Oct 15, 2010

Elegi Pemberontakan Para Formal




Oleh Marsigit

Formal Dewasa Mandireng:
Blaaaaghh..dlalah...marah besar aku terhadap perilaku Normatif Dewasa Pertikel. Sudah keterlaluan uraiannya. Sudah tidak mau memenuhi kemauanku, masih ceramah ngalor-ngidul lagi. Wah saya harus bertindak. Aku akan menghimpun kekuatan untuk menghadapi kesewenang-wenangan Normatif Setengah Baya.

Formal Dewasa Mandireng Paralel:
Aku..aku setuju dengan apa yang engkau pikir Wahai Formal Dewasa Mandireng. Aku juga merasakan apa yang engkau rasakan. Maka aku mendukung rencana-rencanamu.

Formal Dewasa Parlogos:
Kalau aku ingin bersikap realistis. Kita ini kan sudah komitmen dan berjanji kepada diri kita masing-masing. Dan juga sudah teken kontrak. Bahwasanya kita bersedia bergaul dengan Normatif Setengah Baya. Maka kita ikuti saja skemanya dengan ikhlas, maka mudah-mudahan kita akan bisa mengambil manfaatnya dari semua kegiatan-kegiatan ini.

Formal Dewasa Parlogos Paralel:
Wahai Formal Dewasa Mandireng dan Formal Dewasa Mandireng Paralel, aku menolak keinginanmu. Selama ini aku selalu mengikuti gerak-gerikmu. Aku sangat tidak mengerti dengan sikapmu. Mengapa engkau mempunyai hati sekeras batu, mengapa engkau menutupi diri dari pengetahunmu, mengapa engkau cenderung berbuat anarkhis. Ingatlah bahwa disini yang berkepentingan bukan hanya dirimu saja, tetapi aku juga berkepentingan. Ketahuilah bahwa aku mempunyai program-program jangka panjang. Jika engkau terus-teruskan sikapmu yang demikian itu maka aku khawatir, aku juga akan terkena dampaknya. Maka dengan ini aku proklamirkan bahwa aku menentang semua rencana-rencanamu.

Formal Anak-anak Mandireng:
Aku protes terhadap perilaku Normatif Remaja Pertikel. Aku sudah setengah mati mempelajari dan mengikuti ternyata harapannya tidak sesuai dengan rencanaku. Eee..malah permintaannya bermacam-macam. Saya tidak suka dengan segala perilaku Normatif.

Formal Dewasa Mandireng:
Wahai para Formal Mandireng..marilah kita bersatu untuk menghadapi para Normatif Pertikel. Tetapi ketahuilah bahwa perjuangan kita sangat berat. Ketahuilah bahwa kita harus bisa berjuang kalau perlu melakukan pemberontakan bagaimana agar para Formal itu bisa menjadi Normatif, dan sebaliknya bagaimana agar para Normatif kita tangkap dan kita penjarakan sehingga mereka itu kita jadikan saja sebagai Formal atau kalau perlu sebagai Material. Untuk mewujudkan rencanaku itu, siapakah diantara kamu semua yang mempunyai ide atau gagasan?

Formal Dewasa Mandireng Paralel:
Ng...nggak...enggak ..aku enggak punya ide. Tetapi kita harus tetap maju.

Formal Anak-anak Mandireng:
Ng...nggak...enggak ..aku enggak punya ide. Tetapi kita harus tetap maju.

Formal Dewasa Parlogos:
Itu ide dan rencana gila. Tidaklah mungkin epistemologi mampu menjungkir-balikkan ontologi.

Formal Dewasa Parlogos Paralel:
Menurutku itu juga ide dan rencana gila. Tidaklah mungkin epistemologi mampu menjungkir-balikkan ontologi. Rencanamu itu seperti ingin menukar siang dan malam.

Formal Dewasa Mandireng:
Kalau begitu saya akan mengadakan sayembara. Barang siapa dapat membantu diriku menemukan cara bagaimana mengubah Formal menjadi Normatif dan sebaliknya maka akan saya beri “hadiah berupa bukan hadiah”.

Para Formal:
Wahai Formal Dewasa Mandireng, apakah sudah engkau pikirkan masak-masak ucapanmu itu. Bukankah ucapanmu itu bersifat kontradiktif. Seperti apakah yang engkau maksud dengan “hadiah berupa bukan hadiah”?

Formal Dewasa Mandireng:
Waha..haha..haha..inilah kesenanganku dan kesengajaanku. Kiranya aku tidak bisa menyamai Normatif. Bukankah kebingunganmu itu menunjukkan bahwa aku secara ontologis telah pantas diangkat sebagai Normatif?

Para Formal:
Tetapi ingatlah wahai Formal Dewasa Mandireng. Bahwa keinginanmu itu akan terwujud jika semua Formal yang lainnya mendukung. Padahal engkau mengetahui bahwa hanya sebagian kecil dari para Formal itu mendukungmu.

Formal Dewasa Mandireng:
Waha...haha..haha. Harus. Itu harus. Adalah kewajibanmu untuk mendukungku.

Para Formal:
Lho..kok mengharuskan. Wah kalau ini namanya memaksa.

Formal Dewasa Mandireng:
Kalau engkau menyadari maka aku menghormatimu. Kalau engkau belum mendengar maka dengarkanlah teriakanku. Kalau engkau tetap tidak mendukungku maka engkau semua akan aku paksa.

Para Formal:
Waaa.. ini namanya anarkhis. kalau sudah begini, bukan berbipir lagi kita. Ini namanya sudah perang.

Formal Dewasa Mandireng dan Para Formal:
Berperang...berperang...berperang...berperang...dar..dir..dor..der..dur.

Normatif Dewasa Pertikel:
Aku melihat pertempuran hebat di antara para Formal. Apa gerangan yang terjadi?

Normatif Anak-anak Pertikel:
Wahai Normatif Dewasa Pertikel. Sebetulnya yang menjadi pokok persoalan adalah dirimu dan juga diriku. Sebagian para formal, yang dipimpin oleh Formal Dewasa Mandireng menginginkan agar merekalah yang menjadi Normatif. Sedangkan kita para Normatif dikehendakinya untuk menjadi Formal saja. Maka bagaimanakah hal ini menurut dirimu itu?

Normatif Dewasa Pertikel:
Whus...aneh benar kejadiannya. Tidak adalah suatu teori berpikir di dunia ini yang dapat menjelaskan perihal kejadian ini, kecuali...

Normatif Anak-anak Pertikel:
Kecuali apa...

Normatif Dewasa Pertikel:
Hanya Normatif Tua Pertikel sajalah yang mampu menjelaskan dan memberi solusinya.

Normatif Tua Pertikel:
Wahai para Normatif, ketahuilah, bahwa ada saatnya manusia itu menghadapi suatu kejadian di mana banyak di antara mereka tidak mampu memikirkannya, karena memang bukan kapasitasnya. Untuk kejadian ini hanya dirikulah yang mempunyai senjata untuk menjelaskan dan memberikan solusinya.

Para Normatif:
Tolong wahai Normatif Tua Pertikel, segera uraikan caramu itu.

Normatif Tua Pertikel:
Yang kelihatannya tautologi pada suatu level, jika ditingkatkan dimensinya maka dia belum tentu tautologis. Yang kelihatannya kontradiksi, jika ditingkatkan dimensinya maka dia belum tentu kontradiksi. Mengapa? Karena permasalahannya bukan pada tautologi ataupun pada kontradiksi itu sendiri. Tetapi persoalannya pada mengapa sampai timbul tautologi dan kontradiksi, dan bagaimana implikasi yang ditimbulkannya.

Para Normatif:
Kami tidak paham.

Normatif Tua Pertikel:
Engkau tidak akan paham sampai aku betul-betul mengeluarkan senjataku itu.

Para Normatif:
Tolong segera keluarkan senjatamu itu?

Normatif Tua Pertikel:
Senjataku ada tiga macam. Pertama, kesadaran ruang dan waktu. Kedua, berpikir intensif dan ekstensif. Ketiga, menggapai logos. Dengan ketiga senjataku ini, maka aku akan bisa menangkap para Formal pemberontak.
Senjata pertamaku: Hai, kau tentu anak buah Formal Dewasa Mandireng, kenapa engkau tidak menepati ruang dan waktu yang engkau sanggupi. Maka sehebat-hebat dirimu, aku telah menagkapmu. Engkaulah si tidak sadar ruang dan waktu. Maka dengan senjataku ini jikalau engkau ikhlas maka engkau akan segera bisa menjadi Normatif. Bersiaplah.
Senjata keduaku: Hai, kau tentu anak buah Formal Dewasa Mandireng, kenapa engkau bersembunyi di balik kata-katamu. Sedalam engkau bersembunyi di situ maka aku bisa menangkap dirimu. Itulah engkau si tidak mau berpikir intensif dan ekstensif. Maka dengan senjataku ini jika engkau iklhas maka engkau segera bisa menjadi Normatif. Maka bersiaplah.
Senjata ketigaku: Hai, kau tentu anak buah Formal Dewasa Mandireng, kenapa engkau bersikeras mempertahankan pendirianmu? Padahal hati nuranimu mengatakan bahwa pikiranmu itu tidak sesuai dengan suratan takdirmu. Mengapa engkau sangat bangga dengan jargon-jargonmu. Bukankah engkau menyadari bahwa itu adalah perileku mitos-mitosmu. Maka dengan senjataku ini, jika engkau ikhlas maka engkau akan segera menjadi manusia menggapai logos. Dengan demikian engkau akan bisa segera menjadi Normatif. Maka bersiaplah.

Formal Dewasa Mandireng:
Waha..haha..haha..wahai Normatif Tua Pertikel. Kirain saya menyerah begitu saja. Lihatlah bahwa ketiga senjatamu yang engkau agung-agungkan itu, ternyata aku belum mau menyerah. Maka tunggulah balasanku ini.

Normatif Tua Pertikel:
Jika dengan ketiga senjataku itu ternyata aku belum mampu menaklukan dirimu. Maka engkau Formal Dewasa Mandireng, benar-benar bukan tandingan manusia. Engkau adalah jelmaan jin bertanduk tujuh. Engkau adalah syaetan yang pertama, tertua dan terbesar. Maka jika aku terpaksa harus bertempur melawanmu untuk yang terakhir kalinya, maka satu-satunya cara adalah aku harus menyatukan ketiga senjataku itu menjadi satu, dan mengarahkannya ke tengah dalam mulutmu sehingga engkau akan tertembus sampai belakang lehermu. Maka dengan doaku, engkau akan terpenggal lehermu dan terputuslah lehermu.

Formal Dewasa Mandireng:
Wahai Normatif Tua Pertikel, lihatlah diriku ini. Walaupun aku hanya tinggal kepalaku saja, maka aku masih bisa melawanmu.

Normatif Tua Pertikel:
Engkau memperlihatkan bahwa hanya dengan kepalamu saja engkau masih bisa mengamuk dan merusak. Maka senjataku saja tidak bisa mengalahkanmu kecuali aku harus minta bantuan gunung yang tinggi untuk bersedia melongsorkan sebagian lereng dan tebingnya sehingga kepalamu, Formal Dewasa Mandireng akan terbenam jauh di bawah dasar gunung. Itulah saat di mana semua bentuk angkara murkamu akan terhenti. Tiadalah manusia mampu mengalahkan jin bertanduk tujuh jika tiadalah bantuan dari Allah SWT. Amiin.

Para Normatif:
Terus..terus..bagaimana...di mana?

Normatif Tua Pertikel:
Wahai para Normatif. Janganlah engkau mengaku sebagai normatif, jika engkau tidak mampu melihatnya. Ketahuilah, begitu selesai aku bercerita, maka selesai pulalah pertempuran itu. Lihatlah maka kita melihat disana para Formal sudah kembali ke habitatnya masing-masing. Mereka telah menyadari bahwa mereka juga memerlukan para Normatif. Mereka juga telah menyadari bahwa mereka juga tidak serta merta bisa menihilkan keberadaan Normatif. Sesungguhnya yang terjadi adalah, agar para Formal bisa menjadi Normatif, maka semua Formal yang lain harus mendukungnya. Apakah arti dari kalimatku yang terakhir itu. Itulah sebenar-benar makna ontologis. Ontologis suatu hal tidaklah bisa dipaksakan, tetapi memaksa sendiri itu adalah ontologis. Maka renungkanlah?

Para Normatif:
Wahai Normatif Tua Pertikel..aku curiga dengan dirimu. Jika Engkau benar-benar Normatif seperti aku. Mengapa engkau mempunyai kemampuan melebihi diriku. Siapakah dirimu itu.

Normatif Tua Pertikel:
Aku tidak lain tidak bukan adalah si Orang Tua Berambut Putih. Itulah sebenar-benar diriku adalah pengetahuanmu. Maka gunakan akal dan pikiranmu untuk menggapai ilmumu dan untuk memecahkan urusan sehari-hari. Tetapi aku telah membuktikan bahwa akal saja tidaklah cukup. Akal bertemu dengan hati itulah setinggi-tinggi dimensi manusia. Tetapi itu juga belum cukup jika engkau belum menggapai Rakhmat dan Hidayah Nya.
Amiin.

27 comments:

  1. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    formal dan normatif, akan selalu berada disekeliling kita. karena dengan keduanya tercipta sebuah keharmonisan. begitupula dengan hati dan pikiran, mereka harus senantiasa berada dalam diri kita. karena memang dalam hidup ini yang membuat indah adalah karena hadirnya pasangan-pasangan. panas-dingin, siang-malam, besar-kecil, manis-pahit, dsb. itulah dunia, semua berpasang-pasangan dan harus senantiasa beriringan untuk mendapatkan keharmonisan.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Antara material, formal, normatif, dan spiritual ialah saling merentang. Material meliputi formal, normatif, spiritual. Formal meliputi material, normatif, spiritual, dst. Hanya dengan selalu mengingat ruang dan waktu maka kita dapat menempatkan diri dengan benar, sehingga kita dapat menjalankan peran yang ada dalam diri kita dengan benar sesuai dengan ruang dan waktunya. Akal pikiran bersama dengan hati dan perasaan saling terlibat dalam menentukan penyelesaian. Agar diperoleh hasil terbaik dan adil, yang tidak akan menimbulkan penyesalan.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.MAT A UNY 2017

    ada tiga hal yang dijadikan pegangan atau sarana untuk meningkatkan dimensi hidup manusia yaitu, pertama adalah kesadaran akan ruang dan waktu. sebenar-benarnya ruang dan waktu adalah hidup itu sendiri, dengan kita sadar tentang ruang dan waktu maka kita akan menyadari pula hidup ita. kedua adalah berpikir intensif dan ekstensif. berpikir intensif itu adalah berpikir secara dalam sedalam-dalamnya, sedangkan berpikir ekstensif adalah berpikir luas seluas-luasnya. ketiga adalah selalu menggapai logos.

    ReplyDelete
  4. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Elegi Pemberontakan Para Formal ini menunjukkan keangkuhan Formal Dewasa Mandireng yang ingin mengubah para Formal menjadi Normatif, padahal para Formal sendiri banyak yang menentangnya sehingga pertempuran pun terjadi. Normatif yang memperhatikan pertempuran tersebut akhirnya juga berbicara. Mereka mengharapkan Normatif Tua Partikel untuk menghadapi pertempuran tersebut. Ketiga senjata ampuh yang dimiliki oleh Normatif Tua Partikel telah dikeluarkan untuk membantu mewujudkan keinginan Formal Dewasa Mandireng yang ingin menjadi Normatif. Akan tetapi, sepertinya hati Formal Dewasa Mandireng telah menjadi batu. Bagaikan seorang yang tersesat, tetapi ketika diberi arah dan jalan untuk sampai pada tujuannya justru ia memilih jalan berduri yang arahnya menjauhi tempat yang ia tuju.
    Wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  5. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Apabila diimplikasikan, menurut pendapat saya ketika ada pihak yang salah baik dalam bertutur kata maupun bertindak, kita berhak menegur dan mengarahkan agar kembali ke arah yang benar. Bukan berarti kita juga sudah merasa benar karena kita sendiri juga hanya manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan sehingga perlu diingatkan oleh orang lain juga. Akan tetapi, jika orang yang kita tegur dan arahkan tidak bisa kembali ke arah yang benar maka satu-satunya jalan adalah mendoakannya agar ia mendapatkan hidayah dari Allah SWT dan segera menyadari akan kesalahannya. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapat Rakhmat dan Hidayah-Nya. Aamiin.
    Wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Kesalahan adalah hal yang mudah kita lakukan. Selama kita hidup pastilah kita pernah melakukan kesalahan. Orang yang tidak pernah berbuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah berbuat apa – apa. Sesungguhnya kesalahan adalah guru terbaik bagi suatu pembelajaran. Seperti elegi diatas yang menganalogikan bahwa terdapat dua pihak yang sedang bersitegang kemudian ada satu pihak ketiga yang menengahi serta mengingatkan dua pihak yang bersitegang tersebut bahwa apa yang mereka lakukan tidaklah benar. Seperti halnya hidup, ketika kita melakukan kesalahan, terkadang ada orang lain yang mengingatkan kita, menegur kita, bahkan menunjukkan ke jalan yang baik. Dari elegi pemberontakan para formal ini dapat saya ambil pelajaran bahwa menyadari kesalahan adalah lebh baik daripada sekedar merasa bersalah dan kesalahan adalah pengalaman hidup untum kita selalu belahar darinya.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Formal dan normatif sudah ada dan akan selalu ada pada porsi masing-masing. Tidak akan bisa formal menihilkan normatif, tidak akan bisa pula normatif menihilkan formal. Keberadaan hakikat "ruang dan waktu" menjadi rule yang menentukan seberapa besar formal harus bertindak dan seberapa besar normatif harus bergerak. Tegas, lugas, to the point harus diimbangi dengan cara-cara berproses dalam mencapai suatu tujuan. Cara-cara yang tepat tentunya

    ReplyDelete
  8. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Formal dan normatif itu tidak dapat dipisahkan, juga tidak dapat disatukan. Semua yang ada mempunyai nilai formal dan normatifnya. Begitu juga dalam hidup ini, semuanya mempunyai porsi masing-masing. Jalani hidup dengan bersyukur tanpa harus membandingkan kehidupan kita dengan orang lain dan tanpa harus menyikut untuk mengambil alih rezeki atau kesempatan orang lain. Bisa saja, hidup yang kita jalani sekarang adalah hidup yang didambakan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  9. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B

    Setiap orang di dunia memiliki kapasitasnya masing-masing ada masa di saat dia menjadi bagian normatif, formal maupun materil. Tidak akan selamanya seseorang hanya akan menjadi normatif saja, tapi akan ada suatu masa seorang normatif menjadi formal atau material. Ketiganya saling terkait dan saling membutuhkan karena hakikatnya manusia adalah makshluk sosial. Apabila posisi kita sekarang berada pada normatif kemungkinan rasa tidak adil karena dikuasai oleh formal dan material akan terjadi, tetapi harus disadari bahwa semua ada porsinya dan ada waktunya, maka setiap berpikir atau memecahkan masalah tersebut (merasa tidak adil karena masih menjadi normatif) harus diiringi dengan menggunakan akal dan pikiran yang ditemukan dengan hati agar seimbang.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dari "Elegi Pemberontakan Para Formal" bahwa ada saatnya manusia itu menghadapi suatu kejadian di mana banyak di antara mereka tidak mampu memikirkannya, karena memang bukan kapasitasnya. Oleh karena itu perlu kesadaran ruang dan waktu, berpikir intensif dan ekstensif, dan menggapai logos.
    Jangan menutupi diri dari pengetahuan. Gunakan akal dan pikiran untuk menggapai ilmu dan untuk memecahkan urusan sehari-hari. Selain itu diimbangi dengan hati yang ikhlaas dan penuh do'a semoga kita dapat mengambil manfaatnya dari semua kegiatan-kegiatan yang telah kita dilakukan.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  11. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Ketidaksesuaian antara apa yang terjadi dengan apa yang kita harapkan adalah hal yang lumrah dalam hidup, baik itu disebabkan karena diri sendiri ataupun karena orang lain. Kita harus menyadari bahwa setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing oleh karena itu kita tidak boleh memaksakan kehendak sendiri. Segala urusan hendaklah dipecahkan dengan akal dan pikiran yang jernih, hati yang tentram, dan memohon petunjuk dari sang mahakuasa. Ingatlah bahwa sebenar-benarnya ilmu dan rahmat adalah jika kita menyadari kesalahan diri serta dengan segera mohon ampun.

    ReplyDelete
  12. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017
    Dari elegi pemberontakan para formal, kita mendapatkan pelajaran bahwa dalam hidup ini kita harus ingat akan ruang dan waktu, berpikir intensif dan ekstensif, serta menggapai logos. Pikiran manusia adalah cerminan kemampuan manusia itu sendiri. Ada kalanya manusia dihadapkan pada suatu kejadian yang tidak mampu dijangkaunya atau dicari solusinya. Saat akal pikiran kita tidak mampu menyelesaikannya, maka gunakanlah akal pikiran dengan hati agar diberi hidayah oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Dari Elegi pemberontakan para formal, menjelaskan bahwa para formal saling berselisih paham. Dalam hidup kita formal dan normatif akan berjalan beriringan, tidak bisa hanya formal saja, tidak bisa normatif saja. Namun harus kita ingat akan ruang dan waktu, berpikir intensif dan ekstensif, serta menggapai logos, agar tidak ada lagi pemberontakan para formal. Nantinya, formatif dan normatif akan berjalan seiring sejalan.

    ReplyDelete
  14. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Percaya pada kekuatan dan kemampuan diri sendiri itu sangatlah penting. Tetapi tidak semua hal dan tidak selamanya harus sesuai dengan kemampuan yang ada dalam diri kita. Karena apa yang ada dalam diri juga memiliki keterbatasana. Jadi ada saatnya kita harus mengakui dan membenarkan jika kita tidak mampu dalam hal itu. Adanya kekuatan dan kemampuan dalam diri harus melibatkan akal, pikiran dan hati nurani. Bagaimana jika kekuatan dan kemampuan yang dimilki tidak disertai ketiga hal itu? Tentunya hanya akan memunculkan keserakahan yang jikalau kekuatan dan kemampuan tersebut tidak diikuti atau diakui oleh orang lain, maka timbul rasa cemas dan was-was dalam akal, pikiran, dan hati nurani. Sehingga bisa menimbulkan sesuatu yang anarkis juga bisa sampai perang.
    Ketika kita sulit memikirkan sesuatu yang bukan menjadi kapasitas kita, kita harus sadar akan ruang dan waktu, harus mampu berfikir intensif dan ekstensif, dan mampu menggapai logos. Disampaing ketiga senajata itu, masih ada senjata lainnya yang lebih utama, yaitu doa.

    ReplyDelete
  15. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dari elegi di atas bermakna tersirat bahwa manusia menggunakan akal dan pikiran untuk menggapai ilmu pengetahuan dan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tidak lengkap formal tanpa adanya normative di dalamnya. Setiap jalan yang diambil dalam hidup pasti memiliki persoalan masing-masing. Yang terkadang keadaan tersebut membuat kita sulit untuk mecari solusinya. Untuk itu diperlukan tiga senjata yaitu pertama, kesadaran ruang dan waktu. Kedua, berpikir intensif dan ekstensif. Ketiga, menggapai logos. Dengan menyadari ruang dan waktu, kita dapat memposisikan diri sesuai kapasitasnya. Seiring dengan menjalani situasi tersebut maka diperlukan kemampuan berpikir intwnsif dan ekstensif untuk membaca persoalan, serta untuk itu semua diperlukan logos dalam menjawabnya. Oleh karena itu dengan bersungguh-sungguh menggapai logos seraya meminta kepada Allah agar tetap selalu tunduk kepada-Nya atas apa-apa yang sudah dicapai.

    ReplyDelete
  16. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP Kelas B 2017

    Saya tertarik pada apa yang telah dikatakan oleh Normatif Tua Pertikel bahwasannya permasalahan bukan pada tautologi ataupun pada kontradiksi itu sendiri, tetapi persoalannya pada mengapa sampai timbul tautologi dan kontradiksi, dan bagaimana implikasi yang ditimbulkannya. Hidup adalah tentang mencari kebenaran, bukan berarti segala sesuatu mutlak benar atau salah adanya, namun proses dalam mencari kebenaran itulah yang paling berharga. Itulah mengapa kita harus sekolah, mengapa kita perlu belajar, karena diri kita sedang berproses mencari kebenaran. Sedangkan alat untuk mencari kebenaran tersebut adalah akal dan pikiran serta hati kita. Lalu mengapa kita harus bersusah payah berproses mencari kebenaran? Karena kita adalah hamba-Nya yang ingin menggapai rahmat dan hidayah-Nya.

    ReplyDelete
  17. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Setiap hal pasti sudah ada wilayahnya masing-masing, baik wilayah Fornal, normatif dan lainnya. Yang saya tangkap dari elegi ini, kita harus bisa menenpatkan diri dalam bersikap ataupun dlaa mengambil keputusan. Setiap manusia sudah ada jatahnya masing-masing. Tidak perlu kita memaksakan apa yang memang bukan seharusnya.

    ReplyDelete
  18. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    P Mat A

    Setinggi-tinggi dimensi hidup adalah ketika mampu menyelaraskan akal dan hati. Kita boleh mengeksplor pikiran seluas mungkin, tetapi jangan sekali-kali menurunkan kebingungan dalam pikir ke dalam hati. BIngun dalam pikir artinya dia hidup dan tidak mitos. Tetapi jika bingun itu turun ke hati maka celakalah ia. Karena urusan hati adalah Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Elegi Pemberontakan Para Formal. Formal dan normatif adalah dua hal yang akan selalu ada dan akan saling berkaitan. Keduanya tergantung oleh ruang dan waktu. Ada kalanya di waktu tertentu manusia menjadi normatif dan ada kalanya menjadi formal. Semua sudah memiliki porsinya masing-masing. Dengan adanya normatif dan formal, maka akan selalu ada pertentangan. Oleh karena itu, kita dalam bertindak harus menggunakan akal dan pikiran yang dilandasi dengan hati nurani, agar dapat meminimalisir sebuah pertentangan dan kesalahan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Formal dan Normatif memliki ranah dan wilayahnya masing-masing, adanya keduannya merupakan penyelaras kehidupan sehingga tidak terjadi ketimpangan, Semua tercipta sesuai dengan porsinya yakni sesuai ruang dan waktunya. Keberadaan formal dewasa mendireng yang ingin memberontak kepada normative telah menjadi hal yang tak lumrah, menyalahi aturan sehingga hal itu menjadi aneh dan tak wajar. Oleh karenanya, sesame manusia baiknya saling mengingatkan agar bertindak sesuai porsinya yakni sesuai ruang dan waktunya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  21. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan yang memiliki kesan yang begitu menggebu-gebu dalam percakapannya. Membaca ulasan di atas menyadarkan saya bahwa tidak hanya menggunakan formal saja dalam kehidupan sehari-hari namun juga mengutamakan normatif. Kedua-duanya memiliki ruang dan waktunya masing-masing. Normatif itu sendiri juga memiliki bagian-bagiannya dan menurut saya setiap normatif juga memiliki prinsip masing-masing. Namun, ulasan di atas menyiratkan bahwa normatif tertinggi adalah Kuasa Tuhan. Satu harapan saya adalah semoga selalu diarahkan pada rahmat dan hidayah oleh Allah SWT dalam mengarungi kehidupan. Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  22. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Pada intinya hampir semua elegi disini adalah tentang ilmu pengetahuan. maka ilmu pengetahuan yang berkakh adalah yang didapat dengan hati yang jernih dan ikhlas, serta mendapat ridho dari-Nya

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terimakasih Prof. Marsigit atas postingan di atas. Pertengkaran antara formal dan normatif bukanlah kali ini saja. Dimana-mana formal selalu ingin agar yang normatif itu kalah, dan menjadi paten dan suatu aturan yang bersifat formal. Padahal normatif selalu mengedepankan nilai-nilai kebaikan yang logis dan berlaku pada ruang dan waktu yang sesuai. Sebenarnya mereka berdua amatlah penting, keduanya saling berhubungan dan akan selaras dan harmonis jika berlaku dan berjalan bersamaan. Umumnya formal merupakan aturan yang dibuat manusia, namun normatif lebih kepada prinsip dan etika yang di atur dan dibuat setinggi-tingginya oleh Tuhan. Sehingga alangkah baiknya sebagai manusia kita perlu menyeimbangkan dan menyelaraskan keduanya dalam kehiduoan sehari hari. Wallahu'alam bishowab.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  24. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Perihal formal dan normatif. Kedunya tidak dapat untuk dipisahkan karena kedunya mempunyai hubungan untuk mencapai tujuan hidup yang baik. Tetapi hidup yang baik tidak dapat dipisahkan juga dari rahmat Allah Swt. Semoga kita dapat mennggunakn pikiran dan hati kita untuk menggapai rahmat Allah SWT.

    ReplyDelete
  25. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Allah SWT telah menciptakan siang dan malam dengan sifatnya masing-masing. Siang tak mampu menggantikan malam, dan malam tak mampu menggantikan siang. Yang ada adalah siang melengkapi malam dan malam melengkapi siang. Siang dan malam datang dalam ruang dan waktunya masing-masing sehingga tercipta keselarasan dalam hidup. Begitu juga dengan formal dan normatif. Formal bukan untuk menggantikan normatif ataupun sebaliknya. Semua ada bukan untuk saling menghancurkan. Semua ada karena saling membutuhkan, yang terpenting adalah bagaimana agar formal dan normatif dapat sesuai dengan ruang dan waktunya masing-masing. Sikap kompromi dan saling menghargai antar keduanya adalah kekuatan untuk dapat membangun struktur dunia ini.

    ReplyDelete
  26. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pemberontakan para formal adalah usaha untuk membentur kemapanan. Misal dalam sistem pendidikan kita yang terlalu dihegemoni oleh sekolah formal. Pendidikan masyarakat (nonformal) dan pendidikan keluarga (informal) telah kehilangan roh pendidikannya. Saya dapat menyimpulkan bahwa pemberontakan para formal adalah analogi dari kegelisahan atas realitas pendidikan yang hanya dipahami dari kacamata pendidikan formal (jika keliru mohon diluruskan).

    ReplyDelete