Oct 17, 2012

Philosophical Ground of Human Resources Development: Its implication to Educational Change




By Marsigit
Yogyakarta State University

a.Human Resources Development

According to Swanson, R.A. and Holton III, E.F. (2009) the philosophical ground of human resources development covers:


(1) a shift to the human resources school of thought,
(2) the growth of laboratory training,
(3) the use of survey research and feedback,
(4) an increased use of action research (problem-solving) techniques,
(5) an acknowledgment of socio-technical systems and quality of work life, and
(6) a new emphasis on strategic change.

Further, they suggested that devel¬oped mostly in response to serious concerns about the viability of traditional and bureaucratic organizations, the human relations model attempted to move away from these classical assumptions and focused more heavily on individual iden¬tities, their needs, and how to facilitate stronger interpersonal communication and relationships.

Accordingly, much of the concepts of human resources development are currently focusing on the increase of the effective¬ness of strategic change. The use of open-systems planning was one of the first applications of strategic change methods. An educational institutions’ demand and response systems could be described and analyzed, the gaps reduced, and performance improved.

In the case of education, this work represents a shift in teachers’ professional development away from a sole focus on the individual, and the supporting assumption that it is completely mediated through individuals, to a more holistic and open sys¬tems view of educational institution. This shift continues to this day and is evidenced in key revelations stemming from strategic change work including the importance of educational leadership support, multilevel involvement, and the criticality of alignment between organizational strategy, structure, culture, and systems (ibid)

b.Managing Educational Change
Fullan (1982, 1991) proposed that there are four broad phases in the educational change process: initiation, implementation, continuation, and outcome.
1)Initiation
The factors that affecting the initiation phases include: existence and quality of innovations, access to innovations, advocacy from central administration , teacher advocacy, and external change agents

2)Implementation
Three areas of the major factors affecting implementation: characteristics of change, local characteristics and external factors (government and other agencies). They identified different stakeholders in local, and federal and governmental levels. They also identified characterizations of change to each stakeholder and the issues that each stakeholder should consider before committing a change effort or rejecting it.

3)Characteristics of Change
Fullan (1999) characterized educational changes and their factors at different levels as follows:
Characteristics of Change
•Need of change
•Clarity about goals and needs
•Complexity: the extent of change required to those responsible for implementation
•Quality and practicality of the program
Local factor
•The school district
•Board of community
•Principal
•Teacher
External factor
•Government and other agencies
4)Continuation/ Sustainability

According to Fullan (1999), continuation is a decision about institutionalization of an innovation based on the reaction to the change, which may be negative or positive. Continuation depends on whether or not:
a)The change gets embedded/built into the structure (through policy/budget/timetable)
b)The change has generated a critical mass of administrators or teachers who are skilled and committed to change.
c)The change has established procedures for continuing assistance

Fullan (1999) pointed out the importance of the recognition that the educational change process is complex. To deal with such complexity is not to control the change, but to guide it. He provides eight new lessons about guiding educational change:
a)Moral purpose is complex and problematic
b)Theories of education and theories of change need each other
c)Conflict and diversity are our friends
d)Understanding the meaning of operating on the edge of chaos
e)Emotional intelligence is anxiety provoking and anxiety containing
f)Collaborative cultures are anxiety provoking and anxiety containing
g)Attack incoherence connectedness and knowledge creation are critical
h)There is no single solution. Craft your own theories and actions by being a critical consumer.

References:

Fullan, M., 2002, Leading and Learning for the 21stC Vol 1 No. 3 - January 2002Furlong, J., 2002, Ideology and Reform in Teacher Education in England:
Some Reflections on Cochran-Smith and Fries. Retrieved

Swanson, R.A. and Holton III, E.F., 2009, Foundation of Human Resources Development
: Second Edition, Berrett-Kohler Publisher Inc.

15 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel yang berjudul landasan filsafat tentang perkembangan sumber daya manusia diatas, di sampaikan bahwa dalam mengimplementasikan dalam perubahan pendidikan harus paham beberapa point yaitu perkembangan sumber daya manusia dan mengatur perubahan pendidikan. Dalam mengatur perubahan pendidikan Fullan mengusulkan bahwa ada empat fase besar yang
    kita harus ketahui yaitu permulaan, implementasi, karakteristik perubahan, dan kelanjutan atau hasil.

    ReplyDelete
  2. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Jika ingin mengembangkan sumber daya manusia, tingkatkan dulu sarana prasarananya. Akan sia-sia jika kau menuntut sumber daya manusia yang berkualitas jikalau sarana prasarananya masih terbatas. Akan sia-sia jika kau menginginkan sumber daya manusia yang tinggi jikalau sarana prasarananya belum terpenuhi. Dan akan sia-sia jika kau mengharapkan sumber daya manusia yang luar biasa jikalau sarana prasarananya belum tersedia. Ibaratnya kamu menginginkan bungamu tumbuh mekar namun tidak pernah kau sirami dengan air. Hikmah yang diambil adalah jika kita ingin mengembangkan sesuatu menjadi yang lebih baik, lihatlah dulu komponennnya, apakah sudah memadai ataukah belom. Ibarat pohon, lihatlah akarnya terlebih dahulu apakah ia kokoh atau tidak, percuma jika kamu ingin mengembangkan pohon itu menjadi pohon yang bernuansa epic jikalau akarnya rapuh. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seftika Anggraini
      18709251016
      S2 PM A 2018

      Jika ingin mengembangkan sumber daya manusia (SDM), maka kembangkan juga sarana dan prasarananya juga. Tidak bisa mengembangkan sarana prasarana terlebih dahulu. Menururt saya, keduanya harus dilakukan bersamaan. Ketika sedang dilakukan pembangunan sarana dan prasarana, maka saat itu juga sedang dipersiapkan SDM yang akan mengoperasionalkan sarana prasarana tersebut. Sehingga ketika pembangunan selesai, sarana prasarana tersebut dapat langsung dioperasikan oleh SDM yang mumpuni.
      Terima kasih

      Delete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Sumber daya manusia adalah bagian penting dalam pengembangan suatu negara. Dengan kata lain kemajuan suatu negara adalah berbanding lurus dengan kemajuan berpikir sumber daya manusianya. Dari yang saya pahami adalah baiknya sumber daya manusia itu depangaruhi oleh pemikiran kritis dari manusianya. Jika sumber daya manusianya dapat memikirkan secara kritis apa yang terjadi dengan sistemnya terlebih dalam dunia pendidikan, dibarengi dengan pencarian dan pemberian solusi terhadp suatu masalah dalam dunia pendidikan, maka sistem pendidikannya juga akan mengalami perkembangan.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Salah satu tolak ukur bangsa dikatakan maju adalah dari sisi sumber daya alamnya termasuk pada pendidikan. Masalah-masalah pendidikan masih sering kita alami, seperti pelaksanaan kurikulum yang masih belum dapat terlaksana secara optimal, pembangunam sekolah yang belum merata, saran prasarana yang belum merata atau kurang memadai. Dari segi pendidikan bangsa kita perlu adanya perbaikan agar semuanya dapat terlaksana secata efektif dan optimal.

    ReplyDelete
  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Pengembangan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup manusia dan lebih memanusiakan manusia. Pengembangan sumber daya manusia berfokus pada perubahan pendidikan seperti yang dijelaskan dalam tulisan ini. Banyak konsep pengembangan sumber daya manusia saat ini berfokus pada peningkatan efektivitas perubahan strategis. Di mana perlu adanya perubahan dalam pendidikan sehingga dapat menjadi tolak ukur dalam mengembangkan sumber daya manusia. Fullan (1999) menunjukkan pentingnya pengakuan mengenai proses perubahan pendidikan yang kompleks. Untuk menghadapi kompleksitas tersebut tidak untuk mengontrol perubahan, tapi untuk memandunya.

    ReplyDelete
  6. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Untuk melakukan perubahan dala dunia pendidikan, aspek-aspek dan pelaku-pelaku yang terlibat di dalamnya harus depersiapkan. Perubahan tidak bisa dilakukan jika hanya fokus di tingkat atas saja atau di tingkat bawah saja. Perubahan harus disiapkan mulai dari tingkat atas sampai tingkat bawah.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan bacaan tersebut, kebanyakan konsep perkembangan sumber daya manusia sekarang ini fokus pada peningkatan keefektifan perubahan strategis. Penggunaan perencanaan sistem terbuka merupakan salah satu aplikasi perubahan metode strategis. Salah satu perubahan yang dilakukan berada dalam bidang pendidikan. Institusi pendidikan melakukan deskripsi dan analisis sistem, pengurangan kesenjangan, dan peningkatan kinerja. Dalam permasalahan pendidikan, pengembangan kemampuan profesionalisme guru masih jauh dari fokus satu-satunya pada individual, dan mendukung asumsi bahwa hal tersebut secara lengkap menengahi seluruh individual, untuk pandangan sistem yang lebih menyeluruh dan terbuka dalam institusi pendidikan. Terdapat empat tahap yang luas dalam proses perubahan pendidikan, yaitu inisiasi, implementasi, keberlanjutan, dan outcome.

    ReplyDelete
  8. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 pendidikan matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan Swanson, R.A dan Holton III, E.F Landasan filsafat tentang sumber daya manusia mencakup:
    1) sebuah pergantian pada pemikiran sekolah sumber daya manusia
    2)perkembangan pelatihan
    3)penggunaan penelitian survei dan timbal balik
    4)peningkatan penggunaan penelitian tindakan
    5) pengenalan tentang sistem sicio-tehnikal dan kualitas hidup pekerjaan dan
    6) penekanan baru dalam perubahan strategi. Berdasarkan cakupan tersebut mereka menyarankan agar dikembangkannya sumber daya manusia mengenai keberlangsungan hidup organisasi tradisional dan birokratis, Dalam hal pendidikan, hal ini dikaitkan dengan pengembangan profesionalitas guru secara individu. Menurut saya, Salah satu cara meningkatkan sumberdaya manusia adalah dengan keterlibatan pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam artikel di atas disebutkan bahwa untuk mengatur adanya perubahan dalam sebuah sistem pendidikan, melalui empat fase yaitu inisiasi, implementasi, kelanjutan, dan hasil. Inisiasi berarti memulai langkah awal, dimulai dari kesadaran akan perlunya sebuah perubahan, maka akan terdorong suatu sistem pendidikan baru yang diharapkan akan membawa sumber daya manusia ke arah yang lebih baik. Sehingga dirancanglah sebuah sistem baru. Setelah perancangan sistem yang baru, maka yang dilakuan adalah pelaksanaan, atau implementasi. Dalam implementasinya, banyak faktor yang harus diperhatikan pula agar hasilnya sesuai yang diharapkan. Jika dirasa sistem yang baru sudah sesuai, maka harus dijaga keberlangsungannya, agar diperoleh hasil yang konsisten pula

    ReplyDelete
  10. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam hal pendidikan, perubahan dalam pengembangan profesional guru dari suatu yang terfokus pada individu seorang guru tersebut , dan tanggapan pendukung bahwa itu sepenuhnya dimediasi melalui individu kepada pandangan sistem yang lebih holistik dan terbuka tentang institusi pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan bahwa kualitas dari seorang tenaga pendidik meskipun banyak sekali program pemerintah yang sangat mendukung namun haruslah tetap dimulai dari kesadaran dari individu seorang guru tersebut dalam melakukan suatu perubahan.

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Menurut Swanson, R.A. dan Holton III, E.F, landasan filosofis pengembangan sumber daya manusia meliputi :
    1. Peregeseran pemikiran sumber daya manusia
    2. Pertumbuhan pelatihan laboratorium
    3. Penggunaan penelitian survey dan umpan balik
    4. Penginkatan teknik penelitian tindakan
    5. Pengakuan atas system teknik sosial dan kualitas kehidupan kerja
    6. Penekanan pada perubahan strategis
    Untuk mengelola perubahan pendidkan dibutuhkan inisiasi (permulaan) dan implementasi. Di samping itu menurut Fullan karakteristik perubahan pendidikan terdiri dari beberapa faktor pada level yang berbeda seperti perlunya perubahan, kejelasan tentang tujuan dan kebutuhan, kompleksitas, serta kualitas dan kepraktisan program. Selain itu faktor lokal yang diperlukan yaitu keterlibatan distrik sekolah, dewan komunitas, kepala sekolah, guru. Sedangkan pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya dapat dilibatkan sebagai faktor eksternal.

    ReplyDelete
  12. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Menurut Swanson , R.A. dan Holton III , EF ( 2009) filosofis pengembangan sumber daya manusia meliputi :
    1) pergeseran sekolah ke pemikiran SDM pemikiran.
    2) pertumbuhan pelatihan laboratorium.
    3) penggunaan penelitian survei dan umpan balik.
    4) peningkatan teknik penggunaan penelitian tindakan (pemecahan masalah).
    5) pengakuan sistem sosio-teknis dan kualitas kehidupan kerja.
    6) penekanan baru pada perubahan strategis.

    Dari cakupan filosofi di atas, sesuatu yang dapat saya maknai adalah bagaimana sumber daya manusia itu dapat berkembang dengan dimensinya masing-masing. Dari keenam cakupan nampak bahwa dalam pengembangan SDM, ilmu menjadi salah satu aspek vital, atau dengan kata lain untuk berkembang seseorang harus pintar dan berwawasan.

    ReplyDelete
  13. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Jika kita hendak mengembangkan sumber daya manusia maka yang harus di tingkatkan dan diperbaki adalah sistem pendidikannya. Lalu di sistem pendidikan itu juga perlu di lengkapi dengan berbagai komponen yang memadai yaitu sarana dan prasarananya yang menunjang. Ibarat membangun rumah, jika semakin lengkap material yang dibutuhkan maka lebih baik. Teringat dulu ketika Jepang di bom, maka pertama mereka cari adalah berapa guru yang tersisa. Sejatinya pembangunan sebuah negara dimulai dari pembangunan sumber daya manusianya dahulu, karena tolak ukur dari sebuah negara maju atau berkembang salah satunya adalah kapasitas dan kompetensi dari manusianya itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete