Feb 12, 2013

Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning Practice: Reflection of Peer Teaching activities of Teachers’ Certification




By Marsigit, Yogyakarta

The identification of the problems comes from some cases: pre-service teacher training programs, teacher certification program through training,teacher certification program trough course.


The main problem is how to promote innovative teaching learning processes. The promotion means to move teacher centered of teaching to students centered. In the implementation to peer teaching, the identified problems are as follows:
1) how to involve the students from the very early of teaching learning processes, 2) how to facilitate all students with all their different characteristics, 3) how to develop students work sheet, 4) how to develop
the structure of teaching learning, 5) how to develop the schema for interaction, 6) how to develop the scheme for achieving students' competencies, 7) how to develop supporting teaching aids, 8) how to
develop teaching material, 9)and how to develop Lesson Plan?

It was indicated that the teacher has difficulty how to encourage the engagement of their students. Usually, from the start of their teaching the teachers employ greatly on their expository to introduce, to inform,
to consolidate and to explain. So from the beginning of the lesson the students are always in the passive position. The affects of the situation is then clearly to be identified that the teachers are characterized as to
dominate the initiation, to dominate the activities, end even to dominate the creativity. For the higher achievement students the teacher suggests them to wait the others; and for the lower achievement students the teacher tends to encourage them un-proportionally. The teacher develops students’ work sheet in a single form and it mostly as a collection of problems. Group discussions to be promoted are usually characterized as pseudo-group means that while the teacher let the students work in the groups, the teachers are still delivering their explanation to the whole class.

The structure of teaching is in the schema of introduction, content and closing remark. However, the teachers have not had a clear schema how to achieve students' competencies and how to develop the schema of
interaction as well. The reference for developing teaching aids and teaching material is still limited so that the teachers seemed to have difficulties to develop them. The most crucial thing is that teachers' perception not to pay seriously on Lesson Plan preparation. Most of the teachers prepare a very simple form of Lesson Plan that mostly they are expected by the supervisor, head teachers as well as the local government
of education.

Having finished doing activities of Peer Teaching, the teachers seemed to be trapped in the dilemma between the idea of good practice of teaching and practical implementation in the fields. Most of the teachers indicated that the ideas of good practice of teaching are difficult to be implemented because there are still many constraints in the field. The constraints come from the atmosphere of schooling, headmaster perceptions, supervisor perceptions, and national policy on final examination.

Thank’s

23 comments:

  1. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Apabila kita membicarakan mengenai pendidikan itu sama saja kita membicarakan masa depan bangsa dan Negara Indonesia. Baik secara langsung maupun tidak langsung pendidikan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan dan kemajuan negara. Indonesia telah mengalami permasalahan pendidikan yang kompleks, mulai dari sistem pendidikan nasional, fasilitas, pendidik, peserta didik, sistematika pembelajaran, dan rendahmya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Dalam hal ini masalah yang paling utama adalah bagaimana mempromosikan pembelajaran yang inovatif dengan melakukan perubahan menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru mengalami kesulitan dalam mendorong keterlibatkan siswa untuk benar-benar ikut berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Permasalahan tersebut yang menjadi pekerjaan rumah para calon pendidik dimasa mendatang agar lebih inovatif dalam mengabdi sebagai pendidik anak bangsa.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pendidikan kaum progresif, dan pendidikan versi kaum sosio konstrukstivis menggunakan pembelajaran yang sudah inovatif. Pendidikan kaum progresif dan kaum sosio kunstrukstivis bersifat humaniora.Permasalahannya adalah Indonesi sendiri pun belum bisa diesbut kaum progresif dan kaum sosio kontruktivis. Indonesi masih dalam tahap belajar menuju, sehingga ada yang sudah berhasil ada yang masih tradisional, ada pula yang nanggung dalam pembelajarannya. Karena pembelajaran tradisional sudah membudaya sehingga perlu perjuangan untuk keluar dari budaya tersebut. Indonesia adalah negara demokrasi, sebenarnya pembelajaran yang menerapkan sistem demokrasi termasuk pembelajaran inovatif, yaitu berpusat pada siswa yang menjadi rakyat.

    ReplyDelete
  3. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Berbicara tentang pendidikan berarti kita sedang berbicara tentang kemajuan dan masa depan bangsa dan negara Indonesia. Dewasa ini, pendidikan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan dan kemajuan negara. Persoalannya pendidikan di Indonesia selalu diperhadapkan dengan banyak tantangan yang terlalu kompleks untuk dikaji satu demi satu. Oleh karena itu, masalah yang paling utama adalah bagaimana melakukan perubahan dari ranah yang paling kecil dulu, sehingga dapat memberikan dampak ke ranah yang besar. Hal ini menjadi perhatian penting bagi calon pendidik maupun pendidik di masa sekarang maupun yang akan datang untuk dapat melakukan revolusi pembelajaran agar dapat mengatasi masalah yang ada sehingga menjadi para pendidik bangsa yang kreatif dan inovatif pada bidanganya masing-masing.

    ReplyDelete
  4. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016
    Indonesia masih dalam tahap menuju pembelajaran yang lebih baik - berpusat pada siswa – pembelajaran inovatif, sehingga ada yang sudah cukup berhasil ada yang belum. Karena pembelajaran tradisional sudah membudaya sehingga perlu perjuangan untuk keluar dari budaya tersebut. Masalah yang paling utama adalah bagaimana mempromosikan pembelajaran yang inovatif dengan melakukan perubahan menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tentunya kita berharap guru mulai bergerak untuk membiasakan diri memulai pelajaran dengan memberikan masalah yang harus mereka selesaikan sendiri dengan membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Diakhir elegi dikatakan “Having finished doing activities of Peer Teaching, the teachers seemed to be trapped in the dilemma between the idea of good practice of teaching and practical implementation in the fields”. Saya kira yang paling ideal adalah guru hendaknya lebih memprioritaskan atau fokus bagaimana implementasi teori atau gagasan mengajar dengan baik dikelas dan hal lain yang mendukungnya. Bagaimana persepsi kepala sekolah, persepsi pengawas, bagaimana ujian akhir nasional diposisikan sebagai hasil kerja dari guru bukan hal yang mengintervensi atau menambah beban guru dalam proses pengajaran didalam kelas. Jika intervensi itu baik untuk proses pembelajaran didalam kelas maka tentu guru menerima dengan baik entah itu bentuknya kritik, gagasan dan lainnya.

    ReplyDelete
  6. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Indonesia telah mengalami permasalahan pendidikan yang kompleks, mulai dari sistem pendidikan nasional, fasilitas, pendidik, peserta didik, sistematika pembelajaran, dan rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Apabila kita membicarakan mengenai pendidikan itu sama saja kita membicarakan masa depan bangsa dan Negara Indonesia. pendidikan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan dan kemajuan negara. Persoalannya pendidikan di Indonesia selalu diperhadapkan dengan banyak tantangan yang terlalu kompleks untuk dikaji satu demi satu.

    ReplyDelete
  7. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dalam hal ini pendidikan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan dan kemajuan negara. Persoalannya pendidikan di Indonesia selalu diperhadapkan dengan banyak tantangan yang terlalu kompleks untuk dikaji satu demi satu.Oleh karena itu, masalah yang paling utama adalah bagaimana melakukan perubahan dari ranah yang paling kecil dulu, sehingga dapat memberikan dampak ke ranah yang besar.

    ReplyDelete
  8. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    In my comment, I would like to focus on the barreers on developing innovation, the first barier that counts for me is PARENTS;Most parents are accustomed to one way of being educated—the way things were when they were in school. New learning forms confuses busy parents, making it difficult for them to support it, and worse, a harder sell with “fringe” students for whom current formal learning models barely work to begin with. If mom and dad don’t buy in, the children might refuse to as well. This can be corrected a variety of ways, but if the parents and teachers are too busy to consistently talk, it’s difficult for such a correction to take place.

    ReplyDelete
  9. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pendidikan adalah salah satu dunia yang memberikan pengetahuan dan mencetak generasi penerus bangsa. Pendidikan yang semakin maju dan berkembang pesat mau tidak mau kita harus mengikuti alur nya. Oleh karena itu pendidikan di Indonesia harus bisa lebih berkembang agar tidak tertinggal. Problematika yang terjadi harus segera di tanggapi dan diubah ke arah yang lebih baik. Selain itu perlunya intervensi dari beberapa pihak seperti pemerintah, sekolah, guru maupun siswa. Kita semua pasti mengharapkan pendidikan yang lebih maju dan berkualitas, oleh karena itu kita juga harus bergerak dalam mencerdaskan bangsa ini.

