Mar 8, 2011

Elegi Pertunjukkan Matematika





Oleh: Marsigit

Matematika 1:
Amvoim kolian koi kordia ahdisong boldiah kolian koi ahdisong corcuran sombadadu nol. Aku ingin mengetahui siapa sebenar-benar diriku itu? Wahai matematika 2 dapatkah engkau membantuku mencari siapa diriku itu?

Matematika 2:
Amvoim kolian koi kordia ahdisong boldiah kolian koi ahdisong corcuran sombadadu nol. Itu semua ndabigu dengan ali. Maka kadapiti koi kordia ahdisong boldiah ndabigu oleh amvoim dikolian koi ahdisong corcuran ndabigu amvoim sombadadu nola. Mkoi didapat amvoim kordia ahdisong boldiah ndabigu amvoim kolian koi ahdisong kordia dari boldiah ndabigu dua kolian amvoim darkuring dengan kordia dari boldiah ndabigu dua kolian amvoim ahdisong corcuran ndabigu amvoim sombadadu nol. Maka dikapati koi kordia di tambleho boldiah ndabigu amvoim kolian koi ahdisong kordia dari boldiah ndabigu dua amvoim ali sombadadu kordia dari boldiah ndabigu dua kolian amvoim darkuring corcuran ndabigu ampaho. Maka ndakatipi koi kordia ahdisong boldiah ndabigu amvoim dikolian koi ahdisong kordia dari boldiah dibamvoim dua kolian amvoim sombadadu boldiah kordia ndabigu ampaho kolian amvoim kordia darkuring ampaho kolian amvoim dikolian lagi corcuran ndabigu ampaho kolian kordia dari amvoim. Wahai matematika 1, dapatkah engkau meneruskan kalimatku ini?

Matematika 1:
Saya akan mencobanya. Koi ahdisong boldiah ndabigu dua kolian amvoim sombadadu plus manusa avran tangkap dua dari boldiah kordia darkuring ampaho kolian amvoim dikolian corcuran ndabigu ampaho dikolian amvoim kordia. Maka koi gnaya tamperma maupun koi yang kedau adalah nugata boldiah ndabigu dua kolian amvoim ahdisong atau darkuring avran dari boldiah kordia darkuring ampaho kolian amvoim kolian corcuran ndabigu dua kolian amvoim. Wahai matematika 2, sampai di sini dapatkah engkau menunjukkan kepadaku siapakah sebenarnya diriku itu?

Matematika 2:
Dirimu tidak lain tidak bukan adalah halasuta dari nugata boldiah ahdisong dengan avran kordia dari boldiah kordia darkuring ampaho kolian amvoim dikolian corcuran ndabigu dua kolian amvoim, atau nugata boldiah darkuring kordia dari boldiah darkuring ampaho kolian amvoim kolian corcuran ndabigu duakolian amvoim.

Penonton1:
Luar biasa!. Wahai penonton 2, apakah engkau mengerti pembicaraan dua matematikawan tersebut.

Penonton 2:
Luar biasa!. Wahai penonton 1, aku sama sekali tidak tahu apa yang mereka bicarakan.

Penonton 1:
Bukankah engkau selama ini merasa sebagai matematikawan hebat tiada tandingannya?

Penonton 2:
Janganlah menyindir begitu. Ternyata aku sekarang sadar bahwa sepandai-pandai orang masih ada yang lebih pandai. Tetapi yang jelas aku pahami dari pembicaraan dua matematikawan tersebut adalah, matematikawan 1 kelihatannya sudah menemukan dirinya sendiri. Itu yang sungguh sulit aku bisa megerti bagaimana dia bisa mengerti dirinya dengan penjelasan seperti itu?

Penonton 1:
Mungkin kita perlu menunggu, siapa tahu pada elegi selanjutnya ada jawaban dari orang tua berambut putih.

Penonton 2:
Baik. Mari kita tunggu elegi berikutnya.

9 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Se ahli-ahli orang yang ebnar ahli pasti memiliki kekurangan dalam dirinya. Jika memang benar kita ahli di dalam bidang yang kita geluti intinya jangan sombong dengan keahlian itu karena Allah memiliki sifat KUN FAYA KUN. Semoga kita dijauhi dari sifat sombong itu. amiin

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Karakter masing-masing manusia berbeda, mulai dari sifat, cara berpikir, daya tangkap ilmu, dan masih banyak hal lainnya. Dalam postingan ini, bahasan tentang ilmu yang didapat dari 2 orang yang berbeda (matematikawan 1 dan 2). Dari yang saya pahami dari pembicaraan dua matematikawan tersebut adalah, matematikawan 1 kelihatannya sudah menemukan dirinya sendiri. Itu yang sungguh sulit aku bisa mengerti bagaimana dia bisa mengerti dirinya dengan penjelasan seperti itu? Mungkin kita perlu menunggu, siapa tahu pada elegi selanjutnya ada jawaban dari orang tua berambut putih. Dari penjabaran tersebut mulailah muncul keragu-raguan dan muncul pertanyaan, dan jawabannya berada pada elegi selanjutnya, tinggal kemauan kita saja untuk terus membaca dan membaca. Dapat saya katakan bahwa, inilah salah satu contoh mengapa ilmu itu adalah keraguan, dan mengapa ilmu itu adalah pertanyaan. Dari keraguan dan pertanyaan kita berusaha untuk mencari jawaban hingga memperoleh pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Matematika masih dianggap pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa, bahkan matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran bergengsi. Matematika mendapat julukan sebagai ratu dari segala ilmu. Maka semakin kita mendalami matematika, semakin dekat pula kita dengan kesombongan. Namun apabila kita kembali pada prinsip bahwa dalam belajar juga harus diiringi dengan doa maka dalam belajar matematika juga harus diiringi dengan spiritualitas. Tujuan dari itu semua adalah agar ilmu yang kita pelajari tidak membawa kita pada lupa diri atau kesombongan tetapi justru ilmu tersebut akan bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

    ReplyDelete
  4. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Janganlah kita mengaku bahwa kita sudah pandai dan mengerti sepenuhnya mengenai matematika. Matematika itu sendiri dapat berkembang dan tidak akan berhenti apabila kita terus memikirkannya. Oleh karena itu, kita tidak akan mampu mengerti seluruhnya mengenai matematika karena matematika bukan ilmu yang statis. Bagaimana kita mengetahui matematika secara keseluruhan apabila matematika tersebut terus mengalami perkembangan.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam dunia pendidikan terdapat banyak pendapat, opini, dan debat-debat yang muncul akibatnya adanya perbedaan. Disinilah tidak saling memahami menjadi lumrah hukumnya. Tidak menjadi masalah selama perbedaan tersebut tidak menimbulkan masalah yang baru lagi. Sama halnya kita dalam memahami pure mathematics dan school mathematics tentu berbeda persepsi. Selama keduanya tetap berada pada jalurnya masing-masing maka perbedaan itu tidak menjadi hal yang seharusnya diperdebatkan.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Matematika itu tidak mudah dipahami, penuh dengan simbol-simbol sebagai bentuk bahasanya, yang mana bahasa mereka hanya akan bisa dipahami oleh matematika itu sendiri. Pengetahuan matematika tidak hanya sebatas apa yang kita tahu dan yang ada. Akan ada pertunjukkan yang digelarnya dimana kita sebenarnya belum tahu apa-apa tentang matematika.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Di dunia ini seringkli manusia akan dihargai karena kepandaiannya. Sehingga seringkali membuat manusia terlena.
    Dan berakibat selanjutnya membuat manusia melupakan bahwa sepandai-pandai orang masih ada yang lebih pandai.
    Masih adalangit di atas langit. Sehingga sudah smestinya manusia tidak boleh menyombongkan diri dengan kepandaian yang dimiliki.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi di atas beberapa percakapan tidak dapat saya mengerti, dikarenakan bahasa yang begitu asing terdengar. Namun pada akhir elegi diberikan pernjelasan bahwa manusia tidak boleh tinggi hati dan merasa ia mengetahui segalanya. Hal tersebut sesuai dengan peribahasa yang berbunyi masih ada langit di atas langit, yang berarti masih ada orang yang paling pintar diantara orang yang terpintar. Dan tidak ada orang yang paling pintar yang melebihi Sang Maha Pencipta.

    ReplyDelete