Feb 20, 2013

More Link to Mathematics Teaching Resources




Dikumpulkan oleh Marsigit

http://hrd.apecwiki.org/index.php/Main_Page
http://hrd.apecwiki.org/index.php/Classroom_Innovations_through_Lesson_Study
http://hrd.apec.org/index.php/Lesson_Study_Papers
http://www.lessonplanspage.com/MathDecimalOperation-RestaurantSimulationIdea34.htm
http://www.time4learning.com/first-grade-math.shtml
http://alex.state.al.us/lesson_view.php?id=6715
http://www.themathworkshop.com/scenarios.htm
http://www.teach-nology.com/ideas/subjects/math/2/
http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans?keyid=1560107&start_at=1301&num_to_see=50
http://www.sedl.org/afterschool/toolkits/math/pr_math_find.html
http://www.capemaytech.net/ettc/links/mathlinks.html
http://www.lessonplansearch.com/Math/Middle_School_6-8/index.html
http://jhs.lasallepsb.com/Academics/Mathematics/math_websites.htm
http://www.whps.org/it/profdevelopment/Hotlinks/Math.htm
http://alternativeed.sjsu.edu/mod11.html
http://www.cloudnet.com/~edrbsass/edinternet.htm
http://www.math-helpdesk.com/1st-grade.htm
http://www.litespeed.com.sg/2_products/prod_cw_pri_drMath.html
http://www.thesolutionsite.com/lesson/26258/lesson2.htm
http://members.shaw.ca/dbrear/mathematics.html
http://www.central.k12.ca.us/akers/technology/teachertools.html
http://www.education-world.com/a_tsl/
http://www.ite.sc.edu/dickey/nassp/nassp.html
http://virtualinquiry.com/specialist/materials.htm
http://www.exampleessays.com/essay_search/Method_of_Teaching_Mathematics.html
http://www.geos-oceania.com/links/teaching-resources-lesson-plans-and-software-2.htm

27 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Terimakasih atas berbagai tautan yang diikut sertakan dalam tulisan ini pak, beberapa sumber yang ada memberikan penjelasan bahwa perlunya persiapan guru dalam memfasilitasi siswa dalam belajar matematika. Perlu adanya pemahaman guru akan tingkatan kelas dalam mempelajari matematika. Selain itu, beberapa media pembelajaran dengan menggunakan tehnologi dan RPP juga tak luput dari pembahasan dalam sumber yang bapak berikan. Kiranya dengan membaca berbagai tautan diatas dapat membantu guru dalam berinovasi pada saat proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Terima kasih atas referensi-referensi yang disajikan Prof. Referensi tersebut sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik dan pendidik matematika untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif serta merefleksikan pembelajaran yang telah kami lakukan sebelumnya. Salah satu link yang saya buka adalah mengenai sebuah ide dalam mengajarkan operasi pecahan decimal melalui simulasi restaurant. Kelas dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama berperan sebagai pelanggan restauran dan kelompok kedua sebagai pelayan restauran. Kemudian berganti peran. Dalam praktik tersebut, salah satunya muncul pertanyaan diskusi, kapan menggunakan perkalian, bukan penjumlahan? Siswa akan menemukan sendiri bahwa perkalian digunakan ketika orang memesan lebih dari satu barang yang harganya sama. Begitu juga dengan konsep perkalian dan pembagian yang dapat dipraktikan dalam simulasi ini.

    ReplyDelete
  3. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Terimakasih atas link yang berisi referensi-referensi Prof. Referensi tersebut insyaAllah sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik matematika agar mampu menjadi pendidik yang kompeten, kreatif, serta inovatif dalam pembelajaran matematika. Salah satu link di atas memberikan pengetahuan baru bagi kami mengenai media pembelajaran berupa RPP maupun teknologi yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Terimakasih sekali atas linknya Prof.
    Insya Alloh akan membantu pengajar matematika dalam mencari sumber informasi karena selama ini faktanya guru kesulitan dalam mencari sumber informasi yang valid dan kredibel untuk mendukung proses pembelajarannya.

    ReplyDelete
  5. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya say aucapkan terimakasih atas link-link yang bisa dijadilan referensi dalam mendalami amtematika dan filsafat lebih dalam lagi. Dewasa ini memang perkembangan teknologi semakin maju sehingga untuk mendapatkan informasi memang sangat-sangatlah mudah. Hanya saja sebagai manusia yang memiliki nalar, kita harus memilah-milah mana informasi yang kredibel dan mana yang tidak. Berdasarkan link-link yang ditautkan pada postingan kali ini membuat daftar referensi saya untuk informasi yang kredibel.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof telah memberikan Link mengenai referensi dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika sekarang ini dihadapkan dengan siswa yang merupakan generasi milenial, generasi gadget, generasi teknologi. Maka pembelajaran yang relevan saat ini guru dituntut untuk selalu inovatif dan kreatif memanfaatkan berbagai teknologi.

    ReplyDelete
  7. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Salah satu link yang saya buka yaitu mengenai pembelajaran matematik untuk kelas 1 SD. Dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas 1 SD yang cocok adalah menggunakan kegiatan yang menyenangkan untuk membangun konsep matematika. Kurikulum matematika kelas 1 SD bergantung pada media pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran dengan kegiatan interaktif, menggunakan LKS, dan sering diberi penguatan agar siswa termotivasi. Karena siswa kelas 1 SD merupakan masa peralihan dari belajar yang tidak formal menuju formal.

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Terimakasih Prof atas link tersebut. Sumber -sumber tersebut dapat dijadikan sebagai bahan belajar dalam pendidikan matematika yang dibantu dalam link ini akan sangat berguna bagi calon pendidik dan pembelajar seperti kita untuk menambah wawasan berkaitan dengan pembelajaran matematika.
    Dengan demikian, para pendidik dan calon pendidik dapat mengupgrade kemampuan dirinya dalam mempersiapkan maupun melaksanakan proses pembelajaran dengan banyak membaca dan memperluas pengetahuan.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Terimakasih sebelumnya pak atas tautan link yang sudah di posting. Dari link link tersebut saya jadi belajar bahwa sangat penting peran guru dalam proses pembelajaran di kelas, guru perlu menyiapkan kelas sebaik mungkin dengan media metode atau pendekatan dan segala perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk menunjung kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas agar tujuan pembelajaran pun dapat tercapai secara optimal dan seefektif mungkin.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    I would like to say thanks first to Prof Marsigit that provide link to mathematics teaching. As a math teachers, we need to look at some resources to develop our learning process.

    ReplyDelete
  12. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Terimakasih kepada Bapak Prof Marsigit yang telah membagikan berbagai link tentang pengajaran matematika. Link-link tersebut sangat bermanfaat terutama untuk kami para calon guru untuk belajar dalam pengajaran matematika. Guru harus menfasilitasi siswa dengan berbagai hal selama selama pembelajaran matematika. Fasilitas dapat diberikan berbagai hal diantaranya memberikan pembelajaran yang menarik, menggunakan media elektronik ataupun lks yang dapat mempermudah siiswa dalam mengkonstruksikan pengetahuan.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Terimakasih atas tautan yang telah dibagikan. Saya rasa Link tersebut sangat bermanfaat bagi pendidik yang membutuhkan contoh-contoh atau penjelasan tentang material yang harus mereka persiapkan seperti RPP, LKS, dan lain sebgainya. Pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan teknologi juga akan sangat bermanfaat bagi guru yang mengajarnya menggunakan kurikulum 2013. Hal tersebut akan membantu guru untuk meningkatkan kemampuannya supaya guru dapat berinovasi untuk meningkatkan aktivitas mengajarnya.

    ReplyDelete
  14. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Terimakasih Prof. Marsigit atas tautan yang diberikan. Informasinya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif serta merefleksikan pembelajaran yang telah saya lakukan selama ini.

    ReplyDelete
  15. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Terima kasih atas tautan yang diberikan Pak. Lewat tautan ini banyak model dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan kelas. Pengorganisasian kelas dan pembuatan RPP dengan basis teknologi yang berorientasi kepada peningkatan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Sebelumnya terimakasih Prof untuk informasi link nya, semoga dapat kami manfaatkan untuk sebagai referensi dalam menciptakan suatu pembelajaran yang baik, inovatif, menyenangkan bagi siswa. Dan juga dapat memberikan banyak variasi strategi dan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Semakin banyak sumber belajar maka akan semakin kaya pula pengetahuan yang diperoleh. Sebagai seorang pendidik maka penting untuk dapat mencari dan menyaring mana sumber-sumber belajar yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Informasi link-link dari Prof Marsigit sangat bermanfaat bagi kita sebagai calon pendidik. Semoga sumber-sumber belajar tersebut dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  18. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Terimakasih banyak Prof. atas link-link mengenai referensi untuk pembelajaran matematika yang telah diberikan. Semoga dengan semakin banyaknya sumber belajar mengenai pembelajaran matematika dapat menginspirasi kami dalam merencanakan suatu pembelajaran yang inovatif. Dimana untuk meciptakan pembelajaran yang inovatif, seorang guru tentunya perlu mempersiapkan media pembelajaran, metode, strategi dan yang lainnya. Diharapkan dengan pembelajaran yang sudah direncanakan dengan baik tersebut dapat menumbuhkan motivasi didalam diri siswa.

    ReplyDelete
  19. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu sumber penting ialah kegiatan lesson studi untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Lesson study memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikannya. Lesson study juga menjadi sarana bagi guru-guru untuk dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa, dsb. Dengan demikian, guru-guru dapat selalu melakukan perbaikan untuk pembelajaran berikutnya sehingga pada akhirnya Lesson study ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi sarana pengembangan pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  20. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, terimakasih atas berbagai link yang dituliskan pada bagian tulisan ini, beberapa sumber dari link yang ada memberikan penjelasan bahwa guru perlu mersiapkan apa-apa saja yang siapkan untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu yang diperlukan ada yaitu pemahaman guru tentang tingkatan kelas dalam mempelajari matematika. Karena tiap-tiap tingkatan memiliki perbedaan. Selain dibutuhkan pemahaman guru, beberapa media pembelajaran dengan memanfaatkan ICT (information comunication and technology) dan RPP juga tetap dibahas dalam salah satu sumber. Semoga dengan membaca berbagai sumber yang telah di bagikam diatas, dapat membantu permasalahan yang selalu di hadapi guru dan harapanny proses belajar mengajar lebih inovatif.

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Terimakasih banyak pak prof atas link-link yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah referensi bacaan agar lebih terbuka pemikiran dan dapat kritis dalam berpikir. Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan pak prof. aamiin

    ReplyDelete
  22. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Terimakasih sebelumnya Pak karena Bapak telah berkenan memberikan kamu sumber bacaan yang sangat bermanfaat. Membaca adalah kegiatan yang sangat positif. Bahkan di negara-negara maju kegiatan membaca bukanlah kegiatan di waktu senggang maupun juga bukan suatu kewajiban dimana mereka merasa terpaksa saat melakukannya. Semakin banyak membacanya maka kita akan semakin memperoleh banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  23. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Terimakasih prof untuk link-link pembelajaran matematika yang insyaAllah akan bermanfaat bagi saya sebagai calon pendidik matematika masa depan. Dimana seorang guru membutuhkan inovasi pembelajaran yang menarik. Semakin banyak referensi pembelajaran yang dibaca, maka semakin banyak juga metode, strategi, ide yang dapat diterapkan saat proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Terima kasih banyak atas link yang Bapak bagikan di atas. Tentunya akan sangat berguna bagi kami mahasiswa sebagai calon pendidik kedepannya.

    ReplyDelete
  25. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih bapak atas tautan yang telah dishare. Tetapi mohon maaf sebelumnya bapak, karena beberapa link tidak dapat di akses sehingga mungkin perlu dilakukan pembaruan. Sebagai calon pendidik kita memang harus memperbanyak referensi untuk mengembangkan ilmu pendidikan. Tentunya selain tautan di atas kita harus mencari referensi yang lain di berbagai tempat pula, agar kita mendapat pengetahuan dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  26. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mengajarkan matematika harus tepat agar dapat mencapai tujuan pembelajaran matematika yang ditentukan. Terdapat banyak pilihan dalam mengajarkan matematika. Bermacam-macam metode, media dan strategi yang dapat dipilih untuk mengajarkan matematika pada anak.

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Terima kasih kepada Bapak yang sudah memberikan banyak sumber untuk kami para mahasiswa untuk terus belajar baik itu belajar secara mandiri atau terbimbing. Dengan semakin banyaknya sumber belajar yang dimiliki mahasiswa sehingga diharap semakin banyak juga ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi pengajat yang baik.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete