Feb 12, 2013

IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS




IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS.
By: S1 Students of Pre-Service Teacher Training Program of Secondary Mathematics Education. Thursday, November 20, 2008

1.How to encourage students to understand mathematics?
2.How to develop innovative teaching learning of mathematics?
3.The influence of teacher’s emotional on teaching learning of mathematics?
4.How to develop methods of teaching learning of mathematics?
5.How to facilitate the lower achievement students?
6.How to overcome teacher’s nervous whenever he/she conduct teaching learning mathematics?
7.How to promote effective communication in the class of mathematics?
8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
9.How to develop problem solving activities of mathematics?
10.What do you know about Home Schooling and how it implementation in teaching learning of mathematics?
11.What is the relevant of the theory of S-R in teaching learning of mathematics?
12.How to promote innovative teaching learning of mathematics?
13.How to develop the schema/scenario of teaching learning of mathematics?
14.How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy.
15.What do you know about Moving Class and how the impacts to the teaching learning of mathematics?
16. To what extent the influence of IQ to students’ competency in mathematics?
17. The role of memorizing activities in teaching learning of mathematics.
18. What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?
Contributors: Riyanti, Agustin Pandhuniawati Heriani, Hengkang Bara, Budiono, Mega Kusuma Listyotami, Dewi Fitrianing Lestari, Mei Hardiyanti, Dian Krismayanti, Mela Agustina, Endang Wahyuningsih, Indra Setyawati, Astrid Amretasari, Fajar Susilo, Rina Yulianingsih, Reni Nuraini, Agustiana Dwi Nurcahyani. Supervisor: Dr. Marsigit

45 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    18. What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?
    Cara cepat atau trik cepat merupakan salah satu budaya instan dalam pendidikan, sama halnya dengan pengajaran tanpa alasan. Pengajaran dengan aturan-aturan tanpa alasan diibaratkan seseorang yang belajar mengemudi, diberitahu jika ia ingin istirahat ia harus menekan pedal kopling, tanpa diberitahu alasannya. Menurut Skemp (1971:119), jika yang diinginkan agar siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan efisien, maka metode seperti ini cukup memadai. Akan tetapi, jika ada kepentingan lain dibutuhkan untuk memahami yang dikerjakan seseorang, maka metode ini tidak cukup. Dan pemahaman ini tidak sekedar prestise untuk membuat tugas lebih menyenangkan, melainkan suatu keperluan agar mampu menyesuaikan pengetahuannya dengan situasi-situasi baru.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
    dengan cara memperjelas tujuan yang akan membuat siswa penasara mengenai yang ingin dicapai dalam pembelajaran, menciptakan suasana yang mana akan membuat siswa nyaman berada dalam lingkungan belajar dan yang menyenangkan dalam belajar, menggunakan variasi metode penyajian yang menarik sehingga tidak memunculkan sifat bosan siswa akan belajar, memberikan pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa, memberikan penilaian, memberi komentar terhadap hasil pekerjaan siswa dan menciptakan persaingan serta kerjasama.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    How to facilitate the lower achievement students?
    this is something that is very reasonable. to lower student achievement, we must patiently accept them. teach math by repeating the material we teach, we give an example and feeds so that they can prepare their own knowledge. patience is needed in teaching mathematics to students in this category.

    ReplyDelete
  4. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    menanggapi pertanyaan “How to develop the schema/scenario of teaching learning of mathematics” (pertanyaan 13) dan “How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy “ (14) saya kira ini penting mengingat scenario pembelajaran yang baik adalah ketika siswa dapat menikmati langkah demi langkah setiap pembelajaran matematika. Ketika saya selama 2 bulan mengikuti mata kulyah praktek mengajar pada salah satu SMA Negeri, salah satu kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika adalah sulitnya mengarahkan siswa untuk mau secara serius dan tidak cepat menyerah dalam menyelesaikan setiap persoalan-persoalan matematika sementara dari sisi siswa kurang sabar untuk terus mencoba menyelesaikan setiap permasalahan matematika. oleh karnanya scenario pembelajaran yang baik perlu dikembangkan dengan cermat yang mengarah pada meningkatnya minat dan kemauan coba coba siswa.


    ReplyDelete
  5. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    What do you think about trick/quick method in teaching learning of mathematics?
    Saya kurang setuju jika penyelesaian soal matematika dilakukan dengan menggunakan cara-cara cepat atau trik matematika. Karena menyelesaikan soal secara cepat tidak akan mengkonstruk pengetahuan siswa dalam matematika, akibatnya tujuan belajar siswa hanya terfokus pada menjawab soal secara cepat dan benar,tanpa memaknai dan mengetahui mengapa jawabanya seperti itu. Hal inilah yang akan membuat siswa secara tidak sadar diproduksi menjadi ‘robot-robot’ pembuat jawaban dan akan membangun kebencian dalam diri siswa terhadap matematika karena menganggap matematika adalah pelajaran yang berisi kumpulan soal yang tidak berkaitan dengan dunia kenyataan.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Berikut ini adalah beberapa identifikasi masalah – masalah psikologi dalam pembelajaran matematika, antara lain: 1) bagaimana cara untuk mendorong motivasi siswa untuk memahami matematika, 2) bagaimana cara mengembangkan inovatif pembelajaran inovatif dalam matematika, 3) bagaimana pengaruh emosional guru dalam pembelajaran matematika, 4) bagaimana mengembangkan metode pembelajaran matematika, 5) bagaimana cara memfasilitasi siswa yang memiliki prestasi masih rendah, 6) bagaimana cara mengatasi gugup pada ssat pembelajaran matematika, 7) bagaimana cara mengefektifan komunikasi di kelas, 8) bagaimana megembangkan motivasi siswa dalam pemebelajaran matematika, 9) bagaimana cara mengembanagkan pemecahan masalah dalam matematika, 11) apa yang diketahui dalam home schooling dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran matematika, 12) bagaimana relevansi teori SR dalam pembelajaran matematika, 13) bagaimana cara mengembangkan skenario pemebelajaran matematika, 14) bagaimana cara mengembangkan pembelajaran matematika agar siswa senang, 15) apa yang diketahui tentang moving class dan bagaimana dampak dalam pembelajaran matematika, 16) sejauh mana pengaruh IQ terhadap kompetensi siswa dalam matematika 17) bagaimana peran ingatan/ hafalan dalam pembelajaran matematika, 18) apa pendapat anda tentang metode dalam pembelajaran matematika. Pengidentifikasian masalah seperti di atas, maka akan memudahkan kita untuk memahami kondisi lapangan yang akan diteliti. Hasil identifikasi akan menentukan keputusan penting dalam perencanaan kegiatan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    14.How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy.
    Menurut saya cara untuk membuat siswa enjoy belajar matematika adalah dengan memberikan kasus yang ada dalam kehidupan sehari-hari mereka tanpa harus menghapal rumus melainkan dengan mendudukkan konsep. Sehingga ketika siswa diberikan permasalahan mereka akan mencoba menyelesaikan setiap persoalan dengan cara mereka. Buatlah siswa menjadi penasaran dan buatlah kelas agar tidak tegang. Sesekali siswa diajak untuk bercanda dan diberikan kuis-kuis yang sesuai dengan materi yang sedang dibahas.

    ReplyDelete
  8. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    How to encourage students to understand mathematics? Teachers have responsibility to make mathematics be easy for students, it’s like a saying “if you don’t know, you will not love it”, so teachers have to try hard to make students know deeply about what mathematics is, they know about the advantage by learning mathematics for life now and even for future, how fun to learn it, teachers have to make his/her students has those perceptions in their mind. Teachers have to do many things to make mathematics become one of student’s hobbies. Maybe by doing different activities in every new material, time by time, so students don’t feel bored to learn mathematics. Teachers also give students chance to share their opinion to solve mathematics problems, or just let them to do some discussion with their friends. And teachers have to try to avoid teacher centered learning. I think it will work to encourage students to understand mathematics.

    ReplyDelete
  9. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016


    Dalam proses pembelajaran matematika di kelas diperlukan pengidentifikasian berbagai masalah terkait dengan karakteristik yang berbeda-beda dari siswa. Karena dengan mengetahui karakter yang berbeda-beda dari siswa, maka guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, maka siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran matematika bukan sebaliknya. Siswa juga diajarkan untuk mengkonstruksi pengetahuannya agar dapat memecahkan setiap persoalan selama mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  10. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru adalah membuat siswa nyaman siswa dalam belajar matematika adalah dengan memberikan kasus yang ada dalam kehidupan sehari-hari mereka tanpa harus menghapal rumus melainkan dengan mendudukkan konsep. Sehingga ketika siswa diberikan permasalahan mereka akan mencoba menyelesaikan setiap persoalan dengan cara mereka.

    ReplyDelete
  11. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan strategi seperti itu tujuan dalam belajar pasti lebih efektif tersampaikan dengan baik,dengan cara memperjelas tujuan yang akan membuat siswa penasara mengenai yang ingin dicapai dalam pembelajaran, menciptakan suasana yang mana akan membuat siswa nyaman berada dalam lingkungan belajar dan yang menyenangkan dalam belajar, menggunakan variasi metode penyajian yang menarik sehingga tidak memunculkan sifat bosan siswa akan belajar, memberikan pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa, memberikan penilaian, memberi komentar terhadap hasil pekerjaan siswa dan menciptakan persaingan serta kerjasama.

    ReplyDelete
  12. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    How to develop innovative teaching learning of mathematics? Learning is fun is the key to apply innovative learning. If students have it in their mind, so there is not passive student anymore at class while learning, feel depressed with a bunch of tasks, feeling afraid of default, and of course feeling bored. To develop its own innovative learning also can be done by measuring the ability of understanding knowledge deeply each students. There are some students who have ability by using their visual, auditory, or kinesthetic. Because of those things, it has to be matched with the balance of left and right brain which will cause mental renovation process, include developing self-confidence’s students. Creative means to that teachers can make different learning activities to fulfill variety of students’ ability. Fun is class condition which makes students’ focus is only for studying mathematics.

    ReplyDelete
  13. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Peran aktif guru dalam menyelesaikan masalah, terlihat dari cara guru mengidentifikasi masalah tersebut yang akhirnya terus belajar dan berusaha menemukan solusi atas permasalahan dalam pembelajarannya. Berpikir tentang apa yang kurang, apa yang tidak ideal, apa yang seharusnya dilakukan untuk siswa, sehingga dalam mengembangkan metode pembelajaran matematika, guru menyesuaikan materi yang akan diajarkannya.

    ReplyDelete
  14. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?
    Kita membuat siswa senang dengan matematika. Berbagai cara dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan fun teaching. Dengan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan, maka siswa akan termotivasi untuk belajar matematika. Cara lain adalah dengan mengetahui betapa pentingnya matematika pada pokok bahasan tertentu dengan kehidupannya sehari-hari. Jika siswa mengetahui betapa pentingnya matematika, maka dia akan bersungguh-sungguh untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  15. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    How to encourage students to understand mathematics?
    Pemahaman dalam matematika sangatlah penting, karena dengan pemahaman maka konsep tersebut dapat dimanfaatkan atau diterapkan dalam kehidupan. Untuk mendorong pemahaman siswa terhadap matematika adalah dengan cara memberikan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan meletakkan konteks real sebagai ‘starting point’. Salah satu model yang cocok untuk pembelajaran ini adalah dengan penerapan RME (Realistic Mathematics Education).

    ReplyDelete
  16. What is the relevant of the theory of S-R in teaching learning of mathematics?
    Teori S-R (Stimulus-Respon) yang dikemukakan Thorndike ini berisi mengemukakan bahwa belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus yaitu apa saja yang dapat merangsang terjadinya kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan atau hal-hal lain yang dapat ditangkap melalui alat indera. Sedangkan respon yaitu reaksi yang dimunculkan peserta didik ketika belajar, yang juga dapat berupa pikiran, perasaan, atau gerakan/tindakan. Seperti lancer kaji karena diulang, matematika merupakan ilmu yang membutuhkan latihan atau pengulangan agar lebih tajam dan mahir terhadap konsep yang dipelajari. Di sinilah relevannya teori trial dan error ini dalam matematika.

    ReplyDelete
  17. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEPB
    How to promote innovative teaching learning of mathematics? the innovation in mathematics teaching starts from the aids used by the teacher. here I emphasize that the teacher who is innovative for nature, will also teach with innovation.How to develop the schema/scenario of teaching learning of mathematics? it is done by step by step, the first think is to conceptualize all the concepts of mathematics in order to help them use mathematics in their daily activities.
    How to develop teaching learning of mathematics in such a way that the students enjoy. Enjoy means motivation, there is no other way to make them enjoy the mathematics other than starting with telling stories related to the new topic of the day.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pertanyaan matematika mengenai bagaimana pendapat kami mengenai moving class dan bagaimana dampaknya terhadappembelajaran matamatika. saya pernah menjalanni pembelajaran dengan moving class saat berada di SMA. pembelajaran dengan moving class menurut saya dari sisi positif sangat menyenangkan dan kita bisa mengoptimalkan keadaan kelas dengan suasana pelajaran yang diinginkan misalnya di ruang matematika dipasang banyak rumus matematika dan media-media yang berhubungan dnegan pembelajaran matematika yang secara tidak langsung juga mengoptimalkan pebelajran matematika di kelas. sedangkan dampak negatifnya siswa menjadi kelelahan dalam berpindah-pindh tempat dan tidak efisien dalam waktu dikareakan sesampainya siswa di kelas keadaan belum bisa sepenuhnya kondusif untuk langsung belajar.

    ReplyDelete
  19. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Untuk memfasilitasi siswa yang berprestasi rendah, guru dapat memberikan pendampingan lebih kepada siswa saat belajar. Pemberian latihan yang bersifat kontinu juga dapat meningkatkan prestasi mereka. Dengan berlatih terus sedikit demi sedikit, siswa yang berprestasi rendah akan mengalami peningkatan.

    ReplyDelete
  20. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    8.How to develop students’ motivation in learning mathematics?

    Menurut saya, cara membangun motivasi siswa dalam pembelajaran matematika yaitu:

    (1) Memberikan pemahaman kepada siswa tentang urgensi menuntut ilmu.
    Dengan memberikan pemahaman kepada siswa tentang urgensi menuntut ilmu bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi seorang muslim. Sehingga, menuntut ilmu dipenuhi karena semata-mata untuk memenuhi seruan Allah. Selain itu, memahamkan bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Serta, menjelaskan kepada siswa tentang keutamaan yang lainnya.
    (2) Memberikan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa sadar bahwa matematika memang dibutuhkan dalam kehidupan.
    (3) Menggambarkan fakta kondisi masyarakat sekarang yang memerlukan perbaikan dalam kehidupan mereka. Disinilah peran orang-orang yang berilmu itu diperlukan. Sehingga, siswa termotivasi untuk menuntut ilmu untuk membantu dalam mengeluarkan masyarakat dalam kehidupan yang ‘gelap’ menuju kehidupan yang ‘terang’ dan ilmu yang didapatkan menjadi kemaslahatan di masyarakat.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Nuha fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    I think, the way that can encourage the understanding mathematics is that teache should involve student ini teaching and learning process, if teache onky tell the knowlage, student will remember, but if teacher involve the studen in finding knowladge, student will understand. Have student involved in teaching process, teacher can implement the problem solving approachm because bay implememnting problem solving approach, the student is given a real problem that happend in the school or in around the school, the parblem must be related wth matgematics, ant student must menyelidiki and identify the problem by acrively do like interviewing and counting and anlyse.

    ReplyDelete
  23. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    To inovate learning in mathematics teaching, i think there is many way and many part that we can inovate, to inovate lesson plan, to inovate teaching media, to inovate process of learning and soon, teaching media can be usingbtradisonla media by using paper and pencil or modern media using ICT, to innovate lesson plan, the teacher can implement approaces and methode in teaching,

    ReplyDelete
  24. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    To facilitate lower achievment student, the teacher can make a class into goups, and each group has heterogen member/students, by doing this can give a chance to lower student to interac, to communicate, to work together, to qustion a problem or his /her difficulties to higher achievmnet student in his/her group, beside that, teacher can give remidial teaching fo those who has lower achievment student, remidial is not mean that student get worse remark, but remidial is for make the student especially lower qchievment student more aunderstand about material or chapet that he/she learn .

    ReplyDelete
  25. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    To overcome nerfous inteaching mathematics espcially for those who became teacher in the first time, i thinknit is normal being teacher for the first teaching experience, but we can reduce it by doing the best plan and preperation. Preparation consist of preparing the best lesson plan, planing the best apercetion that will be deliver to students, m0planing and preparing the best material that will be deliver to student, problemz that will be given to stuent and also teaching media that will be used by student to suuportnhis/her learning.

    ReplyDelete
  26. Nuha fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika 2013

    To get effective communication in mathematics teaching, teacher should provoke student so that student forced to deliver the word and his opinion about material or chapter of mathematics that is being discussed, how to provoke the student, how to make student speak, i think the problem of many students to speka is that the thinking of student about mathematics is absolute, has single answer, has the right and wrong answer. By thus reason, it can make the tinking of student narrow, and take away the freedom of thinking of student, make the students thinking narrow, bodered. For this reason, teacher can implementbopen ended aproach to provoke student hence student actively speak and can communicate their opinion and theirnword about mathematics chapter/material

    ReplyDelete
  27. Nuha fazlussalam 13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    Teacher can give motivqtion by doing various way, osome of them are give the open ended teqching, it is useful especially for those lower and higher achievment student, becouse, open ended facilitat lower student becuse open ended teaching give the freedom to the student to speak, to asking, to answering about the problem of mathematic that his being learn, by being able to active in learning, can make the lower achievment studen has self confidence and has motivation and spirit to learn. And also give motivation in math can be achived by giving recreation math, recreation math is like study tour and also math puzle, and othernteaching media, becuase an atrractiventeaching mediancan give recreation for their brain, anda also teacher can give a story (including telling story) about history aormsomething else that related with objec or material mathematics that is being learnt

    ReplyDelete
  28. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    I have ever read about an example problem based learnin in matematics, student is given a problem by the teacher, the problem is the real problem in the school or in around the school, the students involved to identify, to measure, to calculate, and to anlyse even the student make a prototype oh his product and then present a presentation of its result.

    ReplyDelete
  29. Nuha fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    I know mhome schoolingbis as study in the school which their home as their school, home schooling can be indergone by one studentor individu an also can benundergone by many student or grup, student that study in in home scholling is thenstudent whose a problem with school, vary problem such as healty problem, interaction problem, or social problam and soon so that the student must take home schooling to fullfill their need about study. And about teaching mathematics in home schooling as long as the amount of student is still many around more than 6 student is notmdifferent with mathematics teaching in school, not very different, maybe a little, but idf the home schooling has one student, it is very difficult to create an atmosphere of active math learning, collaborative math learning,

    ReplyDelete
  30. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    We can promote inovative learning in the lessoj study activity, the innovative can be showed by the teacher who present as model teacher, innovative teaching that be showed in lesson study consist of innovative lesson plan, innovative teaching media, and innovative methode, and after present his/her teaching, the role teacher will get reflection from othe robserver teacher anda the lecturee as supervisor. So that, its innovation teachill will be promoted on this way.

    ReplyDelete
  31. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    masalah-masalah dan juga pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan diatasi dalam pembelajaran matematika sangatlah kompleks dan bersifat komprehensif, baik itu datang dari siswa, dari guru, ataupun dari konsep pembelajaran matematika itu sendiri. Oleh karena itu sebagai calon pendidik ataupun yang telah menjadi seorang pendidik hendaknya selalu mengkaji masalah tersebut secara bersama-sama dan selalu menambah ilmu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kita jangan hanya berpangku tangan menunggu uluran dan kebijakan pemerintah, jika ada yang bisa kita selesaikan maka kita harus melakukannya dengan lebih cepat lebih baik.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Pembelajaran matematika selalu menghadapi masalah dalam psikologis pada siswa, karena mindset awal pada diri siswa banyak yang menganggap bahwa matematika itu sulit. Mindset tersebut mungkin juga benar, karena tidak semua siswa pandai dalam kognitifnya, ada yang pandai kinestetiknya, ada pula yang pandai dalam linguistiknya. Jadi bagi siswa yang bertipe kinestetik dan linguistik bisa saja berpendapat bahwa matematika itu sulit. Mindset pemerintah kita juga hendaknya perlu dirubah, bahwa selama ini yang disebut anak yang pandai hanyalah anak yang matematikanya atau IPA nya bagus. Padahal sebenarnya tipe siswa berbeda-beda, siswa yang berbakat dalam kinestetik ataupun linguistiknya juga harus dibilang pandai. Jadi disinilah peran guru khususnya guru matematika dalam memberikan metode dalam pengajaran, harus mampu merangkul siswa yang pandai di dalam kinestetik maupun linguistiknya

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. 16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Musuh Utama Pendidikan adalah Budaya Instan? Jelaskan Maknanya.
    Menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata "budaya" berarti: Pikiran; akal budi, adat istiadat, sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang, sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. Sedangkan kata "instan" berarti: Langsung(tanpa dimasak lama) dapat diminum atau dimakan. Secara Umum Budaya Instant merupakan sebuah tradisi pada masyarakat yang menginginkan sesuatu serba cepat dan langsung tanpa melalui proses dialektika dan mekanisme yang panjang dan mendewasakan sekaligus mematangkan.
    Budaya ini mempunyai konsekuensi negatif bagi tumbuh-kembangnya suatu komunitas -dalam perjalanannya- menuju masyarakat beradab, maju dan berbudaya tinggi. Dalam pendidikan, kebanyakan sudah kehilangan orientasi ideal. Pendidikan tidak berfungsi lagi sebagai suatu proses untuk menjadikan seseorang menemukan potensi dirinya, ia sudah berubah ke ranah pencapain hasil berupa ijazah. Akhirnya karena ingin instan banyak sekali yang membeli ijazah-ijazah palsu karena ingin cepat-cepat mendapat keuntungan kerja secara instan. Hasilnya, anak didik kita pun di tangani oleh orang tak professional berkat ijazah instan tersebut. Itulah mengapa budaya ini sangat berbahaya dalam dunia pendidikan

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  34. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    developing schema in mathematics teaching to the student is need the good math teacher, good math teacher means taht teacher know all about school mathematics. and after knowing all school mathematics, the teacher can drive teh student to use their brain to accept the math material in mathematics and can linke to other material or chapter and also link in the rea life, so thea the student has schema ogf the mathematic and then its schema become their capital to leaarn tne next chpater, i think like that to develope and build scheam to student in math learning

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    developing matheatics learning so that the stdent can enjoy in learning mathematics means developing matehatics learning si that the student get motivation to learn so that the student can enjor mathematics. teacher can try t use mathematics recreation like mathematics puzzle, mathetaics in tour and soon, hence the student can enjoy their life and enjoy their learning and enjoy their mathematics. beside that teacher can also give them a story about story of mathematics and also about mathematiccian in the past, tell them the motivation of te finding father oh mathematics, or the scientis in mathematics in the pas, so that their spirit will awlawy diwariskan to new genration.

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    about moving calss, moving clas meas the class only for one subject, for example, A class for math class, B class for biology class, C class for physics class, one cass only for one subject,if the student move to other suject means the student mst move to the class for its subject, and so on. the impact for mathematics learning are te teaching and learning prcess must be more get math atmosphere, and the math atmosphere can make the student more focus t learn about mathematics, it menas that when student get in to the math class, the student get in to the world of mathemtics, somewhat in the class is the object that can be object of math learning, and can be media and support tool in leraning math,

    ReplyDelete
  37. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    role of memorizing in learning matehamtics is that as the booster to anwer the simple question, not anwer the complex question.the simple question mena the student ust undertand about core of the simple question and for the next time student must rememberit, besouse this simple question is wasting time if the student answer it by explanation, but remember the student must understand it first. and for the complex problem, studen cant engage fully memorizing ability to solve it, student must use their ability, their schema of math understanding to solve the problem.
    so that memorizing and understanding are needes, must be stable, must be balance, we need to understan, we need to remember, and the the orle of memeroizing as the complementary of understanding.

    ReplyDelete
  38. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matehmatics c 2013

    i think tric or quick method is like teh argument of remembering in mathematics, because by remember and trick/quick method give the student to quick know about athematics, but it has weaknes beyon that, yhe weakness is that that method ignore the aunderstanding aspcet, to undesrtand is need mor time to do it, so lot of people little bit hate it because of that, lot of peole tend to choose remembering and use quick method, that is very bad in learning mathematics,
    it can be good if can be dobne by understanding firt and know the reason to get quick and to get what wannabe to remember.

    ReplyDelete
  39. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Ada beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang permasalahan psikologi dalam belajar mengajar matematika. Untuk mendorong siswa untuk memahami pembelajaran matematika, guru harus dapat menghubungkan materi baru dengan pengetahuan atau skema awal siswa. Pengetahuan awal siswa sangat penting agar pembelajaran selanjutnya mudah dipahami. Memilih metode yang tepat dan menyenangkan dalam pembelajaran juga mempengaruhi siswa dalam memahami pembelajaran, selain itu siswa juga akan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  40. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Sisi psikologi menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dikesampingkan dalam mencapai kesuksesan pembelajaran. Permasalahan psikologi ini tidak hanya dialami oleh siswa saja, akan tetapi juga dialami oleh banyak guru. Seperti misalnya kecemasan guru sewaktu melakukan proses pembelajaran. Kecemasan akan dirinya sendiri karena belum matangnya dari sisi konsep materi. Kecemasan guru akan datangnya ujian nasional karena materi yang disampaikan belum selesai, maupun kecemasan-kecemasan psikologi yang lain. Kecemasan dapat menjadi satu hal positif ketika dapat disikapi dengan bijaksana.

    ReplyDelete
  41. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Pelaksanaan pembelajaran matematika dalam prosesnya pasti sering menemukan kendala-kendala. Kendala-kendala tersebut memang perlu diidentifikasi agar bisa dicarikan atau ditemukan solusinya. Apalagi yang terkait dengan masalah psikologis siswa, harus segera dicarikan solusinya agar siswa tidak merasa terbebani psikologisnya hanya karena kesulitan belajar. Guru perlu mendampingi dan mengayomi siswa agar mereka tetap termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  42. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Memfasilitasi anak anak kemampuan rendah adalah dengan memberi remedial, tentu dibarengi dengan mencari tahu apa masalah belajar anak anak sehingga mereka bisa menemukan solusi bersama yang nantinya akan berdampak pada motivasi belajar anak yang terus naik.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  43. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    7. The role of memorizing activities in teaching learning of mathematics. (Peran menghafal kegiatan dalam mengajar belajar matematika).
    etiap manusia memiliki ingatan, ingatan merupakan sesuatu yang khususnya dalam proses belajar ingatan mempunyai peranan yang sangat besar, dalam kegiatan belajar mengajar untuk itu perlu kita ketahui apa itu ingatan?.
    Ingatan dalam bahasa Inggris disebut “memory” adalah kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan, dan memperoduksi kesan-kesan. (H. Abu Ahmadi, Psikologi Umum, Hlm: 70). Menurut Sumardi Suryabrata (Psikologi Pendidikan Hlm” 44) ingatan yakni kecakapan untuk menerima, menyimpan dan memproduksi kesan-kesan. Sedangkan ingatan menurut Slameto (Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Hlm:113) adalah penarikan kembali informasi yang pernah dialami sebelumnya.

    Belajar bermakna adalah belajar yang tidak sekedar mengenal suatu konsep atau informasi saja, jika dalam kondisi demikian maka informasi hanya berada pada short term memori saja. Belajar bermakna perlu menjadikan informasi pada long term memory yang kemudian dapat dijadikan sebagai skema automation. Sehinggga skema berikut ini dapat digunakan dikemudian hari untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan. Langkah untuk membuat informasi pada long term memory adalah salah satunya dengan latihan, mengulang ulang kegiatan belajar tersebut. Dan didalam latihan terdapat proses menghafal

    ReplyDelete
  44. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Saya tertarik untuk menanggapi persoalan yang terakhir, menurut pengalaman saya trik atau metode cepat dalam pembelajaran matematika tidak dapat menanamkan konsep pada diri seseorang. Trik-trik tersebut hanya dapat digunakan untuk tujuan jangka pendek. Bahkan cara-cara tersebut hanya dapat digunakan pada soal-soal type khusus. Akibatnya, siswa tidak akan mampu menyelesaikan masalah yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kemampuan berpikir siswa tidak akan bisa berkembang dengan baik. Jika siswa terbiasa menggunakan cara-cara cepat, maka siswa akan kesulitan untuk mempelajari materi berikutnya yang membutuhkan pemahaman konsep pada materi yang bersangkutan. Adanya trik dan cara cepat ini ditengarai karena kecenderungan siswa dan juga pendidik yang menginginkan cara yang instan dalam pembelajaran. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh tuntutan UN.

    ReplyDelete
  45. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari identifikasi permasalahan psikologis dalam proses belajar matematika ini dapat dilihat bahwa permasalahan tersebut lebih mengarah ke ranah pedagogik guru, semisal bagaimana mengembangkan metode belajar mengajar matematika atau bagaimana memfasilitasi atau memudahkan siswa dengan prestasi yang rendah. Semoga dengan identifikasi masalah ini, masalah tersebut dapat dijadikan acuan bersama oleh para guru untuk meningkatkan kualitas pengajarannya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id