Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 29: Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

11 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Tidaklah mungkin semua yang kita katakan mampu ditulis. Tulisan mengandung berbagai keterbatasan seperti kecepatan menulis, dan kerapian menulis. Segala hal yang kita katakan dengan kecepatan berkata dan banyak kosakata, tak akan mampu kita redaksikan semua dalam tulisan. Inilah mengapa dalam perkuliahan filsafat dilakukan perekaman, ini adalah salah satu inovasi dalam pembelajaran untuk mengatasi keterbatsan tulisan untuk menampung semua perkataan.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Kita sebagai manusia memang memiliki banyak keterbatasan yang tetap harus disyukuri. Salah satunya adalah kita tidak bisa menilis secepat yang kita bicarakan. Kita juga tidak bisa menulis semua bunyi-bunyian yang bisa kita lantunkan. Mungkin alasan inilah mengapa recorder diciptakan.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Membahas mengenai kemampuan manusia, berbicara atau mengucap kata-kata dalam keadaan normal kecepatannya melebihi kecepatan normal menulis. Dalam berbicara manusia bisa mengucap kata seperti yang dipikirkan bahkan bisa juga diimprovisasi, namun saat menulis manusia cenderung akan lebih memikirkan lagi apa yang pantas untuk ditulis dari ucapan-ucapan yang telah ada. Menulis biasanya melakukan reduksi dari ucapan, dipilih yang penting atau yang perlu untuk ditulis. Oleh karena itu mengapa tulisanku tak mampu mengikuti kata-kataku

    ReplyDelete
  4. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk ciptaan lainnya. Namun demikian, manusia juga memiliki keterbatasan dan keterbatasan itu patut untuk disyukuri. Karena jika manusia diberikan kesempurnaan dalam sempurna maka yakin dan percaya bahwa hidup ini tidak akan tenang. Salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh manusia adalah dalam hal menulis. Setiap manusia tidak akan mampu mencatat atau menulis setiap kata atau kalimat yang keluar dari mulutnya. Oleh karena itu biasanya apa yang kita tulis adalah inti atau hal-hal yang penting dari apa yang diucapkan. Oleh karena itu tulisan manusia tidak mampu mengikuti kata-katanya.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Manusia memiliki “five sense” yang memiliki fungsi berbeda-beda. Tulisan merupakan sesuatu yang kita tulis, dan kata-kata merupakan sesuatu yang kita ucapkan. Kadang kala apa yang kita tulis belum tentu sama dengan yang kita ucapkan. Seperti halnya, di era modernisasi saat ini dimana media sosial memiliki peran pening dalam komunikasi. Bahkan mungkin, komunikasi lewat sosial media (tulisan) jauh lebih intens digunakan dibandingkan berbicara langsung dengan orang sekitar. Maka, tulisan belum tentu “mampu” mengikuti kata-kata kita.

    ReplyDelete
  6. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Menulis membutuhkan banyak informasi untuk menuangkannya dalam selembar kertas, mentransformasikan bentuk suara ke dalam huruf,kata, kalimat, dan paragraf. Menulis dapat kita ringkas dari perkataan yang begitu banyak, sehingga dapat disimpulkan bahwa berkata-kata lebih cepat dibandingkan dengan menulis.

    ReplyDelete
  7. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Apa yang kita tulis dalam rencana, untuk kita bicarakan atau diskusikan dengan orang lain terkadang berbeda dengan apa yang kita utarakan. Padahal kita telah menulis sebaik-baiknya. Akibatnya kadang kala makna yang akan kita sampaikan tidak bisa tersalurkan dengan baik.
    Sebaliknya, apa yang kita telah katakan, saat kita akan tuliskan kembali ke dalam bentuk refleksi, terkadang tidak bisa kita tulis sama persis. Karena pikiran kita telah dimasuki oleh berbagai informasi-informasi di luar kata-kata kita sebelum kita mulai menulis.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  8. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Manusia memang sempurna dalam ketidaksempurnaan, dan tidak sempurna dalam kesempurnaan. Tidak semua ucapan manusia bisa diungkapkan berupa tulisan. Banyak bunyi-bunyi yang hanya bisa kita dengarkan saja tetapi tidak bisa kita tuliskan.

    ReplyDelete
  9. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Tulisan itu merupakan bentuk nyata dari pikiran, tetapi hal yang lebih mudah dilakukan untuk mengungkapkan ide adalah melalui kata-kata, karena tentu saja kecepatan dalam berkata-kata lebih cepat dibandingkan dengan menulisnya. Maka dari itu, jelas bahwa tulisan itu tidak mampu mengikuti kata-kata. Tetapi ada sisi positif dan negatifnya, dengan kata-kata memungkinkan kita untuk lebih mudah lupa, sedangkan dengan tulisan membekas, jadi dapat dilihat kembali, sehingga ide yang kita tulis dapat kita lihat kembali dan dapat dibaca juga oleh orang lain.

    ReplyDelete
  10. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Apa yang kita ucapkan memang tidak sebanding dengan apa yang kita tulis. Kecepatan berbicara kita tidak sebanding kecepatan menulis kita. Sehingga wajar jika terkadang seorang guru atau pendidik lebih senang seorang murid mendengarkan penjelasan guru sambil merekam daripada dia harus menulis sambil mendengarkan karena itu akan membuat murid tertinggal dengan apa yang dikatakan oleh guru. Konsentrasi murid akan terpecah antara menulis dengan mendengarkan. Jadi wajar jika tulisan tidak mampu mengikuti kata-kata. Walaupun menulis juga sangat penting untuk mengingat apa yang sudah kita pelajari.

    ReplyDelete
  11. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Menulis adalah menuangkan apa yang dikatakan. Namun, faktanya kita lebih cepat dalam berbicara dari pada menulis. Itulah sebabnya menulis adalah bentuk pereduksian dari apa yang ingin dikatakan. Sesungguhnya Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id