Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

23 comments:

  1. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dunia yang ada adalah dunia yang benar keeksistensiannya, yaitu dunia kehidupan. Meskipun berbeda dari timur hingga barat setiap orang mendefinisikannya. Kehidupan selalu jalan maju dan tidak mundur. Kemajuan kehidupan itu selalu berada dan menempati ruang dan waktu yang selalu berbeda. Menit ini berbeda dengan menit berikutnya. Jam ini berbeda dengan jam berikutnya. Hari ini berbeda dengan hari bberikutnya. Bulan ini berbeda dengan bulan berikutnya. Dan tahun ini berbeda dengan tahun berikutnya.

    ReplyDelete
  2. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Ruang setiap orang tidak akan pernah sama. Dan waktu setiap orang pun tidak akan pernah juga sama. Ruang dan waktu setiap orang akan selalu berbeda. Ruang dan waktu seseorang adalah dunia bagi mereka. Dunia seseorang tidak sama dengan dunia orang lain. Karena mereka hidup dalam batasan masing-masing. Secara subjektif, seseorang berperan sesuai dengan kesubjektifannya. Sehingga seseorang dalam ruang dan waktu tidak selalu sama antara subjek lainnya dan lebih lebih dengan objeknya.

    ReplyDelete
  3. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dunia dalam Pikiran. Pikiran merefleksikan dunia kedalam dirinya. Pikiran menyatakan sesuatu yang ada dan mungkin ada. Dalam ruang dan waktunya. Pikiran mampu melihat ruang dan waktu yang lampau. Merekam jejak peristiwa terdahulu. Meskipun waktu terus berjalan. Pikiran seseorang merupakan subjek dan juga sekaligus sebagai objeknya. Objek dunia orang lain adalah pikirannya, dan dapat menjadi objek juga bagi didalam pikiran orang lain. Kemampuan pikiran mampu mentransformasikan dunia satu ke dunia yang lain. Dunia orang lain dapat menjadi objek bagi lainnya dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik.

    ReplyDelete
  5. Dalam kaitannya dengan ruang dan waktu, terdapat sumbu waktu dimana sumbu ini membagi waktu menjadi yang lalu, sekarang , dan yang akan datang. Sekarang merupakan titik tengah sumbu waktu dimana ujung-ujungnya yaitu yang lalu dan yang akan datang. Dalam menjalani kehidupan ada sebuah sumbu yaitu sumbu fatal dan vital dimana pada ujung fatal, orang hidup dengan berserah diri sepenuhnya kepada nasib tanpa ada usaha dan pada ujung vital, orang hidup dengan percaya sepenuhnya pada usahanya sendiri tanpa peduli takdir ataupun nasib yang telah ditentukan, dalam hal ini hendaknya kita berada di tengah sumbu dimana kita percaya pada nasib yang telah ditentukan pada kita tetapi tetap berusaha untuk menjadi atau meraih yang terbaik.

    ReplyDelete
  6. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Transformasi merupakan pergeseran, pergeseran dunia terjadi pada jaman sekarang ini, dilihat dari ruang lingkup negara kita misalnya, jaman sekarang kembali seperti pada jaman dahulu. Trend-trend yang terjadi di masa lalu, kembali lagi untuk dijadikan trend baru kembali, ini mungkin bukan contoh transformasi yang nyata. Tapi berbagai perubahan yang jelas telah terjadi dalam kehidupan masyarakat kita.

    ReplyDelete
  7. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    dunia ini banyak sesuai dari mana kita memandangnya. maka untuk mentransformasikan dunia yang satu ke dunia yang lain maka ada dinding yang menghambat yaitu ruang dan waktu, jika kita bisa menembus ruang dan waktu maka pada hakekatnya kita telah mentransformasikan dunia yang satu kedunia yang lain. seperti halnya dunia yang ada dalam pikiran kita, kita transformasikan ke dalam dunia yang sesuangguhnya yang bisa dirasakan semua orang, atau sebaliknya.

    ReplyDelete
  8. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    dalam kehidupan ini selalu ada dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia metafisik, namun kita harus memahaminya dalam arti yang seluas-luasnya dan dalam arti yang sedalam-dalamnya. ketika kita meninggal dunia maka pada hakekatnya kita telah berpindah dunia yang lain dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. sehingga ada masanya semua hal itu akan di pertanyakan pada dunia setelah dunia kehidupan saat ini, dan pa yang kita perbuat disitulah tempat pertanggung jawaban kita. atau yang lebih sederhana yaitu ketika tidur atau mati kecil, karena pada saat tidur kita akan mengalami perpindahan atau taransformasi dari dunia sadar keduani bawah sadar, karena dalam tidur kita bisa bermimpi ke eropa, bermimpi terbang dan sebagainya, padahal di dunia nyata hal itu blm tentu bisa kita lakukan. sehingga pada saat tidur kita telah memindahkan dunia yang satu kedunia yang lain.

    ReplyDelete
  9. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dunia sekarang ini sudah mengalami banyak perubahan. Baik secara perkembangan teknologi, manusia, alam, dan lain sebagainya. Seolah olah narasi besar dunia sudah mengalami pergeseran alhasil nilai spiritual tidak menjadi yang utama, malah dijadikan sebagai nilai terakhir. Padahal agama adalah dasar dari segalanya. Ia adalah pedoman hidup kita. Kita harus memikirkan nasib kita di akhirat nanti, sehingga dengan visi akhirat, tindak tanduk kita di dunia bisa di atur dan dijaga agar tetap diridhoi Allah.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Saya akan mencoba dengan dua dunia yang sering saya temui selama belajar di jurusan pendidikan matemtika ini. Ya, tentunya tentang dunia matemtika dan dunia siswa. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete
  11. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Sebenar-benarnya dunia adalah dirimu sendiri, dunia tidak bersifat tetap dan dapat bertransformasi tergantung dari ruang dan waktu yang mengikatnya. Misalnya ketika saya sedang mengikuti perkuliahan di kampus berarti saya sebagai seorang mahasiswa dan berada di dunia intelektual dengan berpikir dan berkomunikasi secara formal dan berhati-hati sedangkan ketika saya pulang ke rumah maka dunia saya bertransformasi menjadi dunia sebagai seorang anak dimana tingkat keformalan komunikasi saya berkurang dengan menggunakan bahasa yang paling mudah dimengerti. Sehingga sebenar-benarnya dunia adalah bertransformasi sesuai degan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  12. Siska Nur Rahmawati
    167012510128
    PEP-B 2016



    Dunia sudah mengalami perubahan. Saya merasakan adanya perubahan dunia tersebut dalam dunia pendidikan. Dahulu sebelum internet mudah untuk digunakan, saya belajar hanya dari guru, orang tua, teman, buku di perpustakaan, buku paket di sekolah, dan media cetak lain. Namun, saya merasakan adanya perubahan yang baik terkait sumber belajar. Sekarang internet sudah dengan mudah dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk mengakses pengetahuan-pengetahuan yang belum kita ketahui. Para pendidik zaman sekarang pun sudah banyak menggunakan internet untuk pembelajaran karena siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun tidak terikat ruang dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  13. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Saya akan mencoba mentransformasikan dunia matematika, berdasarkan dunia anak-anak ke dalam dunia orang dewasa. Matematika pada ruang dan waktu anak-anak merupakan matematika konkret, yaitu matematika yang tidak lepas dari benda-benda yang ada pada dunia nyata. Anak bisa belajar matematika yang bersangkutan dengan dirinya atau benda sekitarnya, misal hidung banyaknya ada satu, dia memiliki empat buku, dan dia mempunyai empat boneka. Menurut mereka empat buku berbeda dengan empat boneka, karena matematika mereka sangat terikat oleh ruang dan waktu, sehingga sifatnya relatif dan berubah-ubah. Tergantung terikat pada benda apakah nilai empat tersebut. Pada dunia orang dewasa, seiring berjalannya waktu mereka mulai memahami konsep empat, dan matematika sudah tertanam sebagai konsep dalam pikiran dan tidak terpengaruh oleh benda konkret. Nilai empat pada buku sama saja dengan empat pada boneka sama juga dengan empat pulpen, yang penting adalah empat. Matematika formal atau matematika dewasa, kebenarannya bersifat mutlak.

    ReplyDelete
  14. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Secara sederhana, saya mengartikan transformasikan berarti perubahan. Perubahan yang terjadi di dunia ini adalah sesuatu yang akan terus-menerus terjadi. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yakni; dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Hal ini dapat digambarkan dalam sumbu-sumbu dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif.

    Dalam mentransformasi dunia, terkait ruang dan waktu; yang harus kita ingat adalah waktu terbagi menjadi masa lalu, sekarang dan masa depan. Apa yang terjadi di masa lalu, menjadi pelajaran bagi kita untuk masa sekarang, masa sekarang adalah bibit yang menjadikan buah kita di masa depan, dan masa depan adalah sesuatu yang tidak kita ketahui. Maka jika ada yang bisa dirubah adalah masa sekarang. Jika ingin melakukan perubahan, lakukan sekarang.

    ReplyDelete
  15. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Hidup ini terdiri dari dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Setiap dimensi ini bisa kita katakan sebagai dunia tersendiri. Agar hidup kita seimbang, kita harus bisa mentransformasikan dunia satu ke dunia yang lain. Tidak ada dunia yang lebih menonjol di antara yang lain. Yang kita butuhkan untuk mentransformasikan dunia adalah ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Sehingga kita bisa lebih bijak dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Filsafat adalah ilmu yang mempelajari semua aspek yang ada di kehidupan, sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Untuk mentransformasikan dunia dibutuhkan ruang dan waktu, karena sebenar-benar kita hidup di dunia masihlah terikat dengan ruang dan waktu. Transfromasi dunia juga meliputi semua dimensi yang ada, yaitu spiritual, material, formal, dan normatif.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Manusia hidup di dunia yang saat sekarang ini adalah hakekatnya terikat dengan ruang dan waktu. Begitu pun dalam dunia matematika. Dalam dunia matematika dikenal adanya matematika formal untuk orang dewasa dan matematika untuk anak. Matematika untuk anak adalah matematika yang menekankan pada aktivitas sosial di mana anak-anak mengamati benda-benda sekitarnya, pengalamannya yang kemudian diabstraksi ke dalam bentuk matematika, tetapi dalam bentuk yang masih sederhana. Seiring perkembangan waktu dari matematika sebagai aktivitas sosial lambat laun berubah menjadi matematika formal sesuai dengan kurun waktu tertentu, karena pemahaman anak tentang suatu konsep matematika telah tertanam dengan baik dalam benak mereka, sehingga selanjutnya apabila ada suatu konsep baru yang mereka temui mereka tinggal mengakomodasi atau mengasimilasi konsep tersebut.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  18. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu. Sumbu hubungan subyek predikat menunjukan dimana subyek pada salah satu ujung sumbu dan predikat pada ujung lainnya. Dalam pembelajaran terdapat sumbu dimana logos berada pada ujung sumbu dan mitos berada pada ujung sumbu yang lain. Dalam kaitannya dengan ruang dan waktu, terdapat sumbu waktu dimana sumbu ini membagi waktu menjadi yang lalu, sekarang, dan yang akan datang. Sekarang merupakan titik tengah sumbu waktu dimana ujung-ujungnya yaitu yang lalu dan yang akan datang.
    Dalam menjalani kehidupan ada sumbu fatal dan vital dimana pada ujung fatal orang hidup dengan berserah diri sepenuhnya kepada nasib tanpa ada usaha, dan pada ujung vital orang hidup dengan percaya sepenuhnya pada usahanya sendiri tanpa peduli takdir ataupun nasib yang telah ditentukan. Karena itu hendaknya kita berada di tengah sumbu dimana kita percaya pada nasib yang telah ditentukan pada kita tetapi tetap berusaha untuk mencapai yang terbaik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Saat aku berjalan menuju kampus aku terhenti karena lampu hijau saat hendak menyeberang, namun lampu hijau itu tak berubah-ubah menjadi merah. Padahal mestinya itu sudah berubah namun tidak pernah berubah. Semua kendaraan terus beregerak menerobos sana-sini. Aku menganggap ada yang salah terhadap ruang ini karena aku melihat ada mobil yang bisa terbang dan motor dengan hanya satu roda. Ternyata itu hanya mimpi. Dunia nyata telah bercampur dengan imajinasiku. Dunia realita telah bertransformasi dalam ruang dan waktu dalam pikiranku. Bertransformasi menjadi mimpi yang aneh karena membentuk sendiri ruang dan waktunya dalam mimpiku.

    ReplyDelete
  20. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Dunia disini adalah diri kita sendiri yang menggunakan hati dan pikiran untuk berfilsafat, begitupun sebelumnya ada dunia-dunia yang tidak kita alami, dunia yang ada dan yang mungkin ada. Dunia tradisional kini telah menjadi dunia kontemporer yang diagung-agungkan oleh semua orang, dimulai dari orang barat hingga orang timur mau tidak mau harus ikut mengalami perubahan dunia. Oleh karena itu, gunakanlah power now untuk sesuatu yang bermanfaat, bukan disalahgunakan untuk menguasai dunia.

    ReplyDelete
  21. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika / 16709251014
    Dunia itu pasti akan selalu bertransformasi, berubah, bisa siklik bisa saja lurus, tidak bisa selamanya siklik atau selamanya lurus. Selain itu dunia terbagi atas 4 bagian, material, formatif, normatif dan spiritual itupun bisa diterjemahkan sebagai bentuk transformasi dunia

    ReplyDelete
  22. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Dunia yang saya tahu adalah dunia saya tinggal dan dunia yang tidak tampak. Jika kita mentransformasikan dunia kita ke sana kita lama tak bisa kembali. Sebelum transformasi ke dunia yang asing, ada baiknya kita kenali diri kita bahwa kita cocok ke dunia yang mana. Dua dunia tadi adalah dunia yang sering kita kenal. Padahal arti dunia belum tentu dunia seperti itu. Bisa saja dunia baru yang menjadi perubahan dunia sekarang. Perubahan ke arah lebih baik. Hal itu sangat perlu untuk kebermanfaatan dan kemajuan taraf kehidupan.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dunia yang sedang kita jalani saat ini sejatinya adalah telah dan akan mengalami proses perjalan transformasi dari satu dunia ke dunia lain, mengapa ? Saya berpandangan bahwa dunia kita terdiri dari dunia balita, dunia anak-anak, dunia tremaja, dunia dewasa dan dunia orang tua. Jadi dunia yang kita jalani sekarang ini adalah proses transformasi dari dunia sebelumnya sampai menuju dunia jadi orang tua dan akan kembali lagi bertransformasi ke dunia anak-anak dalam artian disini bukan umur yang akan kembali muda tetapi perilaku akan kembali seperti anak-anak.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id