Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

59 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inocasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati berbagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan. Dengan perkembangan zaman maka inovasi pendidikan juga akan berkembang

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hakekat tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Hakekat belajar adalah melakukan penelitian, bekerjasama, dan introspeksi. Hakekat mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Terkait dengan sumber belajar maka siswa dapat memanfaatkan alat peraga dan alat bantu bahkan lingkungan alam sekitar dan masyarakat dengan segenap isinya dapat juga dijadikan sebagai sumber belajar. Hakekat evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment atau portfolio dan konteks belajar. Seharusnya inilah yang menjadi patokan para pakar pendidikan dalam membuat kurikulum untuk diterapkan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Inovasi pendidikan dipersiapkan untuk siswa agar memilliki masa depan yang gemilang. Maka, inovasi yang dihasilkan haruslah menunjang siswa untuk dapat menggapai masa depannya yang cemerlang. Pendidikan harus menjadi sarana utama bagi siswa untuk dapat terus mengembangkan potensinya secara maksimal, sehingga dalam pendidikan tentu harus memperhatikan karakter dan kebutuhan siswa, menyediakan sumber belajar dan lingkungan belajar yang baik bagi siswa, membiasakan cara berpikir yang kreatif dan inovatif sebagai bekal bagi siswa dalam meraih cita-cita dan masa depannya.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Agar tercipta kemajuan baik pada guru ataupun siswa diperlukan adanya inovasi dalam pendidikan dan sistem yang mengaturnya. Inovasi sendiri akan membuka kesempatan pada pihak yang terlibat didalamnya agar mampu berkembang menjadi yang lebih baik lagi. Dalam implementasinyas dirasa masih sulit untuk melakukan inovasi namun mencoba tidaklah saah jika untuk kepentingan bersama. Inovasi dalam pendidikan mengajarkan untuk membuka mata dan hati yang ikhlas untuk menerima segala bentuk perubahan.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pendidikan merupakan sarana dalam menciptakan sumber daya manusia. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya mesti didukung dengan pendidikan yang berkualitas juga. Berbagai inovasi atau terobosan dalam dunia pendidikan senantiasa dilakukan demi membangun pendidikan yang lebih berkualitas dan lebih baik. Inovasi pendidikan tersebut diantaranya menyelenggarakan pendidikan yang lebih humanis, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengonstruksi sendiri pengetahuan, membangun karakter peserta didik atau menanamkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Teknologi semakin berkembang, penuh inovasi di segala bidang, misalnya bidang ekonomi, industri, TIK, dan tak terkecuali bidang pendidikan. Sebagai calon pendidik kita dituntut untuk dapat menciptakan inovasi pendidikan untuk mencetak generasi bangsa agar dapat bersaing di kancah internasional. Semoga kita diberikan kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Siswa sebagai peserta didik di sekolah ibarat tong kosong. Tong mampu menanpung banyak ilmu.
    Dari ilm,u yang baik hingga yang kurang baik. Dari ilmu yang bermanfaat hingga ilmu yang kurang bermanfaat.
    Seberapa banyak dan seberapa bermanfaat ilmu yang ada dalam tong kosong itu bergantung pada fasilitator pengisi tong itu sendiri yaitu pendidik atau guru.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Agar tak terkalahkan oleh masa depan diperlukan berbagai macam inovasi. Inovasi tersebut bermanfaat untuk keberlangsungan beberapa tahun yang akan datang. Karena zaman pasti akan terus berkembang, pengetahuan semakin meluas, pemikiran menjadi lebih kritis dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk melakukan perubahan diperlukan pengetahuan mendasar, antara lain adalah tujuan pendidikan, teori belajar dan mengajar, sumber belajar, evaluasi belajar, kurikulum secara umum dan kiblat kurikulum di negara ini, ideologi pendidikan, nilai moral dan hakikat dari siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan dahulu dan sekarang berbeda bila dilihat dari substansi materi, kurikulum, ataupun cara mengajar guru. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan pendidikan senantiasa sejalan dengan perkembangan zaman. Untuk memenuhi kebutuhan zaman yang semakin kompleks, maka diperlukan inovasi di bidang pendidikan.Pendidikan tersebut sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang kompeten. Inovasi dalam bidang pendidikan harus memperhatikan banyak hal, mulai dari tujuan pendidikan, teori belajar dan mengajar, sumber belajar, evaluasi belajar, kurikulum, sampai ideologi pendidikan, nilai moral dan hakekat siswa. Semua inovasi dalam pendidikan itu tidak lain untuk mempersiapkan diri, hati, dan pikiran untuk menyongong masa depan.

    ReplyDelete
  11. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Manusia sebagai makhluk sosial yang dinamis dan tak puas dengan apa yang sudah ada akan selalu mencoba, menggali dan menciptakan sesuatu yang baru atau lain dari biasanya, begitu pula masalah inovasi yang erat kaitannya dengan proses pendidikan dan pembelajaran. Inovasi pendidikan merupakan pembaharuan atau usaha untuk memecahkan masalah yang terkait dengan pendidikan. Bentuk inovasi pendidikan berupa tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral dan hakekat siswa. Di abad 21 ini, inovasi pendidikan sangat dibutuhkan karena tuntutan dunia global yang semakin kompetitif. Adanya inovasi diharapkan dapat mengubah pendidikan menjadi lebih baik dan berkualitas.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D

    Dalam menghadapi perkembangan kehidupan yang baru, guru dituntut untuk dapat melakukan inovasi. Namun, inovasi ini tidak hanya dalam teori mengajar, cara mengajar saja, tetapi bisa juga dalam aspek lain yang ada seperti yang tertulis dalam elegi ini. bagi guru, penting untuk membekali diri agar inovasi tersebut dapat terlaksana. Maka, yang harus dilakukan adalah belajar terus, berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  13. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D

    Melakukan inovasi dalam dunia pendidikan juga tergantung paradigmanya. Saat paradigma pendidikan adalah paradigma mengajar, maka inovasi yang dilakukan ada dalam tahap pertama hingga ketiga. Pada kurikulum 2013, paradigma yang ada adalah paradigma belajar, itulah mengapa inovasi yang dilakukan adalah pada tahap ke empat dan kelima. Mungkin saja terjadi jika paradigma pendidikan berubah, kita diharuskan untuk berinovasi ke tahap yang lebih lanjut. Maka, bekali diri dengan hal yang baru dan kuasai apa yang ada.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Siswa merupakan karakter building. Karakter yang perlu dibentuk menjadi karakter yang diharapkan.
    Pembentuk karakter ini tak lain adalah fasilitator-fasilitator yang ada. Orang tua di rumah hingga guru yang ada d sekolah.
    Kedua komponen ini harus bekerja sama untuk mendapatkan karakter siswa yang baik.

    ReplyDelete
  15. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dunia ini berkembang terus menjadi lebih modern, begitu pula dengan pendidikan yang senantiasa berkembang. Siswa, guru, dan teknologi terus berkembang, untuk itu perlu dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan. inovasi tersebur dapat dilakukan dalam berbagai hal yang terkait dalam pendidikan, misalnya kurikulum, ilmu, guru, metode belajar, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan diadakan inovasi pendidikan maka pendidikan akan lebih maju ke arah yang lebih baik tanpa melupakan budaya dan adat istiadat setempat.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam
    kehidupan manusia. Dalam setiap bidang kehidupan di masyarakat terdapat
    proses pendidikan, baik yang disengaja maupun secara tidak sengaja. Dalam
    pendidikan formal, penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari tujuan
    pendidikan yang hendak dicapai karena tercapai tidaknya tujuan pendidikan
    merupakan tolak ukur dari keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Tujuan
    pendidikan nasional disesuaikan dengan tuntutan pembangunan dan
    perkembangan kehidupan bangsa Indonesia, sehingga tujuan pendidikan
    bersifat dinamis dalam mengikuti perkembangan yang semakin pesat.

    ReplyDelete
  17. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk mencapai perubahan maka harus dengan inovasi, begitu juga dengan pendidikan, agar pendidikan itu maju maka mesti ada inovasi disemua bidang, baik dari gurunya, maupun dari segi kurikulumnya. Dengan adanya inovasi yang baik dalam pendidikan diharapkan nantinya akan mengeluarkan output yang berkualitas.

    ReplyDelete
  18. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Perubahan pendidikan bertujuan untuk membekali siswa dengan kualitas pendidikan yang baik agar mereka mampu beradaptasi dengan situasi ekonomi global. Seiring berjalannya waktu dunia kerja juga mengalami perkembangan dan perubahan. Sistem perekrutan tenaga kerja semakin ketat dengan membatasi tingkat pendidikan dan mencari individu yang berkualitas serta memiliki kompetensi.
    Penerapan inovasi pendidikan terjadi pada segala jenjang pendidikan dan segala komponen sistem pendidikan. Sebagai seorang pendidik, wajib mengetahui dan mampu menerapkan inovasi-inovasi untuk mengembangkan proses pembelajaran agar lebih kondusif supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal. Output sangat berpengaruh terhadap kemajuan lembaga pendidikan, sehingga pengakuan yang nyata akan muncul dari orang tua, masyarakat dan juga siswa.

    ReplyDelete
  19. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    IPTEK selalu berkembang setiap saat, begitu pula pendidikan. Untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih baik diperlukan berbagai inovasi. Inovasi yang diwujudkan berupa variasi-variasi berupa metode, media, alat peraga dan berbagai jenis pula. Dari berbagai variasi metode yang dapat diterapkan berupa pembvelajran berbasis etnomatematika atau budaya. Etnomatematika adalah pembelajaran berbasis konteks yang objek kontekstualnya berupa objek atau artefak hasil budaya.

    ReplyDelete
  20. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inovasi pendidikan merupakan wujud sikap terbuka terhadap pembaruan. Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan genjatan berupa inovasi dalam pendidikan. Inovasi pendidikan bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri dengan guru sebagai fasilitator. Oleh karena itu, saat ini guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga mampu memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar. Kehadiran inovasi pendidikan ini pastinya sangat dibutuhkan untuk menyongsong masa depan putra putri bangsa dan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Masa depan ditentukan oleh masing – masing individu. Bagaimana pribadi kita, belajarnya, ataupun cara memandang suatu hal menentukan masa depan. Maka kualitas pendidikan juga berperan dalam menentukan masa depan. Dalam pendidikan diperlukan inovasi agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa benar – benar memaknai apa yang ia pelajari sehingga ilmu yang sudah diperolehnya akan digunakan dalam hidup sehari – hari dan nantinya akan digunakan juga dalam menentukan masa depan termasuk keputusan – keputusan yang diambil dalam hidup.

    ReplyDelete
  22. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Untuk mencapai masa depan yang lebih baik, maka diperlukan inovasi-inovasi dalam pendidikan. Selama ini, pendidikan di Indonesia masih bersifat teacher centered sehingga siswa hanya sebagai obyek yang pasif sehingga keaktifan siswa ketika pembelajaran masih sangat kurang. Untuk itu, diperlukan inovasi dimana siswa menjadi subyek dalam pembelajaran yaitu pembelajaran dengan student centered. Pembelajaran juga bukan lagi hanya transfer of knowledge melainkan pembelajaran itu adalah ketika siswa mengkonstruk sendiri pengetahuaannya sendiri dengan bantuan dari guru sebagai fasilitator. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa akan lebih mudah mengembangkan pikirannya dan menemukan konsep sehingga mereka akan cenderung lebih paham.
    Media atau alat peraga juga akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa termotivasi dan pembelajaran lebih menyenangkan. Selain yang tak kalah penting yaitu kurikulum. Kurikulum yang ada hendaknya dapat memenuhi kebutuhan siswa yang mempunyai karakteristik yang beraneka ragam. Jika pendidikan di Indonesia menerapkan pembelajaran yang inovatif maka pendidikan di Indonesia tentunya akan menjadi lebih berkualitas dan mampu bersaing dikancah Internasional.

    ReplyDelete
  23. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang menggunakan metode dan media itu-itu saja hanya akan membuat siswa bosan. Perkembangan jaman yang sangat pesat ini hendaknya dimanfaatkan oleh guru selaku pendidik untuk menciptakan berbagai macam inovasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  24. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi pendidikan meliputi beberapa komponen, seperti metode mengajar, media mengajar, dan lain sebagainya. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif mampu melatih kemampuan kreativitas siswa. Selain itu siswa akan termotivasi untuk mempelajari materi. Hal ini akan berdampak langsung kepada prestasi siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.

    ReplyDelete
  25. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Dalam pendidikan pasti ada yang namanya belajar. Sehingga inovasi pembelajaran yang dibutuhkan adalah inovasi yang dapat membuat siswa menjadi tidak jenuh akan pelajaran dan menjadi bersemangat dalam belajar. Salah satunya inovasi media pembelajaran. Media yang inovatif akan membuat siswa menjadi bersemangat dalam belajar dan menjadi siswa lebih termotivasi.

    ReplyDelete
  26. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Sistem pendidikan yang berkualitas dapat ditinjau dari beberapa aspek, mulai dari keadaan guru, fasilitas, dan atau sistem pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memberikan kesan bermakna bagi siswa akan materi yang diajarkan. Salah satu agar pembelajaran tersebut bermakna adalah dengan adanya pembelajaran yang inovatif atau inovasi dalam pendidikan. Inovasi pendidikan dapat terjadi jika pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan; belajar adalah melakukan penelitian dengan percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi; mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya (konstruktivis) dan memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  27. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang saya dapat dari elegi di atas adalah bahwa inovasi pendidikan merupakan hal yang penting untuk masa depan dalam mencapai tujuan pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, inovasi pendidikan perlu dilakukan di beberapa sektor pendidikan dan berbagai macam cara.

    ReplyDelete
  28. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari postingan Bapak, Saya mengambil kesimpulan bahwa inovasi pendidikan itu memang harus terus berjalan seiring dengan perkembagan zaman yang semakin canggih dan praktis.

    ReplyDelete
  29. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tujuan pendidikan Indonesia sebenarnya hanya satu yaitu yang telah tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, namun untuk mewujudkannya tentu harus ada tujuang yang lebih konkret agar lebih mudah dilaksanakan. Saat ini yang sedang dilakukan adalah pendidikan ditujukan untuk mengembangkan kreativitas siswa – siswanya serta memberikan kesempatan yang seluas – luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutkan. Hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan siswa, bahwa pendidikan adalah kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  30. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Belajar merupakan kegiatan sepanjang hayat. Bagi siswa belajar tidak sekadar membaca buku untuk mendapatkan ilmu baru. Namun, belajara adalah kegiatan penilitian. Dimaksudkan agar siswa memiliki rasa ingin tau terhadapa sesuatu sehingga siswa memiliki kemauan untuk belajar dan mengenal hal baru. Selanjutnya belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instropeksi diri. Dalam proses belajar siswa akan mampu mengembangakan kemampuan bekerjasama dengan teman lainnya untuk belajar hal baru, dan setelah siswa menemukan ilmu baru siswa akan instropeksi diri tentang pa yang telah ia lakukan. Sehingga dapat mengevaluasi apa yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  31. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan sudut pandang pembelajaran yang awalnya adalah berpusat pada guru dan sekarang berpusat pada siswa merupakan salah satu inovasi yang telah dilakukan untuk menuju pendidikan yang lebih baik. Mengajar adalah memberi kesempatan seluas – luasnya kepada siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuan sendiri serta melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Pernyataan ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah disebutkan.

    ReplyDelete
  32. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sumber belajar yang digunakan sekarang lebih banyak macamnya, bukan hanya buku pegangan siswa. Namun mengikuti perkembangan zaman yang ada, sumber belajar bisa melalui alat bantu atau alat perga, media pembelajaran berbasis teknologi atau yang lainnya. Selain itu lebih baik sumber belajar adalah lingkungan siswa serta pengalaman siswa itu sendiri, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  33. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mengubah sudut pandang yang menyebutkan bahwa siswa yang dulunya sebagai objek tetapi sekarang siswa merupakan subjek dalam proses pembelajaran. Bahwa siswa adalah kebutuhan dan siswa adalah perkembangannya. Bukan lagi pendidik sebagai subjeknya, tetapi sekarang bagaimana pendidik memberikan fasiliats kepada siswa untuk memenuhi kebutuhan dan membantu siswa untuk berkembang.

    ReplyDelete
  34. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Inovasi dibidang pendidikan akan terus mengalami perubahan seiring perkembangan jaman. Inovasi dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Seperti yang saat ini telah terjadi yaitu adanya inovasi dalam kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013 dimana dalam metode pembelajaran yang semula teacher center menjadi student center. Hal ini dilakukan karena memang sejatinya dalam pembelajaran peran aktif dari siswa lebih penting.

    ReplyDelete
  35. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Selain itu inovasi dalam penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelaaran juga perlu dilakukan. Dengan perkembangan teknologi maka penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi juga akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran karena sesuai dengan perkembangan yang terjadi.

    ReplyDelete
  36. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Guna menyongsong masa depan, perlu terus dikembang inovas-inovasi dalam dunia pendidikan. Inovasi yang di lakukan dalam pendidikan bertujuan mengembangkan pembelajaran agar lebih menarik, lebih baik, memadai dan menjadikan peserta didik lebih mudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan ataupun pendidikan. Inovasi dapat diciptakan dalam tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, sumber belajar, evaluasi belajar, kurikulum, ideology pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral, dan hakekat siswa.

    ReplyDelete
  37. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakikat inovasi pembelajaran adalah berkembangnya siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dan mereka mampu menjalankan pembelajaran bermakna. Dalam inovsai pembelajarannya, guru perlu mempertimbangkan beberapa aspek, diantaranya adalah tujuan penddikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, hakekat ilmu, nilai moral, dan hakikat siswa.

    ReplyDelete
  38. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi pembelajaran dilihat dari tujuan pendidikannya adalah pendidikan yang mengembangkan kreativitas siswa, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Dari teori belajar, belajar yang baik adalah belajar yang melakukan penelitian, dengan percaya diri, bekerjasama, dan introspeksi. Mengajar adalah memberi kesempatan kepada siswa dalam menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri, dan juga memberi kesempatan agar siswa berdiskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Sumber belajar dalam pembelajaran inovatif adalah lingkungan sekitarnya, masyarakat dan seisinya.

    ReplyDelete
  39. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Evaluasi pembelajaran inovatif dilaksanakan dengan portofolio dan konteks belajar. Kurikulum yang disusun harus berdasarkan kebutuhan dan bermacam-macam, harus mampu melayani kebutuhan subjek didik yang bermacam karakternya. Pendidikan juga dirancang untuk memerdekakan diri, dan demokrasi. Ilmu yang diajarkan guru berbentuk proses berpikir, dan sebagai kegiatan sosial. Siswa yang akan mencari ilmu adalah sebagai objek pendidikan yang perlu dipenuhi kebutuhannya, dan perlu didampingi dalam perkembangannya

    ReplyDelete
  40. Ajeng Puspitasari/ 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam melakukan inovasi, jika ditinjau dari hakekat siswa, guru ternyata perlu memahami posisi dan kedudukannya. Yang saya pelajari dari elegi di atas yakni, guru ternyata sebagai pemenuh kebutuhan siswa, dimana salah satu kebutuhan siswa ialah belajar. Maka guru sebaiknya mampu memfasilitasi siswa sebagaimana mestinya. Lalu, guru juga berperan salam perkembangan siswa. Baik perkembanagn dari segi ilmu maupun sikap, karena guru di depan meberi teladan dan membantu siswa mengkonstruk pengetahuannya agar kapasitas siswa bertambah.

    ReplyDelete
  41. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pendidiakn yang berinovasi diperlukan pembelajaran yang inovatif bukan pemeblajaran tradisional atau pembelejaran old humanis. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa, dan guru berperan sebagai fasilitator. Sehingga guru harus menyiapkan berbagai variasi metode, model, media, alat peraga, dan sebagainya demi menunjang kemampuan berpikir siswa. Sehingga siswa mampu merkonstruksi sendiri pengetahuannya dengan aktivitas yang telah direncanakan oleh guru yang beragam adanya.

    ReplyDelete
  42. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pendidikan kuno masih menggunakan metode ceramah atau ekspositori, penguasaan kelas oleh guru, doktrin, dan masih sangat behavioris. Maka muncul pemahaman baru mengenai pendekatan saintifik yang dirasa lebih rasional.

    ReplyDelete
  43. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru kuno merupakan pelaksana ketat kebijakan pemerintah di bidang pendidikan sedangkan guru modern merupakan pengembang inovasi pembelajaran dan riset.

    ReplyDelete
  44. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Ada berbagai metode pembelajaran yang relevan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yakni pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasi proyek, discovery learning, dsb.

    ReplyDelete
  45. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Kemampuan yang dikembangkan dalam kurikulum 13 adalah kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan mampu bekerjasama. Kemampuan yang ingin dicapai tersebut tentu tidak relevan jika pembelajaran masih menggunakan metode konvensional.

    ReplyDelete
  46. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pendekatan saintifik dipandang cocok untuk kegiatan penenmuan terbimbing yang dapat dilaksanakan oleh siswa. Berawal dari maslah konkret yang kemudian diinvestigasi, dan akhirnya disimpulkan.

    ReplyDelete
  47. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Kurikulum 13 menawarkan pendekatan dan metode baru yang dirasa cocok untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir dan kemandirian siswa.

    ReplyDelete
  48. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Pembelajaran berbasis etnomatematika memfasilitasi siswa untuk menemukan hal-hal konkret yang memudahkan siswa dalam mengabstraksi matemematika.

    ReplyDelete
  49. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memandang posisi matematika di ranah global. Bagaimana peran matematika dan apa kebutuhan siswa dalam kehidupan berdasar matematika.

    ReplyDelete
  50. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perkembangan jaman sangat berpengaruh dalam pendidikan. Walaupun dari segi substansi sama. Akan tetapi semakin jaman berkembang, maka tuntutan akan pendidikan semakin berkembang pula. Hal ini mengharuskan selalu adanya inovasi dalam pendidikan guna memenuhi tuntutan dari jamannya.

    ReplyDelete
  51. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Apabila suatu menemukan masalah dalam dunia pendidikan, jangan menyalahkan siswa maupun gurunya. Telaah kembali perangkat yang digunakan dalam pembelajaran. Dari situlah kita dapat melakukan inovasi.

    ReplyDelete
  52. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya untuk dapat menggapai inovasi pendidikan, maka yang seharusnya dilakukan adalah terus belajar dan terus memiliki rasa ingin tau. dengan seperti itu maka sebagai guru akan terus evaluasi dan mencari solusinya sehingga semakin ke depan nantinya semakin baik dan akan terciptanya inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  53. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terdapat beberapa teori mengajar yang dapat diterapkan di dalam kelas. Namun yang paling tepat untuk diterapkan di dalam kelas yaitu mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  54. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran matematika sekolah, inovasi sangat dibutuhkan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran di kelas. Inovasi juga diperlukan untuk mempersiapkan anak-anak menuju masa depan masing-masing.

    ReplyDelete
  55. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Untuk mencapai kemajuan pendidikan maka diperlukan inovasi pendidikan. Mencetak generasi bangsa yang bermutu pun diperlukan inovasi pendidikan. Menurut saya sistematis pendidikan saat ini masih menjadi perdebatan kita semua, perlunya dikaji pada sitem pendidikan yang ada. Ada baiknya jika kita sebagai calon guru mengembangkan bakat dan minat siswa supaya bisa mencetak generasi bangsa yang bermutu dan ahli dalam satu bidang tertentu.

    ReplyDelete
  56. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, menggapai inovasi pendidikan adalah salah satunya merupakan tugas seorang guru karena guru yang paling berperan dalam keberhasilan siswa itu sendiri. maka dari itu guru hendaknya sangat peka terhadap inovasi inovasi pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  57. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Di era globalisasi ini, inovasi sangat penting untuk dilakukan agar dapat terus “hidup” sesuai dengan perkembangan zaman yang pesat. Inovasi pendidikan dibutuhakan agar pendidikan yang telah ada dapat diperbaiki/disempurnakan lagi agar tercapai cita-cita bangsa ini. Dari elegi di atas, saya menyimpulkan bahwa inovasi pendidikan yang baik itu lebih mengedepankan proses dari pada hasil.

    ReplyDelete
  58. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kemajuan pendidikan akan membuat bangsa menjadi maju pula. Maka kita perlu memajukan pendidikan agar bangsa kita pun maju. Namun, terdapat berbagai masalah dan kendala di dunia kependidikan Indonesia ini. Masalah yang ada perlu dicari solusinya agar segalanya selaras.

    ReplyDelete
  59. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Salah satu caranya ialah perlunya guru-guru melakukan inovasi pendidikan agar dapat menyongsong masa depan pendidikan yang lebih baik. Inovasi perlu dilakukan oleh guru dalam hal penggunaan model pembelajaran, penilaian, penggunaan sumber belajar dll.

    ReplyDelete