Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

Oleh Marsigit

Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.


Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content). Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Kenyataannya memang bahwa Ujian Nasional telah memberikan tekanan (pressure) kepada guru sehingga guru cenderung melakukan lompatan-lompatan di dalam mendampingi siswanya yaitu langsung kepada mengolah mathematical experiences dengan cara melakukan drill atau latihan soal-soal (jalan pintas). Dengan demikian dampak pedagogik dari UN adalah bahwa guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Dengan kondisi pembelajaran matematika yang demikian akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pada umumnya.

16 comments:

  1. Bismillahirahmanirahim
    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri. Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya. Sehingga siswa memiliki ketergantungan kepada gurunya. Maka dari itu pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan karena pembelajaran inovatif berpusat pada siswa dan guru memfasilitasi siswa-siswanya untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki siswanya. Sehingga dengan pembelajaran yang inovatif diharapkan siswa tidak lagi kehilangan intuisi karena intuisi sangat diperlukan dalam belajar matematika.

    Wassalam.

    ReplyDelete
  2. Arifuddin Qadarullah
    Dikdas S2 14712251032

    Peran intuisi dalam matematika sgatlah besar. Intuisi dalam matematika diperoleh dengan adanya pengalaman mengenai masalah yang ada dalam matematika. Pengalaman itu pada akhirnya didapat sebuah penemuan mengenai bagaima pemecahan dan solusi. Tanpa adanya pengalaman, maka sulitlah intuisi itu didapat.

    ReplyDelete
  3. Asslamualaikum, Wr. Wb
    Rita Febriyanni Guci (14709251024 - Pmat A 2014)
    sebagian sekolah menanggap bahwa Ujian Nasional (UN) merupakan momok yang menakutkan. Sekolah menginginkan agar setiap siswanya lulus saat ujian nasional, sehingga sekolah menuntut guru untuk terampil memberikan latihan-latihan soal dan menyelesaikan tanpa memberikan pengalaman berfikir terlebih dahulu. sehingga kemampuan siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya sangat kurang, artinya intuisi matematika seorang siswa kurang berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Intuisi dalam matematika bagi siswa muncul melalui pengalaman matematika yang diperoleh melalui pembelajaran matematika yang menyenangkan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka sehingga dapat membangun pengetahuan dan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Tetapi, pada kenyataannya dengan adanya UN membatasi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan intuisi matematika siswa karena guru dibebani oleh target-target yang harus dicapai. Padahal di sisi lain, intuisi dalam matematika ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa. Sungguh suatu kontradiksi yang sangat nyata..

    ReplyDelete
  5. Dewi Widowati
    14709251084
    PMat A 2014 PPs UNY

    Pengalaman matematika itu dapat dibangun melalui kemampuan dalam belajar matematika. Tentunya kemampuan matematika memiliki didukung dengan memahami konsep matematika, sikap matematika dan motivasi dalam diri siswa. Hal inilah yang menjadikan intuisi dalam matematika itu penting.

    ReplyDelete
  6. Samsul Feri Apriyadi (14709251085)
    PMat A PPs UNY 2014

    Memang pada saat ini ada banyak guru yang masih menggunakan teacher center sehingga pada proses pembelajaran siswa hanya sebagai obyek dan guru yang mempunyai kuasa. Oleh karena itu siswa akan kekurangan pengalaman. Sedangkan pengalaman-pengalaman inilah yang nantinya akan membentuk intuisi siswa.
    Jadi dengan kurangnya pengalaman menyebabkan siswa kekurangan intuisi yang akan berakibat pada rendahnya tingkat pemahaman dan kreativitas siswa. Sehingga kemampuan matematis siswa kurang berkembang..

    ReplyDelete
  7. Eny Sulistyaningsih
    14709251086
    PPs. Pend. Matematika A

    Ketika guru mengambil jalan pintas “cara instan” dalam mengajarkan Matematika, secara tidak langsung guru telah menghilangkan intuisi yang dimiliki siswa. Mereka menjadi selalu bergantung pada apa yang guru berikan. Siswa tidak mendapatkan pengalaman dalam mengembangkan ide-ide yang dimilikinya dalam proses pembelajaran. Sehingga apa yang ia dapatkan hanya sebatas itu itu saja dan pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang bermakna karena apapun yang diperoleh secara instan tidak akan bertahan lama.

    ReplyDelete
  8. 86. Putri rahayu. S
    11301241001
    Pendidikan Matematika 2011
    Saya akan menanggapi tentang artikel yang berjudul elegi pemberontakan pendidikan matematika 2: intuisi dalam matematika (2). Pada hakikatnya matematika adalah ilmu-ilmu yang dibangun dari riset-riset terdahulu. Dan sebaiknya matematika terus berkembang dengan variasi-variasi yang dapat menjadikan matematika terus ada kemjuan ke arah yang lebih baik
    Dengan berbagai riset-riset yang telah dilakukan di harapkan matematika akan terus berkembang dengan variasi-variasi yang lebih baik dan menyenangkan dalam pembelajaran.
    Dengan mengerti unsur nasihat yang terkandung dari elegi ini kita akan mengerti betapa pentingnya perkembangan dari suatu ilmu termasuk untuk ilmu matematika. Jangan sampai matematika menjadi ilmu beku dan kaku yang tidak ada perkembangan.

    ReplyDelete
  9. Benar sekali bahwa UN telah mengubah orientasi guru dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran selalu bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang baik, tanpa mempedulikan prose dari pembelajaran tersebut. Bukan menerapkan model pembelajaran yang lazimnya diterapkan di sekolah, tetapi menerapkan model bimbingan belajar melalui metode dril dan cara cepat yang cenderung mengabaikan konsep-konsep matematika yang ada.

    ReplyDelete
  10. Peran intuisi dalam pendidikan matematika sangatlah penting. Dengan adanya intuisi yang dimiliki oleh siswa, siswa dapat memecahkan permasalahan dalam matematika dan mereka dapat memahami matematika dengan mudah menggunakan cara mereka sendiri.

    ReplyDelete
  11. Nirma Dwi Febriana (14709251015) P.Mat B
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Intuisi matematika itu penting untuk dimiliki oleh siswa karena pada umumnya akan membuat siswa dapat mengembangkan kreativitasnya. Akan tetapi pembelajaran guru yang mengedepankan ujian nasional sehingga matematika lebih mengedepankan latihan-latihan soal yang digunakan untuk persiapan ujian nasional dibandingkan dengan proses pembelajaran matematika. Pembelajaran yang seperti ini membuat siswa tertekan dan bisa menyebabkan intuisi matematika siswa berkurang.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  12. Elegi pemberontakan pendidikan matematika 2 : intuisi dalam matematika. Sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika. Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta rasa senang dalam belajar matematika.Sementara itu, dampak pedagogik dari UN adalah bahwa guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Dengan kondisi pembelajaran matematika yang demikian akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal peran intuisi dalam matematika ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas siswa.

    ReplyDelete
  13. Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan intuisi, siswa dapat mengembangkan kreativitas dan potensinya. Intuisi dapat diperoleh melalui pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin baik pula intuisi yang dimiliki. Dalam pembelajaran, guru perlu memberikan sebanyak-banyaknya pengalaman pada siswa agar siswa dapat mengembangkan intuisinya.

    ReplyDelete
  14. Tuntutan Ujian Nasional sering kali ‘memaksa’ guru untuk mengabaikan pengalaman siswa dalam membangun pengetahuan. Hal ini yang membuat siswa kurang memiliki intuisi matematika. Cara-cara instan yang diberikan tidak mampu mengajak siswa belajar dengan proses. Dengan cara-cara yang instan ini, siswa tidak mampu mengembangkan ide karena terbatasnya pengalaman dalam belajar. Hal ini membuat siswa sulit untuk benar-benar memahami konsep yang dipelajari. Situasi ini akan berdampak panjang bagi siswa.

    ReplyDelete
  15. Chairun Nisa Zarkasyi (14709251083 P. Mat A)

    Mungkin hal inilah yang sangat disayangkan, keadaan dimana keberadaan intuisi diabaikan. Meski sesuai dengan pendapat Thompson yang menyimpulkan bahwa intuisi muncul setelah tahap olah pengalaman, akan sangat disayangkan jika mereka yang belajar matematika hanya tercukupi dengan pengalaman melalui drill soal dan penyelesaian yang instan. Hal ini tentu sangatlah berdampak buruk untuk kedepannya. Siswa hanya dekat dengan rumus dan jauh dari intuisi matematika yang diharapkan.

    ReplyDelete
  16. Dwi Inayah R
    11301241028
    Pendidikan Matematika 2011

    Sekali lagi intuisi memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena melaui intuisi siswa dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya seperti kreativitasan. Akan tetapi, seringkali kita temui bahwa masih banyak guru yang menggunakan cara instannya untuk mendapat hasil belajar yang bagus. Padahal cara-cara instan tersebutlah yang akan menghambat siswa dalam mengembangkan kemampuan dan potensinya. Oleh karena itu, seharusnya guru saat ini mengurangi atau bahkan menghilangkan cara-cara instan tersebut dalam pembelajaran matematika dan hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat menemukan sendiri konsep matematikanya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki setiap siswa karena pengalaman-pengalaman tersebutlah intuisi dapat diperoleh.

    ReplyDelete