Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan

Oleh Marsigit

Neopragma Diraja Selatan:
Uheh...semua hadirin yang aku banggakan. Sampailah kita pada saat yang ditunggu-tunggu. Pada Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan ini, aku sebagai tetua syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Dalam waktu dekat ini kita harus menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Saya persilahkan Keynote Presenter untuk menyampaikan laporan anda.



Batu Keramat Diraja:
Kenalkanlah nama saya Batu Keramat Diraja atau Transenden Lokal Negatif Diraja. Dalam rangka menyukseskan program nasional menggoda anak cucu Adam dunia selatan, saya dengan semua prajurit-prajuritku telah berhasil menggoda banyak sekali manusia. Tetapi manusia-manusia yang berhasil aku rekrut adalah manusia yang berasal dari golongan beriman menengah ke bawah, yaitu yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Pendek kata, target atau sasaranku adalah masyarakat kebanyakan atau masyarakat umum. Baru-baru ini saya telah berhasil merekrut Ankala beserta keluarganya, tetapi saya mempunyai kendala besar karena niatku diketahui oleh Kyai Mursidin. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi. Untuk sementara semua prajuritku saya tarik mundur. Dapat saya sampaikan bahwa keberhasilan program saya hampir delapan puluh presen. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya kejahatan, konsumerisme, hidup instant, orientasi materi, dst.

Teknopragma Selatan:
Kenalkan nama saya adalah Teknopragma Selatan. Aku sebagai tetua teknokrat syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow juga, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Maka sayapun berkewajiban menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Tugasku adalah menggoda dan menggelincirkan teknokrat anak cucu nabi Adam dunia selatan untuk menjadi pengikutku. Baru-baru ini saya telah berhasil membalas kekalahan saya sebelumnya dari Matematikawan anak cucu nabi Adam selatan. Aku telah berhasil menyusup hingga sampai hati dan pikirannya sehingga akhirnya dia dapat menyimpulkan bahwa berdoa dan tidak berdoa itu hakekatnya sama saja. Tetapi sialnya, ketika keberhasilanku hampir sempurna, maka datanglah Bagawat selatan dan menolongnya. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi, yaitu bagaimana mengalahkan Bagawat selatan.

Birokratpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Birokratpragma selatan. Sebagai tetua birokrat syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut birokrat anak cucu Adam. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme yang dilakakukan para birokrat negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda birokrat selatan semakin mantap.

Politiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Politiapragma Selatan. Sebagai tetua politikus syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut politikus anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan para politisi di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda politikus selatan semakin mantap.

Judistiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Judistiapragma Selatan. Sebagai tetua penegak hukum syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para penegak hukum anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para penegak hukum di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para penegak hukum selatan semakin mantap.

Ekonomiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Ekonomiapragma Selatan. Sebagai tetua ekonomia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku ekonomi anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku ekonomi negeri selatan semakin mantap.

Edukatiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Edukatiapragma Selatan. Sebagai tetua edukatia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku pendidikan anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme di dunia pendidikan negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku pendidikan negeri selatan semakin mantap.

Spiritualpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Spiritualpragma Selatan. Sebagai tetua spiritual syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para spiritual anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para tokoh spiritual negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para tokoh spiritual negeri selatan semakin mantap.

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehh...mantap dan bangga hatiku. Tidak dalam waktu lama lagi tentu negeri selatan akan bisa saya kuasai semua meliputi segala aspeknya. Hadirin semua...apakah ada pertanyaan?

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan, Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahai sang Neopragma Diraja Selatan pemimpin besarku, perkenankanlah engkau memberi petunjuk bagaimana caranya untuk meningkatkan, mengefektifkan dan mengekstensikan program nasional kita menggoda dan menggelincirkan negeri selatan lengkap dengan para pemimpin dan rakyatnya?

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehhh...pertanyaan yang sangat baik dan saya tunggu-tunggu. Pada bagian pertama ini saya akan menyampaikan kerangka atau skema metode mengganggu, menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama ciptakan struktur bayangan imaginer lengkap yang bersifat isomorphisma dengan struktur negeri selatan. Jika struktur dunia selatan dapat engkau katakan sebagai Struktur Tergoda Dunia Selatan, maka strukturmu tersebut dapat engkau sebut sebagai Struktur Dunia Syaitan Selatan. Kedua, masuklah semua unsur-unsurku, yaitu semua Syaitan bawahanku agar menduduki tempat, jabatan, peran dan fungsi yang setara dan seletak yang berada di negeri selatan. Maka terjadilah pasangan satu-satu antara struktur dan penghuni negeri selatan dan dengan struktur kita. Ketiga, buatlah rumus matematika berupa Fungsi Menggoda dari Struktur Dunia Syaitan Selatan menuju Struktur Tergoda Dunia Selatan; dengan demikian maka tidak ada satupun wargaku itu tidak mempunyai tugas; dan tidak ada satupun dari warga Dunia Selatan terbebas dari godaan.

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan,Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahah...suatu metode yang sangat jitu. Kami masih menanti petunjukmu yang bagian kedua.

Neopragma Diraja Selatan:
Pada bagian kedua ini saya akan memberi petunjuk yang bersifat substansial bagaimana engkau mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama, ingatlah bahwa sekarang ini adalah momentum yang sangat baik dimana dunia selatan sedang mengalami masa transisi. Pada masa transisi ini maka semua penduduk dunia selatan sedang mengalami kebingungan konsep, kebingungan nilai, kebingungan arah, kebingungan orientasi, kebingungan prinsip, kebingungan pola komunikasi, kebingungan kebenaran, kebingungan panutan, kebingungan spiritual, kebingungan sosial, kebingungan ekonomi, kebingungan pendidikan, kebingungan hati nurani, kebingungan tatanilai, kebingungan budaya. Semua kebigungan itu adalah hasil kerja team imajiner sang Powernow yang telah menyusupkan nilai, paradigma, teori, dan persepsi kedalam masyarakat dunia selatan. Team imajiner sang Powernow telah berhasil menduduki hampir segmen-segmen ruang imajiner dunia selatan sehingga mereka tidak menyadarinya. Kesadaran mereka selalu tertinggal dengan dampak yang ada yang kira ciptakan.

Neopragma Diraja Selatan:
Kedua, ingatlah janji dan sumpah sang Syaitan Bertanduk Tujuh yang bertekad memperdayakan anak cucu Adam. Untuk tujuan itu maka semua yang ada dan yang mungkin ada dapat digunakan untuk medium, perantara atau cara untuk memperdayakan orang-orang dunia selatan. Janganlah berlaku bodoh...gunaan sifat, kelemahan dan kekuatan mereka untuk menggelincirkannya. Godalah matematikawan dengan matematika, godalah dokter dengan ilmu kedokteran, godalah para tokoh spiritual dengan kitab-kitab sucinya...demikian seterusnya. Godalah orang-orang yang lemah dengan syaitan yang lemah. Gunakan segenapkemampuanmu termasuk kemampuan memasuki aliran darah, aliran nafas dan aliran kesadaran. Gunakan Teori Freud untuk menggoda mereka. Gunakan Sang Anu mereka untuk memciptakan impuls dan rangsangan jahat, agresif, kenikmatan sesaat dan nafsu hedonisme. Gelincirkan mereka dengan ego-ego mereka. Gelincirkan pula superego mereka, artinya ciptakan perang diantara hati, nurani dan pikiran mereka. Gunakan Teori Maslov untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka. Gunakan semua teori mereka untuk menggelincirkan mereka. Hiasilah kehidupan mereka dengan hiasan-hiasan kita. Prioritaskan untuk menggoda hati dan pikiran, karena yang demikian hasilnya akan lebih besar dan lebih langgeng. Apa yang telah saya uraikan itu adalah cara-cara sistemik bagaimana kita mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Setelah semuanya mendengar uraian saya, maka dengan ini saya komandokan agar segera berangkat kembali untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

22 comments:

  1. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Peran power now sekarang sudah semakin menjadi pada dunia sekarang. Hampir seluruh lapisan masyarakat tidak bisa terhindar dari yang namanya power now. Banyak korupsi, nepotisme, peperangan antar agama, suka, budaya seolah-olah manusia hidup tidak lagi berpegang pada agama yang dianutnya. Seolah-olah tidak ada Tuhan yang akan mengawasi apa yang kita lakukan di dunia ini. Disayangkan jika kita terjebak dalam hal-hal seperti itu, sungguhlan bahwa sebenar-benarnya hidup adalah untuk mencari rida Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Pengaruh powernow terlihat sangat jelas. Dampak kebijakan yang ditimbulkan pun terasa di berbagai sudut belahan dunia. Powernow menawarkan segala kemudahan dalam kemajuan. Siapa yang tidak tergoda? Apa –apa menjadi mudah, iya mudah pula tergelincir. Jebakan yang manis dan mulus dari powernow secara tidak langsung telah mengubah tatanan kehidupan internasional.

      Delete
  2. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Powernow selalu memiliki ide dan strategi yang sangat bagus dan telah diperhitungkan dengan baik untuk mempengaruhi dan menguasai dunia selatan. Sebagai bagian dari dunia selatan, kita perlu memiliki pertahanan yang kuat agar tidak mudah dipengaruhi. Pertahanan yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, memperkaya ilmu dan pengetahuan, meningkatkan kemandirian, kreativitas, inovasi, dan lain-lain.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Godaan syeitan ada dalam setiap sendi kehidupan. Syeitan selalu berusaha menggelincirkan manusia ke liang dosa. Syeitan menggoda manusia sesuai dengan levelnya masing-masing. Semakin berilmu seseorang, tentu semakin hebat pula cara-cara syeitan untuk menggodanya. Untuk itu, sebagai manusia kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan, senantiasa berdoa, senantiasa mengerjakan amal-amal kebaikan sesuai ajaran agama kita masing-masing. Karena syeitan tidak akan pernah berhenti menggoda manusia hingga hari kiamat kelak. Untuk itu, kita juga harus terus mendekatkan diri tanpa putus hingga maut menjemput.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Tipu daya syaitan memang luar biasa meliputi segala aspek kehidupan bahkan dengan ilmu yang seharusnya menguatkan kita pun bisa dijadikan setan untuk menghancurkan kita. Bahkan dengan kemampuan yang dia miliki dapat menggoda manusia sesuai dengan peranan manusia didunia. Apalagi dengan keadaan dunia yang tidak menentu, krisis yang melanda, maupun kemajuan tehnologi yang begitu cepat membuat syaitan lebih mudah untuk menggoda manusia, dalam keadaan seperti ini hanya dengan mempertebal iman dan takwa kita dan mendekatkan diri dengan Allah SWT kita tidak akan digoda oleh syaitan dalam wujud apapun. Salah satu manfaat kita belajar filsafat sebenarnya adalah untuk mengusir syaitan, sebagai contoh jika kita dapat berfikir kritis, logis dan sistematis secara menyeluruh dan mendalam mungkin kita tidak akan mudah tergoda oleh syaitan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang pastilah selalu ada godaan dari syaitan yang berusaha mempengaruhi agar seorang manusia tersebut melakukan kesalahan. Orang yang lemah pendiriannya akan mudah terpengaruh oleh bujuk rayu syaitan. Sementara orang yang dekat dengan PenciptaNya dan yang mendengarkan kata hati nuraninya akan lebih bisa terhindar dari godaan syaitan. Oleh karenanya sebagai manusia kita harus selalu senantiasa untuk meningkatkan keimanan agar kita bisa konsisten meneguhkan hati nurani dan pendirian agar terhindar dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Manusia di dunia ini tidak terlepas dari yang namanya godaan setan. Dan keberhasilan setan dalam menggoda manusia adalah ketika pikiran dan hati manusia telah rusak karena tergoda dengan urusan duniawi dan melupakan urusan akhirat. Senantiasa mendekatkan diri dengan Allah dan selalu menjaga hati dan pikiran merupakan kunci agar tidak tergoda dengan godaan setan.

    ReplyDelete
  7. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Setan akan terus melakukan segala macam cara untuk mencapai tujuan mereka untuk menggoda umat manusia hingga akhir zaman. Setiap waktu mereka perjuangkan untuk merealisasikan rencana mereka. Bagi mereka waktu sangat berharga untuk membuat manusia sesat walau dalam sesaat. Karena sedikit saja bahkan sedetik saja kita ingkar kepada Tuhan lalu pada saat itu nyawa kita dicabut maka kita akan menjadi teman iblis di neraka.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Banyak cara yang dilakukan oleh syaitan untuk bisa menjerumuskan manusia pada jalan keburukan. Syaitan bisa masuk dalam berbagai hal dalam siri kita seperti nafas, darah, udara dan lainnya. orang yang gampang atau disenangi syaitan adalah orang-orang yang lemah. Orang yang lemah disini merupakan orang yang kadar keilmuan dan keimanan kepada Allah SWT rendah. Orang yang demikian akan sangat mudah sekali terpengaruh oleh bujuk rayu syaitan. Maka dari itu untuk menjaukan kita dari godaan atau gangguan dari syaitan, kita harus selalu meningkatkan dan memperkuat keimanan dan ketakwaan yang kita miliki kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  9. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari apa yang saya pahami dari elegi ini adalah power now mencoba memasuki setiap segmen yang ada dalam kehidupan negara yang berada dalam kebimbangan ataupun kebingungan. Power now tentu saja tidak sendiri dalam mewujudkan hal tersebut. Banyak pihak yang dilibatkan agar dapat mencapai tujuan. Memberikan bermacam-macam godaan yang dapat menggoda iman dan ketahanan diri. Tetapi tentu saja masih ada cara yang dapat mencegah hal itu terjadi, yaitu dengan membentengi diri dengan dekat kepada sang maha pencipta.

    ReplyDelete
  10. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Sebagai orang yang memiliki iman, kita harus membentengi diri dari godaan setan. Kita tidak boleh meremehkan kekuatan setan yang besar tapi kita harus sadar bahwa kita memiliki Allah yang besar. Karena tipu daya setan seperti bentuk-bentuk powernow yang masuk dalam sendi kehidupan manusia, banyak manusia jatuh ke dalam dosa dan melakukan kejatahan melawan Allah. Kesadaran ini hendaknya membuat kita untuk meningkatkan kepekaan dan keimanan kita pada Tuhan. Setiap waktu kita berdoa agar Tuhan selalu membantu kita dan menjaga kita dalam pengaruh buruk dari setan.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Kita harus gengsi sama setan. Tumakninah, istikomah, dan amanah terhadap ruang dan waktu. Banyaknya pengalamn hidup itu penting walaupun ada yang memalukan. Misalnya setelah sholat subuh malah sholat lagi, sholat jenazah menggunakan sujud sampai jamaahnya pada pergi, tentu hal tersebut membuat malu atau gengsi karena tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Gengsi ada hubungannya dengan “menerima” kalau memang bener ya menerima
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Prinsip-prinsip spiritualitas sebagian berlaku di filsafat misalnya dalam keadaan sehari-hari misalnya tidak boleh sombong. Sombong adalah godaan setan. Sombong itu tertutup dan merasa bisa. Seperti halnya tes yang dilakukan sebelumnya. Tidak mengerti tapi bisa menulis jawaban tes dan itu bukti mengandung unsur sombong. Ikonik dari sombong adalah “aku”. Tuhan sangat benci dengan ke “aku’-an kita. Tuhan sangat benci dengan orang yang sombong dan orang tersebut bisa terpental. Orang yang sombong tidak akan punya teman. Pedagang yang sombong tidak akan punya pembeli juga.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  13. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sombong memang godaan setan yang terbesar. Sombong bisa hadir tanpa disadari karena sombong bisa merupakan kebiasaan dan tabiat. Seperti sholat tetapi di depan TV karena ada siaran sepak bola yang bagus. Ada juga seperti sholat tapi saat dipanggil menjawab “sedang sholat”. Kemudian seperti menceritakan bahwa “tadi malam aku sholat dengan khusyuk”, sudah menggunakan “aku” dan merupakan ciri sombong. Contoh lain lagi adalah berkata bahwa “aku sudah ikhlas”, ikhlas adalah sesuatu yang tidak diucapkan dengan kata-kata.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Seperti risau dalam hati maka hentikan. Tapi jika risau dalam pikiran justru itu yang dicari dalam filsafat agar pemikiran kacau. Jika pemikiran belum kacau, maka belum berpikir filsafat. Tapi jangan sekali-kali kacau dalam hati karena kacau didalam hati walau setitik itu adalah setan. Maka sambil berpikir selalu istigfar atau doa di dalam hati.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  15. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Belajar berfilsafat adalah memposisikan diri dan mendudukan kembali kesadaran manusia yang sudah merasa mengerti sebetul-betulnya hanya sebagian. Persoalan yang utama secara filosofis dikarnakan adalah karena manusia tidak paham seluruhnya dan hanya paham sebagian. Parsialitas atau sebagian adalah tempat lubang godaan setan terhadap manusia melalui sifat manusia yang hanya berpikir, mendengar, dan berbicara secara parsial.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  16. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Janganlah berkompromi dengan syaitan, jangan coba-coba berteman dengan syaitan, hiduplah yang lurus-lurus saja, jurusan surga, yang baik-baik saja, caranya berdoalah dalam keadaan apapun. Doa yang paling tinggi adalah memanggil/menyebut nama Tuhan. Jika satu saja doamu didengar oleh Tuhan maka kamu masuk kedalam kapsulnya Tuhan. Dan jika kamu berada didalam kapsulnya Tuhan, maka aman dan selamatlah hidupmu di dunia dan akhirat. Namun, bermilyar-milyar kamu memanggil nama Tuhan belum tentu didengar oleh Tuhan, maka agar doa mu didengar didengar oleh Tuhan setiap agama mempunyai metotodologinya masing-masing. Urusan dunia yang memuat akhirat dan urusan akhirat yang memuat dunia karena adanya infinitigres (pikiran) dan jika dinaikkan lagi karena adanya kuasa Tuhan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Syaitan menggoda manusia dari berbagai arah yang tak disangka-sangka. Dan godaan yang paling berat adalah saat digoda melalui sesuatu yang kita suka, melalui kekuatan dan kelemahan kita. Misalnya orang tua yang digoda melalui anaknya, seorang matematikawan dengan matematikanya, seorang guru dengan ilmu keguruannya, seorang nenek dengan cucunya, seorang suami dengan istrinya, dan melalui cara-cara lain dari sesuatu yang merupakan kelemahan maupun kekuatan kita. Tidak ada yang dapat menolong kecuali Sang Maha Kuasa, maka senantiasalah memohon perlindungan dari Allah baik disaat senang maupun sedih, disaat sehat maupun sakit, disaat kaya maupun miskin, disaat lapang maupun sempit. Ingatlah selalu Tuhanmu disaat senangmu, maka Tuhan akan mengingatmu disaat susahmu.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dalam kehidupan ini manusia tidak akan terlepas dari godaan syaitan. Bahkan sudah menjadi janjinya untuk selalu menggoda manusia hingga ikut ke dalam golongannya. Seperti yang disampaikan dalam elegi di atas dimana Powernow sudah memiliki rencana yang sangat matang untuk menjerumuskan manusia. Karena itu sangat penting untuk menjadi manusia yang berilmu, karena dengan ilmu kita bisa terhindar dari hal-hal buruk tersebut. Tentu tidak terlepas juga dari berdoa kepada Yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Peradaban dunia tidak lepas dari suatu perkara dunia yang saling mempengaruhi antarnegara. Elegi tersebut menggambarkan bagaimana kondisi negara di bagian selatan sedang prosesnya untuk memajukan negaranya. Banyak tantangan yang mereka hadapi juga harus mampu mengendalikan kekokohan idealismenya. Tantangan yang ada dari peradaban dunia adalah dari bidang teknik, birokrat, politik, hukum, ekonomi, pendidikan, dan spiritual.

    ReplyDelete
  20. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Godaan syaitan tidak dapat dipungkiri akan muncul dan menghampiri diri kita. Hal ini berarti kita memerlukan tameng yang kuat dari dalam diri kita. Bagaimana caranya? Dekatkanlah dirimu dengan Tuhan sehingga kamu akan senantiasa dilimpahi rahmat-Nya. Artinya kamu akan senantiasa berada disisi dan jalan-Nya. Powernow tidak akan berhenti menggoda kita sebagai umat manusia. Powernow tidak akan kehabisan akal dalam memikirkan hal-hal negatif yang dapat masuk dalam diri kita. Solusinya bagaimana? Berdoalah dan senantiasa bersyukur atas karunia yang dimiliki sehingga kita mampu melawan godaan yang datang silih berganti. Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kehidupan kita sekarang ini sedang mengalami krisis multidimensi. Struktur kehidupan yang ditawarkan oleh sang Power Now, dengan segala teknologi canggih yang diciptakan, telah berhasil menciptakan budaya konsumtif serta kejahatan di masyarakat. Para pejabat pun banyak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kejadian ini seperti halnya keadaan setan yang selalu menggoda setiap umat manusia. Setan menggunakan sifat, kelemahan dan kekuatan kita untuk menghancurkan kehidupan dan spiritualitas kita. Oleh karena itu, untuk dapat selamat dari godaan setan, kita semua hendaknya selalu menuntut ilmu dan menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Tiadalah manusia mampu melawan godaan setan tanpa pertolongan Allah SWT.

    ReplyDelete