Mar 16, 2013

News Update: Koalisi Pendidikan Menolak Kurikulum 2013

Tolak Perubahan Kurikulum Pendidikan

Petisi oleh  
Jakarta Selatan, Indonesia 

Teman-teman,
Koalisi Pendidikan, Praktisi Pendidikan, Federasi Serikat Guru Indonesia, Orang Tua Murid, dan ICW menolak perubahan kurikulum pendidikan KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum tidak memiliki latar belakang yang kuat dan terkesan terburu-buru. Alih-alih menyempurnakan kurikulum yang ada, perubahan ini seperti membongkar secara keseluruhan kurikulum yang ada dan tidak dapat menjamin pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.
Kami menolak perubahan kurikulum dengan alasan:
1. Tidak ada alasan dan latar belakang yang jelas mengapa kurikulum harus diubah.
2. Perubahan kurikulum dilakukan secara reaktif, tanpa ada visi yang jelas mengenai pendidikan.
3. Perubahan kurikulum tidak didahului dengan riset dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum KTSP 2006.
4. Perubahan kurikulum tidak melibatkan para guru dan pakar pedagogik dalam proses penyusunan kurikulum.
5. Perubahan kurikulum terkesan dipaksakan dan asal-asalan yang akan berakibat pada guru dan murid menjadi korban.
6. Perubahan kurikulum hanya akan menguntungkan penerbit buku.

Terkait hal tersebut, maka kami memberikan rekomendasi, yaitu:
1. Menolak perubahan kurikulum, dan mengajak masyarakat untuk bergerak menolak karena perubahan kurikulum tidak di dasari oleh paradigma yang jelas, mengenai pendidikan itu sendiri.
2. Orientasi pendidkan harus mengacu pada konstitusi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan pada selera kebutuhan pasar.
3. Menyadari hal ini, Kami berharap pemeritah lebih fokus pada:
peningkatan kualitas guru (62% guru SD tidak pernah mendapatkan pelatihan, rata-rata guru di kota besar hanya menikuti pelatihan hanya 1 kali dalam 5 tahun, bahkan ditemukan guru PNS yang terakhir mengikuti pelatihan pada tahun 1980)1. Program-program peningkatan kualitas guru tidak memiliki dampak yang signifikan, termasuk UKG tidak memiliki dampak peningkatan kualitas pendidikan.
4. Perubahan kurikulum harus didasarkan pada riset yang jelas dan seluruh stekhoder terkait, serta bukan sekadar uji publik tetapi harus dilakukan melalui uji coba.
Melalui petisi ini, Kami ingin mengajak teman-teman untuk menyuarakan penolakan teman-teman terhadap perubahan kurikulum pendidikan yang akan dilakukan oleh Kemendikbud secara bersama-sama.

5 Desember 2012

39 comments:

