Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

26 comments:

  1. Alfiramita hertanti
    NIM 17709251008
    P.Matematika kelas A 2017

    assalamualaikum wr. wb. inovasi pendidikan sangat terkait dengan dua hal. pertama adalah kreativitas. tanpa kreativitas inovasi tidak akan terwujud. kreativitas menunjukkan bahwa ada suatu hal yang tak terfikirkan namun dapat diungkap oleh kretivitas itu. kreatifitas bukanlah kodrat. ia bisa dilatih dan dikembangkan melalui pendidikan. kedua adalah basis bukti. inovasi pendidikan harus berdiri di atas basis bukti yang valid. objek dari inovasi pendidikan adalah masalah-masalah pendidikan dalam masyarakat. oleh karena itu, inovasi tak akan terwujud melalui pengalaman riset yang intens.

    ReplyDelete
  2. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Kita dari dulu terlalu sering dihadapkan dengan pandangan orangtua bahwa sekolah itu penting. Bagi yang tidak sekolah tidak akan dianggap oleh masyarakat dan ancamannya akan sulit mendapatkan pekerjaan. Bahasa sederhananya secara tidak langsung pikiran anak-anak pada masa sekolahan sudah dikunci dengan pernyataan “orang yang tidak tamat sekolah tidak akan bisa sukses”.

    ReplyDelete
  3. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Apakah target atau keinginan yang mau kita capai setelah menempuh pendidikan dan menghabiskan waktu selama 12 tahun duduk di bangku sekolah? Sebagian besar dari kita mungkin menjawab apa yang kita kerjakan itu kebanyakan belum tentu sesuai dengan apa yang menjadi impian kita dan belum tentu pula apa yang sudah kita pelajari selama di sekolah benar-benar kita pakai di pekerjaan yang saat ini kita jalani. Jika masalah ini terus berlanjut kepada generasi-generasi kita yang akan datang, maka tujuan pendidikan di Indonesia masih belum mampu untuk mencerdaskan bangsa.

    ReplyDelete
  4. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    aya setuju dengan apa yang disebutkan dalam artikel di atas seperti yang diterapkan pada inovasi pendidikan saat ini adalah pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa secara keseluruhan tanpa ada tekanan dari siapapun, untuk belajar adalah melakukan penelitian dengan sifat dasar kepercayaan diri, kerja sama, dan introspeksi diri, sumber belajar yang tepat adalah lingkungan alami dari semua isinya, dan mempromosikan pendidikan karakter.

    ReplyDelete
  5. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    novasi dalam pendidikan menyiapkan dan membekali generasi yang handal, yang dapat menjawab tantangan jaman. Hal ini menuntut perubahan mindset dari semua yang terlibat di dalamnya, terutama pelaksana pendidikan, dalam hal ini adalah pendidik.
    Bahwa pendidik harus menyadari benar tujuan pendidikan yaitu mengembangkan kreativitas peserta didik, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan, tidak hanya sekedar transfer of knowledge saja. Pendidik harus menyadari benar akan teori belajar yaitu memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan penelitian, dapat bekerjasama, merefleksi diri sehingga tumbuh rasa percaya diri. Pendidik harus memahami benar akan teori mengajar yang mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pemahamannya melalui diskusi dan penelitian. Pendidik bukanlah satu-satunya sumber belajar, melainkan banyak hal (banyak sumber) baik dari lingkungan sekitarnya maupun dari internet, yang dapat dipergunakan peserta didik dalam upaya memuaskan hasrat keingintahuannya. Hal ini menuntut alat evaluasi yang sesuai, yang dapat mengukur perubahan pengetahuannya, yaitu portofolio atau laporan kegiatan atau penyelesaian masalah.
    Kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan menjadi pokok dalam mengembangkan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Dengan mengimplementasikan pendidikan yang berkarakter di dalam kurikulum yang digunakan akan melengkapi kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Untuk menghantarkan siswa menuju masa depan maka hal yang harus dilakukan guru adalah memenuhi kebutuhannya dan menjamin perkembangannya. Memenuhi kebutuhannya akan ilmu. Memfasilitasinya dalam membangun ilmu pengetahuannya. Tidak kaku dan otoriter, hanya terpaku pada satu metode saja tetapi memakai berbagai macam metode guna memenuhi kebutuhannya. Sedangkan menjamin perkembangannya adalah bahwa dalam belajar itu adalah sutu proses dari tidak tahu menjadi tahu, dari buruk menjadi baik, dari tidak jujur menjadi jujur, dari malas menjadi rajin, dsb, sehingga terdapat perubahan ke arah yang lebih baik bagi siswa. Proses itu penting. Kualitas juga penting. Sehingga akan lebih baik jika seorang siswa itu berkembang kualitasnya daripada kuantitasnya.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Perubahan dunia secara global juga harus diikuti oleh perubahan pendidikan yang inovatif. Dunia berubah maka dunia pendidikan juga harus berubah, pola pembelajaran harus berubah agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Dalam dunia kerja saat ini kemampuan yang diminta adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif.