    ReplyDelete
  10. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    dari artikel diatas disebutkan bahwa masalah utama dalam penerapan pembelajaran inovatif dengan peer teaching adalah bagaimana cara mempromosikan proses pengajaran inovatif itu sendiri. Promosi disini berarti cara untuk mengubah pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  11. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Permasalahan pendidikan di Indonesia memang semakin kompleks. Hal ini karena akar masalah dari ssitem pendidikan ini belum diangkat. Adapun permasalahan utama pendidikan saat ini adalah diterapkannya sistem kapitalis. Sistem pendidikan inilah yang telah membuat pendidikan indonesia mengalami permasalahan yang kompleks, dari asas pendidikan, kurikulum, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, dll. akar permasalahan ini akan menyebabkan permasalahan cabang seperti yang telah dijelaskan dalam postingan di atas.

    Sehingga, akar permasalahan itu sendiri yang harus kita ganti dengan sistem yang lebih baik yang sesuai dengan fitrah manusia. Akar permasalahan juga akan secara otomatis menghilangkan permasalahan cabang yang ada.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  12. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Pengajaran yang inovatif memang dibutuhkan dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Proses pembelajaran yang sebelumnya Teacher Center menjadikan pendidik akan mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran inovatif. Tetapi hal tersebut bukanlah alasan yang tepat, apalagi dengan dampak positif dari pembelajran inovatif seperti siswa akan lebih kreatif, bebas menyampaikan pendapat, mengembangkan aspek pengetahuan dan sikap. Oleh karena itu guru harus mengubah paradigma yang sebelumnya dengan menambah referensi mengajar, mengikuti pelatihan, dan selalu mencoba hal-hal yang baru agar pembeajaran inovatif dapat terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Salah satu masalah nyata di lapangan memang benar bahwa kurangnya persiapan guru terhadap RPP yang digunakan. Ketidaktahuan guru terhadap format RPP yang digunakan secara nasional membuat mereka bingung untuk mempersiapkan dan mengenyampingkan tanggungjawab dengan membeli RPP yang sudah jadi atau bahkan menngcopynya dari yang sudah ada. Padahal yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran haruslah disiapkan sendiri oleh pelaksananya karena yang mengerti lapangan hanyalah si pelaksana dan agar pelaksana juga tahu apa saja langkah yang dilakukan ketika berada di lapangan.

    ReplyDelete
  14. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari hasil peer teaching diatas kita bisa mengetahui bahwa kesulitan guru dalam mengajar adalah membuat siswa aktif dalam pembelajaran. menjadikan siswa aktif sampai sekarang ini menjadi tantangan untuk pendidikan karena dihadapkan dengan keberagaman karakteristik siswa yang diajarnya. mungkin salah satu cara nya adalah dengan inovasi pada model pembelajaran, beragam model pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan melalui model-model pembelajaran yang banyak dikembangkan oleh ahli-ahli.

    ReplyDelete
  15. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701250122
    PEP B S2 2016

