Oct 13, 2012

Philosophy of Mathematics Education: Ernest's Vision




By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophy of mathematics education covers the review of some central problems of mathematics education: its ideology, its foundation and its aim. It also serves a more insight into the nature of its aspects: the nature of mathematics, the value of mathematics, the nature of student, the nature of learning, the nature of teaching of mathematics, the nature of teaching learning resources, the nature of assessment, the nature of school mathematics, the nature of students’ learn mathematics. In order to have a clear picture of the role of the study of philosophy of mathematics and its relationship to workshop activities, it may be discussed about the nature of human resources development and the nature of lesson study in mathematics education.
According to Paul Ernest (1994), the study of philosophy of mathematics education implies to the practice of mathematics teaching through the issues reflected on the following questions:
“What theories and epistemologies underlie the teaching of mathematics? What assumptions, possibly implicit, do mathematics teaching approaches rest on? Are these assumptions valid? What means are adopted to achieve the aims of mathematics education? Are the ends and means consistent? What methods, resources and techniques are, have been, and might be, used in the teaching of mathematics? What theories underpin the use of different information and communication technologies in teaching mathematics? What sets of values do these technologies bring with them, both intended and unintended? What is it to know mathematics in satisfaction of the aims of teaching mathematics? How can the teaching and learning of mathematics be evaluated and assessed? What is the role of the teacher? What range of roles is possible in the intermediary relation of the teacher between mathematics and the learner? What are the ethical, social and epistemological boundaries to the actions of the teacher? What mathematical knowledge does the teacher need? What impact do the teacher’s beliefs, attitudes and personal philosophies of mathematics have on practice? How should mathematics teachers be educated? What is the difference between educating, training and developing mathematics teachers?”
In a more general perspective, it can be said that the philosophy of mathematics education has aims to clarify and answer the questions about the status and the foundation of mathematics education objects and methods, that is, ontologically clarify the nature of each component of mathematics education, and epistemologically clarify whether all meaningful statements of mathematics education have objective and determine the truth. Perceiving that the laws of nature, the laws of mathematics, the laws of education have a similar status, the very real world of the form of the objects of mathematics education forms the foundation of mathematics education.

References:

1 Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

2 Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

3 Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

21 comments:

  1. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dalam perspektif yang lebih general, bisa dikatakan bahwa filsafat matematika mempunyai tujuan untuk mengklarifikasi dan menjawab pertanyaan tentang status dan fondasi matematika, objek, ontologisnya mengklarifikasi sifat alami setiap komponen matematika dan epistimologinya mengklarifikasi semua pernyataan matematika. Filsafat matematika betujuan memperjelas tentang suatu dasar atau pondasi yang dibangun dalam pendidikan matematika sendiri, baik dari metode pembelajarannya sampain dengan status matematika itu sendiri. dan secara ontologis, filsafat matematika itu dapat digunkana untuk memperjelas suatu sifat dari matematika itu sedniri dan komponen yang ada didalam pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  2. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Secara umum pandangan Ernest tentang filsafat pendidikan matematika adalah bahwa filsafat pendidikan matematika memiliki tujuan untuk memperjelas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar objek pendidikan matematika dan metodenya, yaitu, secara ontologis memperjelas sifat setiap komponen pendidikan matematika, dan secara epistemologis memperjelas apakah semua pernyataan bermakna dari pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Dalam tulisan ini dijelaskan bahwa filsafat pendidikan matematika meliputi review beberapa masalah utama pendidikan matematika yaitu ideologi matematika, dasar matematika dan tujuan matematika. Menurut Ernest, matematika adalah pengetahuan yang dibangun (mathematical knowledge is constructed) bukan ditemukan (discovered). Matematika sebagai ilmu adalah matematika yang utuh dalam sistem maupun strukturnya yang deduktif aksiomatik. Artinya kebenaran matematika didapatkan dengan menggunakan penalaran deduktif kemudian disusun rangkaian kebenaran konsistensi yang menuju kepada kesimpulan akhir.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Filsatat pendidikan matematika diartikan untuk menjawab semua pertanyaan pertanyaan tentang fondasi atau landasan dari matematika, mengklarifikasi segala objek atau kategori yang ada. Menurut saya pada dasarnyaa segala ilmu pengetahuan memiliki filsafatnya sendiri, filsafat mencakup banyak hal, dan filsafat dekat sekali hubungannya dengan matematika.

