Oct 11, 2011

Elegi Mengintip Seminar International Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb

Untuk semua Mahasiswa saya S1 dan S2 baik yang sedang mempelajari Filsafat Ilmu, Psikologi Belajar Matematika, Bahasa Inggris untuk Pendidikan Matematika serta Bahasa Inggris untuk Matematika, saya persilahkan untuk mempelajari aspek pelaksanaan Seminar dan Konferensi tentang Pendidikan Matematika, yang akan diselenggarakan di Thailand, 1-6 Nopember 2011, dengan akses ke:

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th

Untuk Posting ini, buatlah Comment, bisa tentang konferensi atau tentang Makalah yang saya presentasikan. Hanya makalah perlu di download dulu.

Untuk download makalah, maka menuju ke halaman 2 dengan klik NEXT dibagian bawah halaman pertama. Kemudian dibagian bawah halaman 2, klik Document DOWNLOAD.

Demikian semoga setiap hal mampu menyerdaskan hati dan pikiran kita. Amin

NB:
Berikut saya nukilkan saran dari

'Afifatul Muslikhah 11709251005 P Mat B

Sekedar ingin memudahkan akses makalah Pak, agar teman2 tidak mengalami kesulitasn seperti yang saya alami, yaitu kesulitan mencari makalah Bapak. Oleh karena itu saya ingin share link makalah Bapak, coba

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec/Marsigit.pdf

Saya tambahkan jika ingin melihat makalah yang lain berarti bisa akses ke:


http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec


Terimakasih mbak Afifatul Salikhah






Marsigit

14 comments:

  1. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Memang benar buku teks sangat diperlukan dalam pembelajaran sebagai fasilitas untuk memenuhi rasa ingin tahu siswa. Namun perlu juga diskusi dan komunikasi dengan guru, agar dapat meluruskan apa yang tidak dapat dipahami secara langsung dlaam buku teks. Dengan diskusi juga dapat melatih siswa untuk berpikir kritis.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu makalah dalam elegi ini berisikan pengembangan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah untuk sekolah menengah kejuruan. Hal ini sesuai dengan kewajiban guru untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Sebagai contoh buku matematika untuk sekolah kejuruan, contoh soal yang berada di dalamnya harus dikaitkan sesuai dengan program pendidikan yang diambil. Karena banyak kasus buku yang digunakan untuk murid SMK kurang sesuai dengan pembelajaran yang ada disekolah, aplikasinya kurang sesuai. Dengan demikian, pengembangan buku teks sangat diperlukan untuk siswa SMK.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya setuju bahwa menyediakan buku atau buku teks merupakan salah satu kebijakan penting untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah. Penyediaan kebutuhan buku memang sudah seharusnya didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa di sekolah, buka karena monopoli atau intervensi dari institusi. Guru sendiri juga disarankan untuk tidak banyak menekan siswa dalam memilih buku. Saya juga setuju dengan temuan bapak di lapangan, bahwa situasi yang ada masih jauh dengan yang diharapkan. Guru belum bisa untuk menghasilkan text book sendiri. Alasannya karena para guru belum memiliki keterampilan menulis yang mumpuni.
    Terlepas dari isi makalah yang sangat menarik ini, saya sungguh termotivasi agar memiliki kesempatan menjadi presenter pada seminar internasional.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dari elegi dia atas bahwa buku itu sangat penting. Buku adalah jendela dunia. Dengan membuka dan membaca buku, maka kita dapat membuka cakrawala dunia dengan pengetahuan yang kita miliki. Sehingga membuat buku pun tidak lah mudah. Dalam dunia matematika, diperlukan buku yang dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan Problem solving. Karena itu bukan hal yang mudah, banyak guru yang masih belum bisa membuat buku yang dibutuhkan.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  5. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Makalah yang disampaikan dalam seminar tersebut membahas tentang simulasi simulasi pembelajaran menggunakan textbook matematika yang berdasarkan pemecahan masalah di SMK. Pembahasan tersebut didasari oleh alasan bahwa tidak ada satu sumber belajar yang sempurna dan baik yang dapat digunakan untuk semuanya. Maka dari itu, penyediaan buku sebagai sumber belajar merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh guru. Hal ini karena gurulah yang benar-benar mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa, sedangkan buku yang beredar di pasaran belum tentu sesuai dengan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa. Maka hal ini juga memberikan implikasi bahwa seharusnya siswa diberikan kebebasan dalam memilih buku yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Guru dituntut tidak hanya mampu mempunyai akademik dan penguasaan pedagogik yang unggul namun juga didukung dengan kemampuan menulis yang baik. Dengan kemampuan menulis guru mampu menghasilkan tulisan baik buku teks, bahan ajar, lembar kerja siswa maupun yang lainnya yang akan menjadi sarana pembelajaran yang mendukung peningkatan prestasi siswa. Guru adalah kunci dalam pembelajaran. Guru juga adalah individu yang paling memahami karakteristik siswa dan mengetahui kebutuhan siswa. Hasil penilaian lembaga nasional hingga internasional seperti PISA dan TIMSS menggambarkan kemampuan matematis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Siswa belum mampu menyelesaikan soal problem solving yang mengapresiasi hubungan matematika dengan kehidupannya Guru sebagai aktor utama dalam pembelajaran tentu memahami hal tersebut. Dengan demikian guru mempunyai modal yang kuat dalam menulis sesuai dengan kebutuha siswa sehingga tulisan yang dihasilkan mampu menjadi sarana pendukung tercapainya kemampuan optimal siswa.

    ReplyDelete
  7. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Pada proses pembelajaran, buku merupakan kebutuhan utama setelah guru. Sejatinya buku yang lebih tepat untuk siswanya adalah buku karya gurunya sendiri, karena yang lebih mengetahui kebutuhan dan karakter siswa-siswanya adalah guru yang mengajarkannya. Tetapi bukan berarti tidak menggunakan buku-buku yang lainnya sama sekali, tetap memerlukan acuan-acuan dari buku lainnya juga. Khususnya pembuatan buku teks matematika untuk jenjang SMK. Dari seminar yang disampaikan oleh Pak Marsigit di atas, para guru mengaku mengalami berbagai macam kendala dalam pembuatan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah untuk SMK. Salah satu kendalanya yaitu kurangnya keterampilan dan pengetahuan para guru dalam menyusun buku.
    Sebenarnya mudah saja bagi para guru menyusun buku teks matematika khususnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, bisa bekerjasama antara guru yang satu dengan yang lainnya supaya saling melengkapi, mulai dari pembuatan desain, penyusunan materi, hingga tahap akhir. Wajar saja jika awal mula pembuatan mengalami beberapa ketidak sempurnaan, dilain waktu dan kesempatan bisa disempurnakan kembali.

    ReplyDelete
  8. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Pengembangan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah untuk sekolah menengah kejuruan sangat diperlukan untuk guru. Tidak hanya untuk sekolah tingkat SMK, namun sekolah dasar dan sekolah menengah pun juga diperlukan. Namun dalam makalah yang Bapak sajikan di atas lebih terkhusus pada sekolah menengah kejuruan. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang siswa SMK nantinya akan langsung terjun ke lapangan, dan oleh karena itu sebaiknya penyampaian materi sebaiknya langsung diberikan berdasarkan masalah nyata yang sedang dan akan mereka temui agar belajar lebih bermakna. Namun untuk membuat buku teks yang sesuai dengan pembelajaran berdasarkan masalah itu sendiri, guru pasti menghadapi tantangan besar untuk itu. Bukan karena tidak mampu, namun karena kendala alokasi waktu maupun padatnya materi yang disampaikan kepada siswa menjadikan pengembangan buku terkadang bisa jadi tidak terwujud.

    ReplyDelete
  9. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Dari link tersebut menceritakan pentingnya buku teks untuk pembelajaran matematika. Saya sangat setuju bahwa untuk pembelajaran matematika memanglah sangat diperlukan bantuan buku teks, agar siswa mudah memahami pembelajaran matematika khususnya. Pengembangan buku teks yang dilakukan yaitu pengembangan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah untuk SMK. Ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon seorang guru nantinya (Insya Allah), untuk menjadi motivasi saya membuat inovasi yang lain, dan dengan buku teks dapat mengandung pemecahan masalah seperti yang dicontohkan. Jika guru kreatif dalam membuat buku teks, mempunyai modal yang kuat dalam menulis sesuai dengan kebutuhan siswa, maka buku tersebut akan menjadi sarana pendukung tercapainya kemampuan optimal siswa.

    ReplyDelete
  10. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Setelah membaca makalah yang ada di link tersebut, buku pegangan memang menjadi salah satu alternatif sumber belajar oleh siswa. Namun sebaiknya soerang guru juga menyeleksi buku pegangan seperti apa yang sebaiknya dibaca oleh siswa agar lebih mebantu pemahaman dalam belajar. Karena metode penulisaan setiap buku akan berbeda. sehingga tugas gurulah yang memilah dan memilih agar membantu siswa belajar secara optimal.

    ReplyDelete
  11. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas makalah yang diberikan. Makalah yang diberikan oleh Beliau yaitu berupa artikel jurnal yang di presentasikan dalam seminar internasional pendidikan matematika. Berisi tentang simulasi yang dilakukan oleh guru dalam pembuatan buku yang berorientasi pada penyelesaian masalah di jenjang pendidikan SMK di Indonesia. Dari artikel jurnal tersebut berangkat dari guru yang masih sulit mengambangkan buku atau handout yang menggunakan pemecahan masalah. Sehingga hasil dari penelitian ini yaitu meningkatkan kompetensi guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan membuat buku matematika berbasis pemecahan masalah. Dari makalah tersebut yang menarik menurut saya yaitu berkaitan dengan cara penyelesaian masalah meliputi trial dan error atau mencoba dan mencoba, dengan cara membuat diagram, dengan cara mencoba dengan masalah yang sederhana, membuat tabel, menentukan pola, mencari tujuan, mencari peluang, berpikir dengan logika, dan seterusnya kriteria ini adalah kriteria oleh Polya. Sehingga secara tidak langsung hikmahnya yaitu bagaimana kita menjadi seorang guru haruslah senantiasa memfasilitasi siswa dengan buku yang memadai yang meningkatkan potensi siswa. Serta menjadi guru yang meningkatkan aspek profesionalitasnya. Semoga kita bisa menjadi guru dengan sepenuh hati, aamiin.

    ReplyDelete
  12. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih Prof untuk ilmu yang sangat bermanfaat ini. Sebuah penelitian yang sangat aplikatif. Hasil penelitiannya dapat menjadi pertimbangan bagi pihak-pihak yang bergerak dalam bidang pendidikan. Ide penelitian yang sangat kreatif. Penelitian yang tidak hanya berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan saja namun juga mengupayakan peningkatan kompetensi bagi para pendidik. Saya juga termotivasi untuk membuat karya yang tidak hanya sekedar karya. Saya doakan karya Bapak dapat terus mengalir untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Elegi di atas menjelaskan banyak sekali pendekatan yang bisa dijadikan solusi dalam pembelajaran matematika. Salah satunya pendekatan pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan aktivitas siswa untuk berpikir kirtif dan solutif. pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan yang menggunakan projek dalam pembelajarannya, sehingga siswa dilatih untuk memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan dibiasakannya dalampembelejaran menggunakan pemecahan masalaha sehingga siswa akan jauh lebih mudah dalam memecahkan masalah dalam kehidupan seharihari dan juga dapat berinovasi untuk menerapkan dalam kehidupan nyata dmasyarakat nanti. Disebutkan pula bahwa text book juga sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran karena text book adalah salah satu sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

    ReplyDelete
  14. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Siswa SD, SMP, dan SMA memiliki karakternya masing-masing. Sehingga buku pelajaran yang diibaca harus sesuai dengan tingkatannya. Saat seseorang ingin mengembangkan suatu buku matematika SMP maka hendaknya memperhatikan bahasa yang digunakan seperti bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya kosakata anak SMP, selanjutnya bahasa yang digunakan juga sebaiknya komunikatif dan diberikan inspiratif dari kegunaannya dalam keidupan sehari-hari agar siswa yang membaca buku tersebut dapat termotivasi, senang dan paham dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete