Mar 20, 2013

Mathematics and Language 10





@Marsigit: I perceive a contradiction.
(a) In your note to me, you mentioned that IT is a useful tool in helping the students to learn. [I am in wholehearted agreement with that, and regret that most education systems are forced by limited budgets to be anachronistic in this regard.]
(b) In your note to Marty, you state that "any kind of model of math/communication produce(d) by adults can only be a trap for the younger." The IT systems that you advocate are produced by adults.
(a) & (b): Contradiction.
Clarification? 

@ David: You ask for me to held communication at the level of post-contradiction. At this level, only few people who understand that the essence of communication is not about contradictions themselves, but why there should be a contradiction and how to solve them. I appreciate you have found them; however, again, the problem is not in that scene. It needs a holistic, comprehensive, clear picture, sincerity or without any prejudice and without any certain motif to understand the position and the nature of younger learner and the role of adult peoples. If you did so, you will not perceive above contradiction like as mathematically inconsistency. You start to be aware that we are talking about life phenomena in which we have a larger area than mathematics. Mathematics has their own limit. All my previous explanation has accumulated the ideas of the important of younger learner to develop their own initiative, free thinking, creativity, and autonomous. Again, via this forum I wish to suggest adults people not to force their life to shade the younger learner. The younger learner is not the adult invest; but, the adult, with his product/model, may useful for them to develop their life.

27 comments:

  1. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    480/5000
    Children dimensions vary with adults. So, never force children in accordance with our wishes. Speak according to their age. Use language that suits their development. Help them to learn math in a language they understand easily. That way, they are expected to enjoy learning maths according to their age and development so that math becomes something fun for them.

    ReplyDelete
  2. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bahasa yang digunakan dalam matematika haruslah diterjemahkan kedalam bahasa biasa agar bisa dipahami oleh masyarakat luas dan juga bahasa masyarakat perlu ditranslate ke dalam matematika mempermudah perhitungan.

    ReplyDelete
  3. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Biasanya seseorang yang kemasukan setan tersebut pikirannya dalam keadaan kosong , kondisi tubuhnya sedang lelah serta iman yang kurang kuat. Keadaan ini akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh kekuatan gaib yang biasanya tidak dapat terkendali oleh orang yang kesurupan itu. Banyak alasan kenapa mahluk halus merasuki tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menakut-nakuti manusia agar percaya kepada hal-hal mistik. Fenomena kerasukan jin adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah. Di samping kejadian di lapangan, realita ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan kesepakatan ulama.
    Menurut saya, TI berfungsi untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Tetapi dijaman sekarang, teknologi itu bisa sebagai sahabat dari pendidikan bisa juga menjadi musuh dari pendidikan. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Jika siswa kesulitan dalam mengerjakan atau memahami sesuatu di rumah, mereka dapat menggunakan teknologi untuk berkonsultasi dengan guru tanpa harus menemui / bertatap muka secara langsung kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete
  4. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya memahami apa yang ditanyakan pada David Reid bahwa penggunaan IT akan membantu proses pembelajaran, hal ini kontradiksi dengan pernyataan yang menyatakan bahwa apa yang diproduksi oleh orang dewasa (Termasuk IT (menurut Reid)) hanya akan menjadi jebakan bagi anak-anak. Menurut saya, yang dimaksud apa yang diproduksi oleh orang dewasa itu maksudnya lebih pada suatu pemaksaan, atau pure mathematics yang dipaksakan terhadap anak, dan ini tidak ada kaitannya dengan pengembangan IT oleh orang dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat: "pada David Reid" seharusnya "oleh David Reid"

      Delete
  5. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Dari postingan ini hal yang saya pahami adalah terdapat dua pokok bahasan yaitu penggunaan IT dan pentransferan matematika orang dewasa ke siswa. Namun hal yang akan saya komentari adalah penggunaan IT, sejatinya penggunaan IT dalam proses pembelajaran merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang memang diperlukan dalam era abad 21 ini. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa penggunaan IT ini hanyalah sebagai pelengkap dari materi, maksudnya jangan sampai karena guru sibuk mempelajari penggunaan IT ini namun karena kemampuannya dalam bidang IT terbatas, maka konten materi matematika yang terdapat dalam IT tersebut tidak disampaikan sepenuhnya dan siswa akan mengalami kerugian karena dia tidak mencaapai tujuan yang harusnya didapatakan.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dengan bantuan beberapa perangkat lunak beberapa konsep matematika seperti volume benda putar, konsep limit, dan geometri dengan mudah dapat diterangkan dan bukti-bukti matematika dapat disajikan dengan lebih menarik. Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, soal evaluasi dapat dengan mudah dibuat beragam. Selain itu, guru atau siswa dengan bantuan internet dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi tambahan yang akan membantu memperkaya wawasan.

    ReplyDelete
  7. Selain itu, dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat diciptakan lingkungan belajar yang inovatif, sehingga merangsang peserta didik untuk berpikir dan berkreasi untuk memecahkan masalah. Kaitannya dengan pembelajaran matematika, guru (calon guru) hendaknya dapat menguasai perangkat lunak yang mendukung bidang matematika seperti MS Word, MS PowerPoint, MS Exel atau program aplikasi lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pendidik matematika dapat menyiapkan sendiri bahan pembelajaran berbasis komputer.

    ReplyDelete
  8. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pada zaman dahulu, ketika semua peralatan dan media pembelajaran masih tradisional banyak pihak yang merasa kesulitan bagaimana membelajarkan siswa. Sehingga ada keinginan suatu saat nanti akan ada banyak sekali media yan canggih dan mampu menunjang pembelajaran. Sekarang, ketika zaman dipenuhi dengan alat-alat modern kebingungan tetap masih ada yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi secara tepat dan efisien. Nampaknya, dalam kondisi apapun selalu ada masalah tergantung bagaimana pendidikan menyikapi dan menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Matematika memiliki keterbatasan, begitu juga dalam mempelajari matematika. Tidak semua siswa mampu memahami pelajaran matematika yang diberikan gurunya. Serta tida semua guru mampu mengajarkan kepada semua siswanya agar siswanya paham matematika. Yang dilakukan seorang guru ialah berusaha menggunakan bahasa yang sebaik-baiknya dalam membelajarkan matematika. Serta siswa berusaha sebaik-baiknya memahami bahsa matematika dari guru tersebut. apabila ada siswa yang tida paham, bukan berarti matematika tidak dapat ia pelajari. Bisa saja metode pembelajarannya yang kurang tepat atau siswanya kurang belajar dengan giat. Dalam menanggapi hal tersebut, guru hendaknya terus mencoba dan mencari metode yang tepat digunakan dalam kegiatan pembelajran matematika. Karena suatu metode dikatakan tepat juga bergantung pada bagaimana karekter siswa serta materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Mempelajari matematika dengan cara siswa akan memudahkan mereka dalam memahami matematika. Kita ingat kembali bahwa hakikat matematika sebenarnya adalah intuisi siswa itu sendiri. Maka sebaiknya, akan lebih tepat jika siswa dibiarkan berkembang sendiri melalui pikirannya untuk membangun sendiri konsep matematika dalam dirinya.

    ReplyDelete
  11. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Komunikasi dengan berbagai pihak dalam proses memberikan ilmu pada siswa merupakan hal penting. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi misscomunication antara orang tua, pemerintah, pendidik serta siswa. Banyak siswa yang tidak sadar apa tujuan mereka belajar dan seakan akan dikejar-kejar oleh materi serta di tuntut oleh orang tua untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam setiap pembelajaran. Hal ini sama sekali bukan konsep dari memdidik. Oleh karena itu, perlu diadakan komunikasi antara berbagai pihak untuk menyadarkan tujuan utama mendidik agar siswa nyaman dan aman dalam menjalani proses bekajar di sekolah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Teknologi adalah suatu hal yang sangat penting saat ini. Tanpa teknologi hidup tidak akan terasa lebih mudah dibanding pada saat ini. Teknologi juga berperan penting dalam proses belajar mengajar, sehingga semestinya para pengajar juga harus mulai menggunakan teknologi sembagai alat bantu untuk melakukan pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Penggunakan teknologi dapat mempermudah pembelajaran matematika. teknologi mampu menerjemahkan bahasa matematika menjadi bahasa yang anak anak (siswa) pahamai. Sehingga dengan teknologi siswa mampu mengerti bahasa matematika dan mampu menjelaskan kembali apa yng dimaksud oleh bahasa matematika tersebut kedalam bahasa umum.

    ReplyDelete
  14. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Matematika dapat dipandang dari berbagai sisi. Matematika orang dewasa dan matematika untuk anak. Selama ini terkadang anak menjadi korban dari setiap keputusan yang ditetapkan oleh orang dewasa. Matematika pun terkadang dihadirkan dengan ketidakramahan kepada anak. Namun, orang dewasa hendaknya harus cepat menyadari bahwa peran orang dewasa sebenarnya adalah memfasilitasi kaum muda untuk membangun pengetahuan dan mengembangkan kemampuannya secara mandiri dan sesuai dengan perkembangan usia mereka.

    ReplyDelete
  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Memaksa anak-anak untuk mengerti cara pandang orang dewasa tidak akan membuat anak-anak otomatis menjadi lebih pintar. Anak bisa salah mengerti atau salah memahami maksud. Dibedakannya tingkatan pendidikan adalah salah satu alasan mengapa dibutuhkan perlakuan yang berbeda dalam setiap tingkatan. Siswa yang berada pada level berpikir konkret akan kesulitan jika diberika ilustrasi matematika abstrak. Tugas pada edukator adalah memilah-milai padanan kata, kalimat, ilustrasi, permasalahan, dan soal-soal yang dapat membuat siswa kebingungan sehingga berujung pada mindset 'matematika itu sulit'.

    ReplyDelete
  16. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    mathematics of adults or mathematics in college, is beneficial to the higher, broader aspects of application in other fields. but to channel mathematics from the advanced level it is necessary to transform the process or transition that can package pure mathematics into friendly mathematics for students. therefore the concepts in school mathematics differ from pure mathematical concepts.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Memanfaatkan teknologi informasi dapat dijadikan sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Kehadiran Teknologi di era modern ini dapat memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan menarik bagi siswa karena saat ini siswa pun sudah akrab dengan teknologi. Misalnya saja dapat memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar yang memiliki informasi tak terbatas yang dapat menunjang pembelajaran. Tetapi sebagai orang yang bijaksana sebaiknya dalam memanfaatkan teknologi ini haruslah sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  18. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. penggunaan teknologi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan belajar matematika layaknya piasu bermata dua. Disatu sisi teknologi membantu siswa untuk menambah wawasananya secara global untuk belajar matematika. Disisi lain jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana akan dapat merusak siswa. Guru perlu memfasilitasi siswa untuk menyaring pengunaan teknologi dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  19. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Teknologi dan informasi merupakan sarana yang sangat baik untuk memberi fasilitas siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka. Sebagai contoh, blog ini disediakan Prof. Marsigit salah satunya untuk memfasilitasi kami, sebagai mahasiswanya. Dengan blog ini, kami dapat mengembangkan pengetahuan kami mengenai bagaimana menjadi guru yang baik, mengenai pendidikan matematika, ataupun filsafat.
    terimakasih telah menyediakan blog ini sebagai sarana kami belajar dan meningkatkan kapasistas diri Pak.

    ReplyDelete
  20. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, penggunaan teknologi dalam pembelajaran saat ini bukanlah lagi menjadi hal yang asing. Berbagai media pembelajaran berbasis IT telah banyak dikembangkan untuk membantu proses pemebelajaran agar lebih menyenangkan dan efektif. Guru dan orang tua juga perlu mengontrol penggunaan IT pada peserta didik agar apa yang dibukanya itu berfaedah dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Dalam komunikasi yang mana terdapat kontradiksi, maka sesunguhnya akan selalu ada kontradiksi. Matematika memiliki batasannya. Bagi pembelajaran yang masih muda, tidaklah mungkin untuk memasuki ruang pikiran pada pembelajar yang lebih tua, kita harus memahami bahwa pembelajara yang lebih dewasa harus memahami bagaimana pola pikir pembelajara yang lebih muda, karena sesungguhnya pembelajar yang lebih tua dulunya pernah muda.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Anak-anak (dalam hal ini siswa) bukanlah objek dari gurunya. Namun, guru dapat memberikan manfaat kepada siswa. Sebagai contoh ketika guru memberikan bimbingan kepada siswa. Tetapi yang perlu diingat adalah agar bimbingan tersebut tidak berlebihan karena bimbingan yang berlebihan malah akan memberikan efek negatif kepada siswa. Bimbingan yang berlebihan juga dapat diartikan sebagai usaha guru untuk menutupi sifat siswa. oleh karena itu, guru haruslah menjadi fasilitator secukupnya, tidak kurang, namun juga tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  23. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Jika dilihat dan dibaca secara sekilas memang dua hal tersebut terkesan kontradikstif, di satu pernyataan mengatakan bahwa teknologi sangat membantu dalam pembelajaran matematika sedangkan di pernyataan lain mengatakan bahwa kadang skema orang dewasa yang diberikan kepada siswa hanya akan menjebak siswa, dan digarisbawahi bahwa IT diciptakan oleh orang dewasa. Namun perlu kita ketahui bahwa dimensi IT dan dimensi skema dari orang dewasa tidak tunggal. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  24. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pernyataan bahwa IT sangat membantu dalam pembelajaran matematika telah menjadi mafhum bagi sebagian besar orang. Sedangkan pernyataan kedua masih menyimpan tanda tanya yang besar. Penjelasan dari guru yang kurang tepat akan menjadi miskonsepsi dan kebingungan belaka, baik penjelasan dalam berntuk verbal atau IT, maka tendensi disini ialah penjelasan guru yang kurang tepat bukan IT nya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  25. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Menurut saya, IT adalah cara yang baik untuk memudahkan pembelajar untuk meningkatkan pengalaman mereka. selain itu tuntutan pembelajaran abad 21 juga mengharuskan siswa dan guru untuk "melek Teknologi". sekarang ini sudah banyak pembelajaan yang menggunakan IT. Misalnya blog ini, kita sebagai murid Pak Prof Marsigit, mampu mengembangkan kemampuan kita dalam matematika dan juga bahasa inggris. Di blog ini kita bisa memperbaiki pengalaman, cara berpikir, pengetahuan, dan sebagainya tanpa batasan ide.

    ReplyDelete
  26. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Kemajuan informasi dan teknologi telah membuat banyak perubahan termasuk pembelajaran di sekolah. Teknologi dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pada siswanya, misalnya materi geometri, guru dapat menggunakan bantuan software geogebra untuk mengilustrasikan materi geometri tersebut. Pembelajaran terkesan lebih menarik dan modern serta mengikuti jaman. Peningkatan informasi juga membantu guru dan siswa dalam mencari materi. Misalkan guru akan menjelaskan suatu materi, namun ada beberapa yang belum dikuasainya dengan baik. Guru dapat mencari informasi melalui internet, begitu juga dengan siswa. Siswa bisa belajar mandiri dengan mencari informasi melalui internet. Pemanfaatan teknologi informasi dapat menunjang pembelajaran. Namun penggunaan TI juga harus dengan bijaksana, terutama bagi anak-anak harus ada pengawasan dari orang tua atau orang yang lebih dewasa

    ReplyDelete