Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)




Oleh Marsigit

Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Bagi matematikawan, mathematical experiences adalah proses dan hasil-hasil riset matematika.

Sedangkan bagi siswa sekolah mathematical experiences dibangun diatas akumulasi keterampilan matematika (mathematical skills) yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika (mathematical content). Semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Kenyataannya memang bahwa Ujian Nasional telah memberikan tekanan (pressure) kepada guru sehingga guru cenderung melakukan lompatan-lompatan di dalam mendampingi siswanya yaitu langsung kepada mengolah mathematical experiences dengan cara melakukan drill atau latihan soal-soal (jalan pintas). Dengan demikian dampak pedagogik dari UN adalah bahwa guru kurang mampu mengolah proses yang mendahului (prasarat) bagi diperolehnya mathematical experiences. Dengan kondisi pembelajaran matematika yang demikian akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal mathematical intuition ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pada umumnya.

2 comments:

  1. Eny Sulistyaningsih
    14709251086
    PPs. Pend. Matematika A

    Kenyataan yang tidak bisa dihindari pada saat ini adalah target UN yang diterapkan di setiap sekolah sehingga guru sering memberikan soal-soal dan langkah cepat penyelesaiannya tanpa memperhatikan kemampuan pemahaman siswa tentang apa yang dikerjakannya. Akibatnya siswa kurang peka terhadap matematika itu sendiri. Mereka bisa mengerjakan tetapi tidak mengerti apa maksud dari yang mereka kerjakan. Kemampuan mereka dalam berintuisi tidak terasah dengan baik, padahal intuisi adalah hal yang penting dalam kehidupan keseharian siswa nantinya.

    ReplyDelete
  2. maria trisna sero wondo (PMatc, 14709251050)

    intuisi matematika itu muncul setelah ahap olah pengalaman. bagi matematikawan, pengalaman dibangun dari proses dan hasil riset matematika. bagi siswa pengalaman matematika dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika, pengetahuan matematika, sikap dan metode matematika serta motivasi. oleh karena itu, guru sangat bereran penting dalam proses pembelajaran intuisi siswa.
    saat ini guru cenderung mengajarkan siswanya dengan cara cepat. guru mengolah pengalaman matematika dengan cara memberikan latihan-latihan soal tanpa mengikuti tahap-tahap yang seharusnya dilakukan. hal ini membuat siswa menjadi miskin intuisi matematikanya. padahal intuisi matematika sangat penting untuk membangun kreativitas siswa

    ReplyDelete