Mar 20, 2013

Mathematics and Language 10





@Marsigit: I perceive a contradiction.
(a) In your note to me, you mentioned that IT is a useful tool in helping the students to learn. [I am in wholehearted agreement with that, and regret that most education systems are forced by limited budgets to be anachronistic in this regard.]
(b) In your note to Marty, you state that "any kind of model of math/communication produce(d) by adults can only be a trap for the younger." The IT systems that you advocate are produced by adults.
(a) & (b): Contradiction.
Clarification? 

@ David: You ask for me to held communication at the level of post-contradiction. At this level, only few people who understand that the essence of communication is not about contradictions themselves, but why there should be a contradiction and how to solve them. I appreciate you have found them; however, again, the problem is not in that scene. It needs a holistic, comprehensive, clear picture, sincerity or without any prejudice and without any certain motif to understand the position and the nature of younger learner and the role of adult peoples. If you did so, you will not perceive above contradiction like as mathematically inconsistency. You start to be aware that we are talking about life phenomena in which we have a larger area than mathematics. Mathematics has their own limit. All my previous explanation has accumulated the ideas of the important of younger learner to develop their own initiative, free thinking, creativity, and autonomous. Again, via this forum I wish to suggest adults people not to force their life to shade the younger learner. The younger learner is not the adult invest; but, the adult, with his product/model, may useful for them to develop their life.

40 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Saya berpikir bahwa dua kalimat di atas adalah topik yang berbeda. Sekarang, IT memang sangat penting. Dengan IT, kita bisa mencari apa saja, kita juga bisa berkomunikasi jarak jauh seperti di forum ini. Siswa dapat mengembangkan inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom dengan menggunakan IT. Orang dewasa atau guru harus membiarkan siswa untuk aktif dalam mengembangkan diri mereka. Dalam kegiatan ini, orang dewasa hanya dapat menggunakan IT untuk memfasilitasi siswa dalam proses belajar mengajar. Teknologi Informatika (TI) memang sangat membantu dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia termasuk dalam proses belajar mengajar. Teknologi yang canggih seperti internet dan sebagainya dapat kita jadikan sebagai media dalam pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas guru untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini agar dapat mengembangkan dan mengemas metode pembelajaran yang inovatif. Di sisi lain, guru juga harus membiarkan siswa-siswanya untuk berpikir kreatif dengan tidak memaksakan kehendak guru kepada siswanya.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    saya setuju bahwa Matematika memiliki batas mereka sendiri. Ini pentingnya pelajar muda untuk mengembangkan inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom untuk memahami matematika serta mereka tahu diri mereka sendiri.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Komunikasi dan Kontradiksi mengingatkan saya pada sebuah teori dialektika relasional. Teori ini merupakan konsep dalam teori komunikasi. Konsep ini ditafsirkan sebagai simpul kontradiksi dalam hubungan pribadi atau interaksi terus-menerus antara kebalikan atau kecenderungan untu menantang. Relational Dialektika ini memandang hidup sebagai monolog terbuka dan manusia mengalami tabrakan antara menentang keinginan dan kebutuhan dalam komunikasi relasional.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kehadiran Teknologi di era modern ini memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. kehadiran teknologi ini dapat membantu guru agar kegiatan pembelajaran memiliki variasi oleh karena itu dibutuhkan pula kreatifitas dari guru itu sendiri dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini untuk mengembangkan dan mengemas metode pembelajran yang inovatif.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Adanya teknologi yang canggih saat ini menjadi salah satu pendukung dalam memberikan pembelajaran. dimana hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai variasi pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dengan materi yang dibawakan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan multimedia dalam menyampaikan materi yang diselingi berbagai hal unik dari media yang ada. Jadi dengan adanya teknologi pembelajaran matematika lebih inovatif dan membuat siswa mampu memanifestasikan dalam dunia real yang tak terbatas pada simbol matematika semata.Selain itu, banyak program komputer yang bisa menunjang proses pembelajaran matematika seperti SPSS untuk memudahkan dalam statistika, Mathlab dalam pembuatan grafik trigonometri, maupun program lain yang berkaitan dengan materi matematika. Program latihan dan praktik bisa digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dan jika kita perhatikan perkembangan sekarang ini, semestinya dalam proses pembelajaran melibatkan penggunaan teknologi sebagai modal siswa untuk bisa berkembang sesuai dengan tuntutan saman. Namun siswa tetap dalam pengawasan guru dalam penggunaannya.

    ReplyDelete
  6. IT memang dibuat oleh orang dewasa tetapi isi yang dibuat digunakan untuk memudahkan siswa untuk belajar. IT berisikan bahasa yang dengan mudah dipahami oleh siswa. Sedang ada juga produk orang dewasa yang sulit untuk dipahami oleh siswa tetapi hanya dapat dipahami oleh orang dewasa. Produk orang dewasa yang ditujukan untuk dipahami oleh siswa dan produk yang hanya dipahami oleh orang dewasa maka tidak ada kontradiksi.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    IT sangat penting bagi pembelajaran khususnya matematika. Dengan IT dapat mempermudah pembelajaran matematika, efisien, kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, perlunya pengawasan sangat penting serta mendayagunakan IT semaksimal mungkin dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Teknologi yang semakin berkembang pesat khususnya pada pendidikan yaitu teknologi pendidikan. Munculnya teknologi akan menimbulkan pembelajaran yang inovativ dan memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Namun pemanfaatan teknologi jangan sampai disalahgunakan, guru harus memberi sesuai porsinya sehingga tidak menyebabkan siswa menjadi malas dan hanya bergantung pada teknologi.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Guru yang baik adalah guru yang tidak akan menjadi bayang-bayang siswa. Dengan kata lain, guru yang tidak menuntut siswa untuk mengikuti apa keinginan guru. Justru seharusnya guru yang harus mengikuti keinginan siswa, maksudnya adalah karakteristik siswa. guru yang harus menyesuaikan diri, bukan siswa. guru hanya menjadi fasilitator bagi siswa untuk bebas mengekspresikan diri dalam mengkontruksi pengetahuan mereka. Jadi wajar saja jika siswa yang satu dengan yang lain akan berbeda kemampuan, tetapi mereka juga mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Semua sesuai dengan ruang dan waktunya, sesuai dengan proporsinya, sesuai dengan minat dan bakatnya. Tidak ada siswa yang bodoh, tetapi mungkin karna guru yang kurang mampu memahami siswanya.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Informasi yang bermanfaat dari Bapak. Pelajar yang masih muda dapat mengembangkan potensi yang ia miliki dengan inisiatif yang mereka miliki, berpikir bebas, kreativitas dan otonom. Jadi para orang dewasa jangan memaksakan pelajar yang masih muda tersebut untuk menuruti kemauan mereka. Mereka hanya memerlukan arahan, fasilitas agar dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  11. Muh ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kehadiran Teknologi di era modern ini dapat memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam dunia pendidikan teknologi sangat diperlukan guna menunjang pendidikan yang inovatif. Selain itu teknologi dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa untuk menemukan ide-ide sehingga dapat mengembangkan inisiatif mereka sendiri, berpikir kritis dan kreatif. Sebagai manusia yang terpelajar teknologi hendaknya dimanfaatkan secara bijaksana dan tidak menimbulkan kemalasan bagi siswa karena adanya teknologi yang dapat membuat semuanya semakin mudah. Peran orang tua dan guru sangat penting di sini, yaitu untuk selalu membimbing siswa dan memantau penggunaan teknologi informasi ini.

    ReplyDelete
  12. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Komunikasi yang membantu guru dalam menyampaikan pelajaran dikelas dan agar siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan. Guru dapat mengembangkan komunikasi matematika siswa baik lisan maupun tulisan. Adanya teknologi yang canggih saat ini menjadi salah satu pendukung dalam memberikan pembelajaran. dimana hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai variasi pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dengan materi yang dibawakan. Selain itu, banyak program komputer yang sudah dikembangkan yang bisa menunjang proses pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  13. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Pembicaraan ini mengarah pada pembelajaran inovatif. dari pembelajaran inovatif ini sangat menarik kita bahas. Karena saat pembelajaran inovatif berlangsung, siswa diharapkan mampu membangun pengertian-pengertian tentang konsep-konsep matematika oleh diri mereka sendiri. Selain itu pada pembicaraan ini muncul pendapat bahwa "IT is a useful tool in helping the students to learn". IT sebagai salah satu sumber dan alat belajar dapat membantu siswa dalam belajar, dalam mengonstruksi pengetahuan-pengetahuan baru, dan juga dalam mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, sangatlah baik jika guru-guru dapat menggunakan dan memanfaatkan IT dalam kegiatan pembelajarannya sehingga dapat memunculkan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Saat ini perkembangan IT memang tidak bisa dipungkiri lagi. Teknologi dapat berkembang dengan adanya ilmu pengetahuan. Guru dapat menggunakan IT untukmenunjang pembelajaran. Oleh karena itu jika IT digunakan dengan tepat maka dapat mendukung pembelajaran. Hal tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran bagi siswa agar dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan guru. Jadi menurut saya IT merupakan salah satu contoh bahasa yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Perkembangan jaman telah mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan seperti teknologi, ekonomi, pendidikan, lingkungan hingga politik. Teknologi merupakan salah satu bidang yang perekembangannya sangat pesat. Dengan berkembangnya salah satu bidang yang berperan penting bagi kemajuan hidup seseorang maka hal tersebut akan lebih mudah tercapai apabila bidang lainnya dapat menyeimbangi perkembangan di bidang teknologi. Selain teknologi, terdapat bidang lain yang ternyata memiliki peranan terpenting yaitu pendidikan. Jangan sampai dunia pendidikan tertinggal atau ditinggalkan oleh perkembangan tersebut. Dengan berpengaruhnya kedua bidang tersebut maka pendidikan dan teknologi dapat saling melengkapi, dimana pendidikan yang meliputi pembelajaran dapat di dukung dengan sesuatu yang baru misalnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

    Pernyataan posisi NCTM dalam kaitannya dengan teknologi cukup jelas yaitu teknologi merupakan sarana penting untuk belajar dan mengajar matematika. Dilihat sebagai bagian utuh dari alat-alat pembelajaran, teknologi dapat memperluas lingkup materi pelajaran yang dapat dipelajari siswa dan dapat memperluas soal yang dapat dikerjakan oleh siswa (Ball & Stacey, 2005; NCTM Position Statement, 2003). Matematika sering kali dianggap menjadi matapelajaran yang paling sulit, membosankan dan tidak memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari. Paradigdma tersebut dapat timbul karena beberapa faktor misalnya materi matematika yang dinilai sulit dicerna akibat penyampaian materi yang kurang menarik.
    Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan teknologi, contoh terdekatnya adalah teknologi komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan beberapa aktifitas dengan cepat dan tepat. Sudah banyak sekolah yang memiliki fasilitas teknologi yang baik.

    ReplyDelete
  16. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari tanya jawab di atas dapat kita ketahui bahwa fenomena matematika berada pada kehidupan di mana kita ketahui sebagai area yang lebih besar dari matematika. Matematika memiliki batas mereka sendiri. Pembelajaran diharapkan dapat mencari inisiatif sendiri, berpikir bebas, kreativitas, dan otonom dalam belajar. Dan diharapkan sebagai pengajar tidak memaksa hidup mereka untuk menaungi para pembelajar.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tidak dapat disangkal bahwa kedua peenyataan yang di ucapkan david ried bahwa (a) Dalam catatan Anda kepada saya, Anda menyebutkan bahwa IT adalah alat yang berguna untuk membantu siswa belajar. [Saya setuju sepenuh hati dengan itu, dan menyesalkan bahwa sebagian besar sistem pendidikan dipaksa oleh anggaran terbatas untuk menjadi anakronistik dalam hal ini.] (b) Dalam catatan Anda kepada Marty, Anda menyatakan bahwa "model model matematika / komunikasi apa pun oleh orang dewasa hanya bisa menjadi jebakan bagi kaum muda." Sistem IT yang Anda advokat diproduksi oleh orang dewasa. Akan tetapi jika IT atau kehebatan teknologi diguanakn kearah yang tidak sewajarnya maka dampak IT akan sangat negatif sekali bagi kita terutama pelajar yang masih anak-anak. Sehingga penggunaan IT harus selalu mendapat pengawasan yang extra untuk kalangan anak-anak.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sangat tertarik dengan penutup dalam dialog ini yaitu pembelajar muda bukanlah investasi dari orang dewasa,tetapi dengan produk atau model nya sendiri siswa dapat menggunakan nya untuk meningkatkan kehidupannya. Pelonjakan kemajuan IT memang mendorong dan memfasilitasi belajar siswa, namun perlu diperhatikan bahwa kemamopuan berpikir kreatif, inisiatif dan kritis diperlukan oleh siswa diantaranya melalui diskusi dan komunikasi. Ini yang menjadi permasalahan dan PR bersama pada era yang modern ini.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dengan TIK dapat diciptakan lingkungan belajar yang inovatif, sehingga merangsang peserta didik untuk berpikir dan berkreasi untuk memecahkan masalah. Kaitannya dengan pembelajaran matematika, guru (calon guru) hendaknya dapat menguasai perangkat lunak yang mendukung bidang matematika seperti MS Word, MS PowerPoint, MS Exel atau program aplikasi lainnya. Hal ini dimaksudkan para pendidik matematika dapat menyiapkan sendiri bahan pembelajaran berbasis komputer.
    Pembelajaran berbasis TIK menunjukkan bahwa kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan dasar relatif baik, lebih terlihat pengembangan daya matematikanya. engan TIK, soal evaluasi dapat dengan mudah dibuat beragam. Selain itu, guru atau siswa dengan bantuan internet dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi tambahan yang akan membantu memperkaya wawasan.

    ReplyDelete
  20. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Saya setuju bahwa matematika memiliki batasan sendiri. Yang terpenting dalam mempelajari matematika adalah siswa mampu mengembangkan intuisi, inisiatif, pemikiran bebas, kreativitas, dan kemandirian mereka sendiri. Belajar matematika tidak bisa dipaksakan, tapi bagaimana orang dewasa memotivasi siswa untuk belajar matematika, bagaimana memberikan pengertian dan memberikan contoh bahwa matematika adalah kebutuhan bagi mereka dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kontradiksi pada komunikasi atau bahasa dan matematika. Kontradiksi komunikasi telah diberikan contohnya pada sumber di atas. Namun, hanya sedikit orang yang mengerti bahwa inti dari komunikasi bukanlah tentang kontradiksi itu sendiri, tapi mengapa harus ada kontradiksi dan cara mengatasinya. Namun, sekali lagi, masalahnya tidak dalam wacana itu. Perlu gambaran holistik, komprehensif, gamblang, tulus atau tanpa prasangka dan tanpa motif tertentu untuk memahami posisi dan sifat pelajar yang lebih muda dan peran orang dewasa. Maka kita tidak akan menganggap kontradiksi di atas seperti inkonsistensi matematis. kita mulai menyadari bahwa kita berbicara tentang fenomena kehidupan di mana kita memiliki area yang lebih luas daripada matematika. Karena matematika memiliki batasan sendiri.

    ReplyDelete
  22. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Teknologi yang kian maju dapat mengakibatkan segalanya menjadi serba instan. Siswa tdak lagi memandang guru sebagai satu-satunya informasi. Teknologi juga dapat membantu guru untuk menyusun perangkat pembelajarannnya termasuk media pembelajaran yang dapat memberikan fasilitas siswa untuk dapat berfikir aktif dalam pembelajaran. Namun sebagaimana suatu hal yang memiliki sisi positif, maka akan datang dengan hal negatif juga. Teknologi jika tidak diawasi dengan baik oleh diri kita sendiri juga akan membuat kita menjadi orang yang bergantung pada teknologi yang pada akhirnya malas dan tidak berkembang.

    ReplyDelete
  23. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Jaman semakin lama semakin modern. Teknologi pun juga ikut berkembang. Saat ini sudah banyak manusia yang menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaannya. Teknologi tentu mempunyai dampak positif dan negatif dalam pendidikan. Teknologi akan berdampak positif jika digunakan sesuai dengan porsinya, tetapi akan berdampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Guru dan orang tua harus mengawasi siswa dan anaknya dalam memakai teknologi. Jika teknologi digunakan sesuai dengan dimensi siswa dan anak, maka akan berdampak positif, tetapi jika digunakan tidak pada dimensinya, maka akan membahayakan mereka.

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa teknologi sangat bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan. Seiring berkembangnya zaman, guru dituntut untuk selalu kreatif dan cerdas. Kreatif di sini maksudnya mampu membuat inovasi-inovasi baru baik berupa media, sumber, dan metode pembelajaran. Dengan adanya teknologi informasi, siswa dapat mencari sumber-sumber belajar selain dari buku. Hal ini dapat mempermudah siswa dalam menambah wawasan setiap saat yang tidak hanya pembelajaran di sekolah saja. Selain itu, siswa juga dapat belajar dengan jarak yang cukup jauh. Tentunya ini sangat membantu hubungan komunikasi antara siswa dengan gurunya yang bisa secara online tatap muka dan berdiskusi mengenai pelajaran yang dipelajari.

    ReplyDelete
  25. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kemudian teknologi juga dapat membantu siswa dalam mengatasi solusi pembelajaran dalam bentuk tugas-tugas dari guru. Akan tetapi perlu diingat, kita harus mem-filter (menyaring) berbagai informasi yang sekarang sudah mudah didapatkan. Jika tidak selektif, justru akan menjadi bencana. Karena pada umumnya, dengan adanya kemajuan teknologi justru siswa semakin manja dan muncul budaya copy-paste.

    ReplyDelete
  26. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selain kreatif guru juga harus cerdas, yaitu mampu menerapkan metode pembelajaran inovatif di mana guru memberikan kebebasan berpikir dan kreativitas siwa dalam pembelajaran. Tak lupa, guru tidak diperkenankan memaksakan kehendak kepada siswa.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Belajar matematika adalah tidak terbatas melainkan memiliki batasan sendiri dalam mengembangkan dan mengolah pengetahuannya menggunakan pemikiran dan intuisnya sendiri. Dalam mengembangkan intuisi seorang siswa tidaklah dapat mengembangkannya sendrii namun membutuhkan bantuan dari guru. Wujud dari bantuan guru dalam mengembangkan intuisi siswa bisa dengan cara menggunakan pembelajarn yang inovatif.

    ReplyDelete
  28. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. penggunaan teknologi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan belajar matematika layaknya piasu bermata dua. Disatu sisi teknologi membantu siswa untuk menambah wawasananya secara global untuk belajar matematika. Disisi lain jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana akan dapat merusak siswa. Guru perlu memfasilitasi siswa untuk menyaring pengunaan teknologi dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Media pembelajaran adalah sarana yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Di zaman sekarang, teknologi dapat digunakan untuk membuat media. Salah satunya adalah penggunaan IT dalam pembelajaran. Penggunaan tersebut bermacam-macam, dalam bentuk software, pembelajaran online, dan sebagainya

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Memang benar media pembelajaran dibuat oleh orang dewasa (guru). Namun hal tersebut tidak berarti orang dewasa memberikan matematika formal kepada siswa. Guru dapat membuat media berbasis IT namun dengan menerapkan matematika sekolah. Jadi tidak ada kontradiksi dalam pernyataan pada diskusi diatas

    ReplyDelete
  31. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Teknologi adalah perkembangan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan untuk penggunanya. Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi dalam bidang pendidikan juga harus dapat dikembangkan dengan baik demi terwujudnya kehidupan bangsa yang cerdas yang tertuang dalam UUD 1945. Teknologi merupakan salah satu pemecahan masalah dalam dunia pendidikan, karena dapat menembus batas ruang dan waktu. Integrasinya pun makin kuat pada masa globalisasi teknologi dapat menjadi sarana penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang sangat memiliki berbagai pulau yang berjauhan dan terpisah-pisah serta ragam budaya. Pemecahan masalah tersebut merupakan salah satu kepentingan dari teknologi pendidikan.

    ReplyDelete
  32. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Berbagai usaha dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya melalui penggunaan media IT. Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia sengan sekian banyak pulau yang terpencar-pencar dengan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, IT sangat mampu menjadi pemecahan masalah pendidikan di Indonesia yaitu meratakan pendidikan di bumi nusantara, sebab IT mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh yang tidak terbatas oleh ruang, jarak serta waktu.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    David menganggap bahwa pak Marsigit beranggapan komunikasi yang diciptakan orang dewasa hanya akan menjadi perangkap bagi anak-anak. Sedangkan media pembelajaran berbasis IT merupakan salah satu bentuk komunikasi yang diciptakan oleh orang dewasa. Sekilas memang terlihat seperti kontradiksi. Namun, maksud pak marsigit adalah media pembelajaran digunakan sebagai alat, sedangkan yang membuatnya memang orang dewasa, namun sebaiknya dengan bahasa yang bisa dimengerti anak-anak. Jadi tidak masalah jika menggunakan apapun alat untuk menyampaikan komunikasinya. Hanya saja, komunikasi dalam bentuk yang bisa dipahami anak-anak, bukan komunikasi yang hanya bisa dipahami orang dewasa.

    ReplyDelete
  34. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Teknologi merupakan salah satu media yang dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran di sekolah maupun mandiri. Tidak hanya media yang harus diperhatikan guru dalam mengajar tetapi pendekatan pembelajaran dan model-model dalam pembelajaran digunakan secara variasi dan inovatif. Dengan pembelajaran yang inovatif guru membuat siswa dalam pembelajaran matematika sekolah dengan memberi ruang yang seluas-luasnya agar ide dan gagasan siswa dalam suatu diskusi mengenai suatu materi akan terapresiasikan, tidak hanya itu siswa akan dapat mengembangkan kemampuan inisiatif, pemikiran bebas, kreativitas dalam menyelesaikan masalah yang diajukan oleh guru.

    ReplyDelete
  35. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Anak-anak (dalam hal ini siswa) bukanlah objek dari gurunya. Namun, guru dapat memberikan manfaat kepada siswa. Sebagai contoh ketika guru memberikan bimbingan kepada siswa. Tetapi yang perlu diingat adalah agar bimbingan tersebut tidak berlebihan karena bimbingan yang berlebihan malah akan memberikan efek negatif kepada siswa. Bimbingan yang berlebihan juga dapat diartikan sebagai usaha guru untuk menutupi sifat siswa. oleh karena itu, guru haruslah menjadi fasilitator secukupnya, tidak kurang, namun juga tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  36. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru harus mengikuti perkembangan zaman, karena ilmu pengetahuan selalu berkembang, sehingga seorang guru diharapkan mampu untuk memberikan materi sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, dengan kemajuan IT sekarang ini menurut saya merupakan suatu momentum guru untuk menciptakan invoasi media yang kreatif dan menarik. Terkait dengan asumsi kontradiksi di atas, jika kita memanfaatkan media IT tersebut sesuai dengan kondisi kemamapuan siswa, artinya tetap megmfasilitasi secara matematika pendidikan atau matematika sekolah maka tidak ada salahnya menggunakan IT yang ada untuk mempermudah siswa menemukan konsep.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hal yang menjadi permasalahan pada dialog di atas adalah mengenai penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi akan sangat membantu proses pembelajaran selama penggunaan teknologi tersebut sesuai dengan kadarnya. Sehingga proses pembelajaran tidak didominasi oleh penggunaan teknologi. Sebagaimana kata Prof.Marsigit bahwa The younger learner is not the adult invest; but, the adult, with his product/model, may useful for them to develop their life. Jadi bagi guru atau orang dewasa jangan jadikan siswa sebagai objek investasi, tetapi apa yang orang dewasa hasilkan dapat bermanfaat bagi para siswa.

    ReplyDelete
  38. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Tidak semua selalu berdampak positif dan negatif, begitu juga halnya dengan IT. Tergantung untuk apa dan siapa yang menggunakannya. IT berfungsi untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya IT siswa ataupun guru bisa mengembangkan pengetahuannya tidak hanya di kelas namun bisa dimana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  39. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam usaha mempelajari matematika adalah akan disajikan suatu kontradiksi. Dari kontradiksi tersebut aka terjadi sebuah perbincangan yang akan menyelesaikan kontradiksi tersebut untuk membuktikannya. Dalam usaha untuk membuktikan kontradiksi tersebut maka akan tercipta matematika itu dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  40. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam artikel ini juga menekankan bahwa pentingnya untuk guru untuk tidak memaksakan kehendaknya kepada siswanya. Berikan siswanya kebebasan berpikir untuk mengemukakan gagasan-gagasan dan idenya meskipun ide atau gagasan tersebut berbeda dengan apa yang diungkapakan oleh guru. Guru selalku orang yang lebih mumpuni dan berkewajiban untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya haruslah lebih meningkatkan kemampuannya untuk dapat mengembangkan model yang secdara tepat dapat memfasilitasi siswanya agar dapat memiliki kompetensi-kompetensi yang berguna bagi kehidupannya kelak.

    ReplyDelete