Mar 20, 2013

Mathematics and Language 8






Wow - this exchange is very heavy! My comments are on a very simple level: I am very good in math, I use it a lot, but when I look at the index of a first- or second- year algebra text I have no idea what the terms mean in the chapter headings; I can do it all once I read the problem, but the categorization is beyond me. If I were a kid learning this stuff I would be really put off - there is too much totally unnecessary vocabulary. 

Hi, Irene, good that you are bringing the thread back to its original idea. I think that everyone agrees that the vocabulary puts kids off. There are two big problems, however: (a) nowadays almost everything else in mathematics courses, not just the vocab, puts kids off. (b) Which vocab should one get rid of? After all, certain vocab will be necessary for some of the kids who have contact later on with mathematics, so we can't replace everything. Any suggestions? 

Irene's concerns is one of the communication problem in horizontal mathematics. This proves the claim of Realistic st that there should be Horizontal and Vertical Mathematics. And also give the account of School Mathematics that one of the nature of school mathematics is Communication; and thus the talk about the relationship between Mathematics and language is relevant. Whilst Vertical Mathematics is the business of Pure Mathematicians, and advance or adult learner. For the outsiders or the younger learner of mathematics concrete mathematics will be more realistic. Whilst what Marty's did by his model of communication is a very highly and sophisticated approach of using technology to offer the schema of a very specific communication with the specific aims and specific results. This further a proof that communication has its various dimensional contextually, culturally, psychologically and philosophically. Therefore I do not see that Marty's Models are able to give solution to Irene's problems. Again I wish to remain to whom it may concern that we need to approach our younger generation with mathematics of their world.

25 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam percakapan tulisan ini, irene adalah salah satu peserta didik young learner yang mengalami kesulitan dalam memahami kosakata yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini juga menjadi bukti bahwa secara realistik, matematika terbagi menjadi dua, yaitu horizontal dan vertikal. Vertikal matematik merujuk kepada matematika bagi yang sudah dewasa(bukan berstatus sebagai young learner) sehingga tidak menjadi masalah ketik pembahasannya menyangkut matematika murni, sedangkan horizontal matematik berhubungan dengan young learner yang membutuhkan perhatian di beberapa aspek, seperti kontekstual, kebudayaan, psikologi dan juga secara filsafat.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Salah satu aspek kognitif dalam pendidikan matematika adalah komunikasi matematis yang masuk ke dalam kategori matematika horizontal. Komunikasi matematis di dalam pembelajaran sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara guru dan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Komunikasi memiliki berbagai dimensi, yakni kontekstual, kultural, psikologis, dan filosofis. Salah satu manfaat dari komunikasi matematis dalam pembelajaran adalah mengomunikasikan bagaimana proses mengubah benda konkrit menjadi abstrak kepada siswa. Jadi, bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam matematika horizontal.

    ReplyDelete
  3. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Komunikasi dalam pembelajaran matematika sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam belajar matematika komunikasi tidak hanya sekadar berbicara atau interaksi antara guru dan siswa namun komunikasi juga belajar bagaimana kita bisa mengkomunikasikan bahasa matematika yang simbolik menjadi bahasa verbal begitu sebaliknya. Elegi di atas mengatakan bahwa komunikasi matematika ada dua yaitu horizontal dan vertikal. Dua-duanya adalah aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Menyangkut bagaimana young learners dan yang bukan young learners mempelajari matematika dan matematika murni.

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Secara realistik, matematika dibagi menjadi dua yaitu matematika vertikal dan horizontal. Vertikal berarti matematika bagi orang dewasa (bukan young learner) dan horizontal adalah matematika untuk young learner, yaitu yang membutuhkan perhatian pada beberapa aspek, seperti kebudayaan, kontekstual, psikologi dan filsafat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Untuk mengajarkan matematika pada siswa maka yang diperlukan oleh guru adalah mengemas matematika dalam dunia anak-anak, matematika sebagai sesuatu yang mudah dipahami oleh anak dan metametika yang dekat dengan kehidupan anak. Pola belajar yang kontekstual akan membuat anak mudah memahami dan ilmunya akan lebih bermakna. Dengan kebermaknaan maka ilmu yang diperoleh siswa akan lebih bermakna dan terkonstruksi baik dalam pikiran siswa.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Salah satu sifat matematika adalah komunikasi. Model komunikasi yang dilakukan Marty adalah pendekatan yang sangat tinggi dan canggih dalam menggunakan teknologi untuk menawarkan skema komunikasi yang sangat spesifik, denga tujuan spesifik, dan hasil yang spesifik. Namun sesungguhnya model ini juga tidak bisa membantu masalah yang lainnya. Sesungguhnya dalam mengajarkan matematika kita harus bisa masuk dalam dunianya dan memahami bagaimana mereka. Oleh karena itu, kita harus mendekati siswa untuk dapat lebih dekat dengan mereka, mengetahui bagaimana dunia, bagaimana mereka bersosialisasi, apa yang mereka suka, serta dapat memahami bagaimana mereka belajar sehingga guru bisa mengetahui juga apa yang harus direncanakan dan digunakan dalam melakukan pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Matematika erat hubungannya dengan bahasa karena adanya komunikasi yang terjalin untuk menyampaikan setiap materi yang ada dari guru kepada siswa. Hal tersebut sesungguhnya harus cukup diperhatikan terutama kepada guru karena guru harus bisa membawa matematika kepada siswa khususnya pada generasi muda. Terkait dengan bahasa, guru juga harus mengerti bagaimana bahasa generasi muda agar komunikasi dapat berjalan dengan baik sehingga dapat juga dimanfaatkan untuk pemebalajaran matematika yang lebih baik lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Masalah komunikasi dalam matematika ada dua yaitu secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal berkaitan dengan matematika murni untuk orang dewasa, sedangkan secara horizontal berkaitan dengan model komunikasi dalam mengajar matematika. Pada intinya, penggunaan tata bahasa dalam komunikasi saat mengajar dan pendekatan kepada siswa sangat penting. Karena anak-anak proses berpikirnya konkret maka dalam mengajar bahasa yang digunakan harus sederhana dan pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    This article emphasize there should be difference between horizontal and vertical math. Horizontal is for younger learner while vertical math should be for pure mathematics.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Irene Sawchyn mengungkapkan bahwa terdapat kosakata matematika yang sulit ia pahami. Dalam diskusi ini membahas tentang perbedaan matematika anak dan orang dewasa. Matematika yang biasa diajarkan di sekolah cenderung bersifat konstektual, yaitu bagaimana seseorang dapat mengomunikasikan konsep-konsep matematika kepada anak. Sedangkan matematika universitas merupakan matematika praktikal yang berhubungan langsung dengan praktik di lapangan. Selain itu diatas disebutkan matematika horizontal dan vertical, dapat dipahami bahwa matematika horizontal yaitu matematika yang berhubungan dengan anak atau young learner, sedangkan matematika vertical yaitu matematika orang dewasa yang terdiri dari berbagai aspek seperti aspek filosofis, budaya, dan psikologi.

    ReplyDelete
  11. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dalam berbagai buku atau artikel, kita sering menemukan berbagai macampemilihan kata dan gaya bahasanya. Pembaca membutuhkan kemampuan untuk membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi. Akan tetapi untuk buku pelajaran seperti matematika sebaiknya menggunakan kalimat yang efektif agar mudah dipahami inti materinya. Kalimat efektif mengungkapkan ide dan gagasan penulis yang di sampaikan kepada pembaca agar pembaca dapat menerima ide dan gagasan penulis dengan jelas.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Komunikasi matematik mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan proses-proses matematik yang lain, seperti pemecahan masalah, representasi, refleksi, penalaran dan pembuktian, serta koneksi, dimana komunikasi diperlukan untuk melengkapi dari setiap proses matematik yang lain. Komunikasi matematik juga merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai fondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Melalui komunikasi memungkinkan berfikir matematis dapat diamati dan karena itu komunikasi memfasilitasi pengembangan berfikir.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Komunikasi penting dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan, khususnya matematika. Melalui komunikasi ide dapat tercermin, ditingkatkan, dibahas dan dikembangkan. Matematika adalah bahasa dan bahwa komunikasi adalah esensi dari mengajar, belajar, dan mengakses matematika. Sehingga bahasa dan matematika tidak dapat dipisahkan karena dalam pembelajaran matematikasekolah perlulah untuk menggunakan bahasa yang baik dalam mengintepretasi bahasa matematika. Matematika Sekolah merupakan pembelajaran matematika didalamkelas yang harapanyadisesuaikan dengan dunia siswa atau dunia anak dalam memberikan materi pembelajarannya.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018


    Matematika merupakan masalah dalam dunia nyata yang dibawa ke dalam dunia matematika, dilakukan pengolahan, kemudian hasil pengolahan dibawa lagi ke dunia nyata untuk ditafsirkan solusinya. Adapun yang dimaksud dengan matematika horizontal, berkaitan dengan pengetahuan siswa sebelumnya bersama intuisi yang mereka digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dari dunia nyata. Sedangkan matematika vertikal berkaitan dengan proses pengorganisasian kembali pengetahuan yang telah diperoleh dalam simbol-simbol matematika yang lebih abstrak.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Elegi di atas menjelaskan mengenai masalah komunikasi yang sering terjadi dan dialami oleh siswa dalam belajar matematika. Komunikasi memiliki berbagai dimensi secara konstektual, budaya, psikologis dan filosofis. Sebagai seorang guru harus memahami dimensi yang tepat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Komunikasi pembelajaran di kelas dewasa akan berbeda dengan kelas anak-anak. Begitu juga dengan metode komunikasi serta media komunikasi yang berfungsi sebagai alat pembantu dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Matematika dapat dibedakan menjadi verikal dan horizontal. Matematika vertikal adalah untuk matematika murni, para matematikawan, atau untuk perguruan tingg. Sedangkan matematika yang sesuai untuk siswa adalah matematika horizontal. Salah satu hakekat matematika menurut matematika sekolah adalah matematika sebagai alat komunikasi. Untuk siswa sekolah, matematika yang bersifat konkret atau dikomunikasikan secara konkret lebih realistik bagi siswa. Komunikasi yang digunakan adalah beragam dan kontekstua, sesuai dengan budaya, psikologi, dan filosifinya. Maka kita perlu menggunakan pendekatan pembelajaran matematika pada siswa dengan menggunakan dunianya.

    ReplyDelete
  17. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut aliran Realistis harus ada Matematika Horisontal dan Vertikal. Dikatakan pula bahwa salah satu sifat matematika sekolah adalah Komunikasi; dan dengan demikian ada hubungan relevan antara Matematika dan bahasa. Komunikasi bukanlah sebatas apa yang diucapkan namun juga apa yang dituliskan dan apa yang disimbolkan. Membahas komunikasi maka identik pula dengan penggunaan simbol, baik simbol visual dan simbol verbal. Dalam pembelajaran matematika penggunaan kedua simbol tersebut sangatlah penting, seperti apa yang dibahas oleh Richard Skemp, seorang ahli yang fokus terhadap psikologi pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dari elegi ini yang perlu dipahami adalah Matematika Sekolah bahwa salah satu sifat matematika sekolah adalah Komunikasi. dengan demikian pembicaraan tentang hubungan antara Matematika dan bahasa relevan. Sedangkan Vertical Mathematics adalah bisnis Pure Mathematicians, dan pelajar tingkat lanjut atau dewasa. Untuk orang luar atau pelajar yang lebih muda dari matematika beton matematika akan lebih realistis. komunikasi memiliki berbagai dimensi secara kontekstual, budaya, psikologis dan filosofis. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, komunikasi adalah alat dalam pembelajaran matematika sangat penting dan sangat dibutuhkan, dimana komunikasi tidak hanya sekadar bisa berbicara atau berinteraksi guru dan siswa, namun komunikasi juga membuat kita belajar bagaimana mengomunikasikan bahasa matematika yang banyak simbol-simbolnya dalam simbol verbal dan simbol visual. Kemudian, dalam prakteknya komunikasi matematika ada dua yaitu horizontal dan vertikal. Kedua komunikasi ini adalah aspek yang penting dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  20. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Salah satu sifat matematika sekolah adalah Komunikasi. Untuk itu komumikasi sangat penting terutama bagi para siswa. Dalam matematik komunikasi dapat berupa verbal dan visual. Simbol-simbol dalam matematika pun merupakan suatu alat komunikasi. Untuk itu sebagai seorang guru memperhatikan komunikasi matematika sangat penting.

    ReplyDelete
  21. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Dalam membelajarkan matematika ada yang berbagai hal yang perlu diperhatikam. Dalam elegi tersebut saya setuju dengan pendapat bapak Marsigit bahwa kita perlu mendekati generasi muda kita dengan matematika dunia mereka. Kita dapat membelajarkan matematik dengan belajar bagaimana siswa belajar. Kita harus mengidentifikasi bagaimana karakteristik siswa terlebih dahulu baru membelajarkan matematika sesuai bagaimana karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  22. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Komunikasi juga berpengaruh terhadap proses belajar mengajar terutama pembelajaran matematika. Pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan suatu bentuk komunikasi antara guru dengan siswa dengan tujuan agar materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Apalagi dalam proses pembelajaran inovatif, siswa dituntut untuk selalu berkomunikasi. Komunikasi tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu komunikasi vertikal dan horisontal.

    ReplyDelete
  23. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2013

    Komunikasi adalah bagian penting dalam proses mentransfer ilmu dan pengetahuan matematika. Melalui komunikasi tersebut ide dapat tercermin, ditingkatkan, dibahas dan dikembangkan. Matematika adalah bahasa dan bahwa komunikasi adalah esensi dari mengajar, belajar, dan mengakses matematika. Sehingga bahasa dan matematika tidak dapat dipisahkan karena dalam pembelajaran matematikasekolah perlulah untuk menggunakan bahasa yang baik dalam mengintepretasi bahasa matematika. Matematika Sekolah merupakan pembelajaran matematika didalamkelas yang harapanyadisesuaikan dengan dunia siswa atau dunia anak dalam memberikan materi pembelajarannya.

    ReplyDelete
  24. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Matematika erat kaitannya dengan bahasa untuk mengkomunikasikan konsep. Komunikasi adalah hal yang penting yang digunakan pada segala hal, termasuk pembelajaran. Komunikasi tersebut membutuhkan bahasa untuk dapat dipahami. Komunikasi yang sistematis dibutuhkan dalam pembelajaran untuk menghindari kesalah pahaman konsep antara guru dan peserta didik. Sehingga bahasa memiliki peran yang penting dalam matematika.

    ReplyDelete