Feb 12, 2013

The Nature of Teaching Learning Resources




By Marsigit
Yogyakarta State University

John Munchak (2004) indicated that in order to provide lessons that are both engaging and challenging to each individual, it is necessary to know the students as people. Each individual will come to my class with their own set of abilities, motivations, attitudes, goals, and cultural background. Further he stated the following:


“Getting to know these various facets of my students will allow me to excel as a teacher because I can tap into their talents, resources, and knowledge to make the classroom more interesting, dynamic, and personal. Establishing a familiar bond and some trust between me and the students, as well as among the students themselves, contributes to a safe and caring learning environment. Learning their interests, the activities they enjoy, their academic strengths and weaknesses, their future plans and motivations informs how I will teach each individual. This personal information is important in order to differentiate learning in a classroom with students of various levels of motivation, career goals, and academic abilities. Caring for my students means I will "honor their humanity, hold them in high esteem, expect high performance from them, and use strategies to fulfill their expectations"

Related to the resources of teaching, Ernest (1991) suggested that due to the learning should be active, varied, socially engaged and self-regulating, the theory of resources has three main components :
(1)the provision of a wide variety of practical resources to facilitate the varied and active teaching approaches;
(2)the provision of authentic material, such as newspaper, official statistics, and so on for socially relevant and socially engaged study and investigation; and
(3) the facilitation of student self-regulated control and access to learning resources.


The nature of teaching learning resources can be perceived differently by different doer of teaching practice in their context of society; and they are closely related to their ideology and philosophy of education. The map created by Paul Ernest indicated how different perception of the nature of teaching learning resources as an implication of its ideology of teaching. The perception stretches from just to have chalk and paper, teaching aids, students' creativity, teachers' creativity, schools' environment, and its whole society.

References:
........., 2009, Nature of the Students, Going to a public school, New South Wales,
Department of Education and Training. Retrieved 2009

Brown, T., 1997, Mathematics Education and Language: Interpreting Hermeneutics and
Post-Structuralism. Kluwer Academic Publisher: Dordrecht

Cockroft, H. W., 1982, Mathematics counts : Report of the Committee of Inquiry into the Teaching of Mathematics in School under the Chairmanship of Dr. W H Cockroft, London : Her Majesty's Stationery Office.

Ebbutt, S. and Straker, A., 1995, Mathematics in Primary Schools Part I: Children and Mathematics. Collins Educational Publisher Ltd.: London

Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved


Fullan, M., 2002, Leading and Learning for the 21stC Vol 1 No. 3 - January 2002

Furlong, J., 2002, Ideology and Reform in Teacher Education in England:
Some Reflections on Cochran-Smith and Fries. Retrieved

Glenn, A., 2009, Philosophy of Teaching and Learning "Your job as a teacher is to make every single student feel like a winner”. Retrieved

Grouws, A. D. and Cooney, J. T., 1988, Effective Mathematics Teaching : Volume 1, Virginia : The NCTM, Inc.

Hartman, 1945, Validity Studies Of The Hartman Profile Model, Ai, Axiometrics
International, Inc. Retrieved 2007< http://www.google.com>

Jaworski, B., 1994, Investigating Mathematics Teaching : A Constructivist Enquiry, London : The Falmer Press.

Orton, A. and Wain, G., 1994, Issues in Teaching Mathematics, London : Cassell.
Runes, D.D.,1942, Dictionary of Philosophy. Retrieved 2007

Swanson, R.A. and Holton III, E.F., 2009, Foundation of Human Resources Development
: Second Edition, Berrett-Kohler Publisher Inc.

21 comments:

  1. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda dengan yang lainnya dan disini lah tugas sebagai guru untuk memfasilitasi pembelajaran yang dapat menampung segala karakter siswanya. Pendalaman tentang karakter siswa menjadi sangat penting bagi guru karena dengan guru memahami karakter siswa guru menjadi tahu kelemahan dan kelebihan serta bagaimana minat siswanya sehingga guru dapat membuat inovasi pembelajaran dengan memberikan lingkungan belajar yang menarik dan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  2. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Karakter setiap siswa dimanapun pasti beragam, apalagi jika di satu kelas terdapat bermacam karakter yang berbeda-beda. Hal tersebut perlu adanya perhatian khusus dari kita selaku pendidik yang harus lebih memahami berbagai macam siswa. Untuk menjadi seorang guru yang profesional yang bukan hanya mengajar dan membimbing dalam kelas, akan tetapi juga menjadi guru yang mampu membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik serta dapat menggali dan mengembangkan minat bakat siswa.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  3. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sumber belajar dan pembelajaran yang berbeda dapat menjadi suatu implikasi ideologi pengajaran. Sifat sumber belajar mengajar terkait erat dengan ideologi dan filosofi pendidikan. Sumber belajar dapat disediakan melalui materi otentik, contohnya seperti koran dan sumber lain yang relevan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  4. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    It is necessary to see students as people. I om on that side. This means that we should understand about their ability, their previous knowledge and so on. This will help us in teaching them individually.

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Sebuah tantangan bagi seorang pendidik ketika dihadapkan dengan berbagai macam masalah dalam pembelajara seperti bagaimana cara mengatasi siswa dengan kemapuan yang berbeda beda. Guru memang harus mengenal secara perlahan kepribadian siswa masing-masing, mengenal karakteristiknya dan dengan adanya itu guru bisa membuat suasana pembelajaran berganti ganti sesuai dengan kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, masalah-masalah yang terjadi pada proses belajar mengajar mengharapkan para pendidik harus bisa mengerti apa yang menjadi fungsi dan tujuan pendidikan. Pendidikan butuh proses dan transformasi pengetahuan. Pembentukan karakter dilakukan secara holistik dalam proses pembelajaran. Memahami kemungkinan perilaku yang terjadi, membawa pendidik tahu benar apa yang harus di transfer kepada anak didiknya. Perilaku itu bisa di redam dengan menanamkan nilai kebenaran bagi siswa dan diberikan kebebasan yang terkontrol untuk membentuk akhlak yang sejati. Guru dan komponen sekolah harus memberikan pengetahuan yang benar dan menjadi teladan untuk siswanya. Sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan pembentukan akhlak sangat penting untuk membawa anak pada pengetahuan yang benar.

    ReplyDelete
  7. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada artikel ini ditekankan, terkait dengan sumber daya pengajaran, Ernest (1991) mengemukakan bahwa: “due to the learning should be active, varied, socially engaged and self-regulating”. Saya setuju dengan pendapat ini, untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan beragam tentunya didukung oleh sumber belajar yang tersedia. Sumber belajar bisa sengaja dirancang atau sudah tersedia di lingkungan meliputi: pesan, manusia, bahan, alat, metode dan lingkungan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam membantu proses belajar. Dengan kata lain, peserta didik seharusnya tidak mengandalkan guru sebagai satu-satunya sumber belajar, tetapi dapat belajar dari sumber belajar yang tesedia di lingkungannya baik secara individu maupun bersama-sama untuk membantu proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Setiap individu mempunyai kemampuan, motivasi, attitude atau sikap, tujuan, dan latar belakang kebudayaan yang berbeda. Sehingga setiap inidividu membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. “…Caring for my students means I will "honor their humanity, hold them in high esteem, expect high performance from them, and use strategies to fulfill their expectations" statement tersebut dapat menjadi pembelajaran bahwa tugas seorang guru bukan hanya mengajar namun mendidik siswa supaya dapat mewujudkan cita-citanya. Saya membayangkan seandainya guru tidak dibebani dengan tugas administrasi yang sangat banyak maka guru akan mendidik siswa dengan optimal. Karena sesungguhnya sumber belajar utama seorang guru adalah siswa itu sendiri. Guru dapat memanfaatkan bakat, sumber daya serta pengetahuan mereka untuk membangun kelas yang lebih menarik dan dinamis. Dengan terlibat langsung dengan siswa dapat mepererat ikatan dan kepercayaan siswa terhadap guru. Melalui hal tersebut guru dapat mempelajari minat siswa, kegiatan yang mereka nikmati, kekuatan dan kelemahan akademis siswa, rencana dan motivasi mereka di masa depan. Oleh sebab itu, kedekatan antara siswa dengan guru menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam era digital saat ini, segala informasi dapat dengan mudah kita dapatkan dan manfaatkan salah satunya sebagai sumber belajar. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada kapur dan papan tulis, apa yang diajarkan dan dituliskan oleh guru pada papan tulis kelas. Bahkan alam, lingkungan sekitar dan orang lain di sekeliling kita pun dapat menjadi sumber belajar bagi kita.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sumber belajar merupakan semua sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar digunakan oleh seorang guru agar siswa-siswa aktif ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Guru dapat memanfaatkan sumber belajar yang ada pada lingkungan belajar atau menyusun sumber belajarnya sendiri. Sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh seorang guru contohnya seperti koran dan sumber belajar lainnya yang relevan dan bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  11. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Sumber belajar adalah sarana yang memiliki peran penting untuk siswa mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, Berdasarkan apa yang dikemukakan oleh John Muunchak bahwa untuk memberikan pembelajaran yang menarik bagi siswa, guru hendaknya memahami kemampuan siswa, motivasi, cara belajar siswa dan aspek-aspek yang juga ada dalam diri siswa. Karakter siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mengarahkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam pembelajaran, hal yang menjadi sumber belajar di sekolah biasanya kita dapat dari buku belajar dan juga penyampaian materi-materi dari guru. Namun seiring berkembangnya waktu, hal tersebut bukan menjadi satu-satunya sumber belajar. Sumber belajar bisa kita dapatkan dari manapun, misalnya dari internet. Apalagi untuk saat ini, guru berperan sebagai fasilitator bagi siswa, sehingga diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Perbedaan karekater dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam menangkap pengetahuan di kelas adalah sesuatu yang menarik dan menantang bagi guru. Guru tidak dapat memaksakan untuk menyamakan karakter siswanya, tetapi harus difasilitasi agar dapat mengembangkan karakter yang telah dimiliki siswanya. Salah satunya dengan memberi motivasi pada siswanya bahwa pembelajaran yang akan berlangsung mudah diikuti dan dapat membuat mereka senang pada pelajaran tersebut. Motivasi tersebut dapat menanamkan mind set agar siswa berkesan dengan pelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Siswa dengan beragam karakternya dapat difasilitasi dengan pendekatan pembelajaran yang aktif. Selain itu, guru dapat membuat atau menyediakan suber belajar untuk siswanya dengan catatan siswa dengan beragam kemampuan dan karakter. Serta, siswa sendiri yang akan memilih sumber belajar tersebut sesuai dengan kemampuannya dan siswa sebagai pengontrol dalam mengakses sumber belajar tersebut.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pembelajaran yang baik ialah pembelajaran yang menantang dan melibatkan seluruh siswa di dalam kelas. Seperti yang kita tahu, setiap siswa memiliki perbedaan karakteristik. Pemahaman tentang perbedaan karakteristik ini sangat penting bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mampu mengembangkan potensi siswa. Untuk dapat memfasilitasi perbedaan individula tersebut, maka alangkah lebih baiknya bila sumber belajar yang digunakan di dalam pembelajaran matematika bervariasi. Bahan-bahan yang digunakan sebgai sumber belajar pun beragam, tidak hanya berupa buku atau LKS, tetapi merupakan bahan yang otentik yang relevan dengan kehidupan siswa. Bahkan siswa bisa diberikan kebebasan dalam memilih sumber belajarnya. Kemudian dalam proses belajar, guru perlu memastikan bahwa siswa mampu meregulasi diri dan mengontrol proses belajarnya melalui sumber-sumber belajar yang digunakan.

    ReplyDelete
  16. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    John Munchak menunjukkan bahwa untuk memberikan pelajaran yang menarik dan menantang bagi setiap individu, perlu untuk mengetahui karakter tiap-tiap siswa. Setiap individu akan datang ke kelas dengan kemampuan, motivasi, sikap, tujuan, dan latar belakang budaya mereka sendiri. Penting bagi seorang guru untuk dapat memahami karakter siswa-siswanya, hal ini akan berguna untuk guru menyiapkan model pembelajaran yang sesuai bagi mereka.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Pada elegi ini kita dapat mengetahui Peta yang dibuat oleh Paul Ernest menunjukkan bagaimana persepsi yang berbeda tentang sifat sumber belajar mengajar sebagai implikasi dari ideologi pengajarannya. Persepsi itu membentang dari sekadar memiliki kapur tulis dan kertas, alat bantu mengajar, kreativitas siswa, kreativitas guru, lingkungan sekolah, dan seluruh masyarakatnya. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap pendidik memiliki sifat dan sumber belajar mengajar yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kondisi dan karakter siswa yang diajar. Seorang guru lebih kreatif dalam menemukan sumber belajar untuk menjadi bahan atau metode dalam proses pembelajaran. Karena sumber belajar merupakan faktor yang penting untuk siswa guna meningkatkan kreatifitas pikiran dan daya ingat siswa yang lebih tajam.

    ReplyDelete
  19. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Sumber belajar merupakan sarana yang berperan penting proses pembelajaran yang memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan

    ReplyDelete
  20. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih atas postingan tulisan ini Prof. Sumber belajar merupakan sarana yang dapat membantu siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari postingan diatas saya mendapatkan point berdasarkan pendapat John Munchak bahwa dalam memberikan pembelajaran yang menarik kepada siswa, hendaklah sebagai guru terlebih dahulu memahami kemampuan, motivasi, sikap, serta cara belajar mereka. Dengan kata lain hendaklah guru memahami karakteristik siswanya sehingga pembelajaran yang dilaksanakan memang sesuai dengan kebutuhan siswa. Maka jika pembelajaran telah seusia dengan kebutuhan siswa, pembelajaran yang dilaksanakan akan menarik.

    ReplyDelete
  21. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete