Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

32 comments:

  1. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat. Kekuatan gravitasi lubang hitam sangat ekstrim sehingga untuk bisa lepas dari tarikan gravitasinya kita membutuhkan kecepatan cahaya atau bahkan lebih besar dari kecepatan cahaya untuk bisa keluar dari sana. Lubang hitam bisa juga diibaratkan sebuah jebakan jika kita tidak berhati-hati dalam jebakan tersebut maka bencana mungkin akan terjadi pada kita. Sebagai manusia kita harus mencari jalan yang benar dan jangan sampai terlena oleh kehidupan duniawai yang penuh misteri.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Lubang Hitam/Black Hole bukanlah apa-apa melainkan ruang kosong. Lubang Hitam adalah berupa sejumlah besar materi dikemas ke dalam daerah yang sangat kecil. Black hole memiliki medan gravitasi begitu kuat sehingga semuanya, bahkan cahaya, tidak dapat melarikan diri. Dalam beberapa tahun terakhir, instrumen NASA telah melukis sebuah gambar baru dari benda-benda aneh yang, banyak, objek yang paling menarik di ruang angkasa.Yang paling terkenal, lubang hitam yang diprediksi oleh teori relativitas Einstein umum, yang menunjukkan bahwa ketika sebuah bintang raksasa mati, hanya meninggalkan bagian kecil sisa inti. Jika massa inti adalah lebih dari tiga kali massa Matahari, persamaan menunjukkan, gaya gravitasi menguasai semua kekuatan lain dan menghasilkan lubang hitam.

    sumber : http://science.nasa.gov/astrophysics/focus-areas/black-holes/

    ReplyDelete
  3. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Black hole adalah sebuah tempat dimana tarikan gravitasi begitu besar sehingga cahaya pun tidak dapat lolos dari tarikan gravitasinya. Tarikan gravitasi black hole begitu kuat dikarenakan materi penyusun black hole termampatkan dalam ruang yang sangat kecil. Diambil dari sumber http://www.dimensisains.com/2015/09/apa-itu-black-hole.html yang diterjemahkan dari NASA.gov dengan judul asli "What Is a Black hole ?" Karena gravitasi inilah maka Stephen Hawking berpendapat bahwa “Karena adanya hukum alam, seperti gravitasi, semesta dapat mencipta dirinya sendiri dari ketiadaan… Tak perlu untuk menyeru pada Tuhan untuk menyalakan kertas biru dan mengatur alam semesta.” (Hawking: God did not create Universe, The Times) http://surfisika.blogspot.co.id/2014/11/teori-gila-stephen-hawking-tuhan-tidak.html
    Mari kita beristighfar, astaghfirullah aladzim.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Alam semesta adalah fana. Ada penciptaan, proses dari ketiadaan menjadi ada, dan akhirnya hancur. Di antaranya ada penciptaan manusia dan makhluk hidup lainnya. Di sana berlangsung pula ribuan, bahkan jutaan proses fisika, kimia, biologi dan proses-proses lain yang tak diketahui. Dalam buku Penciptaan Alam Raya karya Harun Yahya ini penulis memperkokoh keyakinan akan terintegrasinya pemahaman Islam dan pemahaman manusia (ilmuwan) tentang asal muasal alam semesta. Adapun pertemuan pemahaman ayat Al Quran dan sains astronomi adalah bahwa alam semesta ini berawal dan berakhir; dan Al Quran lebih jauh memberi petunjuk bahwa alam semesta mempunyai Dzat Pencipta (Rabbul alamin). Fenomena ini diharapkan menjadi pembuka jalan dan pemicu integrasi Islam dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs Doktoral PEP A 2016

    Saya pernah membaca artikel dari Prof. Yohanes Surya yang merupakan ahli fisika di Indonesia menjelaskan bahwa Black hole atau lubang hitam merupakan medan yang memiliki gravitasi paling kuat dan bisa menyedot apa saja ke dalamnya. Sehingga, tidak ada yang bisa menghindari tarikan gravitasinya, termasuk cahaya. Maka, Semua yang tadinya ada menjadi tidak ada. Dunia ini terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Black hole merupakan perwujudan dari dunia apabila ruang ditiadakan sehingga segala sesuatunya menjadi tidak ada. Maka, dapat dikatakan bahwa adanya black hole akan memunculkan dunia yang baru dengan menghancurkan dunia yang sudah ada.

    ReplyDelete
  6. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum, dan Lubang hitam merupakan tempat di ruang angkasa yang menyedot segala sesuatu di dekatnya, cahaya dan radiasi tidak bisa memancar ke luar, sehingga gelap tak terlihat.

    ReplyDelete
  7. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Jika dilihat dari makna kata black hole adalah sebuah fenomena pelengkungan ruang-waktu yang sangat ekstrim sehingga tidak ada yang bisa lolos dari interaksi gravitasi yang dihasilkan, bahkan kecepatan cahaya. Black hole bisa dianalogikan sebagai suatu kehidupan duniawi dengan segala kenyamanan, kesenangan, dan kenikmatannya yang ditawarkan sehingga jika kita sudah terperosok dan berada didalamnya maka akan sangat sulit untuk bisa keluar. Sehingga baiklah kita sebagai manusia dapat terus mendekatkan diri pada Tuhan YME agar kita dijauhkan dari segala kesesatan duniawi

    ReplyDelete
  8. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Black Hole adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur (Wikipedia). Jika diintensifkan dan diekstensifkan pengertian black hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya), maka menurut saya black hole merupakan suatu fenomena dimana terjadinya kehilangan kesadaran akan ruang dan waktu. Maka black hole akan terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Dan sebenar-benar black hole adalah ketika kiamat tiba.

    ReplyDelete
  9. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Teori lobang hitam sebenarnya dikemukakan lebih 200 tahun lalu. Pada 1783, ilmuwan Barat, John Mitchell mencetuskan teori mengenai kemungkinan wujudnya lubang hitam selepas beliau meneliti teori graviti Isaac Newton. Pengamatan dari teleskop sinar-X ruang angkasa selama lebih dari satu dekade, menunjukkan kekuatan tarikan gravitasi lubang itu menyebabkan ada bintang yang hancur dan ditelan olehnya. Mengenai bobotnya, Black Hole seberat bumi itu diameternya kurang dari satu sentimeter saja! Dan Black Hole seberat matahari itu diamenternya hanya 3 km. Subhanallah!
    Black Hole ukuran sedang itu beratnya 10.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kilogram, atau 10 pangkat 31, dengan diameter 30 km saja. Ada banyak Black Hole di pusat galaksi kita dan galaksi-galaksi lain, dan satunya memiliki berat jutaan kali berat matahari. Diperkirakan jumlah black hole di alam raya ini jutaan bahkan ribuan juta.

    ReplyDelete
  10. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Black hole memiliki medan gravitasi begitu kuat. Lubang hitam atau black hole dipengeruhi oleh teori relativitas Einstein. Pada 26 Feb 2015, Monster black hole yang baru ditemukan berjarak 12,8 miliar tahun cahaya dari Bumi. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sinilah diperoleh kata "HITAM". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali.

    ReplyDelete
  11. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Di tahun 1994, melalui teleskop Hubble di pusat galaksi M87 yang dikelilingi oleh gas yang jelas. Diperkirakan masa black holes ini 3 juta kali lipat masa matahari. Kemudian bukti-bukti ilmiah semakin banyak ditemukan tentang adanya black holes melalui sinar-X.

    Dalam Al Quran ternyata disebutkan banyak fenomena alam raya dan benda-benda luar angkasa, bintang, planet, nama bintang, galaksi dan lain-lain. Sebelum mengklaim adanya fenomena black hole dalam Al-Quran, ayat yang paling dekat untuk dikaji. Yakni di surat At-Takwir ayat 15-16.

    ReplyDelete
  12. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Black hole adalah bintang raksasa berbentuk lubang hitam yang mampu menyedot dan menyapu semua benda langit di sekitarnya. Black Holes atau lubang hitam bisa dibilang penemuan paling fenomenal di abad 20 di bidang astronomi. Sebelumnya, tak seorang ilmuwan yang pernah membayangkan bahwa di langit ada sejumlah bintang yang tampak mengerikan apalagi bintang itu memang tidak terlihat.Dalam sebuah ayat Alquran dijelaskan bahwa black hole yang tidak terlihat, dapat menelan dan bergerak sangat cepat. Ketiga sifat tersebut dijelaskan dalam Surah At-Takwir ayat 15-16 yang artinya "Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu". Ini menandakan bahwa sekali lagi kandungan sains modern dalam al-Quran terbukti dan teruji.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  13. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya mencoba mencari makna “black hole” dari beberapa sumber. Black hole itu sendiri merupakan penemuan terpenting di abad ini. Black hole merupakan bintang yang berkembang dan berada pada fase terakhir. Ketika volume bintang itu berkembang dengan skala besar, maka gravitasinya meningkat sehingga mampu menarik segala sesuatu. Lubang ini disebut hitam karena sifatnya akan menyerap apapun yang ada di sekitarnya dan yang tertarik tidak akan pernah kembali.

    Satu-satunya yang tak mungkin kembali di dunia ini adalah waktu. Waktu yang kita miliki tidak akan pernah kembali lagi. Terlebih jika waktu kita di dunia berakhir dan menghadap kepada kematian. Segala sesuatu yang kita sesali, tak akan ada gunanya lagi.

    ReplyDelete
  14. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Istilah Black Hole pertama kali dikenalkan oleh fisikawan Amerika John Wheeler (1969). Black Hole (Lubang Hitam) ini terbentuk saat sebuah bintang yang telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya hancur ke dalam dirinya sendiri. Kemudian akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang sangat kuat. Dalam AL Qur’an surat Al Waaqi'ah, Allah mengarahkan perhatian pada masalah ini:
    “Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui.” (QS. Al Waaqi'ah, 56: 75-76)
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  15. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Black Hole adalah lubang hitam yang ada di dalam sistem tata surya kita. Fakta menarik dari black hole adalah apapu bisa masuk ke dalamnya apabila jarak terlalu dekat dan gaya gravitasi yang kecil. Saya membayangkan jika matahari masuk ke dalam lubang hitam maka bumi akan gelam dan tidak ada cahaya matahari yang menyinari bumi lagi. Sungguh luar biasa Allah dapat menciptakan alam semesta sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  16. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    untuk membuktikan keberadaan alam semesta (jagat raya ) dengan adanya Black hole ialah bahwa Lubang hitam merupakan sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Bahkan, cahaya pun tak bisa lari dari kekuatan daya tariknya yang luar biasa. Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. dari penjelasan singkat tersebut maka sebenarnya menggambarkan bahwa alam semesta yang unik memili ruang dan waktu juga, seiring berkembangnya pengetahuan maka semakin maju juga apa yang di ketahui, dan adanya black hole memberikan gambaran bahwa jagat raya itu luas tak terhingga, dan bumi merupakan bagian kecil dari jagat raya tersebut. dan hal ini membuktikan bahwa kebenaran Allah SWT. sang pencipta langit dengan tujuh lapisan.

    ReplyDelete
  17. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Penelitian para ilmuan, black hole adalah bintang yang merupakan entitas yang melewati fase pembentukan, kemudian ia membesar dan berkembang hingga sampai fase kematian sebuah bintang. Para ilmuan menamakannya black hole dikarenakan bintang tersebut memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar yang bekerja seperti vacuum cleaner alam yang tak terlihat. Ketika ia bergerak, ia akan menelan setiap yang dijumpainya, bahkan tidak ada cahaya yang bisa meloloskan diri darinya.

    ReplyDelete
  18. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    The term "black hole" is sometimes used to refer to an imaginary place where objects, files, or funds go when they get lost for no apparent reason.

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Black-Hole secara tekstual atau dillihat dari sisi astronomi adalah sebuah sebuah gumpalan hitam yang memiliki tingkat gravitasi yang tinggi sehingga apapun yang ada disekitarnya akan tertarik masuk ke dalamnya, bahkan cahaya sekalipun. Secara kontekstual, apa yang bisa saya pahami jika dilihat dari elegi-elgi yang telah dipaparkan bahwa blackhole dapat diibaratkan sesuatu yang mengerikan yang tidak dapat dihindari baik sadar maupun tidak sadar jika kita ada disekitarnya. Blackhole bisa membawa kita ke dimensi yang tidak kita kenali yang bisa emmbuat kita terombang-ambing tak tentu arah didalamnya.

    ReplyDelete
  20. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Black hole hanya sebatas definisi benda yang benar benar hitam, gelap dan besar. Tidak ada yang bisa lari dari benda ini, bahkan cahaya tidak dapat keluar dari sana. Bentuk Black hole sangat sulit dilihat dengan teknologi saat ini dan jaraknya sangat jauh karena salah satu black hole terbesar dan paling dekat ada tengah galaksi untuk diamati.

    ReplyDelete
  21. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Black hole atau lubang hitam menurut definisi ilmuwan NASA memiliki medan gravitasi sangat kuat. Akibatnya, benda-benda langit tersedot dengan intensitas tinggi tanpa terkecuali. Saking kuatnya, cahaya pun tidak bisa menghindar dari sedotan. Untuk membayangkan dahsyatnya black hole, bisa kita umpamakan semisal seseorang itu tertutup mata hatinya serta fikirannya sehingga tidak bisa lagi membedakan mana yang baik dan yang buruk dengan kata lain cahaya kebaikan dalam dirinya sudah ditelan atau hilang maka jika ini terjadi bisa dipastikan seseorang itu akan mengalami ketidakberaturan yang begitu dahsya dalam dirinya.

    ReplyDelete
  22. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Black hole antara ada dan mungkin ada. Seperti sesuatu misteri, namun mengerikan sebenarnya. Katanya kita akan tersedot ke pusaran black hole dan tidak akan pernah kembali. Yang saya penasaran, black hole itu sebenarnya dunia macam apa?Adakah sesuatu di sana ataukah memang hanya ruang hampa? Jika ruang hampa, otomatis akan ada udara yang masuk ke sana. Dan kita akan tersedot ke sana sudah sejak dulu. Mungkin kita akan mati. Namun, mengapa sampai sekarang kita masih hidup dan baik-baik saja?
    Juga yang saya penasaran, seberapa luaskah dimensi black hole?
    Mungkin tulisan berikut sedikit memberikan gambaran khususnya untuk saya pribadi :
    Bintang yang massanya lebih besar dari matahari nasibnya justru lebih pendek, karena lebih cepat menghabiskan bahan bakar hidrogennya. Sebuah bintang akan musnah oleh massanya sendiri apabila keseimbangan hidrostatiknya terganggu. Pada bintang yang sedang dalam tahapan stabil (main sequence), tekanan ke arah luar akibat pelepasan energi akan setara dengan tekanan ke arah dalam akibat gravitasi bintang. Ini disebut keseimbangan hidrostatik. Apabila bahan bakar hidrogen telah habis, maka reaksi termonuklir (yang mengubah hidrogen menjadi helium) akan terhenti.

    Dengan demikian pelepasan energi juga akan terhenti. Akibatnya, tekanan ke arah luar berkurang. Sehingga, seluruh materi bintang tersedot ke arah pusat bintang oleh gravitasi bintang itu sendiri. Ini membuat bintang menjadi tidak stabil. Inti bintang menjadi sangat padat, karena seluruh materinya terkumpul disana. Suatu saat, pusat bintang tidak sanggup lagi menahan tekanan yang terjadi. Mirip seperti balon yang terus menerus ditiup hingga pecah, bintang tersebut suatu saat akan meledak menjadi ‘Supernova’ (ledakan yang terjadi bila gravitasi bintang menjadi sangat kuat sehingga menghancurkan dirinya sendiri).
    Sumber : http://bramardianto.com/fakta-menarik-tentang-black-hole-atau-lubang-hitam.html
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Istilah lubang hitam pertama kali digunakan oleh ahli fisika Amerika Serikat, John Archibald Wheeler pada 1968. Wheler memberi nama demikian karena lubang hitam tidak dapat dilihat, karena cahaya turut tertarik ke dalamnya sehingga kawasan di sekitarnya menjadi gelap. Kebalikan dari black hole yang menyerap materi, white hole justru "memuntahkan" materi yang diserap oleh black hole. Namun, ini hanyalah sebatas teori para ilmuwan. White hole secara nyata, belum ada pembuktiannya.
    Jika memang ujung dari black hole adalah white hole yang menghubungkan dua tempat terpisah seperti tunel yang mempersingkat perjalanan waktu, maka time travel mungkin dilakukan. Beberapa ilmuwan yang mencoba meneliti white hole salah satunya adalah Prof. Michiku menyatakan secara teoritis time travel melalui white hole itu dapat diterapkan namun praktekannya hampir mustahil.
    Kemungkinan lain dari sisi lain dari black hole adalah big bang. Jika ujung dari blackhole adalah white hole dengan big bangnya maka tentu saja ini akan membentuk jagad raya baru. jika di jagat ini ada milyaran galaxy dan milyaran black holenya maka, begitu juga dengan parallel universe.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Yang menarik tentang lubang hitam adalah percobaan Albert Einstein dan Nathan Rosen pada tahun 1940. Mereka mengajukan teori bahwa mungkin ada jembatan atau jalan yang menghubungkan lubang hitam ke lubang putih dibelahan lain alam semesta. Lubang putih dianggap sebagai kebalikan dari lubang hitam, sepertinya lubang hitam menelan sesuatu sehingga lubang putih melontarkan kembali ditempat lain. Jembatan yang menghubungkan lubang hitam dan lubang putih kemudian dikenal sebagai jembatan Einstein Rose, kemudian disebut dengan Lubang Cacing (Worm Hole). Dalam tradisi Timur, black hole diibaratkan ada sebuah konsep tentang ‘mata ketiga tak terlihat’ yang terletak di tengah-tengah dahi, diantara kedua mata. Mata ketiga (Cakra Ajna) dianggap sebagai pintu gerbang ke alam mistik dan merupakan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Hal ini diyakini bahwa aktivasi mata ketiga menghasilkan visi, persepsi ekstrasensor, dan citra mental yang memiliki makna psikologis atau spiritual yang mendalam.

    ReplyDelete
  25. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Black_hole dikatakan “A black hole is a region of spacetime exhibiting such strong gravitational effects that nothing—not even particles and electromagnetic radiation such as light—can escape from inside it” dimana black hole adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Lubang Hitam (blackhole) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori Medan Quantum dalam Ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa Event Horizon memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa Lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati Lubang hitam bermassa bintang atau lebih (https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam).

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Black hole atau lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Bila dibawa ke dalam kehidupan, maka sebagai manusia, akan banyak sekali menemui berbagai tantangan dalam hidup berupa godaan duniawi, yang mana bila kita sudah masuk kedalamnya akan sulit sekali untuk diperbaiki atau kembali ke jalan yang benar. Maka selalulah mawas diri, menjalani hidup dengan filsafat, dan difilter dengan pengetahuan, moral, dan spiritual.

    ReplyDelete
  28. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Adapun ulasan tentang black hole yang membuat para ilmuwan kewalahan dan bekerja keras ternyata juga sudah tertulis jelas dalam Al-Qur’an yang sudah ada sejak 1400 tahun silam. Tepatnya di dalam QS. At-Takwir ayat 15-16 yang artinya yaitu:
    “Aku bersumpah demi bintang yang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.”

    Kata-kata yang ditulis di atas tentunya sama persis dengan ciri-ciri black hole yang ditemukan melalui kajian ilmiah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dimana black hole tidak terlihat, bergerak di ruang angkasa, dan memiliki gravitasi yang sangat besar. Dikatakan bintang yang tersembunyi karena black hole tak terlihat. Adapun kata bergerak dan menyapu mengacu pada gaya gravitasi super besar yang dimiliki black hole. (http://www.kumpulanmisteri.com/2015/01/black-hole-sudah-dikabarkan-dalam-al.html).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  29. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Black hole marupakan lubang di luar angkasa dengan daya tarik luar biasa, ibarat pintu yang akan menarik kita menuju ke tempat lain yang tidak ada yang tahu dimana itu. Hanya pintu masuk yang ada disana, tidak ada pintu keluarnya. Sehingga ketika masuk, maka tidak mungkin menggunakan pintu yang sama untuk keluar, karena tidak ada. Maka dalam kehidupan juga demikian adanya, contohnya adalah pengaruh dari hal-hal yang membuat kecanduan, seperti narkoba, dll. Sekali masuk, akan sulit untuk keluar lagi, mungkin saja bisa keluar, tetapi sudah tidak sempurna seperti sebelum masuk. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengambil langkah, pikir terlebih dahulu sehingga nantinya tidak berakibat fatal dalam kehidupanmu.

    ReplyDelete
  30. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Lubang hitam memiliki kekuatan gravitasi yang luar biasa. Istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh ahli fisika AS yaitu John Archibald Wheeler tahun 1968. Wheeler memberi nama tersebut karena lubang hitam tidak dapat dilihat, cahaya turut ditarik ke dalamnya sehingga kawasan disekitarnya menjadi gelap. Luasnya melebihi matahari. Ada juga yang menyebutkan bahwa penemu pertama kali adalah John Mitchell pada 1783. DIkenal juga bintang hitam atau singularitas. (www.ucuf.wordpress.com/misteri-lubang-hitam-di-luar-angkasa)
    Lubang hitam dalam kehidupan bermacam macam bentuknya. Ia adalah jebakan jebakan atau perangkap perangkap setan yang muncul dalam berbagai cara yang tentunya menyalahi norma dan aturan. Korupsi, tindakan kriminal, jerat narkoba, aliran sesat dan lain lan adalah bentuk bentuk lubang hitam kehidupan. Dimana jika kita masuk ke dalam lubang tersebut maka hitam semua apa yang kita miliki. Efek yang ditimbulkan sangat berbahaya. Maka, sudah seharusnya kita mawas diri karena setiap hari kita dihadapkan pada lubang lubang hitam. Belajarlah untuk menghindari lubang hitam tersebut.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  31. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Black hole merupakan sebuah tempat di luar angkasa dimana memiliki medan gravitasi yang mampu menarik obyek apapun sehingga tidak dapat keluar, termasuk cahaya. Lubang Hitam ini dapat berukuran besar atau kecil, tercipta semenjak alam semesta mulai tercipta. Lubang hitam tidak berkeliling untuk menelan bintang, bulan dan planet. Bumi tidak akan jatuh ke dalam lubang hitam karena tidak ada lubang hitam cukup dekat dengan tata surya. Bahkan jika lubang hitam bermassa yang sama dengan matahari dan andaikata matahari diganti dengan lubang hitam, bumi masih tidak akan jatuh masuk lubang hitam.

    ReplyDelete
  32. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Dari pembahasan tersebut, jelas bahwa alam semesta dan seisinya telah terbentuk sejak lama. Kejadian atau fenomena black hole yang bisa menghancurkan bumi itu tidak ada, melainkan hancurnya bumi dan seisinya tidak akan pernah kita ketahui. Karena kejadian itu hanya Tuhanlah yang tahu, kita sebagai manusia hanya diberikan pengetahuan sedikit sekali tentang akhir dari bumi dan seisinya. Dari pengetahuan itulah, Tuhan juga memberikan pengetahuan pada kita untuk menjaga dan memelihara bumi dan seisinya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id