Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

42 comments:

  1. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pengalaman digunakan untuk merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan dengannya selama periode tertentu. Dari elegy ini bagaiamana pengalaman tersebut digunakan untuk mendefinisikan dunia. Setiap orang mempunyai pengalaman masing-masing berbeda satu dengan lainnya. Dunia yang luas dan banyak menggambarkan kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Setiap orang, sekali waktu dalam kehidupan ini, pasti pernah mempertanyakan dalam dirinya tentang dari mana ia berasal, akan kemana, dan apa tujuan sebenarnya dari kehidupan ini.Dunia ini penuh tipu daya dan kepalsuan, sebagian besar umat manusia berada dalam keadaan tertipu. Kita harus tetap hati hati dan waspadalah jangan sampai tertipu oleh dunia ini.Dunia juga merupakan tempat yang indah untuk dijelajah karena didalamnya penuh dengan keindahan, alami serta sejarah-sejarah yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy Handican
    1670925131
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Pengalaman menurut saya adalah segala hal yang pernah kita alami sehingga dari peristiwa tersebut kita bisa mengambil hikmahnya. Nah, dari hikmah tersebut, kita akan mendapatkan suatu ilmu pengetahuan kita. Dalam kehidupan sehari-hari kita, pada dasarnya, kejadian atau peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan adalah sebagai suatu akibat dari apa yang telah kita usahakan dan perjuangkan sebelumnya. Bila kita mengusahakannya dengan cara yang salah, tanpa perencanaan matang dan pertimbangan cermat, maka kita akan menuai hasil atau kenyataan yang tidak menyenangkan dan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Begitupun sebaliknya, bila kita mengusahakannya dengan cara yang benar, perencanaan matang dan pertimbangan yang cermat, maka kita tinggal menunggu sesuatu yang menyenangkan itu datang pada diri kita. Karena dengan adanya pengalaman terlebih dahulu, jika kita menanggapinya secara positif, maka hidup kita akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  3. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Pengalaman dibangun berdasarkan kajian empirisme. Menurut D.Hume, untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia. Empirisme berpendapat bahwa pengetahuan tentang kebenaran yang sempurna tidak diperoleh melalui akal, melainkan di peroleh atau bersumber dari panca indera manusia, yaitu mata, lidah, telinga, kulit dan hidung. Dengan kata lain, kebenaran adalah sesuatu yang sesuai dengan pengalaman manusia. Empirisme menolak anggapan bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya ketika dilahirkan. Sehingga, pengalaman merupakan sumber terpenting daripada akal dalam membangun dunia.

    ReplyDelete
  4. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016
    Ada yang mengatakan, pengalaman adalah guru terbaik. Menurut saya, hal ini karena dari pengalaman kita belajar bagaimana bertindak kedepannya. Dari pengalaman pula kita menjadi tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Bagaimana kita memaknai masa lampau kita akan mencerminkan hidup kita di masa mendatang. Dunia itu tidak selebar daun kelor, oleh karenanya dibutuhkan pengalaman yang banyak dan bermakna agar kita tidak ikut tenggelam kedalam pusaran arus duniawi. Dan patutlah kita untuk terus berkaca dari pengalaman kita, dan dapat menjadikan pengalaman sebagai pembelajaran dalam hidup kita

    ReplyDelete
  5. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Pengalaman itu bisa bersifat kenyataan, relatif, kontradiktif, plural, dunia. Pengalaman itu realisme. Tokohnya adalah Aristoteles, filsafatnya adalah aristotelian. Dari realisme munculah empirisme dengan tokohnya D. Hume. Dia mengatakan bahwa sebenar-benar ilmu adalah pengalaman. Tidak ada ilmu jika tidak ada pengalaman. Sehingga berdasarkan pengalaman, dunia merupakan suatu struktur yang terdiri dari komponen wadah dan isi.

    ReplyDelete
  6. Nurul Imtikhanah
    13301244002
    Pendidikan Matematika C 2013

    Pengalaman adalah hal yang bersifat realistis. Sehingga dari pengalaman kita dari tidak tahu menjadi tahu. Pengalaman adalah salah satu sistem pembelajaran dari hidup. Dari pengalaman kta dapat mengamati, menganalisis, dan merancang percobaan-percobaan untuk kehidupan kedepan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dunia itu persis seperti apa yang ada di pikiran kita. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya di masa lalu.

    ReplyDelete
  8. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Pengalaman saya, saat orangtua sakit dan dua hari tidak ada perubahan, maka usaha untuk konsultasi ke dokter dijalankan, kemudian seiringnya waktu berjalan, doa pun terus berjalan dan kontinu. Kemudian, lambat laun kesehatan orangtua membaik. Dengan pengalaman ini, saya mendefisinisikan dunia dengan pengalaman doa yang sifatnya tak terlihat. Bahwa sebenar-benarnya hidup adalah dalam keadaan berdoa. Untuk siapa saja, diri sendiri, orang tua, atau orang yang ingin kita doakan tanpa harus mereka tahu bahwa kita mendoakan. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiin

    ReplyDelete
  9. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Pengalaman menjadi salah satu factor penting seseorang dalam mengkonstruk pengetahuan. Karena pengetahuan adalah perpaduan antara logika dan pengalaman. Diri kita terbentuk berdasar pengalaman pengalaman yang telah kita lewati begitu juga dunia ini yang telah melewati jutaan proses pengalaman sampai sekarang. Maka sebenar benarnya hidup adalah mampu mengambil hikmah dari setiap pengalaman hidup. Nantinya, dengan pengalaman yang berarti kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam bertindak, berpikir, memandang dunia seisinya.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013


    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  11. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Pengetahuan merupakan akibat dari proses yang terjadi di dalam diri manusia, dimana pengetahuan tersebut di dapatkan berdasarkan indikasi indikasi yang menjadi penyebab terbentuknya pengetahuan baru. Sehingga pengetahuan tersebut adalah murni sebagai konsep yang terbentuk atas pengelaman seseorang.

    ReplyDelete
  12. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Sebab akibat sebagai suatu proses terjadinya atau terciptanya keadaan dan pengetahuan. Dialami oleh diri yang tercipta secara empirik. Respon indrawi menjadikan terbentuknya pengetahun tersebut sebagi suatu pengelaman yang benar.

    ReplyDelete
  13. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Empirisme, atau empirik, atau aposteriori, atau indrawi, adalah sumber yang menciptakan pengetahuan berdasarkan pengalaman. Observasi dan bersentuhan langsung dengan objek eksternal. Sehingga membentuk struktur dan dimensi pengetahuan. Manipulasi pengelaman sebagai keadaan yang mungkin ada hanya dapat dilakukan secara analitik apriori. Olah pikir sebagai sumber yang menciptakan pengetahuan dan konsep manipulasi.

    ReplyDelete
  14. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Dunia dibangun dari berbagai unsur. Pengalaman adalah guru terbaik, karena dengan pengalaman kita dapat lebih mengetahui sejuah mana pengetahuan yang kita miliki untuk menghadapi dunia. Dunia memiliki berbagai sisi positif dna negatif yang harus dihadapi. Untuk itu kita harus banyak mencari pengetahuan melalui pengalaman

    ReplyDelete
  15. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pengalaman atau Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Empirisme menolak anggapan bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya ketika dilahirkan, salah satu tokohnya adalah David Hume. Menurut pendapat penganut empirisme, metode ilmu pengetahuan itu bukanlah bersifat a priori tetapi posteriori, yaitu metode yang berdasarkan atas hal-hal yang datang, terjadinya atau adanya kemudian, bagi penganut empirisme sumber pengetahuan yang memadai itu adalah pengalaman. Sedangkan akal manusia hanya berfungsi dan bertugas untuk mengatur dan mengolah bahan-bahan atau data yang diperoleh melalui pengalaman. sehingga untuk mendefinisikan dunia adalah dengan pengalaman.

    ReplyDelete
  16. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    dalam memanipulasi pengalaman maka kita harus belajar dari para tokoh filsuf yang terkait yaitu salah satunya adalah David Hume, David Hume merupakan tokoh yang mencetus empirisme. Pemikiran empirisnya terakumulasi dalam ungkapannya yang singkat yaitu I never catch my self at any time with out a perception (saya selalu memiliki persepsi pada setiap pengalaman saya). Dari ungkapan ini Hume menyampaikan bahwa seluruh pemikiran dan pengalaman tersusun dari rangkaian-rangkaian kesan (impression). Pemikiran ini lebih maju selangkah dalam merumuskan bagaimana sesuatu pengetahuan terangkai dari pengalaman, yaitu melalui suatu institusi dalam diri manusia (impression, atau kesan yang disistematiskan ) dan kemudian menjadi pengetahuan.
    Empirisme menganjurkan agar kita kembali kepada kenyataan yang sebenarnya (alam) untuk mendapatkan pengetahuan, karena kebenaran tidak ada secara apriori di benak kita melainkan harus diperoleh dari pengalaman.

    ReplyDelete
  17. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Filsafat tidak datang begitu saja dari langit. Filsafat lahir dari pergumulan hidup manusia itu sendiri dengan segala problema kehidupan. Filsafat merupakan refleksi atas pengalaman hidup yang konkrit, mencoba mencari hakekat setiap permasalahan yang dihadapi manusia. Dalam istilah van Peursen, filsafat mencoba
    menarik akar pengalaman manusia. Tanpa pengalaman konkrit, tidak akan ada filsafat. Tanpa problema kehidupan, tidak akan lahir Socrates dan Plato yang berjuang menentang kaum relativis-skeptis, tidak akan lahir Newton dan Einstein yang merumuskan konsep fisika mereka berdasarkan paradigma mereka masing-masing terhadap alam. Ini berarti bahwa pengalamanlah yang membawa dunia semakin berkembang seperti ini.

    ReplyDelete
  18. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Manipulasi adalah proses rekayasa dengan melakukan penambahan,persembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas sedangkan pengalaman adalah segala sesuatu yang telah dan pernah terjadi dalam kehidupan kita, pengalaman bersifat subjektif karena setiap orang memiliki pengalamannya masing-masing. Memanipulasi pengalaman menurut saya adalah ketika kita mampu menjadikan setiap pengalaman dalam hidup kita dapat dilihat dan dipandang dari sisi positif dengan cara menambah atau mengurangi (manipulasi) realitas yang terjadi sebelumnya. Misalnya pengalaman saya ketika mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di tikungan tajam yang berujung kecelakaan dari hal tersebut maka sekarang saya dapat memanipulasi pengalaman saya yaitu dengan mengurangi kecepatan ketika melewati tikungan tajam agar saya dapat terhindar dari kecelakaan sehingga pengalaman yang terjadi lalu dimanipulasi dan dipandang dari sisi positif agar dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

    ReplyDelete
  19. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Pengalaman merupakan salah satu kunci untuk membangun dunia. Pengalaman yang kita miliki harus kita kombinasikan dengan pengetahuan untuk dapat mengkontruksikan dunia. Dunia menurut pengalaman saya adalah tentang segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Sebenar-benarnya dunia adalah ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Sebenar-benarnya dunia adalah kita mampu meningkatkan keimanan kita kepada Allah untuk menggapai ridhoNya.

    ReplyDelete
  20. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Pengalaman melibatkan unsur inderawi kita yang terjadi dalam dunia fenomena dan merupakan sesuatu yang tampak. Membangun pengetahuan jika didasarkan pada empirisme, dibangun melalui pengalaman. Namun sejatinya pengetahuan adalah perpaduan antara akal dan pengalaman.

    Pengalaman sejatinya menjadikan kita lebih mawas diri, menjadikan akal kita dapat berpikir lebih kritis menghadapi hidup dengan segala persoalannya. Maka menurut saya makna memanipulasi pengalaman adalah belajarlah dari pengalaman, agar esok lebih baik dari hari ini.

    ReplyDelete
  21. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dari pepatah ini kita dapat memahami bahwa dengan pengalaman seseorang mestinya akan menjadikannya pribadi yang lebih baik, karena dengan pengalaman tersebut kita akan lebih kritis, lebih waspada, tidak mudah terjebak, dan mudah mengambil keputusan dalam menghadapi persoalan. Dalam hal menjalani kehidupan, setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Dunia pengalaman dan dunia ide telah banyak diperdebatkan oleh para filsuf sejak dulu. Menurut D. Hume yang beraliran emperisme, pengalaman faktor terpenting dalam pengetahuan, sedangkan menurut Rene Descartes, ratio (pikiran) adalah hal yang terpenting untuk membangun suatu pengetahuan. Dan Immanuel Kant mengatakan bahwa pengalaman dan ratio sama-sama penting untuk membangun pengetahuan.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  22. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Telah banyak pengalaman yang kita lalui sedari kecil yang membuat kita mendefinisikan dunia secara berbeda-beda. Begitu pula setiap orang yang memiliki pengalaman-pengalaman yang berbeda, berbeda pula dalam mendefinisikan dunia. Seiring bertambahnya pengalaman, usia, dan kedewasaan, maka semakin jelaslah seperti apa kita mendefinisikan dunia. Saya sebagai seorang muslim, mendefinisikan dunia adalah sebagai tempat kita menyembah Tuhan Yang Maha Esa, dengan melakukan kebaikan-kebaikan didalamnya untuk mengharap ridho-Nya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  23. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Pengalaman saya belajar filsafat mengarahkan saya pada pemahaman bahwa dunia adalah pikiranku. Menurut Immanuel Kant, jika kita ingin melihat dunia, maka tengoklah ke dalam pikiranku. Bersumber dari pemikiran Kant, maka dapat disimpulkan bahwa dunia adalah pikiranku. Yang ada dan yang mungkin ada merupakan obyek dalam filsafat yang keduanya berawal dari sebuah pemikiran. Dengan berpikir intensif dan ekstensif, kita dapat melihat dunia, kita juga dapat membangun dunia kita dalam filsafat. Apa yang kita pikirkan, itulah dunia kita. Pikiran menghubungkan antara ada dan tidak ada

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    The world is a common name for the whole of human civilization, or for the planet Earth and all life upon it.[1] In terms such as world map and world climate, world is used in the sense detached from human culture or civilization, referring to the planet Earth physically.

    ReplyDelete
  25. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Pengetahuan yang bermanfaat adalah pengetahuan yang dapat digunakan oleh banyak orang, pengetahuan yang pasti dan benar hanya di peroleh lewat indera atau pengalaman, karena kita merasakan. Pemikiran tersebut lahir dengan nama empirisme. Empirisme adalah salah satu aliran yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan serta pengalaman itu sendiri, dan mengecilkan peranan akal.

    ReplyDelete
  26. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Tanpa pengalaman dan perjalanan seseorang, dunia sekiranya mustahil ada. Kita ada karena orang sebelumnya ada. Semua ada asal usulnya. Kita merasa karena orang sebelumnya merasa. Sebelum-sebelum kita juga merasa. Pengalaman mendefinisikan dunia. Kita mengetahui sesuatu yang ada karena orang sebelumnya telah berpijak di sini. Walaupun orang itu sudah tidak ada, namun masih ada di pikiran kita masing-masing. Dunia peninggalan dan titisan mereka juga masih ada. Mereka kembali ke dunia, raga tidur bersama dunia, jiwa bersama Tuhan dengan tenang.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  27. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari apa yang saya pahami bahwa dunia ini terbentuk dari pengalaan-pengalaman individu. Mengapa? Biasanya yang kita sebut materi adalah sekumpulan besar individu sepertti miliaran atom dalam sebongkah batu, miliaran sel dalam tubuh manusia. Bila kita memikirkan "materi", kita pikirkan juga kumpulan semacam itu yang dilihat dari luar. Akan tetapi bila dilihat dari dalam, individu-individu ini adalah pengalaman-pengalaman. Dilihat dari luar saya adalah materi, tapi dilihat dari dalam, saya adalah pengalaman-pengalaman. Tuhan tidaklah menciptakan secara sepihak, melainkan memberi inspirasi kepada para makhluk agar mereka menciptakan diri mereka sendiri dengan menanamkan suatu perasaan penting yang terus berkembang secara bertahap dalam diri mereka.

    ReplyDelete
  28. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Menurut pemahaman saya setiap orang itu memilki dunia yang berbeda-beda seperti apa yang dikatakan oleh Imanuel Kant gak perlu jauh-jauh keliling dunia untuk melihat dunia seperti apa tapi tengoklah fikiranmu karena dunia persis seperti apa yang engkau fikirkan. Jadi saya bisa mengakatakan bahwa pencapaian pengalaman saya pada titik sekarang ini sudah merepresentasikan dunia itu seperti ini di titik pencapain pengalaman seaya sekarang ini dan dunia saya yang sekarang ini beberapa menit kemudian akan berubah menjadi dunia yang baru lebih luas lagi.

    ReplyDelete
  29. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Dalam proses kehidupan, tentunya ada banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan. Banyak hal yang terjadi atau kita alami dalam setiap langkah perjalanan hidup ini. Setiap pengalaman yang kita dapatkan tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Dari berbagai pengalaman itulah, kita dapat mengambil pelajaran. Baik itu pengalaman yang menyenangkan, maupun pengalaman yang menyedihkan. Hal terpenting dari sebuah pengalaman bukanlah apa yang terjadi pada diri kita, melainkan apa yang kita lakukan atas apa yang terjadi. Belajarlah dari setiap pengalaman, karena pengalaman adalah guru kehidupan yang selalu ada bersama kita.

    ReplyDelete
  30. Menurut Kamus Bear bahasa Indonesia (KBBI), Pengalaman diartikan sebagai sesuatu yang pernah dialami (dijalani, dirasai,
    ditanggung).

    ReplyDelete
  31. Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    Pengalaman merupakan suatu proses pembelajaran dan pertambahan perkembangan potensi bertingkah laku baik dari pendidikan formal maupun non formal atau bisa diartikan sebagai suatu proses yang membawa seseorang kepada suatu pola tingkah laku yang lebih tinggi. Suatu pembelajaran juga mencakup perubahaan yang relatif tepat dari perilaku yang diakibatkan pengalaman, pemahaman dan praktek.

    ReplyDelete
  32. Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    Setiap orang memiliki pengalama berbeda-beda sesuai dengan tingkat, cara, dan gaya hidupnya berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
    Pengalaman sejatinya dijadikan dasar pengetahuan dalam menggapai cita-cita setiap insan.

    ReplyDelete
  33. Muhlos Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    Elaine B Johnson (2007) menyatakan bahwa “pengalaman memunculkan potensi seseorang. Potensi penuh akan muncul bertahap seiring berjalannya waktu sebagai tanggapan terhadap bermacam-macam pengalaman”. Jadi sesungguhnya yang penting diperhatikan dalam hubungan tersebut adalah kemampuan seseorang untuk belajar dari pengalamannya, baik pegalaman manis maupun pahit. Maka pada hakikatnya pengalaman adalah pemahaman terhadap sesuatu yang dihayati dan dengan penghayatan serta mengalami sesuatu tersebut diperoleh pengalaman, ketrampilan ataupun nilai yang menyatu pada potensi diri.

    ReplyDelete
  34. Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    Menurut Hitzman,“pengalaman dapat mempengaruhi tingkah laku organisme yang dapat dianggap sebagai kesempatan belajar”. Hasil belajar dari pengalaman kerja akan membuat orang tersebut kerja lebih efektif dan efisien. Pengalaman akan membentuk pengetahuan dan ketrampilan serta sikap yang lebih menyatu pada diri seseorang, jika bidang pekerjaan yang ditangani selama masih bekerja merupakan bidang yang sejenis yang pada akhirnya akan membentuk spesialisasi pengalaman kerja diperoleh selama seseorang bekerja pada suatu perusahaan dari mulai masuk hingga saat ini. Selain itu pengalaman dapat diperoleh dari tempat kerja sebelumnya yang memiliki bidang pekerjaan yang sama dengan yang sedang dihadapi. Banyak sedikitnya pengalaman kerja akan menentukan atau menunjukan bagaimana kualitas dan produktivitas seseorang dalam bekerja, artinya mudah sukarnya atau cepat lambatnya seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan akan dipengaruhi oleh seberapa banyak orang tersebut telah memiliki pengalaman kerja dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Ini berarti pengalaman akan juga mempengaruhi kemampuan dalam bekerja.

    ReplyDelete
  35. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Semoga segala pengalaman-pengalaman yang didapat, dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat secara umum, walau diri masih memiliki keterbatasan dalam melakukannya. Segala pengalaman yang baik, semoga dapat menjadi “jembatan” dalam menuju kehidupan yang kekal.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  36. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengeetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia.

    ReplyDelete
  37. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.
    Pengalaman adalah guru terbaik. Begitu kebanyakan orang mengatakan hal tersebut dan memang benar adanya. Pengalaman mengajarkan kita banyak hal, mengarahkan dan membimbing kita ke jalan yang lebih baik. Kita bisa belajar dari pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun orang lain.

    Bila kita memperbanyak pengalaman, maka kita akan kaya akan sesuatu yang tidak bisa dicuri oleh siapapun di dunia ini karena yang merasakan, yang menanam dan menuai adalah pribadi kita masing-masing. Maka selagi muda, haruslah kita mencari pengalaman sebanyak mungkin agar semakin pula kita kaya akan ilmu ilmu dan pelajaran yang berharga.
    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh.

    ReplyDelete
  38. Miftahir Rizqa
    167012610127
    PEP Kelas A

    Manusia hidup pasti memiliki pengalaman. Pengalaman satu dengan yang lain berbeda-beda. Banyak hal yang berpengaruh terhadap pengalaman manusia, lika-liku kehidupan membentuk pengalaman sendirinya. Tentunya semakin orang dewasa maka semakin banyak pengalaman yang diperoleh.

    ReplyDelete
  39. Miftahir Rizqa
    167012610127
    PEP Kelas A

    Pengalaman dapat membentuk sebuah pengetahuan. Untuk itu gunakan pengalaman untuk mencapai sebuah pengetahuan. Artinya pengalaman akan berarti jika digunakan sebagai bahan referensi untuk memperoleh pengetahuan. Pengetahuan apapun sangat ada kaitannya dengan pengalaman.

    ReplyDelete
  40. Miftahir Rizqa
    167012610127
    PEP Kelas A

    Orang yang gagal tidak akan masuk ke lubang yang sama jika menggunakan pengalaman sebagai sebuah pengetahuan. Sebaliknya seseorang yang sukses tidak akan diperoleh semudah itu tanpa menggunakan pengalaman sebagai bahan refleksi untuk perbaikan-perbaikan.

    ReplyDelete
  41. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Pengalaman itu adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan yang menjadi dasar konstruksi pengetahuan dalam diri manusia. Manusia dapat berkembang pengetahuannya karena melalui pengalaman. Orang dengan pengalaman yang lebih bnyak pasti cenderung akan lebih banyak pengetahuannya. Pengalaman dapat menjadi petunjuk ketika menemui hal yang sama, dapat menjadi pembanding satu daerah dengan daerah lain, dll. Maka perbanyaklah pengalamanmu untuk memperbanyak pengetahuanmu. Tetapi tetap harus hati-hati dalam bergaul, karena tidak selamanya pengalaman itu berdampak baik, dapat juga berdampak buruk tergantung dari lingkungan yang seperti apa kamu mencari pengalaman itu.

    ReplyDelete
  42. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Pengalaman adalah suatu kejadian yang pernah dilakukan dan dirasakan. Pengalaman bisa berasal dari diri sendiri maupun orang lain. Pengalaman adalah pelajaran yang berharga. Dari pengalaman kita bisa merubah diri ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Seseorang dalam hidupnya juga berpijak pada pengalaman sebagai dasarnya, menjadikannya sebagai cara pandang untuk masa depan. Oleh sebab itu, secara tidak langsung pengalaman-pengalaman yang telah terjadi banyak membawa dampak diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id