  1. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Perubahan kurikulum pendidikan KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013 yang terkesan mendadak dan terburu-buru menimbulkan banyak kontra saat itu. Belum matangnya persiapan pemerintah tentang hal ini menyebabkan terjadinya korban-korban kurikulum. Korban utama kurikulum adalah siswa, dimana siswa mengalami kebingungan yang mendalam karena guru yang mengajar juga masih belum memahami sepenuhnya tentang kurikulum 2013 saat itu. Namun saat ini kurikulum 2013 sudah mulai mengalami perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, banyak penyempurnaan yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam hal kurikulum ini. Workshop/pelatihan kurikulum 2013 bagi guru yang sudah sering diselenggarakan, revisi buku siswa dan guru, serta perbaikan-perbaikan lainnya yang telah dilakukan oleh pemerintah telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga pemerintah dan pihak-pihak terkait mengenai pendidikan senantiasa berbenah untuk memajukan tujuan pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Perubahan kurikulum terkesan terburu-buru dan asal-asalan. Selain itu, perubahan kurikulum tidak melibatkan para guru dan pakar pedagogik dalam proses penyusunan kurikulum. Hal ini merupakan suatu kesalahan. Pada dasarnya yang terlibat langsung dalam pendidikan bahkan dalam proses belajar mengajar yaitu guru. Guru mengerti bagaimana kemampuan para siswanya dan bagaimana perkembangan psikologis seorang anak. Orientasi pendidikan harus mengacu pada konstitusi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan pada selera kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar yang semakin meningkat membuat para pembuat kurikulum mengganti menjadi kurikulum yang baru agar dapat meningkatkan mutu pendidikan. Namun mereka tidak memperhatikan bagaimana kondisi guru dan siswanya. Guru yang melaksanakan pembelajaran di kelas tentu membutuhkan penyesuaian yang cukup lama ketika ada perubahan kurikulum. Selain itu, perlu adanya pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuannya. Jika pelatihan ini tidak diterapkan pada setiap guru maka dapat menimbulkan ketidaksesuaian antara pelaksanaan pembelajaran oleh guru dengan kurikulum yang ada. Oleh karena itu, pemerintah perlu fokus pada peningkatan kualitas guru, karena hal ini akan berdampak langsung pada perkembangan peserta didik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Acuan berjalannya pendidikan adalah kurikulum. Maka kurikulum menjadi kunci dan penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Perlu adanya perencanaan dan persiapan yang matang dalam menyusun suatu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter bangsa. Dengan demikian pelaksanaannya dapat sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu hal yang perlu disiapkan adalah kualitas guru di Indonesia, hal ini dikarenakan sukses atau tidaknya pelaksanaan dari suatu kurikulum ditentukan bagaimana guru melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

    ReplyDelete
  4. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013 pada awalnya terjadi pro dan kontra. Karena perubahan tersebut terkesan mendadak dan kurang matangnya perencanaan dan persiapan. Sehingga yang terjadi adalah para subjek dilapangan yang menjadi kalang kabut. Terutama siswa mengalami kebingungan dalam pembelajaran. Karena guru belum siap melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan kurikulum 2013. Namun, seiring dengan berjalannya waktu sudah kurang lebih 5 tahun kurkulum 2013 berjalan. Pemerintah semakin sadar bagaimana agar kurikulum 2013 dapat diterapkan sebagaimana mestinya. Karena setiap perubahan pastilah bertujuan untuk meningkatkan kualitas. Hal ini terbukti adanya revisi buku ajar, silabus, semakin banyak diadakannya pelatihan-pelatihan bagi guru-guru, dan lain sebagainya. Semoga dengan kurikulum 2013 yang semakin diperbaiki ini membawa pendidikan di Indonesia menjadi berkualitas. Amiinn.

    ReplyDelete
  5. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam pendidikan, pembaharuan atau perubahan dalam kurikulum merupakan hal yang wajar dan terkadang memang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu perubahan kurikulum juga dilakukan agar pendidikan di Indonesia mampu mengikuti perkembangan zaman serta tuntutan globalisasi yang semakin maju. Dalam suatu kurikulum pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut merupakan beberapa kelemahan dari kurikulum 2013. Pertama, kurikulum dibuat tidak melalui riset dan evaluasi yang matang, beberapa siswa dan guru merasa berat karena jam pelajaran siswa ditambah yang nantinya akan berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa dan masih banyak lainnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Perubahan kurikulum nampak sangat berpengaruh pada pola pendidikan, namun beberapa pengaruh menjadi keluhan guru dan siswa. Dampak yang jelas pada siswa adalah adanya peminatan pada saat kelas X. Untuk tahun pertama atau transisi nampaknya menimbulkan gejolak luar biasa pada siswa karena mereka belum memiliki pandangan yang cukup untuk memilih jurusan. Diperparah dengan belum adanya orienstasi pilihan jurusan yang diselenggarakan saat SMP. Kebingungan ini berpotensi untuk membingungkan siswa, membuat potensinya tidak tercover dengan baik. Kejadian sefatal ini? Tidak terburu-burukah kurikulum ini diimplemetasikan?

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Postingan di atas dibuat pada tahun 2012 dan di posting pada tahun 2013 serta saya membacanya pada tahun 2018. Dengan keadaan dimana Kurikulum 2013 pada akhirnya diterapkan sampai pada saat ini mencapai revisi tahun 2017. Kurikulum 2013 memang mengalami kontroversi disana sini karena mengingat pendidikan Indonesia yang sebenarnya belum memiliki bekal yang cukup untuk itu semua. Seperti contoh sederhana adanya e-rapor pada sistem penilaian akhir untuk siswa. Otomatis guru diharuskan untuk bisa mengakses komputer. Padahal untuk guru-guru yang sudah senior, penggunaan komputer terasa awam. Berbeda dengan guru generasi milineal yang komputer sudah seperti buku tulis bagi mereka. Guru yang sudah senior harus belajar untuk menggunakan komputer. Memang semuanya terlaksana tapi tidak memudahkan guru yang senior. Kontroversi pasti ada tetapi menurut saya, hal ini baik untuk diterapkan demi pendidikan Indonesia untuk dapat bersaing unggul dengan pendidikan global. Lambat laun saya percaya bahwa pendidikan di Indonesia akan terus mengalami perkembangan yang baik. Aamiin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Adanya berita tentang petisi ini pada beberapa tahun yang lalu menunjukkan adanya reaksi yang melibatkan berbagai pihak dalam menolak pemberlakuan kurikulum 2013 yang menggantikan kurikulum KTSP 2006. Menurut saya dari beberaoa alasan dan saran dalam petisi ini, hal ini dikarenakan kurang adanya keterlibatan praktisi pendidikan dalam kurikulum ini, dan mungkin karena belum adanya ketuntasan dalam penerapan kurikulum KTSP 2006 tetapi langsung adanya penggantian tanpa adanya pelatihan terlebih dahulu. Sehingga hal ini dapat menjadi suatu pelajaran kedepannya, agar adanya suatu kebijakan dalam dunia pendidikan seharusnya dilandaskan pada beberapa pertimbangan yang melibatkan beberapa pihak.

    ReplyDelete
  9. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Penolakan perubahan kurikulum harus mendapat sokongan dari pihak-pihak yang menyuarakan penolakan tersebut. Dari sokongan tersebut diharapkan membuat pemerintah batal merubah kurikulum dan memilih menyempurnakan kurikulum yang ada. Sudah seharusnya menjadi renungan bahwasanya pentingnya memperhatikan sumber daya manusia dibandingkan dengan “keegoan semata”. Jangan inginnya menjadi yang terbaik namun unsur-unsur perubahannya tidak dipersiapkan dan terkesan tahu bulat “dadakan”. Seharusnya jika ingin merubah kurikulum, unsur-unsurnya benar-benar harus diperhatikan dan ditelaah apakah kurikulum yang baru akan membawa dampak yang lebih baik atau sebaliknya dan perlu diingat bahwa perubahan harus mempunyai dasar/fondasi yang kuat dengan visi yang jelas.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  10. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 terkesan mendadak dan terburu-buru. Itulah mengapa banyak sekali masalah yang terjadi dalam penerapannya, pemerintah seolah belum siap sehingga masih banyak guru yang belum mendapatkan pelatihan tentang k13 sehingga siswa masih banyak kebingungan dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Perubahan memang bagian dari keharusan, tanpa berubah proses menjadi lebih baik akan sulit dijangkau. Namun, perubahan perlu persiapan yang benar-benar matang bukan dipaksa untuk matang, apalagi untuk hal sepenting kurikulum. Perubahan kurikulum tak bisa dianggap main-main karena kurikulum tidak hanya melibatkan segelintir dua gelintir manusia namun seluruh guru dan siswa di Indonesia menjadi taruhannya. Saya sendiri bukan termasuk yang menolak perubahan kurikulum sepenuhnya, karena saya menyadari bahwa para pemangku kebijakan pasti sudah memikirkan hal tersebut dengan baik namun persiapannya saja yang mungkin perlu lebih ditingkatkan lagi

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya sepakat dengan kalimat di atas bahwa terkadang perubahan kurikulum dilakukan secara terburu-buru. Saya juga sangat setuju dengan poin nomor 4 bahwa perubahan kurikulum tidak dilaksanakan berdasarkan riset. Seharusnya, sebelum pemangku kebijakan membuat peraturan atau mengubah peraturan sudah didasarkan pada riset sehingga dapat diketahui pada bagian mana yang harus diperbaiki. Jika tidak mengetahui mana yang harus diperbaiki lantas untuk apa kurikulum diganti?

    ReplyDelete
  13. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Penerapan kurikulum 2013 memang terlihat tergesa-gesa. Persiapannya juga belum matang. Sehingga banyak sekali kesulitan dalam penerapannya terutama yang dialami oleh guru dan siswa. Guru banyak kebingungan dalam menerapkan 5M, dalam menggunakan media, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sisi siswa juga masih banyak kebingungan. Siswa yang terbiasa pasif mungkin akan agak susah mengikuti kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk aktif. Untuk itu perlunya persiapan yang matang dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  14. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Dalam penerapan kurikulum 2013 yang kini sudah berjalan kurang lebih 5 tahun, berbagai aspek juga masih terus diperbaiki. Selama 5 tahun ini saja, kurikulum sudah direvisi berkali-kali. Tentu saja ini sangat disayangkan, karena menjadi masalah untuk guru dan siswa dalam segi materi, pembelajaran dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya dalam penerapan kurikulum harus dipersiapkan jauh-jauh hari dan harus terdapat mendampingan secara berkelanjutan disetiap sekolah. Sehingga semua pihak sudah siap untuk menerapkan kurikulum baru.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pada awalnya terdapat pro dan kontra dalam penerapan kurikulum 2013 karena dalam penerapannya terkesan mendadak dan terburu-buru. Sehingga pelaku pendidikan seperti tenaga pendidik dan kependidikan, siswa, dan masyarakat secara luas tidak siap dalam menghadapi perubahan kurikulum tersebut. Penerapan kurikulum ini terkesan hanya mengikuti trend pendidikan di era industry keempat ini, namun tidak mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Seperti yang kita ketahui, tidak semua sekolah memeiliki fasilitas lab komputer dan komputer yang mumpuni. Selain itu, kemampuan dan ketrampilan guru menjadi faktor yang tidak kalah penting. Dalam kurikulum 2013, guru diharuskan menguasai teknologi sedangkan tidak semua guru menguasai hal tersebut, sehingga perlu ada pelatihan khusus bagi guru-guru tersebut supaya dapat beradaptasi dengan kurikulum 2013. Akan tetapi ada program berkelanjutan untuk penguasaan skill ini, sehingga mempengaruhi praktik pembelajaran di lapangan. Saya rasa pemerintah perlu memikirkan solusi yang tepat supaya guru dan siswa tidak lagi menjadi korban praktik perubahan kurikulum yang tidak menentu penerapannya.

    ReplyDelete
  16. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Saya sependapat dengan alasan menolak perubahan kurikulum “perubahan kurikulum tidak didahului dengan riset dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum KTSP 2006”. Evaluasi merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kurikulum juga dirancang dari tahap perencanaan, organisasi, kemudian pelaksanaan dan akhirnya monitoring dan evaluasi. Tanpa evaluasi, maka tidak akan mengetahui bagaimana kondisi kurikulum tersebut dalam rancangan, pelaksanaan serta hasilnya.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B
    Assalamualaikum wr wb
    Penerapan kurikulum 2013 di setiap sekolah memang berbeda-beda, ada yang memang sudah menerapkan langsung sejak ditetapkannya kurikulum 2013, namun ada juga yang belum. Tantangan dalam penerapan kurikulum 2013 salah satunya adalah terletak pada kesiapan guru. Kesiapan guru dalam membuat inovasi dalam pembelajaran agar menjadikan pembelajaran yang student center. Pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan dalam kurikulum sebelumnya harus ditransformasi menjadi pembelajaran siswa aktif. Sehingga dibutuhkan kreatifitas dari seorang guru dalam membuat pembelajaran yang epik dan menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  18. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Perubahan kurikulum beberapa kali terjadi di dunia pendidikan Indonesia. Sekarang kita memakai kurikulum 2013 revisi 2017. Terdapat beberapa kendala dan opini terhadap penerapan kurikulum ini. Maka ke depan mari sama sama memperbaki keadaan, dengan terus belajar dan berbenah sehingga kurikulum dapat menaungi dan mengayomi guru dan siswa siswa. Baik buruknya suatu kurikulum adalah hal yang perlu dikaji ulang, karena kurikulum yang ada berlum mengkover semua keadaan siswa atau sebagai jalan tengahnya suatu pendidikan, kurikulum yang digaungkan sekarang pun asala muasalahnya juga tidak tahu dari mana, sehingga pengkajian yang matang dan tepat adalah hal yang harus dilakukan sebelum menjadikan suatu kebijakan dalam dunia pendidikan. harapan kurikulum adalah menjadikan siswa dan guru semakin baik dan semakin aktif dalam pembelajaran sehingga harus melalui proses yang ppanjang untuk mnegganti suatu kurikulum yang diberlakukan untuk nasional.

    ReplyDelete
  19. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Indonesia sudah mengalami beberapa kali perubahan kurikulum. Hal ini wajar terjadi karena memiliki tujuan untuk terus memperbaiki pendidikan di Indonesia agar lebih baik. Akan tetapi, perubahan kurikulum tidak bisa langsung dilakukan tanpa didahului persiapan yang matang. Persiapan-persiapan itu meliputi berbagai sumber daya yang berinteraksi langsung dalam ranah pendidikan seperti guru, sekolah, siswa dll. Sehingga jangan tterburu dalam menerapkan kurikulum baru tersebut.

    ReplyDelete
  20. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Pada akhirnya Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013. Sekarang sudah kurang lebih diterapkan sekitar 5 tahun. Kurikulum 2013 sesungguhnya merupakan kurikulum yang bagus karena mengedepankan keaktifan siswa dan pembelajaran berpusat pada siswa. Akan tetapi menurut saya penerapannya terlalu terburu-buru. Dapat dilihat dari 5 tahun penerapannya kini, kurikulum 2013 sudah direvisi beberapa kali. Hal ini dapat mengidentifikasikan bahwa pada awal penerapannya kurikulum belum sempurna dan belum matang sehingga perlu dilakukan revisi berulang kali.

    ReplyDelete
  21. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Walaupun menurut saya penerapan kurikulum 2013 yang terkesan tergesa-gesa, tetapi kini pemerintah semakin memperbaikinya. Hal ini dapat dilihat dari revisi yang dilakukan berulang kali untuk seemakin memperbaiki di bidang materinya. Serta pelatihan-pelatihan guru yang kini muali digalakan melalui PPG. Semoga kedepannya kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik dan Inodnesia dapat mencetak para penerus bangsa yang berkualitas.

    ReplyDelete
  22. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018


    Kurikulum baru sebagai bentuk perubahan demi suatu perbaikan mempertimbangkan perbandingan dengan kurikulum sebelumnya. Pendidikan dan politik memang tidaklah baik jika memandang dari segi negatifnya. Apapun kurikulumnya, semoga kita mampu berpartisipasi dalam menciptakan dan melahirkan suatu pendidikan yang demokratis dan mampu membawa bangsa ini menuju kepada suatu perbaikan.

    ReplyDelete
  23. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap perubahan memiliki tujuan yang ingin dicapai, namun perubahan yang belum siap diterima dalam dunia pendidikan dapat menimbulkan pro dan kontra. Perubahan kurikulum pendidikan 2013 menimbulkan banyak kontra bagi para tenaga pendidik ketika penerapan K13 ini mulai digaungkan. Dilain sisi guru belum siap menerima dengan perubahan yang ada , kompetensi yang dimiliki guru juga belum memenuhi sebagai standar untuk menerapkan K13 itu sendiri. Namun seiring berjalannya waktu perubahan KTSP 2006 ke kurikulum 2013 sekarang mulai diterima dan banyak sekali pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan pemerintah untuk menunjang penerapan kurikulum 13 ini bagi guru. Semoga pendidikan Indonesia ke depan nya menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  24. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perubahan kurikulum perlu dilakukan untuk menyelenggarakan pendidikan yang relevan dengan ruang dan waktunya. Dalam beberapa hal Kurikulum 2013 memiliki keunggulan, tetapi terdapat hal-hal khusus yang perlu dikaji lebih mendalam. Salah satu hal yang menjadi penyebab penolakan dari berbagai pihak adalah penerapannya yang terkesan terburu-buru dan dipaksakan. Pada awal implementasinya, Kurikulum 2013 masih perlu dievalusi agar lebih matang dalam implementasinya. Sampai saat ini pun, pelaksanaan Kurikulum 2013 masih perlu direview dan dikaji seberapa jauh keberhasilan Kurikulum tersebut dalam mencapai tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kurikulum merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan sebuah perangkat pembelajaran dan program pendidikan yang diberikan kepada peserta pelajaran dari lembaga penyelenggaraan pendidikan. Fungsi dari adanya kurikulum sendiri yaitu memberikan pemahaman kepada seorang guru dalam menjelankan tugasnya, mendorong seorang guru untuk lebih kreatif dalam penyelenggaraan kurikulum, dan membantu dalam menunjang proses pembelajaran agar lebih baik. Diharapkan dengan adanya kurikulum tersebut mampu menciptakan siswa-siswa yang mempunyai daya saing tinggi baik nasional maupun internasional.

    ReplyDelete
  26. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 masih memberikan sebuah polemik dalam dunia pendidikan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan kurikulum tersebut tergolong sangat mendadak atau tiba-tiba. Sehingga muncul masalah-masalah akibat dari penerapan kurikulum 2013 sendiri di berbagai daerah. Tentunya perubahan tersebut seharusnya tidak dilakukan secara mendadak, melainkan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada berbagai pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan mengenai mengapa terjadi perubahan kurikulum. Selain itu perubahan kurikulum tersebut seharusnya melibatkan peran para guru di berbagai daerah, bukan hanya disusun oleh orang-orang yang tidak tahu akan keadaan siswa dilapangan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  27. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Seperti yang sudah dibahas dalam peta pendidikan di dunia bahwa pendidikan di Indonesia memang terkesan belum memiliki arah yang jelas. Pendidikan di Indonesia masih mencari-cari bentuk yang ideal. Hal ini berdampak pada seringnya terjadi perubahan-perubahan dalam kebijakan pendidikan, termasuk perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 memanglah hal yang sangat kontroversial. Dari awal diluncurkan hingga kini tahun 2018 masih menuai pro dan kontra. Selain itu, hingga kini pun belum semua sekolah menerapkan Kurikulum 2013. Hal ini mengindikasikan bahwa memang sebetulnya ada hal-hal yang sifatnya belum siap untuk diluncurkan namun terkesan terburu-buru untuk diterapkan.

    ReplyDelete
  28. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Para ahli pendidikan dan ahli kurikulum membatasi pengertian kurikulum menurut beberapa definisi dan dirumuskan berbeda meskipun pada intinya mengandung maksud yang sama. Saya pernah membaca bahwa kurikulum dipandang sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Pendidikan adalah unsur penting untuk membangun bangsa, itu pula alasannya mengapa pendidikan di negara ini juga selalu diupayakan untuk selalu ditingkatkan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang dijalankan, melakukan evaluasi, dan merumuskan kurikulum baru yang dilahirkan dari perbaikan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Sehingga kurikulum yang baru ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Kurikulum 2013 dengan segala konsep yang menyertainya waktu pertama kali dilaksanakan kehadirannya dinilai terburu-buru oleh beberapa kalangan.

    ReplyDelete
  29. Perubahan untuk perbaikan memang perlu dilakukan, namun perubahan yang mendadak tanpa persiapan juga kurang efisien. Seyogyannya perubahan kurikulum dirancang jauh sebelumnya, disosialisasikan sebelum di terapkan. Dievaluasi terlebih dahulu. Perubahan kurikulum yang terkesan mendadak akan membuat para guru dan siswa kesulitan beradaptasi. terimakasih

    ReplyDelete
  30. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas,
    berubahnya kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013 memang pada awalnya menjadi perdebatan yang panas. Hal tersebut terkesan mendadak dan kurang matangnya perencanaan dan persiapan, sehingga yang terjadi adalah para subjek dilapangan yang menjadi bingung. Terutama siswa yang mengalami kebingungan dalam pembelajaran, karena guru belum siap melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan kurikulum 2013. Namun, seiring dengan berjalannya waktu alhamdulillah kurikulum 2013 berjalan.

    ReplyDelete
  31. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, mungkin yang menjadi perdebatan tersebut karena acuan berjalannya pendidikan adalah kurikulum. Jadi apabila kurikulum berubah, subjek yang kontra khawatir subjek dilapangan akan kebingungan. Memang benar bahwa kurikulum adalah kunci mencapai pendidikan yang berkualitas, namun perlu ada perencanaan dan persiapan yang matang dalam menyusun suatu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter bangsa indonesia. Dengan demikian pelaksanaan pendidikan dapat sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu hal yang perlu disiapkan adalah kualitas guru yang baik di Indonesia, Hal itu karena guru adalah yang melaksanakan kurikulum tersebut , sehingga sukses atau tidaknya pelaksanaan dari suatu kurikulum ditentukan bagaimana guru melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete
  32. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Kita tahu, kurikulum memiliki sifat dinamis sehingga mesti dievaluasi dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Di Indonesia sendiri, kita tahu, perubahan kurikulum sudah terjadi 9 kali sejak kemerdekaan. Sayangnya, belum ada perubahan signifikan dari perubahan tersebut, selain pada wilayah administratif. Kualitas pendidikan yang menjadi tujuan utama dari dibentuknya suatu kurikulum tidak pernah menunjukkan hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  33. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    KTSP belum sepenuhnya dipahami dan dipraktekkan, tetapi pemerintah telah mengakhiri napasnya. Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan disejumlah sekolah. Perubahan kurikulum akan berdampak besar pada perubahan-perubahan lain di tingkat stakeholder, selain juga membutuhkan anggaran yang besar. Reformasi pendidikan setengah hati akan membingungkan para pelaku pendidikan yang sebenarnya. Persoalan yang sering kita temui di lapangan jangankan menyusun kurikulum, menjalankan kurikulum yang sudah adapun masih sulit.

    ReplyDelete
  34. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya kongkrit untuk mengiringi suksesnya penyempurnaan kurikulum ini. sebaik dan sesempurna apa pun kurikulum pendidikan tak akan memberi dampak signifikan tanpa diimbangi dengan guru yang kompeten, tidak akan ada arti jika guru tak diperbaiki. Itulah mengapa kita perbaiki dan petakan kompetensi guru melalui PPG. Ini sangat relevan antara pemetaan dan akan ada pelatihan kurikulum

    ReplyDelete
  35. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Pada saat kurikulum 2013 baru dicanangkan, banyak pihak yang menolak dengan adanya kurikulum baru ini. Dikarenakan berbagai faktor yang seperti Bapak sebutkan di atas. Namun pada akhirnya pemerintah tetap menjalankan kurikulum ini, dan terus berusaha memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru secara merata di seluruh daerah. Sekarang ini K13 telah hampir diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Namun masih ada sekolah yang menerapkan KTSP. Semoga kedepannya pelaksanaan K13 semakin baik, sehingga dapat menunjukkan manfaat yang baesar bagi kemajuan mutu pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  36. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat 2018

    Perubahan sifatnya kekal. Perubahan selalu terjadi, termasuk dalam kurikulum. Sekarang kita memakai kurikulum 2013 tentu ada pro dan kontranya. Maka ke depan mari sama sama memperbaki keadaan, dengan terus belajar dan berbenah sehingga kurikulum dapat menaungi dan mengayomi guru dan siswa siswa. Baik buruknya suatu kurikulum adalah hal yang perlu dikaji ulang, karena kurikulum yang ada berlum mengkover semua keadaan siswa atau sebagai jalan tengahnya suatu pendidikan, kurikulum yang digaungkan sekarang pun asala muasalahnya juga tidak tahu dari mana, sehingga pengkajian yang matang dan tepat adalah hal yang harus dilakukan sebelum menjadikan suatu kebijakan dalam dunia pendidikan. Harapan kurikulum adalah menjadikan siswa dan guru semakin baik dan semakin aktif dalam pembelajaran sehingga harus melalui proses yang ppanjang untuk mnegganti suatu kurikulumyang diberlakukan untuk nasional.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Perubahan kurikulum pendidikan KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013 sekitar tujuh tahun yang lalu memang menuai banyak kontroversi. Bagi pihak yang tidak setuju dengan adanya perubahan kurikulum berpandangan bahwa perubahan terjadi secara tergesa-gesa tanpa melakukan riset yang mendalam. Selain itu juga tidak memperhatikan kesiapan baik bagi guru maupun pihak-pihak terkait dalam menghadapi perubahan kurikulum ini. Namun, bagi mereka yang setuju perubahan kurikulum berpandangan bahwa dengan adanya kurikulum baru akan membawa perbaikan dalam bidang pendidikan.
    Menurut saya, perubahan kurikulum dari masa ke masa wajar saja terjadi, mengingat semakin berkembangnya zaman maka semakin berubah dan bertambahnya kebutuhan dalam dunia pendidikan. Sehingga kurikulum yang baru dirancang untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Maka dengan adanya kurikulum 2013 memang diharapkan dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi. Namun, tidak dapat dipungkiri munculnya kurikulum 2013 ini perlu dievaluasi agar penerapannya di lapangan semakin baik.

    ReplyDelete
  38. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perubahan kurikulum KTSP 2006 menjadi 2013 terbilang mendadak. Terjadi pro dan kontra mengenai perubahan kurikulum tersebut. Dikarenakan hal tersebut, persiapan kurikulum KTSP 2006 menjadi 2013 tidak diperhitungkan secara matang dan maksimal. Pemerintah mungkin sudah mempersiapkan secara matang mengenai perubahan kurikulum tersebut, tetapi tenaga pendidik dan peserta didik belum mampu mengikuti kurikulum tersebut. Tetapi seiring berkembangnya waktu, pemerintah mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru untuk dapat memahami kurikulum 2013 dan komponen yang ada didalamnya.

    ReplyDelete
  39. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Perdebatan tentang perubahan kurikulum dari 2006 ke 2013 memang sempat menjadi kontroversi. Ada yang pro dan ada yang kontra. Saya sendiri merasa pada pihak yang pro, karena pada dasarnya kurikulum harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan era industri. Namun, ketika persiapan dan pengenalan kurikulum 2013 belum secara komprehensif dan holistik, maka kurikulum baru yang harusnya mendukung pendidikan ke arah yang lebih maju malah bisa menjadi boomerang untuk dunia pendidikan kita. Ada beberapa hal yang menurut saya seperti memaksa dalam kurikulum 2013, yaitu kurikulum 2013 bersifat sentralistik, bertentangan dengan semangat reformasi yang menghendaki desentralisasi, yaitu desentralisasi pengelolaan pendidikan. Ketidakmerataan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia tentu saja akan menjadi pemicu yang bisa menghambat jalannya K13. Tetapi saya cukup yakin, bahwa pemerintah mempunyai kebijakan-kebijakan untuk menyikapi itu.

    ReplyDelete