Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

31 comments:

  1. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terdapat beberapa teori mengajar yang dapat diterapkan di dalam kelas. Namun yang paling tepat untuk diterapkan di dalam kelas yaitu mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  2. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran matematika sekolah, inovasi sangat dibutuhkan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran di kelas. Inovasi juga diperlukan untuk mempersiapkan anak-anak menuju masa depan masing-masing.

    ReplyDelete
  3. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Untuk mencapai kemajuan pendidikan maka diperlukan inovasi pendidikan. Mencetak generasi bangsa yang bermutu pun diperlukan inovasi pendidikan. Menurut saya sistematis pendidikan saat ini masih menjadi perdebatan kita semua, perlunya dikaji pada sitem pendidikan yang ada. Ada baiknya jika kita sebagai calon guru mengembangkan bakat dan minat siswa supaya bisa mencetak generasi bangsa yang bermutu dan ahli dalam satu bidang tertentu.

    ReplyDelete
  4. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, menggapai inovasi pendidikan adalah salah satunya merupakan tugas seorang guru karena guru yang paling berperan dalam keberhasilan siswa itu sendiri. maka dari itu guru hendaknya sangat peka terhadap inovasi inovasi pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  5. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Di era globalisasi ini, inovasi sangat penting untuk dilakukan agar dapat terus “hidup” sesuai dengan perkembangan zaman yang pesat. Inovasi pendidikan dibutuhakan agar pendidikan yang telah ada dapat diperbaiki/disempurnakan lagi agar tercapai cita-cita bangsa ini. Dari elegi di atas, saya menyimpulkan bahwa inovasi pendidikan yang baik itu lebih mengedepankan proses dari pada hasil.

    ReplyDelete
  6. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kemajuan pendidikan akan membuat bangsa menjadi maju pula. Maka kita perlu memajukan pendidikan agar bangsa kita pun maju. Namun, terdapat berbagai masalah dan kendala di dunia kependidikan Indonesia ini. Masalah yang ada perlu dicari solusinya agar segalanya selaras.

    ReplyDelete
  7. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Salah satu caranya ialah perlunya guru-guru melakukan inovasi pendidikan agar dapat menyongsong masa depan pendidikan yang lebih baik. Inovasi perlu dilakukan oleh guru dalam hal penggunaan model pembelajaran, penilaian, penggunaan sumber belajar dll.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Inovasi merupakan salah satu hal penting untuk mengikuti perubahan ruang dan waktu. Setiap hal perlu diinovasi agar terus berkembang dan menyesuaikan dengan zaman, tak terkecuali pendidikan. Pendidikan perlu diinovasi agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau tuntutan zaman. Sebagaimana kurikulum dalam pendidikan juga harus diinovasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini. Seorang guru pun harus berinovasi terkait metode, sumber, media pembelajaran agar siswa lebih aktif dan dapat memperoleh ilmunya sendiri, agar siswa dapat belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga dimanapun dan kapanpun. Karena itulah guru harus terus mengembangkan dirinya, mengembangkan kreatifitasnya agar dapat terus berinovasi untuk memfasilitasi siswa mengembangkan dirinya.

    ReplyDelete
  9. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Inovasi pembelajaran bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik. Guru sebaiknya selalu melakukan banyak inovasi dalam pembelajaran, tentunya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Seharusnya setiap saat guru melakukan penelitian dalam kelasnya, lalu mendapatkan masalah apa saja di kelas, kemudian mencari solusinya dan kemudian diterapkan, hal itu merupakan salah satu bentuk inovasi. Tetapi dalam berinovasi tentu saja harus memperhatikan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  10. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu system, maka inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen system pendidikan, baik system dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang lain, maupun system dalam arti yang luas misalnya system pendidikan nasional. Siswa merupakan objek utama dalam proses belajar mengajar. Siswa dididik oleh pengalaman belajar mereka, dan kualitas pendidikannya bergantung pada pengalamannya, kualitas pengalaman-pengalaman, sikap-sikap, termasuk sikap-sikapnya pada pendidikan. Dan belajar dipengaruhi oleh orang yang dikabuminya. Oleh karena itu, dalam mengadakan inovasi pendidikan, kita harus memperhatikannya dari segi siswa karena siswa merupakan objek yang akan diarahkan.

    ReplyDelete
  11. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Inovasi merupakan suatu proses pemnyempurnaan yang sudah ada di masyarakat. Proses penyempurnaan tersebut ditandai adanya hal baru. Dalam pendidikan banyak yang bisa di lakukan yang sifatnya pembaruan atau inovasi pendidikan. Inovasi tersebut dilakukan dalam rangka pemerataan pendidikan,peningkatan mutu, peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan, serta relevansi pendidikan. Inovasi ini dilakukan untuk memajukan pendidikan agar tidak ketinggalan dengan negara lain dan dapat meningkatkan mutu yang unggul. Inovasi yang terlihat ada perubahan secara kontinu adalah kurikulum pendidikan. Pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan karena perkembangan zaman yang sangat pesat serta kebutuhan manusia yang mengalami peningkatan. Inovasi inilah yang harus dicari oleh seorang guru agar kemampuan – kemampuan yang ada dalam diri peserta didik dapat lebih ditonjolkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar dapat lebih maju bahkan unggul dari bangsa lain.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dari membaca ‘Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan’ bahwa inovasi pendidikan itu penting untuk masa depan dalam mencapai tujuan pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia sehingga sesuai dengan perkembangan zaman.
    Inovasi pendidikan ini dapat dilakukan dibeberapa sektor pendidikan dan berbagai macam cara.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Seperti yang saya yakini saat ini (berawal dari membaca beberapa postingan dalam blog ini) bahwa ilmu adalah proses yang tidak akan final. Maka pendidikan sebagai salah satunya menjadi sesuatu yang tidak mungkin menecapai final pula. Berjalan, terus berjalan, oleh karena itu butuh inovasi, bukan? Akan tetapi tidak melulu harus inovasi (yang semuanya harus benar-benar baru). Bahkan invansi pun bisa membantu.

    ReplyDelete
  14. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sebagai seorang guru sudah selayaknya kita berpindah dan berubah dari guru yang tradisional ke guru yang inovatif dan kreatif. Memang cukup sulit ketika kita melihat sebagian besar guru yang sudah senior di Indonesia menggunakan metode transfer of knowledge untuk mengajarkan materi matematika. oleh karena itu, kita harus memiliki inovasi-inovasi yang ditilik dari Tujuan Pendidikan, Teori belajar, Teori Mengajar, Hakikat Siswa, Hakikat Ilmu, ideologi pendidikan, Nilai moral, Teori Kurikulum, Teori Evaluasi dan teori sumber.

    ReplyDelete
  15. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan masa depan ialah melalui pendidikan. Inovasi pendidikan merupakan satu hal penting untuk terus menerus dilakukan. Dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan berbagai aspek. Elegi ini mengungkapkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi pendidikan antara lain tujuan pendidikan, hakekat belajar, mengajar, sumber belajar, evaluasi, kurikulum, ideologi, ilmu, nilai moral, dan siswa. Pada dasarnya, inovasi pendidikan memandang siswa sebagai subyek yang memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian guru berkewajiban untuk memfasilitasi siswa dalam belajar, baik sumber , media, maupun lingkungan sehingga siswa mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    177009251003
    S2 P.Mat A 2017

    Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu negara. Inovasi sangat perlu dilakukan dalam hal apapun, terutama dalam hal pendidikan ini. Inovasi yang dilakukan harapannya dapat memberikan dampak yang baik bagi pendidikan itu sendiri ataupun bagi siswa yang menjadi subyek pendidikan. Inovasi sangat perlu dilakukan dengan syarat inovasi-inovasi tersebut tidak menghilangkan jati diri bangsa Indonesia yang sebenarnya. Sah-sah saja jika para peneliti dan pemangku kebijakan melakukan inovasi-inovasi tertentu, akan tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Elegi ini memaparkan bahwa tujuan pendidikan tidak hanya sekedar meningkatkan pengetahuan siswa namun lebih dari itu. Siswa diharapkan mampu mangembangkan kemampuan dan kreativitasnya sehingga di masa depan menghasilkan inovasi yang bermanfaat. Agar tercapainya tujuan pendidikan, guru sebagai kunci dalam proses belajar dan mengajar diharapkan mampu memfasilitasi siswa dengan pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreativitasnya. Apabila tujuan pendidikan tercapai maka inovasi yang dihasilkan juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  18. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    PPs. PM A 2017

    Membahas mengenai sumber belajar bagi siswa. Saat ini banyak persepsi yang menganggap sumber belajar itu guru dan buku. padahal lingkungan sekitar dan pengalaman siswa itu adalah sumber blajara yang sangat baik karena berkaitan langsung dengan siswa dan mudah untuk diingat.
    Dari penjelasan di atas, guru diharapkan mampu untuk memfasilitasi dan membimbing siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar yang ada di sekitarnya. Sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan. Tidak melulu disuruh membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru.

    ReplyDelete
  19. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Di masa depan, inovasi sangat diperlukan, inovasi ini diharapkan menjadi subjek-subjek bagimasa depan. Pendidikan yang didasari inovasi untuk menyosngsong masa depan. Tujuannya ada lima macam pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazzah, atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kretivitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan.
    Selain tujuan belajar, teori belajar juga diperlukan untuk menyongsong masa depan . terdapat lima teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajara dalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan introspeksi.sedangkan teori belajar yang paling baik adalah teori keemat dan kelima.

    ReplyDelete
  20. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017


    Terimakasih pak atas postingannya. Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan, mengajarkan kepada saya khususnya sebagai calon guru untuk terus berinovasi, memberikan suatu hal yang baru dan berbeda. Dengan adanya motivasi untuk berinovasi, saya menjadi tertantang untuk melakukan inovasi-inovasi yang menarik.
    Dalam dunia pendidikan khususnya, inovasi sangatlah diperlukan. Apalagi ketika pembelajaran Matematika. Ketika saya sebagai calon guru mempunyai inovasi-inovasi cemerlang dalam mengajar, maka tingkat kemalasan siswa, dan kebosanan seorang siswa ajkan segera teratasi. Karena ada hal yang membuat siswa penasaran dengan inovasi apa lagi yang akan di laksanakan.

    Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  21. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Inovasi sangat diperlukan dalam pendidikan saat ini. Terlebih lagi dengan perkembangan zaman yang sudah maju. Para pendidik dan para komponen dalam dunia pendidikan perlu melakukan inovasi terhaadap pendidikan di Indonesia saat ini. Namun, dalam melakukan inovasi perlu dipertimbangkan apakah sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan objek sasarannya sehingga inovasi yang dilakukan dapat memberikan dampak positif. Inovasi yang perlu dilakukan bukan hanya diharapkan dapat memperbaiki kemampuan dalam bidang keilmuan saja melainkan karakter dan mentalnya juga. Sehingga saat peserta didik selesai dalam menempuh jenjang pendidikan, mereka menjadi manusia-manusia yang mumpuni dalam ilmu dan mentalnya.

    ReplyDelete
  22. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Inovasi artinya gagasan, ide dan perubahan, sedangkan dalam hal ini adalah inovasi pendidikan. Maka gagasan, ide dan perubahan tersebut adalah dalam bidang pendidikan. Inovasi dalam pendidikan bisa dalam hal sumber belajar maupun cara mengajar guru. Dalam menjawab tantangan di masa depan terkait inovasi tersebut maka dibutuhkan kreatifitas dalam melakukan pendekatan maupun cara mengajar yang bisa menarik minat siswa.

    ReplyDelete
  23. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan. Inovasi merupakan sebuah pembaharuan untuk menyempurnakan sesuatu. Inovasi pendidikan diperlukan setiap saat dan setiap waktu agar tercipta pendidikan yang relevan dengan ruang dan waktu. Pendidikan merupakan sebuah sistem yang terdiri dari berbagai macam komponen, sehingga inovasi dalam pendidikan harus dilakukan pada semua komponen-komponen pembentuk sistem pendidikan. Salah satu contoh komponen dalam sistem pendidikan adalah guru. Dalam hal ini guru harus selalu berinovasi dalam menyampaikan pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru gunakan harus selalu diinovasi agar sesuai dengan perkembangan zaman dan karakteristik siswa. Hal itu karena zaman akan selalu berkembang dan karakteristik siswapun selalu berbeda-beda, sehingga jika guru hanya selalu menggunakan satu metode pembelajaran tanpa adanya inovasi maka dapat dipastikan proses pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan maksimal. Terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Inovasi membutuhkan pemikiran yang terbuka dan luas. Inovasi pendidikan awalnya hanya berpaku pada bagaimana cara terbaik guru untuk mentransfer ilmunya kepada siswa. Namun, sekarang imovasi pendidikan telah sampai kepada bagaimana siswa menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri. Inovasi-inovasi yang terjadi tentu disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal ini membuat inovasi akan terus terjadi karena zaman terus berkembang dan kebutuhan siswa akan berubah pula dari waktu ke waktu. Mari kita nantikan inovasi pendidikan yang selanjutnya..

    ReplyDelete
  25. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas saya menyimpulkan beberapa hal terkait dengan inovasi pendidikan. Dimana inovasi pendidikan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kreatifitas siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dirinya. Teori belajar yang digunakan dalam inovasi pendidikan yaitu belajar adalah penelitian dimana didasarkan pada rasa ingin tahu. Belajar dengan percaya diri dan self regulasi yang baik.
    Adapun pembelajaran dilandaskan pada tujuannya. Sumber belajar berupa media dan lingkungan. Terdapat pula evaluasi yang dilakukan dalam inovasi pendidikan itu. kemudian inovasi pendidikan juga meliputi kurikulum, ideologi pendidikan, hakikat ilmu, dan nilai moral, dan hakikat siswa. Sehingga ketika melakukan inovasi pendidikan perlu persiapan yang komprehensif terhadap semua hal tersebut.

    ReplyDelete
  26. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih Prof untuk ilmu yang sudah diberikan. Begitu banyak inovasi yang dibahas dalam postingan ini. Menurut saya akan sangat apik jika inovasi satu dengan yang lain saling dikombinasikan. Tidak ada inovasi yang bersifat negatif. Semoga pendidikan di Indonesia akan selalu berupaya untuk melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  27. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih banyak prof. Marsigit atas postingan di atas. Berbagai macam metode dan strategi yang dipromosikan dan diunggulkan dalam kurikulum pendidikan kita merupakan bentuk usaha dan ikhtiar para pembuat dan pemangku pendidikan untuk menciptakan dan menjadikan siswa menguasai kompetensi yang dibutuhkan. Namun, apakah inovasiinovasi tersebut layak, cocok, sesuai dan selaras dengan kondisi dan kemampuan dasar siswa. Alangkah baiknya pula inovasi pendidikan menjadi PR bagi setiap guru supaya guru mampu benar-benar memberikan yang terbaik dan yang dibutuhkan oleh siswa. Semoga pendidikan di Indonesia semakin berkembang dengan adanya inovasi, kreasi, dan variasi yang diterapkan guru didalam kelas, guna mencapai tujuan mencerdaskan kehisupan dan anak-anak bangsa, amin. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  28. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Membaca elegi menggapai inovasi pendidikan ini saya membayangkan apabila pilihan dari inovasi 1 sampai inovasi 10 dapat diimplementasikan di dalam pendidikan, saya membayangkan tentang keceriaan siswa belajar, siswa-siswa yang penuh dengan ide-ide, siswa yang saling berdiskusi tentang pembelajaran, siswa yang saling memberi masukan, siswa yang mau memberikan sumbang sih dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, dan banyak lagi kebahagiaan siswa dalam bayangan saya. Terlepas dari itu semua, dalam mewujudkan pembelajaran inovatif memang bukanlah hal mudah. Yang terpenting bukan memikirkan tentang kesulitan-kesulitan itu tetapi segera bangkit untuk berusaha mewujudkan pendidikan inovatif dan selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka menggapai inovasi pendidikan.

    ReplyDelete
  29. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Masa depan pendidikan merupakan produk dari masa sekarang oleh karenanya segala komponen di masa sekarang merupakan yang yang penting dan diperhatikan agar masa depan menghasilkan produk yang berkualitas. Inovasi dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting terlebih diera globalisasi karena inovasi melahirkan produk yang unik lain dari pada yang lain. Berbagai inovasi di atas memberikan maknanya masing-masing oleh karenanya agar menghasilkan inovasi yang tepat dalam peningkatan pendidikan khususnya di negeri ini. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  30. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Teori belajar mengajarkan guru untuk memahami setiap karakteristik dari siswa, kecerdasan siswa, dan cara guru dalam mengajar kepada siswa. Saat berada di kelas siswa membawa pengetahuan yang dimiliki, tentu saja pengetahuan setiap siswa tersebut berbeda-beda. Oleh karena itu sebagai seorang guru janganlah ragu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa tersebut

    ReplyDelete
  31. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Bagian yang sangat menarik bagi sayta pada uraian di atas adalah mengenai hakikat siswa yaitu ibarat tong kosong yang sebenar-benarnya harus kita isi. Tentulah untuk mengisi tong kosong tersebut diperlukan suatu strategi atau inovasi-inovasi pendidikan. Selanjutnya siswa adalah character building yang harus kita bentuk. Untuk membentuknyapun juga diperlukan inovasi-inovasi pendidikan. Inovasi dalam pendidikan bisa banyak macamnya, seperti inovasi dalam penerapan model atau metode pembelajaran, inovasi dalam kurikulum, inovasi dalam evaluasi belajar, dan berbagai macam inovasi lainnya. Inovasi menandakan bahwa pendidikan itu akan selalu mengalami perubahan (tidak stagnan). Inovasi akan selalu ada dan berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

    ReplyDelete