Oct 14, 2011

Elegi Menangkap Anomali




Oleh Marsigit

Dilema:

Pilih mana ya? Diriku atau mereka? Tenaga atau pikiranku? Perasaanku atau faktanya? Hak atau kewajibanku? Terlambat atau hasil yang baik? Tepat waktu tetapi hasil kurang baik? Diam atau bermasalah? Bicara atau juga bermasalah? Tua atau mengaku muda? Muda atau mengaku tua? Punya atau mengaku tidak punya? Tidak punya atau mengaku punya? Berbohong sedikit tetapi selamat? Jujur tetapi beresiko? Benar tetapi kurang baik atau baik tetapi kurang benar? Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Ambivalen:
Ingin mendengar malah terpaksa harus melihat. Ingin melihat malah terpaksa harus mendengar. Ingin menulis malah terpaksa harus membaca. Ingin membaca malah terpaksa harus berbicara. Ingin berbicara malah terpaksa harus mendengar. Ingin memprotes malah diprotes. Ingin mendidik malah dikritik. Ingin membangun malah dikatakan merusak. Ingin menyudahi malah terpaksa harus memulai. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Kontradiksi:
Ingin mempunyai dan tidak mempunyai. Ingin melangkah dan tidak melangkah. Ingin diam dan tidak diam. Ingin bicara dan tidak bicara. Ingin menulis dan tidak menulis. Ingin tidur dan tidak tidur. Ingin protes dan tidak protes. Ingin cepat dan tidak cepat. Ingin ngono dan tidak ngono. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Munafik:
Ingin jujur tetapi terpaksa harus memfitnah. Ingin konsisten tetapi terpaksa harus melanggar. Ingin ikhlas tetapi terpaksa harus mengumpat. Ingin terhormat tetapi terpaksa harus nista. Ingin mengajak kebaikan kepada orang lain tetapi terpaksa dengan cara yang kurang baik. Ingin memberi tetapi terpaksa harus meminta. Ingin membangun tetapi terpaksa harus merusak. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Komplikasi:
Gula ini adalah obat bagi penyakitku tetapi gula ini menyebabkan diriku sakit. Aku harus bergerak agar aku sembuh dari penyakitku, tetapi gerakanku akan menyebabkan kematianku. Aku harus bicara tetapi bicaraku menyebabkan diriku harus terdiam. Lampu harus dinyalakan tetapi akan menyebabkan kematiannya. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Paralogis:
Dewa ngeja wantah. Anggota yang bukan anggota. Teman sekaligus lawan. Konsisten yang tak konsisten. Penuh yang tak penuh. Menjumlah untuk mengurangi. Mengalikan untuk membagi. Menabung untuk meminjam. Mundur untuk maju. Paradoks sebagai ilmu. Mitos sebagai logos. Logos sebagai mitos. Pintar yang bodoh. Bodoh yang pintar. Ketentuan untuk dilanggar. Larangan untuk dilaksanakan. Penampakan yang bukan penampakan. Atas yang bawah. Bawah yang atas. Depan yang belakang. Belakang yang depan. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Antinomi:
Awal ini sekaligus akhir. Awal ini ada dan tidak ada. Awal yang bukan awal. Waktu itu diskret dan kontinu. Akhir ini ada dan tidak ada. Akhir yang bukan akhir. Pikiranku rasional dan empiris. Penampakan yang tidak tampak. Diriku yang bukan diriku. Ruang tiada ruang. Waktu tiada waktu. Kosong tiada kosong. Ada tiada ada. Dalam yang dangkal. Dangkal yang dalam. Luas yang sempit. Sempit yang luas. Sebentar yang lama. Lama yang sebentar. Lazim yang aneh. Aneh yang lazim. Besar yang salah. salah yang benar. Baik yang buruk. Buruk yang baik. Mengerti yang tak mengerti. Tak mengerti yang mengerti. Pasti yang relatif. Relatif yang pasti. Besar yang kecil. Kecil yang besar. Kuat yang lemah. Lemah yang kuat. Terang yang gelap. Gelap yang terang. Basah yang kering. Kering yang basah. Satu yang banyak. Banyak yang satu. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

Anomali:
Memberantas korupsi dengan korupsi. Membangun dengan merusak. Bersedekah untuk memperoleh keuntungan. Kestabilan yang goyang. Masyarakat yang sehat tetapi sakit. Inflasi yang berdeflasi. Harga murah tetapi mahal. Anti nepotisme dengan nepotisme. Anti kolusi dengan kolusi. Reformasi dengan anti reformasi. Inovasi dengan status quo. Desentralisasi yang tersentralisasi. Halal yang haram. Asli yang palsu. Terdakwa yang mendakwa. Hakim yang disidang. Guru yang cabul. Mahasiswa yang tawuran. Penegak hukum si pelanggar hukum. Kejujuran yang bohong. Kebaikan yang buruk. Kaya yang miskin. Senyuman sang penangis. Kokoh yang rapuh. Kompak yang berantakan. Penjaga yang merampok. Pembersih yang mengotori. Petunjuk yang mengacaukan. Pahlawan yang kesiangan. Wah hidup kelihatannya bertambah rumit.

28 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Anomali artinya ketidaksesuaian atau penyimpangan. Anomali banyak terjadi baik dalam ruang lingkup science, sosial dan lain-lain. Dalam sains contohnya adalah anomali air, dalam sosial contohnya anomali sifat dan sebagainya. Anomali bisa muncul di pikiran dan diluar pikiran. Anomali juga terikat ruang dan waktu. Oleh karena itu, jika sudah meninggal tidak ada anomali lagi. Semua sudah takdir, tinggal berjalan, beraturan.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Anomali juga dapat diartikan dengan kontradiski. Sifat A berlawanan dengan sifat B, namun terjadi. Tesis + anti tesis adalah biasa. Setuju dan tidak setuju juga bisa. Namun yang dimaksud biasa disini adalah jika berada pada individu yang saling berbeda. Jika anomali muncul dalam satu individu saja namanya tidak konsisten, plin-plan, munafik, tidak serius, mengalami gangguan.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Anomali adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya. Dari pengertian itu maka hidup itu harus senantiasa hati-hati. Karena sebenar-benar hidup adalah kontradiksi. Ketika kontradiksi itu akan membawa kepada hal yang negatif makan akan menjadi anomali. Maka dari itu memang benar bahwa dalam hidup gunakan pikiran dan hati yang jernih agar tidak terjebak pada anomali. Berikhtiar dan berdoa adalah cara yang tepat untuk menangkap anomali.

    ReplyDelete
  4. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dalam lingkungan hidup, kita tidak bisa terlepas dari fenomena anomali. Jangankan dilingkungan sekitar didalam diri kita sendiri pun berpotensi besar terjadi anomali. Munculnya dilema dalam hati, dilema dalam pikir itu anomali. Ambivalensi dalam bertindak itu juga anomali, Kontradiksi didalam diri itu juga anomali, begitupun dengan komplikasi, munafik, paralogis, dan antinomi. Maka sebenar benar Anomali ialah dilemma, ambivalensi, kontradiksi, munafik, komplikasi, paralogis, dan antinomi. Sebenar-benar anomali ialah segala yang membawa kebingungan, keraguan ataupun kerumitan dan sebenar-benar kebingungan adalah ranahnya syaitan. Jadi anomali berpotensi menjadi ranah syaitan.

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Anomali berarti sesuatu yang menyimpang atau penyimpangan. Penyimpangan bisa mencakup segala hal, dan dalam kehidupan manusia kita tidak pernah bisa jauh dari anomali, dari adanya penyimpangan maka dari itu sebenar-benarnya hidup itu adalah masalah. Oleh karenanya kita dituntut untuk selalu ingat dan berikhtiar kepada Allah.

    ReplyDelete
  6. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hidup adalah pilihan. Selagi kita masih hidup tentu akan senantiasa dihadapkan pada pilihan. Terkadang manusia tidak dapat memilih, dan justru melakukan kedua hal yang sifatnya bertentangan. Karena pada dasarnya Tuhan telah menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan. Ada yang baik ada yang buruk. Dan secara tidak sadar, terkadang manusia mengalami anomaly. Melakukan tindakan yang buruk dengan mengharapkan hasil yang baik, ataupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  7. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Kontradiksi selalu kita jumpai dalam kehidupan. Munculnya dilema, ambivalen, munafik, komplikasi, paralogis, antinomi, dan anomali selalu muncul dalam kehidupan kita yang penuh dengan banyak pilihan. Semakin tinggi dan banyak ilmu yang kita peroleh, menyebabkan banyaknya pilihan. Semakin rumit tuntutan-tuntutan yang akan kita temui pula, maka hati perlu dijaga dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai semakin banyak dan tinggi ilmu yang kita miliki menyebabkan kita tidak jujur dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete
  8. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kehidupan manusia memang tidak terlepas dari adanya kontradiksi, dilema, ambivalen, munafik, komplikasi, paralogis, antinomi dan anomali. Semakin banyak pilihan yang ada di dalam hidup kita maka akan semakin sulit untuk menentukan memilih pilihan yang mana. Sebenarnya wajar apabila seseorang bisa berubah pikiran, sikap, dan cara pandang terhadap sesuatu, dimana hal itu terjadi karena alasan-alasan tertentu pula. Akan tetapi haruslah alasan-alasan yang melatarbelakangi perubahan itu ialah alasan-alasan yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  9. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anomali merupakan penyimpangan atau keanehan yang muncul karena berbagai faktor. Di dalam hidup ini, berbagai permasalahan muncul dan harus segera diatasi. Namun, berbagai anomali justru terjadi dalam kehidupan ini, permasalahan-permalahan yang muncul tersebut justru diselesaikan dengan cara-cara yang tidak benar, bahkan bukanya memberi solusi justru menimbulkan permasalahan baru. Keadaan tersebut membawa kita pada dilema, mana jalan yang akan kita pilih. Sebagai manusia yang berilmu dan beriman mestinya kita senantiasa melakukan hal-hal yang sesuai dengan ketentuan Allah. Semoga Allah SWT selalu membimbing kita pada jalan yang benar.

    ReplyDelete
  10. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Yang saya pahami dari elegi ini bahwa anomali merupakan penyimpangan antara tujuan yang ingin dicapai dengan cara mencapainya, misalnya ingin memberantas korupsi tapi dirinya justru melakukan korupsi juga. Anomali hampir mirip dengan kontradiksi. Walaupun mirip tetapi berbeda. Anomali terjadi ketika cara mencapai tujuan dipilih jalan yang tidak sesuai atau tidak tepat padahal disisi lain terdapat jalan lain yang dapat dipilih. Sedangkan kontradiksi sudah ada dari awal atau sudah berdampingan secara langsung.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Manusia hidup dalam anomali, karena anomali ini merupakan kodrat manusia itu sendiri yakni manusia yang tidak akan pernah lepas dari kontradiksi. Oleh sebab itu, anomali merupakan kontradiksi dari manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Anomali adalah suatu penyimpangan yang juga dapat diartikan sesuatu yang tidak seperti biasa. Ketidakbiasaan ini menimbulkan kontradiksi, dimana ketika kekontradiksian timbul ataupun muncul maka dampak yang ditimbulkan adalah ketidakkonsistenan. Salah satu cara agar terhindar atau luput dari anomali adalah dengan selalu mendekatkan dengan Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  13. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anomali merupakan sesuatu yang menyimpang dari sebenarnya. Banya sekali dalam kehidupan atau sekitar kita anomali kehidupan seperti membuat karya dari hasil plagiarisme. Berkaitan dengan masa depan yang lebih baik tentu kita mengharapkan agar kota selalu terhindar dari jenis-jenis anomali kehidupan yang bisa menyesatkan kita kepada keburukan.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Semakin tinggi ilmu yang kita miliki maka semakin besar juga kompleksitas masalah yang akan dihadapai. Namun jangan sampai ilmu yang semakin tinggi mengakibatkan kita untuk bersifat sombong dalam menjalani kehidupan. Agar terhindar dari hal tersebut, maka kita harus selalu menjaga hati yang kita miliki. Untuk dapat menjaga hati dengan baik kita harus selalu berusaha semaksimal mungkin dan berdoa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan elegi ini yang saya pahami bahwa anomali adalah keadaan yang tidak normal atau menyimpang dari keadaan normal. Pikiran anomali merupakan hasil dari pikiran yang tidak konsisten, tidak memiliki kemampuan untuk menguji pikiran sendiri. Contohnya mau membantu siswa lulus UN tapi dengan memberikan contekan, ini berarti mau membantu tapi merusak.
    Sebagai guru, kita sering terjebak dengan pikiran anomali ini sehingga kita tidak memperhitungkan dampak buruk terhadap generasi yang akan datang.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Anomali adalah suatu keganjilan, keanehan atau penyimpangan dari keadaan biasa/normal yang berbeda dari kondisi umum dalam suatu lingkungan. Ada banyak sekali anomali yang terjadi dalam kehidupan. Bahkan hati dan pikiran juga sering mengalami anomali. Jika anomali yang terjadi didalam pikiran berpotensi baik berbeda dengan anomali yang terjadi didalam hati. Mengapa anomali yang terjadi didalam pikiran berpotensi baik? Karena anomali adalah ganjil, aneh, atau menyimpang. Hal tersebut bukankan anomali termasuk sesuatu kontradiktif pula, dan sesuatu yang kontradiktif dapat merupakan ciri dari ilmu. Maka tidak menutup kemungkinan anomali yang terjadi didalam pikiran dapat menjadi jalan diperolehnya ilmu pengetahuan yang baru. Sedangkan jika anomali tersebut terjadi didalam hati, maka bahayalah yang akan menghampiri, kegundahan yang dialami hati akan memancing syitan untuk turut serta memperkeruh keadaan dan jika syaitan sudah turun serta maka kesesatan adalah mungkin terjadi. Jernihkanlah selalu hati dengan terus senantiasa menyebut nama Tuhan sepanjang waktu.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Tak jarang, hidup dihadapkan pada anomali. Anomali dapat dikatakan sebagai penyimpangan. Terlihat rumit jika anomali terjadi dalam diri seorang individu. Satu individu melakukan hal yang berbeda dalam satu waktu sekaligus. Anomali ini dapat bewujud dilemma, munafik, komplikasi, inkonsisten, kekeliruan berpikir.

    ReplyDelete
  18. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Anomali dalam hal ini artinya adalah keanehan atau penyimpangan yang biasa terjadi di muka bumi ini. Segala sesuatu yang dikatakan pemimpin seperti dapat menjadi kiblat bagi rakyat dimana setiap rakyat tunduk padanya. Tetapi jika segala sesuatu yang dilakukan koruptor itu salah menjadi sesuatu yang selalu salah di mata rakyat
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  19. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Hidup itu pilihan. Tegaslah dalam memilih. Bertanggungjawablah atas pilihanmu. Tanggung resikonya apapun pilihanmu. Dewasalah. Janganlah melakukan sesuatu karena terpaksa. Karena sesuatu yang terpaksa itu hasilnya tidak akan baik dikarenakan kita melakukannya setengah hati. Janganlah menjadi manusia yang serakah. Pilihlah yang terbaik menurutmu, dan lakukanlah. Hidup itu tidak rumit. Diri sendirilah merumitkannya. Kita ini akan seperti apa yang kita pikirkan mengenai diri kita sendiri karena sugestinya kita sendiri yang tau bagaimananya kita. Selalulah berpikir positif dalam menjalani hidup karena munculnya kerumitan hidup itu karena pikiran negatif yang berpikir bahwa hidup itu rumit. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari wikipedia dikatakan bahwa anomali adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya. Anomali juga sering disebut sebagai suatu kejadian yang tidak bisa diperkirakan sehingga sesuatu yang terjadi akan berubah-ubah dari kejadian biasanya. Dalam elegi ini dijelaskan beberapa tentang anomali yakni dilema, ambivalen, kontradiksi, kemunafika, kerumitan, paralogis. Dilema adalah sitauasi ketika seseorang menghadapi pilihan sulit antara dua hal. Kemunafikan adalah sesoerang apa yang dia katakan dan apa yang dia lakukan berbeda. Hal-hal ini menunjukan kerumitan dalam hidup. Dalam hal ini, kita harus dapat mengendalikan diri kita sendiri sehingga tetap pada keadaan yang benar.

    ReplyDelete
  21. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi dan Selamat Tahun Baru 2019 Prof.
    Anomali akrab disebut dengan penyimpangan. Penyimpangan artinya berbanding terbalik. Artinya sesuatu yang berbeda dari yang biasanya. Hal ini menghasilkan pandangan yang kontradiksi. Dapat dikatakan bahwa, anomali memiliki ruang dan waktu yang berbeda. Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Manusia berusaha memolakan segala sesuatu, namun ilmu Alloh terlalu luas sebenarnya untuk dipolakan sehingga dalam berbagai titik selalu saja ada hal yang keluar dari pola yang biasa disebut anomali. Manusia membuat rumusan bahwa semakin rendah suhu maka akan semakin dingin namun tidak berlaku untuk 4 derajat celcius, dan kasus demikian sebenarnya ada banyak di pola-pola alam lainnya. Namun yang perlu diingat belum membentuk pola adalah karena keterbatasan kita dalam mendefinisikan.

    ReplyDelete
  23. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Maematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas artikel berjudul Elegi Menangkap Anomali yang sudah Bapak share kepada kami.Berdasarkan pemahaman saya setelah membaca elegi diatas, hidup ini penuh dengan kontradiksi, hal yang bertentangan dan hal yang dianggap aneh atau tidak wajar, bagaimana anomali dapat menyandingkan kontradiksi dalam satu kesatuan melalui penjelasan yang mendukung mengenai penyandingan tersebut. Dalam menentukan elemen mana yang lebih dominan dari ke dua elemen atau kebih dalam anomali tersebut menentukan dominansi dalam kehidupan kita, aspek mana yang lebih mempengaruhi sifat dan sikap kita. Elegi Menangkap Anomali memberikan kita pemahaman bahwasannya Hidup yang selama ini kita hadapi banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, yaitu contohnya Seseorang yang seharusnya menjadi panutan bagi orang lain, tetapi dia sendiri yang terjeremus kedalam ketidak panutan tersebut, Melakukan kebaikan hanya untuk terlihat baik sehingga tidak ada unsur keikhlasan didalamnya, memberantas kejahatan dengan kejahatan sehingga menjadi persoalan yang panjang, dan lain sebagainya. Yang menjadi persoalan itu semua adalah bukan sebuah keadaan akan tetapi sifat yang ada pada diri orang tersebut. Ini dikrenakan tidak adanya pondasi spiritualitas, sehingga dengan gampangnya seseorang akan berbuat sesuatu yang menyimpang.

    ReplyDelete
  24. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi ini, saya dapat menyimpulkan bahwa sifat alami kita sebagai manusia menggap semua hal penting, setiap hal yang didapat kita tidak pernah merasa cukup. Masalah dikehidupan kita tidak akan pernah berakhir dan selalu ada-ada saja. baik itu masalah yang membuat masalah lain berakhir atau masalah yang malah memperparah masalah yang sudah ada. Hidup memang rumit dan banyak masalah. tapi bukankah hidup itu juga suatu masalah. kehidupan juga merupakan suatu masalah. jadi kalau tidak mau mendapatkan masalah ya tidak usah hidup saja. masalah yang saya maksud disini bukan hanya masalah yang membuat susah akan tetapi masalah yang membuat senang, masalah di kehidupan akan terus ada. dan tugas kita adalah mengatasinya. jika kita berhasil mengatsinya, maka hidup akan terasa lebih hidup.

    ReplyDelete
  25. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti yang kita ketahui bahwasannya manusia dihadapkan pada keadaan dilema, ambivalen, kontradiksi, munafik, komplikasi, paralogis, antinomy dan anomali. Akan tetapi, yang menjadi penentu kualitas seseorang adalah bagaimana dia dapat menyikapi keadaaan tersebut secara bijak, benar, dan tidak melanggar adab serta spiritual. Tuhan senantiasa memberikan pilihan kepada manusia dan memberikan kebebasan pula untuk manusia memilihnya. Pilihan itu seyogyanya tidak hanya didasarkan pada emosi semata, tetapi lebih kepada pilihan untuk meningkatkan dimensi diri dan orang lain, pengetahuan, serta pilihan yang bijak terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  26. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Anomali adalah keanehan yang tidak seperti biasanya terjadi. Bahkan di dalam dunia pendidikan sendiri, terdapat anomali yang terjadi. Misalnya siswa yang terus diperintahkan untuk belajar, sementara guru tidak pernah belajar. Siswa diminta tidak bermain handphone di kelas, tapi guru sibuk dengan handphonenya. Beberapa contoh anomali sering terjadi dan justru merusak pikiran manusia.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Anomali adalah kejadian yang seharusnya tidak terjadi. Menjadi anomali ditengah keteraturan yang baik adalah penyakit yang merugikan orang banyak, sedang menjadi anomali ditengah ketidaksesuaian adalah hal yang mungkin patut diperjuangkan.

    ReplyDelete
  28. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Anomali lebih luas melliputi penyimpangan dari norma yang seharusnya, sesuai aturan ketentuan, hukum mamupun toleransi dan kaitannya dengan kedudukan peran seseorang dalam suatu lingkungan. Dengan demikian anomali secara norma dapat dipakai untuk menunjukan perilaku pejabat pemerintahan, pendidik ataupun peran laiinnya yang menyimpang dari fungsi-fungsinya sebagaimana tertuang dalam ketentuan toleransi sosial, aturan. Misalnya oknum pemeritahan yang harusnya memberantas korupsi tapi mala korupsi.

    ReplyDelete