Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

49 comments:

  1. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Allah menganugerahkan akal manusia untuk memahami ilmu. Kemampuan akal dalam memahami sesuatu itu bermacam-macam caranya. Salah satunya adalah adanya intusi matematika. Intuisi matematika sangatlah diperlukan bagi setiap siswa. Dengan adanya intuisi matematika, siswa akan lebih mudah dalam memahami sebuah konsep matematika. Namun, perlu ada usaha dan pembelajaran yang kontinu agar intuisi matematika siswa semakin baik dan dapat memahami konsep matematika dengan baik pula.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Intuisi matematika salah satunya dapat dengan membudayakan matematika. Budaya adalah hasil cipta karsa manusia. Demikian juga matematika adalah hasil dari pemikiran manusia, bahkan matematika adalah wujud dari kebutuhan manusia. Untuk membudayakan matematika, diperlukan berbagai pemaknaan mengenai matematika dari berbagai sudut pandang sehingga pandangan maatematika tidak hanya sekedar mengerjakan soal melainkan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Yang perlu menjadi perhatian pula, membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab dan kesadaran kita semua, sehingga secara tidak kita sadari intuisi matematika akan menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan matematika di kehidupan sehari-hari. Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dalam hal ini, perlu kompetensi yang baik agar menjadikan matemematika sebagai budaya yang baik.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Intuisi merupakan hasil pemikiran spontan manusia. Hasil pemikiran yang menimbulkan kebiasaan dan kebiasaan itu dapat disebut sebagai budaya. Kebiasaan berpikir matematika akan menjadi budaya kemudian menghasilkan kecerdasan intuisi matematika. Karena dengan budaya matematika maka akan menambah pengalaman dalam matematika sehingga akan lebih mudah dalam berintuisi. Menciptakan budaya matematika memang cukup sulit dikarenakan persepsi banyak orang bahwa matematika itu sulit, namun dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pendekatan secara kontekstual akan lebih mudah karena budaya akan mudah tercipta jika setiap saat manusia menemuinya dalam kehidupannya. Sehingga tanpa disadari mereka akan mengakui bahwa banyak permasalahan yang memang sangat diperlukan untuk dipecahkan menggunakan matematika. Guru berperan utama di sekolah. Namun, budaya matematika siswa di sekolah yang sudah baik perlu dijaga dimanapun juga. Sehingga orangtua memiliki peranan di rumah dan masyarakat berperan dalam kehidupan di masyarakat.

    ReplyDelete
  4. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Intuisi merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar siswa. Melalui intuisi siswa bisa belajar matematika. Tidak hanya berhubungan dengan sesuatu yang formal. Ilmu mengalami perkembangan terus menerus. Filsafat adalah bagian dari ilmu yang mempelajari mengenai aturan dan bersifat teratur. Filsafat berawal dari “ Objek yang Ada” dan memiliki sifat antara logikal yang tetap (menurut Permenides) dan berubah (menurut Heraditos). Sehingga ilmu dibagi menjadi dua yaitu Ilmu Alam dan Ilmu Humaniora. Dimana proses perjalanan ilmu itu memunculkan dua pandangan yang berbeda seperti pada masa pertentangan kaum Rasionalisme dan Empirisme. Disinilah posisi intuisi yang merupakan bagian dari empirisme. Belajar dari pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Intuisi matematika memang sangat penting dalam palajaran matematika. Setiap anak tidak dilahirkan dengan pintar matematika, akan tetapi setiap anak berhak untuk berkembang secara matematika, utamanya dalam berintuisi matematika. Dalam belajar intuisi matematika ini tidak sertamerta kita belajar sendiri, harus ada lingkungan yang mendukung untuk hal tersebut. Guru pun juga perlu untuk belajar berintuisi. Karena intuisi bermanfaat untuk banyak orang. Tidak hanya dalam matematika.

    ReplyDelete
  6. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pendidikan Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin.
    Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan.
    Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  7. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    I agree with Thompson statement. Mathematics intuition is "subject to cultural forces". Mathematics intuition is very important to get idea and innovation in mathematics education. And of course, mathematics cultural is responsible of all parties include family, school, teacher, environment, friend, etc. But, I think the most responsible people is our self. If we can not do mathematics cultural, so we can not learn it. So, start from our self. If we start from our self, so we do it without any force from the others and we can enjoy it. If we can enjoy it, so we can get idea or innovation of mathematics. Mathematics intuition is the best way to enjoy mathematics to turn on mathematics cultural. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  8. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional, Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman, sehingga perlunya mengenalkan matematika sedini mungkin dan mendekatkan dunia matematika dengan dunia siswa, sehingga siswa akan terbiasa dengan matematika dan secara tidak langsung matematika mampu menjadi budaya dalam kehidupan siswa agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang cukup untuk membangun intuisinya.Selain itu guru juga diharapkan mampu memberikan ruang kepada siswa untuk mengembangkan intuisinya dengan memiliki strategi pembelajaran yang fleksibel dan ekspresif untuk menuju pendidikan yang berkualitas

    ReplyDelete
  9. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    intuisi matematika adalah budaya matematika itu sendiri. Sedangkan budaya itu perlu dijaga dan dalam matematika budaya matematika itu dijaga oleh semua pihak. Kenapa hal tersebut diperlukan karena keberlangsungan budaya apabila tidak di jaga dan dilestarikan maka budaya tersebut akan dapat punah. begitu pula intuisi yang ada di dalam diri setiap siswa jika para guru tidak meneruskan ilmu yang dimilikinya kepada siswa yang di ajarkannya maka siswa juga akan kehilangan sandaran untuk dapat mengembangkan pola-pola pemikiran matematikanya walaupun ia mempunyai bakat sekalipun.

    ReplyDelete
  10. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Intuisi matematika sangatlah penting dalam belajar matematika, intuisi matematika tersebut diperoleh dari pengalaman seseorang terhadap matematika. Pengalaman matematika bisa diperoleh dari kebiasaan atau budaya seseorang dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat diterapkan kepada siswa dalam mengembangkan intuisi, salah satunya memberikan pengetahuan kepada anak bahwa matematika sangat erat hubungannya dengan aktivitas di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  11. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Sebagaimana budaya pada umumnya, maka membangun budaya matematika adalah membiasakan, melekatkan matematika dalam setiap kegiatan yang bisa dihadirkan matematika didalamnya secara kontiniu dan konsisten. Artinya matematika tidak hanya dipelajari di kelas formal namun dimana saja dengan prasyarat sudah terbangun keyakinan dan pengetahuan bahwa matematika tidak abstrak, matematika adalah kebutuhan. Sehingga jika membudaya maka intuisi matematika akan terbangun dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Intinya, jika besok kita para calon guru akan mengajar maka buatlah agar anak mampu berintuisi dalam matematika. Karena intuisi dalam bermatematika mampu menimbulkan ide-ide/ gagasan untuk mengembangkan matematika.

    ReplyDelete
  13. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Memang benar bahwa budaya matematika akan menghasilkan mathematical intuition. Misalkan seorang anak yang sering membantu orangtuanya yang merupakan seorang pedagang. Ia bisa dan sering belajar, melihat, dan mendengar saat transaksi jual beli yang dilakukan orangtuanya kepada customer. Secara otomatis, anak tersebutpun bisa menirukan dan bahkan mahir dalam hitungan transaksi jual beli (intuisi matematika ahli). Sebenarnya hal-hal seperti inilah yang diharapkan dalam pembelajaran matematika. Anak dapat menerapkan pengetahuan konsep matematika yag dimiliki untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Maka membudayakan matematika itu sangatlah penting, dan bukan hanya merupakan tanggungjawab guru, melainkan semua pihak termasuk masyarakat dan orangtua.

    ReplyDelete
  14. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Membudayakan matematika sangat penting, karena sebenarnya dalam kehidupan kita ini, kita tidak bisa terlepas dari matematika. dengan adanya arahan agar intuisi dapat bergerak dan dapat menciptakan banyak ide, dan kreativitas, sehingga dapat mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah dengan ide – ide dari intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Melalui intuisi, maka guru dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat dijadikan budaya dalam pembelajaran matematika. Lewat intuisi itu juga guru dapat memahami siswa dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Membudayakan matematika, melatih intuisi siswa dalam matematika merupakan tugas yang berat bagi semua pihak. Terutama bagi guru yang berinteraksi langsung dengan siswa di dalam pembelajaran di dalam kelas. Kita juga sebagai mahasiswa dapat berperan penting dalam hal ini. Dengan melakukan penelitian-penelitian yang dapat membantu para guru dalam membudayakan matematika dan membangun intuisi siswa.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Jembatan untuk membuka sebuah gagasan-gagasan, ide-ide siswa untuk tujuan yang diharapkan merupkan sebuah intuisi siswa yang dicapai melalui pengalaman-pengalaman yang siswa sendiri merasakannya dengan cara mengeksplorasi, menginvestigasi, menguji cobakan dan interaksi sosial. Disini guru hanyalah sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Namun dalam membudayakan intuisi pada siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait antara lain sekolah, guru, dan masyarakat maupun orang tua.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Intuisi matematika sangatlah diperlukan bagi setiap siswa. Dengan adanya intuisi matematika, siswa akan lebih mudah dalam memahami sebuah konsep matematika. Namun, perlu ada usaha dan pembelajaran yang kontinu agar intuisi matematika siswa semakin baik dan dapat memahami konsep matematika dengan baik pula.Pengalaman matematika bisa diperoleh dari kebiasaan atau budaya seseorang dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat diterapkan kepada siswa dalam mengembangkan intuisi, salah satunya memberikan pengetahuan kepada anak bahwa matematika sangat erat hubungannya dengan aktivitas di kehidupan setiap hari.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Membangun budaya matematika adalah membiasakan, melekatkan matematika dalam setiap kegiatan yang bisa dihadirkan matematika didalamnya secara kontiniu dan konsisten. Artinya matematika tidak hanya dipelajari di kelas formal namun dimana saja dengan prasyarat sudah terbangun keyakinan dan pengetahuan bahwa matematika tidak abstrak, matematika adalah kebutuhan.Pengalaman matematika bisa diperoleh dari kebiasaan atau budaya seseorang dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  20. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi matematika merupakan sesuatu yang dibangun melalui pengalaman yang dikombinasikan dengan konsep secara terus menerus. Atau dengan kata lain intuisi matematika dibangun melalui proses membudayakan matematika. Membudayakan matematika tidak bisa hanya dilakukan disekolah dimana waktu yang dihabiskan disekolah hanyalah sebagian dari waktu yang dimiliki siswa. Siswa lebih banyak mengahabiskan waktunya di luar sekolah. Karena itulah sebagai suatu proses membudayakan matematika, maka proses membudayakan matematika ini tidak bisa hanya dilakukan di sekolah. Orang tua terutama juga harus ikut berperan dalam mebangun intuisi matematika siswa dengan membudayakan matematika. Orang tua tidak bisa hanya menyuruh anak belajar matematika melalui buku- buku pelajaran. Orang tua harus ikut mendampingi anak untuk memperoleh pengalaman bermatematika di lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWANDA
    PPS2016 PEP B
    As teachers we can support our students to develop the skills they need to tackle problems by the classroom culture we create. It needs to be one where questioning and deep thinking are valued, mistakes are seen as useful, all students contribute and their suggestions are valued, being stuck is seen as honourable and students learn from shared discussion with the teacher, Teaching Assistant (if present) and peers. All countries should make mathematics culture to develop students' problem solving abilities.

    ReplyDelete
  22. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Intuisi pada manusia merupakan pengetahuan seseorang yang alami yang tidak bisa dihiraukan perannya dalam kehidupan sehari-hari. Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intuisi dalam matematika itu adalah budaya bermatematika. Upaya membudayakan matematika adalah tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Peran kita sebagai guru disini berarti adalah untuk menhadirkan budaya bermatematika pada siswa.

    ReplyDelete
  23. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin. Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan. Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  24. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Matematika merupakan ilmu dasar dari semua ilmu. Untuk itu kita harus membudayakan matematika karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama. Dengan intuisi matematika dan membudayakan matematika, kita akan mencintai matematika.

    ReplyDelete
  25. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dari Elegi ini dapat dikatakan bahwa seseorang yang selalu mengasah intuisi nya maka, dia akan mampu menganalisa, memecahkan masalah dan atau bahkan bisa mendapatkan penemuan baru di dalam bidang matematika.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Intuisi sangat diperlukan di dalam matematika, karena dengan adanya intuisi seseorang dapat menemukan suatu ide-ide baru. Hal tersebut dikarenakan intuisi bersifat familiar dan dinamis. Sehingga seseorang yang telah terbiasa menggunakan intuisinya, maka dalam memecahkan masalah matematika maka dia bisa mengawang. Kemampuan mengawasng tersebut akan sangat baik bila ada dalam diri siswa, sehingga guru dapar lebih mudah dalam mentransfer ilmu yang diberikan kepada siswa. Yang jadi problema adalah bagaimana seorang guru dapat selalu mengasah daya intuisi seorang siswa. Bagaimanakah tekhnik dan metodenya. Hal tersebut masih saya cari-cari hingga saat ini.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Intuisi matematika adalah budaya matematika, dimana belajar matematika tidak terlepas dari peran intuisi matematika. Membudayakan matematika adalah seperti memakai konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena kita tidak bisa terlepas dari matematika dalam kehidupan sehari-hari maka membudayakan matematika adalah tanggung jawab semua pihak.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  28. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Budaya adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang biasanya telah dilakukan turun temurun. Untuk mengintegrasikan nilai-nilai kebudayaan dalam pembelajaran matematika maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari mulai dari objek-objek matematika, sifat-sifat, symbol, metode pemecahan masalah dan lain sebagainya. Sehingga matematika tidak asing dengan kehidupan sehari-hari. Semakin mengenal matematika, membudayakan matematika yang akan membentuk pengalaman matematika serta membentuk intuisi matematika.

    ReplyDelete
  29. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    "Mathematics is a subject to cultural forces". It should be realized by everyone that all aspects of this life have mathematical element. Mathematics is not just a subject in school to find the value of "x" or just calculate numbers.

    ReplyDelete
  30. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    But, the point in learning mathematics is how to form the way of thinking mathematically. Why it will be important? because the all aspect of this life is actually are round of the numbers and certainly mathematics. So, It's necessary to make a cultural mathematics in a real life and in everytime and everywhere we life, it will be a good habit with a good way of thinking and have a good experiences or a good knowledge, especially mathematics.

    ReplyDelete
  31. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dari elegi ini kita tahu bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika) dan intuisi sangatlah penting dalam proses pembelajaran sebab dengan intuisi, siswa akan dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Sehingga intuisi dalam siswa sangat penting untuk dikembangkan. Maka, guru harus mempertimbangkan perkembangan intuisi siswa dalam merencanakan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Intuisi mempunyai andil yang besar dan peranan yang penting di dalam matematika. Oleh karena itu, tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intuisi dalam matematika itu adalah budaya bermatematika. Upaya membudayakan matematika adalah tanggungjawab semua pihak, baik sekolah, guru, orang tua, ataupun masyarakat. Sehingga marilah berusaha bersama-sama agar kita mampu membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  33. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional, Thompson (1993). Tanpa belajar kita bisa menggunakan intuisi kita. Intuisi matematika dibangun atas pengalaman-pengalaman matematika yang terjadi dalam kehidupan. Intuisi siswa dalam bermatematika sangat diperlukan agar siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam berpikir.



    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  34. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Intuisi matematika dibutuhkan untuk menciptakan ide atau gagasan matematika. Intuisi juga bisa melatih penalaran dalam berfikir. Sebagai pendidik diharapkan bisa mengajarkan siswanya untuk memunculkan intuisi dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    intuisi sangat berkaitan dengan budaya, budaya itu tidak leps dari pengetahuan dn pengelaman, pengetahuan dan pengalamn yang telah dirsakan dan diwariskn oleh pendhulu-pendahulu kita, selain itu intuis huga sangat erta kaitannyad engan skema, skema yang ad pad asiswa akan menjadi modal siswa dalam ber intuisi, khsusunya intuisi dalam belajar matematika

    ReplyDelete
  36. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Mengutip kalimat terakhir dari elegi di atas, “Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua)”.
    Intuisi yang lahir dari akal merupakan subjek budaya matematika yang sangat penting untuk menghasilkan ide dan gagasan peserta didik. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan intuisi matematika kita harus mampu terlebih dahulu membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  37. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa sifat umum dari intuisi tersebut adalah spontanitas secara tidak sadar. Bruner (Sukmana,2011) memaknai bahwa intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli. Contoh intuisi dalam matematika yang diberikan Bruner agar matematika dimaknai adalah: pertama, seseorang dikatakan berpikir secara intuitif bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberika solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnya. Maka untuk membangun intuisi tersebut perlu adanya proses latihan berulang ulang yang membangun pengalaman secara mendalam serta motivasi yang ada untuk melakukan latihan dan membangun pengalaman tersebut.

    ReplyDelete
  38. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Pendidikan matematika disekolah haruslah kuat menurut pandangan saya. Memahamkan matematika bukan mengajarkan matematika pada siswa akan membantu mereka mengasah daya pikir kognitif mereka. Ketika intuisi matematika itu telah berkembang pada siswa, mereka akan merasa mudah untuk memasuki ranah pelajaran apapun, bahkan ilmu agama dan sosial sekalipun. Ketika siswa telah merasa bahwa ada "matematika" disetiap pelajaran, atau bahkan setiap sendi kehidupan, maka itulah yang menurut saya menjadi cultural force dari matematika.

    ReplyDelete
  39. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Dalam bermatematika konsep-konsep haruslah diketahui. Dalam bermatematika pula cara pandang dan pikiran yang menyeluruh harus di pakai. Pada pembelajaran matematika siswa di dorong untuk mengetahui dan mengerti konsep dengan menemukan sendiri. Jadi dalam hal ini matematika haruslah bisa meluruh dalam kehidupan siswa. Bila matematika bisa masuk dalam kehidupan siswa ( berjiwa matematis ) maka secara sadar ataupun tidak siswa akan selalu belajar dan mempelajari konsep matematika.Pada elegi sebelumnya telah dijelaskan bahwa intuisi matematika lahir karena pengalaman bermatematika. Padalah pengalaman itu lahir pula sebagi akibat berbudaya matematika. Sehingga intuisi matematika dapat diakibatkan karena berbudaya matematika.

    ReplyDelete
  40. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Saya sependapat dengan ngkapan elegi di atas yatu bahwa intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). dan inilah yang harus kita pahami sebgai seorang calon guru.

    ReplyDelete
  41. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Budaya matematika itu akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman matematika, dan peahaman matematika itu di bentuk dengan intuisi, maka jelas bahwa budaya matematika itu membentuk intuisi matematika. namun yang paling penting adalah bagaimana kita membangun budaya matematika kepada siswa, menurut saya agar budaya matematika timbul dan menjadi intuisi matematika bagi siswa adalah dengan menerapkan model belajar yang inovatif, menyenangkan dan konkrit, supaya tercapai apa yang di harapkan.

    ReplyDelete
  42. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    untuk membentuk budaya intuisi dalam matematika harus adanya pembiasaan dalam membudayakan matematika itu sendiri dalam diri peserta didik, hal yang berhubungan dengan pengetahuan intuisi yang beawal dari pengalaman pengalaman peserta didik mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, denagn begitu mereka akan memiliki ketrampilan berpikir kreatif sehingga munculah pengetahuan intuisinya. pengetahuan intuisi bagi peserta didik adalah tanggung jawab semuanya, guru, keluarga lingkungan sekolah dan peserta didik itu sendiri

    ReplyDelete
  43. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Budaya matematika dapat kita munculkan dengan adanya kebiasaan mealakukan latihan terhadap soal-soal matematika, untuk pemula mungkin agak sulit membiasakan berlatih matematika, perlu adanya dorongan dari luar, baik dari guru maupun orang tua. Guru memiliki peran penting di kelas untuk mengamati perkembangan siswa, menyampaikan materi dan memfasilitasi siswa. Sedangkan orang tua, menjadi penyemangat siswa ketika berada di rumah untuk membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  44. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pned. Matematika C 2013

    Untuk membentuk intuisi matematika dapat dilakukan dengan cara membudayakan kehidupan bermatematika dalam kehidupan sehari-hari. Budaya ini sendiri dapat diciptakan disetiap ruang dan waktu oleh subyek siapapun, sehingga anak yang baru mengenal matematika sekalipun akan terbiasa dengan keberadaan matematika. Dengan kebiasaan ini, anak menjadi senang untuk belajar matematika. Dengan pandangan awal yang baik terhadap matematika, membuat matematika semakin asyik serta menarik untuk dipelajari.

    ReplyDelete
  45. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Elegi di atas menjelaskan bahwa intuisi matematika memiliki peran penting. Intuisi merupakan salah satu bagian dari budaya matematika yang perlu dilestarikan dan dikembangkan terus-menerus baik oleh diri sendiri, guru, orang tua, dan masyarakat. Hal ini dilakukan supaya kita dapat menghasilkan ide-ide dan gagasan matematika yang berkualitas.

    ReplyDelete
  46. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Budaya merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang disajikan dalambentuk seni yang bisa dinikmati. Saya setuju dengan pendapat thomson yang menyebutkan bahwa intuisi merupakan subjek dari budaya matematika. Seperti yang kita tau bahwa intuisi matematika merupakan cara seseorang memecahkan persoalan matematika yang baru baginya dengan menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang telah diketahui sebelumnya. Dengan begitu intuisi setiap orang berbeda karena lata yang mendasari berbeda. Dari sinilah tercipta suatu kreativitas dalam memecahkan permasalahan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  47. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Membudayakan matematika sangat penting dilakukan. Dengan membudayakan matematika maka senantiasa melatih intuisi-intuisi siswa agar terus berkembang. Perkembangan intuisi ini tidak akan berhenti ketika ada minat dari siswa. dari sekian banyak intuisi yang terbentuk, maka akan memperluas pula budaya matematika.

    ReplyDelete
  48. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Melatih siswa untuk mengasah intuisinya sangat penting dan perlu dijadikan sebagai sebuah budaya berfikir dalam belajr karena sejatinya para pemikir intuitif yang sukses cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan pemikir lainnya, hal ini terjadi karena intuisi dapat dijadikan sebagai penuntun, membuka ide, gagasan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  49. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Sebenarnya budaya matematika telah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak kecil sekali pun telah menggunakan konsep matematika dalam bermain jual-beli, congklak, layangan, dengklek, dan sebagainya. Hanya saja kesadaran tentang bahwa yang mereka lakukan sehari-hari itu adalah konsep dari matematika yang masih kurang. Maka yang dibutuhkan adalah menumbuhkan kesadaran siswa tentang budaya matematika sehingga dapat mengasah intuisi matematika mereka yang akan menghasilkan gagasan matematika.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id