Oct 11, 2011

Elegi Mengintip Seminar International Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb

Untuk semua Mahasiswa saya S1 dan S2 baik yang sedang mempelajari Filsafat Ilmu, Psikologi Belajar Matematika, Bahasa Inggris untuk Pendidikan Matematika serta Bahasa Inggris untuk Matematika, saya persilahkan untuk mempelajari aspek pelaksanaan Seminar dan Konferensi tentang Pendidikan Matematika, yang akan diselenggarakan di Thailand, 1-6 Nopember 2011, dengan akses ke:

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th

Untuk Posting ini, buatlah Comment, bisa tentang konferensi atau tentang Makalah yang saya presentasikan. Hanya makalah perlu di download dulu.

Untuk download makalah, maka menuju ke halaman 2 dengan klik NEXT dibagian bawah halaman pertama. Kemudian dibagian bawah halaman 2, klik Document DOWNLOAD.

Demikian semoga setiap hal mampu menyerdaskan hati dan pikiran kita. Amin

NB:
Berikut saya nukilkan saran dari

'Afifatul Muslikhah 11709251005 P Mat B

Sekedar ingin memudahkan akses makalah Pak, agar teman2 tidak mengalami kesulitasn seperti yang saya alami, yaitu kesulitan mencari makalah Bapak. Oleh karena itu saya ingin share link makalah Bapak, coba

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec/Marsigit.pdf

Saya tambahkan jika ingin melihat makalah yang lain berarti bisa akses ke:


http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec


Terimakasih mbak Afifatul Salikhah






Marsigit

16 comments:

  1. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Saya tertarik pada makalah Bapak dalam seminar internasional pendidikan matematika ini. Makalah Bapak membahas tentang persepsi guru terhadap buku teks pemecahan masalah yang disarankan. Salah satu kemampuan matematis siswa yang dituntut pada abad 21 ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa sudah barang tentu membutuhkan sumber belajar untuk mendukung mereka memiliki kemmapuan problem solving ini. Sumber belajar yang krusial tentu buku atau modul yang tepat mengasah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Buku akan maksimal digunakan oleh siswa apabila sesuai dengan karakteristik siswa. Orang yang paling tahu karakteristik siswa adalah guru, oleh sebab itu sangat dibutuhkan keahlian guru untuk mengetahui karakteristik siswanya dan kemampuan untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswanya. Sehingga, tujuan kemampuan pemecahan masalah matematis akan dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  2. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam proses belajar mengajar di sekolah sangat mendukung jika siswa memiliki panduan atau buku pedoman untuk mereka baca atau pelajari sehingga siswa akan terbantu dalam belajar sendiri atau sesama temannya dan juga sangat membantu guru karena dengan adanya buku maka akan membantu mengefisienkan waktu dalam proses pembelajaran. Hal yang sangat meanarik ketika siswa memiliki buku teks yaitu siswa mampu memecahkan suatu permasalahan atau kemampuan pemecahan masalah siswa akan baik karena adanya pedoman dan panduan yang bisa dikolaborasikan dengan pengetahuan siswa itu sendiri. Namun pada kenyataannya bahwa beberapa sekolah belum memberikan fasilitas tersebut pada siswa karena guru belum mampu dan mungkin juga malas untuk membuat buku teks untuk siswa dalam proses belajar.

    ReplyDelete
  3. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Saya mendownload makalah Bapak yang berjudul ‘Teachers’ Simulation on Developing Problem Solving-Based Mathematics Textbook in Vocational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia’. Dari makalah tersebut saya membaca pentingnya guru mengembangkan buku pelajaran untuk siswanya. Telebih untuk siswa SMK yang tentu bukunya berbeda dengan siswa SMA pada umumnya. Guru perlu mengembangkan buku yang sesuai dengan jurusan yang diambil siswa SMK agar buku tersebut bersifat aplikatif, sehingga akan membantu siswa dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  4. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Siswa-siswa usia SD dan SMP belum memiliki kemampuan berfikir abstrak. Ia hanya terbatas pada kemampuan berfikir konkret. Oleh karena kemampuan berfikir abstraknya masih belum muncul, siswa kesulitan dalam melakukan abstraksi-abstraksi dalam pikirannya. Sehingga ia membutuhkan visualisasi konkrit untuk mendorong kesuksesan pembelajaran di kelasnya. Buku pedoman pelajaran adalah salah satu bentuk alat yang memfasilitasi siswa dalam menanggulangi kemampuan abstraknya yang masih kurang.

    ReplyDelete
  5. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Memilih buku teks yang akan ditetapkan penggunaannya pada suatu satuan pendidikan diperlukan prosedur pemilihan. Salah satu prosedur yang dapat dipilih adalah melalui pertimbangan yang dilakukan oleh para pendidik. Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan adalah kesesuaian materi, penyajian materi, penggunaan bahasa dan keterbacaannya, kualitas latihan dan soal yang disajikan, serta aksesibilitas terhadap buku teks.

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Kesesuaian meteri dalam buku teks adalah materi yang dikembangkan memiliki kekuatan bagi proses pembelajaran. Materi-materi yang ada dalam buku teks haruslah sejalan dengan konsep ilmu pendidikan. Ketidaksejalanan materi yang ada dalam buku teks dengan konsep ilmu pendiidkan juga akan berpengaruh pada tujuan pembelajaran serta visi dan misi sekolah.

    ReplyDelete
  7. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dari elegi ini, hal yang kita dapat uaitu bahwa dalam pembelajaran matematika disekolah, buku teks menjadi alat saakti dalam pembelajaran dikelas. Artinya buku teks sebagai perwujudna kurikulum, sehingga kompetensi materi tergambar dengan jelas. Namun guru harus pandai menyeleksi dan mengembangkan buku teks sehingga dapat memfasilitasi aktivitas belajar siswa.

    ReplyDelete
  8. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Buu teks matematika sebagai media aktivitas belajar matematika tidak selama dapat memfasilitasi belajar siswa, karena bnyak buk teks yang disusun oleh penerbit, yang bhkan orang dibelakangnya tidak paham esensi matematika, hanya mementingkan sisi ekonomi. Hal ini menjadi catatan tersendiri dari penggunaan buku teks penerbit, untuk itu guru perlu mengembangkan sendiri buku teks sesuai kebutuhan, konteks, kompetensi siswa

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Elegi di atas menjelaskan banyak sekali pendekatan yang bisa dijadikan solusi dalam pembelajaran matematika. Salah satunya pendekatan pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan aktivitas siswa untuk berpikir kirtif dan solutif. Pembelajaran pemecahan masalah yang sekarng banyak disyaratkan dalam peningkatan kepahaman materi oleh siswa. pembelajaran yang berbasis mprojek untuk menyelesaikan masalah dengan kreatif dan inovatif merupakan tujuan pendidikan yang harus dicapai. pemecahan masalah meruapakan salah satu metode pembelajaran yang ada untuk meningkatkan berfikir siswa untuk menyelesaikan aslaha yang ada dalam masyarakat. dalam pembelajaran ini juga membutuhkan text book, karena text book adalah salah satu sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. text book atau LKS digunkan sebagai peprangkat pembelajaran yang menunjang suatu metode dilakukan dengan arahan atau rancangan yang sudah dibuat oleh guru.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya sangat bersyukur karena ketika S1 mengikuti organisasi yang bergerak dalam penelitian. Dari sana saya berlatih untuk berkarya sebagai researcher. Beberapa seminar nasional dan internasional pernah saya ikuti. Berawal dari ajakan kakak tingkat kemudian mengembangkan sendiri hingga saat ini kita sebagai calon pendidik juga dilatih untuk menjadi peneliti yang nantinya hasil research kita mampu diseminarkan dalam artian ilmu yang kita dapatkan kita bagi. Saya pernah mengikuti seminar internasional di UPSI, disana saya mengangkat media pembelajaran matematika menggunakan wayang. Semoga kita selalu dapat berkarya untuk menghasilkan solusi-solusi dalamn pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebagai salah satu sarana belajar yang dapat digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi, buku ajar sangat menunjang program pengajaran. Buku ajar disusun sesuai kebutuhan belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Penulisan buku ajar harus mengacu pada kurikulum.

    ReplyDelete
  12. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada tulisan bapak diatas, saya dapat menarik beberapa kesimpulan. Bahwa kondisi sekolah di berbagai daerah di Indonesia berbeda-beda, kemudian permasalahan di kehidupan sehari-hari siswa juga berbeda-beda. Seahingga untuk buku ajar seyogyanya disesuaikan dengan daerah masing-masing, tidak hanya buku ajar yang seragam di seluruh indonesia. Namun untuk penyusunan buku pelajaran di daerah bahkan di sekolah guru masih banyak yang mengalami kesulitan. Dari pemerintah bisa mengalokasikan dana untuk penulisan buku ajar bagi guru, kemudian bisa di bantu p4tk matematika juga.

    ReplyDelete
  13. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Salah satu sumber belajar siswa di lingkungan pendidikan adalah buku teks atau buku bacaan yang difasilitasi oleh pemerintah. Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan acuan agar masing-masing daerah memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar pendidikan yang ada. Jika buku teks yang diberikan pemerintah memberikan gambaran yang jelas akan kompetensi minimal yang harus dikuasai oleh siswa, maka hal ini akan mempermudah pendidik memfasilitasi apa yang dibutuhkan siswa sesuai dengan acuan yang ada.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  14. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Kemampuan pemecahan masalah adalah tujuan dari pembelajaran matematika. Akan tetapi dalam prakteknya siswa masih kesulitan memecahakan masalah atau dengan kata lain kemampuan pemecahan masalah nya masih rendah. Hal ini disebabkan masalah yang ada di buku teks masih berupa masalah rutin, sehingga tidak mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu salah satu cara yang dapat dilakukan adalah kita mencoba untuk mengembangkan buku teks yang menyajikan masalah yang mampu meningkatakan kemampuan tersebut.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  15. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Salah satu pemecahan masalah di dunia pendidikan ialah melalui penelitian, khususnya penelitian kelas. Hal ini dikarenakan masalah yang terjadi dalam kelas dapat diidentifikasi dan dcarikan solusinya. Setelah itu hasil penelitian tersebut dapat dipublikasi melalui jurnal ataupun seminar nasional/internasional.

    ReplyDelete
  16. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Pak Prof. Marsigit atas wawasan baru yang telah diberikan melalui makalah yang telah di share pada postingan ini. Paradigma pendidikan saat ini adalah riset, semua ilmu terangkum dan dapat diperoleh melalui riset. Semua orang adalah seorang researcher. Mahasiswa, dosen, rector, bahkan guru pun merupakan seorang researcher. Semua permasalahan, perkembangan ilmu pengetahuan dapat diketahui melalui riset. Sehingga buku teks pun dapat dibuat melalui dengan riset, seperti yang ada di makalah pada postingan ini.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete