Feb 12, 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?




By Marsigit

As a teacher we sometimes found the problems of: (1) covering the various needs of academic competencies, (2) promoting students active ways of learning. For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching. A rather old reference, Cockroft Report (1982) suggested that good teaching practice in all level of mathematics education should give opportunities for exposition by the teacher, discussion between teacher and pupils and between pupils themselves, appropriate practical work, consolidation and practice of fundamental skills and routine, problem solving, including the application of mathematics to everyday situations and investigational work.

The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching.

The process of a certain research may include problem analysis and a strategic plan, implementation of a strategic plan, observation and evaluation of the action by appropriate methods and techniques, reflection on the results of the evaluation and on the whole action and research process (Zuber and Skerritt, 1992). Due the process lead of a new problem hence the researcher sometimes need to develop cycle of planning, acting, observing and reflecting.

The researcher needs to fill in the specific conditional features for each level that partaining to the chosen area of action. Although there are multiple perspectives from which research on teaching can be approached and multiple interpretations of teaching act, one underlying theme needs to be more adequately addressed (Koehler and Grouws in Grouws, 1984). An educational research may bound territory in which events or processes occur over a specified period.

Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings.

21 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam elegi ini, berisi tentang suatu pertanyaan, apakah guru perlu melakukan penelitian dalam pengajaran mereka sendiri?
    Menurut saya perlu, karena dengan melakukan penelitian, guru akan bisa mengetahui apa kekurangannya dalam mengajar, sehingga kegiatan pembelajaran dikemudian hari akan lebih menjadi berarti, sehingga guru dapat meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah. selain itu dari penelitian guru akan dapat memberikan sumbang sih pemikirannya kepada dunia pendidikan sehingga ketika guru lain mengalami kesulitan maka ada referensi dari hasil penelitian. tri dharma perguruan tinggi juga mengharuskan kita untuk meneliti.

    ReplyDelete
  2. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Guru seringkali menemukan masalah-masalah terhadap proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap cara mengajar mereka sendiri. Dan untuk menemukan solusi tersebut, maka penelitian menjadi salah satu jalannya. Dalam hal ini penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru. Guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaat mencolok dari penelitian karena itu adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkan. Dengan meneliti, guru akan melakukan refleksi diri dari apa yang telah dilakukannya dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Guru mengontrol kelas dan harus berperan dengan baik. Jika dalam pengajaran seorang siswa memberikan jawaban yang salah, guru menulis jawaban tersebut di papan tulis dan dengan mengajukan pertanyaan khusus yang mengarahkan seluruh siswa (kelas) untuk mencari jawaban lain yang benar. Menurut Skemp (1971:114) seorang guru mempunyai dua tugas yang penting, yaitu :
    1.Menganalisa konsep materi yang akan disajikan
    2.Merencanakan dengan hati-hati skema yang akan dikembangkan, dengan perhatian khusus ke tahap dimana restrukturisasi skema akan dibutuhkan.
    Melalui penelitian berarti guru akan memperhatikan dua hal tersbut dengan sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  4. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY Kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Penelitian untuk pembelajaran, apalagi untuk guru-guru yang masih baru, dirasa sangat penting. Mereka masih membutuhkan banyak bimbingan dari orang-orang sekitar. Entah itu cara mengenal lingkungan, juga mengenal siswa. Perlu juga kadang-kadang jika refleksi itu datang dari siswa sendiri. Siswa diminta menilai kita. Penilaiannya ditulis di kertas dan dikumpulkan. Namun, kadang-kadang hasilnya memang tidak sesuai dengan harapan kita. Kita mengharapkan yang baik, namun kadang tidak seperti itu. Kita merasa sudah baik, tapi menurut siswa belum. Biasanya komentar yang tidak bagus datang dari siswa yang ternyata nilainya kurang memuaskan. Dan setelah itu biasanya kita jadi canggung mengajar, begitu juga siswa jadi merasa tidak nyaman. Sudah banyak pengalaman seperti itu tentunya dari rekan sesama guru. Namun setelah kita bisa melewati itu,kita dapat merasakan bahwa hal itu sangat besar manfaatnya. Siswa menjadi dua kali lebih senang dan hormat kepada kita. Memang untuk membangun chemistry mengajar sangat susah dan diperlukan waktu yang tidak hanya seminggu, dua minggu. Tapi bisa berbulan-bulan. Menjadi seorang guru memang sangat menyenangkan, tapi ada hal-hal yang kadang-kadang membuat kesal dan ingin menyerah, tapi jika kita bisa melewatinya dengan baik, siswa akan nyaman dan senang dengan pelajaran-pelajaran yang kita ajarkan pada mereka.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  5. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Melalui penelitian tindakan kelas guru telah melakukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Karena gurulah yang paling tahu apa yang menjadi masalah dalam kelas yang diajarkannya. Dengan melakukan penelitian tersebut, maka guru telah melakukan tindakan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

    ReplyDelete
  6. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Guru seringkali menemukan masalah-masalah terhadap proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap cara mengajar mereka sendiri. Menurut saya perlu melakukan penelitian dalam kegiatan pembelajaran, sehingga guru dapat meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah. Selain itu dari penelitian guru akan dapat memberikan sumbangsih pemikirannya kepada dunia pendidikan sehingga ketika guru lain mengalami kesulitan maka ada referensi dari hasil penelitian.

    ReplyDelete
  7. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari elegi diatas dikatakan bahwa “The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience”. Saya kira sebagai actor dalam menjalankan scenario pembelajaran guru tentu memiliki banyak pengalaman yang dapat dikonversi menjadi pengetahua jika pengalaman tersebut terus diamati, dan pengamatan itu direfleksikan sehingga the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching dapat terus bertahan dan selalu dikembangkan guru sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Menurut saya perlu melakukan penelitian dalam kegiatan pembelajaran, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru. Guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu.

    ReplyDelete
  9. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Selain itu dari penelitian guru akan dapat memberikan sumbang sih pemikirannya kepada dunia pendidikan sehingga ketika guru lain mengalami kesulitan maka ada referensi dari hasil penelitian. Guru seringkali menemukan masalah-masalah terhadap proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap cara mengajar mereka sendiri, Melalui penelitian tindakan kelas guru telah melakukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Iya, guru butuh penelitian untuk memperbaiki dan mengembangkan pengajaran yang dilakukannya agar sesuai dengan tuntutan zaman. Zaman terus berkembang, maka tantangan pun akan semakin beragam. Guru merupakan faktor penting dalam pendidikan. Pendidikan diperlukan untuk mempersiapkan anak agar memiliki ilmu yang dapat digunakan untuk menghadapi segala tantangan yang ada.

    ReplyDelete
  11. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    My answer is YES, because the more teacher conduct researches, the more they develop their creativity and innovativity.their research must base on:
    Learning: How do students best learn various subjects?
    Teaching: What are the best teaching practices to foster student achievement?
    Motivation: What are the best practices for teachers to motivate their students to achieve?
    Development: How do children and adults change over time, including their cognitive, social, and emotional skills?
    Classroom management: What classroom or school practices make the classroom optimal for student learning?

    ReplyDelete
  12. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Guru melakukan riset terhadap gaya mengajarnya sendiri seyogyanyalah dilakukan. Di Jepang dikenal pula Research lessons dimana guru melakaukan obesrvasi dengan gaya mengajarnya sendiri dan diteliti dalam sebuah kelompok-kelompok kecil. Kelompok kecil dari para guru tersebut untuk merencanakan, mengajar, mengamati, menganalisa, memperbaiki pembelajaran kelas, dan tetap diobservasi secara berkala selama tahun ajaran berlangasung.

    ReplyDelete
  13. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dalam setiap melaksanakan pembelajaran pasti seorang guru menghadapi beberapa masalah dalam proses belajar mengajara. Oleh karean itu guru harus bertindak dengan cepat untuk mengantisipasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan penelitian terutama dibidang pendidikan. Tujuan penelitian pendidikan dapat secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika atas dasar model pengajaran yang baik matematika sekunder dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati dan merefleksikan pengalaman itu.

    ReplyDelete
  14. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pada artikel diatas bapak marsigit memberikan beberapa informasi, diantaranya mengenai langkah-langkah penelitian tindakan oleh zuber dan skerrit tahn 1992 yang mencakup:(1) mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam matematika mengajar proses pembelajaran, (2) merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil dari komunikasi simetris antara peneliti dan guru, (3) menerapkan dan menguji strategi, (4) mengevaluasi efektivitas strategi, (5) merefleksikan hasil, (6)merumuskan kesimpulan atau mengidentifikasi masalah baru, (7) mengulangi siklus sampai hasil evaluasi meningkat, (8) melaporkan hasil.

    ReplyDelete
  15. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Menurut saya, guru perlu melakukan riset pada kelas yang diampu. Ini dilakukan untuk mengetahui kekurangan apa yang masih perlu diperbaiki dan pencapaian apa yang telah dicapai. Dan dimungkinkan juga untuk melakukan inovasi sehingga kualitas pembelajaran di kelas pun semakin meningkat.

    ReplyDelete
  16. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Setelah menjadi seorang pendidik, tugas guru tidak hanya mengajr saja, tetapi guru harus selalu mengembangkan kompetensinya (kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) hal tersebut dapat didukung dengan menambah referensi, melakukan penelitian, dan mengikuti pelatihan, karena pada hakikatnya pendidikan merupakan sepanjang hayat tidak ada batasan sesorang berhenti belajar karena dia elah nyaman dengan profesi yang dikerjakan.

    ReplyDelete
  17. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam penelitian tindakan memerlukan beberapa cara atau tekhnik yang harus dipenuhi agar tujuan penelitian dapat dicapai. Diantaranya:
    (1) mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang mengangkat proses pembelajaran matematika.
    (2) Mendesain strategi penyelesaian masalah sebagai sebuah hasil dari komunikasi simetris diantara peneliti dan guru.
    (3) Mengimplementasi dan menguji strategi.
    (4) Mengevaluasi keefektifan strategi.
    (5) Merefleksi sebuah hasil.
    (6) Mendapatkan kesimpulan dan atau mengidentifikasi masalah-masalah yang baru.
    (7) Mengulang siklus hingga mereka mengimprovisasi praktik.
    (8) Melaporkan penemuan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Saya setuju dengan pernyataan ini : " The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching." Bahwa setiap pekerjaan ataupun segala sesuatu yang dilakukan perlu adanya koreksi untuk lebih baik. Penelitian cara mengajarnya adalah sebuah cara untuk mancapai suatu keberhasilan dalam penerapan metode yang digunakan. Artikel ini sangat bermanfaat, terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Ketika guru melakukan cara tertentu untuk self-refleksif, yang artinya ia merefleksikan dirinya sendiri terhadap pembelajarannya mengenai kelemahan-kelemahan yang mungkin terletak pada cara mengajar, metode, media, lks, bahkan evaluasi dan lain sebagainya, tentunya guru tersebut haruslah melakukan penelitian terhadap dirinya sendiri. Karena dengan ini, guru tersebut berusaha untuk menjadi lebih baik dalam pembelajarannya. Dan memudahkannya melakukan pembelajaran yang materinya berbeda-beda. Tiap materi pastilah berbeda pendekatan pembelajarannya. Penelitian yang dilakukannya akan membantu membangun apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan pembelajarannya dikemudian nanti karena adanya hasil dari apa yang dia teliti sebelumnya.

    ReplyDelete
  20. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Guru melalukan refleksi diri atas apa yang ia laksanakan atau atas keterlibatannya dalam proses pemeblajaran. Refleksi diri adalah sebuah proses melihat kembali pengalaman yang telah dijalani untuk dapat menarik lessons learned bagi diri sendiri dan dilanjutkan dengan penyusunan sebuah action plan untuk mengurangi kesenjangan (gap) yang masih ada antara harapan dan kenyataan. Pada dasarnya apa yang terjadi didalam kehidupan baik proses pembelajaran maupun yang lainya, manusia selalu tidak pernah dengan tepat melakukan sesuatu. Sehingga untuk tetap mewujudkan tujuan pendidikan, guru sendri perlu melakukan refleksi.

    ReplyDelete
  21. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    saya pikir gur perlu melakuakn penelitian terhadap kegiatan pembelajarannya, kegiatan penlitian yang dilakukan oleh guru pada kegiuatan prose mengajarnya adalah sebagai reflesi, sebagai evaluasi, sebagai muhasbah diir, sebagi koreksi diri untuk menajdi guru yang lebih baik lagi dan lebih baik lagi, jadi jika guru tuidak melakukan enelitaian , ya guru tidak akan mendapat reflesi, atau jika seadainya punya bahan evaluasi tapi tdiak dibuat penelitaian kena"eman-eman", bahwa bahan evaluasinya bisa menajdi bahan masukan bagi gur lain jika di presentasika nhasil penelitian, masalah masalh yang ditemuinya, bagaiaman memevacahan permsalahannya, bagaiam degan startegi mengimplemntasikannya,

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id