Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

44 comments:

  1. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Jika kita menginginkan sesuatu hendaknya berusaha dan berpikir dengan sungguh-sungguh. Seperti halnya dalam melakukan peelitian harus dimulai dari tujuan penelitian, menentukan obyek penelitian, dan metode yang digunakan. Elegi ini merujuk pada penelitian tindakan kelas, dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk mengetahui bagian-bagian yang masih kurang dalam pembelajaran dan mencari metode yang tepat untuk dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Obyek yang ada di dalam penelitian tindakan kelas ini mencakup semua komponen yang ada di dalam kelas, termasuk guru, siswa, dan interaksi keduanya.

    ReplyDelete
  2. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Kita sering kesulitan menentukan obyek penelitian atau topik yang ingin kita teliti. Padahal sangat banyak yang bisa kita angkat menjadi obyek penelitian kita. Yang dibutuhkan hanyalah kepekaan terhadap keadaan sekitar kita. Masalah banyak disekitar kita, untuk itu mari kita selesaikan dengan metode ilmiah.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  3. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Tingkatkan dahulu kualitas dalam diri kita, seperti Ilmu, bacaan, referensi, pengalaman, potensi, keterampilan, motivasi, semangat. Sehingga untuk menentukan obyek penelitian bisa melalui apapun untuk melakukan inovasi pendidikan pada bangsa ini. Kesulitan menentukan obyek adalah dari diri kita sendiri yang belum melakukan hal-hal tersebut. Caranya tidak lain tidak bukan, adalah terus belajar sebelum melakukan penelitian. Karena obyek penelitian itu banyak, kitanya saja yang tidak bisa merasakan dikarenakan kurangnya kualitas diri.

    ReplyDelete
  4. Vety Triyana K
    13301241027 / P. Mat Inter 2013

    Dalam menentukan suatu objek penelitian, kebingungan sudah pasti dirasakan pada awal - awal pembentukan ide. pikiran - pikiran peneliti yang terlalu jauh dan banyak, menyebabkan apa yang sebenarnya dia cari sesungguhhnya berada di 'dekat' nya namun dia tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, saya berpendapat kepada calon - calon peneliti yang sedang membaca blog ini. Alangkah baiknnya jika kita semua sama - sama mengosongkan pikiran dan peka dengan keadaan sekitar.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Menurut saya, elegi di atas menceritakan bagaimana peran guru dalam pembelajaran di kelas. Guru hendaknya menjadi panutan dalam sikap, ucapan, maupun perbuatan. Guru juga memiliki tugas untuk membentuk kepribadian siswa dan mengarahkan siswa agar siswa bisa menguasai IPTEK. Salah satunya dengan membuat perlengkapan belajar mengajar seperti RPP, media pembelajaran, dll. Yg akan menunjang proses belajar.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Obyek peneletian adalah sesuatu yang dikenai oleh subjek penelitian. Dalam artian, objek di sini adalah hal-hal apa saja yang sekiranya akan diperlukan untuk penenlitian atau hal-hal apa saja yang akan diselidiki dalam penelitian. Hal-hal tersebut juga perlu diperhatikan, antara lain: merupakan permasalahan yang madih baru, menarik minat kalangan lainnya untuk turut mengkaji, memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat lain. Salah satu contohnya adalah tentang penerapan Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  7. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Elegi di atas ini berisi dialog antara guru dengna penelitian kelas. Elegi ini memberika ninformasi kepada kita tentang komponen-komponen penelitian kelas, namun disampaikan dalam bentuk sebuah elegi. Sehingga ketika membaca, kita tidak hanya meningat, namun juga meresapi karena kita terbawa pada suasana ruang dan waktu antara sang guru dengan penelitian kelas

    ReplyDelete
  8. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Elegi ini menyiratkan kegalauan dan kebimbangan mahasiswa S1,S2 bahkan mungkin S3 ketika akan menentukan topik penelitian beserta obyeknnya. Dari kegalauan, mereka mulai menggunakan olah pikir untuk menyeleksi apa yang menjadi obyek penelitian nya karena keinginan untuk menghasilkan penelitian kelas yang berkualitas. Sebagai panduan mereka dalam meningkatkan kualitas penelitian, maka elegi ini wajib untuk dibaca. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Banyak hal yang dapat menjadi objek penelitian kelas seorang guru. Dimulai dengan sifat- sifat guru tersebut, sifat- sifat siswa, hubungan sifat guru tersebut dalam pembelajaran. Kemudian guru dapat mengambil objek- objek lain untuk terus meningkatkan kualitas penelitian kelas sperti tentang pengembangan media pembelajaran,pengembangan instrumen, pengembangan RPP, pengembangan lembar kerja, hingga kemudian cara atau metode mengembangkan berbagai kemampuan yang penting similiki siswa seperti pemecahan masalah, komunikasi, literasi, kreatifitas dan sebagainya. Karena banyaknya objek yang dapat diteliti inilah hendaknya guru tidak memiliki alasan tidak meneliti karena tidak adanya objek.

    ReplyDelete
  10. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari elegi di atas terlihat bahwa banyak sekali hal yang bisa menjadi obyek penelitian guru. Permasalahan-permasalahan di dunia pendidikan masih banyak yang perlu dicari solusinya. Dari faktor siswa saja banyak sekali yang harus diteliti, misalnya dari segi motivasi siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa, prestasi belajar siswa, dan lain-lain. Untuk menjadi guru profesional memanglah tidak mudah. Namun tugas kita adalah terus berusaha memperbaiki pendidikan di Indonesia. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  11. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dari elegi ini yang saya dapatkan adalah bahwa untuk meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas, kita harus berusaha merefleksi segala hal yang ada dan mungkin ada yang berkaitan dengan penelitian untuk kemudian mempertimbangkan dan menelaahnya komponen-komponen yang paling berkaitan secara kontekstual.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Banyak sekali objek yang dapat digunakan dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian tersebut dapat berupa sikap guru, sikap siswa, kompetensi/keterampilan siswa, metode pembelajaran, perangkat pembelajaran, instrument pembelajran, media pembelajaran, dan seluruh komponen pembelajaran lainnya, maupun keterkaitan antar komponen. Dalam menentukan objek penelitian, guru harus meningkatkan sensitifitasnya dalam pembelajaran. Guru hendaknya lebih peka dalam melihat segala permasalahan yang ada dan memiliki kepedulian untuk menemukan solusinya melalui penelitian. Semua itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat benar-benar belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan matematika B 2016

    Objek penelitian bukan hanya orang yang kita amati, tapi kita juga sebagai peneliti bisa menjadi objek penelitian ditinjau dari yang harus dipersiapkan untuk meneliti. objek peneliti sangat beragam dimana semua hal tersebut dalam faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti sikap guru, sikap siswa, kompetensi/keterampilan siswa, metode pembelajaran, perangkat pembelajaran, instrument pembelajran, media pembelajaran, dan seluruh komponen pembelajaran lainnya, maupun keterkaitan antar komponen. sebagai calon guru tentu kita harus memahami semua hal tersebut sehingga nantinya kita dapat memiliki kualitas yang baik sebagai orang yang terdidik untuk mendidik.

    ReplyDelete
  15. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Guru itu memiliki begitu banyak obyek penelitian. Guru dituntut dan memang harus melakukan inovasi dalam pembelajaran. Bagaimana bisa guru bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran jika guru tidak memahami karakter siswa? Bagaimana bisa guru bisa memahami karakter dan kebutuhan siswa jika guru tidak melakukan penelitian? Hal ini memberikan kesadaran bahwa begitu pentingnya peran suatu penelitian terhadap inovasi pembelajaran di kelas. Obyek penelitian bisa saja mengenai kebutuhan siswa, yaitu karakter siswa, motivasi untuk siswa, persepsi siswa, metode pembelajaran yang tepat untuk siswa dan masih banyak lagi. Namun ternyata sifat dan karakter dari guru pun bisa dijadikan obyek penelitian pembelajaran di kelas. Selain sosialisasi dari kementerian pendidikan, hal yang paling penting adalah kesadaran dan menyadarkan para guru Indonesia, bahwa penelitian yang dilakukan akan membawa kemajuan pada peserta didiknya. Diperlukan motivasi kepada guru bahwa negara Indonesia tidak hanya membutuhkan peserta didik yang pandai menghafal, namun juga pandai memahami dan segala aspek pengetahuan yang disampaikan dalam Taksonomi Bloom Terevisi agar dapat bersaing dengan negara lain.

    ReplyDelete
  16. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Banyak sekali obyek-obyek penelitian yang bisa diambil. Guru ataupun siswa bisa dijadikan obyek penelitian. Mulai dari sifat-sifat siswa, seperti motivasi, kepercayaan diri, kemampuan beromunikasi, dan lain sebagainya. Atau obyek penelitian tentang bagaimana hubungan guru dengan siswa atau bagaimana usaha guru untuk menghubungan siswa dengan materi pelajarannya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Elegi ini merujuk pada penelitian tindakan kelas, dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk mengetahui bagian-bagian yang masih kurang dalam pembelajaran dan mencari metode yang tepat untuk dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Obyek peneletian adalah sesuatu yang dikenai oleh subjek penelitian. objek di sini adalah hal-hal apa saja yang sekiranya akan diperlukan untuk penenlitian atau hal-hal apa saja yang akan diselidiki dalam penelitian.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Masih banyak permasalahan di dunia pendidikan yang perlu dicari solusinya. Dari faktor siswa saja banyak sekali yang harus diteliti, misalnya dari segi motivasi siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa, prestasi belajar siswa, dan lain-lain.hal ini harus menjadi perhatian kita sebagai seorang pendidik untuk memecahkan masalah pendidikan ini.

    ReplyDelete
  19. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Elegi di atas menunjukkan bahwa untuk melakukan penelitian objek yang akan diamati begitu banyak ada di sekitar kita bahkan melekat dalam diri kita. Namun terkadang kita sangat sulit untuk memulai suatu penelitian apalagi dalam menentukan objek yang kan di teliti. Ini menandakan bahwa sebelum memulai suatu penelitian kita harus dulu meningkatkan kualitas diri dalam hal memperbanyak belajar, membaca buku, membaca referensi, meningkatkan motivasi, dan juga kita harus berpikir bahwa apa yang akan teliti kedepannya akan bermanfaat bagi orang lain.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  20. Elegi menggapai obyek penelitian menggambarkan banyak sekali obyek penelitian yang dapat diamati dalam penelitian kelas mulai dari yang sederhana yang berasal dari individu guru dan siswa kemudian meningkat pada sistem dan metode serta evaluasi yang semua merujuk pada satu tujuan yaitu peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Guru harus jeli dalam mengamati semua faktor yang ada dan mungkin ada untuk meningkatkan kualitas penelitian kelas dari waktu ke waktu, jadi jangan mudah merasa puas atas pencapain hasil yang telah diperoleh sehingga kualitas pendidikan kita terus meningkat.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  21. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Sejatinya, mencari objek penelitian tidaklah perlu jauh-jauh. Di sekitar kita, ada banyak “masalah” yang menuntut pemecahannya. Telebih kami di bidang PEP (Penelitian dan Evaluasi Pendiikan(, menyadari banyaknya persoalan pendidikan yang mendesak membutuhkan solusi, menjadi PE-ER besar bagi kami juga bagi para kaum terdidik lainnya.

    ReplyDelete
  22. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Di sekeliling kita banyak sekali hal yang dapat menjadi obyek penelitian seorang guru. Namun terkadang guru tidak menyadarinya. Maka guru harus mengasah kemampuannya untuk lebih peka terhadap hal-hal di sekitarnya sebagai obyek penelitiannya.

    ReplyDelete
  23. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Yang terpenting dalam melakukan penelitan adalah menemukan masalah yang dapat diteliti. Seringkali kita bingung dan sulit dalam menentukan masalah apa yang harus kita teliti padahal kita mengetahui bersama bahwa di bidang pendidikan ada begitu banyak masalah-masalah yang dapat kita teliti seperti yang digambarkan dalam elegi di atas dimana ada begitu banyak hal yang dapat dijadikan obyek penelitian baik yang berkaitan dengan kemampuan guru ataupun siswa dalam proses keterlaksanaan belajar mengajar di kelas. Kiranya kita dapat melakukan penelitian dengan sebenar-benarnya yang hasilnya dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Obyek penelitian bagi seorang guru sangat banyak sekali, apalagi guru yang sudah berpengalaman, yang sudah mengetahui karakteristik siswa-siswanya, mengetahui apa yang diperlukan oleh siswanya, akan sangat banyak obyek penelitian yang dapat dibuatnya.

    ReplyDelete
  25. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Untuk melakukan penelitian, maka seorang peneliti perlu mengetahui ontologi dan epistemologi tentang penelitian itu sendiri. kemudian sebagai peneliti terhdap pendidikan, harus mencari hal hal apa yang dialami ketika melaksanakan proses pembelajaran untuk dapat ditingkatkan atau diberikan perlakuan agar kesulitan, permasalahan, dan keefektifitasan pembelajaran dapat tercapai. Maka selain Objek penelitian yang perlu diperhatikan, perlu juga menemukan apa yang akan diuji? Ingin menjawab permasalahan apa? Bagaimana pengukuran hasilnya? Dan apakah hasil penelitian tersebut mendukung terhadap peningkatan objek penelitian?

    ReplyDelete
  26. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Hal yang cukup menantang bagi seorang pendidik untuk melakukan penelitian adalah memutuskan untuk menemukan permasalahan yang dihadapinya dan kemudian menemukan solusi, lalu tidak hanya dapat meningkatkan dan mengefesiensikan objek penelitiannya, melainkan juga sebagai jawaban dari permasalahan yang terjadi secara general atau umum yang ada ditengah masyarakat.

    ReplyDelete
  27. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Sebenar-benarnya filsafatnya penelitian adalah saintifikisme. Di dalam melakukan penelitian itu sendiri memang dibutuhkan sebuah kegiatan yang dinamakan refleksi. Dengan melakukan refleksi kita akan tahu kekurangan dan kelebihan kita dalam mengajar. Sehingga, kita bisa menggunakannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Siswa perlu diajak untuk mensaintifikkan pengetahuan mereka dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari supaya bermakna.

    ReplyDelete
  28. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam melakukan sebuah penelitian perlulah dikathuui dulu hakekatnya. Dalam artian perlukah penelitian itu? Sebuah penelitian itu tujuannya adalah untuk kebaikan, bukan untuk mengukur diri kita atau membuat kita arogan akan penelitian itu. Terlebih jika itu adalah penelitian pendidikan. Kita harus mengetahui apa yang menjadi masalah dan mencarikannya jalan keluar. telah disebutkan macam-macam obyek penelitian. Itu dapat digunakan untuk mengembangkan pendidikan ke arah yang lebih baik atau memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi.

    ReplyDelete
  29. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    COURAGE is one of those magical qualities possessed by few, but found in all great individuals both in and outside of sports. Whether it’s standing up for what you believe in despite it’s unpopularity, remaining calm and composed under the heat of intense competitive pressure, consistently moving towards your fears and insecurities or maintaining a grace and dignity when you fail miserably, courage wears a number of different clothes. You don’t have to be a mature adult to be courageous. Children sometimes demonstrate far more courageous behavior than adults. You don’t have to be a world-class athlete to be courageous. As a matter of fact, you don’t even have to be that athletically inclined to develop and fine-tune this quality, which is one of the cornerstones of mental toughness. In this month’s issue we will examine some of the different faces of courage.

    ReplyDelete
  30. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Obyek penelitian seorang guru adalah murid-muridnya sendiri. Apabila guru di dalam kelas mempunyai sikap yang baik,memahami murid-muridnya,dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas (memiliki 4 kompetensi guru) maka keberhasilan belajar siswa akan diperoleh. Begitu banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dan salah satu diantaranya adalah sang guru. Seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  31. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hakekat Penelitian kelas adalah proses observasi sebagai upaya meningkatkan kualitas/mutu. Maka objek penelitiannya dalah guru itu sendiri sebagai upaya untuk merefelksi diri terkait apa ynag telah diterapakan di dalam kelas pada proses pembelajaran. Kemudian objeknya juga adalah siswa itu sendiri karena guru didalam kelas beriorientasi kepada peningkatan kualitas kompetensi siswanya. Jadi observasi penelitian kelas bagi guru bertujuan untuk mencari strategi dan konsep yang tepat agar aktualisai potensi diri siswa dapat tercapai dengan optimal dan maksimal.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Objek filsafat terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Dan dari semua yang ada dan yang mungkin ada itu masing-masing mempunyai sifat yang sangat banyak bahkan tak terhitung. Nah sejatinya segala sifat-sifat itu merupakan objek yang dapat dijadikan penelitian. Maka sejatinya segala sifat dari segala yang ada dan yang mungkin ada merupakan objek penelitian.

    ReplyDelete
  33. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pada hakekatnya bahwa ketika seorang peneliti ingin meneliti objek penelitian itu ada dimana-mana dan sangat banyak yang perlu di teliti, sepertihalnya seorang guru yang ingin melakukan peneltian tindakan, maka bisa menjadikan objek penelitian itu adalah guru itu sendiri, terkhusus siswa dan metode mengajar, pengembangan bahan ajar, peningkatan kemampuan, prestasi dst, masih banyak lagi objek permasalahan yang bisa di teliti, asalkan sang guru mau meneliti.

    ReplyDelete
  34. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Obyek penelitian bisa dari berbagai sumber. Inspirasi bisa dari mana saja. Asalkan kita mencintai profesi kita atau cita-cita kita sebagai pengajar, kita tentu akan banyak mendapatkan banyak pertolongan, Insya Allah, dari orang-orang di sekitar kita juga rahmat dari Allah. Minta petunjuk dan tingkatkan spiritual kita pada-Nya.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  35. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat gueu terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Objek penelitian tersebut berupa motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya. Guru dapat menjadikan segala keperluan siswa sebagai obyek penelitian. Dengan adanya penelitian maka diharapkan akan dihasilkan solusi solusi dari berbagai permasalahan pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  36. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    saya kira uraian diatas merupaka bahan yang amat banyak untuk menjadi referensi bagi penelitian, khususnya obyek penelitian. Misal, pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep, mengembangkan ketrampilan problem solving, mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian, mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya, konteks dalam belajar siswa dan banyka lagi lainnya. Maka tinggal bagaimana mengolah dan memilih obyek mana yang akan diteliti untuk mengembangkan keilmuan dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  37. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    saya kira uraian diatas merupaka bahan yang amat banyak untuk menjadi referensi bagi penelitian, khususnya obyek penelitian. Misal, pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep, mengembangkan ketrampilan problem solving, mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian, mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya, konteks dalam belajar siswa dan banyka lagi lainnya. Maka tinggal bagaimana mengolah dan memilih obyek mana yang akan diteliti untuk mengembangkan keilmuan pendidikan matematika kita.

    ReplyDelete
  38. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Objek penelitian bukan hanya orang yang kita amati, tapi kita juga sebagai peneliti bisa menjadi objek penelitian ditinjau dari yang harus dipersiapkan untuk meneliti. Obyek penelitian dapat berupa sikap guru, sikap siswa, kompetensi/keterampilan siswa, metode pembelajaran, perangkat pembelajaran, instrument pembelajran, media pembelajaran, dan seluruh komponen pembelajaran lainnya, maupun keterkaitan antar komponen.

    ReplyDelete
  39. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sebagai guru yang ingin melaksanakan penelitian kelas secara sederhana, untuk menentukan obyek penelitian haruslah peka terhadap permasalahan yang muncul di kelasnya. Obyek penelitian bisa berupa sikap guru dan pengembangannya, sikap siswa dan pengembangannya, pengaruh sikap guru terhadap aktivitas belajar, sikap dan perilaku pedagogik guru , dan pengaruh sikap dan perilaku pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  40. Elegi menggapai obyek penelitian ini memberikan gambaran bahwa banyak sekali obyek penelitian yang bisa diambil dari sebuah lingkungan dalam hal ini merujuk pada lingkungan kelas. Seorang guru dapat menemukan berbagai obyek penelitian, obyek penelitian itu sangat dekat dengan dirinya bahkan ada dalam dirinya, Namun terkadang sangat sulit untuk memulai suatu penelitian apalagi dalam menentukan obyek yang akan di teliti.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  41. Seorang guru hanya perlu kepekaan terhadap situasi yang ada dikelas maka ia bisa mendapat banyak obyek penelitaian untuk meningkatkan kualitas kelasnya seperti yang di gambarkan dalam eligi ini. Dalam satu lingkungan kelas saja sudah bisa ditemukan banyak obyek penelitian. Maka saya mendapat pemahaman bahwa untuk menemukan/menggapai obyek penelitian kita memerlukan kepekaan terhadap situasi yang ada didekat kita dan menentukan sudut pandang kita terhadap situasi tersebut, jika dalam ruang kelas saja banyak obyek penelitian maka jika kita menjamah ruang lingkup yang lebih besar tentunya kita akan menemukan obyek penelitian yang mungkin tidak terbatas jika kita memiliki kepekaan terhadap itu.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  42. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Obyek penelitian tidak hanya berupa apa atau pun siapa yang akan diteliti. Obyek penelitian dalam pendidikan bisa berarti tinjauan guru terhadap siswa-siswanya, dalam hal ini mungkin dapat berupa kemampuan para siswa. Keterampilan dan kemampuan-kemampuan diluar kemampuan dasar siswa dapat menjadi obyek penelitian, seperti halnya siswa mampu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep, ketrampilan problem solving, keterampilan mengadakan penelitian kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajar dan konteks siswa dalam belajar juga merupakan obyek-obyek dalam penelitian.

    ReplyDelete
  43. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pendidikan meliputi elemen-elemen yang sangat kompleks. Salah satunya adalah di dalam suatu kelas yang terdiri dari banyak siswa dengan beragam karakter yang berbeda. Tentu saja masalah-masalah dalam pendidikan menjadi sangat beragam. Sehungga diperlukanlah suatu solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan tersebut. Dalam kelas misalnya permasalahan bisa muncul dari siswa, media, lingkungan belajar, bahkan dari guru itu sendiri. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul adalah dengan melakukan penelitian pendidikan di dalam kelas.

    ReplyDelete
  44. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dari artikel diatas kita belajar khususnya sebagai seorang guru bahwa melakukan penelitian itu penting agar bisa meningkatkan pendidikan dalam hal metode, strategi belajar dan lain sebagainya. Objek yang diteliti bisa motivasi , prestasi siswa dan lain lain. Bisa juga Pembelajaran yang inovatif dan sesuai kebutuhan akan menjadi bermakna, sehingga konsep akan benar tertanam dalam benak peserta didik.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id