Mar 20, 2013

Mathematics and Language 12



@David: My exchange with you is about dimension of communication. For me, there was no contradiction of my previous statement. You are still in the stage of formal thinking (math way) to translate language phenomena. If you wish to understand the life better by translating language of life, so you need to improve (lift up) your dimension of communication i.e. go into the normative stage. It was very clear, in my perspective, from normative dimension, that technology is the product of adults, however we should be wise to use them to facilitate the younger learner. In the case of interaction with the adults' product, the younger should have their own determination, effort, creativity in the scheme of constructing their life (math). Finish.
Further, still about the term 'contradiction', I will say that as other phenomena, this also has its dimension. The mathematical contradiction is different with the normative contradiction. The contradiction in mathematics means 'inconsistency'; but in the normative dimension, it means not in accord with the Identity rule.

29 comments:

  1. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Bahasa memiliki peran yang dinamis dalam matematika. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar sangat berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam pembelajaran siswa sekolah menengah, bahkan perguruan tinggi. Mengajarkan matematika untuk siswa sekolah dasar sebaiknya selalu dihubungkan dengan benda konkret karena mereka belum mampu berpikir secara abstrak. Sedangkan untuk siswa menengah, mereka sudah mulai berpikir secara abstrak. Bahasa yang digunakan dalam matematika memiliki dimensi yang berbeda-beda sesuai dengan ruang dan waktunya, sehingga guru harus mampu memahami hal tersebut.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Perdebatan tentang mengkomunikasikan matematika yang ada di tulisan ini terletak pada penggunaan bahasa murni yang diajarkan kepada siswa young learner, seperti yang dikatakan oleh Mr Doug, tidak dipungkiri bahwa bahasa pertama kali diperdengarkan kesiswa dan kemudian terjadi pembiasaan. Tetapi hal ini jelas berbeda dengan matematika yang jika tidak dikaitkan ke dalam sisi kontekstual tentu saja akan membuat siswa bingung dan tidak memahami esensinya. Tentu saja untuk sekedar mengenal satu kata siswa mampu mengucapkan dan membacanya, tetapi untuk mengenal dan mengetahui maknanya, siswa memiliki pertimbangan dan faktor lain seperti dalam aspek psikologis, kebudayaan, dan filosofisnya. Hal inilah yang harus dipahami oleh guru untuk memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi matematika.

    ReplyDelete
  3. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Fokus ke cara guru membahasakan matematika kepada siswa, mereka akan memulainya dengan gambar, dengan menulis, dengan menulis sketsa, dengan apapun untuk lebih memberikan pemahaman kepada siswa selagi menjelaskan secara verbal. Bila hanya terfokus pada verbal, siswa hanya akan membayangkannya secara acak secara tidak teratur yang malah berujung pada mengarang bebas sesuai keinginan mereka sendiri. Sehingga, perlu dihindari hal seperti verbal ini dalam pembelajaran terutama matematika, karena meskipun abstrak mempunyai banyak hal yang harus dijelajahi dengan cara menggambarkan gambaran umum untuk memperoleh suatu kesimpulan dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Komunikasi dalam pembelajaran matematika tidak akan bisa berjalan dengan baik jika salah satu piha, baik itu siswa maupun guru tidak sepaham dalam bahasa matematis atau bahasa matematika. Banyak siswa yang hanya sebatas tahu bahasa matematika tetapi tidak benar-benar memahami makna yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, disini tugas seorang guru menjadi sangat penting agar siswa memahami konsep bahasa matematika sekaligus mampu mengaitkannya dalam permasalahan kontekstual.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math 2018

    Salah satu hakekat matematika adalah matematika itu sebagai bahasa. Yang artinya dalam matematika kita mengenal, verbal, simbolik dan grafik. Semua itu adalah bahasa, hanya bentuknya saja yang berbeda. Karena bahasa tidak selalu identik dengan kalimat atau kata-kata , dalam matematika kita belajar bagaimana membahasakan bahasa verbal menjadi bahasa simbolik, bahasa simbolik menjadi grafik begitu juga sebaliknya. Di sekolah dasar, masalah membahasakan matematika perlu diajarkan oleh guru mulai dengan benda-benda yang konkret sehingga siswa lebih paham, karena nantinya akan berbeda ketika SMP, SMA bahkan perguruan tinggi yang akan tampak semakin kompleks. Penting membahasakan matematika diajarkan sejak sekolah dasar.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ada hubungan yang kuat antara matematika dan bahasa. Matematika yang diketahui merupakan simbol-simbol. Akan sangat sulit jika tidak dibantu dengan adanya bahasa yag sesuai. Jika kita hanya mengetahui simbol tanpa adanya bahasa yang menerjemahkan, maka akan sangat sulit untuk dapat memahaminya. Guru dapat mengajar dengan baik dan mudah dipahami siswa jika bisa menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, bahasa yang komunikatif juga penting karena setiap jenjang mempunyai cara sendiri-sendiri dalam mengajarkannya. Seseorang akan merasa lebih mudah belajar matematika jika kata-kata yang akan dipelajari adalah kata-kata yang sudah sering didengar sebelumnya. Tentu merekan akan merasa akrab dan tidak asing lagi, sehingga mudah bagi guru untuk mengajarkannya. Oleh karena itu, guru harus mengetahui bagaimana karakter siswa sehingga dapat memperkirakan bagaimana cara menyampaikannya sehingga dapat diterima dengan baik oleh siswa.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Teknologi yang merupakan produk dewasa, namun kita harus bijak menggunakannya untuk memfasilitasi pelajar muda. Dalam hal interaksi dengan produk dewasa ', yang lebih muda harus memiliki tekad mereka sendiri, usaha, kreativitas dalam skema membangun hidup mereka (matematika). Kotradiksi juga dapat dipaparkan sebagai fenomena lain, dengan dimensinya masing-masing. Kontradiksi matematika berbeda dengan kontradiksi normatif. Kontradiksi dalam matematika berarti 'inkonsistensi', tetapi dalam dimensi normatif, artinya tidak sesuai dengan aturan Identity.

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebenar-benarnya hidup, pasti ada kontradiksi. Hal itu yang Pak Marsigit sampaikan pada artikel di atas. Kontradiksi dalam matematis berbeda dengan kontradiksi dalam normatif. Kontradiksi dalam matematika artinya inkonsistensi sedangkan dalam dimensi normatif artinya tidak sesuai dengan aturan identitas. Oleh karena itu kontradiksi dapat kita simpulkan dari suatu ingkaran dari suatu kebenaran.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penggunaan bahasa yang tepat adalah kunci dari pemahaman konsep matematika. bahasa Bahasa dalam matematika menempati ruang dan waktu artinya bahasa yang digunakan untuk mengajar anak-anak dengan orang dewasa tidaklah sama. Kemampuan berpikir anak-anak adalah berpikir konkret sehingga dalam mengajar guru harus mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga bahasa yang digunakan dalam penyampaian juga harus sederhana, sedangkan untuk orang dewasa kemampuan berpikirnya sudah berpikir abstrak sehingga bahasa yang digunakan sudah lebih kompleks. Untuk itu, bahasa yang digunakan dalam mengajar harus disesuaikan dengan kondisi siswanya.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Bahasa dan matematika saling melengkapi. Sebagian menyatakan bahwa matematika merupakan bahasa dalam bentuk lambang-lambang. Matematika dapat mengembangkan bahasa verbal secara kuantitatif. Sebagai contoh bahasa mendeskripsikan ikan paus berat. Dengan matematika, deskripsi ikan paus lebih kuantitatif. Ikan paus besar, beratnya 3 ton.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Bahasa orang dewasa berbeda dengan bahasa anak. Bahasa guru berbeda dengan bahasa siswa. Maka dalam pembelajran matematika, guru harus pandai menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa seumuran mereka. Dengan demikian, komunikasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran karena komunikasi menentukan atau menjembatani tranmsfer knowledge guru ke siswa. Bahasa yang mudah dipahami anak akan berdampak pada materi yang diterima oleh siswa. jadi fokus guru bukan kenyamanan guru memberi materi tetapi membahasakan kepada siswa agar mudah menerima pembelajaran sehingga ketercapian tujuan dan materi dapat berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    The using of technology in facilitating younger learner should be wise. We, as an adult, should be very wise in using technology for younger learner. I agree to that statement. Younger learner still need our help in choosing whether it helps their work or not.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Terdapat perdebatan dalam mengomunikasikan matematika kepada anak dalam hal ini young learner. Bahasa pertama kali diperdengarkan kepada anak dengan pembiasaan melalui aktivitas sehari-hari. Akan tetapi jika tidak diterapkan kedalam bahasa konstektual akan membuat anak bingung dan tidak memahami maksud dari bahasa tersebut. untuk mengenalkan bahsa kepada anak maka harus mempertimbangkan aspek-aspek lain seperti aspek psikologis yang terdiri dari kognitif dan intelegensia, aspek filosofis, dan aspek kebudayaan atau kebiasaan. Guru dan orang dewasa harus memahami hal tersbut untuk dapat membantu anak dalam mengkonstruksi penggetahuannya terutama dalam mengenal bahasa-bahasa matematika dan memahami aspek-aspek lain dalam matematika.

    ReplyDelete
  14. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada akhir dialog ini, Prof. Marsigit juga menegaskan bahwa kontradiksi matematis berbeda dengan kontradiksi normatif. Kontradiksi dalam matematika berarti 'inkonsistensi'; tetapi dalam dimensi normatif, itu berarti tidak sesuai dengan aturan Identitas atau pertentangan antara dua hal yang sangat berlawanan. Kontradiksi dalam matematika diartikan sebagai suatu pernyataan majemuk yang bernilai salah untuk semua kemungkinan dari premis-premisnya. Jadi, kontradiksi berlawanan dengan tautology yang selalu bernilai benar. Dalam matematika, untuk membuktikan apakah suatu pernyataan tersebut kontradiksi, maka ada dua cara yang digunakan, yaitu menggunakan tabel kebenaran atau dengan melakukan penjabaran atau penurunan dengan menerapkan hukum Ekuivalensi Logika.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Mengajarkan matematika untuk siswa sekolah dasar sebaiknya selalu dihubungkan dengan benda konkret karena mereka belum mampu berpikir secara abstrak. Seseorang akan merasa lebih mudah belajar matematika jika kata-kata yang akan dipelajari adalah kata-kata yang sudah sering didengar sebelumnya. Sehingga penyampaian dan bahasa yang digunakan haruslah yang sesederhana mungkin agar lebih mudah dipahami.

    ReplyDelete
  16. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Matematika merupakan sebuah bahasa yang berusaha menghilangkan ambigu, majemuk, dan emosional dari bahasa verbal. Lambang matematika dibuat secara artifisial dan individual yang merupakan perjanjian yang berlaku khusus. Pernyataan matematik mempunyai sifat yang jelas, spesifik dan informatif dengan tidak menimbulkan konotasi yang bersifat emosional

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Matematika dapat dimengerti oleh siswa jika bahasa yang digunakan dalam penyampaiannya tepat. Kata-kata yang dipilih harus sederhana dan tidak membingungkan serta mudah dipahami. Karena bahasa sangat mempengaruhi makna dari matematika yang akan diajarkan. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang mengarahkan pada pemahaman siswa terhadap materi dan mudah dimengerti atau yang menimbulkan rasa ingin tausehingga siswa merasa senang dalam pembelajaran matematika siswa.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan guru dalam membelajarkan matematika pada siswa ialah dengan menggunakan teknologi. Namun, penggunaan teknologi tidak hanya sembarang menggunakan, tetapi harus memperhatikan banyak hal. Diantaranya, kita harus memastikan bahwa teknologi tersebut dapat benar-benar mengkomunikasikan matematika pada siswa. Komunikasi yang diciptakan ialah komunikasi yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan siswa. Meski demikian, siswa perlu berusaha dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengkonstruksi matematika.

    ReplyDelete
  19. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kontradiksi adalah pertentangan antara dua hal yang sangat berlawanan atau bertentangan. Tidak konsisten belum tentu kontradiksi. Tetapi kontradiksi pastilah tidak konsisten. Artinya jika kita mampu menemukan kontradiksi pada unsur- unsur tersebut maka unsur-unsur itu pastilah tidak konsisten. Kontradiksi matematika berbeda dengan kontradiksi normatif. Kontradiksi dalam matematika berarti 'inkonsistensi'; tetapi dalam dimensi normatif, itu berarti tidak sesuai dengan aturan Identitas.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Bahasa berperan penting dalam menjelaskan, dalam menerjemahkan matematika. Bahasa merupan simbol verbal dalam matematika yang bertujuan untuk mempermudah membaca matematika. Simbol verbal dalam matematika termasuk ucapan dan tulisan yang keduanya juga merupakan simbol dari bahasa. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dapat menerjemahkan sebuah matematika. Matematika juga diterjemahkan oleh bahasa sebagai simbol verbal. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
      Matematika memang pelajaran yang banyak menggunakan simbol. Untuk itu perlu berhati-hati kepada para pendidik untuk memperkenalkan simbol kepada siswa. Sebagai contoh beberapa simbol yang sama untuk masalah berbeda tentunya akan membuat siswa bingung dalam memahami suatu materi.

      Delete
  21. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, bahasa memiliki peran yang penting dalam matematika. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran siswa SD sangat berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam pembelajaran siswa SMP atau SMA, bahkan mahasiswa perguruan tinggi. Memeberikan pengajaran matematika untuk siswa SD sebaiknya selalu dihubungkan dengan suatu alat peraga yang dapat di lihat siswa dalam kehidupan sehari-hari, karena apabila hanya dengan cerita mereka belum mampu menalar dari cerita tersebut. Sedangkan untuk siswa SMP atau SMA, mereka sudah mulai mampu menalar. Berdasarkan ruang dan waktu, bahasa dalam matematika memiliki dimensi yang berbeda-beda, sehingga guru harus mampu memahami setiap keadaan siswa maupun lingkungan.

    ReplyDelete
  22. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Untuk menyatukan berbagai perbedaan persepsi tersebut dibutuhan suatu komunikasi yang baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Apalagi di dalam matematika banyak kita jumpai berbagai rumus-rumus yang perlu dijalin komunikasi dengan baik. Di sekolah dasar, guru jangan langsung memperkenalkan matematika dalam bentuk formal, melainkan melalui pendekatan yang cenderung konkret. Misalnya untuk memperkenalkan pengurangan kita dapat memberi contoh dengan hal lain atau benda lain yang sifatnya mudah dipahami siswa.

    ReplyDelete
  23. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Keterampilan komunikasi dari guru sangat penting. Penggunaan bahasa guru juga menentukan keberhasilan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Sehingga, dapat dikatakan bahwa matematika memiliki hubungan yang erat dengan bahasa. Karena melalui bahasa inilah, matematika dapat dikomunikasikan dan menimbulkan konsep yang sepaham, walaupun dalam menumbuhan konsep tersebut dengan berbagai cara yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Seiring perkembangan zaman, komunikasi tidak hanya dilakukan secara langsung. Guru dan siswa dapat berkomunikasi secara tidak langsung, salah satu cara yang telah diterapkan yaitu melalui blog seperti yang telah Bapak Marsigit terapkan. Ini menjadi salah satu bentuk variasi pembelajaran pendukung yang dapat diterapkan oleh pendidik.

    ReplyDelete
  25. Samsul Arifin/18701261007/S3 PEP

    Bahasa merupakan alat untuk menyampaikan maksud dan tujuan yang terkandung pd suatu obyek. Pemahaman bahasa seseorang berpengaruh juga terhadap pemahaman terhadap ssesuatu yang disampaikan. Bahasa harus mampu menjembatani keterbatasan itu. Bahas harus mampu menyesuaikan dengan ruang dan waktu seiring dengan perkembangan dan kematangan seseorang. Dalam pembelajaran matematika guru harus mampu menerjemakan simbol dan angka dalam bahasa ynag bisa dimegerti oleh siswa.

    ReplyDelete
  26. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Bahasa adalah sarana untuk menjembatani orang dewasa dan anak-anak. Akan tetapi bahasa itu jugalah yang dapat menjadi pemisah keduanya jikalau seseorang tidak berperilaku sopan terhadap bahasa yang terikat ruang dan waktu. Hal ini menunjukkan pula bhawa orang tersebut telah berlaku anarkis terhadap ruang dan waktu. Bahasa itupun erat kaitanya dengan komunikasi. Hal ini disebabkan bahwa bahasa perlu dikomunikasikan. Komunikasi itulah yang membuat gagasan terdengar bahkan diakui keberadaannya. Karenanya baik orang dewasa maupun anak-anak, keduanya perlu untuk bijak dalam menggunakan bahasa dan komunikasi.

    ReplyDelete
  27. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bahasa dan Matematika memiliki koneksi yang penting dan kuat. Diharapkan untuk dapat memahami bahasa hidup untuk dapat mengkomunikasikan konsep. Matematika pada siswa kelas sekolah dasar dan sekolah menengah atas sangat berbeda penggunaannya. Bahasa yang digunakan untuk mengajarkan materi matematika akan sangat beragam sesuai dengan perkembangan bahasa mereka. Guru harus dapat untuk memahami hal tersebut agar materi dapat dipahami siswa.

    ReplyDelete