Mar 20, 2013

Mathematics and Language 10





@Marsigit: I perceive a contradiction.
(a) In your note to me, you mentioned that IT is a useful tool in helping the students to learn. [I am in wholehearted agreement with that, and regret that most education systems are forced by limited budgets to be anachronistic in this regard.]
(b) In your note to Marty, you state that "any kind of model of math/communication produce(d) by adults can only be a trap for the younger." The IT systems that you advocate are produced by adults.
(a) & (b): Contradiction.
Clarification? 

@ David: You ask for me to held communication at the level of post-contradiction. At this level, only few people who understand that the essence of communication is not about contradictions themselves, but why there should be a contradiction and how to solve them. I appreciate you have found them; however, again, the problem is not in that scene. It needs a holistic, comprehensive, clear picture, sincerity or without any prejudice and without any certain motif to understand the position and the nature of younger learner and the role of adult peoples. If you did so, you will not perceive above contradiction like as mathematically inconsistency. You start to be aware that we are talking about life phenomena in which we have a larger area than mathematics. Mathematics has their own limit. All my previous explanation has accumulated the ideas of the important of younger learner to develop their own initiative, free thinking, creativity, and autonomous. Again, via this forum I wish to suggest adults people not to force their life to shade the younger learner. The younger learner is not the adult invest; but, the adult, with his product/model, may useful for them to develop their life.

58 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Perkembangan jaman telah mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan seperti teknologi, ekonomi, pendidikan, lingkungan hingga politik. Teknologi merupakan salah satu bidang yang perekembangannya sangat pesat. Dengan berkembangnya salah satu bidang yang berperan penting bagi kemajuan hidup seseorang maka hal tersebut akan lebih mudah tercapai apabila bidang lainnya dapat menyeimbangi perkembangan di bidang teknologi. Selain teknologi, terdapat bidang lain yang ternyata memiliki peranan terpenting yaitu pendidikan. Jangan sampai dunia pendidikan tertinggal atau ditinggalkan oleh perkembangan tersebut. Dengan berpengaruhnya kedua bidang tersebut maka pendidikan dan teknologi dapat saling melengkapi, dimana pendidikan yang meliputi pembelajaran dapat di dukung dengan sesuatu yang baru misalnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

    Pernyataan posisi NCTM dalam kaitannya dengan teknologi cukup jelas yaitu teknologi merupakan sarana penting untuk belajar dan mengajar matematika. Dilihat sebagai bagian utuh dari alat-alat pembelajaran, teknologi dapat memperluas lingkup materi pelajaran yang dapat dipelajari siswa dan dapat memperluas soal yang dapat dikerjakan oleh siswa (Ball & Stacey, 2005; NCTM Position Statement, 2003). Matematika sering kali dianggap menjadi matapelajaran yang paling sulit, membosankan dan tidak memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari. Paradigdma tersebut dapat timbul karena beberapa faktor misalnya materi matematika yang dinilai sulit dicerna akibat penyampaian materi yang kurang menarik.
    Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan teknologi, contoh terdekatnya adalah teknologi komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan beberapa aktifitas dengan cepat dan tepat. Sudah banyak sekolah yang memiliki fasilitas teknologi yang baik.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari tanya jawab di atas dapat kita ketahui bahwa fenomena matematika berada pada kehidupan di mana kita ketahui sebagai area yang lebih besar dari matematika. Matematika memiliki batas mereka sendiri. Pembelajaran diharapkan dapat mencari inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom dalam belajar. Dan diharapkan sebagai pengajar tidak memaksa hidup mereka untuk menaungi para pembelajar.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tidak dapat disangkal bahwa kedua peenyataan yang di ucapkan david ried bahwa (a) Dalam catatan Anda kepada saya, Anda menyebutkan bahwa IT adalah alat yang berguna untuk membantu siswa belajar. [Saya setuju sepenuh hati dengan itu, dan menyesalkan bahwa sebagian besar sistem pendidikan dipaksa oleh anggaran terbatas untuk menjadi anakronistik dalam hal ini.] (b) Dalam catatan Anda kepada Marty, Anda menyatakan bahwa "model model matematika / komunikasi apa pun oleh orang dewasa hanya bisa menjadi jebakan bagi kaum muda." Sistem IT yang Anda advokat diproduksi oleh orang dewasa. Akan tetapi jika IT atau kehebatan teknologi diguanakn kearah yang tidak sewajarnya maka dampak IT akan sangat negatif sekali bagi kita terutama pelajar yang masih anak-anak. Sehingga penggunaan IT harus selalu mendapat pengawasan yang extra untuk kalangan anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sangat tertarik dengan penutup dalam dialog ini yaitu pembelajar muda bukanlah investasi dari orang dewasa,tetapi dengan produk atau model nya sendiri siswa dapat menggunakan nya untuk meningkatkan kehidupannya. Pelonjakan kemajuan IT memang mendorong dan memfasilitasi belajar siswa, namun perlu diperhatikan bahwa kemamopuan berpikir kreatif, inisiatif dan kritis diperlukan oleh siswa diantaranya melalui diskusi dan komunikasi. Ini yang menjadi permasalahan dan PR bersama pada era yang modern ini.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dengan TIK dapat diciptakan lingkungan belajar yang inovatif, sehingga merangsang peserta didik untuk berpikir dan berkreasi untuk memecahkan masalah. Kaitannya dengan pembelajaran matematika, guru (calon guru) hendaknya dapat menguasai perangkat lunak yang mendukung bidang matematika seperti MS Word, MS PowerPoint, MS Exel atau program aplikasi lainnya. Hal ini dimaksudkan para pendidik matematika dapat menyiapkan sendiri bahan pembelajaran berbasis komputer.
    Pembelajaran berbasis TIK menunjukkan bahwa kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan dasar relatif baik, lebih terlihat pengembangan daya matematikanya. engan TIK, soal evaluasi dapat dengan mudah dibuat beragam. Selain itu, guru atau siswa dengan bantuan internet dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi tambahan yang akan membantu memperkaya wawasan.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Saya setuju bahwa matematika memiliki batasan sendiri. Yang terpenting dalam mempelajari matematika adalah siswa mampu mengembangkan intuisi, inisiatif, pemikiran bebas, kreativitas, dan kemandirian mereka sendiri. Belajar matematika tidak bisa dipaksakan, tapi bagaimana orang dewasa memotivasi siswa untuk belajar matematika, bagaimana memberikan pengertian dan memberikan contoh bahwa matematika adalah kebutuhan bagi mereka dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kontradiksi pada komunikasi atau bahasa dan matematika. Kontradiksi komunikasi telah diberikan contohnya pada sumber di atas. Namun, hanya sedikit orang yang mengerti bahwa inti dari komunikasi bukanlah tentang kontradiksi itu sendiri, tapi mengapa harus ada kontradiksi dan cara mengatasinya. Namun, sekali lagi, masalahnya tidak dalam wacana itu. Perlu gambaran holistik, komprehensif, gamblang, tulus atau tanpa prasangka dan tanpa motif tertentu untuk memahami posisi dan sifat pelajar yang lebih muda dan peran orang dewasa. Maka kita tidak akan menganggap kontradiksi di atas seperti inkonsistensi matematis. kita mulai menyadari bahwa kita berbicara tentang fenomena kehidupan di mana kita memiliki area yang lebih luas daripada matematika. Karena matematika memiliki batasan sendiri.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Teknologi yang kian maju dapat mengakibatkan segalanya menjadi serba instan. Siswa tdak lagi memandang guru sebagai satu-satunya informasi. Teknologi juga dapat membantu guru untuk menyusun perangkat pembelajarannnya termasuk media pembelajaran yang dapat memberikan fasilitas siswa untuk dapat berfikir aktif dalam pembelajaran. Namun sebagaimana suatu hal yang memiliki sisi positif, maka akan datang dengan hal negatif juga. Teknologi jika tidak diawasi dengan baik oleh diri kita sendiri juga akan membuat kita menjadi orang yang bergantung pada teknologi yang pada akhirnya malas dan tidak berkembang.

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Jaman semakin lama semakin modern. Teknologi pun juga ikut berkembang. Saat ini sudah banyak manusia yang menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaannya. Teknologi tentu mempunyai dampak positif dan negatif dalam pendidikan. Teknologi akan berdampak positif jika digunakan sesuai dengan porsinya, tetapi akan berdampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Guru dan orang tua harus mengawasi siswa dan anaknya dalam memakai teknologi. Jika teknologi digunakan sesuai dengan dimensi siswa dan anak, maka akan berdampak positif, tetapi jika digunakan tidak pada dimensinya, maka akan membahayakan mereka.

    ReplyDelete
  10. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa teknologi sangat bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan. Seiring berkembangnya zaman, guru dituntut untuk selalu kreatif dan cerdas. Kreatif di sini maksudnya mampu membuat inovasi-inovasi baru baik berupa media, sumber, dan metode pembelajaran. Dengan adanya teknologi informasi, siswa dapat mencari sumber-sumber belajar selain dari buku. Hal ini dapat mempermudah siswa dalam menambah wawasan setiap saat yang tidak hanya pembelajaran di sekolah saja. Selain itu, siswa juga dapat belajar dengan jarak yang cukup jauh. Tentunya ini sangat membantu hubungan komunikasi antara siswa dengan gurunya yang bisa secara online tatap muka dan berdiskusi mengenai pelajaran yang dipelajari.

    ReplyDelete
  11. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kemudian teknologi juga dapat membantu siswa dalam mengatasi solusi pembelajaran dalam bentuk tugas-tugas dari guru. Akan tetapi perlu diingat, kita harus mem-filter (menyaring) berbagai informasi yang sekarang sudah mudah didapatkan. Jika tidak selektif, justru akan menjadi bencana. Karena pada umumnya, dengan adanya kemajuan teknologi justru siswa semakin manja dan muncul budaya copy-paste.

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain kreatif guru juga harus cerdas, yaitu mampu menerapkan metode pembelajaran inovatif di mana guru memberikan kebebasan berpikir dan kreativitas siwa dalam pembelajaran. Tak lupa, guru tidak diperkenankan memaksakan kehendak kepada siswa.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar matematika adalah tidak terbatas melainkan memiliki batasan sendiri dalam mengembangkan dan mengolah pengetahuannya menggunakan pemikiran dan intuisnya sendiri. Dalam mengembangkan intuisi seorang siswa tidaklah dapat mengembangkannya sendrii namun membutuhkan bantuan dari guru. Wujud dari bantuan guru dalam mengembangkan intuisi siswa bisa dengan cara menggunakan pembelajarn yang inovatif.

    ReplyDelete
  14. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. penggunaan teknologi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan belajar matematika layaknya piasu bermata dua. Disatu sisi teknologi membantu siswa untuk menambah wawasananya secara global untuk belajar matematika. Disisi lain jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana akan dapat merusak siswa. Guru perlu memfasilitasi siswa untuk menyaring pengunaan teknologi dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  15. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Media pembelajaran adalah sarana yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Di zaman sekarang, teknologi dapat digunakan untuk membuat media. Salah satunya adalah penggunaan IT dalam pembelajaran. Penggunaan tersebut bermacam-macam, dalam bentuk software, pembelajaran online, dan sebagainya

    ReplyDelete
  16. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Memang benar media pembelajaran dibuat oleh orang dewasa (guru). Namun hal tersebut tidak berarti orang dewasa memberikan matematika formal kepada siswa. Guru dapat membuat media berbasis IT namun dengan menerapkan matematika sekolah. Jadi tidak ada kontradiksi dalam pernyataan pada diskusi diatas

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Teknologi adalah perkembangan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan untuk penggunanya. Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi dalam bidang pendidikan juga harus dapat dikembangkan dengan baik demi terwujudnya kehidupan bangsa yang cerdas yang tertuang dalam UUD 1945. Teknologi merupakan salah satu pemecahan masalah dalam dunia pendidikan, karena dapat menembus batas ruang dan waktu. Integrasinya pun makin kuat pada masa globalisasi teknologi dapat menjadi sarana penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang sangat memiliki berbagai pulau yang berjauhan dan terpisah-pisah serta ragam budaya. Pemecahan masalah tersebut merupakan salah satu kepentingan dari teknologi pendidikan.

    ReplyDelete
  18. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Berbagai usaha dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya melalui penggunaan media IT. Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia sengan sekian banyak pulau yang terpencar-pencar dengan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, IT sangat mampu menjadi pemecahan masalah pendidikan di Indonesia yaitu meratakan pendidikan di bumi nusantara, sebab IT mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh yang tidak terbatas oleh ruang, jarak serta waktu.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    David menganggap bahwa pak Marsigit beranggapan komunikasi yang diciptakan orang dewasa hanya akan menjadi perangkap bagi anak-anak. Sedangkan media pembelajaran berbasis IT merupakan salah satu bentuk komunikasi yang diciptakan oleh orang dewasa. Sekilas memang terlihat seperti kontradiksi. Namun, maksud pak marsigit adalah media pembelajaran digunakan sebagai alat, sedangkan yang membuatnya memang orang dewasa, namun sebaiknya dengan bahasa yang bisa dimengerti anak-anak. Jadi tidak masalah jika menggunakan apapun alat untuk menyampaikan komunikasinya. Hanya saja, komunikasi dalam bentuk yang bisa dipahami anak-anak, bukan komunikasi yang hanya bisa dipahami orang dewasa.

    ReplyDelete
  20. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Tidak semua selalu berdampak positif dan negatif, begitu juga halnya dengan IT. Tergantung untuk apa dan siapa yang menggunakannya. IT berfungsi untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya IT siswa ataupun guru bisa mengembangkan pengetahuannya tidak hanya di kelas namun bisa dimana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam usaha mempelajari matematika adalah akan disajikan suatu kontradiksi. Dari kontradiksi tersebut aka terjadi sebuah perbincangan yang akan menyelesaikan kontradiksi tersebut untuk membuktikannya. Dalam usaha untuk membuktikan kontradiksi tersebut maka akan tercipta matematika itu dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  22. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam artikel ini juga menekankan bahwa pentingnya untuk guru untuk tidak memaksakan kehendaknya kepada siswanya. Berikan siswanya kebebasan berpikir untuk mengemukakan gagasan-gagasan dan idenya meskipun ide atau gagasan tersebut berbeda dengan apa yang diungkapakan oleh guru. Guru selalku orang yang lebih mumpuni dan berkewajiban untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya haruslah lebih meningkatkan kemampuannya untuk dapat mengembangkan model yang secdara tepat dapat memfasilitasi siswanya agar dapat memiliki kompetensi-kompetensi yang berguna bagi kehidupannya kelak.

    ReplyDelete
  23. Nama: Ilma Rizki Nur Afifah
    NIM: 17709251020
    Kelas: S2 Pendidikan Matematika A

    After reading this piece of article, I can conclude that learning mathematics with technology and media information is still difficult to apply. Especially for countries that have low tuition fees. Indeed, learning and information technology to be more fun and easier. But remember that students also need to communicate with teachers and other students. Yeah, you can imagine if ever learning of mathematics just struggling through these media, students will be difficult to communicate. In addition, a discussion between students and teachers will also be lost. Not to mention that the students will not get a transfer value from the teacher.

    ReplyDelete
  24. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dalam diskusi tersebut, Prof. Dr. Marsigit, MA kembali menekankan bahwa orang dewasa, baik guru maupun pembuat kebijakan pendidikan tidak memaksakan dirinya untuk membayangi siswa. Siswa harus diberikan kesempatan yang luas dalam mengkontruksi kemampuan matematikanya. Penting bagi siswa untuk dapat mengembangkan inisiatifnya, kebebasan berpikirnya, dan kreatifitasnya. Dalam memfasilitasi proses belajar siswa tersebut, komunikasi yang digunakan oleh guru adalah komunikasi yang kontekstual bagi siswa. Misalnya dengan menggunakan benda-benda konkret yang ada di sekitar siswa atau dengan menggunakan teknologi dengan tepat.

    ReplyDelete
  25. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Saya sependapat dengan artikel di atas bahwa sejatinya konsep matematika haruslah sesuai dengan karakteristik usianya. Orang dewasa tidak dapat menanamkan pemikiriannya ke dalam konsep bermatematika anak-anak. Anak-anak biarlah diberi kesempatan untuk berpikir bebas, otonom dan membangun struktur sesuai dengan konsep berpikir mereka sendiri. Terkadang yang memprihatinkan dari pendidikan kita adalah relasi orangtua dan anak-anak yang belum cair, di mana anak hanyalah dijadikan objek investasi orang dewasa. Seharusnya ada relasi hubungan timbal balik di sana.

    ReplyDelete
  26. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemampuan menggunakan peralatan IT sangat diperlukan di dalam pelajaran untuk mendukung penjelasan guru ketika mengajar. Selain itu, IT juga berperanan sebagai sumber belajar yang berbasis digital learning atau e-learning. Dengan IT sajian materi akan terlihat lebih menarik sehingga siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, khususnya di dalam pelajaran matematika, karena dengan bantuan IT bisa membuat tabulasi dan gambar berdimensi 3 lebih menarik dan kontekstual.

    ReplyDelete
  27. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Ketakutan mendalam dalam diri saya terkait dialog di atas.Takutnya anak-anak hanya dijadikan sebagai ajang untuk memenuhi kemauan seorang guru. Saya sangat menyayangkan mengapa orang-orang mengacuhkan keberadaan pendidikan matematika?.Pendidikan matematika memiliki tempat yang sangat berpengaruh terhadap dunia anak. Anak-anak muda merupakan aset yang sangat berharga demi kelangsungan hidup matematika ke depannya.Bairkan daun-daun muda membebaskan pikirannya untuk menemukan apa sebenarnya makna matematika sesungguhnya dengan tidak dihalangi oleh sebuah kebenaran yang sifatnya mengglobal.

    ReplyDelete
  28. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dengan kemajuan teknologi kini pembelajaran matematika bisa diterapkan dengan cara cara yang lebih kreatif dan inovatif. Siswa ataupun guru bisa dengan mudah mengakses segala informasi terkait pembelajaran dimana hal tersebut sangat mendukung proses pembelajaran matematika. Diskusi, tugas, dan sebagainya juga tidak harus dilakukan secara langsung. Semua itu dapat dilakukan secara online. perbaikan pembelajaran matematika khususnya dan pendidikan di indonesia pada umumnya adalah sesuatu yang harus diperbaiki dengan dengan sebanar-benarnya perbaikan yang bersifat objektif,karena sekeras dan sebaik rencana perbaikan akan kalah dengan motif atau keinginan suatu golongan yag digunakan sebagai ajang perdagangan. pendidikan mruapkan kunci dimana meleknya orang-orang indonesia kedepannya untuk menciptakan generasi yang baik.

    ReplyDelete
  29. Junianto
    PM C
    17709251065

    Tidak bisa dipungkiri bahwasanya di era global ini teknologi menjadi salah satu hal yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran. Bagaimana memanfaatkan teknologi secara tepat masih menjadi pertanyaan besar bagi pendidik. Harapan diterapkannya teknologi dalam pembelajaran adalah agar bisa memancing siswa untuk lebih kreatif dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara mandiri. Sehingga paradigma pembelajaran student center bisa diwujudkan.

    ReplyDelete
  30. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    480/5000
    Children dimensions vary with adults. So, never force children in accordance with our wishes. Speak according to their age. Use language that suits their development. Help them to learn math in a language they understand easily. That way, they are expected to enjoy learning maths according to their age and development so that math becomes something fun for them.

    ReplyDelete
  31. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bahasa yang digunakan dalam matematika haruslah diterjemahkan kedalam bahasa biasa agar bisa dipahami oleh masyarakat luas dan juga bahasa masyarakat perlu ditranslate ke dalam matematika mempermudah perhitungan.

    ReplyDelete
  32. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Biasanya seseorang yang kemasukan setan tersebut pikirannya dalam keadaan kosong , kondisi tubuhnya sedang lelah serta iman yang kurang kuat. Keadaan ini akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh kekuatan gaib yang biasanya tidak dapat terkendali oleh orang yang kesurupan itu. Banyak alasan kenapa mahluk halus merasuki tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menakut-nakuti manusia agar percaya kepada hal-hal mistik. Fenomena kerasukan jin adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah. Di samping kejadian di lapangan, realita ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan kesepakatan ulama.
    Menurut saya, TI berfungsi untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Tetapi dijaman sekarang, teknologi itu bisa sebagai sahabat dari pendidikan bisa juga menjadi musuh dari pendidikan. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Jika siswa kesulitan dalam mengerjakan atau memahami sesuatu di rumah, mereka dapat menggunakan teknologi untuk berkonsultasi dengan guru tanpa harus menemui / bertatap muka secara langsung kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete
  33. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya memahami apa yang ditanyakan pada David Reid bahwa penggunaan IT akan membantu proses pembelajaran, hal ini kontradiksi dengan pernyataan yang menyatakan bahwa apa yang diproduksi oleh orang dewasa (Termasuk IT (menurut Reid)) hanya akan menjadi jebakan bagi anak-anak. Menurut saya, yang dimaksud apa yang diproduksi oleh orang dewasa itu maksudnya lebih pada suatu pemaksaan, atau pure mathematics yang dipaksakan terhadap anak, dan ini tidak ada kaitannya dengan pengembangan IT oleh orang dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat: "pada David Reid" seharusnya "oleh David Reid"

      Delete
  34. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dari postingan ini hal yang saya pahami adalah terdapat dua pokok bahasan yaitu penggunaan IT dan pentransferan matematika orang dewasa ke siswa. Namun hal yang akan saya komentari adalah penggunaan IT, sejatinya penggunaan IT dalam proses pembelajaran merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang memang diperlukan dalam era abad 21 ini. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa penggunaan IT ini hanyalah sebagai pelengkap dari materi, maksudnya jangan sampai karena guru sibuk mempelajari penggunaan IT ini namun karena kemampuannya dalam bidang IT terbatas, maka konten materi matematika yang terdapat dalam IT tersebut tidak disampaikan sepenuhnya dan siswa akan mengalami kerugian karena dia tidak mencaapai tujuan yang harusnya didapatakan.

    ReplyDelete
  35. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dengan bantuan beberapa perangkat lunak beberapa konsep matematika seperti volume benda putar, konsep limit, dan geometri dengan mudah dapat diterangkan dan bukti-bukti matematika dapat disajikan dengan lebih menarik. Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, soal evaluasi dapat dengan mudah dibuat beragam. Selain itu, guru atau siswa dengan bantuan internet dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi tambahan yang akan membantu memperkaya wawasan.

    ReplyDelete
  36. Selain itu, dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat diciptakan lingkungan belajar yang inovatif, sehingga merangsang peserta didik untuk berpikir dan berkreasi untuk memecahkan masalah. Kaitannya dengan pembelajaran matematika, guru (calon guru) hendaknya dapat menguasai perangkat lunak yang mendukung bidang matematika seperti MS Word, MS PowerPoint, MS Exel atau program aplikasi lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pendidik matematika dapat menyiapkan sendiri bahan pembelajaran berbasis komputer.

    ReplyDelete
  37. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pada zaman dahulu, ketika semua peralatan dan media pembelajaran masih tradisional banyak pihak yang merasa kesulitan bagaimana membelajarkan siswa. Sehingga ada keinginan suatu saat nanti akan ada banyak sekali media yan canggih dan mampu menunjang pembelajaran. Sekarang, ketika zaman dipenuhi dengan alat-alat modern kebingungan tetap masih ada yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi secara tepat dan efisien. Nampaknya, dalam kondisi apapun selalu ada masalah tergantung bagaimana pendidikan menyikapi dan menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  38. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Matematika memiliki keterbatasan, begitu juga dalam mempelajari matematika. Tidak semua siswa mampu memahami pelajaran matematika yang diberikan gurunya. Serta tida semua guru mampu mengajarkan kepada semua siswanya agar siswanya paham matematika. Yang dilakukan seorang guru ialah berusaha menggunakan bahasa yang sebaik-baiknya dalam membelajarkan matematika. Serta siswa berusaha sebaik-baiknya memahami bahsa matematika dari guru tersebut. apabila ada siswa yang tida paham, bukan berarti matematika tidak dapat ia pelajari. Bisa saja metode pembelajarannya yang kurang tepat atau siswanya kurang belajar dengan giat. Dalam menanggapi hal tersebut, guru hendaknya terus mencoba dan mencari metode yang tepat digunakan dalam kegiatan pembelajran matematika. Karena suatu metode dikatakan tepat juga bergantung pada bagaimana karekter siswa serta materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  39. Latifah Fitriasari
    PM C

    Belajar matematika adalah belajar berkomunikasi. Matematika adalah bahasa simbol di mana setiap orang yang belajar matematika dituntut untuk mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa simbol. Bahasa matematika adalah bahasa simbol. Simbol tidak mempunyai makna apa-apa sebelum simbol tersebut diberi arti. Matematika merupakan bahasa artifisial yang bersifat eksak, cermat, dan terbebas dari rona emosi.

    ReplyDelete
  40. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Mempelajari matematika dengan cara siswa akan memudahkan mereka dalam memahami matematika. Kita ingat kembali bahwa hakikat matematika sebenarnya adalah intuisi siswa itu sendiri. Maka sebaiknya, akan lebih tepat jika siswa dibiarkan berkembang sendiri melalui pikirannya untuk membangun sendiri konsep matematika dalam dirinya.

    ReplyDelete
  41. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Komunikasi dengan berbagai pihak dalam proses memberikan ilmu pada siswa merupakan hal penting. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi misscomunication antara orang tua, pemerintah, pendidik serta siswa. Banyak siswa yang tidak sadar apa tujuan mereka belajar dan seakan akan dikejar-kejar oleh materi serta di tuntut oleh orang tua untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam setiap pembelajaran. Hal ini sama sekali bukan konsep dari memdidik. Oleh karena itu, perlu diadakan komunikasi antara berbagai pihak untuk menyadarkan tujuan utama mendidik agar siswa nyaman dan aman dalam menjalani proses bekajar di sekolah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  42. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Teknologi adalah suatu hal yang sangat penting saat ini. Tanpa teknologi hidup tidak akan terasa lebih mudah dibanding pada saat ini. Teknologi juga berperan penting dalam proses belajar mengajar, sehingga semestinya para pengajar juga harus mulai menggunakan teknologi sembagai alat bantu untuk melakukan pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Penggunakan teknologi dapat mempermudah pembelajaran matematika. teknologi mampu menerjemahkan bahasa matematika menjadi bahasa yang anak anak (siswa) pahamai. Sehingga dengan teknologi siswa mampu mengerti bahasa matematika dan mampu menjelaskan kembali apa yng dimaksud oleh bahasa matematika tersebut kedalam bahasa umum.

    ReplyDelete
  44. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Matematika dapat dipandang dari berbagai sisi. Matematika orang dewasa dan matematika untuk anak. Selama ini terkadang anak menjadi korban dari setiap keputusan yang ditetapkan oleh orang dewasa. Matematika pun terkadang dihadirkan dengan ketidakramahan kepada anak. Namun, orang dewasa hendaknya harus cepat menyadari bahwa peran orang dewasa sebenarnya adalah memfasilitasi kaum muda untuk membangun pengetahuan dan mengembangkan kemampuannya secara mandiri dan sesuai dengan perkembangan usia mereka.

    ReplyDelete
  45. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Memaksa anak-anak untuk mengerti cara pandang orang dewasa tidak akan membuat anak-anak otomatis menjadi lebih pintar. Anak bisa salah mengerti atau salah memahami maksud. Dibedakannya tingkatan pendidikan adalah salah satu alasan mengapa dibutuhkan perlakuan yang berbeda dalam setiap tingkatan. Siswa yang berada pada level berpikir konkret akan kesulitan jika diberika ilustrasi matematika abstrak. Tugas pada edukator adalah memilah-milai padanan kata, kalimat, ilustrasi, permasalahan, dan soal-soal yang dapat membuat siswa kebingungan sehingga berujung pada mindset 'matematika itu sulit'.

    ReplyDelete
  46. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    mathematics of adults or mathematics in college, is beneficial to the higher, broader aspects of application in other fields. but to channel mathematics from the advanced level it is necessary to transform the process or transition that can package pure mathematics into friendly mathematics for students. therefore the concepts in school mathematics differ from pure mathematical concepts.

    ReplyDelete
  47. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Memanfaatkan teknologi informasi dapat dijadikan sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Kehadiran Teknologi di era modern ini dapat memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan menarik bagi siswa karena saat ini siswa pun sudah akrab dengan teknologi. Misalnya saja dapat memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar yang memiliki informasi tak terbatas yang dapat menunjang pembelajaran. Tetapi sebagai orang yang bijaksana sebaiknya dalam memanfaatkan teknologi ini haruslah sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  48. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. penggunaan teknologi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan belajar matematika layaknya piasu bermata dua. Disatu sisi teknologi membantu siswa untuk menambah wawasananya secara global untuk belajar matematika. Disisi lain jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana akan dapat merusak siswa. Guru perlu memfasilitasi siswa untuk menyaring pengunaan teknologi dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  49. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Teknologi dan informasi merupakan sarana yang sangat baik untuk memberi fasilitas siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka. Sebagai contoh, blog ini disediakan Prof. Marsigit salah satunya untuk memfasilitasi kami, sebagai mahasiswanya. Dengan blog ini, kami dapat mengembangkan pengetahuan kami mengenai bagaimana menjadi guru yang baik, mengenai pendidikan matematika, ataupun filsafat.
    terimakasih telah menyediakan blog ini sebagai sarana kami belajar dan meningkatkan kapasistas diri Pak.

    ReplyDelete
  50. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, penggunaan teknologi dalam pembelajaran saat ini bukanlah lagi menjadi hal yang asing. Berbagai media pembelajaran berbasis IT telah banyak dikembangkan untuk membantu proses pemebelajaran agar lebih menyenangkan dan efektif. Guru dan orang tua juga perlu mengontrol penggunaan IT pada peserta didik agar apa yang dibukanya itu berfaedah dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  51. Dalam komunikasi yang mana terdapat kontradiksi, maka sesunguhnya akan selalu ada kontradiksi. Matematika memiliki batasannya. Bagi pembelajaran yang masih muda, tidaklah mungkin untuk memasuki ruang pikiran pada pembelajar yang lebih tua, kita harus memahami bahwa pembelajara yang lebih dewasa harus memahami bagaimana pola pikir pembelajara yang lebih muda, karena sesungguhnya pembelajar yang lebih tua dulunya pernah muda.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  52. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Anak-anak (dalam hal ini siswa) bukanlah objek dari gurunya. Namun, guru dapat memberikan manfaat kepada siswa. Sebagai contoh ketika guru memberikan bimbingan kepada siswa. Tetapi yang perlu diingat adalah agar bimbingan tersebut tidak berlebihan karena bimbingan yang berlebihan malah akan memberikan efek negatif kepada siswa. Bimbingan yang berlebihan juga dapat diartikan sebagai usaha guru untuk menutupi sifat siswa. oleh karena itu, guru haruslah menjadi fasilitator secukupnya, tidak kurang, namun juga tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  53. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jika dilihat dan dibaca secara sekilas memang dua hal tersebut terkesan kontradikstif, di satu pernyataan mengatakan bahwa teknologi sangat membantu dalam pembelajaran matematika sedangkan di pernyataan lain mengatakan bahwa kadang skema orang dewasa yang diberikan kepada siswa hanya akan menjebak siswa, dan digarisbawahi bahwa IT diciptakan oleh orang dewasa. Namun perlu kita ketahui bahwa dimensi IT dan dimensi skema dari orang dewasa tidak tunggal. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  54. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pernyataan bahwa IT sangat membantu dalam pembelajaran matematika telah menjadi mafhum bagi sebagian besar orang. Sedangkan pernyataan kedua masih menyimpan tanda tanya yang besar. Penjelasan dari guru yang kurang tepat akan menjadi miskonsepsi dan kebingungan belaka, baik penjelasan dalam berntuk verbal atau IT, maka tendensi disini ialah penjelasan guru yang kurang tepat bukan IT nya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  55. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Menurut saya, IT adalah cara yang baik untuk memudahkan pembelajar untuk meningkatkan pengalaman mereka. selain itu tuntutan pembelajaran abad 21 juga mengharuskan siswa dan guru untuk "melek Teknologi". sekarang ini sudah banyak pembelajaan yang menggunakan IT. Misalnya blog ini, kita sebagai murid Pak Prof Marsigit, mampu mengembangkan kemampuan kita dalam matematika dan juga bahasa inggris. Di blog ini kita bisa memperbaiki pengalaman, cara berpikir, pengetahuan, dan sebagainya tanpa batasan ide.

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Kemajuan informasi dan teknologi telah membuat banyak perubahan termasuk pembelajaran di sekolah. Teknologi dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pada siswanya, misalnya materi geometri, guru dapat menggunakan bantuan software geogebra untuk mengilustrasikan materi geometri tersebut. Pembelajaran terkesan lebih menarik dan modern serta mengikuti jaman. Peningkatan informasi juga membantu guru dan siswa dalam mencari materi. Misalkan guru akan menjelaskan suatu materi, namun ada beberapa yang belum dikuasainya dengan baik. Guru dapat mencari informasi melalui internet, begitu juga dengan siswa. Siswa bisa belajar mandiri dengan mencari informasi melalui internet. Pemanfaatan teknologi informasi dapat menunjang pembelajaran. Namun penggunaan TI juga harus dengan bijaksana, terutama bagi anak-anak harus ada pengawasan dari orang tua atau orang yang lebih dewasa

    ReplyDelete
  57. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2105

    Teknologi merupakan suatu yang berguna bagi perkembangan dan pembelajaran. Karena dengan adanya perkembangan zaman, mau tidak mau teknologi menjadi suatu keharusan. Matematika memiliki batasanya tersendiri, oleh karena itu tidak semua teknologi dapat mengcover matematika sehingga dalam pembelajaran diperlukan pengawasan yang tidak mebatasi kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete