Mar 20, 2013

Mathematics and Language 8






Wow - this exchange is very heavy! My comments are on a very simple level: I am very good in math, I use it a lot, but when I look at the index of a first- or second- year algebra text I have no idea what the terms mean in the chapter headings; I can do it all once I read the problem, but the categorization is beyond me. If I were a kid learning this stuff I would be really put off - there is too much totally unnecessary vocabulary. 

Hi, Irene, good that you are bringing the thread back to its original idea. I think that everyone agrees that the vocabulary puts kids off. There are two big problems, however: (a) nowadays almost everything else in mathematics courses, not just the vocab, puts kids off. (b) Which vocab should one get rid of? After all, certain vocab will be necessary for some of the kids who have contact later on with mathematics, so we can't replace everything. Any suggestions? 

Irene's concerns is one of the communication problem in horizontal mathematics. This proves the claim of Realistic st that there should be Horizontal and Vertical Mathematics. And also give the account of School Mathematics that one of the nature of school mathematics is Communication; and thus the talk about the relationship between Mathematics and language is relevant. Whilst Vertical Mathematics is the business of Pure Mathematicians, and advance or adult learner. For the outsiders or the younger learner of mathematics concrete mathematics will be more realistic. Whilst what Marty's did by his model of communication is a very highly and sophisticated approach of using technology to offer the schema of a very specific communication with the specific aims and specific results. This further a proof that communication has its various dimensional contextually, culturally, psychologically and philosophically. Therefore I do not see that Marty's Models are able to give solution to Irene's problems. Again I wish to remain to whom it may concern that we need to approach our younger generation with mathematics of their world.

9 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Arti dari matematika horizontal adalah matematika sekolah dan salah satu hakikat dari matematika sekolah adalah komunikasi. Dalam matematika sekolah, matematika merupakan alat komunikasi, sehingga hubungan antara matematika dan bahasa adalah relevan. Dan model Marty tidak cocok untuk masalah Ibu Irene karena modelnya tidak memiliki berbagai dimensi komunikasi, seperti kontekstual, budaya, psikologis, dan filosofis. Dalam penyampaian materi pelajaran di kelas hendaknya guru dapat menggunakan bahasa yang tidak asing bagi siswa, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut. Selain itu, dapat juga tercipta komunikasi yang baik anatara guru dan siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih cepat menangkap, memahami, dan merespon apa yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar juga haruslah dikaitkan dengan masalah nyata dan kejadian-kejadian yang dilihat dan dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat memahami siswa secara keseluruhan dan tidak hanya beberapa siswa saja.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    setiap orang harus memiliki pengetahuan tentang kosa kata yang sesuai dimana membutuhkan bahasa yang komunikatif. Bahasa juga hal penting untuk memahami matematika. model yang terbaik untuk menerapkan matematika dan bahasa didasarkan pada proses komunikasi. guru dapat mengajar dengan menggunakan teknologi untuk menawarkan skema komunikasi yang sangat spesifik dengan tujuan tertentu dan hasil tertentu. Ini lebih lanjut bukti bahwa komunikasi memiliki nya berbagai dimensi kontekstual, budaya, psikologis dan filosofis.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Matematika itu tidak seperti pelajaran bahasa inggris karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam belajar matematika sedangkan bahasa inggris jika anak sudah mampu menguasai vocab maka ia bisa berbahasa inggris. Dalam matematika, vocab diperlukan sebagai bahan komunikasi dalam matematika dan komunikasi menjadi salah satu aspek dalam matematika horizontal. Treffers (1991: 32) mengelompokkan pendekatan pembelajaran dalam pendidikan matematika berdasarkan komponen proses matematisasinya, yakni metematisasi horizontal dan matematisasi vertical. Selanjutnya Treffers (1991: 32) menyatakan bahwa matematisasi horizontal merupakan pemodelan situasi masalah dengan menggunakan bahasa matematika yang sudah dia miliki, atau dengan kata lain matematisasi horizontal bergerak pada dunia nyata ke dunia simbol. Sedangkan matematisasi vertikal adalah membangun dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia simbol. Contohnya filosofi empiristik menyatakan bahwa dunia adalah kenyataan. Dalam pandangan ini, kepada peserta didik disediakan material yang sesuai dengan dunia kehidupan para peserta didik. Sehingga mereka mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Seiring dengan berkembangnya zaman, pemahaman bahwa empirisme diperoleh melalui pengalaman melalui panca indera mulai berubah pandangan bahwa ketika seorang siswa sudah membayangkan sesuatu yang abstrak maka disitulah empirisme berada.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Lambang- lambang matematika bersifat “artifisial” yang baru mempunyai arti setelah sebuah makna diberikan kepadanya tanpa itu matematika hanya merupakan kumpulan rumus-rumus yang mati secara ini maka pernyataan matematik mempunyai sifat yang jelas, spesisfik, dan informatif dengan tidak menimbulkan konotasi yang bersifat emosional.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Tentunya dalam pembelajaran melibatkan interaksi antara guru dan siswa . Dimana dalam suatu pembelajaran terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru dan antara siswa dengan siswa. Agar komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan diperoleh hasil pembelajaran yang maksimal, guru seharusnya mempunyai strategi dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam matematika terdapat dua macam proses matematisasi, yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horizontal merupakan proses penalaran dari dunia nyata ke dalam simbol-simbol matematika. Sedangkan matematisasi vertikal merupakan proses penalaran yang terjadi di dalam sistem matematika itu sendiri. Dari interaksi itu akan meningkatkan kemampuan sebab terjadi saling berbagi pengetahuan antar siswa dangan siswa dan menerima pengetahuan baru dari gurunya.

    ReplyDelete
  6. Komunikasi dilakukan dengan melihat lawan bicara. Jika sesama matematikawan maka komunikasi menggunakan notasi-notasi matematika yang sudah dipahami atau dimengerti akan tetap terjadi diskusi. Diskusi yang dilakukan tetap nyambung dan akan menghasilkan pengetahuan baru atau suatu solusi. Guru merupakan orang dewasa yang mengajarkan matematika pada siswanya yang mempunyai usia terpaut jauh dibawahnya maka guru harus berkomunikasi menggunakan bahasa yang dapat dimenerti oleh siswa. Guru hendaknya menjelaskan pengertian atau istilah baru dengan mudah agar siswa mengerti apa yang sedang diajarkan atau dijelaskan. Jangan sampai siswa tidak mengetahui apa yang dijelaskan dan diajarkan kemudian membuat siswa menjadi tidak tahu apa-apa. Berkomunikasilah dengan menggunakan bahasa yang mudah dimenegrti kemudian dapat ditingkatkan.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Matematika sekolah yakni matematika yang berlandaskan filsafat realistik, yakni dekat dengan siswa. dalam realistik matematik, terdapat dua proses matematisasi yaitu proses mematematikakan atau memodelkan masalah sehari-hari ke dalam bentuk matematika. kedua proses tersebut yaitu matematika horizontal dan matematika vertikal. Kedua proses terebut sangat erat kaitannya dengan matematika sekolah, karena membutuhkan kegiatan sosial dalam mencapai tahapan demi tahapan matematisasi. Sehingga dalam pembelajaran di sekolah, siswa hendaknya dibentuk secara berkelompok-kelompok untuk menemukan atau mengkonstruk pengetahuan matematikanya sendiri melalui matematika horizontal dan matematika vertikal.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Terdapat dua bentuk mengkomunikasikan dalam matematika yaitu matematika horizontal dan matematika vertical. Guru memberikan penjelasan dengan mengarahkan kearah realistik, matematisasi horizontal dalam pembelajaran dari tahap informal, siswa diajak untuk melihat pada dunia nyata yang di representasikan ke dalam dunia simbol. Sedangkan matematisasi vertikal merupakan proses yang terjadi dalam lingkup simbol matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam matematika sekolah terdapat dua matematisasi yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horizontal yaitu proses penalaran dari dunia nyata ke dunia simbol. Sedangkan matematisasi vertikal yaitu proses penalaran dari matematika itu sendiri.

    ReplyDelete