Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

23 comments:

  1. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dunia sekarang sudah berkembang, banyak sekali inovasi-inovasi yang terjadi, inovasi dalam aspek teknologi misalnya yang bisa dijadikan sebagai inovasi dalam dunia pendidikan pula. Kita dapat memanfaatkan teknklogi dalam pendidikan menggunakan media media belajar berbasis online yang sudah sangat sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Karena di era sekarang sangat penting dibutuhkan inovasi dalam pendidikan agar dapat terus memajukan bangsa.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Seiring berjalannya waktu, perkembangan zaman yang akan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Tidak hanya tentang teknologi tetapi pikiran manusia pun tentu sudah berubah. Maka berdampak pada pendidikan yang harus senantiasa mengikuti perkembangan tersebut. Dalam elegi ini telah dijelaskan berbagai inovasi-inovasi dalam pendidikan yang memang harus dilaksanakan seorang guru sebagai perantara, pengarah siswa untuk memperoleh pendidikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Perkembangan pendidikan atau inovasi yang berpengaruh terhadap proses berpikir adalah pemanfaatan teknologi. Inovasi dalam teknologi dapat dirinci menjadi tiga hal yaitu teknologi yang menggunakan perangat keras seperti penggunaan media elektronik, memanfaatkan perangkat lunak, dan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. Manfaat adanya teknologi ini adalah membantu mengkonstruksi pengetahuan, mengkoordinasi pembelajaran secara lebih interaktif, mempermudah mengakses sumber belajar, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

      Delete
  3. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Jika kita cermati pendidikan di Indonesia saat ini, rata-rata masih berada pada level 1, 2, dan 3. Untuk menggapai inovasi pendidikan, kita harus berupaya untuk mengubah pandangan-pandangan pada level 1, 2, 3 menuju level 4 dan 5. Tidak mudah memang, namun bukan berarti tidak bisa. Perlu kerjasama dari berbagai pihak untuk turut serta melakukan inovasi-inovasi agar pendidikan di Indonesia semakin maju.

    ReplyDelete
  4. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Inovasi pendidikan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti pada saat ini. Inovasi pendidikan sangat diperlukan untuk menciptakan anak bangsa yang mampu bersaing di kelas internasional. Jika tidak, maka Indonesia akan semakin tertinggal. Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih berada di level 1,2,dan 3. Level 4 dan 5 adalah level yang dicita-citakan dan perlu diusahakan demi generasi penerus bangsa. Namun, pada bahasan nilai moral, inovasi pendidikan mencakup semua nilai moral yang telah ada pada level-level sebelumnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Inovasi atau Reka baru dapat diartikan sebagai proses atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan. Inovasi dalam dunia pendidikan tentunya sangat penting dan bermanfaat demi kemajuan dan tercapainya tujuan pendidikan. Dengan adanya inovasi dalam pendidikan, akan membawa perubahan menuju ke hal yang lebih baik lagi dan mengarah pada suatu peningkatan. Inovasi muncul akibat ketidakcukupan sistem yang telah ada sekarang sehingga harus diciptakan suatu inovasi baru yang lebih mampu mencukupkan kebutuhan dari manusia pada masa kini. Inovasi berkembang berdasarkan ruang dan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

    ReplyDelete
  6. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Hakekat inovasi pendidikan adalah memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk melakukan diskusi dan melakukan penelitian.jadi itulah sebenar-benar inovasi. Siswa belajar untuk membangun pengetahuannya dengan melakukan diskusi dan penelitian dengan menggunakan sumber belajar dari lingkungan dan masyarakat,melakukan evaluasi belajar dengan portfolio dan assessment. Mengembangkan kreativitas siswa-siswa dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan.Jadi itulah sebenar-benar inovasi.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara umum inovasi dapat diartikan sebagai pembaharuan atau pembangunan dengan menciptakan hal-hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Hal-hal baru dan berbeda dari yang sebelumnya itu haruslah memiliki keunggulan yang lebih. Dengan artian bahwa "B" merupakan inovasi dari "A" apabila "B" memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan apa yang belum bisa terlaksana oleh "A". Dalam bidang pendidikan juga diperlukan adanya inovasi. Hal ini bertujuan selalu mencari hal-hal yang baru yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita. Namun sayangnya memanglah tidak mudah untuk mencari inovasi tersebut. Dan apabila telah menemukannya pun tidak boleh langsung diterapkan karena perlu adanya uji coba terlebih dahulu agar mendapat hasil yang terbaik.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sejatinya inovasi dalam pendidikan tidak hanya menjadi fokus bagi guru dan sekolah tetapi menjadi fokus bagi seluruh lini dunia pendidikan juga. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat seharusnya seluruh lini pendidikan bekerja sama dalam membuat inovasi sehingga pendidikan dapat ditingkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Inovasi menjadi syarat wajib dalam suatu proses pembelajaran khususnya untuk guru sebagai fasilator. Guru sudah sepatutnya berinovasi karena masa depan siswanyaa bergantung dari inovasi guru terkait kerangka/konsep belajar yang diterapkannya mengingat keanekaragaman karakter setiap siswa. Maka inovasi dalam proses pembelajaran berbanding lurus terhadap masa depan siswa.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendidikan bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Namun, pendidikan yang ada harus mampu mempersiapkan siswa untuk siap mengahadapi tantangan dimasa yang akan datang. Siswa harus mampu mengembangkan kreativitas yang dimiliki agar dapat menghasilkan inovasi-inovasi dimasa yang akan datang. Untuk dapat mengembangkan kreativitas yang dimiliki siswa, kita sebagai pendidik harus menjadi suatu wadah yang baik agar siswa dapat mengembangkannya melalui proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Seiring dengan perkembangan zaman dan revolusi industri 4.0 saat ini, dunia pendidikan juga mengalami berbagai inovasi. Inovasi tersebut dapat berupa perangkat pembelajaran yang memuat media pembelajaran menarik, bervariasi, dan mampu menyampaikan materi dengan baik kepada siswa. Selain itu, model pembelajaran saat ini juga telah mengalami revolusi dari yang teacher center menjadi student center. Oleh karena itu, diharapkan pendidik dan calon pendidik senantiasa melakukan inovasi dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Inovasi tersebut dapat diperoleh dari pelatihan/workshop guru-guru, pendidikan profesi guru, jurnal-jurnal nasional dan internasional yang menyajikan berbagai inovasi, lesson study, serta sharing antar guru melalui kegiatan MGMP dll.

    ReplyDelete
  12. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Inovasi adalah hal yang diperlukan untuk menghadapi perubahan yang terjadi, terutama dalam bidang pendidikan. Inovasi pada dasarnya melihat pola yang ada kemudian berupaya untuk tidak bersebrangan dengan pola yang ada. Dalam bidang pendidikan ada banyak inovasi yang dapat dilakukan untuk menyongsong masa depan. Tetapi dalam melakukan inovasi, tidak berarti bahwa manusia mengabaikan beberapa hakikat yang pada dasarnya tidak boleh diubah seperti ideologi.

    ReplyDelete
  13. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tantangan kita sebagai guru adalah bagaimana kita memberikan suasana belajar yang menyenangkan kepada siswa. Seperti yang sering kita temukan disekolah-sekolah bahwasanya seringkali siswa merasa cemas dalam belajar khususnya pada bidang studi matematika. Hal ini dikarenakan banyak faktor salah satunya adalah pembelajaran yang membuat siswa menjadi bosan.

    ReplyDelete
  14. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Melihat situasi pendidikan di Indonesia terkait proses pembelajaran di kelas. Yang mana dalam pembelajarannya masih didapati siswa yang minat belajarnya kurang terkait materi yang diajarkan. Hal ini merupakan suatu masalah yang menjadi perbincangan dikalangan pendidik. Salah satu hal yang dapat meningkatkan daya minat belajar siswa adalah dengan memberikan pembelajaran yang inovatif agar siswa merasa senang dan tidak bosan ketika mendapatkan pelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  15. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Inovasi dalam pendidikan memang harus terus dilakukan agar bisa mengikuti perekembangan jaman dan bisa menjadi daya saing bangsa. Terlebih lagi, pendidikan kini seakan-akan mulai bergeser dalam era yang lebih maju lagi. Pendidikan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja guna untuk mengembangkan potensi siswa. Salah satunya dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang dapat memuat tampilan materi dengan menggunakan suara, gambar, video dan animasi untuk mendorong kemampuan berpikir kritis siswa untuk pemecahan masalah matematis yang bisa dilakukan secara mandiri.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Inovasi berarti memperbaharui. Inovasi pendidikan berarti memperbaharui sistem pendidikan. Memperbaharui disini berarti melakukan perbaikan dari yang awalnya baik menjadi lebih baik lagi. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan dalam menggapai inovasi pendidikan, seperti misalnya memperbaiki tujuan pendidikan, menetapkan teori belajar menagajar, menetapkan sumber belajar, menetapkan teori evaluasi belajar, menetapkan kurikulum, menetapkan ideologi pendidikan, serta menetapkan hakekat ilmu dan siswa. Dengan memperbaiki salah satunya mungkin akan lebih membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  17. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Inovasi dapat diartikan sebagai pengenal hal-hal baru atau pembaharuan. Dalam dunia pendidikan pun sudah tentu membutuhkan inovasi guna pendidikan yang lebih baik. Jika kita cermati dari elegi di atas bahwa pendidikan di Indonesia masih berada di level 1,2,dan 3. Inovasi sangat dibutuhkan untuk sampai pada level di atasnya. Hal ini jelasn menjadi tantangan bagi para pendidik maupun calon pendidik untuk menghadirkan inovasi guna perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Inovasi pendidikan sudah sepatutnya dinanti dan direalisasikan. Jelas bahwa inovasi-inovasi yang disebutkan bertujuan untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan, memberikan kesempatan belajar kepada masyarakat, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Apa sajakah manfaat dari inovasi pendidikan? Manfaatnya ialah untuk meningkatkan sistem perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengelolaan pendidikan, menjawab kebutuhan pembangunan lingkungan.

    ReplyDelete
  19. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Sebenar-benar inovasi adalah yang terletak pada poin ke empat dan ke lima. Sebagai contoh, mengembangkan kreatifitas siswa, siswa mengembangkan self believe, siswa mengkonstruk sendiri pengetahuannya, siswa berdiskusi, melakukan penelitian dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  20. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Inovasi-inovasi inilah yang dimasa depan menjadi peradigma-paradigma terkait pendidikan. Ole karena itu, diperlukan persiapan, usaha, pelatihan dan seterusnya kepada para mahasiswa calon guru, guru, tenaga pendidikan dan sejenisnya agar tidak ketinggalan dengan kemajuan zaman di masa depan.

    ReplyDelete
  21. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Pendidikan sangat diperlukan bagi perkembangan diri dalam menjalani kehidupan. Pendidikan dapat menjadi bekal hidup sehingga kita mampu menikmati hidup, berbagi, dan memberikan solusi ketika menghadapi masalah. Inovasi diperlukan dalam menempuh pendidikan. Inovasi tidaklah hanya dapat muncul dari pemerintah saja sebagai struktural tertinggi di sebuah negara melainkan semua pelaku pendidikan dapat menciptakan inovasi pendidikan tersebut. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan tumbuhkembangnya pendidikan yang lebih baik. Selain itu, inovasi diperlukan untuk mencapai suatu standar yang ditentukan. Semua standar tentunya dapat diraih walaupun memerlukan perjuangan yang besar. Walaupun demikian, semua hal dapat dilakukan ketika semua elemen pendidikan saling bersinergi membangun pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan masa depan ialah melalui pendidikan. Inovasi pendidikan merupakan satu hal penting untuk terus menerus dilakukan. Dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan berbagai aspek. Elegi ini mengungkapkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi pendidikan antara lain tujuan pendidikan, hakekat belajar, mengajar, sumber belajar, evaluasi, kurikulum, ideologi, ilmu, nilai moral, dan siswa. Pada dasarnya, inovasi pendidikan memandang siswa sebagai subyek yang memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian guru berkewajiban untuk memfasilitasi siswa dalam belajar, baik sumber , media, maupun lingkungan sehingga siswa mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete