Mar 20, 2013

Mathematics and Language 8






Wow - this exchange is very heavy! My comments are on a very simple level: I am very good in math, I use it a lot, but when I look at the index of a first- or second- year algebra text I have no idea what the terms mean in the chapter headings; I can do it all once I read the problem, but the categorization is beyond me. If I were a kid learning this stuff I would be really put off - there is too much totally unnecessary vocabulary. 

Hi, Irene, good that you are bringing the thread back to its original idea. I think that everyone agrees that the vocabulary puts kids off. There are two big problems, however: (a) nowadays almost everything else in mathematics courses, not just the vocab, puts kids off. (b) Which vocab should one get rid of? After all, certain vocab will be necessary for some of the kids who have contact later on with mathematics, so we can't replace everything. Any suggestions? 

Irene's concerns is one of the communication problem in horizontal mathematics. This proves the claim of Realistic st that there should be Horizontal and Vertical Mathematics. And also give the account of School Mathematics that one of the nature of school mathematics is Communication; and thus the talk about the relationship between Mathematics and language is relevant. Whilst Vertical Mathematics is the business of Pure Mathematicians, and advance or adult learner. For the outsiders or the younger learner of mathematics concrete mathematics will be more realistic. Whilst what Marty's did by his model of communication is a very highly and sophisticated approach of using technology to offer the schema of a very specific communication with the specific aims and specific results. This further a proof that communication has its various dimensional contextually, culturally, psychologically and philosophically. Therefore I do not see that Marty's Models are able to give solution to Irene's problems. Again I wish to remain to whom it may concern that we need to approach our younger generation with mathematics of their world.

29 comments:

  1. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bahasa memiliki arah tujuan sendiri dalam menentukan pembahasaannya, sedangkan matematika juga, sehingga keduanya berbeda dalam satu lingkup bahasa meskipun kebanyakan dari matematika hanya mengerucut pada satu poin

    ReplyDelete
  2. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    As has been explained in the above article that one of the properties of school math is communication, so the relationship between mathematics and language is relevant. Therefore, language in the learning process of mathematics is very necessary to note. Teach mathematics to students according to age and development so that the material can be well understood by students. It should be emphasized again that the language of mathematics for children is different from that of adults. So this is very important to note.

    ReplyDelete
  3. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Biasanya seseorang yang kemasukan setan tersebut pikirannya dalam keadaan kosong , kondisi tubuhnya sedang lelah serta iman yang kurang kuat. Keadaan ini akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh kekuatan gaib yang biasanya tidak dapat terkendali oleh orang yang kesurupan itu. Banyak alasan kenapa mahluk halus merasuki tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menakut-nakuti manusia agar percaya kepada hal-hal mistik. Fenomena kerasukan jin adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah. Di samping kejadian di lapangan, realita ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan kesepakatan ulama.
    Terdapat dua macam komunikasi, yaitu matematika horizontal dan vertical dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran seharusnya menggunakan bahasa komunikasi yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, pada tingkatan anak kecil masih menggunakan benda-benda konkret agar mudah mempelajarinya, kondisi psikologis terhadap mata pelajaran juga mempengaruhi dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus mampu menyesuaikan bahasa yang digunakan, alat peraga, dan metode yang sesuai.

