Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 38: Hubungan Antara yang Ada




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya sehingga aku mampu mencari Hubungan antara yang Ada dan yang Mungkin Ada.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

6 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Hubungan antara yang ada dan yang mungkin ada adalah ada jika ada pengada yang mengadakannya, tentu saja dalam lingkungan yang ada. Karena yang ada adalah sesuatu yang pasti keberadaannya, yang tidak ada mungkin saja akan menjadi ada jika ada orang yang mengadakannya, dan tidak mungkin ada jika tidak ada orang yang mengadakannya.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa objek filsafat itu segala yang ada dan yang mungkin ada. Sesuatu dikatakan ada ketika kita bisa menyebutkan minimal satu dari sekian banyak ciri-cirinya. Ketika kita tidak bisa menyebutkan salah satu ciri-cirinya, belum tentu itu adalah hal yang tidak ada, melainkan itu adalah sesuatu yang mungkin ada. Lalu apa hubungannya antara ada dan yang mungkin ada? Ketika kita melakukan kegiatan mengada dan menjadi seorang pengada, sesuatu yang mungkin ada tersebut bisa menjadi ada.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Untuk menemukan hubungan antara yang ada dan dan yang mungkin ada, kita akan memikirkan hubungan yang meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Hubungannya bisa ada dan pada kasus tertentu juga bisa hubungannya yang mungkin ada. Pernyataan ini saja sudah menunjukkan hubungan dari yang ada dan yang mungkin ada. Ketika seorang mengatakan sesuatu itu ada maka belum tentu orang lain mengatakan ada jadi orang lain berpendapat yang mungkin ada. Ketika dalam pikiran hal tersebut ada maka dalam kenyataan bisa ada dan bisa yang mungkin ada. Jadi menemukan hubungan antara yang ada dan yang mungkin ada harus melihat ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  4. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Yang ada yang mungkin ada adalah objek filsafat. Maka, segala yang ada dan mngkin ada adalah sesuatu yang saling terkait. Saya menganalogikan-nya secara sederhana. Menurut saya, sesuatu yang ada berawal dari kemungkinan sebelumnya mungkin ada. Dan sesuatu yang mungkin ada adalah sesuatu yang nantinya ada. Maka ada dan yang mungkin ada selalu memiliki hubungan terkait satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Objek filsafat itu adalah yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada mempunyai struktur dan berhirarki, begitupun yang mungkin ada mempunyai struktur dan berhirarki. Yang sifat nya tetap dan yang mungkin ada itu sifatnya berubah. Yang mungkin ada bisa saja menjadi ada jika ada pengada yang mengadakannya. Misalnya saja pada tempo yang dulu, manusia hanya memimpikan suatu saat mereka akan terbang bagaikan burung. Tetapi dari zaman ke zaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia telah mampu menciptakan suatu teknologi yang dapat membawa manusia terbang melintasi dari satu negara ke negara lainnya, dari suatu benua ke benua lainnya, bahkan membawa manusia untuk sampai di luar angkasa.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  6. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Mempelajari yang ada dan yang mungkin ada merupakan objek dari filsafat, suatu yang ada sudah jelas nyata dan berwujud, sedangkan yang mungkin ada adalah sesuatu yang masih ada di pikiran, sehingga dibutuhkan pengada untuk merubah yang mungkin ada itu menjadi ada. Dengan ilmu pengetahuan kita akan mampu menghubungkan yang sudah ada dengan yang mungkin ada, karena itu merupakan kerjanya akal dan pikiran manusia yang selalu berinovasi dan menemukan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupannya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id