    ReplyDelete
  8. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Teknologi semakin berkembang, penuh inovasi di segala bidang, misalnya bidang ekonomi, industri, TIK, dan tak terkecuali bidang pendidikan. Sebagai calon pendidik kita dituntut untuk dapat menciptakan inovasi pendidikan untuk mencetak generasi bangsa agar dapat bersaing di kancah internasional. Semoga kita diberikan kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017
    Bismillah...
    Berdasarkan elegi ini, dapat dikatakan bahwa setiap kehidupan selalu mengikuti perkembangan dari sebuah jaman. Perkembangan zaman ini selalu berkaitan dengan kreatifitas dan dunia teknologi. Begitu pula dengan dunia pendidikan di masa depan, pastinya akan mengikuti perkembangan era modern saat ini. Maka dari itu dalam menggapai inovasi pendidikan disesuaikan dengan ruang dan waktu, serta di lakukan juga pendidikan hermeneutika dan spiritual agar seimbang. Inovasi pendidikan harus selalu dilakukan, karena sekarang bukan hanya kecerdasan yang menjadi tolak ukur tetapi daya kreatifitas juga harus di kembangkan, namun tidak melupakan karater dari bangsa.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Dunia ini berkembang terus menjadi lebih modern, begitu pula dengan pendidikan yang senantiasa berkembang. Siswa, guru, dan teknologi terus berkembang, untuk itu perlu dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan. inovasi tersebur dapat dilakukan dalam berbagai hal yang terkait dalam pendidikan, misalnya kurikulum, ilmu, guru, metode belajar, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan diadakan inovasi pendidikan maka pendidikan akan lebih maju ke arah yang lebih baik tanpa melupakan budaya dan adat istiadat setempat.

    ReplyDelete
  11. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Inovasi adalah sesuatu yang penting dalam membangun peradaban dan pendidikan, karena masyarakat dan lingkungannya bersifat dinamis sehingga kita membutuhkan pembaharuan, perubahan, ke arah yang lebih baik tentunya. Mencapai inovasi pendidikan, berarti mencapai inovasi pada setiap aspek-aspeknya, dari segi tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, kurikulum, ideologinya, hakikat ilmunya, nilai moral, dan hakikat siswanya. Kesemuanya adalah tentang memperbaiki mind set kita padanya terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan penerapannya dalam keseharian kita.

    ReplyDelete
  12. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Mttematika S2 (Kelas B)

    Inovasi pada kurikulum merupakan hal yang selalu dilakukan pemerintah. Namun selalu ada pro kontra pada setiap kurikulum yang diberlakukan. Saya setuju bahwa kurikulum di indonesia bisa bermacam-macam disesuaikan dengan daerahnya, dengan memakai prinsip desentralisasi pendidikan. Karena kebutuhan pendidikan di setiap daerah berbeda-beda.

    ReplyDelete
  13. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Pendidikan akan senantiasa berkembang seiring perkembangan zaman. Sehingga pendidikan haruslah mampu mencetak manusia-manusia sesuai dengan zamannya. Misalnya manusia zaman sekarang hidup dalam era teknologi, maka pendidikan haruslah mampu menghasilkan manusia-manusia yang mampu berinterkasi dengan teknologi secara baik dan bijak. Bila pendidikan tidak berhasil menciptakan manusia yang melek dengan teknologi, dan masih ketinggalan zaman maka bisa dikatakan bahwa pendidikan gagal menjalankan fungsinya. Dalam hal ini, setiap elemen yang bersinggungan dengan pendidikan haruslah mampu melihat ke depan, memprediksi masa depan, kemudian melakukan inovasi-inovasi sehingga nantinya akan menghasilkan manusia-manusia pada zamannya.

    ReplyDelete
  14. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Untuk mencapai masa depan yang lebih baik, maka diperlukan inovasi-inovasi dalam pendidikan. Selama ini, pendidikan di Indonesia masih bersifat teacher centered sehingga siswa hanya sebagai obyek yang pasif. Pembelajaran hanyalah guru memberikan ilmunya kepada siswa dan siswa hanya menerimanya, jadilah pemikiran siswa itu sama dengan pemikiran guru maka pemikiran siswa pun menjadi tidak berkembang. Untuk itu, diperlukan inovasi dimana siswa menjadi subyek dalam pembelajaran atau sering disebut dengan student centered. Pembelajaran juga bukan lagi hanya transfer of knowledge melainkan pembelajaran itu adalah ketika siswa menemukan sendiri pengetahuaannya sendiri dengan bantuan dari guru. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa akan lebih mudah mengembangkan pikirannya, selain itu, mereka akan cenderung lebih paham bila dibandingkan dengan hanya mendengarkan ceramah guru.

    ReplyDelete
  15. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Sebagai tambahan komentar saya di atas.
    Mengajar akan lebih baik bila dengan alat peraga. Saat ini kebanyakan guru tidak menggunakan alat peraga, hal ini dikarenakan sekolah tidak memiliki alat peraga ataupun faktor-faktor yang lain. Padahal alat peraga itu dapat guru peroleh dari alam sekitar. Alat peraga itu dapat dibuat sendiri oleh guru. Alat peraga hendaknya yang dapat membantu siswa dalam menemukan pengetahuaannya. Selain alat peraga, yang mendukung dalam inovasi di bidang pendidikan yang paling penting adalah kurikulum. Kurikulum hendaknya yang dapat memenuhi kebutuhan siswa yang beraneka ragam

    ReplyDelete
  16. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Maaf sebelumnya, saya kurang sependapat dengan inovasi 10 yang menyatakan ahwa siswa itu adalah tong kosong yang harus kita isi. Siswa jaman sekarang bukan siswa yang hanya menerima transferan ilmu dari pendidik tetapi mereka juga memiliki kebebasan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan melibatkan diri secara aktif untuk memperoleh pemahamnnya mengenai ilmu. Sehingga gelas kosong tersebut tidak hanya diisi oleh guru sebagai pendidik tetapi juga di isi oleh siswa itu sendiri.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif harus mampu dikembangkan secara sistematis dalam dunia pendidikan, proses pembelajaran harus mampu mendorong terciptanya kemampuan tersebut. Jadi selain kemampuan akademis maka dunia pendidikan harus mampu menciptakan manusia yang mempunyai kemampuan belajar, beradaptasi dan berinovasi. Dalam kerangka dunia pendidikan Indonesia dikenal dengan pendidikan yang berkarakter, selain itu Indonesia mempunyai satu keunggulan dalam hal pendidikan spiritualisme dengan kekuatan pelajaran agama dan rohani.

    ReplyDelete
  18. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    dari elegi diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwasanya tujuan dasar pendidikan yaitu mengajar berhitung, membaca serta menulis bagi anak TK dan SD namun bagi anak-anak usia lanjut tujuan pendidikan yaitu memperoleh ijazah untuk mengembangkan dunia di kancah global. membangun bangsa menggerakkan bangsa menjadi negara maju dari negara berkembang.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  19. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dari elegi ini, perlu kita pahami bahwa dalam pendidikan, pembelajaran siswa adalah subjek belajar. Artinya siswa sebagai subjek belajar harus melakukan akivitas belajar yang dipandu oleh seorang fasilitatot(guru) dalam membangun pengetahuannya. Sebagai subjek belajar, siswa masih memiliki pengetahuan yang sedikit, sehingga guru bertugas untuk membimbing agar memiliki pengetahuan yang luas dan juga bermanfaat.

    ReplyDelete

  20. Inovasi pendidikan sejatinya adalah mampu membentuk subjek belajar atau siswa dalam hal karakter, pengetahuan, dan keterampilan. Utamanya dalam hal karakter, guru harus menampilkan pembelajaran sehingga siswa dapat terbentuk karakter positif dari setiap pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya orangtua sebagai pendidikan dirumah, juga harus memberikan aktivtas belajar dirumah kepada anaknya untuk membentuk karakter positif. Misalnya mencuci piring, menyapu, dsb.

    ReplyDelete
  21. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Inovasi harus terus dilakukan dalam dunia pendidikan. Guru dan siswa diharapkan untuk selalu mampu mengembangkan diri mengikuti arus ilmu dan zaman yang terus berkembang. Pendidikan merupakan suatu tolak ukur dari kualitas suatu bangsa, maka diharapkan supaya kita terus mampu meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini.

    ReplyDelete
  22. Kita tahu bahwa inovasi adalah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana. Dari elegi di atas, ada sepuluh macam inovasi dan masing-masing inovasi memiliki tanggung jawab yang berbeda. Masing-masing dari mereka menyebutkan lima macam inovasi yang penting untuk kita ketahui. Semoga ke depan ketika kami menjadi guru, kami bisa memberikan inovasi dalam pendidikan. Amin.

    ReplyDelete
  23. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Siswa itu seperti bejana kosong yang sebagai seorang pendidik kita harus mengisinya. Sejak menamba ilmu S1, sering saya mendengar istilah seperti itu. siswa itu memiliki kedudukan yang sama dengan semuanya. Tetapi pada elegi ini ada beberapa poin yang ditambahi dalam hakekat siswa. yang itu kebutuhan. Ya kebutuahn bukan kewajiban. Sudah saatnya mitos di lingkungan masyarakat dihapuskan. Karena, masih ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu wajib. Beda ketika kita meminta anak kita untuk bersekolahan dengan tujuan sebagai kebutuhan agar dapat memiliki ilmu yang berguna.

    ReplyDelete
  24. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. inovasi dapat berarti pengenalan hal-hal baru, singkatnya pembaruan, berarti inovasi pendidikan adalah pembaruan dalam pendidikan. namun seperti yang diuraikan pada postingan di atas, bahwa pembaruan tersebut harus ,memperhatikan dua hal, yaitu kebutuhan serta perkembangan siswa. pembaruan tersebut tidak boleh mengabaikan kedua hal tersebut.

    ReplyDelete
  25. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Elegi ini memberikan gambaran bagaiaman pendidikan yang inovatif yang seharusnya terlaksana. Inovasi pendidikan adalah pendidikan yang berorientasi pada siswa, dan pendidikan ini pun dapat terjadi jika guru kreatif dalam menyusun pembelajarannya, mampu membuat semua siswa-siswanya belajar. Jika guru tidak mampu kreatif dan masih tertutup dengan pembaruan-pembaruan pendidikan maka inovasi pendidikan pun tidak akan terwujud, karena gurunya masih berparadigma pendidikan tradisional.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  26. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Inovasi Pendidikan adalah yang diperlukan oleh bangsa Indonesia untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang mampu bertahan di zaman yang semakin berkembang ini. Inovasi pendidikan tidak hanya ditentukan oleh guru, namun juga ditentukan oleh pemerintah. Jika pemerintah/para penguasa telah memberikan kebijakan dan kesempatan untuk pendikan berubah menjadi inovatif, maka guru pun akan leluasa untuk berkreatif mengembangkan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan siswanya.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete