Jul 15, 2012

Elegi Menggapai Awal dan Akhir




Oleh: Marsigit
(Sumber: Ross, K.L., 2001)

Filsafat adalah olah pikir, maka peganglah itu. Jika olah pikir kita dalam hal tertentu bertentangan dengan hati kita, maka mohon ampunlah segera.

Membuktikan bahwa dunia itu mempunyai permulaan:
Berikut akan saya nukilkan bagaimana seorang Immanuel Kant berusaha membuktikan bahwa dunia itu mempunyai permulaan:



Thesis: The world has a beginning in time, and is also limited as regards space.

Proof by Immanuel Kant:
If we assume that the world has no beginning in time, then up to every given moment an eternity has elapsed, and there has passed away in that world an infinite series of successive states of things. Now the infinity of a series consists in the fact that it can never be completed through successive synthesis. It thus follows that it is impossible for an infinite world-series to have passed away, and that a beginning of the world is therefore a necessary condition of the world's existence. This was the first point that called for proof. As regards the second point, let us again assume the opposite, namely, that the world is an infinite given whole of co-existing things. Now the magnitude of a quantum which is not given in intuition [i.e. perception] as within certain limits, can be thought only through the synthesis of its parts, and the totality of such a quantum only through a synthesis that is brought to completion through repeated addition of unit to unit. In order, therefore, to think, as a whole, the world which fills all spaces, the successive synthesis of the parts of an infinite world must be viewed as completed, that is, an infinite time must be viewed as having elapsed in the enumeration of all co-existing things. This, however, is impossible. An infinite aggregate of actual things cannot therefore be viewed as a given whole, nor consequently as simultaneously given. The world is, therefore, as regards extension in space, not infinite, but is enclosed within limits. This was the second point in dispute.

Membuktikan bahwa dunia itu tidak mempunyai permulaan:

Berikut akan saya nukilkan bagaimana seorang Immanuel Kant berusaha membuktikan bahwa dunia itu tidak mempunyai permulaan:

Antithesis: The world has no beginning, and no limits in space; it is infinite as regards both time and space.

Proof by Immanuel Kant:
For let us assume that it has a beginning. Since the beginning is an existence which is preceded by a time in which the thing is not, there must have been a preceding time in which the world was not, i.e. an empty time. Now no coming to be of a thing is possible in an empty time, because no part of such a time possesses, as compared with any other, a distinguishing condition of existence rather than of non-existence; and this applies whether the thing is supposed to arise of itself or through some other cause. In the world many series of things can, indeed, begin; but the world itself cannot have a beginning, and is therefore infinite in respect of past time. As regards the second point, let us start by assuming the opposite, namely, that the world in space is finite and limited, and consequently exists in an empty space which is unlimited. Things will therefore not only be related in space but also related to space. Now since the world is an absolute whole beyond which there is no object of intuition, and therefore no correlate with which the world stands in relation, the relation of the world to empty space would be a relation of it to no object. But such a relation, and consequently the limitation of the world by empty space, is nothing. The world cannot, therefore, be limited in space; that is, it is infinite in respect of extension.

19 comments:

  1. Dalam Al Quran, terdapat beberapa ayat yang menjelaskan tentang permulaan dunia.
    Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap,... (Al Fushshiilat, 41: 11)
    Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. (Al Anbiya, 21:30)
    Maka benar bahwa dunia memiliki suatu permulaan. Sebagai seorang muslim, kita harus meyakini firman Allah SWT yang ada pada Al Quran. Maka dalam memandang pendapat-pendapat lain tentang permulaan dunia, kita harus berpikir kritis dan mempelajarinya secara menyeluruh. Tetapi jika kita merasa apa yang ada dalam pikiran kita bertentangan dengan keyakinan kita, apa yang ada dalam hati kita maka kita harus segera memohon ampun kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Secara umumnya kita dapat melihat sesuatu dari dua sisi, begitu pula apa yang ditemukan Immanuel Kant tentang dunia yang memiliki permulaan dan tidak memiliki permulaan. Sejatinya tidak ada yang dapat mengetahui tentang awalan dan akhiran sesuatu yang ada dan yang mungkin ada selain Tuhan yang maha mengetahui. Namun yang harus kita pahami bahwa saat kita mengawali sesuatu berarti kita mengakhiri sesuatu yang lain dan begitu pula sebaliknya.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kedua konsep dunia menurut Immanuel Kant berdasarkan pada dua hal yaitu ruang dan waktu. Dunia mempunyai permulaan ketika kita membicarakan tentang waktu. Tetapi dunia tidak mempunyai permulaan ketika kita membicarakan tentang ruang. Begitu pula segala aktifitas yang dilakukan manusia pasti selalu tergantung pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Ada bias antara definisi awal dan akhir. Terkadang apa yang dianggap akhir merupakan awal. Dan awal bisa menjadi akhir, jika percaya. Yang pasti, hidup untuk hari ini merupakan penggambaran sempurna bagi kita yang tidak tahu rahasia awal dan akhir yang ditulis Tuhan dalam buku skenarioNya.

    ReplyDelete
  5. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Secara spiritual adanya awal dan akhir, semuanya adalah ketetapan Allah SWT, karena awal dan akhir adalah milik-Nya. Secara filsafat awal ada karena adanya sesuatu yang diakhiri, sedangkan untuk mengawali seuatu maka perlu akhir dari yang lain. Dengan demikian awal dan akhir terkait dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  6. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Awal dan akhir adalah kalimat yang saling berlawanan. Teori yang ditemukan oleh Kant’s adalah sesuatu hal itu pasti mempunyai awlan dan akhiran. Secara umumnya, manusia pasti memiliki pandangan terhadap sua sisi, yaitu dari sisi awal dan sisi akhir, tetapi dalam penglihatan manusia selalu saja melihat hanya dari satu sisi saja. Karena sifat manusia terbatas, hanya Tuhan yang Maha mengetahui awalan dan akhiran dari yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  7. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Immanuel Kant, sebagai seorang filsuf tentu memandang dan memberikan argumen tentang sesuatu dengan cara memberikan thesis dan antithesisnya seperti pada elegi di atas. Akan tetapi, jika saya berpendapat tentang awal dan akhir dunia ini, maka saya katakan bahwa dunia ini ada awal dan akhir serta terikat oleh waktu. Awal dunia ini adalah awal terbentuknya komponen penyusun bumi yang kemudian membentuk ekosistem karena dihuni oleh mahluk hidup. Bukankah mahluk hidup dahulu dimulai dari mahluk hidup pertama dari setiap masing-masing spesies yang ada. Perlahan demi perlahan berkembang, namun telah menjadi ketetapan bahwa perkembangan tersebut mau tidak mau merusak keseimbangan bumi ini. Tidak lain tidak bukan hal ini disebabkan oleh kerakusan hawa nafsu penghuninya, terutama manusia. Beriring dengan bertambahnya waktu, bumi akan sirna karen keseimbangan bumi yang ada mencapai kebalikannya, sehingga keberadaan bumi akan mengganggu sistem yang telah tercipta dalam tata surya dan tiada lain tiada bukan kehancuran dunia akan terjadi. Menurut agama islam, hal ini dinamakan dengan kiamat.

    ReplyDelete
  8. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kehidupan kita di dunia ini selalu berhubungan dengan yang namanya awal dan akhir. Tidak akan ada akhir bila tidak ada awal, begitupun sebaliknya. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Awal dan akhir kehidupan semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini. Kehidupan manusia di dunia berawal ketika ia dilahirkan oleh ibunya dan akan berakhir ketika ia mati. Namun, sejatinya sebelum manusia itu lahir, ia telah berada di suatu alam yang disebut alam kandungan. Kelahirannya itu merupakan suatu akhir dari alam kandungan. Begitu pula dengan kematian. Kita menganggap bahwa akhir kehidupan manusia adalah kematian, namun sebenarnya kematian adalah awal dari kehidupan manusia di alam kubur.

    ReplyDelete
  9. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Dunia adalah perjalanan dari awal menuju akhir. Tidak bisa disebut awal jika tanpa akhir. Pun tidak bisa dikatakan akhir jika tidak berawal. Maka awal dan akhir adalah satu kesatuan. Tak jarang bahkan akhir adalah awal bagi yang lain. Misalnya lahir adalah awal dari dunia, tapi ia adalah akhir dari masa kandungan. Kematian adalah akhir dari masa dunia, tapi dia adalah awal dari masa alam barzah. Kiamat adalah akhir dari masa dunia, tapi ia awal bagi akherat. Begitulah awal dan akhir. Mengenai kapan waktunya, hal itu adalah ketetapan Allah yang kita tidak bisa mengetahuinya.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pemahaman mengenai waktu sangat penting dari sudut praktis di mana orang membutuhkan informasi untuk mengantisipasi peristiwa-peristiwa besar seperti banjir dan waktu panen, dan dari sudut filosofis didasarkan pada rasa ingin tahu dan cinta terhadap pengetahuan. Pendapat Demokritus mengenai konsep waktu tak diciptakan dan mengatakan bahwa jika waktu adalah gerakan abadi, maka ia juga harus abadi karena waktu adalah anggota gerak.

    ReplyDelete
  11. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seorang filsuf yang ingin membuktikan adanya awal dari semua kehidupan. Karena filsafat adalah olah pikir kita, maka setiap orang pun juga bebas berpendapat sesuai dengan prinsipnya. Awal dan akhir di dunia ini sudah di atur dalam Al Quran melalui ketetapan yang sudah di atur oleh Allah SWT. Seperti halnya kita juga harus percaya adanya hari kiamat di rukun iman agama Islam. Maka jelaslah semua yang ada di dunia ini akan berakhir seperti yang sudah digambarkan di dalam Al Quran secara jelas beserta tanda-tandanya.

    ReplyDelete
  12. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    dari elegi diatas, menurut saya, secara olah pikir mungkin tidak mempercayai kekuatan ilahi namun sejatinya jika kita mau kembali membaca terciptanya bumi dan seisinya itu semua terdapat pada kitab dari masing-masing kepercayaan. oleh karena itu filsafat itu merupakan suatu ilmu olah pikir namun sejatinya tak mengenyampingkan olah hati.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  13. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Suatu ilmu akan ada ilmu lain yang bersifat kontradiktif, seppeti halnya bacaan diatas bagaimana kita mendapat pembuktian mengenai dunia yang memiliki awalan dan tanpa awalan, namun sesungguhnya manusia adalah sosok yang memiliki keterbatasan, dalam keterbatasan ini kita akan cukup sulit dalam menggapai beberapa hal, yang bersifat hanya Tuhan yang mampu, seperti awal dan akhir dunia yang kita hanya bisa percayai berdasarkan kepercayaan dalam keterbatasan semata.

    ReplyDelete
  14. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki awal dan akhirnya. Awal dan akhir dari makhluk-makhluk Allah, termasuk kita, manusia, berada di tangan Allah. Awal dan akhir kita adalah ketentuan Allah.
    Kita sebagai manusia telah memiliki berapa awal dan akhir. Kita berawal di kandungan Ibu kita pada saat sel telur dibuahi sperma kemudian berakhir saat kita dilahirkan di muka bumi ini. Kita dilahirkan di muka bumi merupakan awal kehidupankita di dunia dan berakhir saat kita mati. Kematian itu sendiri merupakan awal kehidupan di alam kubur.
    Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu di dunia sebai mungkin untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan kita selanjutnya di alam yang lain.

    ReplyDelete
  15. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Semua yang ada di dunia memiliki awal dan akhir. Begitupun dengan dunia. Kehidupan yang kita jalani didunia di awali ketika kita lahir di dunia namun secara bersamaan merupakan akhir dari kehidupan kita yang lain di kandungan ibu. Begitupun nanti ketika kita meninggal dunia, itu akan menjadi akhir kehidupan di dunia namun merupakan awal kehidupan kita selanjutnya.

    ReplyDelete
  16. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pengetahuan dan pengalaman manusia terbatas karena terikat ruang dan waktu, namun pikiran manusia tak terbatas melingkupi yang ada dan yang mungkin ada dan tidak terikat ruang dan waktu. Namun pikiran yang tak terbatas itu juga perlu ada pedomannya, misalkan Al quran dan sunnah sehingga bisa terarah. Dunia mempunyai awal dan akhir, namun hanya Allah yang tahu kapan dimulainya dunia dan kapan berakhirnya dunia.

    ReplyDelete
  17. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Tuhan adalah yang Maha Mengetahui, maka sesungguhnya yang mengetahui awal dan akhir pun hanyalah Tuhan semata. Manusia tidak akan mampu memprediksi awal dan akhirnya, karena kemampuan berpikir manusia sangatlah terbatas, dan pada ranah-ranah spiritual kemampuan berpikir manusia pun tidak mampu menjangkaunya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  18. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Telah diingatkan sebelumnya bahwa filsafat adalah olah pikir, maka peganglah itu. Jika olah pikir kita dalam hal tertentu bertentangan dengan hati kita, maka mohon ampunlah segera. Seperti pada kasus di atas tentang pembuktian dua hal yang bertentangan yaitu membuktikan bahwa dunia itu mempunyai permulaan dan bahwa dunia itu tidak mempunyai permulaan. Dengan kemampuan olah pikir manusia mampu memunculkan argumen-argumen yang hebat dalam mendukung masing-masing paham tersebut. Bahkan satu orang mampu memberikan argumen yang bertentangan dengan kemampuan olah pikirnya.

    ReplyDelete
  19. Dalam kasus di atas ada dua pembuktian yang dilakukan melalui olah pikir. Yaitu pertama bukti bahwa dunia itu mempunyai awal dan yang kedua bukti bahwa dunia itu tidak mempunyai awal. Saya lebih setuju dengan yang pertama, dunia itu mempunyai awal. Alasannya karena saya percaya pada Tuhan dan saya percaya bahwa dunia ini diciptakanoleh Tuhan. Tentu saja suatu hal yang diciptakan pastilah memiliki awal. Lain halnya jika hal tersebut tidak memiliki awal, berarti dunia tidak ada yang menciptakan. Hal ini bertentangan dengan ajaran agama Islam bahwa Allah SWT menciptakan alam semesta atas kuasanya.

    ReplyDelete