Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 25: Ilmuku adalah Kontradiksi itu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Ilmuku adalah sebuah Kontradiksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

11 comments:

  1. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Kontradiksi merupakan hal yang bertentangan atau hal yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Karena ilmu itu ada di dalam pikiran seseorang maka bisa saja ilmu itu menjadi kontradikisi. Kontradiksi yang terjadi di dalam pikiran contohnya yaitu pertentangan antara tesis yang seseorang miliki dengan antitesisnya ataupun tesis yang dimiliki oleh orang lain. Pertentangan antara tesis dan antitesis inilah yang nantinya akan menghasilkan sintesis yang berupa ilmu baru, sehingga dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki seseorang tersebut. Maka sebenar-benarnya ilmu adalah kontradiksi itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Ilmu berasal dari hasil pemikiran manusia. Dalam pandangan Filsafat ilmu bisa di dapat dengan melakukan kajian filsafat secara mendalam, sehingga kita dapat mendapat kan berbagai macam melalu kajian tersebut. Sedangkan kontradiksi merupakan memahami suatu obyek dengan penalaran logis yang memiliki makna kebalikannya. Contohnya Fana adaalah kebalikan makna dari kekal, tesis kebalikan dari sintesis. Sehingga kontradiksi dalam pemahaman sebuah ilmu diperlukan agar tidak tercampur antara obyek yang satu dengan kebalikannya.

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Ilmu itu sesuai dengan yang dipikirkan oleh masing-masing orang. Maka tidak heran kalau ilmu itu sebuah kontradiksi. Semakin kita mendalami suatu ilmu, akan semakin muncul pertanyaan-pertanyaan. Kita juga semakin merasa bahwa ada yang tidak sesuai dengan kehidupan kita. Maka dari itu, kita janganlah mudah berputus asa dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dalam filsafat, dunia adalah ilmuku. Sedangkan segala yang ada di dunia ini sifatnya kontradiksi, sehingga ilmu pun bersifat kontradiksi. Ilmu diperoleh melalui suatu penelitian, penelitian dimulai karena pertanyaan ilmiah, pertanyaan ilmiah muncul karena pikiran kritis yang mengkritisi segala yang sudah ada, seperti aliran Fallibilisme. Fallibilisme berasal dari kata dasar yaitu fallibilis, artinya adalah bisa saja salah (sebuah keraguan). Fallibilisme lebih kepada ketidakpercayaan terhadap sesuatu karena terdapat kemungkinan ketidak benaran. Oleh karena itu dilaksanakan hipotesis, lalu kemudian ilmuwan melakukan penelitian terhadap obyek. Itulah mengapa ilmu itu kontradiksi, karena suatu ilmu berasal dari kontradiksi-kontradiksi yang ada

    ReplyDelete
  5. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Kontradiksi mempunyai pengertian bertentangan dengan apa yang seharusnya terjadi. Dan segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini adalah sifatnya kontradiksi termasuk ilmu itu sendiri. Ilmu itu sendiri berasal dari hasil olah pikir atau pemikiran manusia .Di dunia ini, yaitu dunia pengalaman, dunia ruang dan waktu adalah hukum kontradiksi yang kebenarannya bersifat korespondensi.Itulah kontradiksi. Jadi, di dalam berfilsafat kita harus siap untuk melakukan kontradiksi di dalam pikiran. Namun janganlah berkontradiksi dengan menggunakan hati. Karena apabila terjadi satu kontradiksi di dalam hati, maka di situlah sesosok syaitan akan menghinggapi diri manusia. Oleh karena itu pada hakekatnya semakin kita mendalami suatu ilmu maka semakin banyak kontradiksi yang akan terjadi di dalam pikiran kita.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Secara sederhana, saya memahami arti kontradiksi yakni A tidak sama dengan A. Artinya, sesuatu yang kita pahami hari ini belum tentu sama beberapa saat kemudian. Terlebih, apa yang kita pahami tentu berbeda dengan pemahaman orang lain. Ilmu itu kontradiksi. Kadang kala, bahkan bertolak belakang dengan pemikiran kita.
    Namun yang harus kita pahami bahwa, ilmu itu sejatinya untuk memperbaiki yang salah. Maka, orang yang berilmu adalah orang yang mampu memperbaiki dan menjadi benar, bukan malah sebaliknya.

    ReplyDelete
  7. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend Matematika S2 Kelas B

    Sesuatu dapat dikatakan sebagai Ilmu jika didalamnya terdapat kontradiksi. Ilmuku disini dapat diuraikan dimana ilmu sebagai predikat sedangkan “ku” sebagai subjek atau pemilik predikat. Kita memiliki sesuatu dikatakan ilmu jika yang kita miliki tersebut mengandung kontradiksi. Maka dapat dikatakan bahwa ilmuku adalah kontradiksi.

    ReplyDelete
  8. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Ilmuku yang sebenarnya adalah ilmu yang kontradiksi yang berasal dari rasa penasaran untuk menggali lebih dalam dan membuktikan sendiri kebenarannya. Dengan kontradiksi, aku akan lebih banyak mempelajari ilmu dari konsep dasarnya, sehingga pemikiranku akan lebih kritis ketika menanggapi sesuatu yang menurutku tidak sesuai.

    ReplyDelete
  9. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kontradiksi adalah sesuatu yang bertentangan. Apabila dikaitkan dengan kehidupan, maka kontradiksi adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan jalur kehidupan yang sebenarnya. Artinya adalah sesuatu yang ada di dalam pikiran kita tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, karena apa yang ada di dalam pikiran adalah sesuatu yang tetap, konsisten, absolut. Sedangkan apa yang ada di realita adalah tidak seperti yang ada di pikiran, karena dipengaruhi oleh berbagai faktor kehidupan dan menembus ruang dan waktu. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa ilmu yang kita miliki adalah kontradiksi.

    ReplyDelete
  10. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Datangnya ilmu adalah karena ada pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan di mana. Untuk pertanyaan siapa, bisa siapa saja sebab ilmu bisa datang dari siapa saja. Sebelum kita memperoleh ilmu, tentunya kita menemukan adanya suatu kontradiksi atau hal yang tidak sesuai dengan pendapat kita. Mengapa begini, mengapa tidak begitu, dan sebagainya. Atau bisa jadi kita menemukan sesuatu yang baru dan tanpa sengaja atau sengaja, kita teliti dan kita deklarasikan kepada orang banyak. Itulah proses kita menemukan ilmu secara garis besar.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Kontradiksi adalah sebuah kebalikan atau lawan dari sesuatu hal. Dalam dunia ini sesuatu yang berkebalikan pastilah ada, tidak ada sesuatu yang tidak berkontradiksi satupun. Termasuk ilmu, dalam pencapaian ilmu yang merupakan hasil pemikiran seseorang pastilah berbeda satu sama lain. Tidak akan pernah sama, karena setiap orang akan berpandangan lain dalam melihat sebuah kondisi. Oleh karena itu kita bisa memperluas ilmu kita dengan kekontradiksian ilmu itu.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id