Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P Sain:

Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain.

Tulislah jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

25 comments:

  1. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika I 2013

    Obyek material adalah segala sesuatu yang ada. Dalam konteks pendidikan sains maka objek material dari filsafat adalah seluruh alam semesta yang dijadikan objek belajar dalam pembelajaran Sains. Semua ilmu yang tertulis maupun tidak terulis yang berhubungan dengan konteks Sain adalah objek material dari filsafat Pendidikan Sain. Sedangkan objek formal dapat dilihat dari sudut pandang hakikatnya. Yang menjadi objek formal dari pendidikan sain adalah apa sejatinya arti dari pendidikan sain itu sendiri dan bagaimana interaksinya dengan kehidupan manusia sekarang ini?

    ReplyDelete
  2. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Objek material adalah segala sesuatu atau realita, ada yang harus ada dan ada yang tidak harus ada. Obyek material dari filsafat pendidikan sains adalah sains itu sendiri, artinya bahwa sains suatu material yang dikaji dan dimasukkan dalam suatu pendidikan. Sementara obyek formal dari filsafat pendidikan sains adalah obyek yang sudah disepakati seperti pendidikan sains. Semua yang ada di pendidikan sains itu sudah di atur sebagai landasan dalam mengembengkan suatu karakter pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Objek formal atau bidang yang menjadi keseluruhan ruang lingkup riset pendidikan. Objek material berkenaan dengan aspek-aspek yang menjadi penyelidikan langsung ilmu pendidikan. Dalam filsafat pendidikan sains, bisa biologi, fisika dan lainnya yang menjadi obyek formal. Karena hal tersebut merupakan pengetahuan yang telah disusun secara sistematis.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Objek Material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Dalam gejala ini jelas ada tiga hal menonjol, yaitu manusia, dunia, dan akhirat. Maka ada filsafat tentang manusia (antropologi), filsafat tentang alam (kosmologi), dan filsafat tentang akhirat (teologi – filsafat ketuhanan dalam konteks hidup beriman dapat dengan mudah diganti dengan kata Tuhan). sedangkan Objek formal filsafat ilmu adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat ilmu pengetahuan artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi ilmu itu bagi manusia.

    ReplyDelete
  5. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Semua yang ada di alam dan dapat dipelajari adalah objek material dari pendidikan sains, baik yang mencakup benda mati atau bersifat fisik, yang bersifat hidup ataupun biologis. Sedangkan objek formal dari pendidikan sains adalah segala aturan atau hukum-hukum yang mengatur tentang objek material tadi. Hukum tersebut biasanya ditemukan oleh ahli-ahli sain seperti Newton, Keppler, dsb.

    ReplyDelete
  6. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Ruang lingkup dari filsafat ilmu atau pendidikan sains (ilmu sosial atau ilmu alam) membahas tentang sifat pengetahuan ilmiah dan menelaah cara-cara mengusahakan pengetahuan ilmiah. Dalam epistemologi yang dibahas adalah objek pengetahuan, sumber dan alat untuk memperoleh pengetahuan, kesadaran dan metode, validitas pengetahuan dan kebenaran pengetahuan.
    Alat untuk memperoleh pengetahuan sangat tergantung dari asumsi terhadap objek. Demikian juga telaah dalam filsafat ilmu, sarana dan alat untuk memproses ilmu harus selaras atau konsisten dengan karakter objek material ilmu. Sehingga timbul perbedaan paradigma yang disebabkan oleh karakter objek yang berbeda, antara ilmu alam dan ilmu sosial-humaniora dalam hal perbedaan metode dan sarana yang dipakai.
    Konsekwensi metode ilmiah sebagai validitas/keabsahan merupakan bukti bahwa suatu ilmu adalah benar secara epistemologi bukanlah sesuatu yang didatangkan dari luar, melainkan ia adalah hasil atau konsekwensi dari metode dan hasil penyelidikan.

    ReplyDelete
  7. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Filsafat pendidikan sains sebagaimana halnya dengan bidang-bidang ilmu yang lain, juga memiliki objek material dan objek formal tersendiri yaitu:
    Objek material filsafat pendidikan sains adalah ilmu pengetahuan pendidikan sains itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum.
    Objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Setiap ilmu pasti beda dalam objek formalnya. Ilmu sosial tentu memiliki objek formal yang berbeda dengan ilmu alam. Objek formal filsafat pendidikan sains adalah hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat pendidikan sains lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu itu sesungguhnya, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, apa fungsi pengetahuan itu bagi manusia, problem inilah yang dibicarakan dalam landasan pengembangan ilmu pengetahuan, yakni landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologis.

    ReplyDelete
  8. Obyek material adalah obyek yang dijadikan sasaran menyelidiki oleh suatu ilmu, atau obyek yang dipelajari oleh ilmu itu. Obyek material dalam pendidikan sain adalah sain itu sendiri, meliputi seluruh alam semesta yang dijadikan materi pembelajaran. Sementara obyek formal adalah cara pendekatan yang dipakai untuk mempelajari ilmu-ilmu sain tersebut, yang disusun secara sistematis sehingga dapat dipertangungjawabkan kebenarannya.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  9. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Objek material sains merupakan segala sesuatu yang dapat diselidiki, dipandang atau dapat diteliti berdasarkan fakta, yang bersifat universal dan berdasarkan realita atau mempelajari secara langsung dengan mengujinya melalui realisasi praktis yang sebenarnya. Sedangkan Objek formal sains bersifat khusus dan empiris dengan menyelelidiki segala sesuatu secara intensif dan ekstensif agar mengerti tentang apa yang dipelajari dan juga objek formal sains tidak hanya terbatas pada apa yang mampu dipikirkan oleh manusia, melainkan meliputi seluruh hakikat segala sesuatu baik yang sudah ada atau masih mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Objek dapat dibedakan menjadi objek material dan objek formal. Objek material merupakan objek yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara memandang objek tersebut. Contoh objek material dari Biologi berupa makhluk hidup dan makhluk yang pernah hidup termasuk fosil. Adapun objek formal Biologi berupa struktur, fungsi, dan interaksi dari makhluk hidup tersebut.

    ReplyDelete
  11. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya ber-spesialisai pendidikan sosial, bukan pendidikan sains, maka saya memahami penddidikan sains dengan makna yang sederhana; ilmu pasti. Segala sesuatu dalam pendidikan sains baik objek material maupun formal-nya bukanlah sesuatu yang bersifat dinamis, sehingga tidak berubah-ubah.

    ReplyDelete
  12. 16701251016
    PEP B S2

    Sains adalah ilmu yang meliputi seluruh lingkup kehidupan, dalam segi alam maupun segi sosial. Obyek material dalam sian adalah seluruh komplek kehidupan sedangkan obyek formal adalah penjelasan mengenai segala sesuatu struktur kehidupan tersbut berlangsung. Dalan konteks ilmu sosial dimensi formal ini adalah berupa aturan, tata krama, yang berlaku dalam lingkungan tertentu, bagu yabg melanggar maka berlaku hukum yang ada

    ReplyDelete
  13. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Objek formal filsafat adalah sudut pandangan yang menyeluruh, secara umum sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya. Sedangkan objek material filsafat adalah segala sesuatu yang ada, baik yang ada dalam pikiran, ada dalam kenyataan maupun ada dalam kemungkinan. Segala sesuatu yang ada dapat dibagi dua, bersifat umum, dan bersifat khusus.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  14. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Secara umum objek filsafat adalah yang ada dan yang mungkin ada. Dalam filsafat dikenal dengan objek formal dan objek material.Objek material adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. “Ada” disini mempunyai tiga pengertian, yaitu ada dalam kenyataan, pikiran, dan kemungkinan, Sedangkan objek formal adalah penyelidikan yang mendalam. Artinya, ingin tahunya filsafat ingin tahu bagian dalamnya. Kata mendalam artinya ingin tahu tentang objek yang tidak empiris. Jadi dapat dikatakan bahwa objek material misalkan dalam geografi ada yang disebut atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan sebagainya, sedangkan objek formalnya adalah bagaimana megetahui secara mendalam dari objek material tadi misalkan dengan pendekatan keruangan, pendekatan kelingkunganm dan sebagainya.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  15. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Jika cara pendekatan itu logis, konsisten dan efisien, maka dihasilkanlah sistem filsafat. Dalam pendidikan sains objek formalnya adalah metode, seperti rsearch, discovery learning, dll. Sedangkan objek materialnya adalah isi atau materi sains itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan sains objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan sains.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  16. Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016
    Objek material dari suatu kajian filsafat adalah segala yang ada mencakup apa yang tampak (dunia empiris) dan apa yang tidak tampak (dunia metafisik) sementara objek formalnya adalah sudut pandang yang menyeluruh, radikal dan rasional tentang segala yang ada (objek material). Suatu masalah akan menjadi masalah falsafah jika masalah tersebut tidak bisa diselesaikan dengan kaidah pengamatan atau kaidah sains.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Obyek material filsafat pendidikan sains adalah segala sesuatu yang ada diluarnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan pendidikan sains. Dan obyek formal dari filsafat pendidikan sains adalah apa yangada dalam dirinya yang melahirkan ia sebagai filsafat pendidikan sains, dan itulah yang yang menjadi mengada yang baik untuk digunakan dan menjadi pengada untuk kepentingan pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Obyek material filsafat pendidikan sains adalah segala sesuatu yang termuat di alam semesta, yang ada dalam keyakinan, ada dalam pikiran dan ada dalam kemungkinan. Obyek formalnya terarah pada unsur-unsur keumuman yang secara pasti ada pada ilmu sains, dimana filsafat berusaha mencari hubungan-hubungan diantara bidang-bidang ilmu yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  19. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Many teachers find it extremely hard to write their philosophy statement because they must find a way to convey all of their thoughts into one brief statement. However, it is important to note that throughout your teaching career you have the ability to change this statement, so it will reflect your current opinion on education.

    ReplyDelete
  20. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Many teachers find it extremely hard to write their philosophy statement because they must find a way to convey all of their thoughts into one brief statement. However, it is important to note that throughout your teaching career you have the ability to change this statement, so it will reflect your current opinion on education.

    ReplyDelete
  21. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Obyek material Filsafat ilmu yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik materi konkret, psisik, maupun yang material abstrak, psikis. Termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional, spiritual, nilai-nilai.Sebagian filosof membagi objek material filsafat atas tiga bagian, yaitu yang ada dalam alam empiris, yang ada dalam pikiran dan yang ada dalam kemungkinan. Sedangkan Obyek formal filsafat ilmu menyelidiki segala sesuatu itu guna mengerti sedalam dalamnya, atau mengerti obyek material itu secara hakiki, mengerti kodrat segala sesuatu itu secara mendalam (to know the nature of everything).

    ReplyDelete
  22. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Objek material dari fisafat seni merupakan sesuatu yang ada dan mungkin ada di alam jagad raya ini. Segala bentuk obyek yang berkaitan dengan pembelajaran seni merupakan obyek material filsafat seni. Sedangkan obyek formal filsafat seni merupakan kajian yang berkaitan dengan hakekat dari filsafat seni itu sendiri.

    ReplyDelete
  23. Source: http://www.longlifeducation.com/2016/01/makalah-filsafat-pendidikan-sains.html
    Web Pendidikan dan Pembelajaran).
    Hubungan antara sains dan filsafat sangat dekat sehingga beberapa ilmu pengetahuan tertentu, khususnya cabang-cabang yang lebih umum, seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan psikologi sangat diperlukan dalam filsafat. Filsafat saat ini cenderung langsung menganalisa secara kritis konsep-konsep dan mempelajari berbagai makna dan nilai. Epistemologi adalah analisis filosofis terhadap sumber-sumber pengetahuan. Epistomologi dalam objek ilmu pendidikan dapat dibedakan menjadi objek formal dan objek material. Objek filsafat ialah mengambil alih berbagai hasil sains, menambahkan pada hasil-hasil sains yang diambil alih tersebut dengan berbagai hasil pengalaman etis dan religius umat manusia kemudian merefleksikannya secara keseluruhan. Objek formal atau bidang yang menjadi keseluruhan ruang lingkup riset pendidikan. Objek material berkenaan dengan aspek-aspek yang menjadi penyelidikan langsung ilmu pendidikan (Mudyahardjo, 2001). Sains bersifat analisis dan hanya menggarap salah satu pengetahuan sebagai objek formalnya. Filsafat bersifat synopsis, artinya melihat segala sesuatu dengan menekankan secara keseluruhan, karena keseluruhan mempunyai sifat tersendiri yang tidak ada pada bagian-bagiannya.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  24. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Objek Material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Dalam gejala ini jelas ada tiga hal menonjol, yaitu manusia, dunia, dan akhirat. Maka ada filsafat tentang manusia (antropologi), filsafat tentang alam (kosmologi), dan filsafat tentang akhirat (teologi – filsafat ketuhanan dalam konteks hidup beriman dapat dengan mudah diganti dengan kata Tuhan). Antropologi, kosmologi dan teologi, sekalipun kelihatan terpisah, saling berkaitan juga, sebab pembicaraan tentang yang satu pastilah tidak dapat dilepaskan dari yang lain.

    Adapun objek formal filsafat ilmu adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat ilmu pengetahuan artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi ilmu itu bagi manusia. Problem inilah yang di bicarakan dalam landasan pengembangan ilmu pengetahuan yakni landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis. Objek formal filsafat ilmu merupakan sudut pandangan yang ditujukan pada bahan dari penelitian atau pembentukan pengetahuan itu, atau sudut dari mana objek material itu di sorot.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  25. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Objek material filsafat Pendidikan Sains merupakan suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan itu atau hal yang di selidiki, di pandang atau di sorot oleh suatu disiplin ilmu yang mencakup apa saja baik hal-hal yang konkrit ataupun yang abstrak. Sedangkan Objek formal filsafat pendidkan sains tidak terbatas pada apa yang mampu diindrawi saja, melainkan seluruh hakikat sesuatu baik yang nyata maupun yang abstrak.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id