Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

24 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Jika ditelusuri arah perkembangan filsafat, maka diketahui bahwa awal kemunculan pemikiran filsafat itu ada ketika adanya sebuah peradaban atau mungkin peradaban itu muncul karena adanya filsafat. Arti kata dari filsafat secara sederhana adalah cinta kebijaksaan, kebenaran pertama, pengetahuan yang luas, kebajikan intelektual. Kebebasan berfikir terhdap jawaban dari segala misteri harus dapat diterima oleh akal rasional. Dunia menurut pandangan rasionalisme secara bahasa kontradiksi dengan dunia secara bahasa menurut pandangan empirisme. Bahasa menurut rasionalisme merupakan substansi, pengembangan yang dibentuk melalui logika menghasilkan ilmu bahasa. Menurut empirisme, bahasa yang menjadi substansinya membentuk implementasi bersifat pengamalan sehari-hari. Dunia adalah bahasa merupakan penemuan bukti bukti empiris dan logika yang diperjelas menggunakan tekstual atau linguistik. Serta terjadi secara terus menerus dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  3. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dunia adalah bahasa dibentuk dan digambarkan oleh suatu proses yang terjadi di dalam pikiran manusia. Menerapkannya berdasarkan dua pembagian, pertama adalah menggunakan ilmu pengetahuan yaitu ilmu bahasa. Kedua adalah penerapan yang pada akhirnya menyimpulkan berdasarkan pengalaman. Dunia tidak dapat dijelaskan secara utuh dikarenakan memang tidak cukup mewakili yang umurnya dan usia kita yang tidak mampu membuktikannya. Tetapi pembuktian itu dapat dilakukan melalui penjelasan-penjelasan yang objektif yang dapat diterima oleh pikiran dan secara logika.

    ReplyDelete
  4. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dengan berfilsafat berarti memfungsikan pikiran dan berarti juga diri sendiri. keinginan dan kemauan memikirkan apa saja, merefleksikan apa saja, hingga mendefinisikan bahwa dunia adalah bahasa. Kekuatan pikiran dapat membentuk dan menjelaskan apapun yang ada maupun yang mungkin ada sekaligus mendefinisikan bahwa dunia merupakan bahasa karena dunia cukup dijelaskan dengan beragam definisi.

    ReplyDelete
  5. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Dunia tidak akan ada tanpa bahasa. Komunikasi antara sesame manusia adalah menggunakan bahasa, tanpa bahasa semua akan diam, hening, tidak aka nada komunikasi bahkan appaun yang dapt menyatukan. Dunia dan segala negara yang ada di dalamnya memiliki berbagai macam bahasa, inilah yang menjadikan perbedaan menjadi indah, walau dengan bahasa yang berbeda –beda itulah yang menjadikan cirri khas antara bahasa negara satu dengan bahasa negara yang lain. Sehingga bahasa menggambarkan ciri khas dan identitas dari sebuah suku atau negara yang membuat kita dapat menemukan apa arti dunia dari sudut pandang bahasanya.

    ReplyDelete
  6. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    filsafat itu berda dalam pikiran dan begitu juga dunia ada dalam pikiran, karena dunia itu seperti apa yang kita pikirkan, namun perlu disadari biarpun dunia telah terbentuk dalam pikiran, namun belum dikatakan dalam sebuah bahas, karena tidak akan ada yang bisa mengerti dunia itu jika tidak dibuat dalam bahasa, kita mengerti dunia barat karena bahasa, kita mengerti dunia timur, selatan, utara karena bahasa, maka sebenar-benar filsafat adalah bahasa yang indah, maka pada dasarnya saya menyadari bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa. dan dunia itu adalah bahasa yang sangat indah dan lengkap.

    ReplyDelete
  7. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Bahasa dijadikan sebagai landasan atau acuan dalam berfilsafat. Bahasa dianggap sebagai alat yang dapat mengungkapkan gerak-gerik hati manusia, terutama ia berpikir, bagaimana pandangannya mengenai dunia dan manusia itu sendiri tanpa terlebih dahulu menyusun sistemnya. Dalam hal ini, menurut Verhaar bahasa mengandung dua pengertian; bahasa eksklusif yaitu bahasa komunikasi sehari-hari yang dipakai sebagai pedoman filsafat analitik dan bahasa inklusif yaitu bahasa musik, bahasa cinta, bahasa alam yang dijadikan arahan dalam hermeneutika. segala aktivitas tidak terlepas dari bahasa, mencintai adalah bahasa, bertengkar adalah bahasa, memuja adalah bahasa, sembahyang adalah bahasa, sholat adalah bahasa, zikir adalah bahasa, dll. sehingga semua yang ada dan mungkin ada adalah bahasa.

    ReplyDelete
  8. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dunia adalah bahasa. Jika saya diminta untuk mendeskripsikan kata tersebut, yang dapat saya katakan adalah bahwa dunia ini adalah wadah untuk setiap isinya berinteraksi antar sesama dan berinteraksi dengan Tuhannya. Bahasa jugalah yang membentuk dunia, karena dengan bahasa, manusia bertukar pikiran untuk mewujudkan gagasan yang dimilki sehingga terbentuklah dunia sesuai pikiran manusia.

    ReplyDelete
  9. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dunia adalah bahasa. Maka disini, bagaimana cara kita berkomunikasi dan memberikan pemahaman kepada yang lainnya dalah kuncinya. Kunci pengetahuan, ilmu dan lain sebagainya yang bisa membuka jendela jendela dunia. Maka dengan bahasa yang baik, komunikasi yang baik terbukalah jendela dunia yang baik pula. Dunia terungkap semuanya dalam bahasa. Dunia adalah bahasa.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Dunia adalah bahasa. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang fungsinya untuk menyatakan ide/informasi yang ada dalam pikiran baik secara lisan maupun tulisan. Dalam menggunakan bahasa sebagai sarana komunikasi harus mempertimbangkan ruang dan waktu agar informasi dapat diterima secara baik. Maka dari itu segala aktivitas kita selama kita hidup tidak akan lepas dari bahasa karena tidak mungkin kita tidak akan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan selama kita ada dan hidup didunia ini sehingga sebenar-benarnya kehidupan di dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  11. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Dunia itu luas. Seluas-luasnya dunia adalah yang ada dan yang mungkin ada. Ketika kita hendak menemukan dunia, maka kita perlu mengetahui apa-apa yang terjadi di dalamnya. Untuk memahaminya diperlukan sebuah simbol/ lambang yang bisa mewakili kejadian dan mengasosiasikan dengan pikiran kita yaitu dengan bahasa. Bahasa dapat kita gunakan untuk mereduksi pikiran kita. Sehingga dengan adanya bahasa kita dapat menemukan dunia karena dapat kita terima dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  12. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dunia itu adalah bahasa, karena dimanapun kita berada selalu menggunakan bahasa. Tanpa bahasa, kita akan sulit berkomunikasi. Dan tanpa berkomunikasi, maka kita tidak dapat berinteraksi dengan orang lain. Iulah mengapa bahasa itu sangat penting. Begitupun filsafat, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti tidaklah mudah karena pada hakikatnya filsafat itu memang tidak mudah. Maka, bahasa adalah alat pemersatu dunia, kuasai dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  13. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain, dengan lingkungan kita, bahkan dengan dunia ini. Kita saling menerjemahkan, saling berhemenetika. Penggunaan bahasa yang baik, sangat diperlukan agar interaksi yang dibangun tidak menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan kekacauan. Oleh karenanya bahasa merupakan unsur pembangun dalam kehidupan kita. Segala yang ada di dunia ini merupakan simbol-simbol dari apa yang kita pikirkan, yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi selama berinteraksi dengan orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa dunia itu sendiri adalah bahasa.

    ReplyDelete
  14. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Salah satu filsuf besar pada abad 20 adalah Ludwig Wittgenstein, beranggapan bahwa filsafat adalah masalah bahasa, dan dia menekuni filsafat bahasa, filsafat logika dan filsafat matematika. Bahasa yang dimaksud adalah olah kata, dan masalah pengungkapan suatu makna ke dalam kalimat. Berfilsafat berarti mampu mengungkapkan makna dari segala yang ada dan yang mungkin ada, menggunakan bahasa yang sebisa mungkin jelas dan teratur, tidak kacau penyampaiannya. Kebanyakan orang berpikir bahasa berarti menyangkut keanekaragaman, apabila bahasanya berbeda berarti filsafat. Menurut saya hal tersebut kurang tepat, senyatanya ada teori-teori filsafat yang mendunia, disampaikan dalam beranekaragam bahasa namun maknanya sama. Filsafat adalah bahasa yang dimaksudkan adalah pengolahan kata dann pengungkapan makna ke dalam kalimat yang tidak kacau.

    ReplyDelete
  15. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dunia adalah bahasa. Kita tidak bisa membayangkan dunia tanpa bahasa. Bahasa ada banyak macamnya. Bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa arab, dan bahasa-bahsa lainnya. Bahasa merupakan alat komunikasi yang kita gunakan. Bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri. Bahasa juga memiliki fungsi dalam kontrol sosial. Bahasa merupakan alat mempersatukan dunia. Bahasa internasional yang digunakan saat ini adalah bahasa inggris, dengan bahsa tersebut kita lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang dari negara lain.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Lahirnya filsafat adalah berawal dari pemikiran-pemikiran kritis para filsuf untuk menterjemahkan dan memaknai apa yang ada dan yang terjadi di dunia ini. Dengan saran bahasa para filsuf dapat memberikan pandangan-pandangan tentang dunia ini. Dalam suatu pepatah dikatakan bahwa “Tiada kehidupan tanpa sebuah bahasa".Bahasa dan filsafat berjalan berpapasan mengikuti arus sesuai dengan peralihan dari siang ke petang, dari hari kemarin ke hari esok. Sesorang akan mampu berfilsafat jika bahasa itu ada, begitu juga dengan adanya bahasa, seseorang itu akan berbahasa sesuai dengan hasil penalaran, proses kerja otak dan menghasilkan pengetahuan yang diolah melalui filsafat. Jadi kedudukan bahasa di dunia ini sangat penting. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi tetapi juga bahasa digunakan untuk menterjemahkan fenomena-fenomena yang terjadi di dunia ini.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  17. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Bahasa sebagai alat penghubung dalam komunikasi. Bahasa sangatlah penting dalam kehidupaan sehari-hari. Dalam filsafat, bahasa yang digunakan adalah bahasa analog. Bahasa analog digunakan karena apa yang ada dalam filsafat biasanya dianalogkan dengan suatu hal. Unsur dasar pembentuk bahasa adalah subyek dan predikat. Subyek dapat diartikan sebagai pelaku dan predikat berarti menerangkan tentang subyek tersebut. Dunia ini mecakup segala yang ada dan yang mungkin ada, dan bahasa merupakan salah satu cakupannya. Kita mendefinisikan dunia dengan bahasa sesuai pikiran kita, dan kita mendefinisikan bahasa dengan dunia sesuai pikiran kita. Sehingga dapat dikatakan bahwa dunia tidak dapat terpisahkan dari bahasa dan bahasa juga tidak dapat tepisahkan dari dunia. Makan dapat disimpulkan bahwa dunia itu adalah bahasa.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Ketika aku mengatakan bahwa dunia adalah sebuah sistem maka akupun beranggapan bahwa sistem itu juga merupakan sebuah bahasa. Bahasa itu kemudian diterjemahkan oleh manusia sesuai dengan ikhtiarnya dalam melakukan ijtihad. Hasil ijtihad itulah yang menghasilkan dunia sesuai hasil terjemahannya.

    ReplyDelete
  19. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Filsafat sangat berkaitan dengan bahasa, seseorang akan berfilsafat dengan menggunakan bahasanya, baik lisan maupun tulisan. Dari bahasa, kita akan mampu mengerti bagaimana pemikiran/filsafat seseorang. Jika kita ingin memahami filsafatnya Pak Prof. Marsigit, maka bacalah elegi-eleginya, dimana di dalam elegi tsb terdapat unsur bahasa dan sastra.

    ReplyDelete
  20. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dunia adalah bahasa. Apabila kita tinjau lebih lanjut lagi, bahasa adalah suatu wadah untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Yang dimaksud komunikasi di sini adalah komunikasi yang korespondensi antara pikiran dan luar pikiran. Membahasakan apa yang ada di dalam pikiran untuk bisa diterapkan dalam kehidupan, serta membahasakan apa yang ada di luar pikiran sebagai realita kejadian dan kemudian diterjemahkan dalam pikiran kita kembali.

    ReplyDelete
  21. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Filsafat dalam usaha untuk menyusunnya pasti akan membutuhkan bahasa. Ketika filsafat disampaikan lewat bahasa maka orang-orang akan bisa belajar untuk menyusun filsafat mereka sendiri. Bahasa juga akan mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain agar lebih mudah. Karena jika tidak menggunakan bahasa pastilah akan susah, bisa menggunakan gerakan tangan, pandangan mata dan lebih banyak lagi. Itu bisa saja salah persepsi,oleh karana itu butuh bahasa

    ReplyDelete
  22. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Bahasa ialah sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerjasama, berkomunikasi dan mengidentifikasi diri. Bahasa ialah sistem tanda bunyi yang digunakan pemakainya untuk berkomunikasi dan untuk berbagai keperluan lainnya. Menurut Harimurti Kridalaksana dan Hermina Sutami dalam buku Pesona Bahasa, Langkah Awal Memehami Linguistik (2005), pengertian bahasa di atas menunjuk kepada bahasa lisan, sistem tanda bunyi mengarah kepada bahasa lisan.
    Sumber : http://www.artikelsains.com/2015/01/kegunaan-bahasa.html
    Itulah kira-kira definisi bahasa.
    Dunia tentu memerlukan bahasa untuk menerjemahkan dirinya sebab dunia sendiri tidak bisa bicara. Dunia adalah bahasa yang bisu dan misterius. Kita tidak bisa mengesampingkan bahasa. Dengan bahasa yang telah kita sepakati bersama sebagai bahasa internasional, hal itu telah memudahkan kita mempelajari dunia. Juga mempelajari filsafat dan ilmu-ilmu lain. Jadi, dunia sebenarnya adalah cara kita menerjemahkan melalui bahasa.
    Ada juga bahasa yang tidak bisa kita terjemahkan. Yaitu bahasa kode seseorang yang hanya dia dan Allah saja yang tahu. Sampai dia meninggal. Sepenasaran apapun, kita tidak bisa menggugatnya. Sebab orangnya sudah meninggal. Kita hanya diberi selembar kertas kode. Isinya sangat aneh dan tidak bisa dinalar oleh akal. Jadi bahasa itu tidak merepresentasikan dunia seutuhnya. Bahkan hingga akhir zaman.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    TESIS-Dunia itu merepresentasikan hidup yang kita jalani dimana hidup tidak lain merupakan sebuah komunikasi, interaksi mengenai segala hal baik di dalam maupun di luar kehidupan kita. ANTI TESIS- Interaksi itu bisa terjadi apabila ada alat/metode yang bisa digunakan untuk menghubungkan antara yang satu dengan yang lainnya maka bahasa menjadi syarat dalam menerjemahkan dan diterjemahkan. SINTESIS- DUNIA yang merepresentasikan kehidupan tidak akan pernah lepas dari peran BAHASA maka DUNIA ITU ADALAH BAHASA.

    ReplyDelete
  24. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Bahasa adalah media kita dalam berkomunikasi dengan sesama. Dengan bahasa kita dapat menyampaikan ide-ide atau gagasan yang ada dalam pikiran. Bahasa adalah dunia, dengan bahasa kita dapat mempelajari ilmu, menambah wawasan, sehingga kita bisa melihat sepenjuru dunia melalui bahasa.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id