Mar 17, 2013

Mathematics and Language 7



@ Marty, very great and astonishing works on a widely interdisciplinary modeler of human cognitive behavior. Looking at Figure 3. In your model, I then try myself to behave as if I was a data and flowed in the Flowchart; while on the other hand, as a very new and stranger to your work, I strived to examine every single step of my position, using my prior knowledge and experiences of communication. First I felt rather inconvenience due to the model was something very new with also the new criteria; so I strive to fit myself in order to maintain flowing in the model. Next, I felt I lost something i.e. my intuitions and my habitual logic as well as my framework of consciousness and understanding. I found I felt inconvenience with your input and output system, due to my prior experiences have no single pattern of getting input to my communication as the data. My pattern is not a pattern; so in my communication I have a huge un-pattern zed input of data. I prefer to use intention rather than notice; and before knowledge I found my concept. In this stage I also lost my habit of abstracting and idealizing the ideas. I prefer to use perception than recognition. In the next step i.e. the box of decision, again I lost my intuition and I feel strange with the term of decision. I prefer to use judgment than decision; because the first is deeper than the second, while the second tend to be more mechanical. In your decision step I still looking for my something contingent and logical and intuition as well. So too many things for me to suit to your models because I also found that one part and other parts to some extent not in the rule of if-then pattern as you did. I found something holographic and not in a certain pattern; however, it depends of the context, culture and a greater dimensional of communication. In line with my experiences, I also found that there are a lot of unpredictable notions or actions of the younger learner in doing communication. In sum, I found your model be more mechanical and formal rather than psychological, anthropological and philosophical. I found in my life that our communication sometimes enter to normative and even spiritual dimension of communication. Further, I saw a little bit dangerous following your scheme i.e. simplification of communication or life; it leads to elimination of some aspects of human life. As you know I always confront to the case. I am an adult who try to be aware of every single step of communication as it is in your model; I then can not imagine if there are the younger learner who just follow the adults without any considerations. So apologize for my perceiving the model sometimes can be a trap of communication. This is my very early trying to understand of your model; however, I do very appreciate of your great works.

25 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Saya mencoba membuka link yang diberikan pada tulisan diatas untuk memahami model yang diberikan oleh Mr Marty, tetapi saya tidak menemukan model tersebut. Namun dari penjelasan Bapak, disebutkan bahwa alur dalam pemodelan tersebut membuat guru harus mengikuti step dan step tanpa mempertimbangkan intuisi dan komunikasi dengan siswa. Alur yang terlalu mekanis dan formal daripada alur yang memandang aspek lain psikologi, antriopologi, dan filsafat, Sementara hal ini penting untuk dipertimbangkan dalam pembelajaran, terutama untuk siswa berstatus young learner.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Komunikasi setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam hal pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki karakteristik masing-masing dalam hal komunikasi. Tugas guru adalah memfasilitasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model, media, metode, dan strategi yang mampu mewadahi siswa yang memiliki berbagai macam karakteristik. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih komunikasi matematis siswa adalah cooperative learning, dimana siswa dapat saling berdiskusi antar sesama, menuangkan ide/gagasan untuk menyelesaikan masalah yang ada di lembar kerja melalui komunikasi tertulis, dan mempresentasikan hasil diskusinya melalui komunikasi lisan.

    ReplyDelete
  3. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dalam belajar matematika, guru memerlukan model/media/metode atau bahkan pendekatan untuk mengajar di dalam kelas. Di elegi ini saya membaca kalimat bahwa apapun metode atau media atau model yang digunakan guru harus bertujuan untuk membangun pengetahuan siswa terjadap matematika, tergantung pada aspek apa yang ingin ditingkatkan, guru perlu memilih metode yang tepat untuk diterapkan dengan tujuan yang sama yaitu membangun konsep pengetahuan siswa, siswa perlu aktif dan belajar secara mandiri. Karena itulan apapun model yang diterapkan harus lah tepat dan efektif.

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Metode atau media apapun yang digunakan oleh guru harus bertujuan untuk mengkonstruk pemahaman dan pengetahuan siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Untuk metode apa yang digunakan tergantung pada aspek apa saja yang ingin ditingkatkan oleh guru. Maka dari itu, guru perlu untuk mencari tahu manakah metode yang tepat dan efektif bagi para sisw.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Matematika merupakan suatu alat komunikasi yang universal, dengan berbagai simbol yang telah disepakati di seluruh dunia. Namun walaupun demikian matematika harus diajarkan dalam berbagai step, dengan hiriarki yang baik, dari konkrit menuju abstrak. Matematika sendiri merupakan suatu bahasa yang seharusnya dikuasai karena dengan matematika seseorang dapat membaca dan menerjemahkan gejala alam dengan baik. Matematika sangat dekat dengan kita, bahkan dapat dikatakan matematika merupakan salah satu terjemahan alam. Oleh karena itu dalam mengajarkan matematika kita harus mengembalikannya ke alam.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Segala upaya yang dilakukan oleh guru semata-mata karena ingin membuat siswanya mengerti dan memahami apa yang sedang dipelajari. Namun guru tidak seharusnya mengembangkan cara untuk berkomunikasi dengan siswanya tapi anpa melihat dunia mereka melainkan dengan konsepnya sendiri. Kriteria yang digunakan harus sesuai dengan siswanya bukan berdasarkan kemauan gurunya. Jangan sampai model yang digunakan malah menjadi perangkap komunikasi sehingga apa yang ingin dicapai menjadi terkendala.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar18709251024S2 Pendidikan Matematika 2018Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhAdanya komunikasi yang harus terjalin dalam pemeblajaran matematika membuat matematika dan bahasa memiliki hubungan yang erat. Terlebih lagi seiring dengan berkembangnya zaman, bahasa yang dilakukan generasi muda zaman sekarang juga sudah mulai berkembang. Sebagai generasi yang sudah senior, seperti guru di kelas, acapkali tidka mengerti apa yang dibicarakan siswanya diluar kelas saat sepintas mendengarnya. Hal ersebut yang seharusnya dimanfaatkan oleh guru untuk memahami bahasa generasi muda sehingga matematika bisa dikomunikasikan dengan lebih baik lagi.Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Alur pemodelan yang terlalu ‘saklek’ membuat guru dalam mengajar harus mengikuti langkah yang terlalu formal dan mekanis tanpa mempertimbangkan intuisi siswa dan komunikasi dengan siswa sehingga tidak lagi memandang aspek psikologi, antriopolohi, dan filsafat. Alur pemodelan tersebut boleh jadi digunakan untuk orang dewasa tetapi tidak dengan anak-anak, karena anak-anak belajar melalui intuisinya dan aspek psikologi harus benar-benar diperhatikan.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    I pointed out in this sentence "the younger learner who just follow the adults without any considerations". We should be aware of this condition. We should think how to make them follow us with consideration.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Hubungan matematika dan bahasa adalah komunikasi, yaitu bagaimana seseorang dapat mengkomunikasikan konsep-konsep matematika kepada young learner. Young learner dan adult keduanya mempunyai ranahnya masing-masing. Pembelajaran oleh young learner lebih kearah konsep, dan adult cenderung ke arah praktik. Aspek yang harus diperhatikan dalam mengomunikasikan matematika yaitu aspek psikologis, antropologis, dan filosofis.

    ReplyDelete
  11. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Artikel ini memberi pesan bahwa ketika kita membuat flowchart harus benar- benar jelas, dan jangan sampai malah membingungkan pembacanya. Urutan atau aliran dari proses dapat ditunjukkan dengan panah, sementara berbagai bentuk atau simbol dapat digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah kegiatan atau keputusan dalam suatu proses. Sehingga flowchart dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang bagaimana proses dilakukan dan mempelajari proses untuk perbaikan.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Matematika adalah suatu bidang studi yang mana adalah dipelajari oleh semua para siswa dari dasar ke sekolah menengah dan bahkan di dalam perguruan tinggi (Tifanny, 2017). Matematika memiliki peran sebagai bahasa simbolik yang memungkinkan terwujudnya komunikasi secara cermat dan tepat. Matematika tidak hanya sekedar alat bantu berfikir tetapi matematika sebagai wahana komunikasi antar siswa dan guru dengan siswa. Semua orang diharapkan dapat menggunakan bahasa matematika untuk mengkomunikasikan informasi maupun ide-ide yang diperolehnya.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Guru yang baik haruslah memperhatikan bahasa bahasa yang digunakan. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahaminya, mengetahui materi yang disampaikan dan terjalin komunikasi antara guru dan siswa. Selain itu guru juga harus terus belajar dalam strategi pembelajaran yang ia gunakan. Selain harus kreatif dan inovatif, bahasa atau media yang dgunakan juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Pada dasarnya, bahasa sebagai komunikasi matematika dalam pembelajaran sehingga guru juga harus menyesuaikan bahasa pada proses peembelajaran yang didasarkan pada pola perkembangan anak, sehingga penggunaan bahasanya kan sesuai dengan anak dan akan lebih dipahami dalam menambah ilmu pengatahuan yang baru.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018


    Komunikasi dalam pembelajaran matematika merupakan hal yang utama dalam penanaman konsep kepada siswa. Model pembelajaran juga berkaitan dengan intuisi. Namun, model yang tidak mendukung kognisi anak akan menimbulkan salah pemahaman. Sehingga model yang dibangun harus sesuai dengan tingkatan matematika yang diajarkan.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Model pembelajaran matematika dibangun juga untuk menyelesaikan masalah komunikasi dalam belajar matematika. Seorang guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode atau strategi dengan komunikasi yang tepat sehingga mempermudah siswa dalam memahami pelajaran matematika. Maka dalam hal ini seorang guru memiliki model sendiri dalam membangun metode untuk menyelesaikan masalah komunikasi dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam diskusi tersebut Marty menunjukkan model komunikasi yang ia buat dalam sistem komputer untuk story-telling doll atau humanoid robot yang lain. Model tersebut perlu diapresiasi. Namun. pada beberapa bagian dalam sistem tersebut ada yang perlu dikritisi, yaitu model yang dibuat menggunakan penyederhanaan komunikasi. Menurut Prof. Dr. Marsigit, MA, komunikasi dalam beberapa waktu memasuki ranah normatif bahkan dimensi spiritual. Beliau melihat sedikit bahaya dari penyederhanaan komunikasi. Hal tersebut menyebabkan hilangnya beberapa aspek kehidupan manusia. Maka dalam pembelajaran, komunikasi yang digunakan harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai komunikasi yang digunakan justru menjebak siswa.

    ReplyDelete
  17. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sekali lagi penting untuk benar-benar menyadari jika tdak ada saupun model pembelajaran yang paling tepat untuk seluruh tujuan pembelajaran, seluruh materi yang akan dipelajari, serta seluruh kharakteristik siswa. Selain itu rasanya sangat penting untuk memperhatikan faktor keberadaan atau adanya porsi komunikasi dengan siswa dalam suatu model pembelajaran. Tanpa adanya komunikasi antara guru dan siswa-siswanya dalam kegiatan pembelajaran maka rasanya mustahil akan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tanpa adanya komunikasi tersebut guru tidak bisa mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap suatu konsep.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konteks siswa. dalam menerapkan model pembelajaran tersebut dibutuhkan komunikasi guru dan siswa. komunikasi adalah penghubung guru dan siswa dalam menerjemahkan dan diterjemahkan tujuan pembelajaran. Komunikasi yang baik akan membantu siswa untuk megkonstruksi pemahaman konsep yang dipelajari. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
      Saya sangat setuju dengan pendapat saudari Afni bahwa Model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konteks siswa. Tidak ada satupun model pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa. Untuk itu kita dapat mengidentifikasi kebutuhan siswa terlebih dahulu baru dapat menentukan model yang sesuai. Guru memang dituntut untuk terus belajar, belajar dan belajar.

      Delete
  19. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, matematika adalah salah satu alat komunikasi yang universal, dengan menggunakan berbagai simbol yang telah disepakati. Kita ketahui bahwa komunikasi setiap orang itu berbeda-beda, termasuk di dalam pembelajaran matematika. Masing-masing siswa memiliki perbedaan dalam hal komunikasi. Sehingga, guru mempunyai tugas untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran yang mampu mewadahi siswa dalam berbagai macam perbedaan. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih komunikasi matematis siswa adalah discovery learning berbasis think pair share, dimana siswa dapat saling berdiskusi antar sesama kelompok pasangannya, saling bertukar ide/gagasan untuk menyelesaikan masalah yang ada di lembar kerja siswa melalui komunikasi tertulis, dan dapat mempresentasikan hasil diskusinya melalui komunikasi lisan di depan kelas.

    ReplyDelete
  20. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Komunikasi yang baik antara guru dan siswa juga merupakan faktor penting yang harus ada dalam pembelajaran matematika. Guru hendaknya mampu berkomunikasi dengan siswa-siswanya dengan baik dan benar. Dengan adanya komunikasi guru akan mengetahui dan memahami kebutuhan siswa-siswanya sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Komunikasi dalam matematika harus sangat diperhatikan oleh guru. Matematika merupakan pelajaran yang sangat lekat menggunakan berbagai symbol dan angka. Guru harus sangat memperhatikan bagaimana cara komunikasikan berbagai symbol dan angka tersebut dengan benar agar siswa dapat memahaminya dengan benar dan tidak ada salah penafsiran.

    ReplyDelete
  22. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Bahasa penting diperhatikan oleh guru dalam memberikan pembelajaran matematika agar dapat memahaminya, mengetahui materi yang disampaikan dan terjalin komunikasi antara guru dan siswa. Selain itu guru juga harus terus belajar dalam strategi pembelajaran yang ia gunakan. Selain harus kreatif dan inovatif, bahasa atau media yang dgunakan juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Pada dasarnya, bahasa sebagai komunikasi matematika dalam pembelajaran sehingga guru juga harus menyesuaikan bahasa pada proses peembelajaran yang didasarkan pada pola perkembangan anak, sehingga penggunaan bahasanya kan sesuai dengan anak dan akan lebih dipahami dalam menambah ilmu pengatahuan yang baru.

    ReplyDelete
  23. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Konsep di pembelajaran matematika memiliki model-model tersendiri untuk diajarkan kepada siswa. Siswa memiliki masing-masing karakteristik untuk memahami suatu mata pelajaran. Guru harus menggunakan model, media dan strategi yang tepat terhadap peserta didik yang dapat memdorong pemahaman dan pengetahuan peserta didik. Model, media dan strategi yang digunakan harus efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  24. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete