Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

76 comments:

  1. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    IPTEK selalu berkembang setiap saat, begitu pula pendidikan. Untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih baik diperlukan berbagai inovasi. Inovasi yang diwujudkan berupa variasi-variasi berupa metode, media, alat peraga dan berbagai jenis pula. Dari berbagai variasi metode yang dapat diterapkan berupa pembvelajran berbasis etnomatematika atau budaya. Etnomatematika adalah pembelajaran berbasis konteks yang objek kontekstualnya berupa objek atau artefak hasil budaya.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inovasi pendidikan merupakan wujud sikap terbuka terhadap pembaruan. Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan genjatan berupa inovasi dalam pendidikan. Inovasi pendidikan bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri dengan guru sebagai fasilitator. Oleh karena itu, saat ini guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga mampu memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar. Kehadiran inovasi pendidikan ini pastinya sangat dibutuhkan untuk menyongsong masa depan putra putri bangsa dan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Masa depan ditentukan oleh masing – masing individu. Bagaimana pribadi kita, belajarnya, ataupun cara memandang suatu hal menentukan masa depan. Maka kualitas pendidikan juga berperan dalam menentukan masa depan. Dalam pendidikan diperlukan inovasi agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa benar – benar memaknai apa yang ia pelajari sehingga ilmu yang sudah diperolehnya akan digunakan dalam hidup sehari – hari dan nantinya akan digunakan juga dalam menentukan masa depan termasuk keputusan – keputusan yang diambil dalam hidup.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Untuk mencapai masa depan yang lebih baik, maka diperlukan inovasi-inovasi dalam pendidikan. Selama ini, pendidikan di Indonesia masih bersifat teacher centered sehingga siswa hanya sebagai obyek yang pasif sehingga keaktifan siswa ketika pembelajaran masih sangat kurang. Untuk itu, diperlukan inovasi dimana siswa menjadi subyek dalam pembelajaran yaitu pembelajaran dengan student centered. Pembelajaran juga bukan lagi hanya transfer of knowledge melainkan pembelajaran itu adalah ketika siswa mengkonstruk sendiri pengetahuaannya sendiri dengan bantuan dari guru sebagai fasilitator. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa akan lebih mudah mengembangkan pikirannya dan menemukan konsep sehingga mereka akan cenderung lebih paham.
    Media atau alat peraga juga akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa termotivasi dan pembelajaran lebih menyenangkan. Selain yang tak kalah penting yaitu kurikulum. Kurikulum yang ada hendaknya dapat memenuhi kebutuhan siswa yang mempunyai karakteristik yang beraneka ragam. Jika pendidikan di Indonesia menerapkan pembelajaran yang inovatif maka pendidikan di Indonesia tentunya akan menjadi lebih berkualitas dan mampu bersaing dikancah Internasional.

    ReplyDelete
  5. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang menggunakan metode dan media itu-itu saja hanya akan membuat siswa bosan. Perkembangan jaman yang sangat pesat ini hendaknya dimanfaatkan oleh guru selaku pendidik untuk menciptakan berbagai macam inovasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  6. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi pendidikan meliputi beberapa komponen, seperti metode mengajar, media mengajar, dan lain sebagainya. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif mampu melatih kemampuan kreativitas siswa. Selain itu siswa akan termotivasi untuk mempelajari materi. Hal ini akan berdampak langsung kepada prestasi siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.

    ReplyDelete
  7. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Dalam pendidikan pasti ada yang namanya belajar. Sehingga inovasi pembelajaran yang dibutuhkan adalah inovasi yang dapat membuat siswa menjadi tidak jenuh akan pelajaran dan menjadi bersemangat dalam belajar. Salah satunya inovasi media pembelajaran. Media yang inovatif akan membuat siswa menjadi bersemangat dalam belajar dan menjadi siswa lebih termotivasi.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Sistem pendidikan yang berkualitas dapat ditinjau dari beberapa aspek, mulai dari keadaan guru, fasilitas, dan atau sistem pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memberikan kesan bermakna bagi siswa akan materi yang diajarkan. Salah satu agar pembelajaran tersebut bermakna adalah dengan adanya pembelajaran yang inovatif atau inovasi dalam pendidikan. Inovasi pendidikan dapat terjadi jika pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan; belajar adalah melakukan penelitian dengan percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi; mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya (konstruktivis) dan memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  9. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pelajaran yang saya dapat dari elegi di atas adalah bahwa inovasi pendidikan merupakan hal yang penting untuk masa depan dalam mencapai tujuan pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, inovasi pendidikan perlu dilakukan di beberapa sektor pendidikan dan berbagai macam cara.

    ReplyDelete
  10. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari postingan Bapak, Saya mengambil kesimpulan bahwa inovasi pendidikan itu memang harus terus berjalan seiring dengan perkembagan zaman yang semakin canggih dan praktis.

    ReplyDelete
  11. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terdapat beberapa teori mengajar yang dapat diterapkan di dalam kelas. Namun yang paling tepat untuk diterapkan di dalam kelas yaitu mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  12. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran matematika sekolah, inovasi sangat dibutuhkan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran di kelas. Inovasi juga diperlukan untuk mempersiapkan anak-anak menuju masa depan masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Untuk mencapai kemajuan pendidikan maka diperlukan inovasi pendidikan. Mencetak generasi bangsa yang bermutu pun diperlukan inovasi pendidikan. Menurut saya sistematis pendidikan saat ini masih menjadi perdebatan kita semua, perlunya dikaji pada sitem pendidikan yang ada. Ada baiknya jika kita sebagai calon guru mengembangkan bakat dan minat siswa supaya bisa mencetak generasi bangsa yang bermutu dan ahli dalam satu bidang tertentu.

    ReplyDelete
  14. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, menggapai inovasi pendidikan adalah salah satunya merupakan tugas seorang guru karena guru yang paling berperan dalam keberhasilan siswa itu sendiri. maka dari itu guru hendaknya sangat peka terhadap inovasi inovasi pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  15. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Di era globalisasi ini, inovasi sangat penting untuk dilakukan agar dapat terus “hidup” sesuai dengan perkembangan zaman yang pesat. Inovasi pendidikan dibutuhakan agar pendidikan yang telah ada dapat diperbaiki/disempurnakan lagi agar tercapai cita-cita bangsa ini. Dari elegi di atas, saya menyimpulkan bahwa inovasi pendidikan yang baik itu lebih mengedepankan proses dari pada hasil.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kemajuan pendidikan akan membuat bangsa menjadi maju pula. Maka kita perlu memajukan pendidikan agar bangsa kita pun maju. Namun, terdapat berbagai masalah dan kendala di dunia kependidikan Indonesia ini. Masalah yang ada perlu dicari solusinya agar segalanya selaras.

    ReplyDelete
  17. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Salah satu caranya ialah perlunya guru-guru melakukan inovasi pendidikan agar dapat menyongsong masa depan pendidikan yang lebih baik. Inovasi perlu dilakukan oleh guru dalam hal penggunaan model pembelajaran, penilaian, penggunaan sumber belajar dll.

    ReplyDelete
  18. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Inovasi merupakan salah satu hal penting untuk mengikuti perubahan ruang dan waktu. Setiap hal perlu diinovasi agar terus berkembang dan menyesuaikan dengan zaman, tak terkecuali pendidikan. Pendidikan perlu diinovasi agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau tuntutan zaman. Sebagaimana kurikulum dalam pendidikan juga harus diinovasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini. Seorang guru pun harus berinovasi terkait metode, sumber, media pembelajaran agar siswa lebih aktif dan dapat memperoleh ilmunya sendiri, agar siswa dapat belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga dimanapun dan kapanpun. Karena itulah guru harus terus mengembangkan dirinya, mengembangkan kreatifitasnya agar dapat terus berinovasi untuk memfasilitasi siswa mengembangkan dirinya.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Inovasi pembelajaran bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik. Guru sebaiknya selalu melakukan banyak inovasi dalam pembelajaran, tentunya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Seharusnya setiap saat guru melakukan penelitian dalam kelasnya, lalu mendapatkan masalah apa saja di kelas, kemudian mencari solusinya dan kemudian diterapkan, hal itu merupakan salah satu bentuk inovasi. Tetapi dalam berinovasi tentu saja harus memperhatikan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  20. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu system, maka inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen system pendidikan, baik system dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang lain, maupun system dalam arti yang luas misalnya system pendidikan nasional. Siswa merupakan objek utama dalam proses belajar mengajar. Siswa dididik oleh pengalaman belajar mereka, dan kualitas pendidikannya bergantung pada pengalamannya, kualitas pengalaman-pengalaman, sikap-sikap, termasuk sikap-sikapnya pada pendidikan. Dan belajar dipengaruhi oleh orang yang dikabuminya. Oleh karena itu, dalam mengadakan inovasi pendidikan, kita harus memperhatikannya dari segi siswa karena siswa merupakan objek yang akan diarahkan.

    ReplyDelete
  21. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Inovasi merupakan suatu proses pemnyempurnaan yang sudah ada di masyarakat. Proses penyempurnaan tersebut ditandai adanya hal baru. Dalam pendidikan banyak yang bisa di lakukan yang sifatnya pembaruan atau inovasi pendidikan. Inovasi tersebut dilakukan dalam rangka pemerataan pendidikan,peningkatan mutu, peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan, serta relevansi pendidikan. Inovasi ini dilakukan untuk memajukan pendidikan agar tidak ketinggalan dengan negara lain dan dapat meningkatkan mutu yang unggul. Inovasi yang terlihat ada perubahan secara kontinu adalah kurikulum pendidikan. Pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan karena perkembangan zaman yang sangat pesat serta kebutuhan manusia yang mengalami peningkatan. Inovasi inilah yang harus dicari oleh seorang guru agar kemampuan – kemampuan yang ada dalam diri peserta didik dapat lebih ditonjolkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar dapat lebih maju bahkan unggul dari bangsa lain.

    ReplyDelete
  22. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dari membaca ‘Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan’ bahwa inovasi pendidikan itu penting untuk masa depan dalam mencapai tujuan pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia sehingga sesuai dengan perkembangan zaman.
    Inovasi pendidikan ini dapat dilakukan dibeberapa sektor pendidikan dan berbagai macam cara.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  23. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Seperti yang saya yakini saat ini (berawal dari membaca beberapa postingan dalam blog ini) bahwa ilmu adalah proses yang tidak akan final. Maka pendidikan sebagai salah satunya menjadi sesuatu yang tidak mungkin menecapai final pula. Berjalan, terus berjalan, oleh karena itu butuh inovasi, bukan? Akan tetapi tidak melulu harus inovasi (yang semuanya harus benar-benar baru). Bahkan invansi pun bisa membantu.

    ReplyDelete
  24. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sebagai seorang guru sudah selayaknya kita berpindah dan berubah dari guru yang tradisional ke guru yang inovatif dan kreatif. Memang cukup sulit ketika kita melihat sebagian besar guru yang sudah senior di Indonesia menggunakan metode transfer of knowledge untuk mengajarkan materi matematika. oleh karena itu, kita harus memiliki inovasi-inovasi yang ditilik dari Tujuan Pendidikan, Teori belajar, Teori Mengajar, Hakikat Siswa, Hakikat Ilmu, ideologi pendidikan, Nilai moral, Teori Kurikulum, Teori Evaluasi dan teori sumber.

    ReplyDelete
  25. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan masa depan ialah melalui pendidikan. Inovasi pendidikan merupakan satu hal penting untuk terus menerus dilakukan. Dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan berbagai aspek. Elegi ini mengungkapkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi pendidikan antara lain tujuan pendidikan, hakekat belajar, mengajar, sumber belajar, evaluasi, kurikulum, ideologi, ilmu, nilai moral, dan siswa. Pada dasarnya, inovasi pendidikan memandang siswa sebagai subyek yang memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian guru berkewajiban untuk memfasilitasi siswa dalam belajar, baik sumber , media, maupun lingkungan sehingga siswa mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  26. Gina Sasmita Pratama
    177009251003
    S2 P.Mat A 2017

    Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu negara. Inovasi sangat perlu dilakukan dalam hal apapun, terutama dalam hal pendidikan ini. Inovasi yang dilakukan harapannya dapat memberikan dampak yang baik bagi pendidikan itu sendiri ataupun bagi siswa yang menjadi subyek pendidikan. Inovasi sangat perlu dilakukan dengan syarat inovasi-inovasi tersebut tidak menghilangkan jati diri bangsa Indonesia yang sebenarnya. Sah-sah saja jika para peneliti dan pemangku kebijakan melakukan inovasi-inovasi tertentu, akan tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Elegi ini memaparkan bahwa tujuan pendidikan tidak hanya sekedar meningkatkan pengetahuan siswa namun lebih dari itu. Siswa diharapkan mampu mangembangkan kemampuan dan kreativitasnya sehingga di masa depan menghasilkan inovasi yang bermanfaat. Agar tercapainya tujuan pendidikan, guru sebagai kunci dalam proses belajar dan mengajar diharapkan mampu memfasilitasi siswa dengan pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreativitasnya. Apabila tujuan pendidikan tercapai maka inovasi yang dihasilkan juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  28. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    PPs. PM A 2017

    Membahas mengenai sumber belajar bagi siswa. Saat ini banyak persepsi yang menganggap sumber belajar itu guru dan buku. padahal lingkungan sekitar dan pengalaman siswa itu adalah sumber blajara yang sangat baik karena berkaitan langsung dengan siswa dan mudah untuk diingat.
    Dari penjelasan di atas, guru diharapkan mampu untuk memfasilitasi dan membimbing siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar yang ada di sekitarnya. Sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan. Tidak melulu disuruh membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru.

    ReplyDelete
  29. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Di masa depan, inovasi sangat diperlukan, inovasi ini diharapkan menjadi subjek-subjek bagimasa depan. Pendidikan yang didasari inovasi untuk menyosngsong masa depan. Tujuannya ada lima macam pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazzah, atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kretivitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan.
    Selain tujuan belajar, teori belajar juga diperlukan untuk menyongsong masa depan . terdapat lima teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajara dalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan introspeksi.sedangkan teori belajar yang paling baik adalah teori keemat dan kelima.

    ReplyDelete
  30. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017


    Terimakasih pak atas postingannya. Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan, mengajarkan kepada saya khususnya sebagai calon guru untuk terus berinovasi, memberikan suatu hal yang baru dan berbeda. Dengan adanya motivasi untuk berinovasi, saya menjadi tertantang untuk melakukan inovasi-inovasi yang menarik.
    Dalam dunia pendidikan khususnya, inovasi sangatlah diperlukan. Apalagi ketika pembelajaran Matematika. Ketika saya sebagai calon guru mempunyai inovasi-inovasi cemerlang dalam mengajar, maka tingkat kemalasan siswa, dan kebosanan seorang siswa ajkan segera teratasi. Karena ada hal yang membuat siswa penasaran dengan inovasi apa lagi yang akan di laksanakan.

    Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  31. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Inovasi sangat diperlukan dalam pendidikan saat ini. Terlebih lagi dengan perkembangan zaman yang sudah maju. Para pendidik dan para komponen dalam dunia pendidikan perlu melakukan inovasi terhaadap pendidikan di Indonesia saat ini. Namun, dalam melakukan inovasi perlu dipertimbangkan apakah sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan objek sasarannya sehingga inovasi yang dilakukan dapat memberikan dampak positif. Inovasi yang perlu dilakukan bukan hanya diharapkan dapat memperbaiki kemampuan dalam bidang keilmuan saja melainkan karakter dan mentalnya juga. Sehingga saat peserta didik selesai dalam menempuh jenjang pendidikan, mereka menjadi manusia-manusia yang mumpuni dalam ilmu dan mentalnya.

    ReplyDelete
  32. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Inovasi artinya gagasan, ide dan perubahan, sedangkan dalam hal ini adalah inovasi pendidikan. Maka gagasan, ide dan perubahan tersebut adalah dalam bidang pendidikan. Inovasi dalam pendidikan bisa dalam hal sumber belajar maupun cara mengajar guru. Dalam menjawab tantangan di masa depan terkait inovasi tersebut maka dibutuhkan kreatifitas dalam melakukan pendekatan maupun cara mengajar yang bisa menarik minat siswa.

    ReplyDelete
  33. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan. Inovasi merupakan sebuah pembaharuan untuk menyempurnakan sesuatu. Inovasi pendidikan diperlukan setiap saat dan setiap waktu agar tercipta pendidikan yang relevan dengan ruang dan waktu. Pendidikan merupakan sebuah sistem yang terdiri dari berbagai macam komponen, sehingga inovasi dalam pendidikan harus dilakukan pada semua komponen-komponen pembentuk sistem pendidikan. Salah satu contoh komponen dalam sistem pendidikan adalah guru. Dalam hal ini guru harus selalu berinovasi dalam menyampaikan pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru gunakan harus selalu diinovasi agar sesuai dengan perkembangan zaman dan karakteristik siswa. Hal itu karena zaman akan selalu berkembang dan karakteristik siswapun selalu berbeda-beda, sehingga jika guru hanya selalu menggunakan satu metode pembelajaran tanpa adanya inovasi maka dapat dipastikan proses pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan maksimal. Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Inovasi membutuhkan pemikiran yang terbuka dan luas. Inovasi pendidikan awalnya hanya berpaku pada bagaimana cara terbaik guru untuk mentransfer ilmunya kepada siswa. Namun, sekarang imovasi pendidikan telah sampai kepada bagaimana siswa menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri. Inovasi-inovasi yang terjadi tentu disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal ini membuat inovasi akan terus terjadi karena zaman terus berkembang dan kebutuhan siswa akan berubah pula dari waktu ke waktu. Mari kita nantikan inovasi pendidikan yang selanjutnya..

    ReplyDelete
  35. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas saya menyimpulkan beberapa hal terkait dengan inovasi pendidikan. Dimana inovasi pendidikan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kreatifitas siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dirinya. Teori belajar yang digunakan dalam inovasi pendidikan yaitu belajar adalah penelitian dimana didasarkan pada rasa ingin tahu. Belajar dengan percaya diri dan self regulasi yang baik.
    Adapun pembelajaran dilandaskan pada tujuannya. Sumber belajar berupa media dan lingkungan. Terdapat pula evaluasi yang dilakukan dalam inovasi pendidikan itu. kemudian inovasi pendidikan juga meliputi kurikulum, ideologi pendidikan, hakikat ilmu, dan nilai moral, dan hakikat siswa. Sehingga ketika melakukan inovasi pendidikan perlu persiapan yang komprehensif terhadap semua hal tersebut.

    ReplyDelete
  36. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih Prof untuk ilmu yang sudah diberikan. Begitu banyak inovasi yang dibahas dalam postingan ini. Menurut saya akan sangat apik jika inovasi satu dengan yang lain saling dikombinasikan. Tidak ada inovasi yang bersifat negatif. Semoga pendidikan di Indonesia akan selalu berupaya untuk melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  37. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih banyak prof. Marsigit atas postingan di atas. Berbagai macam metode dan strategi yang dipromosikan dan diunggulkan dalam kurikulum pendidikan kita merupakan bentuk usaha dan ikhtiar para pembuat dan pemangku pendidikan untuk menciptakan dan menjadikan siswa menguasai kompetensi yang dibutuhkan. Namun, apakah inovasiinovasi tersebut layak, cocok, sesuai dan selaras dengan kondisi dan kemampuan dasar siswa. Alangkah baiknya pula inovasi pendidikan menjadi PR bagi setiap guru supaya guru mampu benar-benar memberikan yang terbaik dan yang dibutuhkan oleh siswa. Semoga pendidikan di Indonesia semakin berkembang dengan adanya inovasi, kreasi, dan variasi yang diterapkan guru didalam kelas, guna mencapai tujuan mencerdaskan kehisupan dan anak-anak bangsa, amin. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  38. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Membaca elegi menggapai inovasi pendidikan ini saya membayangkan apabila pilihan dari inovasi 1 sampai inovasi 10 dapat diimplementasikan di dalam pendidikan, saya membayangkan tentang keceriaan siswa belajar, siswa-siswa yang penuh dengan ide-ide, siswa yang saling berdiskusi tentang pembelajaran, siswa yang saling memberi masukan, siswa yang mau memberikan sumbang sih dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, dan banyak lagi kebahagiaan siswa dalam bayangan saya. Terlepas dari itu semua, dalam mewujudkan pembelajaran inovatif memang bukanlah hal mudah. Yang terpenting bukan memikirkan tentang kesulitan-kesulitan itu tetapi segera bangkit untuk berusaha mewujudkan pendidikan inovatif dan selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka menggapai inovasi pendidikan.

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Masa depan pendidikan merupakan produk dari masa sekarang oleh karenanya segala komponen di masa sekarang merupakan yang yang penting dan diperhatikan agar masa depan menghasilkan produk yang berkualitas. Inovasi dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting terlebih diera globalisasi karena inovasi melahirkan produk yang unik lain dari pada yang lain. Berbagai inovasi di atas memberikan maknanya masing-masing oleh karenanya agar menghasilkan inovasi yang tepat dalam peningkatan pendidikan khususnya di negeri ini. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  40. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Teori belajar mengajarkan guru untuk memahami setiap karakteristik dari siswa, kecerdasan siswa, dan cara guru dalam mengajar kepada siswa. Saat berada di kelas siswa membawa pengetahuan yang dimiliki, tentu saja pengetahuan setiap siswa tersebut berbeda-beda. Oleh karena itu sebagai seorang guru janganlah ragu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa tersebut

    ReplyDelete
  41. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Bagian yang sangat menarik bagi sayta pada uraian di atas adalah mengenai hakikat siswa yaitu ibarat tong kosong yang sebenar-benarnya harus kita isi. Tentulah untuk mengisi tong kosong tersebut diperlukan suatu strategi atau inovasi-inovasi pendidikan. Selanjutnya siswa adalah character building yang harus kita bentuk. Untuk membentuknyapun juga diperlukan inovasi-inovasi pendidikan. Inovasi dalam pendidikan bisa banyak macamnya, seperti inovasi dalam penerapan model atau metode pembelajaran, inovasi dalam kurikulum, inovasi dalam evaluasi belajar, dan berbagai macam inovasi lainnya. Inovasi menandakan bahwa pendidikan itu akan selalu mengalami perubahan (tidak stagnan). Inovasi akan selalu ada dan berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

    ReplyDelete
  42. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Inovasi pendidikan semuanya sudah ada dan sudah tersedia. Dari mulai yang tradisional sampai yang paling inovatif. Mungkin jika menginginkan yang lebih inovatof lagi, bisa terus mengembangkan dari yang inovatif saja menjadi lebih inovatif. Semuanya kembali pada pilihan dan bagaimana seorang pendidik memilih inovasi tersebut untuk diterapkan dalam proses pembelajarannya, apakah akan terus lari di tempat (menggunakan inovasi pembelajaran tradisional seperti transfer of knowledge, mengalirkan ilmu guru kepada murid atau memindahkan ilmu guru kepada murid), atau sudah mulai sadar akan masa depan yang seharusnya sudah mulai digapai. Jika seorang pendidik sadar akan masa depan pendidikan, sudah seharusnya para pendidik menerapkan proses pemebelajaran dengan inovasi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  43. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dalam menyongsong masa depan kita harus terus melakukan inovasi pembelajaran, inovasi pembelajaran itu penting untuk meningkatkan kemampuan siswa. Sebenar-benarnya inovasi pembelajaran adalah inovasi menuju kebaikan, yaitu inovasi yang mencerdaskan, yaitu inovasi yang memerdekakan, yaitu inovasi yang memoralkan, yaitu inovasi yang mengembangkan, yaitu inovasi yang brrmacam-macam, yaitu inovasi berdasarkan siswa. Banyak sekali inovasi yang harus kita lakukan lagi guna menyongsong masa depan generasi yang lebih baik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  44. Alfiramita hertanti
    NIM 17709251008
    P.Matematika kelas A 2017

    assalamualaikum wr. wb. inovasi pendidikan sangat terkait dengan dua hal. pertama adalah kreativitas. tanpa kreativitas inovasi tidak akan terwujud. kreativitas menunjukkan bahwa ada suatu hal yang tak terfikirkan namun dapat diungkap oleh kretivitas itu. kreatifitas bukanlah kodrat. ia bisa dilatih dan dikembangkan melalui pendidikan. kedua adalah basis bukti. inovasi pendidikan harus berdiri di atas basis bukti yang valid. objek dari inovasi pendidikan adalah masalah-masalah pendidikan dalam masyarakat. oleh karena itu, inovasi tak akan terwujud melalui pengalaman riset yang intens.

    ReplyDelete
  45. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Kita dari dulu terlalu sering dihadapkan dengan pandangan orangtua bahwa sekolah itu penting. Bagi yang tidak sekolah tidak akan dianggap oleh masyarakat dan ancamannya akan sulit mendapatkan pekerjaan. Bahasa sederhananya secara tidak langsung pikiran anak-anak pada masa sekolahan sudah dikunci dengan pernyataan “orang yang tidak tamat sekolah tidak akan bisa sukses”.

    ReplyDelete
  46. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Apakah target atau keinginan yang mau kita capai setelah menempuh pendidikan dan menghabiskan waktu selama 12 tahun duduk di bangku sekolah? Sebagian besar dari kita mungkin menjawab apa yang kita kerjakan itu kebanyakan belum tentu sesuai dengan apa yang menjadi impian kita dan belum tentu pula apa yang sudah kita pelajari selama di sekolah benar-benar kita pakai di pekerjaan yang saat ini kita jalani. Jika masalah ini terus berlanjut kepada generasi-generasi kita yang akan datang, maka tujuan pendidikan di Indonesia masih belum mampu untuk mencerdaskan bangsa.

    ReplyDelete
  47. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    aya setuju dengan apa yang disebutkan dalam artikel di atas seperti yang diterapkan pada inovasi pendidikan saat ini adalah pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa secara keseluruhan tanpa ada tekanan dari siapapun, untuk belajar adalah melakukan penelitian dengan sifat dasar kepercayaan diri, kerja sama, dan introspeksi diri, sumber belajar yang tepat adalah lingkungan alami dari semua isinya, dan mempromosikan pendidikan karakter.

    ReplyDelete
  48. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    novasi dalam pendidikan menyiapkan dan membekali generasi yang handal, yang dapat menjawab tantangan jaman. Hal ini menuntut perubahan mindset dari semua yang terlibat di dalamnya, terutama pelaksana pendidikan, dalam hal ini adalah pendidik.
    Bahwa pendidik harus menyadari benar tujuan pendidikan yaitu mengembangkan kreativitas peserta didik, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan, tidak hanya sekedar transfer of knowledge saja. Pendidik harus menyadari benar akan teori belajar yaitu memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan penelitian, dapat bekerjasama, merefleksi diri sehingga tumbuh rasa percaya diri. Pendidik harus memahami benar akan teori mengajar yang mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pemahamannya melalui diskusi dan penelitian. Pendidik bukanlah satu-satunya sumber belajar, melainkan banyak hal (banyak sumber) baik dari lingkungan sekitarnya maupun dari internet, yang dapat dipergunakan peserta didik dalam upaya memuaskan hasrat keingintahuannya. Hal ini menuntut alat evaluasi yang sesuai, yang dapat mengukur perubahan pengetahuannya, yaitu portofolio atau laporan kegiatan atau penyelesaian masalah.
    Kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan menjadi pokok dalam mengembangkan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Dengan mengimplementasikan pendidikan yang berkarakter di dalam kurikulum yang digunakan akan melengkapi kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  49. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Untuk menghantarkan siswa menuju masa depan maka hal yang harus dilakukan guru adalah memenuhi kebutuhannya dan menjamin perkembangannya. Memenuhi kebutuhannya akan ilmu. Memfasilitasinya dalam membangun ilmu pengetahuannya. Tidak kaku dan otoriter, hanya terpaku pada satu metode saja tetapi memakai berbagai macam metode guna memenuhi kebutuhannya. Sedangkan menjamin perkembangannya adalah bahwa dalam belajar itu adalah sutu proses dari tidak tahu menjadi tahu, dari buruk menjadi baik, dari tidak jujur menjadi jujur, dari malas menjadi rajin, dsb, sehingga terdapat perubahan ke arah yang lebih baik bagi siswa. Proses itu penting. Kualitas juga penting. Sehingga akan lebih baik jika seorang siswa itu berkembang kualitasnya daripada kuantitasnya.

    ReplyDelete
  50. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Perubahan dunia secara global juga harus diikuti oleh perubahan pendidikan yang inovatif. Dunia berubah maka dunia pendidikan juga harus berubah, pola pembelajaran harus berubah agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Dalam dunia kerja saat ini kemampuan yang diminta adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif.

    ReplyDelete
  51. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Teknologi semakin berkembang, penuh inovasi di segala bidang, misalnya bidang ekonomi, industri, TIK, dan tak terkecuali bidang pendidikan. Sebagai calon pendidik kita dituntut untuk dapat menciptakan inovasi pendidikan untuk mencetak generasi bangsa agar dapat bersaing di kancah internasional. Semoga kita diberikan kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Aamiin.

    ReplyDelete
  52. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017
    Bismillah...
    Berdasarkan elegi ini, dapat dikatakan bahwa setiap kehidupan selalu mengikuti perkembangan dari sebuah jaman. Perkembangan zaman ini selalu berkaitan dengan kreatifitas dan dunia teknologi. Begitu pula dengan dunia pendidikan di masa depan, pastinya akan mengikuti perkembangan era modern saat ini. Maka dari itu dalam menggapai inovasi pendidikan disesuaikan dengan ruang dan waktu, serta di lakukan juga pendidikan hermeneutika dan spiritual agar seimbang. Inovasi pendidikan harus selalu dilakukan, karena sekarang bukan hanya kecerdasan yang menjadi tolak ukur tetapi daya kreatifitas juga harus di kembangkan, namun tidak melupakan karater dari bangsa.

    ReplyDelete
  53. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Dunia ini berkembang terus menjadi lebih modern, begitu pula dengan pendidikan yang senantiasa berkembang. Siswa, guru, dan teknologi terus berkembang, untuk itu perlu dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan. inovasi tersebur dapat dilakukan dalam berbagai hal yang terkait dalam pendidikan, misalnya kurikulum, ilmu, guru, metode belajar, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan diadakan inovasi pendidikan maka pendidikan akan lebih maju ke arah yang lebih baik tanpa melupakan budaya dan adat istiadat setempat.

    ReplyDelete
  54. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Inovasi adalah sesuatu yang penting dalam membangun peradaban dan pendidikan, karena masyarakat dan lingkungannya bersifat dinamis sehingga kita membutuhkan pembaharuan, perubahan, ke arah yang lebih baik tentunya. Mencapai inovasi pendidikan, berarti mencapai inovasi pada setiap aspek-aspeknya, dari segi tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, kurikulum, ideologinya, hakikat ilmunya, nilai moral, dan hakikat siswanya. Kesemuanya adalah tentang memperbaiki mind set kita padanya terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan penerapannya dalam keseharian kita.

    ReplyDelete
  55. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Mttematika S2 (Kelas B)

    Inovasi pada kurikulum merupakan hal yang selalu dilakukan pemerintah. Namun selalu ada pro kontra pada setiap kurikulum yang diberlakukan. Saya setuju bahwa kurikulum di indonesia bisa bermacam-macam disesuaikan dengan daerahnya, dengan memakai prinsip desentralisasi pendidikan. Karena kebutuhan pendidikan di setiap daerah berbeda-beda.

    ReplyDelete
  56. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Pendidikan akan senantiasa berkembang seiring perkembangan zaman. Sehingga pendidikan haruslah mampu mencetak manusia-manusia sesuai dengan zamannya. Misalnya manusia zaman sekarang hidup dalam era teknologi, maka pendidikan haruslah mampu menghasilkan manusia-manusia yang mampu berinterkasi dengan teknologi secara baik dan bijak. Bila pendidikan tidak berhasil menciptakan manusia yang melek dengan teknologi, dan masih ketinggalan zaman maka bisa dikatakan bahwa pendidikan gagal menjalankan fungsinya. Dalam hal ini, setiap elemen yang bersinggungan dengan pendidikan haruslah mampu melihat ke depan, memprediksi masa depan, kemudian melakukan inovasi-inovasi sehingga nantinya akan menghasilkan manusia-manusia pada zamannya.

    ReplyDelete
  57. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Untuk mencapai masa depan yang lebih baik, maka diperlukan inovasi-inovasi dalam pendidikan. Selama ini, pendidikan di Indonesia masih bersifat teacher centered sehingga siswa hanya sebagai obyek yang pasif. Pembelajaran hanyalah guru memberikan ilmunya kepada siswa dan siswa hanya menerimanya, jadilah pemikiran siswa itu sama dengan pemikiran guru maka pemikiran siswa pun menjadi tidak berkembang. Untuk itu, diperlukan inovasi dimana siswa menjadi subyek dalam pembelajaran atau sering disebut dengan student centered. Pembelajaran juga bukan lagi hanya transfer of knowledge melainkan pembelajaran itu adalah ketika siswa menemukan sendiri pengetahuaannya sendiri dengan bantuan dari guru. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa akan lebih mudah mengembangkan pikirannya, selain itu, mereka akan cenderung lebih paham bila dibandingkan dengan hanya mendengarkan ceramah guru.

    ReplyDelete
  58. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Sebagai tambahan komentar saya di atas.
    Mengajar akan lebih baik bila dengan alat peraga. Saat ini kebanyakan guru tidak menggunakan alat peraga, hal ini dikarenakan sekolah tidak memiliki alat peraga ataupun faktor-faktor yang lain. Padahal alat peraga itu dapat guru peroleh dari alam sekitar. Alat peraga itu dapat dibuat sendiri oleh guru. Alat peraga hendaknya yang dapat membantu siswa dalam menemukan pengetahuaannya. Selain alat peraga, yang mendukung dalam inovasi di bidang pendidikan yang paling penting adalah kurikulum. Kurikulum hendaknya yang dapat memenuhi kebutuhan siswa yang beraneka ragam

    ReplyDelete
  59. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Maaf sebelumnya, saya kurang sependapat dengan inovasi 10 yang menyatakan ahwa siswa itu adalah tong kosong yang harus kita isi. Siswa jaman sekarang bukan siswa yang hanya menerima transferan ilmu dari pendidik tetapi mereka juga memiliki kebebasan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan melibatkan diri secara aktif untuk memperoleh pemahamnnya mengenai ilmu. Sehingga gelas kosong tersebut tidak hanya diisi oleh guru sebagai pendidik tetapi juga di isi oleh siswa itu sendiri.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  60. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif harus mampu dikembangkan secara sistematis dalam dunia pendidikan, proses pembelajaran harus mampu mendorong terciptanya kemampuan tersebut. Jadi selain kemampuan akademis maka dunia pendidikan harus mampu menciptakan manusia yang mempunyai kemampuan belajar, beradaptasi dan berinovasi. Dalam kerangka dunia pendidikan Indonesia dikenal dengan pendidikan yang berkarakter, selain itu Indonesia mempunyai satu keunggulan dalam hal pendidikan spiritualisme dengan kekuatan pelajaran agama dan rohani.

    ReplyDelete
  61. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    dari elegi diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwasanya tujuan dasar pendidikan yaitu mengajar berhitung, membaca serta menulis bagi anak TK dan SD namun bagi anak-anak usia lanjut tujuan pendidikan yaitu memperoleh ijazah untuk mengembangkan dunia di kancah global. membangun bangsa menggerakkan bangsa menjadi negara maju dari negara berkembang.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  62. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dari elegi ini, perlu kita pahami bahwa dalam pendidikan, pembelajaran siswa adalah subjek belajar. Artinya siswa sebagai subjek belajar harus melakukan akivitas belajar yang dipandu oleh seorang fasilitatot(guru) dalam membangun pengetahuannya. Sebagai subjek belajar, siswa masih memiliki pengetahuan yang sedikit, sehingga guru bertugas untuk membimbing agar memiliki pengetahuan yang luas dan juga bermanfaat.

    ReplyDelete

  63. Inovasi pendidikan sejatinya adalah mampu membentuk subjek belajar atau siswa dalam hal karakter, pengetahuan, dan keterampilan. Utamanya dalam hal karakter, guru harus menampilkan pembelajaran sehingga siswa dapat terbentuk karakter positif dari setiap pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya orangtua sebagai pendidikan dirumah, juga harus memberikan aktivtas belajar dirumah kepada anaknya untuk membentuk karakter positif. Misalnya mencuci piring, menyapu, dsb.

    ReplyDelete
  64. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Inovasi harus terus dilakukan dalam dunia pendidikan. Guru dan siswa diharapkan untuk selalu mampu mengembangkan diri mengikuti arus ilmu dan zaman yang terus berkembang. Pendidikan merupakan suatu tolak ukur dari kualitas suatu bangsa, maka diharapkan supaya kita terus mampu meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini.

    ReplyDelete
  65. Kita tahu bahwa inovasi adalah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana. Dari elegi di atas, ada sepuluh macam inovasi dan masing-masing inovasi memiliki tanggung jawab yang berbeda. Masing-masing dari mereka menyebutkan lima macam inovasi yang penting untuk kita ketahui. Semoga ke depan ketika kami menjadi guru, kami bisa memberikan inovasi dalam pendidikan. Amin.

    ReplyDelete
  66. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Siswa itu seperti bejana kosong yang sebagai seorang pendidik kita harus mengisinya. Sejak menamba ilmu S1, sering saya mendengar istilah seperti itu. siswa itu memiliki kedudukan yang sama dengan semuanya. Tetapi pada elegi ini ada beberapa poin yang ditambahi dalam hakekat siswa. yang itu kebutuhan. Ya kebutuahn bukan kewajiban. Sudah saatnya mitos di lingkungan masyarakat dihapuskan. Karena, masih ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu wajib. Beda ketika kita meminta anak kita untuk bersekolahan dengan tujuan sebagai kebutuhan agar dapat memiliki ilmu yang berguna.

    ReplyDelete
  67. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. inovasi dapat berarti pengenalan hal-hal baru, singkatnya pembaruan, berarti inovasi pendidikan adalah pembaruan dalam pendidikan. namun seperti yang diuraikan pada postingan di atas, bahwa pembaruan tersebut harus ,memperhatikan dua hal, yaitu kebutuhan serta perkembangan siswa. pembaruan tersebut tidak boleh mengabaikan kedua hal tersebut.

    ReplyDelete
  68. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Elegi ini memberikan gambaran bagaiaman pendidikan yang inovatif yang seharusnya terlaksana. Inovasi pendidikan adalah pendidikan yang berorientasi pada siswa, dan pendidikan ini pun dapat terjadi jika guru kreatif dalam menyusun pembelajarannya, mampu membuat semua siswa-siswanya belajar. Jika guru tidak mampu kreatif dan masih tertutup dengan pembaruan-pembaruan pendidikan maka inovasi pendidikan pun tidak akan terwujud, karena gurunya masih berparadigma pendidikan tradisional.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  69. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Inovasi Pendidikan adalah yang diperlukan oleh bangsa Indonesia untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang mampu bertahan di zaman yang semakin berkembang ini. Inovasi pendidikan tidak hanya ditentukan oleh guru, namun juga ditentukan oleh pemerintah. Jika pemerintah/para penguasa telah memberikan kebijakan dan kesempatan untuk pendikan berubah menjadi inovatif, maka guru pun akan leluasa untuk berkreatif mengembangkan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan siswanya.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  70. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pndidikan Matematika A 2015

    Untuk dapat menggapai inovasi pendidikan kita harus mengetahui apa yang menjadi tujuan pendidikan dan sebenar-benarnya tujuan itu untuk menyongsog masa depan, kemudian kita harus menetapkan teori belajar apa yang relevan dengan tujuan pembelajaran tersebut. Selanjutnya tahu bagaimana teori mengajar dan sumber belajar yang harus digunakan, evaluasi belajanya seperti apa, kurikulumnya bagaimana dan masih banyak lagi yang lain. Menanggapi inovasi10 alegi di atas mengenai hakekat siswa yaitu siswa adalah kebutuhan dan siswa adalah perkembangannya. Yang artinya untuk menyongsong masa depan pendidikan yang inovatif kita selaku calon pendidik harus dapat memfasilitasi apa saja yang menjadi kebutuhan pendidikan, dan sebagai pendidik juga kita harus mampu menjamin perkembangannya. Itulah sebaik-baiknya tugas kita untuk menggapai inovasi pendidikan.

    ReplyDelete
  71. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Menurut saya hal yang paling utama untuk melakukan inovasi pendidikan yaitu kita sebagai pendidik harus sadar betul akan tujuan pendidikan yang bukan hanya sekedar transfer of knowledge tapi juga mengembangkan kreativitas peserta didik, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Dan juga kita harus mengerti bahwa hakekat siswa adalah kebutuhannya, maka itulah yang harus kita penuhi. Dan hakekat siswa adalah perkembangannya, maka itulah yang harus kita jamin.

    ReplyDelete
  72. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Sumber belajar yang inovatif yaitu yang melibatkan lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Selain itu, lingkungan dan masyarakat atau kebudayaannya juga dapat dijadikan sumber belajar. Dengan demikian, pendidikan akan lebih mudah dipahami dan disenangi siswa sebab berkaitan erat dengan kehidupannya dan lingkungan disekitarnya.

    ReplyDelete
  73. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Untuk menghasilkan inovasi dalam pendidikan, seseorang perlu mengerti terlebih dahulu apa-apa saja yang terkandung di dalam pendidikan. Dari elegi ini terdapat 10 hal yang harus dipahami untuk menciptakan inovasi dalam pendidikan. Sepuluh hal tersebut adalah:
    1. Tujuan pendidikan
    2. Teori belajar
    3. Teori mengajar
    4. Teori tentang sumber belajar
    5. Teori tentang evaluasi belajar
    6. Teori tentang kurikulum
    7. Ideologi pendidikan
    8. Hakekat ilmu
    9. Nilai moral
    10. Hakekat siswa
    Di luar kesepuluh hal tersebut, masih ada hal-hal lain yang perlu dipahami seseorang ketika ingin menciptakan sebuah inovasi pendidikan, contohnya adalah psikologi belajar dan kesulitan belajar. Maka dari itu, tidak mudahlah untuk menciptakan inovasi dalam pendidikan karena mengajar dan belajar merupakan proses yang menurut saya kompleks serta dipengaruhi banyak faktor sehingga diperlukan jam terbang yang tinggi sebelum seseorang mampu menghasilkan sebuah inovasi pendidikan.

    ReplyDelete
  74. Aji Pangestu
    15301241009
    Pendidikan Matematika I 2015
    Dalam proses pembelajaran Matematika, dibutuhkan inovasi pendidikan agar apa yang dipelajari siswa dapat bermakna bagi siswa dan tidak terkesan membosankan.

    ReplyDelete
  75. Aji Pangestu
    15301241009
    Pendidikan Matematika I 2015
    Dalam proses pembelajaran Matematika, dibutuhkan inovasi pendidikan agar apa yang dipelajari siswa dapat bermakna bagi siswa dan tidak terkesan membosankan.

    ReplyDelete
  76. Aji Pangestu
    15301241009
    Pendidikan Matematika I 2015
    Dalam mengembangkan inovasi pendidikan perlu memperhatikan banyak hal agar inovasi yang diciptakan dapat efektif, seperti tujuan pendidikan, peserta didik yang dihadapi, ketersediaan fasilitas, dll.

    ReplyDelete