Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

42 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Thompson menyatakan, semakin sedikit waktu yang dihabiskan dalam menginvestigasi matematika, maka kita akan berada di antara tidak memiliki bukti sama sekali untuk kesimpulan dan paham akan keadaannya. intuisi sering datang ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemik. selain itu penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, tetapi dalam cara yang dapat diprediksi. hal tersebut membuat kita sebagai calon yang akan melakukan riset matematika untuk bisa menyiapkan diri terhadap kemurnian intuisi, intuisi yang baik akan dapat membuat riset matematika kita menghasilkan riset yang baik juga.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Intusi adalah sesuatu yang dilakukan seseorang tanpa proses berpikir secara sadar dan sudah menjadi kebiasaan. Immanuel Kant menyatakan bahwa pertimbangan sintetik relevan dengan intuisi, dan dikatakan bahwa, hasil pertimbangan sintetik dikarakterisasikan oleh tidak adanya kontradiksi dalam diri orang yang menyatakannya. Intinya, apa yang diucapkan atau divisualisasikan pada sikap bersifat konstan pada nilai kebenaran yang diyakini. Pemikiran-pemikiran cerdas lahir dari kecerdasan intuisi ini, berani berbeda dengan pemikiran banyak orang. Seperti diungkapkan oleh Prof.Dr. Marsigit bahwa intuisi juga memiliki peran dalam penelitian, jadi antara intuisi dan riset, bagi matematikawan bersifat timbal balik. Telah diungkapkan oleh Thompson bahwa intuisi membantu mereka dalam penelitian sebagai sumber dugaan.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Intuisi memegang peranan penting dalam pengembangan riset. Lewat intuisi yang kita hasilkan sangat membantu dalam pembuatan sebuah penelitian matematika.Dalam riset matematika intuisi berperan penting dalam usaha pembuktian dan menarik kesimpulan. Dengan intuisi, kita tetap bisa mengembangkan ide kita. Jadi kita bisa memiliki semacam hipotesis yang menjadi dugaan awal kita.

    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Dalam sebuah penelitian matematika pasti kita akan menggunakan intuisi kita. Intuisi bisa saja hanya membantu pada proses awal saja. Belum tentu membantu secara keseluruhan dalam peneltian tersebut, tapi bisa digunakan sebagai pijkan awal dalam penelitian. Dalam investigasi awal itulah fungsi intuisi dalam penelitian matematika. Setelah itu barulah kita mengembangkan penelitian tersebut sesuai dengan data yang kita peroleh.

    ReplyDelete
  5. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pendidikan Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian.
    Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan.
    Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian.

    ReplyDelete
  6. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    In my opinion, I agree with Thompson's statement. Mathematical intuition is very useful to do mathematical research. Mathematical intuition helps us to think creatively. Mathematical intuition helps us to get idea to make hypothesis through our mathematics ecperience. In mathematical research, after we make hypothesis, we need to prove that hypothesis. Mathematical intuition will helps us to prove that hypothesis. Mathematical intuition also helps us to think critically to prove the hypothesis. After we can prove that hypothesis, we can make conclusion. So, Role of mathematical intuition is very useful in mathematical research. In other words, mathematical intuition is very important in mathematical research. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  7. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    peran intuisi dalam suatu penelitian matematika sangatlah penting, seperti yang dikatakan oleh Thompso bahwa peran intuisi terdiri atas tiga yaitu: dapat melakukan investigasi, dimana ketika kita memperoleh ilmu matematika kita dapat melakukan investigasi secara lebih menyeluruh terhadap suatu data penelitian kita, kedua intuisi datang kepemikiran kita dan itu menjadi landasan membuat kita dapat berhipotesis, ketiga walaupun intuisi sebagai suatu proses penilaian ini dapat menjadi bias, akan tetapi intuisi itu dapat kita prediksi sejauh mana proses dugaan yang dimaksud.

    ReplyDelete
  8. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Intuisi berpengaruh terhadap penelitan matematika, karena dasar dari penelitian yang dilakukan berdasar pada intuisi yang dimiliki peneliti. Intuisi dapat menentukan arah penelitian kelak karena intuisi dapat dijadikan sebagai sumber dugaan/prediksi seperti dalam penyusunan hipotesis penelitian tetapi perlu diingat bahwa intuisi hanya berperan sebagai sumber dugaan bukan sebagai kesimpulan penelitian karena kesimpulan dalam penelitian harus diperoleh dari proses pembuktian secara teoritis dan empiris tidak hanya berdasarkan intuisi peneliti.

    ReplyDelete
  9. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dalam sebuah laporan penelitian yang bertajuk berpikir intuitif matematik oleh Drs. Agus Sukmana, M.Sc. dikatakan bahwa Einsten mengemukakan bahwa satu-satunya yang berharga di dunia ini adalah intuisi. Pernyataan tersebut kemukakan Einsten ketika menjawab pertanyaan yang diajukan padanya mengenai apakah intuisi memandunya dalam mencapai kemajuan capaian penelitian yang dilakukannya. Hal ini menggambarkan bahwa intuisi juga berkedudukan penting dalam kegiatan penelitian, penelitian matematika salah satunya. Dalam penelitian matematika salah satu bentuknya adalah mengeksperimenkan suatu yang diduga secara teoritis efektif, apakah efektif atau tidaknya dibuktikan dengan data. Maka dalam hal menduga sacara teoritis ada peran intuisi didalamnya.

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Hakekat matematika salah satunya adalah investigasi maka tanpa matematika sebagai investigasi kita masih belum membangun ilmu. Oleh sebab itu, untuk membangun ilmu kita harus mengadakan dan memperbanyak investigasi dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  11. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Intuisi bukan hanya berperan dalam pembelajaran matematika saja melainkan juga pada penelitian matematika. Seperti dalam pendapat yang dikemukakan Thompson bahwa intuisi membantu dalam penelitian matematika dalam hal prediksi atau dugaan. Prediksi atau dugaan merupakan sebuah langkah awal dalam penelitian.

    ReplyDelete
  12. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Di dalam penelitian khususnya untuk penelitian matematika, intuisi juga memiliki peran penting. Karena melalui intuisi, guru dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya.

    ReplyDelete
  13. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Intuisi dalam Penelitian Matematika. Thompson menyatakan peran intuisi dalam matematika. Intuisi itu muncul dapat sebagai sumber dugaan atau dalma penelitin bagaimana seorang peneliti menyimpulkan hipotesis penelitian. Intuisi juga sebagai dukungan epistemik. Selain itu thompson juga menyatakan bahwa penilaian intuisi kita terkadang sering bias, tapi dengan cara yang diprediksi.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Intuisi muncul secara spontan ketika diberi sebuah stimulus. Dengan begitu, intuisi membuat singkat waktu investigasi matematika. Karenanya peneliti melakukan persiapan yang matang guna menyiapkan diri dari kemurnian intuisi.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Menemukan ide-ide pemikiran siswa yang akan diterapkan pada proses pemecahan masalah matematika merupakan peranan intuisi matematika. Ide-ide baru yang sifatnya masih berupa dugaan tentang pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh oleh siswa, maka guru harus menjadi fasilitator agar ide-ide yang dikeluarkan sejalan dengan materinya. Sehingga siswa tidak salah dalam membentuk sebuah skema didalam dirinya.

    ReplyDelete
  16. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Intuisi sering datang ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemik. selain itu penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, tetapi dalam cara yang dapat diprediksi. hal tersebut membuat kita sebagai calon yang akan melakukan riset matematika untuk bisa menyiapkan diri terhadap kemurnian intuisi.Hal ini menggambarkan bahwa intuisi juga berkedudukan penting dalam kegiatan penelitian, penelitian matematika salah satunya. Dalam penelitian matematika salah satu bentuknya adalah mengeksperimenkan suatu yang diduga secara teoritis efektif, apakah efektif atau tidaknya dibuktikan dengan data. Maka dalam hal menduga sacara teoritis ada peran intuisi didalamnya.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Intuisi dapat menentukan arah penelitian kelak karena intuisi dapat dijadikan sebagai sumber dugaan atau prediksi seperti dalam penyusunan hipotesis penelitian tetapi perlu diingat bahwa intuisi hanya berperan sebagai sumber dugaan bukan sebagai kesimpulan penelitian karena kesimpulan dalam penelitian harus diperoleh dari proses pembuktian secara teoritis dan empiris tidak hanya berdasarkan intuisi peneliti.

    ReplyDelete
  18. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Intuisi dibutuhkan dalam penelitian kuhususnya dalam penelitian matematika. Dengan adanya intuisi, peneliti dapat menentukan dan memberikan dugaan tentang akan bagaimana hasil dari penelitianya. Dalam penelitin dugaan sementara disebut dengan hipotesis. Dengan adanya hipotesis, peneliti akan merasa terarah dalam melakukan penelitian. Secara sangat sederhana, hipotesis menunjukkan kepada para peneliti apa yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  19. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Intuisi memiliki manfaat yang besar dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam pembelajaran matematika atau di dalam kehidupan sehari-hari, intuisi juga dapat membantu dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian. Intuisi dapat memunculkan sumber dugaan dan prediksi terhadap suatu penelitian. Intuisi dapat muncul dari setiap pengalaman-pengalaman yang pernah kita alami sehingga secara tidak sadar intuisi kita berkembang. Intuisi yang telah berkembang dengan baik akan dapat memperkirakan hasil dari sesuatu yang akan kita teliti. Maka penting bagi kita untuk mengembangkan intuisi yang kita miliki.

    ReplyDelete
  20. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi matematika dibangun dari pengalaman dan pengetahuan matematika yang kita miliki. Intuisi dapat membantu kita dalam berbagai hal salah satunya dalam penelitian. Dengan intuisi yang baik kita dapat membuat suatu dugaan atau hipotesis yang baik pula karena dugaan atau hipotesis suatu penelitian itu dasarnya adalah intuisi kita. Dan dengan dugaan atau hipotesis yang kita miliki kita dapat menentukan langkah- langkah yang harus diambil karena itulah hipotesis yang tepat dapat mempengaruhi ketepatan langkah- langkah yang kita ambil sehingga nantinya berpengarush terhadap kesimpulan.

    ReplyDelete
  21. martin/Rwanda
    PPS 2016 PEP B
    The advance of mathematical knowledge periodically reveals flaws in cultural intuition; these result in "crises," the solution of which result in a more mature intuition. The ultimate basis of modern mathematics is thus mathematical intuition. and it is in this sense that the Intuitionistic doctrine of Brouwer and his followers is correct. Modern instructional methods recognize this role of intuition by replacing the "do this, do that" mode of teaching by a "what should be done next?" attitude which appeals to the intuitive background already developed. It is in this way that understanding and appreciation of new mathematical knowledge may be properly instilled in the student.

    ReplyDelete
  22. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika, sehingga sangat bermanfaat dalam riset matematika. Dengan adanya intuisi maka kita dapat menemukan ide-ide/gagasan yang kemudian digunakan untuk melakukan riset. Dari gagasan awal ini lah kemudian menjadi hipotesis. Namun selain intuisi kita pun perlu mencari fakta yang terjadi di lapangan. Adanya intuisi ditambah dengan adanya fakta yang sesuai akan menghasilkan riset yang berkualitas.

    ReplyDelete
  23. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Ketika melakukan riset, pastilah terdapat hipotesa atau dugaan awal mengenai permasalahan yang akan dikaji. Dugaan tersebut susah didapat jika kita tidak mempunyai intuisi didalamnya. Intuisi itulah yang mengantarkan seseorang untuk menggali lebih dalam riset yang dilakukan.

    ReplyDelete
  24. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalka saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian.

    ReplyDelete
  25. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Intuisi terkadang muncul begitu saja, yang harus dilakukan adalah apakah intuisi kita itu benar atau salah, maka butuh pembuktian lebih lanjut. Kita biasanya mengalami intuisi dengan mengatakan bahwa “rasa-rasanya …” sebenarnya disitulah intuisi kita sedang berjalan sedangkan untuk menyimpulkan apakah intuisi kita benar atau salah maka diperlukan pembuktian lebih lanjut dengan dukungan data yang empiris ataupun sumber-sumber informasi lainnya

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Dalam penelitian, intuisi dibutuhkan sejak awal hingga akhir, mulai dari bagaimana kita menemukan ide penelitian yang kemudian berkembang menjadi hipotesis, saat penelitian, saat mengolah data hingga menarik kesimpulan. Intuisi benar-benar memegang peran penting dalam dalam mengarahkan setiap langkah penelitian kita. dan seseorang yang intuisinya tleah terasahdengan baik akan mudah melakukannya. Karena ia kan mampu menganalisa, memecahkan masalah bahkan mendapatkan penemuan baru.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Intuisi matematika berperan dalam penelitian matematika. Intuisi matematika dapat membantu dan dapat dijadikan sumber dugaan atau kesimpulan awal terhadap penelitian kita. Untuk itu, penting membangun intuisi dalam matematika untuk mengurangi terjadinya bias dalam intuisi matematika yang sangat berperan dalam penelitian matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  28. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Dalam berinteraksi atau menginvestigasi matematika maka diperlukan waktu yang lama. Semakin lama berinteraksi dan menginvestigasi matematika maka pengalaman semakin meningkat dan intuisipun semakin meningkat dan sebaliknya semakin sedikit waktu yang digunakan untuk berinteraksi dan menginvestigasi matematika maka sedikit pengalaman dan intuisipun sedikit bahkan berkurang. Untuk berinteraksi dan menginvestigasi diperlukan intuisi murni dan epistemik sebagai pendukung pengetahuan.

    ReplyDelete
  29. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Penelitian di bidang matematika tidak hanya membutuhkan teori-teori dari referensi yang bagus. Tetapi juga membutuhkan intuisi peneliti untuk menarik benang merah antara masalah yang ada, teori yang ada, dan hasil yang diperoleh. Karena dari ketiganya tersebut tidak jarang saling bertolak belakang. Di sini lah kemampuan peneliti sangat mempengaruhi. Peneliti harus bisa menganalisis hasil penelitiannya dan dibandingkan dengan teori-teori yang ada.

    ReplyDelete
  30. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Intuisi matematika adalah sebagai produk dari pengalaman dan penalaran ketika berhadapan dengan matematika. Intuisi akan muncul untuk menjadi solusi saat permasalahan atau kesulitan matematika juga muncul berdasarkan pengalaman dan penalaran yang sebelumnya telah dialami. Jadi, intuisi juga merupakan proses dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari postingan ini, intuisi dalam peneliian matematka (to investigate mathematics) itus bagai conjecture dan sebagai epistemic.konjektu adalah hal preposis yang dipradugakan sebagai hal yang bena atau nyata. selain di matematika konjktur biasa digunakan di dalam filsafat ilmu.

    ReplyDelete
  32. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Intuisi tentu tetap memiliki porsi peran dalam penelitian matematika. Namun pada taraf ini, seperti yang dipaprkan oleh Thompson dalam elegi di atas yakni intuisi seringkali muncul di permukaan, baik sebagai sumber dugaan dan dukungan epistemik. Penilaian intuisi kita dalam hal ini juga seringkali bias, tapi dengan cara yang dapat diprediksi. Oleh sebab itu memainkan peran intusi dalam penelitian matematika sifatnya tidak se-urgent peran intuisi dalam budaya matematika dan konsep matematika.

    ReplyDelete
  33. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Intuisi memunculkan petunjuk petunjuk suatu pemikiran. Petunjuk tersebut yang kemudian jiak ditelusuri adalah arah bagaiaman siswa berpikir untuk menemukan titik celah petunjuk yang lain atau langsung mendapatkan jalan keluar dari penyelesaian masalah yang dihadapi siswa. Petunjuk yang muncul akibat intuisi ini belum tentu menjadi petunjuk yang tepat karena hal tersebut masih berupa dugaan yang selanjutnya setidaknya dapat diproses dan diprediksi bagaimana mengubahnya menjadi suatu sumber baru atau jalan keluar dari suatu penyelesaian masalah matematika.

    ReplyDelete
  34. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Sejauh pemahaman saya mungkin yang bisa dijadikan contoh adalah bagaimana mengukur sesuatu tanpa memiliki alat ukur umum misalnya penggaris. Tanpa alat ukur penggaris tersebut, seseorang bisa menggunkan kemampuan intiutifnya dalam menduga panjang suatu obyek hanya dengan menggunakan tegel (tile) misalnya. Intuisi matematika tersebut bukan hanya sekedar intuisi atau perasaan menebak-nebak namun ituisi tersebut lebih mengarah pada prediksi.

    ReplyDelete
  35. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Dalam riset ada hipotesis-hipotesis, yang merupakan dugaan/jawaban sementara dari masalah yang diteliti. Ketika menyusun hipotesis diperlukan intuisi terlebih dahulu untuk memprediksi, kemudian disesuaikan dengan mengkaji teori yang relevan.

    ReplyDelete
  36. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Intuisi dalam penelitian sangat digunakan. Untuk menemukan masalah, melakukan penelitian peneliti akan menggunakan intuisi nya. Inutisi menentukan arah penelitian, hipotesis (dugaan sementara).

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  37. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Intuisi adalah salah satu kemampuan manusia untuk menganalisa sesuatu yang akan di kerjakan atau di laksanakan , karena dengan memakai intuisi maka pekerjaan yang akan di lakukan telah kita ketahui hasil dan bentuknya. sehingga kemampuan intuisi ini sangat di perlukan pada saat research matematika karena akan berpengaruh terhadap pemahaman peneliti tersebut terhadap suatu yang mau di teliti.

    ReplyDelete
  38. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Intuisi memeiliki peranan penting dalam riset matematika, karena dalam riset matematika akan memerlukan banyak waktu untuk mengolah data dan pada saat ini intuisi akan menganalisis sumber data dari suatu permasalahan dan memberikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, sehingga kita dapat membuktikan kebenaran dari hipotesis yang dibuat.

    ReplyDelete
  39. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Dalam penelitian matematika intuisi sangat berguna untuk memberikan dugaan sementara terhadap hasil penelitian yang akan diperoleh. Dari dugaan sementara ini kemudian dilakukan uji hipotesis yang akan menentukan apakah dugaan sementara atau dugaan awal tersebut tepat atau tidak. Bahkan dapat diketahui seberapa besar ketepatan dugaan awal yang dapat diukur mengunakan analisis terhadap variabel yang terdapat dalam penelitian itu.

    ReplyDelete
  40. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Intuisi merupakan satu hal yang penting di dalam matematika untuk membangun konsep. Intuisi digunakan di dalam matematika seperti pada pembelajaran matematika ataupun penelitian matematika. Intuisi digunakan untuk membangun konsep dalam pembelajaran matematika. Sedangkan di dalam penelitian matematika, intuisi digunakan untuk memprediksi hasil sementara atau membuat dugaan dari penelitian yang dilakukan.

    ReplyDelete
  41. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Terkait dalam sebuah riset matematika maka intusi sangat berperan dalam memcahkan persolan masalah dalam riset karena pemahaman secara intuitif sangat diperlukan sebagai “jembatan berpikir” manakala seseorang berupaya untuk menyelesaikan masalah dan memandu menyelaraskan kondisi awal dan kondisi tujuan. Dengan kata lain, Intuisi bisa berperan dalam menemukan ide awal dalam penyelesaian masalah atau langkah seperti apa yang paling cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  42. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Thompson mengungkapkan bahwa saat melakukan penelitian, peneliti seringkali dihadapkan dengan keraguan, apakah benar-benar mengetahui pembuktian matematika atau hanya memiliki bukti untuk kesimpulan dari penelitian matematika. Karena itu intuisi berperan sebagai sumber penelitian dan dukungan epistemis dalam penelitian matematika. Meskipun sering bias, namun intuisi tetap bekerja dalam cara yang dapat diperkirakan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id