Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 23: Gelar Tertinggi Mencari Ilmu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memikirkan bahwa Ternyata Gelar Tertinggi Seorang Mencari Ilmu adalah Hanyalah Sebagai Saksi Keilmuannya.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

10 comments:

  1. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat Kelas B 2016
    Gelar dalam mencari ilmu adalah sebuah gelar didalam pendidikan formal. Gelar yang diberikan oleh manusia kepada manusia lain sebagai bentuk penghargaan, tanda bahwa telah mendapatkan prestasi atau telah menempuh suatu tahapan yang harus dilalui. Misalnya Diploma diberikan kepada jenjang D1, D2, D3, Sarjana diberikakan untuk jenjang S1, Magister untuk jenjang S2, Dr diberikan untuk jenjang S3, sedangkan Profesor adalah jabatan fungsional dan bukan sebagai gelar akademik, karena tidak ada pendidikan akademik untuk profesor. Dan sebenar-benarnya gelar tertinggi adalah gelar taqwa yang diberikan Allah langsung, sebagai penghargaan tertinggi seseorang mencari ilmu, mengamalkan dan taat kepada perintah dan menjauhi larangan Allah.

    ReplyDelete
  2. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Seseorang yang sedang mencari ilmu tentulah dapat mengukur sejauh mana ilmu yang sudah di dapat dari hasil pencarian. Ilmu yang sudah di dapat itu apakah sudah berguna untuk dirinya dan orang di sekitar serta yang membutuhkannya.. Sehingga gelar tertinggi orang yang mencari ilmu adalah orang yang dapat mengamalkan ilmunya dimanapun, kapanpun, kepada siapapun. Karena sebaik-baik orang yang berilmu adalah orang yang bisa mengamalkan ilmunya dan menjadikannya bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,


    Tak bisa dipungkiri bahwa penilaian formal merupakan hal yang mutlak dalam perkuliahan. Namun, Dalam proses belajar, salah satu hal yang penting yakni kesadaran pribadi agar mau menambah pengetahuan sehingga berbagai pengetahuan tersebut menjadi suatu ilmu yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan. Membawa kemaslahatan bagi manusia lainya. Bukan semata-mata belajar agar bisa menjawab soal ujian, lulus mata kuliah, hingga mendapatkan gelar.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Masih banyak masyarakat yang berlomba-lomba mengejar pendidikan hanya karena alasan gengsi, misalnya hanya mengejar gelar semata. Padahal ada yang lebih penting semua itu, yaitu ilmu yang kita peroleh selama menjalani pendidikan. Bagi orang-orang yang benar-benar mencari ilmu, gelar yang diperolehnya bukan menjadi tujuan utamanya, bukan pula menjadi hal yang disombongkan, melainkan hanya menjadi saksi keilmuannya.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dalam elegi "Kutarunggu sang rakata menyatukan lima gunung (kedua)" dinyatakan bahwa hal yang paling sulit dalam meraih suatu ilmu pengetahuan adalah melihat dan memahami diri sendiri. Untuk melihat, memahami, dan menyadari diri sendiri diperlukan suatu keihlasan, menghilangkan kesombongan, dan rendah hati sebagai tujuannya. Tanpa kerendahan hati dijadikan tujuan, maka tidak akan bisa benar-benar memahami diri sendiri. Oleh karena itu gelar tertinggi dalam pencarian ilmu adalah dapat memahami dan melihat ilmu yang kita cari, dengan kata lain menyaksikan ilmu itu.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Gelar itu persoalan duniawi, yang kita dapatkan karena berhasil mengejar apa yang duniawi harapkan. Setinggi-tingginya gelar belum tentu mampu mengubah “perangai” seseorang, meskipun hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia. Semakin tinggi ilmu, belum tentu membuat seseorang memandang dunia ini tak ubahnya hanya jembatan menuju kehidupan kekal abadi. Tak ada sesuatu yang benar-benar pasti di dunia ini, kecuali kematian. Maka, gelar tinggi pun belum tentu menjamin seseorang lebih baik dibandingkan yang bergelar lebih rendah.
    Individu memainkan perannya masing-masing, dan menjadi peran utama dalam skenario kehidupannya. Maka benarlah bahwa, gelar tertinggi seorang mencari ilmu adalah hanyalah sebagai saksi keilmuannya.

    ReplyDelete
  7. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Tidak dipungkiri bahwa dalam sistem pendidikan yang formal gelar menandakan tingkatan pendidikan seseorang. Mulai dari tingkatan S1, S2, S3, sampai akhirnya meraih gelar Profesor yang merupakan gelar tertinggi dalam mencari ilmu dari sistem pendidikan yang formal. Meskipun demikian gelar tersebut yang disandang oleh manusia sifatnya hanyalah duniawi yang berfungsi sebagai saksi dari perjuangan seseorang dalam meraih suatu ilmu. Menurut saya, gelar tertinggi dari suatu pencapaian ilmu adalah ketika dengan ilmu yang kita raih dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi sekitar kita, sehingga dengan ilmu tersebut seseorang merasa rendah hati karena ilmu yang diraihnya pada hakekatnya adalah pinjaman yang kelak kemudian akan dipertanggung jawabkan, untuk apa ilmu tersebut dipergunakan.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  8. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Gelar yang tertinggi dari seseorang pencari ilmu yaitu ketika ilmu yang telah ia dapat kemudian diamalkan dan bermanfaat untuk orang lain. Dengan demikian maka akan selalu dikenang dan orang-orang yang merasakan manfaatnya akan menjadi saksi keilmuannya, bahkan sampai meninggalpun akan selalu dikenang dan digunakan ilmunya.

    ReplyDelete
  9. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Gelar tertinggi suatu ilmu adalah hanyalah saat kita bisa menjadi saksi keilmuan kita. Maksudnya, saat ilmu yang kita peroleh dapat bermanfaat bagi banyak orang. Karena ilmu yang berguna adalah salah satu amalan yang tidak pernah putus. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa status sosial kita juga akan naik jika kita mempunyai gelar-gelar pendidikan itu dan kita serta merta akan bangga.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  10. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Gelar pendidikan selama ini banyak sekali orang yang mengejar-ngejar semata hanya untuk mendapatkan sanjungan dari orang lain. Hal itu adalah salah inti dari pencapaian gelar adalah perolehan ilmu. Setelah memperoleh ilmu itu tinggal bagaimana kita bisa membagikan ilmu pada orang lain atau memanfaatkannya. Dalam usaha meraih ilmu itu bisa saja kita yang me ciptakan ilmu itu atau kita bisa sebagai saksi bahwa keilmuan itu adalah benar adanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong terhadap ilmu kita, krn bisa saja kita hanya sebagai saksi terhadap ilmu orang lain

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id