Feb 12, 2013

The Role of Lesson Study to Improve Teaching Learning of Mathematics and Science




By Marsigit

The problems for developing teaching learning processes cover the following questions:
(a) how to promote various methods (including CT&L) rather than single method?,
(b) how to promote using various teaching learning resources rather than limited one?,
(c) how to promote the students to construct their knowledge rather than to deliver them their knowledge?,
(d) how to facilitate the students rather than to direct them?, and
(e) how to promote life-oriented rather than text-books oriented?

The problems and issues for developing evaluation system cover the following questions:
(a) how to evaluate processes, skills and products or how to asses students’ competencies comprehensively?, and
(b) how to promote various approach of evaluation?

Everyone needs time to learn new things.

Lecturers and teachers need time to en-culture innovations.

To innovate their teaching teachers need to have right perceptions on what is called good practice of teaching; they also need knowledge and skills as well as experiences to perform their competencies in teaching.

The crucial issues for developing mathematics and sciences always comes from the shortage of equipments and educational facilities and resources.

Lesson Studies was developed in which the teachers, in collaboration with lecturers and Japanese Experts, tried out some teaching models at schools.

The lecturers of Teacher Training Program and school teachers worked collaboratively and composed some numbers of Lesson Study.

The grounds of the Lesson Study activities were reflecting and promoting the new paradigm of the secondary mathematics and science education, in which learning activities are not only perceived pragmatically and short-time oriented but also perceived as long-life time purpose.

Lesson Study activities let the teachers to reflect and evaluate, in cooperation with lectures or other teachers, their paradigm of teaching.

Approaches of Lesson Study covered
(a) cooperation among students in learning,
(b) contextual teaching and learning,
(c) life-skill,
(d) hands-on activities,
(e) interactive process oriented curriculum and syllabi development, and
(f) teachers’ and students’ autonomy.

From those three sites of study, they produced the notions of educational improvement, in term of teacher, student, and lecture.

At the national level, the Lesson Study project can be a statewide movement for professional development of primary and secondary education.

Through IMSTEP and SISTTEM, since 2001, DGMPSE (Directorate General of Management of Primary and Secondary Education, in cooperation with JICA-Japan, has initiated Lesson Study as a model of professional development designed to assist teachers in producing qualified lesson plans and gaining a better understanding of student learning in primary and secondary mathematics and science.

Previous study by IMSTEP indicated that to encourage mathematics teachers’ professional development, all sides in educational system should consider the promotion of:
(1) good atmosphere for teaching and learning,
(2) various teaching methods and teaching learning resources,
(3) chances for the teachers and their students to perform their initiatives,
(4) cooperative learning,
(5) research class as a model for educational innovations (as Japanese teachers do),
(6) teachers’ role to develop their curriculum,
(7) school and teacher autonomy
(8) school-based management, and
(9) contextual teaching.

In early 2000, there are cooperations among universities, teacher training institutes and MoNE’s Directorate of Secondary Education to improve teachers’ competencies to support the implementation of the proposed competence-based curriculum (Curriculum 2004).

Government agenda for implementing the new curriculum leads to the need for socialization the philosophy and the concepts of school-based curriculum as well as the results of Lesson Study activities.

Yogyakarta, October 2010

26 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    Pendidikan Matematika B 2016

    Kegiatan Study Lesson membiarkan guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi , bekerja sama dengan perguruan tinggi atau guru lain sehingga menghasilkan paradigma yang baik ketika mereka mengajar .
    Pendekatan Lesson Study meliputi : a) kerjasama antar siswa dalam belajar, b) pembelajaran kontekstual , c) keterampilan hidup , d) melakukan kegiatan , e) proses interaktif kurikulum yang berorientasi dan pengembangan silabus , dan f) guru dan siswa otonomi.
    Sementara itu, Bill Cerbin dan Bryan Kopp (dalam Sudrajat, 2008:2) mengemukakan bahwa Lesson Study memiliki empat (empat) tujuan utama yaitu : (1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, (2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, diluar peserta Lesson Study, (3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, dan (4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
    dari hal tersebut kita sebagai guru dapat meningkatkan pengajaran kita sehingga kualitas dari hasil pengajaran juga akan dapat terlihat, ditambah dukungan pemerintah maka dunia pendidikan matematika dan sains di indonesia akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Lesson Study merupakan salah satu alternatif mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yang hingga saat ini masih dinilai oleh banyak pihak belum memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya. Lesson Study ini bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan potensi siswa dan juga melayani kebutuhan belajar siswa. Dasar kegiatan Lesson Study yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru matematika sekunder dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat , tetapi juga dianggap sebagai tujuan waktu seumur hidup. Lesson Study merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan barunya melalui proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Mengembangkan gaya mengajar agar inovatif berarti harus banyak belajar mengenai berbagai pendekatan dan model pembelajaran. Begitu banyak model pembelajaran yang dapat digunakan guru yang dapat membantu siswa mengonstruksi pengetahuan. Jika guru tidak malsa dan mau menyiapkan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran selain ekspositori, maka siswa bisa merasa senang dan tidak bosan. Pembelajran juga menjadi berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  4. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Lesson study memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pembelajaran matematka di sekolah. Sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Melalui lesson study, guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mengkonstuksi pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna yang pada akhirnya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Kegiatan Study Lesson membiarkan guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi , bekerja sama dengan perguruan tinggi atau guru lain sehingga menghasilkan paradigma yang baik ketika mereka mengajar . Lesson Study ini bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan potensi siswa dan juga melayani kebutuhan belajar siswa. Melalui lesson study siswa dapat mengkonstuksi pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna yang pada akhirnya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dalam elegi daiatas dikatakan “To innovate their teaching teachers need to have right perceptions on what is called good practice of teaching; they also need knowledge and skills as well as experiences to perform their competencies in teaching”. Saya kira untuk mewujudkan hal tersebut guru perlu melakukan upaya secara terus menerus dalam mengembangkan kemampuan mengajarnya. Jika memungkinkan untuk berkolaborasi dengan sesamanya, pihak yang lebih ahli seperti dosen-dosen atau ahli lainnya maka itulah momentum bagi guru untuk menjaga dan meningkatkan kualitas profesinya. Jika hal ini dinamakan lesson study maka saya harap mudah-mudahan dapat juga diadakan atau diselenggarakan secara merata agar memberi kesempatan yang sama kepada semua guru yang ada di Negara kita.

    ReplyDelete
  7. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Lesson Study bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan potensi siswa dan juga melayani kebutuhan belajar siswa. Dasar kegiatan Lesson Study yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru matematika sekunder dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat , tetapi juga dianggap sebagai tujuan waktu seumur hidup.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Lesson Study merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan barunya melalui proses pembelajaran. Melalui lesson study, guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mengkonstuksi pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna yang pada akhirnya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Dari berbagai masalah pembelajaran yang kompleks, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki komponen pembalajarannya yakni dari segi siswa maupun gurunya. Artikel di atas lebih menekankan pada perbaikan yang dilakukan dari segi guru, yakni salah satu untuk mengatasinya adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan kegiatan kajian terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Kegiatan kajian pembelajaran tersebut dilakukan oleh sesama guru dalam kegiatan kelompok kerja guru di suatu sekolah atau pun suatu tempat untuk menemukan nilai-nilai positif atau praktif terbaik (best practices) dari pembelajaran yang dapat diambil, yang kemudian dapat dipertahankan dan ditularkan kepada guru-guru yang lain.

    ReplyDelete
  10. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually the lesson study is a key to teaching. it has the following purposes:
    There are four major purposes that motivate lesson study:

    To better understand how students learn what you teach
    To create usable products for other teachers in your field
    To improve teaching through systematic, collaborative inquiry
    To build a pedagogical knowledge base in which teachers can benefit from one another’s knowledge of teaching

    ReplyDelete
  11. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Lesoon study merupakan pengembangan cara mengajar dan proses pembangunan penegatahuan. Guru Lesson Study Di Jepang bekerja dalam sebuah tim atau kelompok kecil untuk merencanakan, mengajar, mengamati, menganalisa, dan memperbaiki pembelajaran kelas, yang dinamakan research lessons. Hampir semua guru Jepang dalam tim Lesson Study selama tahun ajaran. Mereka juga mengobservasi research lesson secara berkala di sekolah masing-masing dan sekolah yang menyelanggarakan lesson study. Intinya Lesson Study di Jepang berbasis-luas (Broad-based) dan sistem guru-terbimbing (Teacher-led) untuk pengembangan proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  12. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dalam memperbaiki permasalahan di dalam belajar mengajar maka perlu ada solusi untuk mengatasinya misalnya dengan pembelajaran lesson study. Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran. Dalam pembelajaran lesson study ini harus di dukung oleh beberapa pihak terutama pemerintah akan menerapkan kurikulum baru mengarah ke kebutuhan untuk sosialisasi filosofi dan konsep kurikulum berbasis sekolah serta hasil kegiatan lesson study.

    ReplyDelete
  13. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    dalam artikel diatas dapat kitaketahui bahwa dasar dari kegiatan Lesson Study adalah mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru dari matematika sekunder dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan secara pragmatis dan berorientasi waktu singkat, tetapi juga memiliki tujuan untuk kehidupan jangka panjang. sehingga layak rasanya jika kita mencoba pendekatan lesson study ini dalam pembelajara matematika di sekolah.

    ReplyDelete
  14. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Dalam mempelajari hal yang baru seorang pendidik harus memiliki persepsi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk melengkapi kompetensi baru yang akan dicapai. Oleh karean itu diperlukan Lesson Study untuk megembangkan profesional pendidikan.

    ReplyDelete
  15. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Untuk menjadi lebih baik, pasti banyak tantangan dan masalah yang dihadapi, begitu pula saat ingin memperbaiki metode pembelajaran untuk sistem pendidikan di Indonesia. Saya setuju dengan statement anda, bahwa Everyone needs time to learn new things. Lecturers and teachers need time to en-culture innovations.

    ReplyDelete
  16. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    To innovate their teaching teachers need to have right perceptions on what is called good practice of teaching; they also need knowledge and skills as well as experiences to perform their competencies in teaching. Sangat benar sekali, metode pengajaran konvensional sudah saatnya berevolusi menjadi metode pengajaran yang inovatif, karena zaman sudah menuntut itu. Sumber daya manusia harus dikembangkan dan dimaksimalkan potensinya untuk mengolah alam yang semakin tua ini. terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Lesson Study sangat bermanfaat untuk guru-guru muda yang mau berkembang dalam proses mengajarnya. Untuk guru model pastilah juga akan berusaha untuk menigkatkan kemampuan diri sehingga bisa dijadikan contoh untuk teman-teman guru yang lain. Hal ini akan berpengaruh baik terhadap kemampuan guru-guru lain karena akan termotivasi untuk mengikuti cara atau proses pembelajaran yang dilakukan dalam Lesson Study itu. Hal ini akan sangat membantu siswa karena guru akan berusaha untuk semakin inovatif ke depannya dalam usaha untuk membeerikan pelajaran matematika di kelas.

    ReplyDelete
  18. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Lesson study dapat bermanfaat untuk memberi inovasi kepada guru dalam pembelajaran yang membutuhkan untuk memiliki persepsi yang benar yang disebut praktik yang baik dalam pembelajaran. Lesson sudy juga berfungsi untuk membangun kemampuan guru dalam mengajar, dengan kolaborasi dosen dan ahli orang jepang, mencoba beberapa model-model pembelajaran di sekolah. Selain itu, Lesson study juga merupakan aktivitas refleksi dan menampilkan paradigma baru dari matematika tambahan dan pendidikan sains, dalam aktivitas yang tidak hanya menerima pola pikir pragmatis dan orientasi jangka-pendek tetapi juga menerima sebagai tujuan waktu jangka panjang. Aktivitas lesson study juga sebagai sarana guru untuk refleksi dan mengevaluasi, dalam kerjasama dengan doses-dosen atau guru-guru lainnya, dengan pembelajaran yang sesuai dengan paradigma mereka.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Peran lesson study sangatlah bermanfaat untuk guru dalam mengidentifikasikan masalah pembelajaran, merancang suatu pembelajaran yang baik, cara mengevaluasi hasil belajar siswa, pemilihan buku yang tepat, serta media dan alat peraga dan lain sebagainya. Dari proses kolaboratif yang dilakukan pada sekelompok guru demi mewujudkan kinerja guru ke arah yang lebih baik lagi. Jadi, guru satu dan guru lainnya mempunyai keterkaitan dan andil saling meningkatkan dan mencari solusi dari kelemahan pada pembelajarannya. Guru tidak bergerak secara individu dalam pembelajarannya. Karena butuh pandangan secara obyektif terhadap suatu masalah ataupun ide.

    ReplyDelete
  20. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru mestinya harus bisa memfasilitasi kebutuhan setiap siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah paradigma pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak akan mudah, terlebih lagi apabila guru harus berjuang seorang diri. Hal ini karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman guru. Maka inilah peran lesson study untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Lesson study telah banyak dilakukan di Jepang dan inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Jepang. Prinsip utama Lesson Study adalah peningkatan kualitas pembelajaran secara bertahap dengan cara belajar dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Lesson study dilakukan mulai dari tahap persiapan, pengamatan proses pembelajaran secara langsung, hingga evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi ini dilakukan melalui diskusi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    bagaimana mempromosikan siswa untuk membangun pengetahuan mereka daripada memberikan mereka pengetahuan mereka?
    Jika ditinjau terlebih dahulu mengenai teori belajar kontruktivisme berikut :
    Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. (Wikipedia). Maka pada dasarnya memang belajar adalah sesuatu yang dilakukan sehingga munculan perubahan tingkah laku. Maka untuk mendapatkan proses belajar yang bermaknda, berdasarkan teori belajar kontruktivisme yang memandang bahwa siswa lebih baik memmbangun konsep atau pengetahuan dalam memorinya sendiri melalui bimbingan guru. Untuk mewujudkan belajar bermaknda ini, guru dapat mengembangkan beberapa inovasi belajar melalui model model belajar yang dikondisikan sehingga proses pembelajaran berpusat pada siswa. Model pembelajaran yang dapat dipilih salah satunya adalah Discovery Learning.

    ReplyDelete
  22. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    pada dasarnya pekerjaan gur adalah selain engajar jug abelajar dan meneliti, melakuakn tesis dan anti tesis bersamadengan sesama guru dan supervisor yaitu dosen, tesi dan anti tesis ini dilaksanakan pada proses lesson study, pada saat lesson study juga dilakukan pembnagunan lesson plan yang baik, sehingga dengan lesson plan yang baik diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  23. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam suatu pembelajaran perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa yang diajarkannya, salah satu inovasi dalam pembelajaran yaitu Lesson Study dimana dalam kegiatannya terdapat refleksi dan evaluasi, tujuan dari refleksi dan evaluasi ini agar kegiatan pembelajarannya semakin di tingkatkan karena salah satu tujuan utama Lesson Study yaitu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar.

    ReplyDelete
  24. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Kegiatan lesson study bisa menjadi salah satu wadah untuk merefleksikan dan mengevaluasi KBM sehingga didapatkan hasil yang bisa diperbaiki di masa yang akan datang. Pendekatan Lesson Study meliputi : a) kerjasama antar siswa dalam belajar, b) pembelajaran kontekstual , c) keterampilan hidup , d) melakukan kegiatan , e) proses interaktif kurikulum yang berorientasi dan pengembangan silabus , dan f) guru dan siswa otonomi.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  25. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan sebuah alat yang digunakan sebagai pedoman dan bahan untuk melakukan refleksi kegiatan pembelajaran. Lesson Study dapat digunakan ketika kegiatan belajar mengajar. Siswa dapat melakukan kerjasama dengan siswa lain dalam mengeksplorasi pengetahuan. Selain itu, guru melakukan pembelajaran kontekstual yang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, interaktif, inovatif, dan didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa.

    ReplyDelete
  26. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Lesson study merupakan sarana dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar. Dengan adanya lesson study ini guru dapat memperoleh pengalaman, masukan, serta pengetahuan yang berguna baginya dalam menyusun kegiatan belajar mengajar yang lebih berkualitas.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id