Oct 21, 2012

Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.




Oleh Marsigit, Yogyakarta

Saya bukan fan penyanyi dan artis Michael Jackson. Sesekali melihat tayangannya di TV dan berita tentang (kematian) dirinya. Kebetulan suatu sore di Indovision, melihat tayangan nyanyiannya yang berjudul “Earth Song”, mungkin maksudnya adalah nyanyian bumi. Dalam artikel ini jika saya meminjam Almarhum Michael Jackson, maka dia meminjam bumi sebagai media untuk menunjukkan ekspresi yang menurut saya dapat diberi judul “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme”. Apa maksudnya?


Sederhana saja logikanya.

Background lagu itu berupa Video apa saja yang diputar berjalan mundur sampai batas dimana manusia memulai eksploitasinya terhadap alam dalam koridor kapitalisme dan pragmatisme. Maka terdapatlah pemandangan menakjubkan yang menggambarkan bagaimana limbah-limbah pabrik di sedot kembali ke dalam pabrik pembuang limbahnya. Tanaman-tanaman yang telah dibabat serta merta berdiri tegak kembali. Hutan-hutan yang gundul serta merta memperoleh kembali tanaman semula yang telah dibabat. Manusia-manusia yang telah mati mengalami kebangkitan bangun kembali menjadi dirinya semula yang belum terkontaminasi oleh dosa-dosa.

Pipa-pipa, kawat-kawat saluran-saluran tergulung kembali dan tersedot kedalam pabrik pembuatnya. Dan pabrik-pabrik meluruh melepaskan bagian demi bagian sehingga tampaklah tanah subur semula seperti sebelum adanya pabrik. Alhasil, proses perjalanan mundur sampailah pada jaman atau saat manusia belum memulai melakukan perusakan dan eksploitasi besar-besaran terhadap alam. Tidak diketahui pasti kapan peristiwa itu, tetapi dapat dilogikakan bahwa itu tentulah bersamaan dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarianisme dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme.

Dengan lagu Earth Song itu, kelihatannya Michael Jackson ingin membayangkan bagaimana indahnya jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Mungkin bisa dibayangkan masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

Namun apalah artinya seorang Michael Jackson?. Tetapi yang menarik adalah bahwa dia adalah seorang artis humanis tentu mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaiman dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Tentu juga hanyalah orang-orang yang nuraninya masih sensitif pula yang mampu melihat fenomena pemberontakan Michael Jackson melalui nyanyiannya Earth Song. Sekali lagi apalah daya seorang diri Michael jackson? Sejarah membuktikan bahwa diapun pada akhirnya tertelan oleh gerakan yang dia lawannya sendiri itu.

Saya melihat masyarakatku dan juga seluruh dunia juga sedang mengalami nasib yang sama. Saya berempati dengan Michael Jackson bukan karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Seperti yang dialami oleh Michael Jackson, saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien.

Sekian, terimaksih.

34 comments:

  1. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Terdapat berbagai cara untuk menunjukkan sensitivitas seseorang. Melalui lagu yang berjudul "Earth Song", Michael Jackson mengemukakan sensitivitasnya, dimana ia merasa prihatin manusia melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap alam untuk kepentingan manusia. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Jackson seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliaran yang ia lawan.

    ReplyDelete
  2. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016





    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dewasa ini, globalisasi telah menyebabkan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme menyerang kehidupan manusia. Paham paham ini membuat manusia tergerus secara moral dan pikiran. Seolah olah agama belum menjadi landasan yang kuat bagi mereka dalam memutuskan setiap aktivitas yang mereka pilih dalam hidup. Miris memang, tapi globalisasi terus berlanjut. Kita harus meningkatkan kompetensi tapi yang terpenting bentengi iman dari hal hal yang buruk.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonism yang berkembang sekarang ini membawa perubahan bagi dunia dan kehidupan manusia. Perubahan yang dimaksud disini tentu saja perubahan yang negatif dan merusak. Gerakan-gerakan itu sendiri bersumber dari manusia-manusia yang sudah dipengaruhi oleh sifat-sifat dari gerakan-gerakan tersebut tanpa menyadari hal itu akan menghancurkannya secara perlahan tapi pasti. Sehingga gerakan-gerakan tersebut menjadikan dunia yang awalnya indah menjadi porak poranda dan hancur. Untuk membentengi diri dari sifat-sifat dari gerakan-gerakan tersebut maka kita harus senantiasa meningkatkan spiritualitas diri kita masing-masing dengan cara beristigfar dan berdoa kepada Tuhan agar kita senantiasa diberi kekuatan menjalani kehidupan yang penuh dengan gerakan-gerakan yang membawa dampak negatif tersebut.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Elegi Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.Yang dapat saya ambil dari elegi ini adalah, betapapun manusia sekarang kebanyakan telah lupa akan hal penting seperti spiritualisme. Manusia telah mengesampingkan spiritualnya demi kebahagiaan hidup di dunia.Padahal, dunia itu hanyalah bersifat sementara.Sehingga salah jika orang hanya mementingkan urusan dunia, sedangkan urusan akhirat dinomor duakan. Padahal niscayanya, manusia akan tinggal kekal di akhirat. Mudah-mudahan kita bisa berpikir dengan baik atas apa yang akan kita pilih kelak, syurga kah atau neraka.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Pada zaman kontemporer ini, yang menguasai dunia strukturnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Lagu ini keluar pada tahun 1995, dalam video tersebut masih belum sekacau sekarang. Yang dahulu saja, mengakibatkan kekacauan dalam kehidupan. Apalagi zaman sekarang ini, pastilah akan terlihat lebih kacau. Michael Jackson memberikan pesan kepada generasi penerus dari sisi humanismenya, untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan lingkungan. Karena akibat dari semua itu akan kembali kepada kita yang tinggal di bumi. Karena pemikiran orang yang ingin bahagia didunia saja, maka tidak akan memikirkan nasibnya saat diambilnya ruang dan waktu. Pesan ini bisa kita teruskan kepada generasi muda yang akan menjadi calon pemimpin dunia untuk melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme dapat dihindari salah satunya yaitu mungkin dengan sikap kepedulian yang spiritualis, humanis (Humanisme adalah suatu pandangan/ paham bahwa manusia hidup dan berkembang sebagai pribadi yang bermartabat luhur serta dengan kemampuan sendiri dapat mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya.) Menurut orang filsafat, humanisme berarti suatu pandangan yang berpusatkan pada manusia. Kesimpulannya, humanisme bermakna negatif) atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

    ReplyDelete
  7. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Layaknya ikan - ikan kecil yang ada di laut, Mendiang Michael Jackson sedang berusaha bermutasi dari limbah powernow berupa kapitalisme, utiliarisme, pragmatisme dan hedonisme dalam bentuk mendaur ulang limbah tersebut dan berusaha meyakinkan ikan-ikan yang lain untuk bermutasi bersama. Akan tetapi, layak ikan kecil, kehidupan mereka juga terbatas oleh ruang dan waktu. Untuk itu, kita yang berusaha bermutasi hendaknya meningkatkan nilai-nilai budi luhur dan spiritual serta mengajak ikan-ikan yang lain dengan membagikan elegi-elegi dalam berbagai bentuk media.

    ReplyDelete
  8. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Gerakan kapitalis, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism yang sedang berkembang bagaikan menutup kegiatan spiritual. Dengan adanya kemajuan zaman terkadang manusia terlena dengan glamornya kehidupan ini, sering terlupakan bahwa manusia sebenarnya adalah makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT, sehingga untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepadanya ia perlu melakukan ibadah yang ditujukan hanya kepada Allah semata.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Setiap orang dapat menunjukkan kepeduliannya dengan berbagai cara. Seorang penyanyi dapat menunjukkan kepeduliannya melalui lagu- lagunya. Salah satunya Michael Jackson lewat lagunya Earth Song. Bagaimana kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme telah merusak bumi ini dari yang semula hijau menjadi abu- abu. Pohon- pohon yang dulu tumbuh sekarang berganti menjadi tembok- tembok pabrik. Kabut yang dulu di antara pohon- pohon kini berganti menjadi asap yang terus mengepul dari cerobong pabrik. Sayangnya semua yang telah hilang tidak akan pernah kembali. Yang telah rusak tidak akan utuh lagi. Tetapi kita dapat memperbaiki nya, meminimalisir kerusakan yang telah timbul akibat kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang tidak hanya telah merusak lingkungan tetapi juga telah merusak spiritual masyarakat. Karena itulah kita dapat memulai perbaikan dengan memperbaiki spiritual kita yakni dengan memohon ampun dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  10. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Seorang penyanyi dunia sekelas Michael Jackson pun tidak dapat melakukan apapun saat ia bergerak sendiri melawan gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Ia hanya bisa menyebarkan keprihatinannya, perasaan sensitivitasnya melalui lagunya. Namun, jika kita secara bersama-sama menunjukkan sensitivitas kita, kepedulian kita, dengan kembali menjadi masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai, perlahan, dimulai dari lingkup terkecil, yaitu diri sendiri, kemudian keluarga dan ke lingkup yang lebih besar dan lebih besar, kita bisa menciptakan perubahan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  11. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Melalui lagu “Earth Song”, Michael Jackson membayangkan bagaimana indahnya kehidupan tanpa Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme. Tetapi tidak bisa kita cegah bahwa manusia tidak sempurna di dalam kesempurnaan dan sempurna di dalam ketidaksempurnaan yang dapat terpengaruh oleh dunia Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  12. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Postingan di atas membahas tentang lagu earth song Michael Jackson. Dia adalah seorang artis humanis yang mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaimana dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Inilah yang disebut efek Power Now, yang sudah melana seluruh dunia.

    ReplyDelete
  13. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Begitu banyak cara orang untuk mengekspresikan pendapat, pandangan, ataupun kritikannya baik itu kepada sistem yang berlaku, kebijakan pemerintah, atau keadaan di sekitarnya. Salah satunya adalah dengan lagu. Pada elegi di atas lagu dari mendiang Michael Jackson "Earth Song" diilustrasikan sebagai suatu impian keadaan bumi jikalau saja sistem gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme tidak berkembang, melainkan sistem yang berkembang adalah masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim. Kita lihat keadaan bumi saat ini, bencana terjadi di mana-mana yang kebanyakan disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri karena tidak lagi menghargai bumi dalam artian melakukan eksploitasi besar-besaran yang terkandung di dalam bumi, hutan-hutan dibabat habis untuk mendirikan gedung-gedung dan sebagainya. Ataupun bisa jadi ini adalah teguran dari Tuhan karena bertindak semena-mena terhadap bumi. Namun demikian, di antara banyak nya orang yang bertindak seperti itu, masih ada orang-orang yang peduli terhadap lingkungan dengan maksud bahwa anak cucu kita ke depannya masih dapat menikmati indahnya bumi ini.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  14. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Michael Jackson mengemukakan sensitivitasnya, dimana ia merasa prihatin manusia melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap alam untuk kepentingan manusia. Paham paham ini membuat manusia tergerus secara moral dan pikiran. Seolah olah agama belum menjadi landasan yang kuat bagi mereka dalam memutuskan setiap aktivitas yang mereka pilih dalam hidup. Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme dapat dihindari salah satunya yaitu mungkin dengan sikap kepedulian yang spiritualis, humanis

    ReplyDelete
  15. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Humanisme adalah suatu pandangan atau paham bahwa manusia hidup dan berkembang sebagai pribadi yang bermartabat luhur serta dengan kemampuan sendiri dapat mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya.) Menurut orang filsafat, humanisme berarti suatu pandangan yang berpusatkan pada manusia. Yang dapat saya ambil dari elegi ini adalah, betapapun manusia sekarang kebanyakan telah lupa akan hal penting seperti spiritualisme. Manusia telah mengesampingkan spiritualnya demi kebahagiaan hidup di dunia.Padahal, dunia itu hanyalah bersifat sementara.

    ReplyDelete
  16. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism dan hedonism yang ada dan berkembang pada saat ini telah membawa pengaruh yang buruk terhadap peradaban kehidupan manusia. Ini dikarenakan manusia sudah tidak menempatkan agama dalam posisi yang paling tinggi melainkan agama ditempatkan diposisi yang terbawah dengan menganggap agama hanyalah sebuah ritual semata yang boleh untuk ditiadakan. Akibatnya manusia menjadi terlalu cinta akan dirinya sendiri dengan berusaha mencari kebahagiaannya sendiri. Karena itu marilah bersama kita introspeksi diri, bertobat dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME karena hanya pada Dialah ada jaminan keselamatan hidup di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  17. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Sosok humanis pencipta dan penyanyi Earth Song, almarhum Michael Jackson ini dikabarkan telah masuk. Islam. Sebagai mualaf, Bintang pop the king of op itu telah masuk Islam dan berganti nama menjadi Mikaeel. Berita ini diungkap oleh Daily Mail, pada sebuah pemberitaan. Di usia 50 tahun, dia menjadi Muslim pada suatu upacara di rumah temannya di Los Angeles. Dilihat sekilas pencarian jati diri dalam kepopuleran tidak mudah, namun bagi para kebenaran apapun akan dilakukan demi sebuah keyakinan.

    ReplyDelete
  18. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Sejarah akhir kehidupannya sangat dramatis, sekaligus bahagia bagi yang mengetahui kebenaran kisahnya. Apalagi secara manusiawai yang memiliki keseragaman paham dan pemikiran. Dan juga bagi para pencari kebenaran dan kehidupan yang benar, sebagaimana Michael jackson mencarinya hingga berakhir dan menjadi kisah yang mengharukan. Michael adalah sangat lemah lembut, tenang, mencintai, dan humanis. Pencari kebenaran tentang hakikat kehidupan.

    ReplyDelete
  19. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Memang mengerikan dunia sekarang yang sudah termakan oleh hedonisme, kapitalisme, pragmatisme. Kebanyakan manusia tidak mendasarkan hidupnya pada spiritual namun pada kepuasan dalam menggapai tujuan dunia. Saya juga merasa bahwa diri saya ini masih kurang jauh dari Tuhan, saya masih lebih mementingkan kepentingan dunia daripada kepentingan akhirat, saya merasa masih memiliki jiwa munafik di dalam hati dan pikiran saya. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita menuju ridhaNya.

    ReplyDelete
  20. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Gerakan-gerakan tersebut telah menyebabkan kerusakan di bumi. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam AL Quran bahwa akan terjadi kerusakan di bumi yang merupakan akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Kita sebagian kecil manusia di bumi ini tentu tidak akan bisa berbuat banyak karena kejadian ini telah merambah ke seluruh dunia. Bahkan pelaku perusakan tersebut kebanyakan adalah orang-orang yang mempunyai kekuasaan yang kuat. Namun, setidaknya kita bisa memulainya dari diri sendiri untuk menjaga kelestarian bumi di sekitar kita. Seperti yang dilakukan oleh Michael Jackson kita juga perlu meningkatkan sinsifitas kita terhadap lingkungan dan membantu orang-orang di sekitar kita agar menyadarinya.

    ReplyDelete
  21. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Setelah saya membaca elegi ini serta melihat kembali video dari Michael Jackson dengan judul Earth Song, benar adanya bahwa pada video ini Michael Jackson mencoba untuk memberikan pesan kepada masyarakat dunia bagaimana mengerikannya akibat dari eksploitasi alam secara besar-besaran, seperti yang terjadi pada saat ini.

    ReplyDelete
  22. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang yang mengesampingkan spiritualis, humanisatau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai menjadikan kekuasan mereka menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan serta manfaat hanya untuk dirinya, tanpa memerhatikan kehidupan orang lain.

    ReplyDelete
  23. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme adalah paham paham yang kini sedang meracuni dunia. Paham paham yang mengakibatkan kekacauan di belahan bumi manapun. Maka sebagai orang yang beragama, kita harus selalu taat akan aturan Allah, menjadi umatnya yang religious sehingga paham paham tersebut tidak menggerogoti identitas kita, masyrakat kita, bangsa dan dunia ini.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  24. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat, terlebih lagi masyarakat dunia. Dan terdapat dampak buruk yang ditimbulkan. Eksploitasi besar-besaran terhadap alam salah satunya. Parik-pabrik yang membuang limbah sembarangan juga merusak alam. Kita sebagai negara Indonesia kaya akan sumber alamnya haruslah menjaga ‘harta’ tersebut untuk generasi selanjutnya
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  25. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Inilah kehidupan. Tenggelam dalam arus yang tak tentu arah dari kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Itulah perhiasan dunia saat ini, Kita hanya berusaha untuk melakukan hal terbaik untuk diri kita, seraya bermunajat kepada Pemilik Seluruh Semesta Alam agar erhindar dari gemerlap nafsu jahat yang senantiasa mamantau kita saat kita berdiri, duduk, atau bahkan terbaring. Sebaik-baik teladan adalah seseorang yang mampu memberikan rahmah bagi sekalian alam.

    ReplyDelete
  26. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Seperti itu lah hidup, kita akan menyadari sesuatu itu indah apabila sudah di lewati dan ada pembanding di depannya, seperti halnay raacun kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme, seandainya itu bsemua bisa didaur ulang dan kembali ke masa dahulu dimana kehidupan tentram dan indah. namun hidup itu adalah saat ini, sekarang, sedaangkan yang sudah brlalu adalah kenangan, maka saat ini adalah masanya seperti itu dan tidak bisa di pungkiri kita tidak akan bisa menolaknya.

    ReplyDelete
  27. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pada hakekatnya apa yang trjadi saat ini adalah sebuah gambaran kebenaran apa yang di kisahkan dalam Al-qur’an, dan melalui Hadits. Bahwa dunia ini akan mengalami akhir zaman dimana kehidupan itu semakin susah dan semakin tidak terkontrol, sehingga pada masanya nanti akan mengalami kehancuran moral, pikiran dsb, lalu kehancuran bumi ini, dan kiamat. Maka kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme dsb, merupakan jalan menuju ke hancuran tersebut.

    ReplyDelete
  28. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    These theoretical differences have led various socialist and communist parties and political movements to embrace different political strategies for attaining socialism, advocate different programs and policies. One example of this is the division between revolutionary socialists and reformists that emerged in the German Social Democratic Party during the early 20th century.
    Marxist understandings of history and of society have been adopted by academics in the disciplines of archaeology and anthropology, media studies, political science, theater, history, sociological theory, art history and art theory, cultural studies, education, economics, geography, literary criticism, aesthetics, critical psychology, and philosophy.

    ReplyDelete
  29. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Dia ingin menunjukan indahnya bumi. Tanpa adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh manusia.

    ReplyDelete
  30. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Fenomena mewabahnya prilaku kapitalim, utilitrianism, liberalism,pragmatism, hedonism sudah bukan lagi menjadi permasalahan kota metropolitan namun sudah masuk ke elemen masyarakat archaic sehingga ini sudah menjadi tantangan setiap pribadi masing-masing orang. Berfikir kritis seraya diiringi dengan doa permohonan perlindungan dari Allah SWT adalah kunci agar kita tidak tergerus arus kontemporer tersebut. Amin

    ReplyDelete
  31. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Kondisi bumi semakin mengkhawatirkan pasca runtuhnya peradaban islam pada 3 Maret 1924 oleh Musthafa Kemal Attaturk agen inggris. Pada saat itu, dunia mulai digoncang dengan kegoncangan yang luar biasa, karena salah satu pilar kemuliaan manusia (peradaban islam) itu sendiri telah runtuh akibat kedzaliman dari para penjajah dan agen-agennya. Kemudian, digantikan oleh peradaban yang destruktif yang dipimpin oleh ideologi kapitalisme. Dari sinilah kerusakan dalam segala lini kehidupan dimulai. Ideologi kapitalisme merupakan ideologi yang destruktif buatan akal manusia yang lemah dan terbatas. Dari kemunculannya saja, ideologi ini sudah batil.

    Adapun ideologi kapitalisme memiliki akidah yang sekulerisme, sehingga menghasilkan sistem sosial yang hedonis, pragmatis dan utilitarianisme. Ideologi ini digunakan para penjajah untuk mengeruk SDA dan SDM yang unggul yang kemudian digunakan oleh barat penjajah untuk kepentingan pribadi dirinya. Alhasil, kini dunia sedang diambang kehancuran.

    Hanya ada satu solusi untuk melawan ideologi kapitalisme. Jika ideologi, maka harus dilawan dengan ideologi pula. Kini dunia hanya bisa berharap kepada kemunculan ideologi yang shahih ini. Adapun ideologi yang dapat dijadikan tandingan ideologi kapitalisme hanyalah ideologi islam. Karena sosialis-komunis sendiri sudah diperlihatkan kerusakannya. Dengan ideologi islam, maka segala permasalahan akan diselesaikan berdasarkan syariat islam. Karena ideologi islam sendiri bukan hanya diperuntukkan untuk kaum muslim saja tetapi juga untuk kemuliaan manusia secara keseluruhan. Ideologi ini berasal dari Allah SWT Sang Maha Pencipta manusia, alam semesta dan kehidupan. Sehingga, mengetahui tentang seluk beluk manusia, alam semesta dan kehidupan dan lebih mengetahui bagaimana cara untuk memperoleh kebaikan manusia itu sendiri.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Ingin dirasa atau tidak, kita merasa. Ingin dilihat atau tidak, kita melihat. Tidak bisa kita menutup mata dan hati sebenar-benarnya dengan kondisi saat ini. Kontribusi Michael Jackson yang seorang pemusik adalah seperti itu. Menggambarkan keadaan dunia saat ini agar kita tahu hal yang sebenarnya terjadi. Sebab semua yang ada di entah layar kaca atau perak adalah kebanyakan ilusi jika kita sadari. Kontribusi kita kepada dunia, paling tidak lingkungan kita, tunjukkan saja dengan dimulai hal-hal di sekitar kita. Kita tidak bisa terus-menerus bertahan dengan kondisi seperti ini yang lama-lama alam akan habis dan kita tidak mempunyai alam lagi.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  33. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Setiap manusia pasti memiliki sensitivitas dan kepekaan terhadap apa yang terjadi dalam lingkungan hidupnya. Kepekaan dapat berupa dukungan maupun pertentangan. Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam mengungkapkan sensitivitasnya seperti Michael jackson yang menciptakan lagu Earth Song sebagai bentuk keprihatinannya ketika kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme terjadi. Kita juga dapat menyalurkan sensitivitas kita terhadap fenomena yang terjadi sesuai dengan apa yang mampu kita lakukan.

    ReplyDelete
  34. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Merenungkan makna yang terkandung dalam lagu Earth Song Michael Jackson, maka akan kita temui betapa ironinya kehidupan dunia saat ini. Mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, dan damai ketika manusia memiliki spiritual yang tinggi sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang. Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Pada video klip lagu tersebut digambarkan bagaimana dunia kembali dari zaman yang zaman setelah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme ke zaman sebelumya yang masih lestari. Maka diperlukan upaya bersama untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam dan kesejahteraan kehidupan. Dengan dimulai dari hal yang kecil dan dimulai dari diri sendiri pada saat ini.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id