Feb 20, 2013

More Link to Mathematics Teaching Resources




Dikumpulkan oleh Marsigit

http://hrd.apecwiki.org/index.php/Main_Page
http://hrd.apecwiki.org/index.php/Classroom_Innovations_through_Lesson_Study
http://hrd.apec.org/index.php/Lesson_Study_Papers
http://www.lessonplanspage.com/MathDecimalOperation-RestaurantSimulationIdea34.htm
http://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml
http://alex.state.al.us/lesson_view.php?id=6715
http://www.themathworkshop.com/scenarios.htm
http://www.teach-nology.com/ideas/subjects/math/2/
http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans?keyid=1560107&start_at=1301&num_to_see=50
http://www.sedl.org/afterschool/toolkits/math/pr_math_find.html
http://www.capemaytech.net/ettc/links/mathlinks.html
http://www.lessonplansearch.com/Math/Middle_School_6-8/index.html
http://jhs.lasallepsb.com/Academics/Mathematics/math_websites.htm
http://www.whps.org/it/profdevelopment/Hotlinks/Math.htm
http://alternativeed.sjsu.edu/mod11.html
http://www.cloudnet.com/~edrbsass/edinternet.htm
http://www.math-helpdesk.com/1st-grade.htm
http://www.litespeed.com.sg/2_products/prod_cw_pri_drMath.html
http://www.thesolutionsite.com/lesson/26258/lesson2.htm
http://members.shaw.ca/dbrear/mathematics.html
http://www.central.k12.ca.us/akers/technology/teachertools.html
http://www.education-world.com/a_tsl/
http://www.ite.sc.edu/dickey/nassp/nassp.html
http://virtualinquiry.com/specialist/materials.htm
http://www.exampleessays.com/essay_search/Method_of_Teaching_Mathematics.html
http://www.geos-oceania.com/links/teaching-resources-lesson-plans-and-software-2.htm

38 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Sebelumnya maaf untuk keterbatasan untuk membaca semua sumber bacaan, namun yang dapat saya tangkap berupa Mathematics Teaching Resources. Salah satu untuk meningkatkan pembelajaran matematika adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan salah satu bentuk pembinaan guru (in-service) yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan lesson study para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesio-nalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan meghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Slamet Mulyana (2007) mem-berikan rumusan tentang Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Link mengenai lesson plan membutuhkan inovasi dalam lesson plan. Inovasi dalam KBBI artinya pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (baik berupa gagasan, metode atau alat). Pembelajaran di kelas pun sangat membutuhkan inovasi, dalam proses belajar mengajar bukanlah hanya konsep yang siap diterima oleh peserta didik tetapi sesuatu yang harus dikonstruksi sendiri oleh siswa. Apabila inovasi pembelajaran dilaksanakan sesuai prosedur, akan memberikan manfaat yaitu membuat pembelajaran yang lebih baik dan lebih bermakna sehingga tujuan pembelajaran di kelas akan tercapai.

    ReplyDelete
  3. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Terima kasih atas atas referensis yang prof berikan,link time4learning bisa menjadi inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa, dari link tersebut kita banyak mendapatkan informasi terkait bagaimana membangun sebuah inovasi pembelajaran yang bisa membuat siswa terus belajar tidak hanya di sekolah namun juga di rumah sebagai contohnya adalah penyedia e-learning di dunia maya hal ini sangat bagus untuk dimanfaatkan bagi guru ataupun oleh orang tua sebagai salah satu sumber belajar siswa.

    ReplyDelete
  4. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Thankyou Prof. Marsigit always give us reference for adding our knowledge about teaching. Semoga ke depan kami mampu menjadi guru/ pengajar yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Terima kasih Pak, link-linknya sangat bermanfaat bagi saya agar lebih baik dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan kedepannya. Dari berbagai link yang Bapak bagikan, saya sangat tertarik dengan http://www.education-world.com/a_tsl/. Link ini selain membahas isu, perencanaan, info pendidikan terupdate, juga memberikan solusi-solusi pendidikan untuk masalah-masalah tertentu.

    ReplyDelete
  6. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Terimakasih Pak Prof. Marsigit, link-link di atas bermanfaat untuk lebih berinovasi lagi dalam mengembangkan pembelajaran di kelas, dan dari link tersebut, banyak pengetahuan baru yang saya peroleh

    ReplyDelete
  7. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Terima kasih Prof. Marsigit untuk link-link yang sangat bermanfaat untuk kami selaku calon pendidik di dalam mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan kemajuan zaman.

    ReplyDelete
  8. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Terima kasih banyak atas link yang Bapak bagikan di atas. Tentunya akan sangat berguna bagi kami mahasiswa sebagai calon pendidik kedepannya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  9. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Lesson study merupakan salah satu bentuk pembinaan guru yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan lesson study para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesionalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan meghasilkan siswa yang berkualitas tinggi.

    ReplyDelete
  10. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Sudah seharus nya seorang guru memiliki berbagai keahlian dan terobosan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan, Apabila inovasi pembelajaran dilaksanakan sesuai prosedur, akan memberikan manfaat yaitu membuat pembelajaran yang lebih baik dan lebih bermakna sehingga tujuan pembelajaran di kelas akan tercapai.

    ReplyDelete
  11. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Link ini bermanfaat untuk guru dan calon guru dalam meluaskan pengetahuannya tentang bagaimana pembelajaran matematika yang terbaik sehingga pembelajaran matematika disekolah menjadi suatu kegiatan belajar, bukan semata-mata ilmu. Dari mulai inovasi pembelajaran di kelas melalui lesson study, kemudian teknologi apa yang bisa dipakai guru dalam hal pembelajaran, metode pembelajaran yang baik, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  12. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Link yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya link tersebut membuat saya tidak ada alasan lgi untuk tidak menjadi guru matematika yang baik. Kita bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Terima kasih Pak Marsigit.

    ReplyDelete
  13. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Link yang diberikan Prof. Marsigit sangat bermanfaat bagi kami terutama praktisi pendidikan, evaluator, bahkan pengembang instrumen yang berkecimpung di Bidang Matematika. Karena tujuan dari profesi kami yaitu untuk mengubah paradigma pada pembelajaran matematika dengan mengembangkan dan memberikan pembelajaran yang berkualitas dan profesional serta dapat mengatasi kesulitan belajar matematika.

    ReplyDelete
  14. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    http://hrd.apecwiki.org/index.php/Main_Page
    http://hrd.apecwiki.org/index.php/Classroom_Innovations_through_Lesson_Study
    http://hrd.apec.org/index.php/Lesson_Study_Papers

    Link diatas sangat berguna terutama bagi guru yang berkecimpung di action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di kelas pembelajaran matematika. Lesson Study yang merupakan pembelajaran diadaptasi dari Jepang juga merupakan Innovative Teaching Learning untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi guru untuk mengeluh bahwa tidak ada sumber terbaru dari pendekatan pembelajaran yang terbaru.

    ReplyDelete
  15. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    http://www.lessonplanspage.com/MathDecimalOperation-RestaurantSimulationIdea34.htm

    Link diatas sangat recommended bagi guru di tingkat sekolah dasar yang ingin mengajarkan bilangan desimal dengan pendekatan konteks atau real world yang dialami siswa sehari-hari yaitu tentang restauran. Karena menurut saya selama ini, bilangan desimal hanya diajarkan dengan pengubahan bentuk dari pecahan atau persent dalam perhitungan biasa.

    http://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml

    Link ini sangat bermanfaat bagi guru di secondary school karena berisi kurikulum matematika dan standar pembelajaran, aktivitas , LKS tentang number sense dan operasinya. Karena kemampuan number sense sangat penting untuk mendukung kecerdasan logika dalam bidang matematika, terutama bilangan apabila dilatih atau dikembangkan dengan benar. Sehingga link ini sangat bermanfaat bagi guru yang ingin mengembangkan perangkat berbasis number sense.

    ReplyDelete
  16. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    http://alex.state.al.us/lesson_view.php?id=6715

    Link diatas berisi tentang aktivitas pembelajaran, RPP atau lesson plan setiap unit, pebelajar profesional dan multimedia yang dapat digunakan pembelajaran.

    http://www.themathworkshop.com/scenarios.htm
    http://www.teach-nology.com/ideas/subjects/math/2/
    http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans?keyid=1560107&start_at=1301&num_to_see=5

    Link diatas juga berisi pembelajaran matematika, matematika worksheet atau RPP, buku matematika
    bagi siswa kelas 6 dan permainan matematika bagi kelas 8.

    ReplyDelete
  17. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Resource pembelajaran matematika yang diberikan oleh Pro. Marsigit sepertinya ada yang harus di revisi prof karena ada beberapa link yang mengharuskan kita login untuk mengakses curicullum, info etc dan page not found. Seperti link dibawah ini


    http://www.whps.org/it/profdevelopment/Hotlinks/Math.htm
    http://www.cloudnet.com/~edrbsass/edinternet.htm

    ReplyDelete
  18. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Firstly, thank you very much for this information, Sir. This information is really useful for me and others. I am really happy because now, I know many information about mathematics and mathematics teaching through this website. I find many information here. This information gives us a lot of knowledge about mathematics teaching. Candidates of mathematics teacher are really lucky because there are many information that can they get through internet. There are many method of mathematics teaching like lesson study. Lesson study is really innovative teaching because that method make students become more active. Classroom become student domination, not teacher domination any more. Every teacher must have different method. We can develope method of mathematics teaching according to the condition. So, there are many method of mathematics teaching. Once again, thank you very much for this information because this information is really helpful for candidates of mathematics teacher and teacher. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  19. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    If you read through all the resources given by Papa Marsigit abaout teaching mathematics, you can find that there many different methods that are helpful in the successfulness of mathematics teaching. i agree with the concept that there is no single best method of teaching but it depends on the user/teacher; if the teacher understands the methods then he can use them in teaching mathematics. each domain such as biology,science in general, geography etc has its own appropriate methods. so the teachers should choose the helpful and successful methods to teach and facilitate the learners.

    ReplyDelete
  20. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dari beberapa link diatas saya menangkap beberapa informasi mengenai sistem pembelajaran serta metode salah satunya adalah lesson study, lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktek pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif. Selain itu lesson study juga untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan dan melaksanakan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    sebelumnya saya megucaokan erimakasih kepada bapak yang mtelah memberikan banak link yang bagus kepada kami sehingga bisa menjadi sumber bacaan bagi kami yang masih harus banyak belajar mengenai dunia pendidikan. salah satu link diatas membahas mengenai lesson study dan pembelajaran inovatif. lesson studi merupakan pendekatan pembelajaran yang hingga saat ini masih dikembangkan dan terus menjadi perhatian para ahli dalam bidang pendidikan. sedangkan pembelajarn inovatif sendiri harapannya bisa dicapai jika penerapan lesson studi bisa diterapkan dikelas dengan kaidah yang benar.

    ReplyDelete
  22. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari link http://lessonplanspage.com/mathdecimaloperation-restaurantsimulationidea34.htm/. saya jadi mendapat pencerahan tenatng metiode pangjaran menggunakan drama, dari link diatas menceritakan kegiatan pembelajaran matematka adding, substractio, multiplicatiom. and divisio dengan darama bertemakan =restauran, siswa dibagi menjadi 2 kelompok, satu kelomp menjadi cunsumer dan kelompok kedua menjadi pelayan, dan kemudian kelomb=poknya dibalik, sehingga semua bsioa mersakan semua peran, dari kegiatan tersebut siswa tidak sadar bahwa mereka sedang ,elakuan penjumlahan dan pengurangan, kemuian membuiat pertanyaan tentang perkalian, bagaiana jika ada cunsumen yang memsan makanan sejenis yang lebih darui satu, itu kan artinya akan menggunakan perkalian dst.

    ReplyDelete
  23. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    di http://www.educationworld.com/a_lesson/worksheets/ banyak kumpulan LKS, setelah saya lihat dan buka LKS yang ada, LKS ynag ditampilkan kurang menarik, kurang banyak gambar, padahal materi matematika itu untuk matematika primary (elementary school), tapi koq cuma kumpulan sola yang menurut saya tidak berwarna dan tuidak ada daya tarik untuk siswa seumur elemtery school untuk mau mnegerjakan soal. menurt saya seperti itu.

    ReplyDelete
  24. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Terimakasih atas link yang telah bapak berikan. Melalui link tersebut kita dapat mempelajari banyak hal tentang pembelajaran dan berbagai penelitian tentang pembelajaran. Dengan membaca referensi seperti ini semakain membuka wawasan kita untuk ikut memikirkan peningkatan pembelajaran matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  25. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Terima kasih atas link yang telah diberikan oleh bapak. Semoga menjadi amal jariyah untuk bapak. Saya tertarik dengan link ini http://www.education-world.com/a_tsl/, harapannya dengan link ini semoga bisa menambah pengetahuan saya tentang dunia pendidikan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Sebelumnya terimakasih atas link yang bapak bagikan. Saya membuka link https://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml tentang pembelajaran matematika pada first grade. Selama first grade, siswa diharapkan dapat membaca dan menulis angka 100 dan dapat merelasikan dengan relasi <, =, dan > . Menghitung merupakan keahlian penting dalam first grade. Siswa matematika first grade akan belajar tentang nilai tempat. Mereka akan mengetahui nilai tempat dari setiap digit di seluruh nomor kurang dari 100. Mereka akan belajar tentang tempat pola nilai dan tentang bagaimana nol adalah pemegang tempat untuk mengekspresikan nilai tempat. Siswa matematika first grade juga akan memulai untuk belajar penambahan dan pengurangan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  27. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Inovasi dalam pendidikan sangat diperlukan untuk dikembangkan. Selain meningkatkan prestasi siswa maka secara tidak langsung meningkatkan kualitas pendidikan. Maka disini, guru seyogyanya membuat KBM seinovatif mungkin dengan media media yang sudah tersedia di zaman canggih ini. HP, laptop, android, video, e-leraning dll.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  28. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Lesson study adalah bentuk utama peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru yang dipilih oleh guru-guru Jepang. Dalam melaksanakan lesson study guru secara kolaboratif dalam mendesain pembelajaran, melaksanakan dan mengamati research lesson dan melakukan refleksi dalam rangka penyempurnaan pada pelajaran yang akan datang.

    ReplyDelete
  29. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kegiatan lesson study mempengaruhi perubahan budaya mengajar guru diantaranya adalah: 1) Terbangunnya komunikasi antar sesama guru, 2) Kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran yang lebih detil dan beroreintasi pada upaya pembimbingan siswa. 3) Posisi atau setting kelas yang tidak lagi pola konvensional, 4) Terbukanya wawasan guru menggali berbagai macam metode dan tekhnik pembelajaran dikelas. 5) Terbangunnya guru dalam kreasi dan mencipta media pembelajaran, 6) Tersedianya data base siswa yang sering mengaalmi kesulitan belajar dan membutuhkan penanganan khusus.

    ReplyDelete
  30. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dampak pelaksananaan lesson study akan membentuk sikap guru diantaranya : 1) Semangat mengkritik diri sendiri, 2) Keterbukaan terhadap masukan yang diberikan oleh orang lain, 3) Guru pelaksana lesson study mengedepankan sikap mau mengakui kesalahan. 4) Bersikap terbuka terhadap ide orang lain, tidak berusaha mencari hasil pemikiran sendiri yang “asli” atau “murni” yang terpenting adalah hasil pemikiran itu dapat menggalakkan peserta didik untuk belajar.

    ReplyDelete
  31. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Salah satu alternative untuk meningkatakan proses pembelajaran diantaranya adalah pelaksanaan Lesson Study. Suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Penerapan Lesson Study didasarkan kepada proses, usaha yang berkesinambungan. Proses yang asli dan nyata, bukan tampil karena hanya untuk diamati. Kondisi natural inilah yang diyakini dapat membuat ilmu yang diperoleh tidak pernah dilupakan siswa. Guru harus merubah cara menyampaikan ilmunya, dari yang bersifat klasikal (penyampaian materi) menjadi eksploratif (pemahaman arti suatu ilmu).

    ReplyDelete
  32. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Banyak sumber-sumber yang dapat digunakan oleh guru matematika untuk meningkatkan wawasan dan kemampuannya dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperti halnya yang disajikan di atas. Salah satu sumber penting ialah kegiatan lesson studi untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Lesson study memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikannya. Lesson study juga menjadi sarana bagi guru-guru untuk dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa, dsb. Dengan demikian, guru-guru dapat selalu melakukan perbaikan untuk pembelajaran berikutnya sehingga pada akhirnya Lesson study ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi sarana pengembangan pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  33. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Tak henti-hentinya kami mengucapkan terima kasih kepada Prof. Marsigit yang telah memberikan kemai sumber bacaan untuk mengembangkan pemahaman kami tentang pemebelajaran matematika. Semoga dengan referensi diatas kami bisa terus mengembangkan dan berinovasi demi kemajuan pendidikan dan mampu melayani siswa dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pend Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sumber-sumber pembelajaran matematika yang telah disebutkan Pak Marsigit dalam postingan di atas sangat bermanfaat bagi pendidik maupun calon pendidik.
    Dengan demikian, para pendidik dan calon pendidik dapat mengupgrade kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran dengan banyak membaca dan memperluas pengetahuan.

    ReplyDelete
  36. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    link-link yang dibagikan sangat bermanfaat bagi para calon-calon pendidik nantinya, dikarenakan dari situ kita dapat belajar banyak hal semisal link mengenai lesson plan yang memberikan informasi kepada kita agar dalam melakukan kegiatan pembelajaran kita perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih terarah.

    ReplyDelete
  37. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan link http://www.educationworld.com/a_lesson/fillers/fillers039.shtml mengajarkan kepada anak-anak tenatang angka romawi dalam matematika. tulisan tersebut membangun keterampilan komputasi matematika dan pengetahuan angka romawi. Dalam hal itu, menyediakan tiga permasalahan matematika yang melibatkan menambahkan, mengurangi, atau mengalikan angka romawi. Masalah yang di angkat sesuai untuk tingkatan kelas. Dala tulisan itu, seorang guru di kelas 5 mungkin memberikan masalah berikut. XII + XXXVI = XLVIII (12 + 36 = 48)
    CXXIX - LXI = LXVIII (129 - 61 = 68)
    XIV X IV = LVI (14 X 4 = 56)

    ReplyDelete
  38. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    26 link yang dikumpulkan oleh Bapak Prof.Dr. Marsigit, MA tentu snagat membantu menambah referensi terkait pembelajaran matematika. Terima kasih Prof, telah membaginya dengan kami.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id