Oct 17, 2012

Intuisi Bukanlah Intuitionism




Oleh Marsigit

Ass, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa Logika bukanlah Logicism. Maka saya menemukan bahwa saya perlu menjelaskan bahwa INTUISI bukanlah INTUITIONISM. Hal ini bermula dari pernyataan Ibu Sutiningsih sebagai berikut " Ketika mengajar matematika, saya mengkaitkannya dengan benda-benda konkret yang ada di sekitar kita, dan berkaitan dengan kemampuan penginderaan maka dalam filsafat itu bersifat intuitif".



Tetapi karena belum kesampaian Ruang dan Waktunya maka penjelasannya sementara saya tunda dulu. Tetapi tetap terbuka jika ingin segera dikomentari.

Untuk penjelasan sementara tentang Intuitionism, saya nukilkan dari hasil penelusuran Ibu Nurel (saya menghargainya walaupun beliau dari PSn) sebagai berikut:

Nurel Amelya PSn Kalsel 2010 said...
"Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya (dibawa keluar dari kerangka pemikiran). dan salah satu tokoh ini Brouwer mengungkapkan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Namun paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sehingga menjadi pertanyaan apakah masing-masing pemikiran mempunyai pandangan intuitif persis sama tentang sesuatu"

Sayangnya Ibu Nurel belum memberikan Sumber atau Referensinya. Mohon Ibu, bisa disebutkan sumbernya supaya terhindar dari Plagiarisme.


Demikian semoga bermanfaat.

Amin

40 comments:

  1. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Semua manusia mempunyai intuisi yang berbeda-beda karena cara menganalisa dan berpikir yang berbeda pula. Intuisi merupakan suatu kemapuan yang dimiliki sesorang untuk menganalisa dan berpikir. Intuisi dapat diperoleh dengan berbagai cara bisa dari pengalaman yang berasal dari keluarga, teman, guru, dan lingkungan di sekitarnya atau dengan membaca serta belajar dari buku-buku. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism. Intuitionism sebuah pendekatan di mana dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Intuitionism adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui dmakna dari sesuatu tersebut. Dalam pembelajaran matematika pun intuisi sangat diperlukan oleh siswa, karena engan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan, seperti panjang, dekat, jauh, besar, kecil, banyak, sedikit, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Manusia dianugerahi akal untuk berpikir. Salah satu kemampuan berpikir manusia adalah melakukan intuisi. Matematika merupakan ilmu eksak. Sehingga, dapat dibuktikan secara empiris. Intuisi diperlukan ketika ingin memahami suatu hal secara langsung, tanpa penalaran sebelumnya. Namun, ada kalanya matematika membutuhkan daya intuisi agar bisa memahami konsep yang bisa dikatakan rumit misalnya dalam pembelajaran trigonometri.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  4. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Manusia hidup karena memiliki intuisi. Intuisi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memperkirakan. Sedangkan intuitionism merupakan paham atau aliran yang menganggap manusia memiliki intuisi.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dalam filosofi matematika, intuitionism adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental konstruktif manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas obyektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam realitas obyektif yang terungkap dan diterapkan, tapi malah dianggap penerapan metode internal konsisten digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari keberadaan independen yang mungkin mereka dalam realitas obyektif.

    ReplyDelete
  6. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Menurut Wikipedia, Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya. Allah menciptakan manusia itu tidak ada yang sama persis, sekalipun manusia tersebut itu kembar. sehinggaAllah juga menciptakan manusia dengan intuisi masing-masing. Termasuk siswa dalam belajar. Sehingga dalam pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya. Intuisi anak usia sekolah dasar dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman baik pengalaman ketika ia berada di sekolah, di rumah, di lingkungan keluarga, maupun di masyarakat. Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut.
    Sedangkan intuisionisme merupakan proses mental yang bermula dari memahami dengan konteks intelektualitas yang kemudian dikembalikan lagi pada intuisi (hati nurani) sehingga penilaian tidak semata-mata berakhir pada hasil, tetapi juga proses mencapai hasil tersebut.

    ReplyDelete
  7. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Salah satu tokoh aliran intuisionisme adalah Henry Bergson (1859-1941). Menurutnya, intuisi merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Dan menurutunya tidak hanya indera yang terbatas tetapi juga akal. Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal, Henry mengembangkan suatu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Dalam beberapa hal, intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman inderawi, dan meyakini pengetahuan yang sempurna adalah yang diperoleh melalui intuisi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi itu tidak berasumsi. Intuisi itu sesuatu yang kita tidak tahu kapan dan dimana mulainya. Seperti ketika kita menyayangi seseorang, kita tidak tahu kapan atau dimana kita mulai sayang kepadanya. Seperti ketika kita merasa disayangi ibu, kita tidak tahu kapan kkta mulai memahami bahwa yang seperti ini disayang, yang seperti itu disayang.

    ReplyDelete
  9. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Dengan postingan ini saya menjadi tahu bahwa intuisi yang perlu dibangun di dalam pembelajaran matematika berbeda dengan intuitionism. Seperti yang dituliskan oleh Ibu Nurel bahwa dalam pandangan intuisionisme, matematika berkembang dan berasal dari pikiran dan tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam. Intuisionisme menyatakan bahwa tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga tidak ada penentu kebenaran matematika di luar aktivitas berpikir. Sementara itu, intuisi di dalam matematika sekolah justru menggunakan benda-benda konkret yang ada di sekitar siswa dalam memberikan pengalaman bagi siswa dan membangun intuisinya. Bahkan siswa belajar dari hal-hal tersebut dalam menemukan hukum-hukum matematika.

    ReplyDelete
  10. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Intuisi matematika tidak bisa semata-mata dikatakan jika berhubungan dengan obyek-obyek nyata di alam sekitar. Dari artikel di atas saya jadi tahu bahwa intuisi itu adalah dari pikiran, tidak harus dari obyek luar pikiran. Namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika

    ReplyDelete
  11. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pernyataan Ibu Sutiningsih yang melaksanakan pembelajaran menggunakan media benda konkret sehingga peserta didik menggunakan kemampuan inderanya saat berpikir, hal ini yang berarti pembelajaran yang intuitif. Sedangkan definisi intuisionisme dari Ibu Nurel yaitu paham yang berlandaskan pikiran, seperti ilmu matematika berasal dari pikiran manusia, oleh karena itu bersifat mutlak dan tidak relatif. Saya akan mencoba berpendapat mengenai intuisi bukan intuisionisme,disebutkan oleh Ibu Sutiningsih bahwa intuisi adalah kemampuan belajar yang berkaitan dengan kemampuan indera dalam mengamati benda konkret sehingga dapat membantu dalam membangun konsep. Bukan sekedar olah pikir tanpa alasan. Intuisionisme tidak ada pada realisme objek-objeknya, sedangkan pembelajaran intuisi dapat menggunakan media benda konkret. Hal ini tentu bertentangan, intuisionisme mengatakan tanpa ada realisme, sedangkan intuitif menggunakan benda konkret yang ada pada realisme. Maka intuisi bukanlah intuisionime.

    ReplyDelete
  12. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Intuitionism adalah suatu aliran filsafat yang dimana para pengikutnya mempercayai hidup mereka berdasarkan intuisi. Intuisi merupakan suatu proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melalui proses penalaran secara rasional, dalam matematika intuisi memiliki peran penting untuk membangun pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap matematika. Thompson (1993) berpendapat bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman,sehingga perlunya sedini mungkin untuk mengenalkan matematikan pada anak agar mereka terbiasa dengan matematika dan memperoleh pengalaman-pengalaman yang dapat mengkonstruk intuisi mereka dalam matematika

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dari beberapa literatur, bahwa Intuisi merupakan istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman yang tidak memerlukan sebuah reaksi kritis pemikiran yang biasanya dilakukan oleh reaksi rasionalism, sebagai pandangan pemikiran. Atau Intuisi merupakan cara mengetahui secara langsung atau reaksi seketika.

    ReplyDelete
  16. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Intuisionisme merupakan pandangan pemikiran bebas yang tidak dipengaruhi oleh pemikiran realisme, dimana terdapat objek-objek yang menjadi sebab pikiran merespon. Serta ada pengaruh lain, dari suatu definisi atau bahasa. Intuisionisme masih dipengaruhi oleh pengalaman inderawi, dan meyakini bahwa pengetahuan yang benar adalah yang diperoleh melalui sebuah intuisi.

    ReplyDelete
  17. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Menurut Henry Bergson intuisi adalah hasil dari evolusi pemahaman yang tertinggi. Kemampuan ini mirip dengan insting, tetapi berbeda dengan kesadaran dan kebebasannya.Ia juga mengatakan bahwa intuisi adalah suatu pengetahuan yang langsung, yang mutlak dan bukan pengetahuan yang nisbi. Intuisi bersifat personal dan tidak bisa diramalkan. Sebagai dasar untuk menyusun pengetahuan secara teratur, intuisi tidak dapat diandalkan. Sedangkan menurut wikipedia intuisionisme adalah uatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Henri Bergson (1859-1941) adalah tokoh aliran ini. ia menganggap, tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Obyek-obyek kita tangkap itu adalah obyek yang selalu berubah, demikian Bergson. Jadi pengetahuan kita tentangnya tidak lengkap. Intelek atau akal juga terbatas. Akal hanya dapat memahami suatu obyek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada obyek itu, jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada obyek. Akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari obyek, kemudian bagian-bagian itu digabungkan oleh akal. Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal, Bergsion mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intusi. Ini adalah hasil evolusi pemahaman yang tertinggi. Kemampuan ini mirip dengan instinct, tetapi berbeda dalam kesadaran dan kebebasannya. Pengembangan kemampuan ini memerlukan usaha. Kemampuan inilah yang dapat memahami kebenaran yang utuh, yang tetap, yang unique. Intuisi ini menangkap obyek secara langsung tanpa melalui pemikiran. Jadi indera dan akal hanya mampu menghasilkan pengetahuan yang tidak utuh (spatial), sedangkan intuisi dapat menghasilkan pengetahuan yang utuh, tetap

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  18. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Setelah membaca artikel di atas, saya pun baru memahami bahwa antara intuisi dan intuitionism adalah dua hal yang berbeda, karena Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran. Maka, segala sesuatu itu unik. Perlu pemahaman mendalam. Artikel ini telah menjelaskan bahwa kedua kata yang seringkali dianggap sama dari penyebutannya namun ternyata berbeda makna.

    ReplyDelete
  19. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Intuisi bersifat personal dan tidak bisa diramalkan. Intuisi berdasarkan Webster Dictionary, adalah kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan langsung atau wawasan langsung tanpa melaluiobservasi atau penalaran terlebih dulu. Menurut David G. Myers, penulis buku Intuition: Its Power and Perils [2002], pemikiran intuitif itu laiknya persepsi,sekelebat, dan tanpa usaha. sedaangkan Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran. jadi antara intuisi dan intuitionism berbeda, intuisi ada dan imiliki pada setiap orang, sedangkan intuitionism adalah orang yang menganut paham yang berlandaskan pikiran, orang yang memiliki intuisi belum tentu intuitionism.

    ReplyDelete
  20. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kemampuan setiap peserta didik dalam memahami sesuatu, atau intuisinya, berbeda-beda. Intuisi harus terus dikembangkan, semua peserta didik memiliki kemampuan intuisi yang unik. Guru perlu melatihnya dengan metode, strategi yang unik sekreatif mungkin untuk mempertajam kemampuan intuisi.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  21. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Matematika adalah ilmu eksak dimana untuk memahaminya membutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Dari elegi ini saya mengetahui bahwa sebenarnya intuisi dan instuism itu berbeda. Matematika adalah ilmu intuism yang menggunakan pemikiran manusia. Sebaliknya, intuisi adalah hal konkret dalam kehidupan kita. Apakah tidak sebaiknya matematika itu dipelajari dengan menggunakan benda-benda konkret untuk mengkonkretkan matematika ?

    ReplyDelete
  22. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Intuitionism, atau neointuitionism (lawan preintuitionism ), adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam dari realitas objektif yang terungkap dan diterapkan tetapi malah dianggap penerapan metode yang konsisten secara internal digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  23. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sebagai contoh seseorang yang akan mendahului kendaraan di depannya dia kana menggunakan intuisinya apakah bisa atau tidak tanpa mengukurnya terlbih dahulu. Sedangkan untuk intuitionism lebih kepada sebuah paham atau bisa disebut pengetahuan intuitif. Pengetahuan intuitif merupakan pengetahuan langsung tentang suatu hal tanpa melalui proses pemikiran rasional. Kemampuan seperti ini bergantung kepada usaha manusia itu sendiri. Sebenarnya inti dari keduanya sama yaitu menemukan suatu hal tanpa melalui proses pemikiran yang rasional. Namun, yang membedakannya adalah pahamnya,jika intuisi dianggap sebagai benda, maka intuitionism adalah wadahnya.

