Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan

Oleh Marsigit

Neopragma Diraja Selatan:
Uheh...semua hadirin yang aku banggakan. Sampailah kita pada saat yang ditunggu-tunggu. Pada Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan ini, aku sebagai tetua syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Dalam waktu dekat ini kita harus menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Saya persilahkan Keynote Presenter untuk menyampaikan laporan anda.



Batu Keramat Diraja:
Kenalkanlah nama saya Batu Keramat Diraja atau Transenden Lokal Negatif Diraja. Dalam rangka menyukseskan program nasional menggoda anak cucu Adam dunia selatan, saya dengan semua prajurit-prajuritku telah berhasil menggoda banyak sekali manusia. Tetapi manusia-manusia yang berhasil aku rekrut adalah manusia yang berasal dari golongan beriman menengah ke bawah, yaitu yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Pendek kata, target atau sasaranku adalah masyarakat kebanyakan atau masyarakat umum. Baru-baru ini saya telah berhasil merekrut Ankala beserta keluarganya, tetapi saya mempunyai kendala besar karena niatku diketahui oleh Kyai Mursidin. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi. Untuk sementara semua prajuritku saya tarik mundur. Dapat saya sampaikan bahwa keberhasilan program saya hampir delapan puluh presen. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya kejahatan, konsumerisme, hidup instant, orientasi materi, dst.

Teknopragma Selatan:
Kenalkan nama saya adalah Teknopragma Selatan. Aku sebagai tetua teknokrat syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow juga, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Maka sayapun berkewajiban menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Tugasku adalah menggoda dan menggelincirkan teknokrat anak cucu nabi Adam dunia selatan untuk menjadi pengikutku. Baru-baru ini saya telah berhasil membalas kekalahan saya sebelumnya dari Matematikawan anak cucu nabi Adam selatan. Aku telah berhasil menyusup hingga sampai hati dan pikirannya sehingga akhirnya dia dapat menyimpulkan bahwa berdoa dan tidak berdoa itu hakekatnya sama saja. Tetapi sialnya, ketika keberhasilanku hampir sempurna, maka datanglah Bagawat selatan dan menolongnya. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi, yaitu bagaimana mengalahkan Bagawat selatan.

Birokratpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Birokratpragma selatan. Sebagai tetua birokrat syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut birokrat anak cucu Adam. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme yang dilakakukan para birokrat negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda birokrat selatan semakin mantap.

Politiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Politiapragma Selatan. Sebagai tetua politikus syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut politikus anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan para politisi di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda politikus selatan semakin mantap.

Judistiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Judistiapragma Selatan. Sebagai tetua penegak hukum syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para penegak hukum anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para penegak hukum di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para penegak hukum selatan semakin mantap.

Ekonomiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Ekonomiapragma Selatan. Sebagai tetua ekonomia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku ekonomi anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku ekonomi negeri selatan semakin mantap.

Edukatiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Edukatiapragma Selatan. Sebagai tetua edukatia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku pendidikan anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme di dunia pendidikan negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku pendidikan negeri selatan semakin mantap.

Spiritualpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Spiritualpragma Selatan. Sebagai tetua spiritual syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para spiritual anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para tokoh spiritual negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para tokoh spiritual negeri selatan semakin mantap.

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehh...mantap dan bangga hatiku. Tidak dalam waktu lama lagi tentu negeri selatan akan bisa saya kuasai semua meliputi segala aspeknya. Hadirin semua...apakah ada pertanyaan?

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan, Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahai sang Neopragma Diraja Selatan pemimpin besarku, perkenankanlah engkau memberi petunjuk bagaimana caranya untuk meningkatkan, mengefektifkan dan mengekstensikan program nasional kita menggoda dan menggelincirkan negeri selatan lengkap dengan para pemimpin dan rakyatnya?

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehhh...pertanyaan yang sangat baik dan saya tunggu-tunggu. Pada bagian pertama ini saya akan menyampaikan kerangka atau skema metode mengganggu, menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama ciptakan struktur bayangan imaginer lengkap yang bersifat isomorphisma dengan struktur negeri selatan. Jika struktur dunia selatan dapat engkau katakan sebagai Struktur Tergoda Dunia Selatan, maka strukturmu tersebut dapat engkau sebut sebagai Struktur Dunia Syaitan Selatan. Kedua, masuklah semua unsur-unsurku, yaitu semua Syaitan bawahanku agar menduduki tempat, jabatan, peran dan fungsi yang setara dan seletak yang berada di negeri selatan. Maka terjadilah pasangan satu-satu antara struktur dan penghuni negeri selatan dan dengan struktur kita. Ketiga, buatlah rumus matematika berupa Fungsi Menggoda dari Struktur Dunia Syaitan Selatan menuju Struktur Tergoda Dunia Selatan; dengan demikian maka tidak ada satupun wargaku itu tidak mempunyai tugas; dan tidak ada satupun dari warga Dunia Selatan terbebas dari godaan.

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan,Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahah...suatu metode yang sangat jitu. Kami masih menanti petunjukmu yang bagian kedua.

Neopragma Diraja Selatan:
Pada bagian kedua ini saya akan memberi petunjuk yang bersifat substansial bagaimana engkau mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama, ingatlah bahwa sekarang ini adalah momentum yang sangat baik dimana dunia selatan sedang mengalami masa transisi. Pada masa transisi ini maka semua penduduk dunia selatan sedang mengalami kebingungan konsep, kebingungan nilai, kebingungan arah, kebingungan orientasi, kebingungan prinsip, kebingungan pola komunikasi, kebingungan kebenaran, kebingungan panutan, kebingungan spiritual, kebingungan sosial, kebingungan ekonomi, kebingungan pendidikan, kebingungan hati nurani, kebingungan tatanilai, kebingungan budaya. Semua kebigungan itu adalah hasil kerja team imajiner sang Powernow yang telah menyusupkan nilai, paradigma, teori, dan persepsi kedalam masyarakat dunia selatan. Team imajiner sang Powernow telah berhasil menduduki hampir segmen-segmen ruang imajiner dunia selatan sehingga mereka tidak menyadarinya. Kesadaran mereka selalu tertinggal dengan dampak yang ada yang kira ciptakan.

Neopragma Diraja Selatan:
Kedua, ingatlah janji dan sumpah sang Syaitan Bertanduk Tujuh yang bertekad memperdayakan anak cucu Adam. Untuk tujuan itu maka semua yang ada dan yang mungkin ada dapat digunakan untuk medium, perantara atau cara untuk memperdayakan orang-orang dunia selatan. Janganlah berlaku bodoh...gunaan sifat, kelemahan dan kekuatan mereka untuk menggelincirkannya. Godalah matematikawan dengan matematika, godalah dokter dengan ilmu kedokteran, godalah para tokoh spiritual dengan kitab-kitab sucinya...demikian seterusnya. Godalah orang-orang yang lemah dengan syaitan yang lemah. Gunakan segenapkemampuanmu termasuk kemampuan memasuki aliran darah, aliran nafas dan aliran kesadaran. Gunakan Teori Freud untuk menggoda mereka. Gunakan Sang Anu mereka untuk memciptakan impuls dan rangsangan jahat, agresif, kenikmatan sesaat dan nafsu hedonisme. Gelincirkan mereka dengan ego-ego mereka. Gelincirkan pula superego mereka, artinya ciptakan perang diantara hati, nurani dan pikiran mereka. Gunakan Teori Maslov untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka. Gunakan semua teori mereka untuk menggelincirkan mereka. Hiasilah kehidupan mereka dengan hiasan-hiasan kita. Prioritaskan untuk menggoda hati dan pikiran, karena yang demikian hasilnya akan lebih besar dan lebih langgeng. Apa yang telah saya uraikan itu adalah cara-cara sistemik bagaimana kita mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Setelah semuanya mendengar uraian saya, maka dengan ini saya komandokan agar segera berangkat kembali untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

26 comments:

  1. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Syaitan merupakan makhluk Allah SWT yang memang tugasnya menggoda manusia dari sejak Nabi Adam hingga hari kiamat. Sebagai manusia, perlu meningkatkan iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Karena sesungguhnya syaitan telah menyusun rencana yang sangat halus untuk menjerumuskan manusia dimana yang terlihat baik adalah buruk dan sebaliknya, yang terlihat buruk adalah baik.

    ReplyDelete
  2. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Godaan syaitan kepada manusia tidak akan pernah ada habisnya sebelum manusia itu terjerumus dalam tipu dayanya. Apapun profesi serta jabatan yang kita miliki pasti akan ada godaan syaitan di dalamnya, oleh karena itu kita sebagai manusia harus membentengi diri dengan iman dan taqwa serta memohon perlindungan pada Allah SWT dari banyaknya godaan syaitan yang ada.

    ReplyDelete
  3. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ada saja cara syaitan menjerumuskan manusia. Bias dibilang syetan yang cerdik atau memang iman manusia yang kurang. Bagaimana syetan menjerumuskan dapat melalui perantara dan medium dapat digunakan. Syaitan akan menggunakan sifat, kelemahan, dan kekuatan yang dimiliki oleh manusia untuk menggeleincirkannya. Matematikawan akan digoda dengan matematika, dokter akan digoda dengan ilmu kedokteran, tokoh spiritual akan digoda dengan kitab sucinya, dsb.

    ReplyDelete
  4. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    syetan juga akan menggoda hati dan pikiran kita. Maka kita sangat perlu mendekatkan diri kepada Allah, selalu beriman dan rajin beribadah agar kita senantiasa mendapat perlindungan dan tentunya dijaauhkan oleh hal-hal buruk, salah satunya syaitan.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 Kelas B

    Saya mengikuti alur postingan ini. Disebutkan ada beberapa sisi buruk yang secara perlahan membuat bangsa kita jatuh. Disebutkan pula bahwa setiap yang ada pada bangsa kita memiliki pasangan pada dunia imajiner. "Setan lemah bertugas menggoda tiap tiap yang lemah pada bangsa kita, begitu pula sebaliknya." Saya melihat bahwa di sini terdapat maksut tersirat yang menyampaikan bahwa kita dan bangsa kita saat ini adalah dalam posisi yang terancam. Kita bahkan tidak mengenali kawan kita yang asli ataupun tandingannya. Akan tetapi yang saya belum pahami adalah perihal konsep "imajiner" dalam posingan ini. Jika saya diijinkan bertanya, hakikat imajiner dalam postingan di atas seperti apa nggih, Pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Syaitan memang akan senantiasa menggoda manusia sampai kapanpun. Banyaknya perilaku menyimpang di sekitar kita seperti korupsi, pembunuhan, budaya instan merupakan sedikit dari banyak bukti kerja syaitan yang terus menggoda manusia. Karena itulah sebagai manusia kita harus memiliki tameng agar tidak mudah tergoda oleh syaitan yang ingin mnejerumuskan kita. Dan sebaik-baik tameng adalah iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Semoga kita senantiasa dilindungi dari godaan syaitan yang terkutuk. Amin.

    ReplyDelete
  7. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Elegi ini menceritakan bahwa sesungguhnya manusia yang memiliki keimanan menengah kebawahlah yang terkena efek dari power now. Mereka adalah orang-orang yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Kebanyakan sasarannyaadalah masyarakat umum. Sifat kelemahan dan kekuatan masyarakat umum digoda agar mereka tak berdaya, seperti para tokoh spiritual digoda dengan kitab-kitab sucinya, matematikawan yang digoda dengan matematika, dokter yang digoda dengan ilmu kedokterannya. Hati dan pikiran mereka digoda, maka hendaknya kita sebagai manusia untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah SWT untuk berlindung dari godaan syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  8. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B 2017

    Istilah-istilah dalam ulasan ini begitu sulit untuk dicerna. Namun, saya berusaha untuk memahaminya dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih dalam untuk hal ini. Pemahaman saya tentang tulisan ini adalah siapa saja dapat tergoda oleh para syaithan. Merujuk pada bagian Neopragma Diraja Selatan yang mana menekankan teori Freud untuk menggoda para imaginer nasional. Dalam teori Freud terdapat 3 bagian utama dalam diri manusia yaitu id, ego dan super ego. Jika manusia tidak memiliki super ego yang seimbang maka hidup akan berantakan dan mudah goyah. Hal ini dikarenakan super ego berfungsi sebagai pengendali atau rambu-rambu dalam diri manusia. Jika id lebih mendominasi maka manusia hanya akan menuruti semua dorongan dalam diri yang mana semua dorongan tersebut berasal dari alam bawah sadar. Ini merupakan sasaran utama bagi syaithan untuk menggoda manusia. Syaithan ditakdirkan untuk menggoda manusia. That's why kita harus senantiasa meminta perlindungan kepada Sang Pencipta di manapun kita berada dan dalam kondisi apapun kita juga sebaiknya mengingat-Nya.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Pelajaran yang dapat saya peroleh setelah membaca ‘Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan’ yaitu bahwa dalam menjalani kehidupan pada zaman ini penuh dengan godaan dan tantangan yang berat. Dimana hati, nurani dan pikiran kita sedang beradu pendapat sehingga timbullah disharmoni. Oleh karena itu perbanyak doa sehingga dekat dengan Allah SWT dan terhindar dari godaan syaitan.
    Sekarang ini kita tidak menyadari bahwa Negara kita dijajah melalui teknologi, dimana banyak teknologi yang masuk ke Negara kita, dan kita hanya sebagai konsumen semata.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  10. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Elegi ini adalah salah satu pengingat kita akan kelicikan syetan yang selalu merayu untuk melakukan keburukan. Syetan selalu memiliki seribu cara dalam menggoda manusia. Bahka syeitan bisa memasuki aliran darah, aliran nafas dan aliran kesaaran kita. Dan hal yang utama yang lebih mudah dimasuki syeitan adalah hati dan pikiran, serta golongan yang paling disenangi syeitan adalah golongan yang lemah. Oleh karena itu kita harus memperkuat iman dan taqwa, serta menjadi begawat menggapai kesempatan. Dengan demikian kita memiliki hidup dengan pegangan ilmu, iman, dan tawqa sehingga terjauh dari kebingungan dan terhindar dari godaan syeitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  11. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Manusia itu tidak dapat hidup selamanya, pasti ada saatnya kita itu akan kembali. Tetapi untuk syaitan sudah hidup sejak jaman adam dan hawa. Mereka tahu betul mana manusia yang dapat digoda atau tidak, sangat suka dalam menggoyahkan keimanan dan menyesatkan manusia. Syaitan ada dimana-mana, di segala kondisi, menyerang hati-hati yang goyang, yang mudah terombang ambing oleh hawa nafsu, yang keimanannya lemah. Sehingga untuk dapat menangkal pengaruh syaitan, maka kita perlu meneguhkan hati, memperkuat iman dan taqwa kita kepada Tuhan. Dimulai dari hati dulu, kemudian diiringi dengan pikiran yang bersih, selanjutnya adalah tindakan yang ditujukan untuk memperoleh Ridho Alllah.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Dimas Candra Saputra, S.Pd
    17709251005
    PPs PM A 20117

    Assalamualaikum Prof,
    Kehidupan kita sekarang ini sedang mengalami krisis multidimensi. Struktur kehidupan yang ditawarkan oleh sang Power Now, dengan segala teknologi canggih yang diciptakan, telah berhasil menciptakan budaya konsumtif serta kejahatan di masyarakat. Para pejabat pun banyak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kejadian ini seperti halnya keadaan setan yang selalu menggoda setiap umat manusia. Setan menggunakan sifat, kelemahan dan kekuatan kita untuk menghancurkan kehidupan dan spiritualitas kita. Oleh karena itu, untuk dapat selamat dari godaan setan, kita semua hendaknya selalu menuntut ilmu dan menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Tiadalah manusia mampu melawan godaan setan tanpa pertolongan Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Hal yang sungguh kita ingin hindari di dunia ini adalah godaan syaitan. Godaan syaitan dapat menjelma menjadi apapun dan dapat masuk dalam semua lini kehidupan. Di zaman sekarang, godaan syaitan yang paling sering kita temui dan sulit untuk hindari ialah godaan syaitan dalam wujud teknologi, meskipun masih banyak wujud-wujud godaan syaitan yang lain seperti harta, tahta, pangan, sandang, dan papan. Syaitan dapat menggoda manusia baik dari depan, belakang, samping kanan, maupun samping kiri manusia. Sehingga, benarlah bahwa syaitan dapat menyusup dimana saja, seperti yang dikatakan pada tulisan di atas, menyusup di bidang ekonomi, pendidikan, hukum, politik, birokrasi, dan lain-lain. Berlindunglah kepada Allah SWT dari syaitan, karena sesungguhnya syaitan tidak akan pernah berhenti menggoda manusia sampai manusia mengikutinya.

    ReplyDelete
  15. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    PPs. PM A 2017

    Tuhan menciptakan yang baik dan yang buruk. Dalam kehidupan manusia, ada satu makhluk yang ditugaskan untuk menggoda iman manusia yaitu syaitan. Syaitan saelalu berusaha untuk mengelabui iman manusia melalui berbagai macam cara, diantaranya hasutan, bahkan melalui teknologi dan informasi. Sebagai contoh HP, saat ini sedikit orang yang tidak memiliki HP. Lihat saja, saat adzan berkumandang, banyak orang yang masih sibuk dengan HP nya tanpa bersegera untuk sholat.
    Semoga kita selalu dilindungi dari godaan godaan syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  16. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Setan adalah musuh manusia dan akan terus menggoda manusia hingga akhir zaman. Godaan dan tipu daya setan datang dalam berbagai macam bentuk dan tiap manusia tidak akan luput darinya. Setan akan menggoda manusia agar lebih mementingkan kehidupan duniawi dan hanya memikirkan kenikmatan sesaat sehingga manusia akan melupakan spiritualnya dan tugas utamanya, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Saat ini banyak krisis-krisis yang melanda umat manusia karena mereka lupa kepada Allah SWT dan manusia menempatkan dunia di atas segalanya. Hendaknya sebagai umat beragama, kita lebih mempertebal iman dan takwa kita dan mendekatkan diri dengan Allah SWT agar kita tidak akan digoda oleh setan dan tidak terjerumus ke dalam neraka jahanam.

    ReplyDelete
  17. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Elegi konferensi nasional imaginer para syaitan dunia selatan, elegi ini memaparkan mengenai godaan syaitan yang tiada hentinya. Membaca ini membuat saya belajar, bahwasanya semua orang dari yang kaya sampai miskin, yang berpendidikan tinggi sampai rendah, yang beragama sampai tidak beragama dan semua kalanagan manusia yang hidup di dunia ini tidak lepas dari godaan syaitan. Oleh karena itu, kita harus senangtiasa membentengi diri dengan iman dan taqwa kepada Allah swt, agar senantiasa dijauhkan dari godaan syaitan dan selalu teguh di jalan Allah. Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pada elegi ini, menjelaskan bahwa didunia ini, kita selalu dibujuk rayu oleh setan. Setan memiliki tekad untuk menghancurkan kita sebagai umat nya Allah. Menurut surat QS. Al-Baqarah [2] : 168 ` Ibn Katsir Asbabun Nuzul
    يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

    "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."
    Surat ini juga memberi peringatan kepada kita atas kehadirannya setan. Oleh sebab itu, kita harus memperbanyak melakukan hal yang baik, dan menjauhi larangannya, selalu Istighfar, dan selalu ingat kepada-Nya, agar kita dapat melawan bujuk rayu setan. Perkuat iman kita, agar kita selalu berada dijalan Allah, dan dijauhkan dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  19. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Setiap manusia dianugerahi dengan nafsu, Nafsu inilah yang digunakan oleh syaitan melancarkan urus tipu daya agar kita tergoda dan mengedepankan nafsu. Semoga kita termasuk manusia yang bisa menjaga hawa nafsu.

    ReplyDelete
  20. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas berkaitan dengan setan, saya teringat akan suatu hal,. Bahwa sejatinya setan adalah sifat dari makhluk iblis atau jin. Dimana iblis diciptakan dari api, yang mengalami dosa yaitu sombong sehingga dikeluarkan dan diberi penangguhan hingga akhir hidupnya di neraka kelak. Sehingga tugas mereka yaitu memang menggoda manusia untuk menjadi temannya d neraka kelak. NaudZubillahimindzalik. Semoga kita kembali kesurgNya karena memang asal kita adalah dari surga Allah.
    Karena tadi setan itu adalah sifatnya maka bentuknya bisa beraneka ragam bisa berupa manusia juga, bisa berupa sistem, bisa berupa propaganda. Sehingga dalam elegi ditunjukkan bahwa setan menggoda semua anak adam mulai dari tingkatan bawah hingga atas, menggida dengan segala cara bahkan menggoda dengan keahlian yang dimiliki. Godaan untuk tidak iklas contohnya. Maka dalam keadaan apapun kita senantiasa berlindung pada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Bismillah.

    ReplyDelete
  21. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Membaca elegi di atas membawa kami pada kisah Nabi Adam As dan Siti Hawa yang digoda oleh syaitan. Syaitan, Iblis dan Jin memang tidak habisnya menggoda manusia sekalipun jin itu muslim, karena sebagus-bagusnya jim muslim tetap saja dia adalah sejelek-jeleknya manusia. Godaan yang di lalui manusia tidak hanya berasal dari syaitan yang ghoib namun godaan manusia juga berasal dari manusia seperti yang telah di terangkan dalam surah An Naas berarti “ Katakan aku berlindung kepada Tuhan Manusia, Rajanya Manusia, Tuhannya manusia, dari kejahatan setan yang bersembunyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari golongan jin dan manusia” . amien.Terima Kasih

    ReplyDelete
  22. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Luar biasa kekuatan syaitan dunia selatan. Mereka menyusun strategi dan langkah-langkah untuk menghancurkan dunia selatan. Langkah dan strategi tersebut sangat halus sehingga memungkinkan masyaraat dunia selatan tidak menyadarinya. Namun sekuat apapun kekuatan syeitan maka akan dikalahkan dengan spiritual yang kuat yang memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Untuk melawan kekuatan syeitan tersebut manusia harus selalu berusaha dan berdoa. Berusaha untuk berpikir dengan bijak dan kritis dalam mengambil setiap tindakan, menanggapi setiap pengaruh dari luar. Selain itu menggunakan spiritual sebagai landasannya. Pegang erat spiritual karena itulah yang menjadi keuatan untuk melawan syeitan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof Marsigit ata postingan di atas. Sungguh cerita yang luar biasa yang terjadi seperti pada jaman kontemporer saat ini. Para penguasa dunia selatan sangat berusaha mempengaruhi kita dan mengharapkan kita hidup seperti mereka tanpa disadari. Seperti itu pula lah usaha syetan mempengaruhi manusia. Mereka ingin kita terbujuk rayuan dan mengikuti perilaku serta sifat-sifatnya. Maka hendaklah setiap manusia selalu berdoa kepada Allah dalam setiap langkah dan perbuatan, meminta perlindungan dan kekuatanNya agar terhindar dari bisikan dan godaan syetan yang dapat menjerumuskan manusia kepada perbuatan keji dan munkar. Ketika kita mampu terus bersama Allah, dan menjalankan apa yang diperintahNya, maka kekuatan spiritual kita akan teguh dan konsisten dalam menghadapi apapun rintangan dan cobaan di depan mata, sehingga keputusan yang kita ambil merupakan keputusan yang penuh keberkahan dan keridhoan dari Allah swt. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Syaitan dari jaman Nabi Adam sampai saat ini tidak akan pernah berhenti untuk menggoda manusia anak cucu Nabi Adam dari sisi manapun, lewat perantara apapun, dimanapun, dan kapanpun. Karena masa transisilah manusia mudah sekali dihasut dan dirayu oleh syaitan. Ilmu spiritual yang seharusnya bisa menjadi benteng untuk tidak tergoda oleh rayuan syaitan pun bisa lumpuh karena adanya masa transisi kebingungan, ditambah dengan kebingungan yang lain-lainnya seperti ekonomi, permasalahan pendidikan, kemajuan teknologi yang begitu pesat, dunia yang serba instan, dan lain sebagainya. Dengan keadaan yang seperti ini, seharusnya kita semua mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampun serta meminta perlindungan dari Nya. Karena hanya pertolongan dari Allah lah hati kita bisa terjaga dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  25. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Bingung dan ragu salah satu indikator bahwa kita sedang dalam kondisi yang bisa saja dipengaruhi oleh setan. Saat seseorang ragu artinya dia tidak meayakini perihal sesuatu dan hal tersebut bisa saja karena dia kekurangan ilmu. Sedangkan keadaan bingung bisa dikarenakan dia belum mengetahui kebenaran akan sesuatu. Oleh karena itu aar seseorang tidak ada bingung dan ragu, agar selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan memohon perlindungan untuk dihindarkan dalam keraguan dan kebingungan.

    ReplyDelete
  26. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Menjamurnya korupsi masih terjadi hingga saat ini. Sudah banyak lembaga dilibatkan seperti Kepolisian, KPK, dan lainnya, namun tetap saja tidak mampu mencegah gurita korupsi di negeri ini. Bahkan yang terjadi saat ini, bahwa koruptor sangat sulit untuk ditangkap dan diberantas. Dengan jurus praperadilan, mereka dapat menghindar dari status tersangka yang telah ditetapkan. Begitulah seperti yang diuraikan dalam elegi di atas kalau syetan dunia mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan, dan merekrut birokrat anak cucu adam. Mereka telah sukses melakukan tugasnya saat manusia telah tergoda dan melakukan korupsi. Ini juga tidak lain karena nafsu hedonisme yang kental pada diri koruptor tersebut.

    ReplyDelete