Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan

Oleh Marsigit

Neopragma Diraja Selatan:
Uheh...semua hadirin yang aku banggakan. Sampailah kita pada saat yang ditunggu-tunggu. Pada Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan ini, aku sebagai tetua syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Dalam waktu dekat ini kita harus menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Saya persilahkan Keynote Presenter untuk menyampaikan laporan anda.



Batu Keramat Diraja:
Kenalkanlah nama saya Batu Keramat Diraja atau Transenden Lokal Negatif Diraja. Dalam rangka menyukseskan program nasional menggoda anak cucu Adam dunia selatan, saya dengan semua prajurit-prajuritku telah berhasil menggoda banyak sekali manusia. Tetapi manusia-manusia yang berhasil aku rekrut adalah manusia yang berasal dari golongan beriman menengah ke bawah, yaitu yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Pendek kata, target atau sasaranku adalah masyarakat kebanyakan atau masyarakat umum. Baru-baru ini saya telah berhasil merekrut Ankala beserta keluarganya, tetapi saya mempunyai kendala besar karena niatku diketahui oleh Kyai Mursidin. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi. Untuk sementara semua prajuritku saya tarik mundur. Dapat saya sampaikan bahwa keberhasilan program saya hampir delapan puluh presen. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya kejahatan, konsumerisme, hidup instant, orientasi materi, dst.

Teknopragma Selatan:
Kenalkan nama saya adalah Teknopragma Selatan. Aku sebagai tetua teknokrat syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow juga, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Maka sayapun berkewajiban menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Tugasku adalah menggoda dan menggelincirkan teknokrat anak cucu nabi Adam dunia selatan untuk menjadi pengikutku. Baru-baru ini saya telah berhasil membalas kekalahan saya sebelumnya dari Matematikawan anak cucu nabi Adam selatan. Aku telah berhasil menyusup hingga sampai hati dan pikirannya sehingga akhirnya dia dapat menyimpulkan bahwa berdoa dan tidak berdoa itu hakekatnya sama saja. Tetapi sialnya, ketika keberhasilanku hampir sempurna, maka datanglah Bagawat selatan dan menolongnya. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi, yaitu bagaimana mengalahkan Bagawat selatan.

Birokratpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Birokratpragma selatan. Sebagai tetua birokrat syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut birokrat anak cucu Adam. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme yang dilakakukan para birokrat negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda birokrat selatan semakin mantap.

Politiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Politiapragma Selatan. Sebagai tetua politikus syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut politikus anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan para politisi di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda politikus selatan semakin mantap.

Judistiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Judistiapragma Selatan. Sebagai tetua penegak hukum syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para penegak hukum anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para penegak hukum di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para penegak hukum selatan semakin mantap.

Ekonomiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Ekonomiapragma Selatan. Sebagai tetua ekonomia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku ekonomi anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku ekonomi negeri selatan semakin mantap.

Edukatiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Edukatiapragma Selatan. Sebagai tetua edukatia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku pendidikan anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme di dunia pendidikan negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku pendidikan negeri selatan semakin mantap.

Spiritualpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Spiritualpragma Selatan. Sebagai tetua spiritual syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para spiritual anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para tokoh spiritual negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para tokoh spiritual negeri selatan semakin mantap.

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehh...mantap dan bangga hatiku. Tidak dalam waktu lama lagi tentu negeri selatan akan bisa saya kuasai semua meliputi segala aspeknya. Hadirin semua...apakah ada pertanyaan?

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan, Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahai sang Neopragma Diraja Selatan pemimpin besarku, perkenankanlah engkau memberi petunjuk bagaimana caranya untuk meningkatkan, mengefektifkan dan mengekstensikan program nasional kita menggoda dan menggelincirkan negeri selatan lengkap dengan para pemimpin dan rakyatnya?

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehhh...pertanyaan yang sangat baik dan saya tunggu-tunggu. Pada bagian pertama ini saya akan menyampaikan kerangka atau skema metode mengganggu, menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama ciptakan struktur bayangan imaginer lengkap yang bersifat isomorphisma dengan struktur negeri selatan. Jika struktur dunia selatan dapat engkau katakan sebagai Struktur Tergoda Dunia Selatan, maka strukturmu tersebut dapat engkau sebut sebagai Struktur Dunia Syaitan Selatan. Kedua, masuklah semua unsur-unsurku, yaitu semua Syaitan bawahanku agar menduduki tempat, jabatan, peran dan fungsi yang setara dan seletak yang berada di negeri selatan. Maka terjadilah pasangan satu-satu antara struktur dan penghuni negeri selatan dan dengan struktur kita. Ketiga, buatlah rumus matematika berupa Fungsi Menggoda dari Struktur Dunia Syaitan Selatan menuju Struktur Tergoda Dunia Selatan; dengan demikian maka tidak ada satupun wargaku itu tidak mempunyai tugas; dan tidak ada satupun dari warga Dunia Selatan terbebas dari godaan.

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan,Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahah...suatu metode yang sangat jitu. Kami masih menanti petunjukmu yang bagian kedua.

Neopragma Diraja Selatan:
Pada bagian kedua ini saya akan memberi petunjuk yang bersifat substansial bagaimana engkau mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama, ingatlah bahwa sekarang ini adalah momentum yang sangat baik dimana dunia selatan sedang mengalami masa transisi. Pada masa transisi ini maka semua penduduk dunia selatan sedang mengalami kebingungan konsep, kebingungan nilai, kebingungan arah, kebingungan orientasi, kebingungan prinsip, kebingungan pola komunikasi, kebingungan kebenaran, kebingungan panutan, kebingungan spiritual, kebingungan sosial, kebingungan ekonomi, kebingungan pendidikan, kebingungan hati nurani, kebingungan tatanilai, kebingungan budaya. Semua kebigungan itu adalah hasil kerja team imajiner sang Powernow yang telah menyusupkan nilai, paradigma, teori, dan persepsi kedalam masyarakat dunia selatan. Team imajiner sang Powernow telah berhasil menduduki hampir segmen-segmen ruang imajiner dunia selatan sehingga mereka tidak menyadarinya. Kesadaran mereka selalu tertinggal dengan dampak yang ada yang kira ciptakan.

Neopragma Diraja Selatan:
Kedua, ingatlah janji dan sumpah sang Syaitan Bertanduk Tujuh yang bertekad memperdayakan anak cucu Adam. Untuk tujuan itu maka semua yang ada dan yang mungkin ada dapat digunakan untuk medium, perantara atau cara untuk memperdayakan orang-orang dunia selatan. Janganlah berlaku bodoh...gunaan sifat, kelemahan dan kekuatan mereka untuk menggelincirkannya. Godalah matematikawan dengan matematika, godalah dokter dengan ilmu kedokteran, godalah para tokoh spiritual dengan kitab-kitab sucinya...demikian seterusnya. Godalah orang-orang yang lemah dengan syaitan yang lemah. Gunakan segenapkemampuanmu termasuk kemampuan memasuki aliran darah, aliran nafas dan aliran kesadaran. Gunakan Teori Freud untuk menggoda mereka. Gunakan Sang Anu mereka untuk memciptakan impuls dan rangsangan jahat, agresif, kenikmatan sesaat dan nafsu hedonisme. Gelincirkan mereka dengan ego-ego mereka. Gelincirkan pula superego mereka, artinya ciptakan perang diantara hati, nurani dan pikiran mereka. Gunakan Teori Maslov untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka. Gunakan semua teori mereka untuk menggelincirkan mereka. Hiasilah kehidupan mereka dengan hiasan-hiasan kita. Prioritaskan untuk menggoda hati dan pikiran, karena yang demikian hasilnya akan lebih besar dan lebih langgeng. Apa yang telah saya uraikan itu adalah cara-cara sistemik bagaimana kita mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Setelah semuanya mendengar uraian saya, maka dengan ini saya komandokan agar segera berangkat kembali untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

29 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi ini menggambarkan betapa hancurnya moral di dunia selatan, karena KKN sangat merajalela. Hukum rimba berperan, siapa yang kuat maka dia menang atau siapa yang berkuasa dia yang mengatur segalanya. Semoga kita terhindar dari itu semua, dan kita menjadi msayarakat indonesia yang bebas KKN.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Syaitan akan selalu menggoda setiap manusia agar hidup kita manusia menyimpang dari Tuhan YME. Namun banyak orang masih belum mampu melawannya karena mereka tidak dekat dengan Tuhan. Mereka hanya memikirkan kebutuhan dan keinginannya saja tanpa diimbangi dengan pasrah, berserah diri, dan doa kepada Tuhan. Padahal tiadalah manusia yang mampu melawan godaan syaitan tanpa pertolongan Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Godaan dan bisikan syaitan sesungguhnya akan lebih mudah merasuk pada orang-orang yang selalu memiliki keraguan dan kebingungan di dalam hatinya. Manusia yang tidak kuat imannya akan sangat rapuh dan terpengaruh oleh bujukan dan rayuan syaitan sehingga manusia akan terjerumus ke dalam lembah kenistaan. Manusia yang tidak memiliki iman yang kuat dan sudah terpengaruh oleh bisikan syaitan akan dengan mudah melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah, mereka hanya akan mengejar dunianya saja tanpa peduli dengan kehidupan akhiratnya, tidak takut untuk berbuat dosa dan kerusakan di muka bumi ini. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia, maka perkuatlah iman, pegang teguh prinsip-prinsip kebenaran dan kebajikan agar senantiasa kita dapat terhindar dari godaan dan rayuan syaitan.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penjajah selalu ingin menguasai negara lain yang dianggap lemah, dan cobaan dari suatu negara adalah intimidasi dari negara lain untuk menguasainya. Keinginan untuk menguasai memang lumrah terjadu karena memang yang kuat sering kali mengintimidasi yang lemah. Berbagai cara dalam mempengaruhi dan memerdaya kaum yang lemah untuk menguasainya. Menggoda pikira dan hati yang lemah adalah cara awal yang dilakukan oleh kaum kuat untuk memenuhi keingannya untuk mengintimdasi yang lemah.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tujuan syaitan adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya teman yang sejalan dengannya. Mereka menggoda manusia dengan berbagai tipu muslihatnya dan dari segala arah serta tidak akan berhenti melakukannya sampai akhir zaman. Maka dari itu, agar mampu membentengi diri dari segala godaan syaitan adalah dengan cara mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Ternyata setan punya jejaring sistemik yang canggih dalam menggoda manusia. Mereka punya banyak cara untuk meruntuhkan benteng keyakinan ataupun pendirian seorang manusia. Setan saja punya jejaring sistemik yang begitu ampuhnya, maka kita sebagai manusia juga pasti mempunyai jejaring sistemik yang ampuh juga untuk melawan godaan mereka.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Godaan setan itu nyata adanya. Syetan menggda manusia dengan berbagai cara. Tugas syetan memang menggoda manusia agar melakukan hal-hal buruk yang merugikan banyak ornag dan juga diri sendiri. syetan senang jika manusia berhasil digidanya. Hendaknya manusia memiliki benteng keimanan yang kuat agar dapat terhindar dari godaan syetan.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Tidak dapat dipungkiri bahwa disetiap bidang yang kita geluti pasti ada godaan godaan setan utnuk membawa kita dalam kesesatan. Sebagai makhluk beragama tentunya jalan yang dapat kita tempuh untuk menghindari diri dari godaan syetan adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  9. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D

    Saat seseorang ingin maju, tentunya para setan tidak ingin dia menjadi lebih baik, apalagi jika orang itu terus mendekatkan dirinya kepada Tuhan. Kekuasaan power now kini sudah merajalela masuk ke Indonesia karena Indonesia yang kehilangan jati diri, dan identitasnya. Berusaha menyikapi perkembangan jaman namun lupa dengan siapa dirinya. Saat kita sudah kehilangan hati nurani, setan meraja lela dalam hati sehingga kita hidup dalam kehidupan seolah-olah maju namun sebenarnya makin mundur.

    ReplyDelete
  10. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D

    Menurut saya, elegi ini berkaitan dengan elegi sebelumnya. Saat para transenden berusaha untuk mencari dan memperbaiki apa yang salah sehingga dunia selatan terus menjadi korban, para setan dunia selatan tidak tinggal diam. Setan menggoda kita bukan dengan cara yang menakjubkan dan sesuatu yang besar. Namun dengan cara yang sederhana dan yang kita lihat setiap hari, sedikit demi sedikit jika dituruti maka akan terperangkap. Itulah sebabnya kita harus terus berdoa dan berserah kepada Tuhan, karena Dia yang mampu menyadarkan dan melindungi kita dari godaan setan.

    ReplyDelete
  11. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Syaitan adalah musuh nyata manusia. wujud nyata syaitan itu bermacam-macam baik itu berupa ilmu pengetahuan tentang kemajuan teknologi maupun sikap manusia yang tak sesuai dengan norma-norma kebenaran yang berlaku. Tipu daya syaitan memang tidak terasa karena ia datang dari segala aspek kehidupan manusia, bahkan perbuatan yang manusia anggap benarpun berasal dari syaitan, misalnya hasil korupsi digunakan untuk menyantuni anak yatim, membangun yayasan bahkan untuk pergi menunaikan ibadh haji atau umroh . semua itu adalah tipu daya syaitan laknatullah. Semoga kita selalu sadar akan bahaya yang Syaitan bawakan untuk kita dan selalu memperbanyak amalan, memperkuat keimanan serta tetap beribadah agar tetap dekat dengan Allah SWT. Amiiin...

    ReplyDelete
  12. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kita hidup di dunia ini disuruh untuk menimba ilmu dan meningkatkan keimanan, sehingga dengan ilmu kita tidak bisa dibodohi oleh negara lain, dan dengan iman kita bisa mengendalikan diri kita sehingga tidak terjatuh dalam kesesatan. Nah yang terjadi saat ini dibelahan dunia selatan ilmunya masih rendah sehingga dunia utara dengan semena-mena menjajah dunia selatan. Untuk itu sebaiknya dunia selatan supaya memperdalam ilmunya sehingga tidak lagi dijajah oleh dunia utara.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Syaitan telah ditakdirkan untuk menggoda para umat manusia agar berada di jalan yang salah. Tidak terkecuali untuk di dunia selatan. Dimana tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya tindakan KKN yang merugikan orang ramai. Hal ini yang perlu berantas tuntas agar tercipta kesejahteraan bagi kita semua.

    ReplyDelete
  14. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    sebagai manusia, selain menuntut ilmu, kita juga harus meningkatkan keimanan kita. karna, jika kita hanya berfokus pada masalah duniawi, hati kita akan terus digoda oleh syaitan agar kita tumbang dan ikut tersesat dalam kegelapan. dengan kita terus menimba ilmu namun tak lupa terus meningkatkan ibadah kita agar terus di lindungi oleh Tuhan YME dalam menuntut ilmu

    ReplyDelete
  15. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Banyak hal yang membatasi manusia untuk menggapai logos. Salah satunya adalah para syaitan. Sehingga bukan logos yang didapatkan namun para mitos yang menghalangi. Sehingga, pada hakekatnya manusi harus selalu berpegang teguh erat kepada Tuhan agar tak diganggu oleh para syaitan untuk menggapai para logos.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Syaitan akan selalu mengganggu dan menggoda kehidupan manusia. Syaitan adalah salah satu objek yang selalu mampu untuk menembus ruang dan waktu. Harta, jabatan, hedonisme, kenikmatan sesaat, dan hawa nafsu adalah hal-hal yang sangat dekat dengan syaitan. Salah satu manfaat kita belajar filsafat sebenarnya adalah untuk mengusir syaitan, sebagai contoh jika kita dapat berfikir kritis, logis dan sistematis secara menyeluruh dan mendalam mungkin kita tidak akan mudah tergoda oleh syaitan. Karena orang yang berfilsafat akan menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Semoga kita termasuk manusia yang selalu ingat akan Tuhan sehingga syaitan tidak mampu untuk menggoda kita.

    ReplyDelete
  17. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Syaitan memang selalu meggoda manusia dengan hal hal yang tidak baik. syaitan menggoda manusia untuk berbuat tidak baik. manusia harus mempunyai iman yang kuat agar tidak mudah tergoda oleh syaitan. manusia harus memperbanyak berdoa dimana saja agar tidak tergoda oleh godaan syaitan.

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berdasarkan pada elegi di atas menggambarkan janji setan ketika dilaknat oleh Allah SWT untuk terus menggoda anak adam sampai akhir zaman dan menjerumuskan mereka ke dalam api neraka. Batu keramat diraja/transenden lokal negatif adalah sebagai bentuk pengaruh buruk yang diakibatkan karena kondisi kehidupan yang kurang baik, pendidikan yang rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, pengalaman rendah , ibadah yang rendah, sehingga dapat menimbulkan kejahatan, orientasi materi dan sebagainya. Sebagai contoh, kemiskinan dapat membawa seseorang melakukan tindak kejahatan pencurian, perampokan dan sejenisnya karena tuntutan untuk dapat bertahan hidup namun tanpa uang. Selanjutnya, teknopragma di sini adalah pengaruh buruk kepada para teknokrat atau orang-orang yang cerdas dalam suatu bidang dan membawa mereka kepada mendewakan kecerdasan yang mereka punya sehingga lupa kepada Tuhannya, sebagai contoh ilmuwan cerdas yang telah mengembangkan berbagai pengetahuan atau teknologi serta telah memenangkan banyak perhargaan, justru hidup dengan tanpa agama dan mengingkari adanya Tuhan pencipta alam semesta.

    ReplyDelete
  19. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sang Powernow atau negara adikuasa memang memiliki pengaruh yang sanagat besar bagi negara bagian selatan khususnya Indonesia. dengan pengaruh itu menjadikan Indonesia saat ini berada dalam masa transisi sehingga akan lebh mudah tergoda dengan hal – hal yang kurang baik. Seperti yag terjadi sekarang adalah konsumerisme.

    ReplyDelete
  20. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan elegi di atas saya belajar bahwa saya harus meningkatkan iman yang saya miliki sehingga itu merupakan tameng saya dari godaan syaitan. Karena berdasarkan elegi di atsa, mereka tidak memandang siapa yang akan mereka pengaruhi, entah para penguasa negara, pemimpin politik, pra ahli spiritual, tokoh pendidikan dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  21. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Makhluk yang memang diciptakan untuk menghias amalan-amalan terasa baik padahal buruk ialah Syaitan. Syaitan adalah salah satu objek yang selalu mampu untuk menembus ruang dan waktu. Harta duniawi, hedonisme, kenikmatan sesaat, dan hawa nafsu adalah hal-hal yang sangat dekat dengan syaitan. Namun banyak orang masih belum mampu melawannya karena masih banyak orang yang enggan untuk menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Manusia hanya memikirkan kebutuhan dan keinginannya saja tanpa diimbangi dengan sabar, ikhlas, ikhtiar, tawakal, dan doa kepada Tuhan. Hanya ada satu cara untuk membuat syaitan berhenti megganggu kita, yaitu dengan menunjukkan keimanan dan ketakwaan kita kepadaNya.

    ReplyDelete
  22. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Hidup ini penuh dengan godaan, terutama godaan untuk berbuat jahat. Syaitan menggunakan berbagai cara untuk dapat menggoda manusia, maka sebaiknya memperkuat iman dengan berdoa kepada Tuhan dan berbuat baik agar dapat membentengi diri dari perbuatan bujukan syaitan dan tidak tergoda sehingga jatuh kepada bujukan syaitan. Syaitan mengarahkan manusia untuk berbuat jahat dan menjauh dari jalan Tuhan, maka sikap berhati – hati dan waspada terhadap bujukan syaitan perlu ditumbuhkan dengan berdoa.

    ReplyDelete
  23. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Syaitan adalah makhluk yang akan selalu membujuk manusia ke dalam kesesatan dunia. Jika manusia belum mengikuti jalannya maka syaitan akan terus menggoda dengan segala tipu daya duniawinya yang menggoda bagi manusia. Untuk itu manusia harus memiliki pegangan iman yang kuat dan tidak mudah goyah imannya. Melawan hawa nafsu merupakan salah satu cara melawan bujuk rayu syaitan. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT maka manusia akan bisa menjauh dari syaitan.

    ReplyDelete
  24. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Semua manusia akan digoda oleh syaitan dari arah mana saja. Namun tidak semua manusia bisa dia ajak masuk ke dalam neraka. Manusia yang bisa dia ajak adalah manusia yang berasal dari golongan beriman menengah ke bawah, yaitu yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Maka dari itu marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah agar kita terhindar dari tipu daya syaitan. Jadikanlah syaitan itu musuh bagi kita, bukan sebagai teman.

    ReplyDelete
  25. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang dapat saya ambil dari elegi di atas adalah bahwa hidup ini penuh dengan godaan dan tantangan yang berat. Oleh karena itu kita harus memperbanyak doa sehingga dekat dengan Allah SWT dan terhindar dari godaan syaitan. Semoga Allah selalu melindungi kita dari godaan syaitan dan menyelamatkan kita dari godaan dan tantangan kehidupan. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Syaitan merupakan makhluk Allah SWT yang memang tugasnya menggoda manusia dari sejak Nabi Adam hingga hari kiamat. Sebagai manusia, perlu meningkatkan iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Karena sesungguhnya syaitan telah menyusun rencana yang sangat halus untuk menjerumuskan manusia dimana yang terlihat baik adalah buruk dan sebaliknya, yang terlihat buruk adalah baik.

    ReplyDelete
  27. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Godaan syaitan kepada manusia tidak akan pernah ada habisnya sebelum manusia itu terjerumus dalam tipu dayanya. Apapun profesi serta jabatan yang kita miliki pasti akan ada godaan syaitan di dalamnya, oleh karena itu kita sebagai manusia harus membentengi diri dengan iman dan taqwa serta memohon perlindungan pada Allah SWT dari banyaknya godaan syaitan yang ada.

    ReplyDelete
  28. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ada saja cara syaitan menjerumuskan manusia. Bias dibilang syetan yang cerdik atau memang iman manusia yang kurang. Bagaimana syetan menjerumuskan dapat melalui perantara dan medium dapat digunakan. Syaitan akan menggunakan sifat, kelemahan, dan kekuatan yang dimiliki oleh manusia untuk menggeleincirkannya. Matematikawan akan digoda dengan matematika, dokter akan digoda dengan ilmu kedokteran, tokoh spiritual akan digoda dengan kitab sucinya, dsb.

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    syetan juga akan menggoda hati dan pikiran kita. Maka kita sangat perlu mendekatkan diri kepada Allah, selalu beriman dan rajin beribadah agar kita senantiasa mendapat perlindungan dan tentunya dijaauhkan oleh hal-hal buruk, salah satunya syaitan.

    ReplyDelete