Oct 20, 2010

The Relevant of Philosophy to Mathematics and Science Teachers




By Marsigit
Yogyakarta State University

The main benefit for Mathematics and Science teachers when they learn the philosophy of Mathematics and Science are to develop their vision about Mathematics and Science education and all of its aspects.

The first book addresses the central problem of the philosophy of Mathematics and Science education i.e. the impact of conceptions of Mathematics and Science and Mathematics and Science education on Mathematics and Science educational practices.

The second book highlights contemporary thinking on philosophy and emphasizes the importance of language in understanding Mathematics and Science.

The teachers can also develop their discussion on:
how mathematics and science invented or discovered by the students,
what methodology is involved,
how does mathematics and science knowledge achieve its status as warranted knowledge,
how the students develop their mathematical and science experiences,
what is the value of Mathematics and Science,
the aim of Mathematics and Science education,
the genesis of learning mathematics and science,
the genesis of teaching mathematics and science,
the genesis of assessment,
the genesis of students’ learn Mathematics and Science,
the genesis of teaching learning resources, and
the genesis of school Mathematics and Science.

The structures in a tradition¬ally-organized classroom can be linked readily with the routine classroom activities of teacher-exposition and teacher-supervised desk work.

If the teacher wants to introduce new ideas or skills s/he may feel it is appropriate to carry out teacher-led discussion.

In this case the teacher may be faced with difficult styles of classroom interaction.

Teacher-led discussion as : individual pupils have difficulty concentrating because they are not fully involved, shy pupils will fear exposure, the teacher is wholly occupied and the progress of the entire class can be interrupted by the misbehavior of a single pupil.

On the other hand, if discussion takes place in a group, as he suggests, individual pupils have far more opportunity to speak, pupils are more likely to develop their answers, pupils are more involved and therefore less likely to have problems with their concentration, shy pupils can speak with less fear of exposure, the teacher is freed to monitor/intervene/assess/talk to individuals, the teacher can deal with distractions and misbehavior without stopping the work of the entire class.

Mathematics and Science teaching is about facilitating the learning process of pupils, and thus good teaching requires a combination of subject competency, a flexibility of teaching style and strategy, and a concern for the emotional and social as well as the cognitive need of pupils.

Further, she suggested that this requires the use of a range of teaching styles and a focus on pupils' conceptions and ways of working as well as on mathematical content.

It is suggested that approaches to the teaching of a particular piece of Mathematics and Science need to be related to the topic itself and the abilities and experience of both teachers and children; that methods which may be extremely successful with one teacher and one group of children will not necessarily be suitable for use by another teacher or with another group of children.

In-depth study of philosophy of Mathematics and Science education may lead to the conclusion that different philosophical position has significantly different educational implications.

Concepts for the teaching and learning of Mathematics and Science – more specifically: goals and objectives, syllabi, textbooks, curricula, teaching methodologies, didactical principles, learning theories, Mathematics and Science educational research, teachers’ conceptions of Mathematics and Science and Mathematics and Science teaching as well as students’ perception of Mathematics and Science – carry with them or even rest upon particular philosophical and epistemological views of Mathematics and Science

Teaching Mathematics and Science is difficult, because students find learning Mathematics and Science difficult.

Teachers generally find it easier not to change their styles of teaching, which they have probably developed over a period of increasingly successful years in a school.

An Individual teacher may hold very firm views on a particular issue in mathematical education, but must at the same time accept that very different, even completely contrary, views may be held by a colleague in the same school.

Further, he claimed that some teachers believe that Mathematics and Science should be a silent activity with each of the children always producing their own work, but others teacher value discussion between pupils.

Above all indicate the importance of the study of philosophy and theoretical ground of Mathematics and Science education.

40 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Manfaat utama untuk guru matematika dan IPA ketika mereka belajar filsafat adalah dapat mengembangkan visi mereka tentang pendidikan matematika dan IPA besrta semua aspeknya. Apa yang saya dapatkan di sini adalah, jika kita sudah mempelajarinya, maka ketika ada beberapa masalah di kelas, guru dapat dengan mudah membuat sebuah inovasi dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini, keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru menjadi sebuah barang penting. Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Guru harus mengikuti perkembangan jaman terutama dengan kemajuan teknologinya dan juga harus membudayakan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan intuisinya. Guru tidak boleh lagi egois dengan metode ceramahnya tanpa memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan ide kreatifnya.

    ReplyDelete
  2. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Assalamalaikum Wr. Wb.
    Dalam mempelajari filsafat kita tidak akan bisa terlepas dari tiga aspek penting yaitu aspek ontologi, epistemologi dan aspek aksiologi. Ketiga aspek ini akan memberikan kita petunjuk untuk menemukan apa yang sedang kita cari seperti matematika dan sains. Fungsi dari filsafat adalah membentuk cara pandang guru dalam melakukan atau menyampaikan pengetahuan tentang matematika yakni terkait dengan keyakinan guru, bagaimana guru tersebut memperoleh ilmu maka itu akan mendominasinya dalam mengajarkan matematika kepada peserta didiknya. Guru juga harus menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia pendidikan modern yang akan membuktikan keberhasilan peserta didik.

    ReplyDelete
  3. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Manfaat utama untuk Matematika dan Ilmu Pengetahuan guru ketika mereka belajar filsafat Matematika dan Ilmu Pengetahuan adalah mengembangkan visi mereka tentang pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan dan semua aspeknya . Apa yang saya dapatkan di sini adalah jika kita sudah untuk mempelajarinya, maka jika ada beberapa masalah dalam kelas bahkan dari siswa atau metode kami dalam belajar, guru dapat dengan mudah membuat sebuah inovasi dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Pentingnya para pelaku pendidikan khususnya matematika dalam mempelajari filsafat adalah mereka dapat membangun dan mengembangkan pandangan,pemikiran, dan visi misi mereka tentang pendidikan. Dari filsafat juga para pelaku pendidikan khususnya guru dapat memahami berbagai macam karakteristik peserta didiknya yang begitu beragam sehingga dapat diterapkan paradigma pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu dalam filsafat, menurut Kant ada yang namanya intuisi, di mana intuisi ini sendiri sangatlah bermanfaat bagi peserta didik dalam bermatematika dan ilmu-ilmu exact lainnya.

    ReplyDelete
  5. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berfilsafat menurut saya adalah belajar bepikir. Berpikir tentang apa yang ada dan yang mungkin ada. Sebagai guru, kita harus mempunyai pola pikir yang demikian sehingga kita dapat memfasilitasi siswa dengan sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan. Karena belajar adalah sebuah proses, maka ketika kegiatan belajar mengajar maka guru harus berpandangan bahwa siswa harus melakukan proses itu agar pengetahuan yang didapatkan menjadi bermakna.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Manfaat utama belajar filsafat bagi guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan ialah untuk mengembangkan visi mengenai pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan beserta semua aspeknya. Melalui filsafat, para guru dapat mengembangkan perbincangan sesama guru mengenai asal mula matematika dan sains ditemukan, metodologi apa saja yang digunakan dalam penemuannya, bagaimana pengetahuan matematika dan sains dapat dikatakan berhasil dalam bidangnya, bagaimana siswa mampu mengembangkan pengalaman matematika dan sains yang mereka punyai berdasarkan pengalaman dan pengetahuan, dan apa saja sumber yang dapat digunakan dalam pembelajarannya.

    ReplyDelete
  7. Nama : Wisniarti
    NIM : 17709251037
    Kelas : PM B (Pascasarjana)

    Assalammualaikum Wr.Wb
    Terimakasih pak atas postingan bapak ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon pendidik matematika nantinya (insyaAllah).
    Dari postingan ini saya menjadi sedikit bersemangat untuk terus mempelajari filosofi pendidikan, karena sejujurnya saya sangat kebingungan ketika belajar filosofi dengan bahasa pengantarnya sangat sulit untuk bisa saya pahami. Kenapa tiba-tiba saya menjadi sedikit bersemangat? karena ketika saya membaca kalimat pertama pada postingan ini "The main benefit for Mathematics and Science teachers when they learn the philosophy of Mathematics and Science are to develop their vision about Mathematics and Science education and all of its aspects".
    Ternyata banyak keuntungan yang akan saya dapat ketika mempelajari filosofi, baik untuk sekarang maupun di masa yang akan datang. Sesuai dengan kalimat yang saya catat tersebut, dengan belajar filosofi, kita akan membangun visi atau pandangan mengenai pendidikan khususnya pendidikan matematika serta semua aspek yang berkaitan dengan hal tersebut.

    Dari postingan ini juga saya mendapatkan ilmu bahwa mengajar matematika itu tentang memfasilitasi proses belajar siswa, pembelajaran yang baik itu mengkombinasikan kompetensi subjek, gaya dan strategi mengajar yang fleksibel. Selain itu secara spesifik konsep untuk kegiatan belajar mengajar matematika itu terdiri dari tujuan dan sasarannya siapa, silbus,buku pelajaran, kurikulum, metode mengajar guru, dan lain-lain. Dengan berbekalkan pengalaman saya yang sangat sedikit mengenai kegiatan mengajar matematika, tulisan bapak ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai media pembelajaran dan informasi.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    Pendidkan
    17790251036 Matematika Kelas B

    Pembelajaran matematika dapat diakukan dengan berbagai macam metode seperti metode diskusi. Metode diskusi ini akan membuat siswa lebih banyak kesempatan untuk berbicara, mengembangkan jawabanya, dan siswa akan ebih berkonsentrasi. Sedangkan seorang guru dapat bertindak sebagai monitor, penilai. Seorang guru juga tidak boleh membatasi pemikiran siswanya. Siswa dibiarkan mengembangkan pemikirannya, karena tidak ada jawaban yang salah asalkan terdapat alasan yang dapat diterima. Seornag guru memberikan refleksi atas apa yang telah dipelajari seorang siswa dalam pembelajaran tersebut

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Keuntungan bagi guru matematika dan science adalah ketika mereka belajar filsafat matematika dan science untuk membangun goal mereka dalam semua aspek di dunia pendidikan.
    Mengajar bukan lah suatu perkara yang mudah. Dibutuhkan persiapan, mental, teknik mengajar, metode, strategi, model, pendekatan yang cocok dan tepat untuk suatu kelas. Ketika kita memakai metode yang cocok dan berhasil untuk kelas A, belum tentu akan cocok dan berhasil untuk kelas yang lain. Mungkin juga metode tersebut tidak cocok lagi jika kita terapkan di kelas A untuk waktu yang lain. Maka menjadi seorang guru harus kreatif sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan bervariasi. Menjadi seorang guru juga harus mengerti setiap karakteristik peserta didik.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Mathematics and Science teaching is about facilitating the learning process of pupils, and thus good teaching requires a combination of subject competency, a flexibility of teaching style and strategy, and a concern for the emotional and social as well as the cognitive need of pupils"

    Saya setuju bahwa pengajaran yang baik membutuhkan kombinasi antara kompetensi subjek, fleksibilitas gaya dan strategi mengajar, dan perhatian terhadap kebutuhan emosional dan sosial serta kebutuhan kognitif siswa. Pendapat saya, di Indonesia sendiri, sistem pendidikan sudah diupayakan sebaik mungkin dengan mengkombinasikan beberapa aspek tersebut. Akan tetapi, dalam implementasi tentu tidak terlepas dari permasalahan atau penyimpangan. Menurut saya, yang terjadi pada pendidikan di Indonesia adalah terlalu lama membiarkan keberadaan hal yang menyimpang. Sehingga hal-hal yang sekiranya menyalahi koridor terkesan diperbolehkan.

    Yang kedua. Meskipun saya bukan seorang guru, saya percaya bahwa mengajar di suatu kelas adalah sesuatu yang sulit. Murid yang dihadapi bersifat multikultural, sedangkan sangat mustahil bagi seorang guru untuk dapat memfasilitasi kebutuhan murid satu persatu yang kesemuanya adalah beda.

    ReplyDelete
  11. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Pendidik yang bijak adalah pendidik yang senantiasa mengembangkan pemahamannya dalam mengajar. Pendidik matematika dan sains yang bijak akan memiliki minat dalam mempelajari filosofi matematika dan sains. Dengan mempelajari filosofi, akan mengembangkan visi seorang pendidik dan dalam mengajar serta terdorong untuk melakukan pengembangan di semua spek dalam usaha pencapaian visi tersebut. Pendidik bisa lebih memahami akan perbedaan individu, lebih menyesuaikan metode mengajar sesuai ruang dan waktu, dan pemahaman lain dalam merancang pembelajaran lebih berkualitas karena adanya motivasi yang besar untuk menjadi begawat menggapai kesempatan.

    ReplyDelete
  12. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Mengajar Matematika dan Ilmu Pegnetahuan Alam memang tidak mudah. Guru harus memperhatikan prestasi seluruh kelas sementara ada beberapa siswa yang kesulitan dan perlu dibimbing secara khusus agar dapat memahami materi pembelajaran. Diskusi kelas seperti yang dipaparkan di atas dapat membantu, namun guru harus tetap mengontrol kelas dan memberikan penguatan yang jelas di akhir sehingga seluruh siswa dapat dipastikan pemahamannya. Guru memang terkadang masih sulit mengubah cara mengajarnya. Inilah mengapa guru perlu juga mempelajari filsafat dan landasan matematika dan ilmu pengetahuan agar guru mengerti bahwa tiap siswa adalah individu yang berbeda dan tiap siswa perlu difasilitasi cara belajarnya untuk mencapai prestasi individu yang maksimal. Dengan pemahaman tersebut, diharapkan guru dapat menyesuaikan cara mengajarnya dengan keadaan siswa.

    ReplyDelete
  13. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Guru, dalam tulisan ini bisa disebut sebagai pengajar mempunyai kewajiban untuk membuat siswa-siswanya mengikuti proses pembelajaran dengan baik agar memaksimalkan potensi setiap siswa. GuruDiharapkan untuk bisa memfasilitasi siswa agar selama proses pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  14. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    My experiences of teaching in class and also teaching privately, on math subject, that we need to be a creative teacher to make students understand and enjoy the lesson. I met so many kind of learning style of students, and at my first time teaching, it was really challenging. and teacher's skill will be better as they keep learning how to be a good teacher.

    ReplyDelete
  15. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Bismillahirrahmanirrahim
    Saya mencoba sedikit merefleksikan dari bacaan yang telah Bapak paparkan di atas. Jika tidak salah, dalam bacaan tersebut dijelaskan mengenai gaya mengajar guru, pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan model pembelajaran yang seharusnya digunakan dalam pembelajaran matematika maupun ilmu pengetahuan untuk memfasilitasi proses belajar siswa. Selain untuk memfasilitasi belajar siswa, hal itu juga perlu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun intuisi mereka. Dalam hal ini juga pendekatan pembelajaran yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran matematika sebaiknya sesuai dengan topik yang akan disampaikan, sehingga akan menjadi sebuah pengalaman belajar yang mengesankan bagi siswa.

    ReplyDelete
  16. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih Prof untuk ilmu yang sudah diberikan. Menurut saya, setiap proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara memfasilitasi anak didik tentunya dapat memberikan output yang berbeda. Pelajaran matematika yang cenderung tidak disukai oleh peserta didik juga akan memberikan kesan tersendiri saat mempelajarinya. Saya menjadi bertanya-tanya dalam hati, apakah guru di Indonesia menyadari bahwa posisinya sebagai fasilitator bagi siswanya? Tujuan dalam suatu pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbagai aspek, yaitu aspek kognitif dan sosioemosional. Apakah di Indonesia proses pembelajaran yang dilakukan sudah mencapai pada kemampuan sosioemosional siswa? Elegi yang membuat saya terus dan terus bertanya.

    ReplyDelete
  17. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Memang mungkin agak asing di telinga mayoritas pendidik di Indonesia, terutama para guru matematika ketika mendengar filsafat dalam hubungannya dengan matematika. Selama ini kita hanya berkutat pada penguasaan materi yang diajarkan sehingga tidak ada waktu untuk mempelajari apa itu yang disebut dengan filsafat. Namun, setelah membaca beberapa artikel-artikel bapak tentang hubungan filsafat dan matematika, saya kemudian percaya bahwa seorang guru tidak hanya sebatas mapan dalam penguasaan materi, tetapi juga semestinya memiliki kemampuan intuisi, abstraksi, dan spekulasi, serta daya analitis yang tajam, teriutama pada spek moralitas. Selayaknya, seorang guru harus menjadi seorang yang bijaksananya.

    ReplyDelete
  18. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut saya belajar filsafat itu penting, supaya kita mampu memandang segala hal dari banyak sudut pandang. jadi kita tidak menjadi orang yang egois yang hanya memikirkan diri kita sendiri.
    Kaitannya filsafat dengan pendidikan matematika, memiliki banyak manfaat antara lain:
    1) Dapat menambah pengetahuan tentang sejarah dan penemuan-penemuan matematika.
    2) Dapat menambah pengetahuan dalam berolah kata/bahasa, sehingga menambah kemampuan kita dalam mengajar dan memudahkan anak menerima pelajaran.
    3) Dapat menambah pengetahuan bagaimana cara mengajar yang baik, dengan mengetahui metode-metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dalam berbagai kondisi tertentu.
    4) Dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam mengembangkan kurikulum matematika di sekolah dengan adanya inovasi pendidikan dalam PBM.
    5) Dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk lebih mengetahui karakter peserta didik dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam mengajar seorang guru memerlukan perencanaan. Dalam perencanaan tersebut memuat metode dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk membuat sebuah perencanaan pembelajaran guru perlu memahami hakikat peserta didik, bahan ajar, metode pembelajaran, hakikat belajar, dan lain-lain. Dalam memahami hakikat dari semua yang ada dan yang mungkin ada terlibat dalam sebuah pembelajaran maka pentingnya bekal guru belajar tentang filsafat. Selain itu, untuk memahami cara mengajar yang baik konsep matematika yang sesuai dengan kondisi siswa, perlu bekal belajar filsafat matematika. Sehingga filsafat matematika dapat memberikan pemahaman kepada guru tentang tujuan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  20. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Understanding philosophy in teaching maths and science is of course very important for teachers. It will facilitate us to be a teacher that are actually teachers, not just delivering teaching materials (formulas, rules); to be teachers who care about students mental process and emotional needs. By understanding philosophy, we will be a teacher who is constantly learning and improving our teaching skills.

    ReplyDelete
  21. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Kebanyakan siswa memang menganggap matematika dan ilmu pengetahuan alam sebagai mata pelajaran yang sulit. Seharusnya guru matematika dan ilmu pengetahuan alam berusaha mengubah momok pelajaran sulit menjadi pelajaran yang mengasyikan dan menyenangkan. Menjadi guru bukan berarti berhenti belajar, melainkan terus menerus belajar. Guru matematika bukan berarti harus belajar matematika terus hingga ahli, melainkan belajar hal lain seperti psikologi peserta didik ataupun ilmu filsafat. Begitu juga sebaiknya untuk guru ipa. Filsafat adalah ilmu tentang olah pikir, sehingga dengan belajar ilmu filsafat diharapkan guru dapat membuat siswa menjadi mandiri dalam berpikir dan dapat berpikir kritis. Siswa yang mandiri dalam berpikir dan dapat berpikir kritis diharapkan lebih mudah untuk memahami matematika dan ilmu pengetahuan alam.

    ReplyDelete
  22. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Matematika dan ilmu pengetahuan merupakan pelajaran yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Menanggapi hal tersebut seorang guru memiliki tugas untuk memfasilitasi siswa belajar matematika dan ilmu pengetahuan agar dapat diterima dengan mudah. Untuk mencapai tujuan tersebut, pastilah guru harus memiliki wawasan lebih tentang materi, metode, kondisi siswa, dan hal-hal yang dapat menarik siswa untuk lebih termotivasi belajar. Untuk memperdalam dan melandasi setiap pengajaran tersebut maka perlulah dilandaskan dengan filsafat pendidikan. Dengan filsafat pendidikan akan lebih mengarahkan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan berbagai inovasi metode yang disesuaikan dengan siswa, melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas sesuai apa yang direncanakan, serta mengevaluasi dan memperbaiki setiap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251057
    Pendidikan Matematika S2 Kelas C

    Memahami filsafat pendidikan matematika merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh para guru. Dengan memahami filsafat pendidikan matematika seorang guru akan memahami pendidikan matematika secara menyeluruh dari aspek onologi epsitimologi dan metodologi bahkan aksiologi pendidikan matematika. Sehingga apabila para guru sudah paham filsafat pendidikan matematika, mereka akan dengan mudah mengetahui visi kedepan dari pendidikan matematika. jika visi atau tujuan telah dipahami maka para guru akan mampu membuat metode-metode yang bervariasi dalam pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan ruang dan waktunya sehingga mampu mencapai tujuan utama dari pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  24. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Keuntungan bagi guru matematika dan science adalah ketika mereka belajar filsafat matematika dan science untuk membangun goal mereka dalam semua aspek di dunia pendidikan. Mengajar bukan lah suatu perkara yang mudah. Dibutuhkan persiapan, mental, teknik mengajar, metode, strategi, model, pendekatan yang cocok dan tepat untuk suatu kelas. Ketika kita memakai metode yang cocok dan berhasil untuk kelas A, belum tentu akan cocok dan berhasil untuk kelas yang lain. Mungkin juga metode tersebut tidak cocok lagi jika kita terapkan di kelas A untuk waktu yang lain. Maka menjadi seorang guru harus kreatif sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan bervariasi. Menjadi seorang guru juga harus mengerti setiap karakteristik peserta didik.

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Seorang pendidik yang baik jika ia bisa memahami peserta didiknya. Untuk itu pendidik sangat diharapkan agar memiliki pemahaman terhadap filosofi matematika dan ilmu pengetahuan. Melalui filosofi pendidikan menjadikan bekal bagi seorang pendidik agar memiliki pemahaman tetang betapa pentingnya pendidikan bagi siswanya, secara khusus filosofi matematika, yaitu terkait dengan pelajaran matematika. Pemahaman tersebut pada akhirnya akan sangat berguna dalam mengembangkan tujuan dalam pencapaian substansi pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan itu sendiri.

    ReplyDelete
  26. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Dalam belajar tentu harus benar-benar memahami apa yang dipelajari, kenapa mempelajarinya dan apa manfaatnya, sehingga ketika belajar benar-benar memperoleh ilmu yang dipelajari dengan baik. Untuk menyampaikan ilmu kepada siswa seorang guru tentu juga perlu memahami hakikat, manfaat, dan alasan mempelajari ilmu yang disampaikan. Disinilah peran filsafat, untuk membantu guru memahami semua itu.

    ReplyDelete
  27. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Manfaat utama mempelajari filsafat untuk guru matemtika dan IPA adalah untuk mengembangkan visi mereka mengenai pendidikan matematika dan pendidikan IPA dan semua asek-aspeknya. Yang dipelajari dalam filsafat pendidikan matematika adalah masalah utama filsafat pendidikan matematika dan IPA pada praktek pendidikan serta pemikiran kontemporer filsafat dan menekankan pentingnya bahasa dalam memahami matematika dan IPA. Pola berpikir filsafat adalah berpikir refleksif. Oleh sebab itu, dengan mempelajari filsafat, guru dapat merefleksikan dan mengetahui pola pikir para siswanya dalam memahami matematika. Selain itu, filsafat juga sangat berperan dalam pendidikan karakter yang meliputi aspek material, formal, normatif dan spiritual.

    ReplyDelete
  28. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pemahaman filsafat pendidikan matematika sangat penting untuk dimiliki dan dikuasai oleh guru. Karena dengan memahaminya, guru dapat peham pendidikan matematika secara utuh dan keseluruhan, baik mengenai hakekat sesungguhnya pendidikan dan pembelajaran matematika, tujuan-tujuannya, serta segala hal terkait dengan pendidikan matematika, termasuk mengenai posisi siswa dan bagaimana hakekat siswa itu dalam sebuah pembelajaran. Dengan demikian guru akan mampu memilih strtrategi yang tepat untuk mengajarkan matematika. Begitu pula dengan filsafat dibidang ilmu sains lainnya.

    ReplyDelete
  29. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pemikiran guru akan berkembang dengan belajar filsafat. Jika pola pikir berkembang maka wawasan tentang pembelajaran juga akan berkembang karena guru fleksibel dalam mengajar. Feksibel dalam pembelajaran bisa berupa inovasi-inovasi pembelajaran, sehingga suasana kelas tidak monoton namun ramah dan menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  30. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam filsafat ilmu dipelajari mengenai ilmu dan matematika. Ilmu tanpa matematika tidak berkembang dan matematika tanpa ilmu tak ada keteraturan. Dengan pengetahuan manusia mengembangkan cara dalam mengatasi kelangsungan hidupnya, memikirkan hal-hal yang baru dan menjadikan manusia sebagai makhluk yang khas di muka bumi ini.

    ReplyDelete
  31. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Filsafat bermanfaat bagi guru dalam memahami visi dalam matematika itu sendiri. Filsafat membantu guru untuk melihat matematika secara utuh. Selain itu dengan mempelajari filsafat seorang guru seharusnya semakin menyadari bahwa ia harus ters belajar dan berkembang. Guru perlu untuk memahami bagaimana siswa mempelajari matematika, bagaimana siswa mengembangkan kemampuan matematikannya, apa tujuan belajar matematika, dan hal-hal dasar lainnya untuk memfasilitasi perkembangan siswanya.

    ReplyDelete
  32. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Filsafat yang memperlajari tentang objek ada dan yang mungkin ada merupakan kajian yang perlu dipahami oleh guru matematika dan ipa. Dengan mempelajari matematika, guru mampu mengembangkan pandangan mareka tentang pendidikan mipa dan seluruh aspek yang berkaitan dengannya. Objek yang ada dan yang mungkin ada dalam filsafat akan menjadi kemampuan awal yang diperlukan untuk mengembangkan pembelajaran.

    ReplyDelete
  33. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajarannya, salah satunya karakteristik siswanya. Melalui filsafat guru dapat menyadari bahwa dirinya dan siswanya adalah yang berbeda. Bahkan di antara siswanya pun ada perbedaan lagi. Sehingga melalui filsafat guru mampu menyadari bagaimana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswanya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Dari artikel di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa mengajarkan matematika dan science adalah hal yang sulit karena matematika dan science memang sulit bagi siswa, akan tetapi dengan belajar Filsafat Matematika kita dapat mengatasi kesulitan mengajarkan matematika dan science tersebut yaitu salah satu caranya dengan berdiskusi kepada siswa. Filsafat Matematika mengajarkan kepada kita untuk mengomunikasikan matematika agar mudah diterima oleh siswa. Siswa diberi kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan konsep-konsep matematika yang telah ia ketahui, selanjutnya adalah tugas guru matematika untuk memfasilitasi para siswa agar konsep matematika yang telah ada di dalam benak siswa dapat berkembang dan menjadikan matematika hidup di dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  36. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Posisi filosofis yang berbeda memiliki implikasi yang signifikan pada perbedaan pendidikan. Pemilihan konsep dalam pengajaran dan pembelajaran merupakan salah satu hal yang membedakannya, seperti pemilihan buku teks, metodologi pengajaran, teori pembelajaran, dan lain sebagainya. Hal ini membawa persepsi tertentu pada siswa terhadap hal yang diajarkan, baik secara filosofis maupun epistimologis.

    ReplyDelete
  37. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Matematika dan IPA merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Tapi anehnya, meskipun sudah dipelajari sejak SD hingga SMA, siswa masih kesulitan dalam mempelajari kedua mata pelajaran tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru agar siswa tidak lagi kesulitan mempelajari konsep matematika dan IPA adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat, pemilihan buku teks siswa, ataupun perubahan suasana di dalam kelas.

    ReplyDelete
  38. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kenyataan yang ada di dunia pendidikan, banyak peserta didik yang menganggap bahwa matematika dan ilmu pengetahuan alam merupakan mata pelajaran yang suliy. Menanggapi hal tersebut, menurut saya seharusnya seorang guru harus berusaha mengubah image tersebut dimata peserta didik dari yang sulit menakutkan menjadi ramah, asyik, mudah dan menyenangkan. Untuk menunjang hal tersebut maka dirasa perlu untuk seorang guru belajar mengenai filsafat, sehingga diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran dengan situasi yang ada.

    ReplyDelete
  39. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015

    Siswa kerap kesullitan dalam mempelajari Matematika dan IPA. Untuk itulah guru harus memfasilitasi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif. Dengan adanya model pembelajaran yang tidak monoton, siswa dapat mengembangkan potensi-potensi dirinya. Misalnya jika guru mengajarkan secara eksplanatory, siswa yang cenderung pemalu akan engganuntuk bertanya dan memilih diam, padahal sebenarnya ia belum paham betul pelajarannya. Hal ini akan lebih tertanggulangi jika guru menggunakan metode diskusi sehingga siswa diharapkan dapat menyampaikan pendapatnya kepada teman temannya dalam 1 kelompok.

    ReplyDelete
  40. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Untuk mewujudkan kelas yang aktif, guru hendaknya mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan matang dan terencana. Tahap persiapan ini berupa mempersiapkan RPP, LKS, media pembelajaran, soal ulangan, dan lain-lain

    ReplyDelete