    ReplyDelete
  4. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pembelajaran matematika yang baik adalah menyeimbangkan antara matematika vertical dan matematika horizontal. Matematika vertical erat kaitannya dengan matematika pikiran, sementara matematika horizontal erat kaitannya dengan matematika pengalaman sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran matematika sekolah perlu mengkombinasikan antara pikiran dan pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Terdapat dua jenis komunikasi dalam matematika, yaitu matematika vertikal dan matematika horizontal. Matematika vertikal digunakan oleh matematikawan murni dan pada perguruan tinggi. Sedangkan matematika horizontal digunakan pada siswa sekolah dasar yang menggunakan benda-benda konkret. Dari uraian di atas juga dapat diketahui bahwa komunikasi memiliki berbagai dimensi yang kontekstual, budaya, psikologis dan filosofis.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Menanggapi keluhan dari Sdri Irene ada materi yang belum seharusnya diajarkan dan diajarkan kepada siswa sekolah yang tingkatnya dibawahnya sehingga menimbulkan over vocab dalam benak siswa, bahwasanya "diterangkan pun siswa belum akan bisa mengerti" karena harusnya ada proses pendahuluannya. Maka, pemilihan materi dalam matematika sekolah perlu diperhatikan. Oleh karena nya pemilihan materi dalam matematika sekolah perlu dikaji agar tidak ada mis understanding of math languages.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dalam postingan ini membahas mengenai pentingnya penggunaan bahasa untuk komunikasi dalam pembelajaran matematika. Maksudnya kosa kata yang digunakan guru harus disesuaikan dengan tingkatan sekolah tersebut karena memang tingkatan sekolah menentukan banyaknya kosakata yang telah diketahui oleh siswa. Contohnya saja dalam menyampaikan ilmu matematika dalam bentuk modul, LKS, bahkan saat guru sendiri yang menyampaikan maka penggunaan kosakata yang sesuai dengan tingkatan kosakata yang telah dimiliki siswanya sangat mempengaruhi. Janganlah menambah kebingungan siswa dengan menggunakan kosakata yang tidak mereka mengerti apalagi tujuan penggunaan kosakata yang sulit tersbeut hanya untuk menunjukkan kepintaran dari gurunya.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C
    17709251065

    Sebagai seorang pendidik, guru juga harus mendekatkan anak-anak kepada dunia mereka dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari. Matematika sekolah bisa dihubungkan dengan dunia anak-anak. Di sinilah tantangan sebagai guru sekolah. Guru harus bisa mendekati anak-anak dan mendekatkan mereka dengan matematika dengan cara mengaitkan dengan dunia mereka. Jangan sampai anak-anak diajarkan matematika yang bersifat abstrak karena hal ini akan menghambat pola pikir dan kreativitas anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak belum saatnya mendapatkan matematika formal.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Pembelajaran matematika yang dilakukan oleh orang dewasa mungkin seluruhnya menggunakan bahsa atau istilah asing yang abstrak, tetapi orang dewasa mampu memahaminya karena kemampuan loginyanya sudah tinggi. Tetapi apabila ini diterapkan pada anak usia sekolah dasar maka akan menjadi momok bagi siswanya. Seharusnya pembelajaran matematika yang diterapkan pada anak-anak ilah matematika yang lebih nyata atau realistis dalam kehidupan mereka. Sayangnya beberapa buku teks atau buku pelajaran matematika masih menggunakan bahasa yang ‘dewasa’ dan sulit dimengerti oleh siswa karena menggunakan istilah yang sulit dimengerti anak-anak. Selain itu, dalam kontennya kurang memuat unsur realistic dan menggunakan simbol-simbol. Hal ini menjadi masukan untuk para pembuat buku pelajaran matematika, khususnya bagi siswa sekolah dasar agar menyesuaikan bahasa yang ada di dalam buku agar mudah dipahami siswa.

    ReplyDelete
  13. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kekhawatran mengenai salah satu masalah komunikasi dalam matematika horizontal yang merupakan bukti dari klaim realistik, bahwa harus ada matematika horizontal dan vertikal. Sementara Matematika Vertikal adalah bisnis Matematikawan Murni, dan pelajar tingkat lanjut atau orang dewasa. Bagi orang luar atau pelajar matematika matematika yang lebih muda akan lebih realistis.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kunci dari proses belajar mengajar adalah komunikasi. Tanpa komunikasi tidak akan ada transfer nilai(ilmu) dari guru kepada siswa maupun dari siswa kepada guru. Jika tidak ada nilai(ilmu), proses belajar mengajar dapat dikatakan tidak berarti. Oleh karena itu sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan menarik dalam pengajaran dan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Kalimat yang mengena dalam dialog diatas yakni “we need to approach our younger generation with mathematics of their world”. Kalimat ini memberikan pandangan bagi kami bahwa matematika sekolah tidak hanya sekedar simbol dan kata-kata abstrak. Namun, sejatinya apa yang dipelajari dalam matematika merupakan hal yang nyata dan sangat mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan materi matematika yang bersifat kontekstual dan disesuaikan dengan lingkungan siswa dalam berkehidupan sehari-hari. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Matematika memiliki jenis yang berbeda. Terdapat matematika vertical yang mana merupakn matematika perguruan tinggi sedangkan matematika horizontal adalah matematika sekolah. Pada matematika vertical, banyak benda benda abstrak yang dipelajarinya sedangkan dalam matematika sekolah, masih sekedar konsep konsep matematika yang konkret. Sehigga penyampaian guru dalam tiap jenis matematika diatas juga berbeda, tidak bisa disamakan.

    ReplyDelete
  17. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Bahasa merupakan sarana yang diperlukan dalam matematika. Kosa kata yang terlalu jauh dengan anak apabila digunakan dalam pembelajaran matematika justru akan menyebabkan anak untuk menjauhinya. Sehingga dalam menggunakan bahasa untuk sarana komunikasi pembelajaran matematika harus dengan pertimbangan dan harus berhati-hati. Matematika yang diajarkan harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami siswa dan dalam konteks yang dekat dengan siswa. Dengan harapan dapat menerapkan matematika horisontal dan matematika vertikal sesuai porsinya dan sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  18. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    almost the same thing happened to me, when entering college, I opened the algebra book and looked at the table of contents, there was a lot of vocabulary or language that was very strange to me. but after going through the lecture for some time and getting an explanation from the lecturer, the foreign words no longer matter to me. but I also agree with the opinion that if the foreign vocabulary is forced into school math, it will make students anxious, but not all foreign vocabulary should be removed (temporarily).

    ReplyDelete
  19. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    The contextual mathematical nature of the children corresponds to the development of their psychology. Children here have not been able to process everything that is abstract so that requires correct communication in order to achieve a science that really understood them. Therefore, communication provided by the teacher is very important because communication is the way for the knowledge to be conveyed by teachers to students can be received well and students are able to construct their knowledge better.

    ReplyDelete
  20. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Komunikasi di dalam pembelajaran matematika ada dua macam yaitu matematika horizontal dan matematika vertikal. Pembelajaran berkaitan dengan bagaimana guru membawakan materi kepada siswanya. Di sesuaikan dengan dunianya, perkembangannya, agar menjadi materi yang mudah untuk dipahami. Dalam pembelajaran matematika pada sekolah hendaknya seorang guru menggunakan bahasa komunikasi yang sederhana, apabila guru menggunakan bahasa yang terlalu tinggi akan berakibat siswa tidak mengerti dan akan kesulitan dalam memahaminya. Sehingga hal tersebut membuat siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika itu sulit. Oleh karena itu, guru harus mampu menyesuaikan bahasa yang digunakan dalam pembelajaran matematika pada sekolah. sehingga siswa menjadi lebih mudah paham dan membuat pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  21. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. istilah istilah dalam matematika merupakan hasil kesepakatan, kmunikasi matematika dapat terjadi jika pihak yang berinteraksi memahami makna dari istilah-istilah matematika. matematika sekolah berperan penting untuk memahami istilah matematika. jika matematika sekolah berhasil dikomunikasikan dengan baik, maka tidak akan terjadi kesalahan ataupun lupa pada makna di balik istilah matematika

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Sebagai guru, disamping harus melaksanakan pembelajaran yang inovatif, memiliki bahasa komunikatif juga merupakan suatu keharusan. Terutama calon guru untuk siswa yang masih muda yang masih miskin akan kosa kata. Untuk younger learner, matematika sebaiknya merupakan hal yang konkret. Sehingga guru harus mendekatkan siswa dengan matematika yang ada di kehidupan mereka. Guru harus dapat menyampaikan dan mendampingi siswa dengan bahasa yang dapat dan mudah dimengerti oleh siswa

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Bahasa sebagai alat komunikasi berperan penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahasa harus disesuaikan dengan tingkatan pendidikan peserta didik. Penggunaan kata-kata istilah mungkin akan terdengar keren, namun apabila peserta didik tidak dapat memahaminya, apalah arti semua itu. Jadi, guru harus pandai memilih kata-kata yang akan disampaikan kepada peseta didik agar mereka tidak kebingungan dan mudah memahami pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika realistik membantu guru untuk memberikan matematika dengan baik kepada siswa, sebenar-benar dunia anak-anak ialah dunia yang berbeda dengan dunia orang dewasa. Pembelajaran matematika realistik menekankan bahwa matematika di dalam kelas harus dapat dibendakan, minimal pernah ditemui oleh siswa. dengan adanya pembelajaran realistik ini, siswa secara tidak lngsung akan diarahkan untuk dapat berkomunikai dengan lingkungannya. adapun komunikasi yang terjalin ialah komunikasi dengan mentransfer matematika ke dalam kehidupan yang biasa ditemui oleh siswa, Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  25. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Komunikasi matematis merupakan tagihan matematika yang harus dipenuhi baik tagihan regional, nasional maupun internasional. Pentingnya komunikasi matematis menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Kemampuan komunikasi matematis siswa diawali dengan langkah menyampaikan matematika dalam bahasa yang mudah dipahami siswa dan dapat dicerna tanpa berpikir dua kali. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  26. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Salah satu hakekat matematika sekolah adalah matematika sebagai alat komunikasi. Dalam pembelajaran matematika sebaiknya dilakukan komunikasi dengan menggunakan matematika vertikal maupun horisontal, tidak serta merta membawa matematika ke dalam bentuk formal. Mengapa? Karena dengan adanya proses matematisasi horisontal kemudian matematisasi vertikal, maka proses matematika dilakukan dengan setahap demi setahap sehingga tidak memberatkan siswa. Selain itu, membawa matematika ke tingkat formal tidaklah mudah, sehingga perlu dijembatani dengan menggunakan proses matematisasi horizontal

    ReplyDelete
  27. Dalam pembelajaran matematika dan bahasa memiliki hubungan yang relevan. Misalnya, seorang guru ingin menyampaikan suatu konsep dalam matematika, jika guru mengkomunikasikannya dengan serangkaian aktivitas yang mana siswa membangun sendiri pengetahuan mereka, maka komunikasi tersebut akan menghasilkan pengetahuan yang berjangka panjang. Tidak dengan mengkomunikasikan secara langsung tentang ilmu tersebut yang hanya dapat diingat dalam jangka yang pendek.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  28. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Sebagai guru, disamping itu kita harus menerapkan metode pengajaran yang inovatif, suatu keharusan untuk memiliki bahasa komunikatif. Apalagi kalau kita seorang guru dari seorang siswa yang lebih muda yang pada dasarnya masih kekurangan kosa kata. Bagi pelajar yang lebih muda itu akan lebih realistis dengan mempelajari matematika konkret. Jadi kita perlu mendekati siswa kita yang lebih muda dengan matematika di dunia mereka.

    ReplyDelete
  29. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Untuk mengajarkan matematika pada siswa maka yang diperlukan oleh guru adalah mengemas matematika dalam dunia anak-anak, matematika sebagai sesuatu yang mudah dipahami oleh anak dan metametika yang dekat dengan kehidupan anak. Pola belajar yang kontekstual akan membuat anak mudah memahami dan ilmunya akan lebih bermakna. Dengan kebermaknaan maka ilmu yang diperoleh siswa akan lebih bermakna dan terkonstruksi baik dalam pikiran siswa.

    ReplyDelete