Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 45: Orang Paling Berbahaya di Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk Dapat Menemukan Orang Paling Berbahaya di Dunia.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Orang yanga paling berbahaya adalah orang yang tidak dapat menempatkan segala sesuatu sesuai dengan ruang dan waktunya. Contohnya seorang yang pandai dalam hal koding dalam website ketika dia tidak sesuai ruang dan waktu dia akan menggunakan ilmunya untuk meng-hack rekening tabungan yang ada dalam internet banking dan memindahkan uang ke dalam rekeningnya. Masih banyak contoh yang dapat diuraikan, jadi menurut saya orang yang paling berbahaya adalah orang yang tidak dapat menempatkan segala sesuatu sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Orang yang paling berbahaya menurut saya adalah orang yang sombong. Orang yang sombong tidak akan mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak mau belajar lagi karena ia selalu menganggap dirinya lah yang paling hebat. Padahal orang lain belum tentu menganggapnya hebat. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa “orang yang sombong itu umpama berdiri di atas gunung lalu dia melihat orang lain kecil, namun ia tidak sadar bahwa orang lain juga melihat dirinya kecil”. Sikap sombongnya inilah yang justru dapat merugikan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Hal yang paling sulit di dunia ini terkadang adalah tentang diri sendiri. Betapa banyak yang mengatakan bahwa sangat sulit memahami orang lain, padahal ketika ia mampu memahami dirinya ia akan dengan mudah menerima orang lain tanpa mempermasalahkan “pemahaman”. Betapa banyak yang mengatakan bahwa hidup ini sulit, padahal semua yang paling sulit adalah pikiran yang mengatakan bahwa ini sulit.

    Maka, menurut saya orang paling berbahaya di dunia adalah orang yang tidak mempercayai dirinya sendiri. Tidak sulit menemukannya, karena semua jawabannya ada dalam diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  4. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Jika tidak mempercayai diri sendiri adalah hal yang berbahaya maka terlalu percaya pada diri sendiri juga merupakan hal yang berbahaya. Karena ketika kita “terlalu” percaya, maka hal pertama yang akan muncul adalah tinggi hati lalu diikuti egoisme. Penyakit-penyakit hati lain yang sulit ditemukan obatnya juga akan bermunculan. Begitu seterusnya. Maka, yang paling berbahaya adalah “tidak” dan “terlalu”. Ya, sesuatu yang kurang itu tidak baik apalagi tidak ada. Apalagi yang terlalu juga tentu tidak baik. Maukah kita makan sayur yang terlalu banyak gambar? Tentu rasa nya tidak enak, setidaknya lidah kita akan menolaknya.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang yang ingin selalu berkuasa untuk mengendalikan orang lain tetapi tidak dapat mengendalikan dirinya. Seperti halnya negara power now, ia tidak bisa mengendalikan nafsunya, ambisinya untuk menguasai negara lain. Penguasaan secara ekonomi, wilayah, sosial, bahkan fashion. Mereka pasti akan dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  6. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Menurut saya orang yang paling berbahaya adalah orang yang tidak tahu atau tidak sadar akan ruang dan waktunya termasuk diriku. Mengapa demikian? Misalkan para koruptor, mereka sebenarnya adalah orang-orang pandai, tetapi karena mereka tidak sadar akan ruang dan waktunya, sehingga dengan kepandaiannya tersebut mereka melakukan hal-hal yang melanggar hukum baik itu hukum agama maupun hukum formal. Di sisi lain orang yang paling berbahaya dapat juga dianalogikan pada orang yang memiliki hati yang telah mati. Ini berarti orang demikian tidak sadar dan tidak peka bahwa perbuatan yang telah dia lakukan banyak merugikan orang lain, memandang dirinya paling hebat, dan tidak mau mendengarkan nasehat-nasehat sehingga sebenarnya ia tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga merugikan dirinya sendiri.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  7. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend Matematika S2 Kelas B

    Lidah manusia dapat kita ibaratkan seperti sebilah pedang yang tajam, jika kita tak mampu menjaga dan mengendalikan dengan baik maka justru kita yang akan binasa. Dengan begitu, jika ada orang yang tak pandai menjaga lidah atau lisannya, hal itu tidak hanya membinasakan dirinya sendiri, namun orang lain pun akan tersakiti dengan ucapannya. Ia dengan mudahnya menfitnah atau mencaci orang lain dengan kelihaiannya bersilat lidah. Hal tersebut jelas menyakitkan bagi orang lain. Jika dilihat dari sudut pandang filsafat, orang yang tak mampu menjaga lisannya dapat pula dikatakan bahwa ia tidak santun terhadap ruang dan waktu. Maka dapat dikatakan bahwa orang yang tak mampu menjaga perkataan yang muncul dari lisannya merupakan orang yang paling berbahaya di dunia. Semoga lidah kita terus dibasahi dengan perkataan yang mulia.

    ReplyDelete
  8. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang yang berfilsafat tidak dilandaskan dengan pikiran dan hatinya, berfilsafat tidak menggunakan teori para filsuf dan tidak menggunakan ilmu pengetahuannya sesuai dengan ruang dan waktu. Orang ini selalu merasa puas dengan apa yang dimilikinya, tidak mau menuruti hukum dan aturan yang berlaku dan merasa dirinya paling berkuasa.

    ReplyDelete
  9. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Orang yang paling berbahaya di dunia adalah diriku sendiri, di mana diriku dan pikiranku juga hatiku sudah tidak sejalan lagi dengan kenyataan yang aku lakukan. Sangat berbahaya karena kita dapat membuat kerusakan dari sistem-sistem yang ada. Kita bisa mengobarkan perang di mana-mana, bisa melupakan keEsaan Tuhan. Bisa jauh dari Tuhan. Bisa menghilangkan suatu peradaban. Jadi sebenar-benarnya orang yang paling menakutkan di dunia ini adalah diri kita sendiri dengan hati yang lemah dan menjadi sisi hati yang buruk. Karena kita akan merugi selama-lamanya dan terlempar ke lautan manusia yang ingkar di lubang neraka yang dalam. Astaghfirullahal 'adzim.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  10. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Orang yang paling berbahaya itu adalah orang yang determinis. Hal ini karena determinis itu adalah menilai orang sekehendak dia sendiri. Dia menunjuk orang dengan satu jari, maka dengan sendirinya tiga jari akan menunjuk pada diri sendiri, itulah bahaya orang determinis

    ReplyDelete
  11. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah diri kita sendiri. Kita mempunyai akal pikiran dan hati,yang senantiasa bekerja. Apabila kita dapat mengontrol akal pikiran dan hati kita dengan baik, maka tidak akan menjadi bahaya. Sebaliknya jika kita tidak mampu mengontrol akal pikiran dan hati kita maka diri sendirilah yang akan menjadi bahaya bagi kita.

    ReplyDelete
  12. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Selain diri kita sendiri yang paling bahaya di dunia, ada lagi orang yang beruntung. Karena orang bodoh dikalahkan dengan orang pintar. Orang pintar dikalahkan dengan orang berpengalaman. Orang berpengalaman dikalahkan dengan orang beruntung. Jadi orang beruntung juga merupakan orang yang paling berbahaya di dunia.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id