    Strategi pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif adalah strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Dalam penerapan strategi pembelajaran ini, guru berperan sebagai fasilitator yaitu memfasilitasi peserta didik untuk belajar. Pengetahuan diperoleh peserta didik berdasarkan pengalamannya dirinya sendiri saat pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan masing-masing siswa dimana sebelumnya guru mengidentifikasi kemampuan siswa melalui evalusi portofolio pada pembelajaran sebelumnya untuk mengetahui sampai mana siswa berkembang dalam pembelajaran, kreativitas pada periode sebelumnya, serta minatnya. Dengan portofolio, mempermudah guru untuk memfasilitasi masing-masing yang berbeda karakteristiknya. Hal lainnya juga terlihat pada diri siswa tentang kompetensi yang sudah dicapainya, pemahamannya sampai mana, sehingga LKS benar-benar membimbing siswa sesuai kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  17. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Proses belajar adalah tidak sebatas pada apa yang diperoleh siswa dan apa yang diperoleh siswa yang digambarkan melaului suatu nilai atau score yang dibuat oleh pandangan guru yang sifatnya tidak mampu mewakili secara keseluruhan kemampuan siswa. Proses belajar cenderung melihat bagaimana siswa dapat mengkonstruk pengetahuan sendiri sehingga apa informasi tersebut dapat bertahan lama dan lebih bermakna ditambah dengan adanya proses latihan. Mendukun proses pembelajaran yang demikian, maka guru perlu mengembangkan proses belajar yang inovatif dan tetap disesuaikan oleh kondisi karakteristik siswa dan materi. Inovasi ini salah satunya adalah penyediaan LKS pada saat proses belajar. LKS yang baik tidak sekedar memberikan pertanyaan yang harus dijawab, melainkan lebih pada bagaimana konsep diperoleh dan bagaimana mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  18. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016
    Pendidikan merupakan hal yang utama dalam perkembangan suatu negara, karena dari pendidikan tercipta generasi-generasi penerus bangsa yang akan bersaing dalam dunia global serta yang akan memimpin peradaban suatu negara dimasa yang akan datang. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia kita perlu memperhatikan dan meninjau kembali sistem pendidikan yang ada sekarang agar kita tidak tertinggal dari negara-negara lain, perhatian itu bukan hanya tertuju pada guru dan siswa melainkan pemangku-pemangku kepentingan yang membentuk sistem itu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    untuk bisa membuat proses belajar dab megajar yang student centered adalah bagaiamna guru bisa mebuat / merekaya LKS/ engineer the worksheet, merekayasa LSK sehingga LKS yang dibuatny bisa membuat siswa aktiff dalam menemukan konsep, memahami materi manangkap pengathuan, dan bisa menyelesiakan permsalahan, LKS yang dibuat bisa mencakup ke seluurh siswa yang berbeda-beda. dengan pendekatand an metde yang telah ada, memancing siswa dengan pertanyaa open ended

    ReplyDelete
  20. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Persoalan atau masalah pendidikan di Indonesia selalu dihadapkan dengan banyak tantangan yang sangat banyak, kompleks untuk dikaji satu demi satu. Oleh karena itu, masalah yang paling utama adalah perubahan dari hal kecil sampai hal besar. Sehingga nantinya perbaikan perbaikan bisa dicapai dalam setiap prosesnya.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  21. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Kegiatan mengajar di kelas umumnya terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup. Saya sebagai seorang guru merasa masih sulit untuk mengajarkan bagian pendahuluan. Saya merasa bahwa sulitnya menentukan apersepsi, motivasi, dan orientasi bagi siswa yang sesuai dengan materi dan karakter siswa. Namun, saya terus belajar dari pengalaman dan memperbanyak membaca sumber referensi lain.

    ReplyDelete
  22. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dalam mengubah fokus pengajaran dari teacher centered menjadi students centered untuk meningkatkan inovatif proses belajar mengajar, ada beberapa permasalah yang sering di alami guru. Permasalahan-permasalahan ini tentunya telah diupayakan untuk ditemukan solusinya. Teori-teori untuk mengajar dengan baik sangat banyak sekali. Namun sayangya penerapan teori-teori tersebut seringkali terhalang oleh berbagai hal seperti lingkungan sekolah, persepsi kepala sekolah, persepsi supervisor, dan kebijakan nasional pada UN yang dirasa kurang mendukung guru untuk menerapkan teori-teori tersebut secara maksimal.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  23. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Salah satu kendala mengembangkan pembelajaran adalah kesulitan membuat LKS. LKS-LKS yang sering dijumpai merupakan lembaran-lembaran yang hanya berisi kumpulan soal. LKS seperti itu tidak baik. LKS ynag baik dan disarankan adalahh LKS penemuan terbimbing. Dengan variasi-variasi pertanyaan namun bukan kumpulan soal. Pertanyaan yang ada merupakan arahan cara berpikir siswa untuk mebentuk penalaran siswa. Sehingga siswa sudah terbiasa dengan berbagai pertanyaan yang tanpa disadari turut serta membangun (contruct) kognitif siswa.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id