Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Anti Filsafat itu ternyata adalah Filsafat juga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

7 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini adalah objek filsafat. Maka semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini adalah juga objek dari anti filsafat. Semua yang ada di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan yang satu merupakan lawan dari lainnya.namun, tidak berarti pula bahwa lawan adalah berbeda, karena bisa juga lawan adalah sebanrnya hal yang sama dengan dirimu sendiri. Sebenar-benarnya anti tesis adalah tesis juga, sehingga sebenar-benar anti filsafat adalah filsafat juga.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Anti filsafat adalah filsafat juga? Sekilas ini adalah suatu kontradikisi. Seperti kata anti yang digunakan, kata anti menggambarkan sebagai lawan kata. Kemudian saya menemukan blog yang membahas tentang tulisan karya Etienne Balibar dengan judul “Anti Filsafat, Metode Pemikiran Marx”. Etienne Balibar, dalam karyanya tersebut mendudukan pemikiran Marx yang secara signifikan serta konprehensif berdasarkan metode yang digunakan Marx dalam melihat situasi perkembangan masyarakat. Padahal kita tahu bahwa filsafat itu olah pikir. Apa yang dilakukan Marx ini juga sedang berpikir, walaupun ia mengatakan anti filsafat, tanpa disadari ia juga sedang berfilsafat.

    Sumber: http://dhedemahardhika.blogspot.co.id/2013/09/filsafat-batas-filsafat-karl-marx.html

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dalam filsafat, tidak punya struktur berarti punya struktur, yaitu tidak ada. Demikian juga anti filsafat juga merupakan filsafat juga. Sebagai contoh dalam sejarah Karya Etienne Balibar dengan judul “Anti Filsafat, Metode Pemikiran Marx” merupakan suatu problematisasi terhadap filsafat yang menjadi sebuah fakultas atas kebenaran dianggap sebagai sesuatu yang menghalangi untuk menemukan kebenaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Identitas berlawanan dengan kontradiksi, dan kontradiksi memiliki lawannya sendiri yakni makna kontradiksi itu sendiri. Maka, segala sesuatu jelas memiliki kontradiksinya masing-masing. Hidup ini pun benar adalah kontradiksi. Tak terkecuali filsafat juga anti tesisnya adalah anti filsafat.

    ReplyDelete
  5. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Filsafat adalah salah satunya proses berpikir yang logis. Anti dalam hal apapun berarti tidak menyukai hal tersebut atau bisa jadi mempunyai arti mengingkari akan hal tersebut. Untuk mengingkari suatu hal, maka secara tidak sadar tidak juga yakin akan keberadaan hal tersebut. MIsalnya ateis atau anti Tuhan, ia tidak mengakui keberadaan Tuhan tetapi secara tidak sadar untuk mengingkarinya terlebih dahulu telah bergejolak dalam pikirannya akan eksistensi keberadaan Tuhan. Begitupun dengan anti filsafat, pada sesungguhnya bahwa untuk menyanggah atau tidak mengakui akan filsafat, maka secara tidak langsung ia menggunakan pemikirannya untuk mengeluarkan statement-statement. Kembali ke pengertian filsafat bahwa filsafat itu adalah olah pikir, maka anti filsafat sebenarnya juga adalah filsafat.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  6. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Filsafat menganut pemahaman kontradiksi, dimana dengan kontradiksi pengetahuan seseorang akan berkembang. Tesis memiliki anti-tesis dan filsafat pun memiliki anti filsafat, dan ini merupakan bentuk kotradiksi yang terjadi. Oleh karena itu, anti filsafat merupakan bagian dari filsafat juga. Dengan kata lain, pemikiran anti filsafat merupakan pemikiran yang mempunyai arah tentang hubungannya dengan filsafat. Sehingga anti filsafat ternyata filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Filsafat itu apa yang kita pikirkan. Dan sebenar-benar filsafat adalah dirimu sendiri. Apa yang tidak kita pikirkan sejatinya juga kita pikirkan. Kita memikirkan apa yang tidak kita pikirkan. Filsafat adalah diri sendiri, yang menjadi anti kalimat itu adalah filsafat bukan diri sendiri. Padahal diri kita sendiri yang sama persis seperti kita dari ujung rambut hingga ujung kaki, semua sel-sel penyusunnya adalah hanya kita saja. Meski kita kembar identik sekalipun. Karena filsafat sebenar-benarnya adalah diri sendiri, jika bukan diri sendiri, tetap saja itu adalah diri sendiri. Itu adalah kontradiksi.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id