Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat Kelas B 2016
    Manusia diberikan akal untuk berfikir, memikirkan yang ada, kemungkinan-kemungkinan, sebab-akibat, fenomena dll yang berada disekitar kita. Dengan berfikir banyak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan tentang sesuatu yang dapat dirasakan oleh indra. Ada pertanyaan yang jawabannya membutuhkan bantuan orang lain dan ada juga jawaban yang hanya diri sendiri yang tahu, atau ada pertanyaan yang orang lain tidak tahu, dan diri sendiri tidak tahu. Misalnya pertanyaan tentang bagaimana memikirkan yang tidak ada, mungkin manusia tidak ada yang bisa menjawabnya. Jika pertanyaan tentang ruh, bentuk ruh, materi ruh, alam gaib dsb filsafat timur merujuk pada sumber spiritual yaitu Al Quran dan As Sunah maka hanya Allah lah yang tahu tentang ruh, alam gaib dll. maka Filsafat barat menggunakan akal mereka sampai akar-akarnya untuk menjawab pertanyaan yang ada dan mungkin ada, sedangkan filsuf timur menggunakan akal yang dibatasi dengan dogma agama yang bersumber dari Al Quran dan As Sunah.

    ReplyDelete
  2. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban, sebagai contoh pertanyaan penekanan yang hanya ingin meyakinkan seseorang yang diajak bicara, padahal dari pertanyaan tersebut telah secara eksplisit mengandung jawabannya.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Hampir semua pertanyaan pasti ada jawabannya, hanya saja terkadang ada pertanyaan yang tidak ada jawaban. Ada juga pertanyaan yang memerlukan jawaban. Selain itu, ada juga pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Biasanya pertanyaan yang memerlukan jawaban adalah pertanyaan yanng bersifat ingin mencari kepastian dari sesuatu yang mungkin bari dibacanya atau diketahuinya. Contoh lain dari pertanyaan yang tidak ada jawabannya adalah misalnya Soal Ujian nasional tidak ada jawaban yang benar di opsi pilihan. Itu sebenarnya ada jawabannya, tapi tidak ada jawaban benar dalam naskah soal ujian nasionalnya. Ada juga pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, biasanya adalah pertanyaan yang memojokkan. Pertanyaan yang tidak perlu dijawab, biasanya adalah pertanyaan mengenai dogma agama, karena pertanyaan jenis ini sifatnya memojokkan kalau ditanyakan.

    ReplyDelete
  5. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Jadi, pertanyaan yang memerlukan jawaban atau tidak tergantung dari orang yang akan menjawab. Jika ia berkeinginan untuk menjawab maka pastilah oarng yang bertanya akan mendapatkan jawabannya. Sebaliknya, jika orang yang ditanyai tidak ingin menjawab pertanyaan tersebut maka sipenanya tidak mendapatkan jawabannya. Maka itulah yang namanya pertanyaan yang tidak ada jawabannya dan tidak memerlukan jawaban. Jawaban akan didapatkan jika kondisi dan situasi orang yang ditanyai memungkinkan untuk dijawab. Jika tidak memungkinkan, kemungkinan pertanyaan hanyalah sebuah pertanyaan dan jawaban hanyalah sekedar jawaban.

    ReplyDelete
  6. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Tidak semua pertanyaan itu memerlukan jawaban. Pertanyaan seperti ini sering disebut dengan pertanyaan retoris. Dalam pertanyaan retoris ini biasanya jawaban atau maksud si penanya sudah terkandung dalam pertanyaan tersebut. Pertanyaan retoris ini sering dipakai untuk menegaskan suatu maksud, tanpa mengeliminasi kondisi yang sedang terjadi.

    Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Retoris

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Menurut saya tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban. Ada pertanyaan harus dijawab dan juga tidak harus dijawab. Artinya, semua pertanyaan pasti punya jawaban, akan tetapi tidak semua pertanyaan wajib untuk dijawab. Terkadang, kita harus melihat apakah perlu untuk menjawab pertanyaan tersebut, tergantung ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Pertanyaannya, apakah semua pertanyaan membutuhkan jawaban? Menurut saya menjawab sebuah pertanyaan tergantung konteks ruang dan waktu dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan bisa muncul karena adanya rasa ingin tahu dan penasaran dalam diri seseorang. Namun ada pertanyaan yang memang membutuhkan jawaban, tidak mesti harus dijawab, dan ada juga pertanyaan yang memang tidak memiliki jawaban.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  9. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Setiap jawaban ada karena ada pertanyaan. Namun tidak semua pertanyaan, ada jawabannya. Maka apabila ditanyakan, apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya? Menurut saya, setiap pertanyaan memang seharusnya memerlukan jawaban. Namun jenis jawaban ada yang sifatnya langsung dan tidak langsung. Bahkan terkadang, diam juga merupakan jawaban.

    ReplyDelete
  10. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Bertanya merupakan awal seseorang mulai berfilsafat dan tentunya kita mengharapkan adanya jawaban. jawaban yang dapat memecahkan masalah yang ada, namun ada kalanya pertanyaan tidak memerlukan jawaban. Contohnya pertanyaan tentang sesuatu yang di luar batas kemampuan manusia, yang dapat menjawabnya hanya Tuhan. Jangan terlalu mendebatkan pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, karena hal itu akan menimbulkan penyimpangan terhadap keyakinan.

    ReplyDelete
  11. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Apakah setiap pertanyaan memerlukan jawaban?Tidak. Yang ada hanyalah keikhlasan diri kita. Sia-sia kita belajar filsafat jika kita masih menanyakan, apa guna kita sholat?Juga mempertanyakan tentang Allah. Manusia itu menjadi berharga karena apa yang dimilikinya. Hidup ada batasnya. Hidup juga ada pemilik-Nya.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  12. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Apakah setiap pertanyaan membutuhkan jawaban? Menurut saya tidak, karena tidak semua pertanyaan yang terucap dari seseorang belum tentu mengandung unsur menjawab sebuah pertanyaan. Serta ada pula pertanyaan yang tidak memiliki jawaban.

    ReplyDelete
  13. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Menurut saya tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban dari orang lain. Karena ada pertanyaan yang akan terjawab dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, dimana seseorang yang bertanya harus melewati suatu proses terlebih dahulu, sehingga nanti dengan sendirinya ia menemukan jawaban tersebut.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id