Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 36: Diantara Ada dan Tidak Ada




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui ada apakah diantara yang Ada dan Tidak Ada itu?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Yang ada adalah sesutu baik ilmu atau apa saja yang telah kita miliki dan yang tidak ada merupakan sesuatu yang akan kita miliki atau yang akan kita pelajari. Misalkan sesuatu itu adalah ilmu. Disaat kita telah mempelajari ilmu, maka ilmu itu telah menunjukkan keberadaannya sebagai sesuatu yang ada. Di saat kita belum mempelajari ilmu, maka ilmu tersebut menunjukan keberadaannya sebagai yang tidak ada. Namun, keberadaan ilmu yang tidak ada ini suatu saat ketika sedang dipelajari akan menunjukkan keberadaanya sebagai sesuatu yang mungkin ada. Jadi, diantara yang ada dan tidak ada terdapat sesuatu yang disebut dengan yang mungkin ada. Yang ada, mungkin ada, dan tidak ada menunjukkan keberadaanya sebagai sesuatu yang telah, sedang dan akan kita miliki.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Apa yang ada antara dan dan tidak ada adalah mungkin ada. Mungkin ada ini sifatnya lebih banyak dari yang ada dan tidak ada. Bisa bermilyar pangkat milyar dan seterusnya. Proses antara tidak ada menjadi mungkin ada menjadi ada ini disebut mengada. Subjeknya disebut pengada sebuah objek yang sekarang ada.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Lebih jauh lagi, bisa jadi ada perubahan yang ada menjadi tidak ada. Sangat mungkin karena bukan hanya tidak ada, mungkin ada dan ada tetapi ada, mungkin tiada dan tidak ada. Contohnya, Dinosaurus ribuan tahun lalu ada, karena ada bencana dan peristiwa evolusi menjadi mungkin tiada dan sekarang tidak ada.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Ada dan tidak ada selalu ada atau mungkin ada dalam pikiran. Artinya apa yang ada diantara ada dan tidak ada tergantung pada apa yang ada dan mungkin ada di pikiran kita. Pikiran kita mengkonstruksi semua yang ada atau mungkin ada. Artinya pikiran itu sendirilah yang berada diantara ada dan tidak ada. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap yang di dunia pasti ada, tidak ada dan mungkin ada. Sebenar-benar filsafat adalah menyangkut yang ada dan mungkin ada. Seperti misalnya saya mempunyai seorang teman, nah teman saya ini merupakan bagian dari keberadaannya. Namun ketika saya menceritakan kepada orang lain tentu mereka tidak mengenali teman saya hal ini merupakan perkara yang mungkin ada. Dalam artian ketika saya menceritakan dan memperkenalkan teman saya maka orang tadi yang tidak mengenali teman saya atau masih berstatus mungkin ada berubah menjadi ada atau telah mengenalinya.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Antara ada dan tidak ada kesemuanya "mungkin ada" di alam pikiran kita. Dengan kata lain jawaban antara ada dan tidak ada bergantung pada proses pengolahan informasi pada otak sehingga menghasilkan suatu jawaban. Dengan demikian informasi yg diolah oleh otak itulah antara ada dan tidak ada

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Yang ada dan tidak ada itu terkait dengan ruang dan waktu. Yang ada berarti yang terpikirkan, yang dapat didefinisikan kehadirannya sehingga yang tidak ada itu yang tidak terpikirkan. Tetapi yang tidak ada juga dapat menjadi ada. Misalnya jika suatu objek ada di suatu waktu tertentu, bisa juga objek itu tidak ada di waktu lain tetapi objek tersebut masih ada di dalam pikiran.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore, Prof.
    Semua yang dapat digapai oleh indera dan pikiran manusia didefinisikan sebagai yang ada. Namun semua yang lain dari itu adalah yang tidak ada. Maka ada rentangan antara ada dan tidak ada. Sesuatu yang ada dalam rentangan tersebut adalah mungkin ada. Artinya dalam keadaannya mungkin ada dapat digapai ataupun tidak dapat digapai oleh indera dan pikiran. saat ia tak mampu digapai maka ia berpotensi menjadi tidak ada, dan saat ia mampu digapai ia akan bergabung dengan yang ada. Ada dan tidak ada juga menjadi objek dalam ruang dan waktu. Sementara manusia terus berjalan dalam ruang dan waktunya. Ada potensi bahwa sesuatu direntangan ada dan tidak ada untuk digapai, dalam kondisi saat ini ia adalah yang mungkin ada.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, diantara yang ada dan tidak ada adalah mungkin ada. Mungkin ada bermakna sesuatu yang bisa saja ada, bisa juga tidak ada. Sama halnya dengan nilai peluang. Peluang yang bernilai 0 berarti tidak mungkin terjadi, peluang yang bernilai 1 berarti pasti terjadi, sementara peluang yang bernilai antara 0 sampai 1 berarti mungkin terjadi.

    ReplyDelete
  10. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Adanya perasaan disebabkan karena tidak adanya selain perasaan itu sendiri. Dibalik adanya sesuatu ada ketidakadaan sesuatu yang membuat kurang sehingga dianggap tidak ada. Sebenar-benarnya di antara ada dan tidak ada yaitu kebimbangan yang benar-benar tidak berpihak pada ada maupun pada tidak ada. Sehingga, kebimbangan selamanya tidak baik untuk dipilih karena bisa jadi akan menjadi arah yang melenceng dari ada dan tidak ada.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Tidak ada di dalam pikiran berarti kita tidak dapat berkata-kata karena tidak ada yang akan dibicarakan. Namun jika ada di dalam pikiran kita akan dapat bicara karena ada di pikiran sehingga dapat berbicara. Dari tidak ada menjadi ada adalah sebuah proses yang dapat kita rasakan perbedaanya. Betapa puasnya jika tidak ada menjadi ada di pikiran kita. Proses mengada yang diantara tidak ada dan ada.

    ReplyDelete
  12. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Diantara ada dan tiada. Ada dan tiada merupakan suatu kepastian penilaian kita terhadap sesuatu. Hal inilah yang semakin menampakan keterbatasan kita sebagai manusia untuk menilai suatu hal. Kita tidak dapat menilai sesuatu secara arogan, tergesa-gesa, atau tanpa pertibangan khusus karena mungkin sesuatu yang kita nilai itu masih samar-samar, belum jelas posisinya, sehingga perlu menggali lebih dalam untuk mendapatkan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete