Mar 6, 2013

Mathematics and Language 2





Doug Hainline :
@ Marsigit: Teachers who are themselves poor at mathematics will be poor teachers of mathematics. The best teachers of mathematics are confident about their mathematical abilities (with good reason), and enjoy mathematics.
They need not be mathematicians, but they should take pleasure in beautiful proofs and demonstrations, and in showing these to their students. They should be the kind of people who like to read popularized mathematics books, such as the kind the late Martin Gardner wrote, or that Ian Stewart or Keith Devlin write.

Of course, this is a counsel of perfection. We have to start where we are, and try to ensure, for the moment, that every child is exposed to at least one teacher like this in his or her first years of school, and that there is then some institutionalized path that children who become interested in mathematics can follow: Maths Clubs, for instance.

Of course, good teachers will know, and use, whatever mathematical abilities they discover latent in their students. But mathematics has to be taught. The idea that it is just lying, latent, in our pupils, is wrong (despite Socrates' famously, supposedly, demonstrating this the Meno).

Marsigit Dr MA :
@ Doug: Yes I agree that the teachers who are themselves poor at mathematics will be poor teachers of mathematics. Also I do agree that the best teachers of mathematics are confident about their mathematical abilities (with good reason), and enjoy mathematics.

By the way, I should be very careful with your term "beautiful proofs and demonstrations".

"Beautiful" proofs is your perception; but, your students may perceive differently, e.g. that it is very "bad" proofs.

"Demonstrations" is your behave; but, what your students should behave?

"Showing the formula" is also your behave; and, it's a pity that your students just to look passively.

You seemed to force your life (math) to your students. From my perspective, it is dangerous for your students. So, again I have proved that the problems of math teaching are coming from the adults and not from the younger (students).

For me, the students need to learn mathematics; and not as your notion "But mathematics has to be taught". It is the students who NEED to learn math.

Your last notion indicated that your students are shadowed by your ambition to implant math to young generations.

For me, the younger students are free to learn; it is okay if they do not like math and they do not want to learn math. The problems, again, are not coming from the students but from the adults (teachers)

It is better if the students themselves (not the teacher) who claim beautiful math/formulas and demonstrate them to their mate or even to the teacher.

So, the problem is how the teacher are to facilitate their students in order to learn math happily.

15 comments:

  1. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Memang tidak dipungkiri bahwa ada beberapa peserta didik tidak menyukai matematika. Hal itu dipicu oleh masalah yang dialaminya ketika mempelajari matematika dan bahkan masalah tersebut dari gurunya sendiri. Setiap peserta didik adalah unik dan mereka pun memiliki cara mereka sendiri untuk mempelajari matematika. Sehingga guru harus mampu memilih metode yang paling tepat agar peserta didiknya mudah dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam hal ini, guru memfasilitasi siswa agar dalam belajar matematika dapat dilakukan dengan senang hati. Guru pun harus melihatkan bagaimana indah dan menariknya matematika kepada para siswanya, seperti seorang guru matematika yang menyukai matematika bagaimana pun kesulitannya. Karena sesuatu yang dianggap guru itu mudah, pasti belum tentu bagi siswanya.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Seorang guru matematika haruslah memiliki kompetensi-kompetensi profesional untuk dapat mendidik siswa agar menjadi generasi yang dapat bersaing di era globalisasi ini. Matematika akan sangat berguna apabila siswa mampu berpikir matematis dan serta memiliki kemampuan-kemampuan matematik yang baik. Guru yang memiliki pengetahuan matematika yang baik serta mumpuni akan lebih mudah mengeksplor bagaimana matematika itu harus diberikan kepada siswanya, daripada guru yang tidak atau kurang mumpuni dalam pengetahuan matematikanya. Guru yang pandai matematika tentu akan lebih PD dalam menyampaikan materi matematika yang diberikan kepada siswa. Namun guru tersebut juga jangan sampai melupakan bahwa apa yang dipahami olehnya belum tentu sama dengan apa yang dipahami siswanya.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hakikat belajar matematika adalah bagaimana siswa mampu membangun dan memahami konsep matematika dengan benar. Guru sebagai fasilitator berperan untuk memfasilitasi siswa agar aktif belajar matematika dan merasa butuh belajar matematika sehingga dapat tercipta pembelajaran matematika yang bermakna dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  5. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    I concur with your idea that mathematics is enjoyment. there is no forcing or pressuring to like mathematics. Mathematics is life so teacher need to make mathematics fun. They should not force student to love mathematics. Teacher also need to construct good perception of mathematics. And i do agree that teacher should facilitate the student to learn mathematics by good learning teaching. It aims to create a great learning.

    ReplyDelete
  6. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Bahasa adalah alat komunikasi, dan matematika adalah bahasa simbol. Matematika dapat dikomunikasikan melalui penulisan ismbol-simbol yang memiliki arti. Namun, di samping itu, mempelajari matematika membutuhkan bahasa yang komunikatif dan efektif.

    ReplyDelete
  7. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Dalam postingan ini, Prof Marsigit kurang setuju dengan pendapat dari Doug Hainline mengenai perspektif “beautiful”, “demonstration”, “showing the formula” dan pernyataan bahwa matematika harus diajarkan. Alasannya adalah karena dari pernyataan-pernyataan tersebut terlihat bahwa matematika adalah ambisi orang dewasa. Padahal seharusnya matematika dipelajari oleh siswa karena kebutuhan siswa, bukan karena keharusan dari orang dewasa.
    Saya kagum terhadap pemikiran Prof Marsigit yang sangat mengedepankan kepentingan siswa dalam mempelajari matematika. Prof Marsigit memperjuangkan hak siswa atas pembelajaran matematika, agar matematika dipelajari dengan suka rela dan dapat menjadi manfaat bagi siswa di kemudian hari, bukan hanya sekadar ambisi orang dewasa.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Saya setuju bahwa matematika seharusnya bukan untuk diajarkan, tetapi merupakan kebutuhan siswa. Maka tugas guru untuk dapat menumbuhkan minat dan kesadaran pada siswa bahwa siswa perlu belajar matematika. Selain itu, guru perlu memfasilitasi siswa agar belajar matematika merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa dengan sendirinya akan merasa memerlukan matematika dan senang dalam mempelajarinya tanpa ada unsur paksaan dari guru.

    ReplyDelete
  9. S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    I strongly agree with the statement on elegi above that the ability of teachers is very decisive in the success of the learning process in the classroom. The inability of teachers of course a little impact on students. Teachers should have good preparation before teaching and be ready for questions that arise from students. Teachers should also be able to recognize the characteristics of students in the classroom and adjust the methods used.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Matematika bukanlah bidang studi dogmatis, di mana orang-orang dewasa mencoba untuk menyalurkan ambisinya melalui pendidikan matematika. Bagi saya, matematika adalah pembelajaran yang ditumbuhkan sesuai dengan kondisi alamiah anak-anak. Analoginya seperti telur, jika telur ditekan dari luar pasti telur tersebut akan pecah dan benihnya mati, namun apabila telur tersebut dibiarkan melalui proses alamiah maka telur tersebut akan menetas dengan benih yang sempurna.

    ReplyDelete
  11. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sebagai pendidik dan calon pendidik, kita harus menanamkan pemikiran pada siswa kita bahwa matematika adalah sebuah kebutuhan.Jadi matematika tersebut haruslah dipelajari agar kita dapat memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.pembelajaran dalam kelas yang berhasil ketika siswamenggunakan pembelajaranyang ada dalam menyelesaikan masalah di kehidupan nya. selain itu menjadi seorang pendidik harus kretif dan inovatif karena ketika guru kreatif makan ada hubungan yang positif terhadap sikap kreatif pada siswa. sehingga guru harus memberikan pembelajaran bermakna dalam kelas.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Ilmu dipelajari untuk memudahkan manusia dan membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Seperti matematika yang merupakan pelajaran wajib yang harus dipelajari karena salah satu pelajaran yang membantu kita dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebutlah yang harus ditekanan oleh seorang guru. Sebagai seorang guru, kita harus memberikan motivasi postif seperti matematika itu sangat bermanfaat dan membantu dengan keindahan yang dimiliki oleh matematika itu sendiri dengan cara memunculkan keindahan dalam matematika yaitu pembelajaran matematika yang inovatif dan bermakna.

    ReplyDelete
  13. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Menjadi guru matematika yang baik bukanlah suatu perkara yang mudah, memerlukan pengetahuan yang cukup bukan hanya sekedar kemampuan mendidik tapi juga meliputi kemampuan dalam menyampaikan materi serta kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan dari soal matematika itu sendiri. Karena pada kenyataannya banyak guru matematika yang mengalami kebingungan dan kesulitan ketika siswa menanya jawaban dari soal-soal matematika khususnya pada jenjang SMP dan SMA, maka dari itu guru harus mempersiapkan diri secara lahir dan batin pada saat akan memasuki kelas agar siswa percaya dengan kemampuan yang dimiliki gurunya.

    ReplyDelete

  14. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Melalui postingan ini saya mendapatkan pelajaran bahwa yang yang paling dominan berpengaruh terhadap proses belajar matematika anak adalah guru.Tak dapat menampik kadang sebagian guru memaksakan kehendaknya untuk diikuti oleh siswanya.Contohnya matematika dewasa yang dipaksakan untuk masuk ke dunia anak.Sifat memaksa ini yang terkadang cenderung membuat anak tidak dapat menumbuhkan rasa cintanya kepada matematika.Jadi perannya guru sebagai fasilitator dengan memberikan hak anak untuk berpendapat dan menuangkan idi- ide maupun gagasannya sehingga tercipta suasana belajar yang menenangkan.

    ReplyDelete
  15. anisa safitri
    17701251038
    PEP B

    Bahasa atau komunikasi mutlak harus diperhatikan seorang guru dalam pembelajaran karena dengannya ia mentransfer pengetahuan. Maka dari itu, guru harus pandai dalam menyampaikan materi dengan bahasa yang tepat agar anak mengerti dan memahami materi yang diberikan oleh guru. komunikasi dari seorang guru yang harus disesuaikan dengan komunikasi perkembangan anak untuk mecapai tujuan yang sudah direncanakan. karena kunci dari berhasil tidaknya siswa menerima pembelejaran adalah dari komuniaksi seorang guru dengan siswa.

    ReplyDelete