Mar 20, 2013

Mathematics and Language 10





@Marsigit: I perceive a contradiction.
(a) In your note to me, you mentioned that IT is a useful tool in helping the students to learn. [I am in wholehearted agreement with that, and regret that most education systems are forced by limited budgets to be anachronistic in this regard.]
(b) In your note to Marty, you state that "any kind of model of math/communication produce(d) by adults can only be a trap for the younger." The IT systems that you advocate are produced by adults.
(a) & (b): Contradiction.
Clarification? 

@ David: You ask for me to held communication at the level of post-contradiction. At this level, only few people who understand that the essence of communication is not about contradictions themselves, but why there should be a contradiction and how to solve them. I appreciate you have found them; however, again, the problem is not in that scene. It needs a holistic, comprehensive, clear picture, sincerity or without any prejudice and without any certain motif to understand the position and the nature of younger learner and the role of adult peoples. If you did so, you will not perceive above contradiction like as mathematically inconsistency. You start to be aware that we are talking about life phenomena in which we have a larger area than mathematics. Mathematics has their own limit. All my previous explanation has accumulated the ideas of the important of younger learner to develop their own initiative, free thinking, creativity, and autonomous. Again, via this forum I wish to suggest adults people not to force their life to shade the younger learner. The younger learner is not the adult invest; but, the adult, with his product/model, may useful for them to develop their life.

8 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Saya berpikir bahwa dua kalimat di atas adalah topik yang berbeda. Sekarang, IT memang sangat penting. Dengan IT, kita bisa mencari apa saja, kita juga bisa berkomunikasi jarak jauh seperti di forum ini. Siswa dapat mengembangkan inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom dengan menggunakan IT. Orang dewasa atau guru harus membiarkan siswa untuk aktif dalam mengembangkan diri mereka. Dalam kegiatan ini, orang dewasa hanya dapat menggunakan IT untuk memfasilitasi siswa dalam proses belajar mengajar. Teknologi Informatika (TI) memang sangat membantu dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia termasuk dalam proses belajar mengajar. Teknologi yang canggih seperti internet dan sebagainya dapat kita jadikan sebagai media dalam pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas guru untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini agar dapat mengembangkan dan mengemas metode pembelajaran yang inovatif. Di sisi lain, guru juga harus membiarkan siswa-siswanya untuk berpikir kreatif dengan tidak memaksakan kehendak guru kepada siswanya.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    saya setuju bahwa Matematika memiliki batas mereka sendiri. Ini pentingnya pelajar muda untuk mengembangkan inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom untuk memahami matematika serta mereka tahu diri mereka sendiri.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Komunikasi dan Kontradiksi mengingatkan saya pada sebuah teori dialektika relasional. Teori ini merupakan konsep dalam teori komunikasi. Konsep ini ditafsirkan sebagai simpul kontradiksi dalam hubungan pribadi atau interaksi terus-menerus antara kebalikan atau kecenderungan untu menantang. Relational Dialektika ini memandang hidup sebagai monolog terbuka dan manusia mengalami tabrakan antara menentang keinginan dan kebutuhan dalam komunikasi relasional.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kehadiran Teknologi di era modern ini memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. kehadiran teknologi ini dapat membantu guru agar kegiatan pembelajaran memiliki variasi oleh karena itu dibutuhkan pula kreatifitas dari guru itu sendiri dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini untuk mengembangkan dan mengemas metode pembelajran yang inovatif.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Adanya teknologi yang canggih saat ini menjadi salah satu pendukung dalam memberikan pembelajaran. dimana hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai variasi pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dengan materi yang dibawakan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan multimedia dalam menyampaikan materi yang diselingi berbagai hal unik dari media yang ada. Jadi dengan adanya teknologi pembelajaran matematika lebih inovatif dan membuat siswa mampu memanifestasikan dalam dunia real yang tak terbatas pada simbol matematika semata.Selain itu, banyak program komputer yang bisa menunjang proses pembelajaran matematika seperti SPSS untuk memudahkan dalam statistika, Mathlab dalam pembuatan grafik trigonometri, maupun program lain yang berkaitan dengan materi matematika. Program latihan dan praktik bisa digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dan jika kita perhatikan perkembangan sekarang ini, semestinya dalam proses pembelajaran melibatkan penggunaan teknologi sebagai modal siswa untuk bisa berkembang sesuai dengan tuntutan saman. Namun siswa tetap dalam pengawasan guru dalam penggunaannya.

    ReplyDelete
  6. IT memang dibuat oleh orang dewasa tetapi isi yang dibuat digunakan untuk memudahkan siswa untuk belajar. IT berisikan bahasa yang dengan mudah dipahami oleh siswa. Sedang ada juga produk orang dewasa yang sulit untuk dipahami oleh siswa tetapi hanya dapat dipahami oleh orang dewasa. Produk orang dewasa yang ditujukan untuk dipahami oleh siswa dan produk yang hanya dipahami oleh orang dewasa maka tidak ada kontradiksi.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    IT sangat penting bagi pembelajaran khususnya matematika. Dengan IT dapat mempermudah pembelajaran matematika, efisien, kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, perlunya pengawasan sangat penting serta mendayagunakan IT semaksimal mungkin dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Teknologi yang semakin berkembang pesat khususnya pada pendidikan yaitu teknologi pendidikan. Munculnya teknologi akan menimbulkan pembelajaran yang inovativ dan memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Namun pemanfaatan teknologi jangan sampai disalahgunakan, guru harus memberi sesuai porsinya sehingga tidak menyebabkan siswa menjadi malas dan hanya bergantung pada teknologi.

    ReplyDelete