Feb 12, 2013

The Nature of Mathematics Education Aim


By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding.

Once upon a time, a mathematics teacher delivered his notion that the objective of his mathematical lesson was to use better mathematical, more advance terminology and to grasp a certain concept of mathematics. Other teacher claimed that the objective of his mathematical lesson was to achieve notions stated in the syllabi. While others may state that his aim was to get true knowledge of mathematics.

So the purpose of mathematics education should be enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society, in particular to situations which are of significance to their private, social and professional lives (Niss, 1983, in Ernest, 1991).

Accordingly, the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum (Ernest, 1991).

Implicitly, Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. The aims of mathematics education are different among the ideology of mathematics: industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

24 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pembelajaran matematika merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam membuat siswa belajar matematika secara optimal. Diupayakan bahwa antara guru dan siswa saling membutuhkan dalam pembelajaran matematika, sehingga terjadi interaksi saat belajar matematika dalam kelas. Menurut NCTM (2000: 11) terdapat enam prinsip utama dalampembelajaran matematika sekolah.
    1)Equity. Exellence in mathematics education require equity highexpectations and strong support for all student.
    2)Curriculum. A curriculum is more than a collection of activities, itmust be coherent, focused on important mathematics, and wellarticulated across the grades.
    3)Teaching. Effective mathematics teaching requires understanding whatstudents know and need to learn and then challenging and supportingthem to learn it well.
    4)Learning. Students must learn mathematics with understanding,actively building new knowledge from experience and priorknowledge.
    5)Assessment. Assessment should support the learning of importantmathematics and furnish useful information to both teachers and students.
    6)Technology. Technology is essential in teaching and learningmathematics, it influences the mathematics that taught and enhancesstudents’ learning.

    ReplyDelete
  2. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru haruslah memiliki tujuan. Seperti yang dikatakan Niss dalam Ernest, bahwa tujuan pendidikan matematika memungkinkan siswa untuk sadar, memahami, memilih, memanfaatkan, dan menerapkan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk kehidupan pribadi, sosial, dan kehidupan profesional. Dengan begitu, maka akan terjadi iklim belajar yang baik antar guru dan siswa di dalam kelas karena proses pembelajaran yang terjadi merupakan proses alamiah yang telah dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  3. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Di dalam proses belajar pasti terkandung tujuan. Begitupun juga proses pembelajaran juga memiliki tujuan. Secara filsafat, tujuan dari pembelajaran adalah pembelajaran yang tidak semata mencapai target dari silabus. Melainkan pembelajaran yang mendidik siswa dan mengajari siswa untuk memahami, memanfaatkan ilmu, menerapkan matematika dalam kehidupannya, baik secara pribadi maupun sosial. Dengan demikian, maka sari proses pembelajaran tersebut juga akan menimbulkan pengetahuan baru sebagai bekal menuju pemikiran yang analitik dan dewasa.

    ReplyDelete
  4. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Persepsi orang mengenai tujuan matematika sangatlah beragam, tergantung dari bagaimana orang tersebut memandang matematika dari sudut pandang yang bermacam-macam pula. Hakikat matematika sekolah seperti yang telah dikemukakan oleh Ebbutt and Straker terdiri dari kegiatan penulusuran pola/ hubungan, kegiatan kreativitas (termasuk imajinasi, intuisi, dan penemuan), kegiatan pemecahan masalah (problem solving), dan komunikasi. Melalui keempat kegiatan tersebut diharapkan pembelajaran matematika dapat lebih menyenangkan bagi siswa. Menurut saya, pendidikan matematika diberikan kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat benar-benar memahami pengertiannya, kemudian mereka akan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai pengembangan diri yang menguntungkan banyak pihak. Karena pada hakekatnya matematka adalah kehidupan manusia itu sendiri, matematika tidak dapat dipisahkan dari diri manusia.

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Secara filosofis, tujuan pendidikan matematika kembali ke dasar mengajar aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga mengembangkan pemahaman siswa. Jadi tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan kadang-kadang juga melakukan penerapan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, di Ernest, 1991). Oleh karena itu, kurikulum harus didasarkan untuk membantu pengembangan diri seorang siswa dan kemandiriannya; situasi kehidupan peserta didik adalah titik awal perencanaan pendidikan; dan perubahan sosial adalah tujuan akhir kurikulum (Ernest, 1991). Secara implisit, Ernest (1995) menjelaskan bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika

    ReplyDelete
  6. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Guru dan siswa saling membutuhkan dalam pembelajaran matematika, sehingga terjadi interaksi saat belajar matematika dalam kelas. Proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru haruslah memiliki tujuan. Pendidikan matematika diberikan kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat benar-benar memahami pengertiannya, kemudian mereka akan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk pengembangan diri dan kemandiriannya.

    ReplyDelete
  7. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Belajar dapat diartikan sebagai proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh hal lainnya. Tak jauh berbeda dengan yang dikemukakan Niss dalam Ernest, bahwa tujuan pendidikan matematika memungkinkan siswa untuk sadar, memahami, memilih, memanfaatkan, dan menerapkan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk kehidupan pribadi, sosial, dan kehidupan profesional.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seorang guru matematika disampaikan gagasan bahwa tujuan pembelajaran matematika adalah untuk menggunakan matematika yang lebih baik terminologi, lebih maju dan untuk memahami suatu konsep tertentu matematika. guru lain menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika adalah untuk mencapai pengertian yang tercantum dalam silabus. Sementara yang lain mungkin menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang matematika.

    ReplyDelete
  9. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    According to my experience, the aim of mathematics education is:
    learn about and appreciate diversity in human thinking and accomplishments throughout history and around the world;
    see the role of mathematics in their daily lives, their community practices, and their cultural backgrounds; and
    understand, analyze, critique, and take action regarding important social and political issues in our world, especially issues of injustice.

    ReplyDelete
  10. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Tujuan dari pembelajaran matematika itu bagaimana siswa dapat memahami konsep dan menguasainya dan bisa diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. Guru matematika juga harus bisa mengarahakan pola pikir siswa agar mereka tidak salah konsep dan memahami setiap konteks materi yang dipelajarinya. Memang tidak mudah memahami matematika yang bentuk materinya bermacam-macam serta penyelesaiannya juga bermacam-macam. Oleh karena itu guru harus mempunyai rancangan pembelajaran yang benar-benar terurut dan bersturktur. Jika semua terlaksana sesuai dengan alurnya maka dengan begitu tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai.

    ReplyDelete
  11. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pada awal posting ini dinyatakan bahwa secara filosofis, tujuan pendidikn matematika terbentang dari perubahan kembali ke dasar pengajaran aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga mengembangkan pemahman siswa. itulah tujuan-tujuan awal dari pembelajaran matematika yang merupakan sifat alami dari pendidikan matematika itu sendiri. jadi bagaimanapun, sebagai guru kita harus mengarahkan pembelajaran agar dapan mencapai tujuan-tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  12. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri murid dan kemandirian. Tujuan ini harus diiringi oleh keterlibatan murid dalam proses pembelajaran, agar dalam prosesnya siswa secara langsung mengalami dan memahami sendiri.

    ReplyDelete
  13. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Hakikat tujuan pendidikan matematika menurut Ernest (1995) bergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan matematikanya. Menurut saya, tujuan pendidikan matematika adalah untuk mengedukasi siswa tentang berpikir kritis, bertanggung jawab, dan mampu mengambil keputusan berdasarkan aturan yang diperbolehkan. Hal ini sangat penting bagi diri kita pribadi maupun dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Tujuan dari pendidikan matematika seharusnya siswa dapat merealisasikan, memahami, menilai, menggunakan dan kadang-kadang juga menampilkan penerapan dari matematika dalam kehidupan sosial, dalam bagian kepada situasi yang signifikan kepada privasi mereka, sosial dan kehidupan professioal. (Niss, 1983, dalam Ernest, 1991).

    Dengan pemaparan tersebut, guru seyogyanya membantu siswa untuk dapat memahami konsep matematika yang kemudian dihubungkan dengan kehidupan yang nyata. Sehingga, menimbulkan kesadaran dalam diri siswa bahwa matematika itu penting dan pengetahuan yang diperoleh dapat membantu atau meringankan beban kehidupan masyarakat.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Itu benar bahwa Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding. Saya sangat setuju dengan statement tersebut. Karena belajar matematika pasti akan sangat punya banyak manfaat, mengapa? karena segala aspek di dunia ini mengandung unsur matematika. Membentuk bagaimana cara berpikir yang baik dalam berbagai pemecahan masalah kehidupan, membentuk pribadi yang matematis, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  16. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Membentuk bagaimana cara berpikir yang baik dalam berbagai pemecahan masalah kehidupan, membentuk pribadi yang matematis, dan lain sebagainya. Semuanya adalah tujuan dari adanya pendidikan matematika, karena belajar matematika tidak hanya mengapal rumus dan menghitung saja, tetapi belajar untuk dapat berpikir logis matematis sehingga memudahkan kita untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. Saya setuju dengan pendapat Ernest bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan yang digunakan apakah itu industrial trainer, humanism society, progressive teaching, dst. Karena bila tidak disesuaikan, jangankan untuk mencapai pendidikan maju yang maksimal, untuk melaksanakan proses pencapaian hasil seperti apa dan arah hasil yang dicapai mau dibawa kemanapun masih bingung.

    ReplyDelete
  18. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend Matematika S2 Kelas B

    Tujuan dari adanya pembelajaran matematika tidak hanya sebatas siswa paham mengenai suatu konsep dari materi yang diberikan. Namun lebih dari itu, dimana siswa mampu mengaplikasikan apa yang dia pahami dalam kehidupan sehari-hari. artinya bahwa matematika tidak sebatas mengerjakan soal dan berhenti sampai disitu saja namun harus ada tindak lanjut berupa penerapan atau aplikasi matematika sehingga matematika menjadi lebih bermanfaat dan bermakna.

    ReplyDelete
  19. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari Artikel diatas dikatakan bahwa Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu murid pengembangan diri dan kemandirian; situasi kehidupan peserta didik adalah titik awal perencanaan pendidikan; akuisisi pengetahuan adalah bagian dari proyek; dan perubahan sosial adalah tujuan akhir dari kurikulum (Ernest, 1991). hal itu berarti bahwa kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dapat mengembangkan kemandirian diri siswa, kurikulum yang dikembangkan diindonesia efeknya akan kelihatan ketika dihasilkan siswa yang karakteristiknya seperti apa. tentu diharapkan kurikulum yang dikembangkan dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki sosial yang baik dan pengetahuan yang baik.

    ReplyDelete
  20. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Tujuan pendidikan harus berhubungan dengan konteks pendidikan dan sosial. Tujuan untuk siapa dan kelompok sosial yang mana menjadi pertanyaan. Howson dan Mellin Olsen dalam Paul Ernest membedakan tujuan dan harapan dari kelompok sosial yang berbeda. Dan ternyata tujuan pendidikan harus berkaitan dengan kelompok sosial yang terlibat didalamnya serta ideologi yang mendasarinya. Kelima kelompok sosial, industri pelatih, teknologi pragmatis, humanis lama, pendidik progressive dan pendidik publik mempunyai ideologi yang berbeda. Misal tujuan pendidikan matematika dari pendidik progressive untuk menyumbang perkembangan meyeluruh dari pertumbuhan manusia, untuk mengembangkan kreativitas anak dan realisasi diri dalam pengalaman belajar matematika.

    ReplyDelete
  21. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Tujuan belajar pada dasarnya bukan untuk mendapatkan sebuah nilai yang hanya berarti sebuah angka atau penilain subjektif dari seseorang misal guru terhadap siswa. Tujuan belajar matematika pun demikian , essensinya tidak sekedar siswa menjadi pandai matematika, memiliki skor tinggi tentang matematika, mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit. Melainkan nilai yang terkandung didalamnya yang memiliki arti yang lebih mendasar serta lebih dalam. Konsep yang dibangu siswa bukan untuk dapat menyelesaikan sooal tes, harapannya konsep yang telah dimiliki dapat digunakan dalam memecahkan masalah yang hadir didalam dunianya. Kemudian belajar matematika sendiri secara tidak sadar akan membangkitkan karakteristik pada diri si pembelajar (siswa) . Ketika essensi belajar matematika dipandang demikian, maka proses belajar matematika lebih diharapkan untuk membekali siswa depth understanding tentang matematika itu sendiri .

    ReplyDelete
  22. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    setiap siswa yang kita temui dalam pembelajaran dikelas mempnyai karakteristik yang berbeda antara satu dan yang lainnya sehingga sebagai guru kita harus dapat memahami itu. Dalam karakteristik yang berbeda itu pula kita akan menjumpai anak-anak yang mempunyai kecepatan dalam menanggapi suatu permasalahan yang diberikan dan juga terdapat anak yang agak lambat dalam menyelesaikan permasalahan itu, sehingga sebagai guru kita memberikan perhatian lebih.

    ReplyDelete
  23. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam setiap pembelajaran yang kita lakukan baik itu secara formal maupun informal pastinya memiliki tujuan masing-masing. Contohnya penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, Dalam tujuan penyelenggaran pendidikannya itu telah di atur dalam peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan sehingga aspek-aspek yang akan diajarkan nanti itu tidak akan terlepas dari aturan-aturan yang dibuat.

    ReplyDelete
  24. Nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    saya sangt setuju sekali bahwa tujuan penddikan matematika sngat berbeda dengan tujuan matematika industri,matematika murni dsb, tuyjuan pendidikan matematika adalah membuat siswa mampu pberfuikir, mampu menyadi, mampu mebuat produk dari hasio pemikirannya yang matematis, mampu menganalisa dengan logis, karena sebagaiam ita ketahui bahwa matemtik tidak bisa berdiri sendir tanpa digunakan di ilmu atau tanp digunakan di maslah nyata, dengan kemampuan berfikir tersebut akan menagrah opada kratifitas siswa, dengan reatifitas tersbut siswa bisa banyak mengambangkan sesuatu dengan baik di berbagai bidag seperti kesehatan pertanian kehutana pangan dst.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id