    ReplyDelete
  5. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Philosophy of Mathematics Education: Ernest's Vision
    bahwa dituliskan Filsafat pendidikan matematika mencakup ulasan tentang beberapa masalah utama pendidikan matematika: ideologinya, fondasinya dan tujuannya. Ini juga melayani wawasan yang lebih dalam sifat dari aspek-aspeknya: sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat pengajaran matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat dari penilaian, sifat matematika sekolah, sifat belajar matematika siswa. Untuk memiliki gambaran yang jelas tentang peran studi filsafat matematika dan hubungannya dengan kegiatan lokakarya, dapat dibahas tentang sifat pengembangan sumber daya manusia dan sifat studi pelajaran dalam pendidikan matematika.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya dituliskan juga bahwa Dalam perspektif yang lebih umum, dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan untuk mengklarifikasi dan menjawab pertanyaan tentang status dan fondasi objek dan metode pendidikan matematika, yaitu, secara ontologis mengklarifikasi sifat dari masing-masing komponen pendidikan matematika, dan menjelaskan secara epistemologis kapan pun semua pernyataan bermakna tentang pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran. Menyatakan bahwa hukum-hukum alam, hukum-hukum matematika, hukum-hukum pendidikan memiliki status yang serupa, dunia yang sangat nyata dari bentuk objek-objek pendidikan matematika membentuk fondasi pendidikan matematika.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Menurut Saudari Diana bahwa "Filsafat matematika betujuan memperjelas tentang suatu dasar atau pondasi yang dibangun dalam pendidikan matematika sendiri, baik dari metode pembelajarannya sampain dengan status matematika itu sendiri. dan secara ontologis, filsafat matematika itu dapat digunkana untuk memperjelas suatu sifat dari matematika itu sedniri dan komponen yang ada didalam pendidikan matematika" dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada perspektif dasar dari matematika menurut pandangan filsuf.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  8. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah dituliskan Bayuk bahwa "ilsafat pendidikan matematika memiliki tujuan untuk memperjelas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar objek pendidikan matematika dan metodenya, yaitu, secara ontologis memperjelas sifat setiap komponen pendidikan matematika, dan secara epistemologis memperjelas apakah semua pernyataan bermakna dari pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada epistimologi dari pendidikan matematika.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diutarakan oleh Saudari Fany bahwa "kebenaran matematika didapatkan dengan menggunakan penalaran deduktif kemudian disusun rangkaian kebenaran konsistensi yang menuju kepada kesimpulan akhir", pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada siklus pencarian kebenaran.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  10. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang diutarakan oleh Dini bahwa "pada dasarnyaa segala ilmu pengetahuan memiliki filsafatnya sendiri, filsafat mencakup banyak hal, dan filsafat dekat sekali hubungannya dengan matematika", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada ideologi paham filsafat.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  11. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat pendidikan matematika bertujuan untuk memperjelas dan menjawab pertanyaan tentang status dan pondasi di dalam pendidikan matematika, baik status dan pondasi objeknya maupun metodenya. Secara ontologis, filsafat matematika memperjelas sifat asli atau hakikat dari setiap komponen di dalam pendidikan matematika. Secara epistemologis, filsafat matematika memperjelas apakah semua pernyataan pendidikan matematika yang bermakna memiliki objektifitas dan menentukan kepercayaan. Merasa bahwa hukum alam, hukum matematka, dan hukum pendidikan memiliki status yang mirip. Salah satu bentuk yang paling nyata filsafat matematika di dalam pendidikan matematika ialah membentuk pondasi pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Menurut Paul Ernest (1994), filosofi pendidikan matematika menyiratkan untuk praktek mengajar matematika melalui isu-isu tercermin pada pertanyaan-pertanyaan seperti dampak keyakinan, sikap guru dan filosofi pribadi matematika terhadap praktek, bagaimana seharusnya guru matematika harus berpendidikan, apa perbedaan antara mendidik, melatih dan mengembangkan pada guru matematika dan sebagainya. Filsafat pendidikan matematika meliputi review dari beberapa masalah utama pendidikan matematika yang berupa ideologinya, fondasi dan tujuannya. Hal ini juga menyajikan wawasan lebih ke sifat aspeknya yaitu sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat pembelajaran, sifat pengajaran matematika, sifat sumber daya pembelajaran, sifat penilaian, sifat matematika sekolah, dan sifat siswa 'belajar matematika

    ReplyDelete
  13. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Filsafat pendidikan matematika mencakup ulasan tentang beberapa masalah utama pendidikan matematika: ideologinya, fondasinya dan tujuannya. Ini juga melayani wawasan yang lebih dalam sifat dari aspek-aspeknya: sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat pengajaran matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat dari penilaian, sifat matematika sekolah, sifat belajar matematika siswa.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Filsafat matematika mencakup ulasan-ulasan tentang masalah utama dalam pendidikan matematika: ideology, fondasi, dan tujuannya. Selain itu, hal tersebut juga mencakup aspek-aspek yaitu sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat pengajaran matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat dari penilaian, sifat matematika sekolah, sifat belajar matematika siswa. Filsafat pendidikan matematika ini mencakup pengembangan proses dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filsafat pendidikan matematika merupakan suatu pemikiran yang mengakomodir segala sesuatu yang berhubungan dengan matematika. Filsafat matematika mendampiring seseorang untuk memahami pendidikan matematika secara lebih mendalam, masuk hingga hakekat-hakekat tiap partisinya. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk memberikan bekal pengajar dalam mengidentifikasi dan mencari solusi dalam berbagai masalah pendidikan matematika. Dengan demikian maka pembelajaran matematika dapat berjalan dengan lebih bersahabat dengan siswa, dengan memaksimalkan segala aspek humanistic dan cultural untuk membantu pola pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Matematika bukanlah ilmu pasti dan faktor paling penting dalam penerimaan masalah yang diusulkan dari pengetahuan matematika adalah buktinya. Menekankan pada reduksi formal, menjadi proses yang dipusatkan pada pembuktian. Matematika sebagai ilmu yang dibangun lebih merupakan proses sosial dibandingkan proses individual dikarenakan pemikiran individu, kemudian pembentukan pemikiran sosial dan fungsi-fungsii mental. Paul Ernest berpendapat ada lima jenis peta cara mendidik. Kelima jenis cara mendidik tersebut merupakan hal yang biasa digunakan pengajar. Tidak ada yang jelek dari kelima pembelajaran tersebut. Semuanya pasti dipakai dalam suatu pembelajaran. Hanya intensitas pemakaiannya yang perlu disusun kembali. Tujuan Pendidikan Matematika adalah penekanan pemahaman konsep matematika dan penggunaan matematika pada kehidupan masyarakat, karena tak ada bidang ilmu pengetahuan yang tidak memerlukan matematika.

    ReplyDelete
  17. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Filosofi pendidikan matematika bertujuan untuk mengklarifikasi dan menjawab pertanyaan tentang status dan fondasi objek dan metode pendidikan matematika, misalnya, secara ontologis mengklarifikasi sifat dari masing-masing komponen pendidikan matematika, dan secara epistemologis menjelaskan apakah semua pernyataan bermakna pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran.

    ReplyDelete
  18. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A 2019

    Filsafat pendidikan matematika bertujuan untuk memperjelas pertanyaan yang berkaitan dengan fondasi objek maupun metodenya. Selain itu juga mencakup sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat pengajaran matematika, sifat sumber belajar mangajar, sifat dari penilaian, sifat matematika di sekolah, dan sifat belajar matematika.

    ReplyDelete
  19. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Filsafat pendidikan matematika mencakup ulasan tentang beberapa masalah utama pendidikan matematika: ideologinya, fondasinya dan tujuannya. Selain masalah utama pendidikan matematika juga membahas terkait sifat dari aspek-aspeknya: sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat mengajar matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat penilaian, sifat matematika sekolah, sifat belajar matematika siswa. Dalam perspektif yang lebih umum, dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan untuk memperjelas dan menjawab pertanyaan tentang status dan fondasi objek serta metode pendidikan matematika, yaitu secara ontologis mengklarifikasi sifat dari masing-masing komponen pendidikan matematika dan menjelaskan secara epistemologis apakah semua pernyataan bermakna tentang pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran.

    ReplyDelete
  20. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Filsafat pendidikan matematika mencakup ulasan tentang beberapa masalah utama pendidikan matematika: ideologinya, fondasinya dan tujuannya. Ini juga melayani wawasan yang lebih ke dalam sifat dari aspek-aspeknya: sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat belajar, sifat mengajar matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat penilaian, sifat matematika sekolah, sifat belajar matematika siswa.

    ReplyDelete
  21. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete