Oct 11, 2011

Elegi Mengintip Seminar International Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb

Untuk semua Mahasiswa saya S1 dan S2 baik yang sedang mempelajari Filsafat Ilmu, Psikologi Belajar Matematika, Bahasa Inggris untuk Pendidikan Matematika serta Bahasa Inggris untuk Matematika, saya persilahkan untuk mempelajari aspek pelaksanaan Seminar dan Konferensi tentang Pendidikan Matematika, yang akan diselenggarakan di Thailand, 1-6 Nopember 2011, dengan akses ke:

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th

Untuk Posting ini, buatlah Comment, bisa tentang konferensi atau tentang Makalah yang saya presentasikan. Hanya makalah perlu di download dulu.

Untuk download makalah, maka menuju ke halaman 2 dengan klik NEXT dibagian bawah halaman pertama. Kemudian dibagian bawah halaman 2, klik Document DOWNLOAD.

Demikian semoga setiap hal mampu menyerdaskan hati dan pikiran kita. Amin

NB:
Berikut saya nukilkan saran dari

'Afifatul Muslikhah 11709251005 P Mat B

Sekedar ingin memudahkan akses makalah Pak, agar teman2 tidak mengalami kesulitasn seperti yang saya alami, yaitu kesulitan mencari makalah Bapak. Oleh karena itu saya ingin share link makalah Bapak, coba

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec/Marsigit.pdf

Saya tambahkan jika ingin melihat makalah yang lain berarti bisa akses ke:


http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec


Terimakasih mbak Afifatul Salikhah






Marsigit

29 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dalam peroses belajar mengajar disekolah, akan lebih efektif jika siswa memiliki panduan atau buku pedoman untuk mereka baca atau pelajari. Sehingga siswa akan terbantu dalam belajar sendiri atau sesama temannya dan juga sangat membantu guru karena dengan adanya buku maka akan membantu mengefesienkan waktu dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya beberapa sekolah belum memberikan fasilitas tersebut pada siswa dikarenakan banyak faktor.

    ReplyDelete
  2. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Buku-buku teks matematika merupakan salah satu sumber belajar matematika bagi siswa dan sebagai panduan bagi siswa untuk belajar matematika. Buku-buku teks matematika tentu akan sangat bermanfaat bagi siswa apabila dapat dikembangkan dengan baik. Buku-buku teks dapat membantu siswa agar dapat memahami materi pelajaran dengan lebih mudah serta dapat memfasilitasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, bernalara, mengkoneksi gagasan matematika dan sebagainya. Banyaknya manfaat yang diberikan oleh buku-buku teks matematika bagi siswa seharusnya guru juga harus dapat mengembangkan buku-buku teks matematika yang sesuai dengan pemahaman dan karakteristik siswa secara umum. Tetapi banyak guru yang belum dapat mengembangkan buku teks matematikanya sendiri. Mereka masih kurang merasa kesulitan dan beralasan bahwa untuk mengembangkan buku teks matematika butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit, selain itu juga mereka kurang yakin untuk mengembangkan buku teks matematika karena mereka masih merasa kurang pengetahuan akan matematika. Guru harus terus mengembangkan kompetensi-kompetensinya agar kedepannya dapat membuat kemajuan dan perbaikan pula dalam pembelajaran yang dilakukannya.

    ReplyDelete
  3. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kegiatan pembelajaran dalam kelas tak lepas dari buku teks matematika. Buku yang dijadikan paduan dalam pembelajaran di kelas.
    Sehingga materi yang akan dicapai dalam pembelajaran jelas tergambar.
    Sehingga guru harus mampu menyeleksi dan menyesuaikan hingga mengembangkan buku teks matematika yang dapat memfasilitasi dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Buku teks merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu tujuan penggunaan buku teks yaitu memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru. Sehingga sangat penting bagi seorang guru untuk menyeleksi dan memilih buku teks ataupun mengembangkan buku teks matematika yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar dan memenuhi kebutuhan belajar siswa.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dengan buku siswa dapat memahami pelajaran selain dari penjelasan dari guru, dan siswa dapat mempelajari ulang nanti nya di rumah.
    dengan buku siswa dapat belajar mandiri dengan memperhatikan cara pemecahan suatu soal, dengan begitu mereka bisa mengkonstruk pikirannya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penyediaan buku teks merupakan bagian dari kebijakan yang krusial untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Buku teks sebagai bahan ajar bagi guru dan sumber belajar bagi siswa sangat mendukung proses pembelajaran. Untuk itu perlu bagi guru maupun siswa masing-masing memiliki kebebasan untuk menyeleksi buku sebagai buku pegangan dan referensi tambahan.

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Memilih buku teks yang telah tersedia sebagai referensi untuk pembelajaran menjadi suatu kemudahan bagi guru. Akan tetapi, ada baiknya bagi guru mengembangkan sendiri buku teks agar bisa disesuaikan dengan pembelajarannya di kelas dimana buku teks yang dikembangkan adalah buku teks berbasis pemecahan masalah mengingat pentingnya keterampilan pemecahan masalah saat ini.

    ReplyDelete
  8. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Buku adalah jendela dunia. Melalui buku, seseorang dipersilahkan masuk menatap dan menjelajah dunia yang sangat luas. Buku ajar dipahami sebagai alat pengajaran yang paling banyak digunakan di antara semua alat pengajaran lainnya. Buku ajar memberikan ajaran dalam suatu bidang studi. Seperti terlihat dari namanya, buku ajar adalah jenis buku yang digunakan dalam aktivitas belajar dan mengajar. Prinsipnya semua buku dapat digunakan untuk bahan kajian pembelajaran. Namun, yang ingin disampaikan adalah pengertian buku ajar terkait dengan cara menyusun, penggunaannya dalam pembelajaran, dan penyebarannya, sehingga buku tersebut termasuk kategori buku ajar. Buku ajar disusun dengan alur dan logika sesuai dengan rencana pembelajaran. Buku ajar disusun sesuai kebutuhan belajar siswa atau mahasiswa. Buku ajar disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Buku teks matematika yang ada di kegiatan pembelajaran sekarang tak jarang merupakan buku dari penerbit-penerbit yang lebih memikirkan dalam ilmu ekonomi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
    Hal ini yang harus menjadi catatan bagi guru sebagai pelaku pembelajaran di kelas agar lebih selektif dan mengembangkan yang di sesuaikan dnegan kebutuhan di sekolah.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Saya mendownload makalah Bapak yang berjudul ‘Teachers’ Simulation on Developing Problem Solving-Based Mathematics Textbook in Vocational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia’. Dari makalah tersebut saya membaca pentingnya guru mengembangkan buku pelajaran untuk siswanya. Telebih untuk siswa SMK yang tentu bukunya berbeda dengan siswa SMA pada umumnya. Guru perlu mengembangkan buku yang sesuai dengan jurusan yang diambil siswa SMK agar buku tersebut bersifat aplikatif, sehingga akan membantu siswa dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Buku panduan atau buku tekx pembelajaran itu sangat-sangat dibutuhkan oleh siswa. Buku-buku teks matematika juga merupakan salah satu sumber belajar matematika bagi siswa dan sebagai panduan bagi siswa untuk belajar matematika. Buku-buku teks matematika tentu akan sangat bermanfaat bagi siswa apabila dapat dikembangkan dengan baik. Dengan adanya buku teks maka akan lengkaplah suatau pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Bahan ajar sangat penting artinya bagi guru maupun siswa dalam proses pembelajara. Tanpa bahan ajar akan sulit bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Demikian pun bagi siswa, tanpa bahan ajar akan sulit untuk menyesuaikan diri dalam belajar, apalagi jika gurunya mengajarkan materi dengan cepat dan kurang jelas. Mereka dapat kehilangan jejak, tanpa mampu menelusuri kembali apa yang telah diajarkan oleh gurunya. Oleh sebab itu, bahan ajar dianggap sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan, baik oleh guru maupun siswa, sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Siswa dapat belajar dengan atau tanpa buku teks. Namun jika pembelajaran tersebut telah didesain sistematis oleh guru dibekali dengan Lembar Kerja Siswa yang diberikan ringkasan materi atau scenario pembelajaran padaa saat itu. Namun bagi siswa yang kurang aktif dalam mencari sumber belajar di rumah maupun di sekolah hal ini akan berakibat fatal. Bagi siswa yang pengetahuannya masih lemah, buku teks dapat membantunya dalam belajar. Dengan buku teks siswa dapat mengetahui materi apa yang akan dipelajari dipertemuan berikutnya dan mempelajari melalui buku teks di rumah.

    ReplyDelete
  14. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam proses belajar mengajara maka sangat diperlukan buku teks sebagai pedoman, baik buku teks untuk siswa maupun untuk guru, sehingga dengan adanya buku teks itu maka arah kita dalam pemebelajaran semakin jelas dan dengan terarahnya tujuan kita maka akan semakin efektif kita dalam melaksakan PBM.

    ReplyDelete
  15. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam peroses belajar mengajar di sekolah, akan sangat mendukung siswa jika memiliki referensi atau buku pedoman untuk dibaca atau pelajari sehingga siswa akan merasa mudah mengerti dalam belajar sendiri atau secara kelompok. Hal yang sangat menarik adalah ketika siswa mampu memcahkan suatu permasalahan karena adanya pedoman atau panduan yang bisa membantu pengetahuan siswa itu sendiri. Namun pada kenyataannya bahwa beberapa sekolah belum memberikan fasilitas tersebut pada siswa yang penyebabnya guru belum bisa atau karena kendala lain.

    ReplyDelete
  16. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Salah satu media pembelajara yang paling sering digunakan adalah buku teks. Buku merupakan alat yang krusial sehingga pembelajaran dapat berlangsung. namun, jika guru hanya mengandalkan buku di era seperti saat ini sangatlah tidak inovatif. Belajar dapat melalui apa saja dan di mana saja. Buku teks hanya salah satu sarananya. Tetapi guru sering menganggap bahwa jika tidak ada buku teks maka pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan baik. Justru itu merupakan kesempatan guru untuk dapat mengembangkan potensi dirinya yaitu dengan membuat pembelajaran inovatif, menyediakan lembar kegiatan siswa. guru haruslah mengada sehingga dia menjadi ada dan pengada. Ketika guru tidak mengada maka sejatinya guru tersebut tidak ada. Bagaimana cara agar guru tersebut menjadi ada yaitu dengan melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pembelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Kejuruan merupakan hal yang dilematis juga saat ini. Masih banyak siswa SMK yang merupakan buangan dari siswa-siswa yang tidak diterima di SMA atau mereka memang meiliki kemampuan di bawah siswa SMA. Hal ini menjadikan mereka memiliki kemauan belajar yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu guru sangat perlu membuatkan modul untuk siswa SMK yang mengalami kesulitan dalam matematika sehingga mereka bis abelajar lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan mereka dalam dunia kerja nantinya.

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Tentunya dalam mengajarkan matematika di Sekolah Dasar tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan, selain siswa yang pola pikirnya masih pada fase operasional konkret, juga kemampuan siswa juga sangat beragam. Pengalaman akan benda-benda kongkrit yang dimiliki anak sangat membantu dalam mendasari pemahaman konsep-konsep yang abstrak. Matematika di sekolah adalah lebih mengarah sebagai suatu aktivitas sosial, bukanlah matematika formal seperti matematika bagi orang dewasa. Selain itu, pembelajaran matematika SD, diharapkan terjadi penemuan kembali (reinvention). Penemuan kembali adalah menemukan suatu cara penyelesaian secara informal dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya dalam pembelajaran matematika harus terdapat keterkaitan antara pengalaman belajar siswa sebelumnya dengan konsep yang akan diajarkan. Sehingga diharapkan pembelajaran yang terjadi merupakan pembelajaran menjadi lebih bermakna, siswa tidak hanya belajar untuk mengetahui sesuatu, tetapi juga belajar, belajar menjiwai, dan belajar bagaimana seharusnya belajar, serta bagaimana bersosialisasi dengan sesama temannya.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam proses belajar mengajar, diperlukan adanya buku teks untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas. Buku teks disusun sesuai dengan kebutuhan siswa. Adanya buku teks diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Selain itu juga guru hendaknya menyusun lembar kerja siswa agar memfasilitasi siswa dalam belajar, yaitu membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  20. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Buku teks merupakan salah satu petunjuk atau benda yang memfasilitasi atas segala keingin tahuan siswa. Namun janganlah selalu memanjakan siswa dengan terus membaca buku teks karena siswa juga perlu halnya komunikasi. Dilihat lebih jauh, buku teks juga tak boleh memanjakan siswa hanya dengan penyampai rumus-rumus yang dapat digunakan siswa sehingga dapat diterapkan langsung siswa. Namun emmbantu siswa untuk jauh lagi berpikir kritis. Dengan salah satunya yang diidekan oleh bapak Marsigit ini. Terima kasih atas tambahan Ilmunya dan refernsinya.

    ReplyDelete
  21. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi dia atas , saya mendapatkan pelajaran bahwa buku itu sangat penting. Buku adalah jendela dunia. Dengan membuka dan membaca buku, maka kita dapat membuka cakrawala dunia dengan pengetahuan yang kita miliki. Oleh karena itu, membuat buku pun tidak lah mudah. Dalam dunia matematika, diperlukan buku yang dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan Problem solving. Karena membuat buku tidak mudah, banyak guru yang masih belum bisa membuat buku yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  22. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Buku adalah jendela dunia". Pepatah tersebut sangat sesuai dengan elegi yang bapak berikan. Selain mendengarkan penjelasan guru dan aktivitas-aktivitas selama pembelajaran, siswa hendaknya membaca referensi-refernsi lain untuk memperoleh pengetahuan lainya.

    ReplyDelete
  23. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika pastilah membutuhkan pegangan baik untuk siswa maupun guru. Pegangannya berupa buku teks. Jika buku teks baik dan tepat, maka pembelajaran akan berjalan baik pula. Siswa dan guru sama-sama memiliki arahan yang jelas dan sistematis, juga sangat membantu proses pembelajaran yang terjadi

    ReplyDelete
  24. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari beberapa masalah diatas maka dibutuhkan usaha dalam mengembangkan buku teks yang baik, salah satunya adalah menentukan kriteria buku teks yang baik, yang mana mampu menggambarkan bagaimana merencanakan dan melaksanakan aktivitas dalam kelas yang mendukung metode saintifik dan problem solving siswa.

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari makalah yang saya download diatas mengenai pengembangan buku teks untuk sekolah kejuruan disimpulkan bahwa masih dijumpai kesulitan dalam mengembangkan sendiri buku teks tersebut. Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan yang dibutuhkan dalam menulis buku teks. Masalah lain adalah, mengelola dan mengalokasikan waktu, juga dana yang dibutuhkan, menentukan tema, sulit mencari data pendukung, mengembangkan desain buku teks yang baik, mengembangkan yang sesuai dengan kurikulum, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  26. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Buku teks membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa agar enyampaian materi tercapai. Namun ada baiknya buku teks disusun sendiri oleh guru dan disesuaikan dengan perserta didik yang ada didalam kelas tersebut. Buku teks tersebut juga mengandung pemecahan masalah yang membantu siswa dalam menemukan konsep dan membantu siswa agar menjadi lebih aktif.

    ReplyDelete
  27. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link yang Bapak berikan. Isi dari link tersebut sangat bermanfaat bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete
  28. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Memang benar buku teks sangat diperlukan dalam pembelajaran sebagai fasilitas untuk memenuhi rasa ingin tahu siswa. Namun perlu juga diskusi dan komunikasi dengan guru, agar dapat meluruskan apa yang tidak dapat dipahami secara langsung dlaam buku teks. Dengan diskusi juga dapat melatih siswa untuk berpikir kritis.

    ReplyDelete
  29. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu makalah dalam elegi ini berisikan pengembangan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah untuk sekolah menengah kejuruan. Hal ini sesuai dengan kewajiban guru untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Sebagai contoh buku matematika untuk sekolah kejuruan, contoh soal yang berada di dalamnya harus dikaitkan sesuai dengan program pendidikan yang diambil. Karena banyak kasus buku yang digunakan untuk murid SMK kurang sesuai dengan pembelajaran yang ada disekolah, aplikasinya kurang sesuai. Dengan demikian, pengembangan buku teks sangat diperlukan untuk siswa SMK.

    ReplyDelete