    ReplyDelete
  24. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Dalam pandangan intuisionism, beranggapan bahwa tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahas yang menjembatani. Pandangan tersebut sangat bertolak belakang dengan intuisi pada matematika. dalam pendidikan matematika, kita banyak sekali menemukan contoh-contoh yang realistik dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. oleh karena itu dalam pembelajaran matematika intuisi bukanlah intuisioniism.

    ReplyDelete
  25. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    ome things are just right, and some things are just wrong. How do I know? Because I know. I know that good is good because I know that good is good. I just know, you know? I know because it's obvious. I know because it's intuitive. Intuition is the ability to understand something without conscious reasoning or thought.
    So, Intuitionism is the philosophical theory that basic truths are known intuitively. Basically, your intuition knows something because it is true. Universally, objectively, true. When you're a philosopher, looking for the fundamental sources of morality, that's a pretty major claim to make.

    ReplyDelete
  26. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari apa yang bisa saya pahami dari apa yang telah dinukilkan diatas bahwa intuitionisme dalam matematika adalah apa yang telah terbentuk dalam pikiran kita, baik itu rasional maupun logika. Apa yang ada diluar (pikiran) yang bisa menunjukkan sistem dan pola matematika, pikiran kita sendiri yang menyusunnya menjadi sistem dan pola yang mengikuti aturan dan hukum matematika yang telah terbentuk dalam pikiran, sehingga secara sederhana, adalah hal-hal konkret diluar pikiran kita terkait matematika adalah baynagn dari matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  27. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Intuisi didefinisikan sebagai kognisi yang secara subyektif kebenarannya terkandung di dalamnya, dapat diterima langsung, holistik, bersifat memaksa, ekstrapolatif, tidak analitis, tanpa suatu proses penalaran secara logis. Yang dapat kita lakukan adalah selalu membelajarkan siswa untuk mengembangkan gagasan sendiri dalam memahami pengetahuan matematika dan memecahkan masalah-masalah matematika

    ReplyDelete
  28. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Intuisi dapat merupakan hal yang kita ketahui namun kita tidak mengerti kapan pertama kali kita tahu. Contoh : kapan pertama kali kita merasakan sedih, kenyang, kita tidak tahu. Intuisi juga dapat diartikan pengalaman. Intuisi yang terbesar adalah intuisi ruang dan waktu. Intuisi berguna sekali bagi kita untuk membedakan sesuatu, untuk menyimpulkan sesuatu. Hidup ini memerlukan intuisi. Sub Hidup sendiri yaitu matematika juga memerlukan intuisi. Ah aku tidak mengerti menjawab soal misalnya, atau membuktikan teorema. Dengan intuisi, kita bisa berjalan-jalan kemanapun untuk melihat pemikiran-pemikiran yang lain yang dapat men-charge suatu konsep pemikiran di dalam diri kita. Kita bisa mencari intuisi seseorang baik secara tertulis atau tidak.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  29. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Menurut Henry Bergson (1859-1941) intuisi merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Unsur utama bagi pengetahuan adalah kemungkinan adanya suatu bentuk penghayatan langsung (intuitif),di samping pengalaman oleh indera. Sedangkan intuisionisme merupakan proses mental yang bermula dari memahami dengan konteks intelektualitas yang kemudian dikembalikan lagi pada intuisi (hati nurani) sehingga penilaian tidak semata-mata berakhir pada hasil, tetapi juga proses mencapai hasil tersebut.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  30. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui dmakna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran. Intuisi matematika tidak bisa semata-mata dikatakan jika berhubungan dengan obyek-obyek nyata di alam sekitar. Dari artikel di atas saya jadi tahu bahwa intuisi itu adalah dari pikiran, tidak harus dari obyek luar pikiran. Namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika. Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut. Sehingga dengan begitu siswa mempunyai pengalaman matematika yang memudahkan siswa untuk memahaminya dan dapat menyelesaikan matematikamya dengan cara dan kemampuan sendiri.

    ReplyDelete
  31. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Pembelajaran matematika pada siswa merupakan pembelajaran yang mengembangkan intuisi siswa. Intuisi merupakan suatu pengetahuan yang sudah terbentuk dalam pikiran manusia begitu adanya. Pengetahuan tersebut sudah ada begitu saja sehingga kita tidak sadar kapan, di mana, dari siapa kita mengetahuinya.

    ReplyDelete
  32. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Intuisi merupakan sesuatu yang sudah ada dalam pikiran kita. Intuisi bisa berkembang sesuai dengan tahap perkembangan siswa. Peran guru memfasilitasi pembelajaran matematika dengan mengembangkan intuisi siswa, bukan sebaliknya. Pembelajaran matematika pada siswa merupakan aktivitas sosial yang berkaitan dengan kehidupan mereka, bukan definisi yang dapat membunuh intuisi siswa.

    ReplyDelete
  33. saya kira intuisi dan intuism berbeda sebagaimana berbedanya empiris dengan empirism, realis dengan realism yang mana intuisi adalah obyek dan intuism adalah predikat yang disematkan jika melakukan aktifitas intuisi sebagai obyek. Maka jika obyek dan predikat berbeda maka intuisi dan intuism juga akan berbeda.

    ReplyDelete
  34. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Intuisi berbeda dengan intuisionisme. Kalau intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisioniseme merupakan aliran filsafatnya intuisi yang mana aliran ini menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia (intuisi).

    ReplyDelete
  35. AJI SANTOSO
    13301241034
    PMA13

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Intuisi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memperkirakan. Sedangkan intuitionism merupakan paham atau aliran yang menganggap manusia memiliki intuisi.

    ReplyDelete
  36. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Semua yang ada ada yang mungkin ada adalah intusisi dan sebenar benar hidup kita adalah intuisi. Matematikapun intuisi. Dari bangun sampai tidur lagi hidup kita juga 99% adalah berdasar intuisi. Maka intuisi itu penting dan intuisi yang intuisi ruang dan waktu. Untuk mengetahui waktu kita butuh ruang . Untuk mengetahui ruang kita butuh waktu. Ruang ada di dalam waktu. Waktu ada di dalam ruang.
    Dan sebenar benar waktu adalah intuisi atau kesadaran.
    Awal dari ilmu aadlah kesadaran akan ruang dan waktu. Maka kesadaran waktu itu juga penting.
    Intuisionism adalah aliran yang menyatakan bahwa manusia berbuat sesuatu tanpa harus belajar arti dari kegiatan/keputusan yang diambil.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  37. Manusia dilahirkan dengan membawa atau memiliki intuisi. Kepekaan terhadap fenomena alam dan sosial sudah tertanam namun sejauhmana kita mampu mengolahnya bergantung pada diri kita sendiri. Intuisi juga bagian dari Filsafat karena Filsafat meletakkan ini sebagai salah satu sumber pengetahuan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  38. Kemampuan manusia untuk mengembangkan intuisinya dapat bermacam-macam cara. Berfikir tentang sesuatu yang ada dan yang mungkin ada bisa membantu mengolah intuisi. Intuisi yang diolah berdasarkan pengalaman akan berkembang setahap demi setahap dengan sendirinya sepanjang ada proses pengamatan terus menerus terhadap fenomena yang terjadi.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  39. Dalam konsep masyarakat tradisional. Intusi berkembang menjadi kearifan local (local wisdom). Dalam masyarakat petani adanya "pranata mangsa" atau pola tanam berdasarkan pengamatan iklim menjadi pegangan petani untuk melakukan kegiatan penanaman padi, kedelai dan sebagainya dengan patokan ini. Sehingga ini juga bagian dari pengetahuan masyarakat yang dapat dianalisis secara ilmiah.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  40. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisionisme suatu anggapan bahwa ilmu pengetahuan dapat dicapai dengan pemahaman langsung atau juga Intuisionism adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia Henri Bergson (1859), seorang tokoh Intuisionisme menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah, jadi pengetahuan kita tentangnya tidak pernah tetap. Intelek atau akal juga terbatas. Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal tersebut, Bergson mengembangkan satu kemampuan yang dimilki oleh manusia, yaitu intuisi


    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id