Pihak yang terlibat dalam peristiwa komunikasi di dalam kelas adalah guru dan siswa. Cara pengalihan pesannya dapat secara lisan maupun tertulis. Di dalam proses pembelajaran matematika di kelas, komunikasi gagasan matematika bisa berlangsung antara guru dengan siswa, antara buku dengan siswa, dan antara siswa dengan siswa. Menurut Hiebert setiap kali kita mengkomunikasikan gagasan-gagasan matematika, kita harus menyajikan gagasan tersebut dengan suatu cara tertentu. Ini merupakan hal yang sangat penting, sebab bila tidak demikian, komunikasi tersebut tidak akan berlangsung efektif. Gagasan tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan orang yang kita ajak berkomunikasi.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Komunikasi merupakan hal esensial dalam proses belajar mengajar. Karena jika tidak ada komunikasi, siswa hanya akan menjadi seperti robot dan kalkulator. Yang diberikan fungsi atau rumus tertentu untuk menjawab soal dengan model tertentu. Sehingga, siswa perlu untuk membangun pengetahuan matematikanya sendiri. Dengan bantuan guru melalu komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dapat mempercepat proses sinkronisasi matematika antara guru dan siswa. Komunikasi yang baik tentunya dilatar belakangi oleh bahasa yang tepat.

    ReplyDelete
  17. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Komunikasi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Sebab, dengan menggunakan komunikasi siswa akan memahami materi yang disampaikan. Melalui pembelajaran yang inovatif dimana siswa berperan sebagai subjek dalam pembelajaran, siswa akan mampu menyampaikan pendapat mereka. Hal tersebut dapat meningkatkan membantu siswa dalam membangun komunikasi dan kreativitas pemikiran mereka.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pada pola input itu memberikan notice yang menjadi sebuah recognize bersama dengan pengetahuan dan memberikan decision yang kembali ke fokus dan berhubungan langsung dengan input sistem yang akhirnya juga dengan action system menjadi sebuah uoutput sistem. Pola berikut adalah pola kebahasaan dan matematika. Semua yang ada itu adalah model, hidup itu adalah model, bahkan matematika sediri pun adalah model.

    ReplyDelete
  19. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam pembelajaran matematika tentunya kita sudah menganalisis bagaimana rencana tindakan-tindakan yang akan dilakukan utnuk mengantisipasi perilaku-perilaku yang mungkin dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran. Hal ini akan mempermudah kita untuk dapat menangani dan merespon siswa dengan tepat. Tetapi dugaan hanyalah suatu dugaan adakalanya kita tidak dapat prediksi dan antisispasi yang telah kita buat dalam pembelajaran matematika tidak sesuai dengan apa yang ditunjukkan atau direspon oleh siswa. Komunikasi atau cara menyampaikan gagasan dari pelajar ternyata sangatlah luas dan beragam. Oleh karenanya, bukanlah hal yang bijaksana apabila mengharuskan orang yang lebih muda selalu mengikuti orang yang lebih dewasa tanpa pertimbangan apapun, hanya karena orang yang lebih dewasa lebih mengerti atau lebih banyak ilmunya. Padahal orang yang lebih muda ada dalam proses perkembangan yang luar biasa yang mungkin suatu saat bahkan akan melebih kita yang lebih dewasa. Mmaka dari itu, janganlah membatasi ruang gerak anak untuk dapat berekspresi atau menyalurkan segala macam bentuk aktivitasnya.

    ReplyDelete
  20. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dalam diskusi tersebut Marty menunjukkan model komunikasi yang ia buat dalam sistem komputer untuk story-telling doll atau humanoid robot yang lain. Model tersebut perlu diapresiasi. Namun. pada beberapa bagian dalam sistem tersebut ada yang perlu dikritisi, yaitu model yang dibuat menggunakan penyederhanaan komunikasi. Menurut Prof. Dr. Marsigit, MA, komunikasi dalam beberapa waktu memasuki ranah normatif bahkan dimensi spiritual. Beliau melihat sedikit bahaya dari penyederhanaan komunikasi. Hal tersebut menyebabkan hilangnya beberapa aspek kehidupan manusia. Maka dalam pembelajaran, komunikasi yang digunakan harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai komunikasi yang digunakan justru menjebak siswa.

    ReplyDelete
  21. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam model pembelajaran matematika bagi siswa, sebaiknya kita tidak melewati pandangan kita dalam aspek komunikasi. Sejatinya, komunikasi dalam matemtika memiliki berbagai macam hal yang mempengaruhi seperti dimensi budaya, pola pengalaman dan situasi. Maka dari itu untuk membangun konsep matematika pada siswa hauslah terhindar dari sifat yang membawa siswa menelan secara mentah-mentah konsep matematika dari orang dewasa. Model pembelajaran matematika haruslah dimulai dari pemahaman komunikasi siswa.

    ReplyDelete
  22. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pembelajaran matematika akan terlaksana dengan baik apabila di dalam prosesnya terjadi komunikasi dua arah. Maka dari itu, seorang guru harus selalu melatih kemampuan dalam menggunakan bahasa verbal ataupun bahasa tubuh untuk membantu dalam mengkondisikan lingkungan belajar yang bersifat interaktif dan kolaboratif. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak notice dan berlatih public speaking agar dapat menggunakan bahasa yang sederhana dan dan terstruktur.

    ReplyDelete
  23. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Matematika mengandung aspek hermeutika.Mengenalkan keberadaan dan meletakkan kebermaknaan matematika sesuai dengan kaidahnya.Berbagai macam symbol dan lambang dalam matematika bagi anak tidak hanya cukup dengan pemecahan soal-soal.Anak-anak perlu berkreasi menciptakan makna yang lebih mendalam di balik semua lambang dan symbol -symbol yang digunakan dalam matematika. Oleh karenanya , tugas seorang guru bagaiamana membahasakannya dengan sederhana agar tidak menimbulkan kerancuan bagi anak.Sebab anak- anak memiliki taraf dan tahap kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu .Seorang guru diharapkan dapat mengerti akan keaadan ini.

    ReplyDelete
  24. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Guru harus memperhatikan bahasa bahasa yang ia gunakan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memahaminya, mengetahui materi yang disampaikan dan terjalin komunikasi antara guru dan siswa. Selain itu guru juga harus terus belajar dalam strategi pembelajaran yang ia gunakan. Selain harus kreatif dan inovatif, bahasa atau media yang dgunakan juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Pada dasarnya, bahasa sebagai komunikasi matematika dalam pembelajaran sehingga guru juga harus menyesuaikan bahasa pada proses peembelajaran yang didasarkan pada pola perkembangan anak, sehingga penggunaan bahasanya kan sesuai dengan anak dan akan lebih dipahami dalam menambah ilmu pengatahuan yang baru.

    ReplyDelete
  25. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dalam pembelajaran matematika diperlukan adanya komunikasi yang baik antara siswa dan guru. Hal ini mutlak harus ada dan berjalan dengan baik, karena jika komunikasi tidak berjalan dengan baik maka keberhasilan pembelajaran akan terganggu. Guru sebagai golongan orang dewasa harus mampu menyesuaikan bahasanya dengan anak-anak. Jangan sampai guru menggunakan bahasa seperti yang digunakan untuk menyampaikan kepada orang dewasa.

    ReplyDelete
  26. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    perhaps to be able to understand what methods are better taught to younger learners, we can reminisce by remembering when we were young learners. then what are our obstacles to learning, what helps us to understand mathematical concepts. I remembered with one wise sentence from a novel, "children do not understand the mindset of adults, but adults are wrong to forget what it's like to be a kid". something like that.

    ReplyDelete
  27. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Matematika memang tidak akan pernah bisa dipadukan dengan bahasa standar karena matematika memang adalah sesuatu pemikiran abstrak yang diterjemahkan dalam pemikiran sendiri.

    ReplyDelete
  28. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Thankyou Prof.
    537/5000
    The thing that I can take from the above post is that we as someone who every day engaged in the world of education should not easily take for granted all the innovations that exist. The existing innovations should be considered well whether or not they match the needs. For example, such as innovation about mathematical communication, it should be considered whether the innovation is in accordance with the needs of students. If appropriate, then applied, but if not then need to improve quality again.

    ReplyDelete
  29. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Biasanya seseorang yang kemasukan setan tersebut pikirannya dalam keadaan kosong , kondisi tubuhnya sedang lelah serta iman yang kurang kuat. Keadaan ini akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh kekuatan gaib yang biasanya tidak dapat terkendali oleh orang yang kesurupan itu. Banyak alasan kenapa mahluk halus merasuki tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menakut-nakuti manusia agar percaya kepada hal-hal mistik. Fenomena kerasukan jin adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah. Di samping kejadian di lapangan, realita ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan kesepakatan ulama.
    Saya setuju dengan pemaparan diatas bahwa komunikasi mempunyai peran penting dalam suatu pembelajaran antara siswa dengan guru. Terkadang komunikasi antara guru dan siswa masuk ke dalam dimensi normatif komunikasi dan bahkan dimensi spiritual komunikasi. Maka diantara keduanya harus terjadi komunikasi yang tepat supaya keduanya dapat saling memahami. Saya pikir guru komunikasi kepada siswa atau siswa dengan guru tidak dilakukan normatif, hal itu dapat dilakukan dengan santai dan sopan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan.

    ReplyDelete
  30. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Komunikasi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dalam mengajar guru harus memiliki skill komunikasi yang baik sehingga siswa akan memahami materi yang disampaikan. Melalui pembelajaran yang inovatif di mana siswa berperan sebagai subjek dalam pembelajaran, siswa akan mampu menyampaikan pendapat mereka, sebab siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal itu dapat meningkatkan & membantu siswa dalam membangun komunikasi dan kreativitas pemikiran mereka.

    ReplyDelete
  31. Saya setuju dengan pendapat Prof Marsigit yang lebih memilih judgement dari pada decision. Penilaian (judgement) atau keputusan (decision) adalah dua hal yang sangat berbeda. Penilaian muncul dari intuisi dimana kita bisa mengungkapkan apa yang ada di benak kita namun keputusan adalah hasil dari olah fikir kedua atau mungkin seterusnya. Jadi dalam menentukan sesuatu ada kalanya lebih leluasa menggunakan judgement (especially in math) karena isi nya lebih murni dan dari pemikiran yang belum tercampur dari berbagai pertimbangan.

    ReplyDelete
  32. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan ini membahas mengenai model yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Penggunaan model menurut saya dapat diterapkan dengan dua syarat yaitu memertimbangkan kondisi siswa dan kebermanfaatan model tersbeut kepada siswa dalam memahami materi. Maksudnya adalah model tersebut memang disesuaikan dengan kemampuan siswa yang diajarkan, apabila siswa belum memahami konsep dasar maka akan ada kemungkinan siswa merasakan kesulitan untuk menggunakan model Discovery Learning dan apakah model tersebut akan menjadi bermanfaat? Padahal masih belum sesuai dengan kondisi siswa sehingga saya setuju dengan pendapat dari Pak Marsigit yang menyatakan “o apologize for my perceiving the model sometimes can be a trap of communication” di mana janganlah model menjadi jebakan komunikasi.

    ReplyDelete
  33. Junianto
    PM C
    17709251065

    Guru memang harus banyak mengalah ketika membelajarkan matematika kepada siswa, karena siswa tidak mungkin yang harus mengalah dan menyesuaikan guru. Guru lah yang harus menyelami pikiran siswa, memahami pikiran siswa dan apa yang sebenarnya dibutuhkan siswa. Pembelajaran yang menarik dan sambil bermain akan membuat siswa antusias untuk belajar karena bermain adalah dunia mereka. Di sinilah yang dinamakan bahwasanya dalam pembelajaran guru harus mendekatkan siswa dengan dunianya.

    ReplyDelete
  34. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Bagaimana kesuskesan penggunaan model pembelajaran matematika tergantung dari subyek dan obyek belajar matematika itu sendiri. Subyeknya ialah siswa atau peserta didik, sedangkan obyeknya ialah guru atau pendidik atau yang mengembangkan model tersebut. Sebagai contoh dalam kegiatan belajar mengajar di seuatu sekolah, seorang guru menggunaan model pembelajaran kooperatif karena dianggap kekinian dan dapat membuat siswa belajar secara lebih baik. Namun keberhasilan penggunaan model tersebut tergantung dari bagaiman kondisi atau karakteristik siswanya, serta bagaimana guru tersebut mengembangkan dan menerapkan model kooperatif di dalam kelas. Bisa jadi penggunaan model pembelajaran kooperatif oleh guru tersebut tida efektif bai siswanya apabila memang karekter siswanya tida mendukung dalam pembelajaran kooperatif. Misalnya saja siswanya terlalu banyak atau terlalu sedikit, selain itu mungkin siswanya masih baru atau baru naik dari jenjang pendidikan sebelumnya sehingga masih belum saling mengenal. Bisa jadi cara guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif yang salah, yaitu guru terlalu ‘melepas’ siswa sehingga pembelajarannya kurang terarah.

    ReplyDelete
  35. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemapuan yang penting yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Terutama bagi guru, guru harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik sehingga guru mampu membahasakan materi nya sehingga dapat dimengerti dengan baik oleh siswa. Matematika juga merupakan sebuah bahasa, bagaimana guru mampu membahasakan matematika tersebut dengan dunia siswa nya sehingga dapat dimengerti dengan baik oleh siswa nya.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Banyak dari siswa yang merasa tak berdaya atau kesulitan mengenai matematika dari pada para guru. Mereka cenderung sulit untuk berkembang. Beberapa guru terkadang membuat mereka semakin kesulitan karena memberikan presepsi mengenai matematika yang sulit dipamahi. Seharusnya mengajar matematika diimbangi dengan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh para siswa sehingga mereka mampu dengan mudah dan mengerti mengenai pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  38. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Perancanaan model pembelajaran matematika haruslah memerhatikan berbagai kriteria yang sudah ditetapkan bersama bukan ditetapkan dan sesuai dengan keinginan individu guru maupun pihak tertentu. Perencanaa pembelajaran disesuaikan dengan materi, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Terima Kasih

    ReplyDelete
  39. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Model yang digunakan dlam pembelajaran mateamtika meiliki jenis yang beragam. Tergantung kepada kreativitas guru bagaimana motode tersebut mau digunakan. Penggunaan metode tersebut tidak terlepas dari kemampuan komunikasi guru dalam mengkomunikasikan pelajaran ke siswa. Hal ini perlu dikembangkan agar guru mampu menarik perhatian siswa.

    ReplyDelete
  40. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam pembelajaran, seorang siswa adalah obyek sementara orang dewasa termasuk guru dan orang tua adalah subyek. Terkadang subyek sering memperlakukan obyek sesuai keinginan dan harapannya sendiri. Meminta obyek untuk mengikuti alur dan langkah yang telah ditetapkan oleh subyek. Mengalir tanpa tahu sebenarnya apa yang diikutinya. Hal tersebut berbahaya karena dapat menimpa sifat-sifat subyek kepada obyeknya serta dapat menghilangkan intuisi. Sangat tragis ternyata apabila semua itu dipikirkan, tindakan dan komunikasi yang terkadang tidak disadari namun dapat berdampak besar bagi kehidupan seseorang.

    ReplyDelete
  41. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Basically the output of students is also determined by the input of the teacher. It is inconceivable how if students just imitate adults without any consideration. Therefore teachers should also always provide things that are opportunities for students to be able to build their own ideas, so that what is gained from learning becomes more meaningful for themselves. Teachers also should not restrict students to thinking only because allowing students to be open-minded will make students more creative and critical in learning. For that reason in math experts often recommend open-ended problems.

    ReplyDelete
  42. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Hal terpenting yang harus diperhatikan saat proses pembelajaran adalah komunikasi. Komuniasi yang baik antara guru dan siswwa, siswa dengan siswa. Komunikasi yang baik duharapkan danpat mempengaruhi pada pemahaman siswa. Guru harus pintar untuk berkomunikasi agar siswa mudah menangkap informasi yang diberikan guru. Apabila komunikasi anatar guru dan siswa tidak baik maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menangkap informasi. Apabila guru tidak mau melakukan inovasi dalam proses pembelajaran maka akan menghambat perkembangan pengetahuan siswa. Oleh karena itu guru sebaiknya mempunya kemampuan berkomunikasi yang baik dengan siswa agar dapat menentukan metod apa yang tepat untuk proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. komunikasi dalam bidang apapun memegang peran penting, termasuk dalam pendidikan matematika. dalam matematika model merupakan salah satu media untuk berkomunikasi. Komunikasi yang baik itu terjadi dengan adanya interaksi. Model matematika yang baik yang dapat menjadi media komunikasi yang didasarkan pada kesepakatan dan dapat dipahami oleh semua pihak.

    ReplyDelete
  44. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Jika ingin menjadi guru yang baik, kita harus mampu menjadi seorang fasilitator handal untu siswa dalam mengembangkan kemampuannya. Untuk menjadi fasilitator yang baik, kita harus mampu menjadi komunikator yang baik pula. Kita harus mampu berkomunikasi dengan siswa secara jelas dan menciptakan atmosfer yang baik dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa dapat belajar matematika dengan senang

    ReplyDelete
  45. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Komunikasi merupakan cara agar kita dapat memahami satu sama lain, tidak terkecuali dalam pembelajaran. Komunikasi diperlukan agar guru dan siswa dapat saling memahami. Atmosfer pembelajaran yang baik dan menyenangkan akan tercipta saat guru dan siswa dapat dengan leluasa menyampaikan pendapatnya, dan hal itu dapat terjadi apabila komunikasi keduanya terjalin baik. Model pembelajaran yang tepat juga dapat membantu siswa dalam berkomunikasi. Sehingga, guru bukan hanya harus terampil dalam berkomunikasi tetapi juga memikirkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

    ReplyDelete
  46. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Siswa tidak seharusnya hanya mengikuti perintah gurunya. Siswa haruslah diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam pembelajaran matematika, alangkah baiknya jika guru menggunakan intuisi serta menggunakan matematika untuk mengembangkan intuisi. Mengapa? Karena sebagian besar yang kita ketahui berasal dari intuisi, terlebih anak-anak. Hampir semua pengetahuan yang dimiliki anak berasal dari intuisi. Ketika guru menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, maka boleh jadi anak akan merasa matematika tidak terlalu menakutkan

    ReplyDelete
  47. Jika kita ingin menyampaikan pendapat/ide yang kita miliki mungkin tidak semua orang akan mengerti, namun jika komunikasi kita bagus terhadap orang tersebut maka ide atau gagasan yang ingin disampaikan, akan dapat dimengerti atau bahkan diterima dengan baik oleh orang lain.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  48. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam menerapkan konsep asing dalam kegiatan di kelas terlebih diprioritaskan untuk mengobati suatu fenomena yang menyimpang, maka perlu sekiranya dilakukan adaptasi dengan lingkungan dimana kita akan menerapkannya dengan didekati dan dianalisis berdasrkan karekteristiknya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  49. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Saya setuju dengan pendapat Bapak Prof Marsigit, komunikasi sangat penting. Jika kita ingin menjadi guru yang baik, kita harus menjadi fasilitator yang baik bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan mereka sendiri. Untuk menjadi fasilitator yang baik, kita harus menjadi komunikator yang baik. Kita harus bisa berkomunikasi dengan siswa dengan jelas dan membuat atmosfir bagus dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa bisa belajar dengan bahagia.

    ReplyDelete
  50. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Pada dasarnya siswa mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang. Siswa berhak untuk mengembangkan pola pikirnya, tidak hanya mengikuti apa yang dicontohkan oleh gurunya. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengeksplor pengetahuan yang dimilikinya sehingga siswa memiliki pengalaman matematika. Dengan adanya pengalaman matematika maka siswa dapat menemukan dan mengembangkan ide-idenya. Komunikasi yang baik antara guru dan siswa juga merupakan faktor penting yang harus ada dalam pembelajaran matematika. Guru hendaknya mampu berkomunikasi dengan siswa-siswanya. Dengan adanya komunikasi guru akan mengetahui dan memahami kebutuhan siswa-siswanya sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  51. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Guru yang bijaksana akan mampu memahami karakteristik siswanya. Apa yang diperlukan siswanya sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi efektif dan efisien. Menentukan indikator juga disesuaikan dengan permasalahan yang ada. Dalam hal ini jangan sampai, pembelajaran di kelas malah menjadi beban buat siswa. Usahakanlah memciptkan iklim pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Bahwa matematika dan bahasa tidak dapat dipisahkan, maka guru dalam hal ini harus mampu menyampaikan matematika secara baik, sistematis dan tidak membingungkan.

    ReplyDelete