Mar 17, 2013

Mathematics and Language 7



@ Marty, very great and astonishing works on a widely interdisciplinary modeler of human cognitive behavior. Looking at Figure 3. In your model, I then try myself to behave as if I was a data and flowed in the Flowchart; while on the other hand, as a very new and stranger to your work, I strived to examine every single step of my position, using my prior knowledge and experiences of communication. First I felt rather inconvenience due to the model was something very new with also the new criteria; so I strive to fit myself in order to maintain flowing in the model. Next, I felt I lost something i.e. my intuitions and my habitual logic as well as my framework of consciousness and understanding. I found I felt inconvenience with your input and output system, due to my prior experiences have no single pattern of getting input to my communication as the data. My pattern is not a pattern; so in my communication I have a huge un-pattern zed input of data. I prefer to use intention rather than notice; and before knowledge I found my concept. In this stage I also lost my habit of abstracting and idealizing the ideas. I prefer to use perception than recognition. In the next step i.e. the box of decision, again I lost my intuition and I feel strange with the term of decision. I prefer to use judgment than decision; because the first is deeper than the second, while the second tend to be more mechanical. In your decision step I still looking for my something contingent and logical and intuition as well. So too many things for me to suit to your models because I also found that one part and other parts to some extent not in the rule of if-then pattern as you did. I found something holographic and not in a certain pattern; however, it depends of the context, culture and a greater dimensional of communication. In line with my experiences, I also found that there are a lot of unpredictable notions or actions of the younger learner in doing communication. In sum, I found your model be more mechanical and formal rather than psychological, anthropological and philosophical. I found in my life that our communication sometimes enter to normative and even spiritual dimension of communication. Further, I saw a little bit dangerous following your scheme i.e. simplification of communication or life; it leads to elimination of some aspects of human life. As you know I always confront to the case. I am an adult who try to be aware of every single step of communication as it is in your model; I then can not imagine if there are the younger learner who just follow the adults without any considerations. So apologize for my perceiving the model sometimes can be a trap of communication. This is my very early trying to understand of your model; however, I do very appreciate of your great works.

36 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    model yang didasarkan pada kepercayaan dan mempertimbangkan komunikasi atau kehidupan itu mengarah untuk mengembangkan beberapa aspek kehidupan manusia. Orang dewasa tidak harus untuk menekan siswa yang lebih muda untuk memahami matematika karena siswa yang lebih muda harus memberikan kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan mereka sendiri dan persepsi mereka tentang matematika. siswa yang lebih muda harus memberikan bayangkan berpikir dalam mengajar dan model pembelajaran jadi ada pelajar muda yang bisa mengikuti orang dewasa dengan pertimbangan apapun.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidup adalah sebuah model. Konsep-konsep matematikapun adalah model. Ketika hidup adalah sebuah model maka kita perlu konsisten akan model tersebut, karena memilih itu gampang, namun susah ketika harus tepat pada pilihan. Ketika memilih sebuah model dengan ragu-ragu atau dengan perasaan yang tidak pasti maka kita tidak akan memahami hidup dengan baik. Jika dikaitkan dengan subjek dan objek maka kita adalah subjek dan model adalah objek. Kita tunduk pada sebuah objek yakni model dan model tunduk pada subjek yaitu kita yang menciptakan model tersebut. Sebagai contoh, jika kita ingin mengembangkan model untuk memecahkan komunikasi matematika, maka kita perlu indikator-indikator dalam keterampilan pemecahan masalah untuk dijadikan dasar dalam memodelkan matematika.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Komunikasi menjadi hal yang penting dalam pembelajaran matematika, komunikasi merupakan sesuatu yang esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika, komunikasi yang baik antara guru dan siswa juga merupakan faktor penting yang harus ada dalam pembelajaran matematika guru hendaknya mampu berkomunikasi dengan siswa-siswanya dengan adanya komunikasi guru akan mengetahui dan memahami kebutuhan siswa-siswanya sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru sehingga konsep matematika dapat diterima dengan baik oleh siswa. Salah satu caranya adalah adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Penyampaian materi oleh guru dengan bahasa yang mudah dimengerti sangat berperan bagi siswa untuk memahami dan membangun konsep matematikanya. Pemahaman konsep matematika erat kaitannya dengan komunikasi. Dalam Permen Nomor 23 Tahun 2006 dikatakan bahwa pengembangan komunikasi juga menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika dan menjadi salah satu standar kompetensi lulusan dalam bidang matematika. Melalui pembelajaran matematika, siswa diharapkan dapat mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Komunikasi matematik mencakup komunikasi tertulis maupun lisan atau verbal. Komunikasi tertulis dapat berupa penggunaan kata-kata, gambar,tabel, dan sebagainya yang menggambarkan proses berpikir siswa. Komunikasi tertulis juga dapat berupa uraian pemecahan masalah atau pembuktian matematika yang menggambarkan kemampuan siswa dalam mengorganisasi berbagai konsep untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan komunikasi lisan dapat berupa pengungkapan dan penjelasan verbal suatu gagasan matematika. Oleh karena itu berbagai upaya yang bisa dilakukan guru dalam memberikan pemahaman konsep matematika sepertia media pembelajaran sebagai cara mengkomunikasikan konsep secara visual dan sambil menjelaskan secara lisan sehingga siswa tidak sebatas menghayalkan mater yang diberikan.

    ReplyDelete
  5. Matematika dapat dipahami jika komunikasi antara guru dengan siswa terjadi dengan baik. Guru mengetahui dan memahami pengetahuan matematika yang telah dimiliki untuk melangkah menuju pengetahuan yang baru. Guru menggunakan bahasa dan kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami siswa. Bahan ajar yang ada selama ini, buku atau LKS, belum mampu untuk membuat siswa memahami apa maksud dari materi tersebut. Tidak seperti halnya artikel berita, atau cerita atau tulisan populer lainnya dengan mudah dapat dipahami oleh pembaca. Matematika sulit untuk membuat pembelajarnya atau pembacanya mudah memahami dari apa yang dibacanya. Karena matematika lebih menggunakan simbol-simbol dan notasi-notasi yang harus dijelaskan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Model merupakan salah satu alat komunikasi dalam matematika. Alat komunikasi yang baik yaitu yang dapat dimengerti oleh orang lain. Sehingga, model matematika yang baik yaitu model yang dapat dipahami oleh orang lain, dengan bahasa matematika universal yang sudah dipahami oleh banyak orang dan sudah menjadi sebuah kesepakatan. Komunikasi matematik memanglah sulit, tetapi tidak berarti bahwa hal itu tidak dapat dipelajari atau dilatih. Butuh latihan terus menerus untuk dapat menguasai kemampuan berkomunikasi dalam matematika. Guru dapat mengembangkan komunikasi matematika siswa baik lisan maupun tulisa. Komunikasi lisan dapat dikembangkan dengan cara siswa disuruh menjelaskan atau mempresentasikan hasil pekerjaannya kepada siswa lain. Sedangkan komunikasi tertulis dapat dilatih dengan cara siswa menuliskan penyelesaian masalah yang dikerjakannya dengan runtut dan jelas dan mudah dimengerti atau dipahami oleh orang lain. Seperti menulis apa yang diketahui di dalam soal, apa yang ditanyakan, kemudian bagaimana langkah-langkah pengerjaanya. Langkah-langkah tersebut juga harus jelas, bila perlu diberikan alasan-alasan yang logis mengapa bisa diperoleh ini, mengapa bisa begitu??

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Terjadinya interkasi dalam pembelajaran matematika jika adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Komunikasi yang perannya begitu penting, karena akan menimbulkan kepercayaan antara guru dengan siswa. Dengan demikian, siswa tidak takut untuk bertanya dalam proses pembelajaran dan berani menyampaikan pendapatnya. Sehingga dengan komunikasi yang baik akan menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Model adalah kita. Model adalah matematika. Interaksi dalam matematika adalah model. Untuk mendapatkan model yang tepat dalam pembelajaran matematika agar mudah dipahami diperlukan interaksi melalui komunikasi. Model merupakan cara memudahkan kita dalam memahami matematika.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam matematika dikenal adanya model. Namun ternyata dapat diperluas menjadi model kehidupan. Dimana di dalam model terdapat banyak unsur pendukungnya. Salah satunya adanya kamunikasi. Komunikasi yang membantu jalannya di dalam model kehidupan, salah satunya adalah model matematika. Keterkaitan antara model matematika dan komunikasi salah satunya adalah dalam pelaksanaan pemecahan masalah, diperlukan adanya komunikasi terlebih jika pembelajaran dilakukan secara berkelompok.

    ReplyDelete
  10. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Terdapat hal penting dalam proses pembelajaran yaitu terjalinnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa sangat. Komunikasi yang baik akan berimbas pada pemahaman siswa yang juga baik dalam menangkap informasi. Jika proses pemahaman siswa baik maka akan dengan mudah mencapai tujuan dari pembelajaran secara optimal. Jika komunikasi antara guru dan siswa abstrak maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut dapat mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran karena pada dasarnya seorang guru adalah sebagai fasilitator bagi siswa sehingga komunikasi yang terjalin antara guru dan siswa sangatlah penting.

    ReplyDelete
  11. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dunia ini adalah model, apa yang ada di dunia ini adalah model. Begiu juga ketika kita membicarakan tentang konsep matematika maka konsep tersebut adalah modelnya. Apapun model kita, masalah utamanya adalah bagaimana untuk mengonstruksinya. Salah satunya yaitu adanya kamunikasi. Komunikasi yang membantu guru dalam menyampaikan pelajaran dikelas dan agar siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan. Guru dapat mengembangkan komunikasi matematika siswa baik lisan maupun tulisan.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini kembali menceritakan pentingnya komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Komunikasi dalam pendidikan matematika merupakan sesuatu yang esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika. Komunikasi yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran hendaknya komunikasi dua arah yang memungkinkan ada partisipasi aktif pada siswa untuk mengemukakan pendapat, bukan hanya satu arah dan terpusat pada guru sementara siswa dibiarkan mematuhi apapun yang guru perintahkan. Oleh karena itu guru matematika tak hanya pintar dalam mengerjakan, memberi, atau menjelaskan soal-soal dan masalah matematika. Tentunya juga memperhatikan faktor-faktor lain yang menunjang pemahaman konsep, salah satunya dalam memperhatikan komunikasi ini.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Komunikasi penting dalam membangun matematika. Komunikasi merupakan suatu model. Matematika juga merupakan suatu model. Bagaimana model itu dapat berguna jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Komunikasi dibutuhkan dalam membangun suatu model agar lebih baik. Maka dari itu penting memahami matematika dengan komunikasi yang benar. Pembelajaran matematika yang baik juga memerlukan komunikasi yang baik.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Komunikasi penting peranannya dalam penyampaian informasi dari guru ke murid ataupun sebaliknya. Komunikasi yang baik akan berimbas pada pemahaman siswa yang juga baik mengenai informasi yang mereka tangkap sehingga tujuan dari pembelajaran pun akan tercapai dengan optimal. Dalam pendidikan matematika, komunikasi merupakan sesuatu yang esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika. Komunikasi yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran hendaknya komunikasi dua arah yang memungkinkan ada partisipasi aktif pada siswa untuk mengemukakan pendapat, bukan hanya satu arah dan terpusat pada guru sementara siswa dibiarkan mematuhi apapun yang guru perintahkan. Dengan adanya peranan aktif siswa dan kebebasan berkomunikasi secara efektif, maka pembelajaran matematika tentu akan benar-benar memberikan efek pada siswa, siswa akan dengan mudah belajar menyelami konsep secara mendasar sehingga tidak akan terjadi kesulitan-kesulitan dalam menghadapi masalah-masalah matematika dalam berbagai versi.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Komunikasi memiliki dimensinya tersendiri, dimensi komunikasi dapat berupa dimensi normatif maupun dimensi spritual komunikasi. Saya setuju ketika Prof menyebutkan bahwa komunikasi bukan suatu skema yang dapat disederhanakan dalam kehidupan, yang kemudian disamakan komunikasi kepada pelajar dewasa dan pelajar muda. Saya lebih setuju ketika terdapat perbedaan cara komunikasi kepada pelajar muda dan dewasa, yang mana harus sesuai dengan dimensi masing-masing.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita sebagai guru seharusnya tahu model dan metode apa yang cocok untuk digunakan pada saat mengajar, karena tidak semua model dan metode itu cocok digunakan pada materi yang akan di sampaikan. Dengan adanya model dan metode pembelajaran kita dapat dengan mudah berkomunikasi kepada siswa atau dengan mudah kita membahasakan matematika itu saat kita mengajar .

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika adalah dirimu sendiri. Berdasarkan ungkapan tersebut maka jelas bahwa komunikasi, termasuk komunikasi matematika seseorang dengan orang lain bisa jadi berbeda, karena perbedaan dimensi yang menembus ruang dan waktu. Salah satu bentuk komunikasi nya adalah dengan menggunakan model, yang sebaiknya juga bersifat universal artinya bisa dipahami oleh orang lain.Guru memang harus melatih kemampuan komunikasi ini kepada siswa, baik secara tulisan maupun lisan. Komunikasi tertulis bisa dilatih dengan menggunakan metode pemecahan masalah, bahwa ada yang lebih bermakna daripada hanya sekedar jawaban, berupa langkah-langkah pengerjaan yang runtut dan menuntut komunikasi matematika secara tertulis. Sedangkan kemampuan komunikasi secara lisan yaitu bisa dengan pembelajaran kooperatif sehingga memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan mempresentasikan pemikirannya.

    ReplyDelete
  18. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika dapat dipahami jika adanya komunikasi yang baik dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya komunikasi, guru akan mengetahui dan memahami kebutuhan belajar siswanya sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat mengembangkan pola pikirnya. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengeksplor pengetahuan yang dimilikinya sehingga ia memiliki pengalaman matematika. Dengan adanya pengalaman matematika maka siswa dapat mengembangkan intuisi yang sangat berguna untuk menghasilkan ide-ide atau strategi penyelesaian masalah.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Matematika adalah salah satu jenis model. Model matematika berupa konsep yang harus dipahami. Model-model ini perlu dikembangkan untuk memecahkan masalah dalam mengkomunikasikan matematika, terutama bagi pelajar yang lebih muda. Matematika harus dikomunikasikan dengan baik agar siswa lebih mudah memahaminya. Selain itu, kemampuan komunikasi matematika guru yang baik dapat membuat siswa lebih mudah memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Dengan kata lain, siswa akan lebih mudah menerima apa yang dimaksud guru ketika komunikasi matematikanya jelas.

    ReplyDelete
  20. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pada dasarnya output siswa ditentukan pula oleh input dari guru.Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika siswa hanya meniru orang dewasa tanpa pertimbangan apapun. Oleh karena itu guru juga harusnya senantiasa memberikan hal-hal yang bersifat kesempatan bagi siswa untuk dapat memangun ide mereka sendiri agar apa yang didapatkan dari pembelajaran dapat lebih bermakna bagi mereka sendiri dan guru juga tidak boleh menutup siswa hanya pada pemikirannya karena dengan membiarkan siswa berpikiran terbuka, akan menjadikan siswa lebih kreatif dan kritis dalam belajar.

    ReplyDelete
  21. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Komunikasi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Komunikasi di sini adalah komunikasi verbal, visual ataupun tulisan. Oleh karenanya guru harus bisa menentukan menggunakan komunikasi jenis apa yang tepat untuk mengajarkan suatu konsep tertentu. Misalnya saja untuk mengajarkan geometri, guru tidak bisa hanya menggunakan komunikasi tulisan saja, namun juga harus menggunakan komunikasi visual yang dijelaskan dengan menggunakan komunikasi verbal.

    ReplyDelete
  22. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kembali lagi bahwa pada hakikatnya siswa lah yang menjadi subjek pembelajaran. Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa salah satu unsur yang tak kalah penting dalam pembelajaran, yaitu adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Proses komunikasi dalam pembelajaran ini untuk menyampaikan pesan dari pendidik (guru) kepada peserta didik (siswa) dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Selain itu, komunikasi juga dapat berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan atau rasa takut siswa kepada guru. Saya Dengan demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Proses komunikasi dapat berlangsung satu arah dan dua arah. Komunikasi yang dianggap efektif adalah komunikasi yang menimbulkan arus informasi dua arah, yaitu dengan munculnya feedback dari pihak penerima pesan. Dengan kata lain, guru hendaknya mampu membangun komunikasi dengan kokoh. Ibarat sebuah bangunan, agar bangunan tersebut dapat seimbang dan kokoh, dibutuhkan semen yang berkualitas. Semen tersebut ialah komunikasi yang mampu menimbulkan umpan balik dari siswa. Sehingga, pada akhirnya siswa pun mampu aktif dan pemikirannya lebih berkembang.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menjadi guru yang bijaksana bukanlah yang mudah. Guru yang bijaksana identik dengan guru yang mampu memahami karakteristik siswanya. Apa yang dibutuhkan siswa sehingga proses pembelajaran dikelas dapat efektif dan efisien? Dalam hal ini jangan sampai pembelajaran dikelas malah menjadi beban untuk siswa. Sebagai guru mengusahakanlah mmembuat iklim pembelajaran yang menyenangkan bagis siswa. Matematik adan bahasa adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, maka guru dalam hal ini harus mampu menyampaikan matematika secara baik, sistematis dan tidak ambigu.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. komunikasi dalam bidang apapun memegang peran penting, termasuk dalam pendidikan matematika. dalam matematika model merupakan salah satu media untuk berkomunikasi. Komunikasi yang baik itu terjadi dengan adanya interaksi. Model matematika yang baik yang dapat menjadi media komunikasi yang didasarkan pada kesepakatan dan dapat dipahami oleh semua pihak.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kegunaan dari diskusi diantaranya adalah saat berbagi referensi dan saling mengomentari dan menanggapinya. Karena tujuan dari diskusi adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan dari sudut pandang masing-masing orang. Jadi memang sulit untuk menyamakan sudut pandang, namun dengan pendapat masing-masing dapat diambil suatu jalan tengah yang adil untuk berbagai pihak

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Komunikasi terjadi antara guru dengan semua siswa dan di antara sesama siswa. Keuntungan yang diperoleh melalui komunikasi dua arah juga diperoleh dalam komunikasi ini. Lebih dari ini, model komunikasi ini mengatasi kelemahan kedua model komunikasi terdahulu yaitu keterbatasan guru. Keterbatasan guru dapat diatasi oleh terjadinya dua hubungan siswa dengan siswa yaitu kolaborasi dan kooperasi. Kolaborasi adalah berbagi (sharing) pengalaman dan gagasan diantara sesama siswa dengan kemampuan yang setara untuk mencapai keberhasilan bersama. Kooperasi adalah kerjasama antara siswa yang berbeda tingkat kemampuannya dengan mana siswa yang memiliki kemampuan rendah. Dalam kooperasi siswa yang memiliki kemampuan justru akan lebih memantapkan pemahamannya tentang materi yang diajarkannya kepada temannya.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kemampuan komunikasi matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pesan yang dialihkan berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah. Pihak yang terlibat dalam peristiwa komunikasi di dalam kelas adalah guru dan siswa. Cara pengalihan pesannya dapat secara lisan maupun tertulis. Di dalam proses pembelajaran matematika di kelas, komunikasi gagasan matematika bisa berlangsung antara guru dengan siswa, antara buku dengan siswa, dan antara siswa dengan siswa. Menurut Hiebert setiap kali kita mengkomunikasikan gagasan-gagasan matematika, kita harus menyajikan gagasan tersebut dengan suatu cara tertentu. Ini merupakan hal yang sangat penting, sebab bila tidak demikian, komunikasi tersebut tidak akan berlangsung efektif. Gagasan tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan orang yang kita ajak berkomunikasi.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Komunikasi merupakan hal esensial dalam proses belajar mengajar. Karena jika tidak ada komunikasi, siswa hanya akan menjadi seperti robot dan kalkulator. Yang diberikan fungsi atau rumus tertentu untuk menjawab soal dengan model tertentu. Sehingga, siswa perlu untuk membangun pengetahuan matematikanya sendiri. Dengan bantuan guru melalu komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dapat mempercepat proses sinkronisasi matematika antara guru dan siswa. Komunikasi yang baik tentunya dilatar belakangi oleh bahasa yang tepat.

    ReplyDelete
  30. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam pembelajaran di kelas hanya ada dua sisi yaitu subjek dan objek model. Model disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Model digunakan untuk memecahkan masalah dalam mengkomunikasikan matematika dengan indikator dan kriteria yang telah disesuaikan semuanya bergantung pada bagaimana guru dapat mengembangkan model secara kontekstual. Model dapat dikembangkan dengan pelatihan keterampilan motorik.

    ReplyDelete
  31. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Siswa tidak seharusnya hanya mengikuti perintah gurunya. Siswa haruslah diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam pembelajaran matematika, alangkah baiknya jika guru menggunakan intuisi serta menggunakan matematika untuk mengembangkan intuisi. Mengapa? Karena sebagian besar yang kita ketahui berasal dari intuisi, terlebih anak-anak. Hampir semua pengetahuan yang dimiliki anak berasal dari intuisi. Ketika guru menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, maka boleh jadi anak akan merasa matematika tidak terlalu menakutkan.

    ReplyDelete
  32. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di kelas antara guru dan siswa diharuskan terjadi suatu interaksi, interaksi antara guru dan siswa yang baik akan memudahkan siswa untuk menyelesaikan kesulitan yang ditemukan. Sehingga kemampuan komunikasi guru sangat penting dalam menanggapi permasalahan yang terjadi pada siswa.

    ReplyDelete
  33. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dalam membuat sebuah perencanaan pembelajaran guru harus memperhatikan setiap karakteristik siswa, sehingga mampu memfasilitasi siswa. seyogyanya guru dapat mendesain pembelajaran yang dapat mengaktifkan kemampuan-kemampuan siswa dan setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

    ReplyDelete
  34. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Komunikasi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Sebab, dengan menggunakan komunikasi siswa akan memahami materi yang disampaikan. Melalui pembelajaran yang inovatif dimana siswa berperan sebagai subjek dalam pembelajaran, siswa akan mampu menyampaikan pendapat mereka. Hal tersebut dapat meningkatkan membantu siswa dalam membangun komunikasi dan kreativitas pemikiran mereka.

    ReplyDelete
  35. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pada pola input itu memberikan notice yang menjadi sebuah recognize bersama dengan pengetahuan dan memberikan decision yang kembali ke fokus dan berhubungan langsung dengan input sistem yang akhirnya juga dengan action system menjadi sebuah uoutput sistem. Pola berikut adalah pola kebahasaan dan matematika. Semua yang ada itu adalah model, hidup itu adalah model, bahkan matematika sediri pun adalah model.

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam pembelajaran matematika tentunya kita sudah menganalisis bagaimana rencana tindakan-tindakan yang akan dilakukan utnuk mengantisipasi perilaku-perilaku yang mungkin dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran. Hal ini akan mempermudah kita untuk dapat menangani dan merespon siswa dengan tepat. Tetapi dugaan hanyalah suatu dugaan adakalanya kita tidak dapat prediksi dan antisispasi yang telah kita buat dalam pembelajaran matematika tidak sesuai dengan apa yang ditunjukkan atau direspon oleh siswa. Komunikasi atau cara menyampaikan gagasan dari pelajar ternyata sangatlah luas dan beragam. Oleh karenanya, bukanlah hal yang bijaksana apabila mengharuskan orang yang lebih muda selalu mengikuti orang yang lebih dewasa tanpa pertimbangan apapun, hanya karena orang yang lebih dewasa lebih mengerti atau lebih banyak ilmunya. Padahal orang yang lebih muda ada dalam proses perkembangan yang luar biasa yang mungkin suatu saat bahkan akan melebih kita yang lebih dewasa. Mmaka dari itu, janganlah membatasi ruang gerak anak untuk dapat berekspresi atau menyalurkan segala macam bentuk aktivitasnya.

    ReplyDelete