Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

25 comments:

  1. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latin atomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya. Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete
  2. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal dan beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. Atom yang tidak bisa dibagi lagi walaupun sudah paling kecil pun karena partikel-partikelnya sudah terurai.

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat).

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat.
    Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom kayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom air”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lainlain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom, missal ferrum (besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atom hidrogen dan atom oksigen. Meskipun yang telah dinamakan “atom” ternyata masih dapat dibagi lagi (proton, elektron dan netron) – dan lalu lebih kecil lagi (quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada ‘apakah bagian elementer itu’, melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu’. Namun model Democritus ini kurang memiliki bukti eksperimental, namun baru tahun 1800an bukti eksperimental muncul

    ReplyDelete
  5. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. i. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. (http://angeldamai.blogspot.co.id/2011/08/pengertian-atom-menurut-democritus.html).

    Dari penjelasan yang dikatakan oleh demokritus pada 23 abad yang lalu, bahwa atom merupakan bagian kecil dari materi. Hal itu dibantah oleh Al-Qur’an sekitar 14 abad yang lalu. Hal ini tertera dalam QS. Yunus: 61, yang mengemukakan bahwa ada yang lebih kecil lagi dari atom yaitu dzarrah (partikel sub atom). Partikel tersebut terdiri atas proton, elektron, dan neutron.

    Dari hal ini, dapat diambil sebuah pelajaran bahwa di dunia ini ternyata terdiri kumpulan2 sub atom. Shingga membentuk struktur kehidupan yang selaras dan seimbang. Sub atom ini adalah bukti kebesaran Allah, bahwa dalam diri makhluk, terdapat partikel yang menyusun makhluk tersebut. Maka, semakin yakin bahwa tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak taat dan patuh terhadap segala aturan-Nya. Maka, berusaha untuk taat dan patuh terhadap aturan Allah itulah adalah bentuk rasa syukur kita, karena telah diciptakan dengan sebaik-baiknya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  6. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Berdasarkan salah satu sumber mengatakan bahwa Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom A”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom B”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lain-lain. Seperti halnya yang terjadi di dunia ini, terdiri atas kumpulan manusia yang mempunyai karakter yang berbeda-beda dan mempunyai pikiran yang berbeda-beda, tetapi mereka dapat berkolaborasi membentuk suatu dunia baru yang ikut dalam peradaban dunia.

    ReplyDelete
  7. 16701251016
    PEP B S2
    Konsep penyusunan sebuah nateri yang di gagas Democritus dengan komponen terkecil adalah atom. Dari bagian yang terkecil pada sebuah partikel ini sudah mutlat, tidak dapat di bagi menjadi bagian lain lagi.
    Gagasan ini secara luas bisa mengatahkan dalam suatu konstruk dunia yang seutuhnya. Dunialun mempunyai berbagai partikel penyusun, dari yang terkecil hongga berukuran mega besar. Itu semua sudah diatur sedemikian rupa sehingga terbentuklah dunia yang sebagaimana mestinya Tuhan tetap kan

    ReplyDelete
  8. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Atom adalah partikel terkecil dari sebuah benda atau materi. Hal tersebut juga dikatakan oleh Democritus yang menyatakan bahwa jika suatu materi dibelah secara terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom dan hal tersebut sudah tidak bisa diurai kembali karena sudah merupakan partikel terkecil. Kaitannya dengan dunia, bahwa dunia terdiri dari milyaran atom atom yang ada di udara, menempel pada tubuh manusia, rumah, sekolah dimanapun itu. Hal ini menunjukkan keesaan Allah SWT yang dengan kekuasaanNya bisa menciptakan hal hal yang luar biasa bahkan sekecil atom Allah merawat mengatur proses kehidupannya.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Democritus menyatakan terhadap suatu materi yang terkecil adalah atom merupakan sebuah konsepsi. Partikel terkecil yang tidak memiliki pembagian lagi atau tidak dapat diperkecil atau direduksi. Sebuat pertikel kecil yang apabila dikombinasi, disusun, dirangkai, dikelompokkan, dikumpulkan, maka akan membentuk beragam bentuk dan jenisnya.

    ReplyDelete
  10. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Istilah atom yang disebut Democritus merupakan definisi terhadap penemuannya. Konsepsi yang terbentuk dari suatu proses analitik dan rangkaian indrawi melahirkan pengetahuan yang menjadi dasar perkembangan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  11. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Diakui dengan konsep pengetahuan bahwa atom adalah partikel materi terkecil di dunia. Dan merupakan partikel dari seluruh objek objek yang ada, dan mewakili seluruh keadaan yang diketahui secara empirik, baik objek terkecil hingga terbesar, maka dapat didefinisikan bahwa dunia sebagai objek adalah kumpulan kumpulan atom. Bahkan secara radikal disebutkan bahwa kehidupan ini adalah atom.

    ReplyDelete
  12. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Intensifnya konsep atom dari Democritus adalah pengklasifikasian atom ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil disebut atom. Sedangkan ekstensifnya konsep atom Democritus adalah ia beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. Inilah mengapa ia mampu mendefinisikan dunia, karena dunia ini terdiri dari tak hingga banyaknya atom-atom yang berbeda yang masing-masingnya punya sifat khusus yang mambedakannya dengan yang lain.

    ReplyDelete
  13. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Teori Model Atom Democritus. Permodelan model atom yang diberikan oleh Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi. Karena ketika suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun fundamental/ mendasar yang disebutnya dengan Atom. Pendapat teori tentang atom ini dapat diterima pada saat itu dikarenakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berkembang seperti sekarang ini. Kelebihan dan kelemahan teori atom Democritus. -Kelebihan : Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom. Kelemahan : Belum menjelaskan mengenai atom secara mendetail.

    ReplyDelete
  14. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Menurut Democritus atom adalah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta. sehingga jika mencoba mengekstensifkan dan mengintensifkan pikiran kita dengan menggunakan teori tersebut untuk mendefinisikan dunia, maka dapat di pahami bahwa dunia itu sendiri adalah kecil dan merupakan kumpulan dari atom-atom yang sangat banyak, dan bila dilihat lagi maka dunia ini merupakan kehidupan yang paling sederhana, bagaikan atom, jika kita melihat lebih luas masih banyak lagi dunia-dunia lain yang terstruktur. namun mengenai kebenaran hal itu Wallahu A'lam. Hanya Allah yang Maha Mengetahui. dan Maha Kuasa Allah SWT. yang telah menciptakan bumi ini dari partikel terkecil sekalipun (atom) dengan begitu sempurna. maka kita harus bersyukur dan menjauhi sifat sombong.

    ReplyDelete
  15. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Democritus dikenal dengan pengembangan teori penyusun materi dimana Democritus berpendapat jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi).Kaitannya dalam membangun dunia adalah ketika mempelajari ilmu maka teruslah berusaha berpikir secara intensif dan ekstensif untuk menemukan ilmu yang sebenar-benarnya dengan terus menggali dan membelah lebih dalam lagi sampai menemukan hakekat ilmu yang sebenarnya atau sampai pada batas kemampuan berpikir kita

    ReplyDelete
  16. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Democritus berpendapat bahwa di dalam sebuah partikel itu jika dibelah terus-menerus akan ditemukan sebuah bagian terkecil yang dinamakan dengan atom. Atom adalah bagian terkecil dari sebuah partikel atau materi. Dalam memahami dunia dengan menggunakan teori democritus dan atom. Saya berpandangan bahwa dunia itu terdiri dari bermilyar-milyar atom penyusun yang tidak bisa dipancainderakan oleh manusia. Bagaimana bisa zat kecil yang tidak bisa kita inderakan bisa digunakan untuk menyusun dunia? Ini adalah kekuatan Tuhan yang menciptakan dunia berserta isinya dengan sangat rinci.

    ReplyDelete
  17. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Teori Atom Demokritus adalah teori atom yang ditemukan oleh Democritus. Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurutnya, jika suatu materi dibelah erus menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Maka, atom adalah bagian terkecil dari suatu partikel. Maka, betapa Maha Agung yang menciptakan alam semesta dan isinya, Allahu Akbar.

    ReplyDelete
  18. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut Democritus bahwa suatu material terdiri atas partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga tidak dapat dibagi lagi atau bisa disebut dengan atom. Democritus sendiri merupakan seorang yunani kuno yang hidup pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 sebelum masehi. Dari pendapat Democritus diatas, dapat dilihat salah satu bentuk kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu hendaknya kita selalu taat dan patuh kepada-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  19. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Democritus adalah salah satu filsuf Yunani yang memberikan sumbangan pengetahuan terkait dengan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus, Jika sebuah batu dibelah dua, kemudian setiap hasil pembelahan tersebut dibelah kembali, dan demikian seterusnya hingga tidak dapat dibelah lagi, setiap belahan batu mempunyai sifat yang sama dengan batu asal. Democritus menyebut bagian dari belahan batu yang paling kecil itu dengan istilah atomos (A = tidak, TOMos = dipotong-potong), yang artinya "invisible" (tidak terlihat). Berdasarkan teori Democritus, atom yang menyusun setiap zat berbeda satu sama lain. Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil disebut atom

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  20. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Sama seperti halnya dunia. Dunia jika terus kita bagi, akan menghasilkan atom, yang tidak bisa trrbagi lagi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    he world-view contains something more than scientific information. It is a crucial regulative principle of all the vital relationships between man and social groups in their historical development. With its roots in the whole system of the individual and society's spiritual needs and interests, deter mined by human practice, by all man's accumulated experience, the world-view in its turn exerts a tremendous influence on the life of society and the individual.

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    he world-view contains something more than scientific information. It is a crucial regulative principle of all the vital relationships between man and social groups in their historical development. With its roots in the whole system of the individual and society's spiritual needs and interests, deter mined by human practice, by all man's accumulated experience, the world-view in its turn exerts a tremendous influence on the life of society and the individual.

    ReplyDelete
  23. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari referensi yang telah saya baca, Democritos berpandangan bahwa segala materi fisik ini tersusun atas materi-materi kecil yang disebut Atom. Atom dengan mata telanjang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun keberadaanya pasti ada. Ini bisa diibaratkan dengan sepotong kapur yang dibelah terus menerus hingga mementuk bubuk, sebutir bubuk itu juga bisa dipecah-pecah lagi hingga kemateri paling intinya yaitu atom. Begitupun dengan Dunia ini. Jika kita berpikir sebaliknya tentang kapur tadi, kondisinya juga sama dengan alam semesta. Mulai dari atom, atom membentuk bubuk, bubuk membentuk potongan-potongan kapur, potongan kapur membentuk kapur, kapur memebentuk gunung, gunung membentuk daratan di bumi, bumi membentuk susunan tata surya, tatasurya membentuk galaksi, dan seterusnya. Namun itu adalah pandangan tentang materi fisik, ini berbeda dengan konsep struktur yang bersifat metafisik.

    ReplyDelete
  24. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Maka untuk menganalogikan terjadi dunia bisa kita merefrensikan prosesnya seperti butiran pasir dapat membentuk pantai. Karena seseuatu yang terbagi-bagi jika disatukan akan membentuk kesatuan.

    ReplyDelete
  25. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Berikut ini pengertian dari intensif, ekstensif, juga sejarah Teori Atom Democritus :
    Intensif dan ekstensif adalah dua sifat yang berhubungan dengan keadaan termodinamika dari suatu sistem. Sistem merupakan bagian dari alam yang menjadi pusat perhatian utama dalam terjadinya sebuah eksperimen. Sistem dapat ditandai dengan adanya volume dalam besaran tertentu, serta mol gas yang terdapat di dalamnya (www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-intensif-dan-ekstensif/).

    Teori Atom Democritus (460 SM–370 SM)
    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat (http://www.forumsains.com/artikel/perkembangan-teori-atom/).

    Democritus menyatakan bahwa atom adalah partikel yang fundamental dari suatu materi yang tak bisa dibagi lagi. Nyatanya hal itu menjadi sesuatu yang diakui seluruh umat manusia sampai sekarang meskipun sempat ditentang oleh Aristoteles. Hikmahnya adalah berdasarkan pemikiran intensif dan ekstensif, sesuatu itu bisa kita akui jika kita bisa melihat, merasakan, mengetahui keberadaanya, dan menunjukkan bentuk-bentuknya. Debu itu ada, meski sangat kecil, dia ada. Dia ada karena ada pengada dan mengada. Sesuatu yang ada, meski banyak juga diperdebatkan orang atau tidak dianggap orang, dia ada. Dia eksis.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id